Rabu, 24 Desember 2008

for all those "los campesinos": JESUS is BORN

Dear sahabat blogger,

Sekarang tanggal 24 Desember malam. Secara tradisional, malam ini adalah Malam Natal. Apakah memang hari begini tanggal begini adalah tepat hari lahirnya bayi Yesus? Mungkin tidak begitu. Jika berpatokan pada hasil perhitungan astronomi......ingat bukan astrologi.......maka malam ketika "bintang berekor" bersinar di langit bagian timur dan arah lintasannya diikuti oleh para Majus (magus - jamaknya: magi - mereka yang mempunyai keahlian magic) dari Persia, adalah di sekitar bulan April. Tepatnya 17 April 6 tahun sebelum Masehi. Jadi? Ah, siapa yang perduli tanggal tepatnya Natal itu. Bagi saya pribadi, sepanjang Natal dimaksudkan untuk memperingati salah satu "tanda" penting dalam kehidupan rohani saya, tanggal berapapun itu, bukan soal besar. Asalkan hati lurus tertuju kepada Sang Bayi. Beres. Begitu aja kok refooootttt........

Jikalau merayakan Natal adalah traditionally, lalu apa ada makna khusus Hari Natal bagi saya? Jawabannya bisa banyak. Tapi supaya dibikin lebih simpel maka adalah ini: Natal adalah tanda. Tanda apa? Tanda harapan. Sekedar tanda? Tidak. Karena memahami tanda adalah kodrat manusiawi saya - yang oleh karenanya (principe d'etre) saya menjadi berakal budi - maka memiliki harapan berarti saya siap untuk melanjutlan hidup apapun situasi saat ini. Apa situasi saat ini itu? Ada banyak tetapi saya mau berbagi satu dan dua dikit. inilah Natal pertama dalam hidup ketika Ayahanda tidak lagi "di sini". Dia sudah "di sana". Inilah Natal ketika Ibunda sedang terbaring amat lemah di Cikini. Jauh dari tempat saya duduk sekarang.

Jadi, Natal kali ini adalah Natal yang dari padanya saya ingin melihat - dan sebenarnya sudah nyata terlihat - harapan. Tidak cuma saya tetapi banyak lagi orang yang seperti saya. Bahkan kondisinya mungkin jauh lebih "buruk" dari apa yang saya alami saat ini. Malah mungkin lebih mengenaskan. Rakyat Zimbabwe yang mati dibunuhi rezim Robert Mugabe. Ribuan TKI yang terlunta-lunta di Malaysia. Anak-anak yang ada di kolong jembatan dan tidak jelas di mana bapak dan ibunya. Orang-orang yang tergusur karena rumahnya digusur. Orang-orang yang demi memperebutkan serupiah-dua sedekah, rela mempertaruhkan nyawanya yang cuma satu biji itu. Banyak lagi. Untuk semua mereka yang memerlukan harapan itu saya ingin mendedikasikan tulisan ini (harap anda tidak lelah mengikuti tulisan saya kali ini yang mungkin agak panjang).

Saya akan memulai dari sini: pada tahun 1966 seorang penulis mashur menulis sebuah buku yang laris. Amat laris. Judulnya: The Adventurers (Para Petualang). Almarhum Pendeta DR. Eka Darmaputera membacanya. Lalu, mencupliknya barang sedikit. Lantaran saya membaca buku tulisannya, maka saya menjadi tahu, sedikit, tentang isi buku "The Adventurers". Dengan bantuan Mr. Gu (google) saya mendapat beberapa keterangan lainnya. Dan ini yang saya mau bagikan kepada anda.

Ceritera dalam the Adventurers mengisahkan kisah hidup sang tokoh utama Diaogenes Alejandro Xenos, disingkat Dax, dari negeri Carteguay. Jika diterjemhkan ke dalam bahasa Indonesia, nama itu diartikan sebagai "dengan kebenaran mengalahkan dunia". Dax kecil, dengan matakepalanya sendiri, melihat keluarganya dibantai nyaris habis oleh sekelompok orang yang memberontak terhadap ayahnya yang berkuasa. Dia diselamatkan oleh Fat Cat, seorang pembantu setia dalam keluarganya. Beberapa orang pemberontak yang tertangkap lalu diikat berjejer. Seorang pamannya, yang belakangan diketahui sebagai pemberontak juga, mengeksekusi para pemberontak itu. Sebuah senapan laras panjang ditaruh di tangan Dax kecil dan dia dituntun untuk menembak satu persatu pembunuh keluarganya itu. Dan..raaaat taaaat taaat taat tat tat....semua pemberontak mati di tangan si Dax.

Kisah belum berakhir, Ayah si Dax, tuan Xenosm, sebenarnya lolos dari usaha pembunuhan itu dan lalu bergabung dengan kelompok Bandoleros, yaitu kelompok pemberontak revolusioner yang bergerilya melawan pemerintahnya sendiri. Bahkan ayah si Dax menjadi tangan kanan sang pemimpin gerakan pemberontakan. Tagal itu, Dax ikut bergabung bersama Bandoleros. Dia bertumbuh menjadi seorang remaja dan akhirnya pemuda yang tangguh tetapi kejam dan bengis tak terkira. Dalam satu kesempatan, Dax tertangkap bersama kakeknya. Di depan prajurit pemerintah keduanya berlagak tidak saling mengelnal. Untuk mengujinya, si Dax diperintahkan untuk menembak mati sang kakek. Lalu, tanpa berkedip Dax menembak mati sang kakek. Kepala kakeknya ditembak tepat di antara kedua mata kakeknya. Setelah melewati berbagai pertempuran yang berbahaya, akhirnya kelompok pemberontak menang. Sang pemimpin Bandoleros menjadi El Presidente dan tuan Xenosm, ayah Dax, menjadi tangan kanannya. Si Dax menjadi putera orang yang sangat berpengaruh di negerinya. Fat Cat menjadi pengawal pribadinya. Satu ketika, Dax dan Fat Cat berjalan-jalan take a pleasure di Ibu Kota. Tiba-tiba di kejauhan terlihat kerumuman orang banyak . Ada keriuhan di sana. Dan terjadilah percakapan berikut ini:

Fat Cat (FC): ada apa di sana?
Dax: tampaknya ada kerumunan orang mencegat kita...mereka mengemis....
FC: ah...CAMPESINOS.....(sambil meludah)
Dax: mengapa mereka mengemis?
FC: (sambil mengangkat bahu)...mereka selalu mengemis...
Dax: mereka bilang mereka lapar.....
FC: mereka memang selalu lapar....(sambil tersenyum sinis)..
Dax: ...tapi seharusnya kan tidak boleh begitu?...Bukankah kita mengadakan revolusi untuk menghapuskan hal-hal begini?....
FC : (tertawa heran sambil menatap Dax)....Sahabatku, aku sendiri sudah mengikuti 3 kali revolusi. Tidak satupun yang membuat CAMPESINOS itu kenyang. Barangkali mereka memang diciptakan untuk mati kelaparan...
Dax:...lalu untuk apa kita berperang selama ini?????....
FC: ..supaya kita tidak usah menjadi seperti mereka....supaya kita tidak perlu mengemis untuk mengisi perut. Supaya kita tidak perlu menjadi campesinos, manusia lapar itu. Saya kira itulah jawabannya....

Sekarang, sudahkah anda bingung? Apa kaitannya antara Campesinos dan Natal? Begini:

Natal adalah peristiwa revolusioner. Ketika itu dunia tertawan oleh kekuasaan dosa dan maut. Bertahun-tahun perjuangan para nabi dan utusan-utusan Allah hanya menghasilkan efek yoyo. Naik turun tak keruan. Selesai satu pertobatan, kuasa dosa berkuasa lagi. Dosa tak pernah benar-benar kalah. Dosa tak ada habis-habisnya. Lalu, Allah secara sepihak memutuskan untuk berinkarnasi menjadi manusia, dalam rupa Yesus, memimpin langsung revolusi melawan kejahatan kerajaan dosa. Allah bertempur. Tak bedanya dengan apa yang dilakukan oleh Dax dan kelompok Bandoleros yang juga meyakini bahwa mereka sedang bertempur melawan kejahatan. Betulkah tak berbeda? Nanti dulu.

Dax dan Bandoleros menempuh jalan kekerasan, dendam, dan kebengisan dalam revolusi mereka. Lantas apakah tujuan revolusinya tercapai? Tidak. Hasil revolusi ternyata hanya berupa perut sang pahlawan yang tidak lapar lagi. Badan mereka wangi. Dari mulut mereka menebar aroma mabuk. Mabuk kekuasaan. Campesinos tetap ada. Mereka masih ada memenuhi takdir mereka, yaitu lapar dan menderita. Lalu, mati tanpa pilihan. Tanpa jalan keluar.

Sebaliknya adalah Yesus dan murid-murid-Nya. Jalan revolusi mereka adalah jalan hati. Jalan cinta. Pertempuran Yesus bukan dengan jalan menumpahkan darah orang lain tetapi adalah darah sendiri yang terkuras habis. Dengan jalan ini, semua Campesinos tidak harus mati dalam takdir dosa, lapar dan sengsara. Sekarang ada jalan keluar. Selalu tersedia peluang. Di antara negeri dosa dan negeri bahagia sudah terbangun jembatan yang didirikan Yesus. Bahkan, Yesus sendirilah Jembatan itu. Para Campesinos yang mau meniti jembatan itu pasti bisa keluar dari negeri dosa. Campesinos yang tetap Campesions seumur-umur adalah mereka yang menolak meniti jembatan itu.

Sekali lagi, bagi Campesinos yang bersedia meniti Jembatan, ada kebebasan baginya dari cengkeram dosa. Selalu ada jalan keluar

Dan semua perjuangan revolusi Allah, dalam rupa Yesus, dimulai dari sini, yaitu di Malam Natal. Malam ketika Yesus, yang mau berjuang bagi Campesinos, tidak datang dalam rupa tentara bersenjata laras panjang. Yesus Sang Pahlawan itu ternyata datang dalam rupa: CAMPESINOS. Inilah tandanya: .....Bayi Kecil yang lahir di kandang domba. Dibungkus kain lampin. Dan ditemani bintang-bintang di langit.......

Persis nasib para Campesinos homeless yang tidur beratapkan langit malam yang gelap. Cuma jangkrik malam temannya. Hanya bintang kecil sahabatnya. Jadi, bagi seluruh Campesinos di mana saja, mari bergabung merayakan Natal. Peristiwa yang membawa harapan. Hari yang membawa peluang, yaitu ada jalan menuju Allah. Jalan itu bukan jalan dunia melainkan jalan Ilahi. Jalan Damai. Jalan keselamatan.

Soalnya adalah: siapakah para Campesinos itu? Seharusnya anda dan saya. Jika anda berpendapat bahwa dalam golongan Campesinos tidak terdapat anda di sana maka pasti sayalah sendirian si Campesinos itu. Betulkah?

Selamat Natal Puan. Selamat Natal Tuan
(Selamat Natal Ayahanda. Selamat Natal Ibunda)

126 komentar:

Bigmike mengatakan...

Los Campesinos secara harfiah berarti sang petani. Tapi dalam konteks ceritera ini diartikan sebagai mereka yang menderita. Orang-orang miskin.

Selamat membaca

Bigmike mengatakan...

SELAMAT PESTA NATAL BAGI YANG MERAYAKAN. SELAMAT BERLIBUR BAGI YANG TIDAK MERAYAKAN

jiwamusik mengatakan...

wah begitu ndarAD langsung posting nih keknya... pake acara nyindir2 lagi. hahaha.....

yeah... begitulah Tuan BM, demi blog ini kukasih tau aja, gengku dolo yg kucritakan di blogku itu namanya Solidarnosch Kawula Alit, ikut2an kaum Los Campesinos ala sang pahlawan Polandia Lech Walesa. Kerjaannya kalo malam natal gini mengemis-ngemis ikutan makan2 di pesta natal di gereja2.

Heran, kok tau2nya ajah Tuan BM nie. Ah... rupanya saat ini sy tidak sendirian sbg si Campesionos itu. Bedanya, sy bukan ahli Majus. wakkkaak..... hahahahaaa....


~JM

Anonim mengatakan...

@BM
Bila hati sebening air jangan biarkan ia keruh.Bila hati seindah rembulan hiasilah dengan kasih yang abadi.
Kami sekeluarga mengucapkan SELAMAT NATAL & TAHUN BARU buat @BM dan keluarga (Adek)

Anonim mengatakan...

Jika fajar adalah harapan maka mentari adalah semangat. Bila gema kidung natal merupakan ungkapan syukur maka kebahagiaan adalah anugerah.Selamat Natal buat saudara-saudaraku yang merayakanya. Tuhan Yesus memberkati kita semua. (Adek)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,
Gw non-Kristiani tapi membaca artikel ini gw tertegun. Cuma ini yang gw bisa ngomong: 2 jempol, lagi-lagi untuk bigmike. Esensi postingnya universal banget (Proxy73)

Anonim mengatakan...

SELAMAT NATAL UNTUK BIGMIKE DAN SEMUA SAHABAT BLOGGER YANG MERAYAKANNYA. Tuhan Memberkati (Proxy73)

Anonim mengatakan...

Paragrap terakhir dari tulisan @BM mengatakan...
siapakah para Campesinos itu? Seharusnya anda dan saya. Jika anda berpendapat bahwa dalam golongan Campesinos tidak terdapat anda di sana maka pasti sayalah sendirian si Campesinos itu. Betulkah?....hehehe BM, aku ada bersama kamu, mana mungkin aku tinggalkan sabahatku berjuang sendiri??? Ikuuuuut....
Selamat Natal buat BM and keluarga, juga semua sahabat blog.(YR)

Anonim mengatakan...

Buat Ibunda @BM
Khusus saya dan keluarga ucapkan SELAMAT NATAL buat Ibunda, cepat sembuh ya bunda. Tuhan Yesus menyertai bunda selalu.
Mas Budi, Tolong disampaikan dong ke Ibundanya, biar bundanya tetap semangat. Kami semua mengasihinya (YR)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

SELAMAT NATAL. Tuhan Memberkati (Sastavyana)

Anonim mengatakan...

Posting ini sungguh amat sangat menggetarkan. Terdapat kontras antara jalan kekerasan dan jalan damai. Lalu, siapakah the adventurers itu? Siapa los campesinos itu? Saya kira bigmike agak underestimate jika menggangap hanya dirinya yang tergolong di situ. Budaya Jawa menuturkan tentang "hidup adalah mampir minum, dan perjalanan kembali berlanjut". That's adventurers. That's campesinos. Kita semua, saya dan anda sekalian-lah itu.

Tidak harus Kristiani untuk dapat memahami tulisan ini. Saya menjadi saksi untuk ini.Ada hal universal di sini, yaitu pertempuran harus dikerjakan melalui jalan kebaikan dan kedamaian. Luar biasa (Sastavyana)

poempuisi mengatakan...

@ Bigmike,

Untuk sahabat yang selalu memberkan inspirasi bagi saya melalui posting-postingnya saya ingin mengucapkan SELAMAT NATAL. SEMOGA BAHAGIA DAN DAMAI DIAM DALAM HATIMU SELAMANYA

poempuisi mengatakan...

PUISI NATAL

Asalkan Yesus bersama kita

Tidak apa-apa Papa

Bila Natal kali ini aku memakai baju yang lama

Aku akan tetap lebih gemerlap daripada pohon terang itu

Karena sukacita berpendar dihatiku


Tidak apa-apa Mama

Sepatuku yang lama masih indah dipandang

Bintang pengharapan menuntunku tetap

Membawaku percaya dengan hati mantap


Tidak ada kue lezat dan kado berpita

Sungguh tidak mengapa Papa Mama tercinta

Asalkan Yesus bersama kita

O alangkah indahnya hidup kita


Selamat Natal, sahabat…

Desember telah tiba

Nuansa hijau, merah dan emas ada di mana-mana

Kidung nan indah pun menyeruak di keramaian

Orang-orang mulai menyibukkan diri dengan ibadah dan pesta

Kue-kue yang lezat dan rencana liburan

Tak lupa kado terindah untuk yang terkasih


Di hari Natal yang bahagia

Di antara gempita menggegap

Ijinkanku menyapamu wahai sahabat

Kau yang kesepian tanpa teman dan keluarga

Kau yang terbaring sakit dan terkulai lemah

Kau yang tersisih di suatu pojok yang gelap

Kau yang bertanya sendiri seperti apakah Natal kali ini

Natal ini masih milikmu


Dalam keriuhan pun dalam kesendirian

Natal datang menghampiri semua orang

Untuk satu alasan: Allah sungguh mengasihi dunia ini

Putra Natal datang untukku juga untukmu

Kamu tidak dilupakan-Nya Natal kali ini

Allah mengasihimu adalah berita indahnya

Selamat Natal, sahabatku..

poempuisi mengatakan...

Aqyu diijinin untuk memposting puisi mantra kacamata ke dlam blog ku ya...Bye

syamsudin mengatakan...

@ Bigmike,

Untuk sahabat muda saya yang selalu berhasil "menggelitik" pikiran kita saya ucapkan SELAMAT NATAL. MOHON DIMAAFKAN SEMUA KESALAHAN YANG MUNGKIN PERNAH SAYA LAKUKAN. TUHAN MEMBERKATI

syamsudin mengatakan...

Saya baru membuka blog dan terkesima dengan posting ini. Lalu, saya memutuskan untuk mengirim posting ini ke e-mail beberapa sahabat saya dan anak saya. Dia berada di Amerika untuk sekolah.

Posting ini meyadarkan bahwa agama tanpa relevansi sosial hanyalah kumpulan manusia pemberontak yang mengejar kekuasaan belaka. Posting ini seharusnya dibaca oleh para politisi, calon anggota legislatif, calon gubernur/buati dan bahkan calon presiden.

Berganti rezim, berganti pejabat dan berganti presiden akan hampa dan memalukan sepanjang para los campesinos masih berada bersama keseharian kita. Bigmike, posting yang menyentuh, memikat dan cerdas. Saya setuju dengan sahabat Sastavyana: tak perlu harus Krisitiani untuk bisa menangkap esensi posting ini

syamsudin mengatakan...

Akhrinya, untuk semua sahabat bloger yang merayakannya saya mengucapkan selamat hari Natal. Berbahagialah

Anonim mengatakan...

@ Dear all,

Saya tertarik dengan judul posting. Lalu terkesima membacanya. Saya teringat ial HU Bisnis Indonesia kemarin. Sangat sesuai dengan esensi posting ini. Berikut saya kutipkan (Nana)

Anonim mengatakan...

Natal dalam keprihatinan

Seperti tahun-tahun sebelumnya, terutama sejak 1997, umat Kristiani Indonesia besok merayakan Natal di tengah beratnya situasi kehidupan akibat krisis finansial global. Gejolak ekonomi yang dimulai dari Amerika Serikat itu telah merambah seluruh dunia, termasuk Indonesia, sehingga kehidupan mayoritas rakyat negeri ini pun terkena dampaknya.

Berbagai dampak mulai kelihatan dengan menurunnya pertumbuhan ekonomi nasional. Kondisi ini pada akhirnya menurunkan tingkat kesejahteraan rakyat Indonesia. Bila kondisi ini terjadi, kualitas hidup mayoritas rakyat pun otomatis merosot.

Anonim mengatakan...

Padahal, berbagai upaya telah dilakukan oleh semua pemerintahan sejak kejatuhan Orde Baru, pada 1998. Seluruh komponen bangsa ini pun tidak tinggal diam, tetapi memberikan sumbangsihnya sesuai dengan peran masing-masing.

Pemerintah, misalnya, berusaha sekuat tenaga lewat berbagai kebijakan dan program aksi yang telah dilaksanakan. Begitu pula dengan sektor swasta dan berbagai potensi yang ada dalam masyarakat.

Sayangnya, krisis kali ini memang sulit dihindarkan. Ini karena perekonomian nasional memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan kondisi perekonomian global.

Anonim mengatakan...

Dalam situasi Indonesia, dan dunia, seperti inilah, Natal menjadi sangat relevan dan unik. Relevan karena Natal kali ini tentu dirayakan secara sederhana, bukan dengan pesta pora dan bermewah-mewahan.

Kesederhanaan menjadi sangat penting dan merupakan inti dari perayaan Natal yang sesungguhnya. Selain menolak kemewahan secara fisik, kesederhanaan merupakan sikap yang tidak egois, menolak keinginan untuk menang sendiri, tanpa prasangka buruk, dan curiga.

Anonim mengatakan...

Sementara itu, unik karena Natal memang bukan pesta kerajaan di dunia. Perayaan ini menandai hari kelahiran Yesus, yang dalam iman dan kepercayaan Kristiani, merupakan Sang Juru Selamat dunia dan seluruh umat manusia.

Sikap seperti ini sangat cocok dengan makna Natal yang sejak semula memang berpihak kepada mereka yang dirundung malang dan musibah, kaum lemah yang miskin, dan tertindas.

Anonim mengatakan...

Natal berpihak kepada kelompok yang terpinggirkan, rakyat jelata, dan orang kebanyakan yang miskin dalam segala hal, tetapi mungkin kaya dalam iman dan kepercayaannya.

Mereka ini sesungguhnya yang memiliki Natal. Perayaan ini selalu mengingatkan kita akan kandang ternak yang sangat sederhana, kumuh, jorok, dan compang-camping.

Anonim mengatakan...

Di kandang itulah di Betlehem, sekitar 2000 tahun silam, lahir seorang bayi mungil dari keluarga kebanyakan. Dengan latar belakang seperti ini, bayi tersebut mestinya tidak dikenal dan jauh dari popularitas duniawi.

Namun, berdasarkan iman Kristiani, bayi itu merupakan Juru Selamat yang akan membebaskan dunia dan umat manusia dari segala kesalahan dan dosa, yang mendera seluruh umat manusia di bumi ini.

Wajah sederhana bayi itu ternyata memantulkan cahaya terang dan damai. Terang Natal akan menyinari dunia dari segala kegelapan akibat dosa, kesalahan, dan kesombongan manusia. Ini merupakan perwujudan dari cinta kasih Tuhan kepada umat manusia.

Anonim mengatakan...

Sebagai umat beriman, kita yakin bahwa cahaya terang Natal akan menuntun kita ke ujung lorong yang gelap. Di ujung lorong itulah, bangsa Indonesia, juga seluruh bangsa di dunia, akan menemukan penyelesaian segala persoalan yang tengah dihadapi.

Ini merupakan iman Kristiani dan iman inilah yang telah membebaskan kita dari segala dosa dan kesalahan selama mengembara di dunia.

Selamat Natal. Terang Kristus dan damai di bumi bagi orang yang berkenan kepada-Nya!

Anonim mengatakan...

Nah, Bigmike dan semua sahabat yang merayakannya, saya ucapkan selamat Natal. Tuhan Memberkati (Nana)

tuaksatu mengatakan...

Very good posting. Apa yang ngga' bis ditulis ma bigmike ya?????

Los Campesinos....los campesinos....rasanya gw juga tergolong itu dech....

Anonim mengatakan...

Selamat Natal untuk semuanya, khususnya untuk bigmike. Berbahagialah bro....

Bigmike mengatakan...

Dear sahabat blogger,

Saya membuat beberapa penyuntingan yang perlu. Selamat membaca

Bigmike mengatakan...

Bagi yang telah bermurah hati memberi ucapan selamat Natal, saya ucapkan terima kasih. Tuhan membalas budi baik sahabat semua. GBU

Anonim mengatakan...

@ all,

Ceritera seperti the adventurers sebenarnya merupakan gambaran tentang kondisi revolusi di negara-negara amerika latin. Che Guevara misalnya, kisah hidupnya menginspirasi banyak sekali sastra di jamannya. Los campesinos memang dimengerti sebagai orang-orang menerita. Bahan dalam beberapa pustaka los campesinos digunakan sebagai simbol perbedaan antara kelas ala karl marx.

Tapi, posting BM, memberikan nuansa yang amat lai dibandingkan dengan maksud dari penulis-penulis sastra "kiri". BM menggunakan aforisme los campesinos untuk menjelaskan fungsi sosial agama-agama yang seharusnya bersifat ilahi. Upaya yag memikat, yang ditambahi dengan kemampuan menulis yang talented. Rasanya saya membaca GM dalam versi nakal dalam tulisan BM. Wah....(Yewe)

Anonim mengatakan...

Keasyikan membahas los campesinos malah lupa ngucapin SELAMAT NATAL untuk bigmike dan semua yang merayakannya. Gunakanlah momentum Natal guna bersama-sama membangun Indonesia yang lebih baik. Untuk semua (Yewe)

Anonim mengatakan...

Apa makna terdalam dari peristiwa Natal? Adalah ini: Allah midak menunjukkan solidaritasnya kepada manusia. Maka, absennya solidaritas manusia yang merayakan Natal dalam bentuk ketidak perdulian sosial adalah cara merayakan Natal yang amat buruk. Di sini pula kebaikan postig ini. Selamat Natal Bigmike dan seluruh sahabat (John, Oemasi)

PS. Mike, sesuai saran ama, beta skrang pake speedy wah, top skali. Cepat (ini bukan iklan)

Anonim mengatakan...

@ All,

mengapa saya suka natal??? walaupun sebenarnya saya tidak merayakan natal (karena saya beragama Islam)...tapi saya suka dengan hari natal.. kenapa??? karena pada hari natal, semua umat kristiani bergembira merayakan hari lahirnya Yesus..sebagaimana halnya ketika umat islam merayakan hari raya idul fitri ataupun umat beragama lain merayakan hari rayanya...

setiap hari raya pasti memiliki ciri khas sendiri, misalkan hari raya idul fitri dengan tradisi bermaaf-maafannya, ketupatnya, dsb. begitu juga dgn hari natal, dengan acara misa malam natal, pohon natal, dsb, dsb... itu semua memiliki arti yang sangat penting kepada yang merayakannya...

salah satu sebab mengapa saya suka natal adalah..ada diskon dimana-mana, acara-acara yang bernuansa natal (baik di TV, radio, mall, dsb,dsb.)...banyak film-film box office yang release menjelang natal...

pokoknya natal itu...liburan yang penuh dengan hiburan....bikin hidup makin hidup...

Anonim mengatakan...

Lalu, kenapa di Jepang perayaan Natal selalu dirayakan secara besar-besaran, padahal orang Jepang kebanyakan tidak beragama Kristen?,

Sebenarnya orang jepang merayakan natal lebih ke arah budaya masyarakat jepang masa kini. Orang jepang itu kebanyakan meniru budaya barat. mulai dari trend pakaian, gaya hidup, dan berbagai kebiasaaan lainnya. kita tahu bahwa komunitas masyarakat eropa/amerika (barat) kebanyakan menganut agama kristen. mungkin inilah penyebabnya.
lalu, sepertinya masyarakat jepang itu menyukai acara dan event besar. dilihat dari banyaknya hari dan festival di jepang. dan liburan natal biasanya diikuti dengan liburan tahun baru. jadi masyarakat jepang sekalian merayakannya sebagai suatu event liburan.

Orang jepang tidak merayakan secara spiritual, seperti beribadah, doa bersama, ke gereja. mereka merayakannya secara "acara saja". mereka memasang pohon natal, tapi tidak diikuti dengan makna khusus dari agama kristen.

Anonim mengatakan...

Dear blogger,

Di atas adalah kutipan yang sengaja saya ambil untuk menunjukkan bahwa makna Natal yang hakiki telah berbelok begitu rupa sehingga yang tampak nyata adalah PESTA dan KERIUHAN.

Natal yang seharusnya sederhana, tempat di mana kita melakukan kontemplasi bagaimana seharusnya hidup bersama dan berjuang demi para campesinos, ternyata telah menjadi ajang jor-joran hedonisme dan narsisme. Kita tidak bisa menyalahkan siapa-siapa karena adalah kaum Kristiani sendirilah yang membuat bias makna Natal itu.

Posting Bigmike harap dibaca sebagai pengingat, untuk apa Natal itu diadakan Tuhan. SELAMAT NATAL (Peter)

Anonim mengatakan...

hoooiiiii Bigmike, Selamat Natal. Damai di bumi. Damai di Hati.

Nyesel juga gw nggak ketemu di jakarta. Tp gw maklum karena BM juga pasti sibuk look after our mother. Laen kali ya bossss....(Proxy73)

Anonim mengatakan...

LOS CAMPESINOS! LOS CAMPESINOS!

yang lain CAMPESINOS!
Aing mah MARHAEN saja!

Tapi Aku bukan pendukung PDIP ato turunannya lho!! swear!! saat ini aku benar2 sengit terhadap politik dan para pelaku politik di negri ini!
Orang dia pade nyang ngawur sampe negri ini susah begini, trus mereka bilang bangsa ini memang ditakdirkan sengsara! takdir dari mana????, biar kate natal juga aye kagak bakalan kasi maap sama itu poli"tikus"2 itu!

Yang lebih gila lagi hakim agung 70 taon bakal bisa apaan???????????? berdiri aja udah susah!!!!
duh!!!! bakalan makin banyak campesinos en marhaen deh di republik ini!!!

@ Mas YR

Makasi banyak atensinya! akan saya sampaikan ke bunda pesannya!!


(Budhi)

Anonim mengatakan...

ha ha ha ha Mas Budi,

Konsep marhaen dan campesinos adalah serupa tapi tidak sama. Marhaenismen Bung Karno adalah suatu isme yang didasarkan atas prinsip berdikari (berdiri di atas kaki sendiri) meski miskin. Tidak mengemis. Tidak pula cengeng. Tidak memperhambakan diri kepada pemilik modal. Semua saprodi dimilikinya tetapi pas-pasan. Miskin tetapi punya harga diri. Dan hal itu dipraktekkan benar oleh BK. Di akhir masa pemerintahannya, Indonesia benar miskin tetapi tidak punya hutang.

Orde barulah yang mengubah karakter itu. Kita tampak mengkilat tetapi semuanya hasil hutangan. Yang tidak berhutang adalah kaum koruptor karena hasil hutangan bangsanya dijadikan sebagai aset pribadi. Indonesia tampak sehat tetapi bangunan rumah Indonesia adalah bangunan yang didirikan di atas pasir. Datang ombak, musnah seketika (Patrice)

Anonim mengatakan...

Bagaimana dengan Campesinos? Jujur saja posting Bigmike memaksa saya mencari referensi. Dan akhirnya bisa saya simpulkan bahwa campesinos, juga adalah petani, tetapi benar-benar petani miskin yang tidak punya apa-apa. Lalu, supaya punya apa-apa mereka memberontak. Inilah romantisme pergerakan revolusi "kiri-merah di Amerika Latin" yang mengusung marxisme guna menghantam kapitalisme Amerika. Castro, Che Guevara adalah pelopor dan contoh kalangan bandoleros yang memobilisir golongan campesinos.

Mengapa Campesinos yang digerakan. Ya, konsekuensi konflik antar kelas yang digemari karl marx. (Ingat angkatan tani dahlu di Indonesia). Lalu, ketika revolusi berhasil apakah nasib campesinos lebih baik? Ternyata tidak. Di buku the adventurersnasib campesinos tetap merana. Di Kuba yang nyata campesinos tetaplah campesinos. Castro menjadi diktator puluhan tahun. Memberontak bagi Che Guevara ternyata adalah pekerjaannya. Berhasil di Kuba, dia mengelana di Afrika. Akhirnya tertangkap di Bolivia dan dieksekusi. Apakah gagasannya berhasil? Komunisme ternyata terjungkal. Tetapi semangat anti kapitalisme terus ada dalam benak kelompok-kelompok yang membawa nama campesinos. Chavez di Venezuela adalah contoh oran dengan romantisme semacam itu. Apakah sejarah memihak Chavez? kita tunggu.

Jadi, persamaan marhaen dan campesinos hanya pada sama-sama petani. Tetapi perbedaannya adalah marhane tidak diperalat siapa-siapa. Campesinos lain lagi, dia ditunggangi oleh semua yang bernafsu kekuasaan dan akhirnya ditinggalkan tetap sengsara. Lihatlah ucapan Fat Cat. Campesinos ditakdirkan untuk mati dalam kelaparan (Patrice)

Anonim mengatakan...

Lalu, mengapa campesinos harus menjadi golongan yang dibela Yesus? Saya kira karena nasibnya yang mengenaskan itu. Seperti tak ada jalan lain untuk mereka selain diperalat dan dibiarkan mati kelaparan. Merekalah manusia yang tersingkirkan dan terpinggirkan. Yesus datang untuk mereka. Siapa campesinos itu. Bigmike menjawab tegas: kita semua adalah los campesinos. Dan oleh karena itu kita mmerlukan pembelaan dari pihak Allah. Lalu, Allah yang Maha Kasih itu mengutus Anak-NYA yang tunggal untuk bertempur bagi los campesinos. Dia menang. Gloria In Excelcis Deo.

Bagi yang masih meragukan kehebatan Bigmike memahami dan menuliskan gagasan, bacalah baik-baik posting ini. Di sini sarat nilai. Ada rintihan personal, sejarah, sastra, politik, filsafat dan relijius itu sendiri. Saya terkesima dan kagum. Yang tidak silakan memberik komentar supaya kita tampak berbeda (Patrice)

Anonim mengatakan...

SELAMAT NATAL UNTUK BIGMIKE. KEEP ON POSTING. DARI TANGANMU ADA BERKAT TUHAN YANG MENGALIR. BERDOALAH AGAR BM DIHINDARKAN DARI SIFAT ANGKUH DAN LUPA DIRI. TETAPLAH RENDAH HATI. JBU.

UNTUK SOBAT-SOBAT KRISTIANI. SELAMAT NATAL. DAMAI DIBUMU DAMAI DI HATI. DAMAI DI BUMI DAMAI DI INDONESIA (Patrice)

tuaksatu mengatakan...

@ Bigmike,

Saya punya berita "aneh". Seorang Muslim keturuna Arab di Solo memperingati Hari Natal. Percaya nggak percaya dech....nih beritanya (gw kutip dari detiknews.com)

tuaksatu mengatakan...

Di Solo, Warga Muslim Etnis Arab Gelar Tumpengan Natal (by muchus budi - detikNews)

Natal ternyata bukan hanya miliki kaum Nasrani. Di Solo, seorang warga muslim keturunan Arab juga menggelar peringatan kelahiran Nabi Isa as di rumahnya. Peringatan itu ditandai dengan tumpengan dan mengundang kerabat, tetangga dan kenalan.

Penggagas acara itu adalah Musthofa al-Habsy, warga Solo keturunan Arab. Acara juga digelar di rumahnya di Jalan Cilosari No 226 B, Semanggi, Pasarkliwon, Solo, Kamis (25/12/2008) sore.

Musthofa mengaku baru tahun ini acara tersebut digelar, namun selanjutnya dia akan melakukannya setiap tahun.

Menurut dia, tidak ada satu pun larangan dalam Islam, untuk memperingati kelahiran seorang nabi. Padahal Isa as juga diakui sebagai seorang nabi dalam agama Islam. Dia bahkan mengutip dasar peringatan itu dari kitab Al Qur'an Surat Maryam Ayat 33.

Ayat itu berbunyi, "Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku (Isa as), pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali."

"Semua itu direkam secara gamblang dalam wahyu Allah berupa Al Qur'an, yang menjadi dasar keagamaan umat Muhammad SAW. Karenanya, dalam pandangan kami Nabi Isa as adalah juga milik umat Islam yang pantas kita hormati dan kita teladani," ujar Musthofa dalam pengantar acara.

Dalam peringatan itu dia juga meminta semua umat manusia meneladani kedamaian yang dijalani Nabi Isa AS. Menurutnya, tidak ada alasan bagi siapapun melakukan kerusakan di bumi atas nama agama. "Agama diturunkan untuk ketentraman di dunia," lanjutnya.

Acara diakhiri dengan pemotongan tumpeng yang kemudian dibagi untuk makan bersama seluruh hadirin. Selain keluarga, Musthofa juga mengundang kerabat, tetangga dan kenalan. Tampak hadir dalam acara itu sejumlah seniman di Solo.

tuaksatu mengatakan...

Nah, kalo gene Indonesia bakal aman dan jaya selamanya. Ternyata Islam bukan cuma kumpulan manusia picik berakal pendek dan pemarah. Jempolan dah.....

Gimana kalo Pilpres 1 kali lagi, Musthofa al-Habsy kita minta jadi Capres dan Bigmike jadi Cawapres. Pasti hebat tuh Indonesia....ha ha ha ha ha ha

Anonim mengatakan...

@ My Bigmike,

Selamat Natal. Damai di hati. Damai Di Bumi. Jika ada kata komentar yang salah mohon dimaafkan. Keep on posting coz you are not alone the campesinos, here. Dalam posting mu selalu ada butir yang bisa diolah menjadi harapan //Pritha//

Anonim mengatakan...

Buat nambahin info tentang the miracle of x'mas, gw juga ingin memetik berita berikut ini,

Ahmadinejad: Yesus Menentang Penindasan (www.kompas.com)

Kamis, 25 Desember 2008 | 10:46 WIB

LONDON, KAMIS — Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menyampaikan pesan Natal dalam pidatonya yang ditayangkan sebuah stasiun televisi Inggris, Kamis (25/12).

Dalam pesannya, Ahmadinejad menyebut, "Jika Yesus hidup saat ini maka dia akan menentang penindasan dan kekuatan ekspansi." Media-media Barat melaporkan pernyataan Ahmadinejad bernada sindiran itu rupanya ditujukan bagi AS dan sekutu-sekutunya.

Menurut transkrip yang dirilis, Rabu (24/12), Ahmadinejad mengatakan, sebagian besar masalah di dunia bersumber dari para pemimpin yang menyimpang dari agama. Dalam pidatonya, Ahmadinejad tidak menyebut nama seseorang atau negara-negara musuh atau Israel, meskipun ia berulang kali menyampaikan ambisinya untuk menghapus Israel dari muka bumi.

Anonim mengatakan...

"Jika Kristus ada di bumi hari ini, tidak diragukan lagi dia akan menegakkan keadilan dan menyayangi umat untuk menentang penghasut perang, pendudukan, teroris, dan penindasan di muka bumi," kata Ahmadinejad dalam terjemahan bahasa Inggris berdasarkan pidato yang ia sampaikan dalam bahasa Persia. Tayangan televisi itu akan disertai teks terjemahan.

Anonim mengatakan...

Dear all,

Terlepas dari sosok Ahmadinejad yang kontroversial, gw rasa banyak kebenaran yang adal dalam statement itu.

Seandainya saja semua orang mau berpikir positif tentang sesamanya mak kedaiaman akan datang dalam dunia. Hati yang damai adalah dunia yang damai.

Bisa nggak ya? //Pritha//

Anonim mengatakan...

Eh iya, selamat Natal juga bagi semua sahabat yang merayakannya yaaaa....damai di hati damai di bumi //Pritha//

Bigmike mengatakan...

Dear all,

terima kasih atas tanggapan-tanggapan yang ada terhadap ttlisan saya. Terima kasih. Tuhan memberkati.

Bigmike mengatakan...

Terima kasih pula atas semua ucapan selamat Natal. Kami sekeluarga berbahagia dengan persahabatn yang terjadi meski hanya di dunia maya. Tak apa, semua adalah berkat dari Tuhan. Kami bersyukur. GBU

Bigmike mengatakan...

Beberapa komentar telah dengan amat baik menangkap esensi tulisan saya. Adapun kesamaan antara los campesinos danromantika revolusi kiri amerika latin yang terus berregenerasi sampai sekarang, sepenuhnya saya serahkan kepada daya imaji sahabat-sahabat dalam memahami tulisan saya.

Saya pribadi, mengutip los campesinos, untuk memberitahkan bahwa Yesus lahir dalam rupa manusia lapar - los campesinos.

DIA Kaya tetapi dia tidak menganggap kekayaan-NYA itu sebagai hal yang mutlak dipertahankan. Yesus tidak Jaim. Dengan cara itu, ALLAH memberi "tanda" bahwa DIA mau bekerja bersama-sama manusia. DIA tidak memilih cara gampang. Jikalau DIA mau, tinggal bertitah maka dosa pasti lenyap. Tidak cara itu yang dipilih-NYA. Melainkan bekerja keras bersama-sama. Kita dijadikan-NYA mitra. Mitra? Ya, itulah keebihan metoda Allah. DIA berkuasa. Dan adalah kewenangan-NYA untuk memilih cara bekerja.

Lalu, kita - paling kurang saya sendiri - yang tergolong los campesinos sekarang bebas milih. Menyambut uluran tanga-NYA, selamtlah kita. Mengabaikan-NYA, kesulitan.

Kira-kira begitulah niat saya. Selanjutnya, kreativitas andalah yang akan menemukan beberapa hal yang sudah saya "simpan" dalam tulisan ini.

Tabe Tuan en Puan

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

....Sekali lagi, bagi Campesinos yang bersedia meniti Jembatan, ada kebebasan baginya dari cengkeram dosa. Selalu ada jalan keluar....

Saya pikir, sub-tema posting ini ada pada pernyataan di atas. Dan, saya pikir hal ini tidak mengejutkan karena sebelumnya bigmike berbicara tentang Carpe Diem. Bigmike tampaknya tidak bergeser dari paradigma itu.

Tetapi pertanyaan besarnya adalah apakah betul, dalam perspektif Kristiani, segala sesuatu ada jalan keluarnya? Saya ingin mengajukan pendapat (Binxars)

Anonim mengatakan...

”Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya” (1 Korintus 10:13).

Nah, jelas bahwa statement Bigmike memang memiliki pijakan yang amat kuat. Tetapi hal ini tidak berarti dalam sembarang keadaan ada hjalan keluar. Ada prasyaratnya. Dan untyk itu saya mau kembali kepada posting lama bigmike

Anonim mengatakan...

.........Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari." (Matius 6:34)........

Itu Janji-NYA.

Saya ingin melengkapi petunjuk tentang Janji-NYA

....."Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian? (Matius 6:25)............

Tetapi perhatikan hal berikut ini yang merupakan prasyarat supaya Janji Allah dapat berlaku dalam hidup:

.......Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu. (I Petrus 5:7)......

Jelas sekali bahwa yang diperlukan "cuma" ..Serahkan segala kekuatiranmu kepada-NYA......itu prasyaratnya....supaya Ia memelihara kamu.....maka jalan keluar apapun pasti akan diberikan Tuhan kepadamu menurut ..... RANCANGAN TUHAN sendiri...karena toh kita telah menyerahkan segala sesuatu kepada-NYA...

Anonim mengatakan...

Untuk melengkapi itu, saya akan mengutipkan satu artikel yang sesuai:

SELALU ADA JALAN KELUAR

Suatu masalah itu jika menyempit, maka biasanyanya ia menjadi meluas. Jika tali ditarik keras-keras, ia akan terputus. Jika malam semakin gelap, pertanda akan muncul fajar. Itulah tanda kehidupan yang sudah dan terus berlaku. Itulah hikmah yang pasti terjadi. Maka, relakanlah jiwamu untuk merelakan kondisinya. Karena, setelah kehausan pasti akan ada air. Setelah musim semi akan datang musim penghujan.

Mungkin saja betapa banyak kesedihan yang engkau keluhkan. Tapi permudahlah urusanmu. Lapangkanlah pikiranmu. Tidakkah engkau membaca firman Tuhan Tidakkah engkau berbahagia karena di dunia ini masih terhampar banyak harapan. Di dunia ini masih banyak kemudahan.

Wahai yang berkeluh-kesah tentang banyak urusan. Lalu menjalani hidup serasa dalam kurungan. Sementara air matanya terus mengalir karena sedih.

Anonim mengatakan...

Sesungguhnya untuk rasa sakit, ada kesembuhan.
Untuk penyakit, ada obat.
Untuk haus, ada air.
Untuk kesulitan, ada kelapangan.
Dalam kesempitan, ada kebahagiaan.
Dalam gelap, pasti akan ada cahaya terang.
Sesungguhnya Tuhan bersama kita. Dia mendengarkan kita. Dia melindungi kita.
Sebagaimana Dia telah menghimpun kita.

Anonim mengatakan...

Katakanlah kepada orang yang tenggelam dalam putus asa dan telah terjatuh.
Kepada orang yang telah patah arang dan terpuruk.
Kepada orang yang bimbang pemahamannya dalam masalah iman.
Bekerjalah dan beramallah, sesungguhnya Tuhan justru menurunkan hujan setelah manusia putus ada terhadap hujan.

Tuhan pasti akan menciptakan kemudahan setelah kesulitan. Tidakkah engkau tahu, sesungguhnya pasti ada keadaan lain yang Tuhan berikan setelah kesulitan?

Siapapun yang mengingat nama-NYA, maka Tuhan akan menjadikan jalan keluar dari setiap kesulitannya. Tuhan yang akan memberinya jalan penyesalan terhadap setiap kegundahannya. Tidak ada daya dan upaya kecuali dari Tuhan Dengan pengharapan itu, segala beban mampu terpikul, semua kengerian bisa terlewati, seluruh keadaan bisa lebih baik, lebih melapangkan pikiran dan menambahkan rasa pasrah kepada Tuhan.

Anonim mengatakan...

Beritakanlah kegembiraan kepada malam, dengan datangnya pagi yang menyapu gelap dari puncak gunung-gunung.

Beritakanlah kegembiraan kepada musim semi dengan turunnya limpahan air hujan hingga air itu masuk ke sela-sela pasir.

Beritakanlah kegembiraan kepada orang sesat dengan harta yang bisa mengusir kematian.

Ketahuilah, di setiap kesulitan itu ada jeda.
Di setiap kebutuhan itu ada pertolongan.

Sesungguhnya Tuhan menghilangkan bencana dengan ketulusan doa dan kebersihan harapan.
Ketahuilah, himpitan dan kesulitan itu menghilangkan kesombongan dan terus menerus mendorong kepada ampunan, syukur dan kewaspadaan berpikir. Maka tenangkanlah hatimu jika kegalauan menerpamu. Lapangkanlah dadamu jika kesulitan menyerangmu. Jangan putus asa terhadap apa yang telah terjadi dan telah hancur. Ketahuilah, karena tidak ada sesuatu yang abadi selama alam semesta ini berputar.

Anonim mengatakan...

Semoga kesulitan menjadi lebih ringan bagimu, dan musibah bisa memberikan kebaikan untukmu. Jika hidupmu telah terhimpit dan tak ada lagi alasan yang bisa engkau angkat. Kembalilah kepada Tuhan. Ketahuilah bahwa kesulitan tak pernah berlangsung terus menerus. Tuhan pasti memandangmu dengan pandangan kasih dan sayang. Karena dunia ini tidak berada dalam satu keadaan. Karena dunia ini berwarna-warni dan beragam bentuknya. Tidak ada kengerian yang tak pernah selesai. Belenggu akan terbuka dan ikatan akan terlepas. Bersabarlah, berdoalah dan nantikanlah jalan keluar dari Tuhan.

Ketahuilah, sesungguhnya kesulitan itu akan mampu membuka kejernihan telinga dan mata, serta menajamkan pikiran.
Kesulitan bisa memberi hikmah dan pelajaran.
Kesulitan mengajarkan kemampuan untuk memikul beban dan bertahan.
Kesulitan menghapuskan dosa.
Kesulitan memperbanyak pahala.

Anonim mengatakan...

Maka, mintalah perlindungan dan pertolongan Tuhan. Setiap musibah itu mempunyai tujuan.

Berapa kali kita merasa takut, lalu kita berdoa dan meminta kepada Tuhan. Kemudian Tuhan menyelamatkan dan melindungi kita.

Berapa kali kita di lilit lapar, lalu Tuhan memberi makan dan minum untuk kita.

Berapa kali kita diterpa kebimbangan dan keresahan, lalu tuhan memberikan kebahagiaan dan kesenangan.

Berapa kali kita terjerat dan kita hampir terjatuh dalam kehancuran.
Kemudian tuhan memberikan jalan untuk bangkit dan berjalan.

Anonim mengatakan...

Ketahuilah, engkau berhubungan dengan Yang Maha Lembut terhadap hamba-Nya.
Yang Terkenal dengan Pemberiannya.
Yang Maha Meberi untuk kebahagiaan hamba-Nya.
Yang Maha Kuasa atas segala keinginan-Nya.

Shyalom (Binxars)

Anonim mengatakan...

selamat Natal untuk Bigmike dan semua sahabat yang merayakan. Khusus untuk bigmike, percayalah...selalu ada jalan keluar atas pergumulan anda sekeluarga sehubungan dengan sakitnya Ibunda tercinta. SERAHKANLAH KEPADA-NYA. DIA AKAN MENJAWAB SEMUA DOAMU MENURUT RANCANGANNYA.....

"Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya” (I Kor 10:13)

Syalom (Binxars)

Anonim mengatakan...

@ Pak Mike,

Selamat Natal. Selamat mendapatkan kebahagiaan bersama keluarga besar Allah yang merayakan Natal. Meski pak Mike sekeluarga masih dalam masa pergumulsn tetapi janganlah kegembiraan Natal hilang dari hati dan pikiran Pak Mike.

Saya amat senang membaca posting Pak Mike. Ada pencerahan yang luar biasa. Lain dari yang biasanya kami dengar dikhotbahkan di gereja. Hal ini menjadi motivasi tersendiri bagi kami majelis non-pendeta karena ternyata tidak hanya pendeta yang mampu membuat bahan renungan yang bagus.

Sekali lagi, selamat Natal untuk pak Mike sekeluarga. Selamat juga bagi seluruh sahabat yang merayakan Natal. Semoga Damai Natal melingkui kita terus. Syalom (Yes, BTN)

Anonim mengatakan...

@ Binxars,

Terima kasih atas bahan renungannya yang menjadi bahan pelengkap renungan Bigmike. Memang dalam Tuhan, dan hanya danalm Tuhan, segalaa hal ada jalan keluar. Saya juga sangat setuju kalau dikatakan bahwa ada prasyaratnya, yaitu BERSERAH KEPADA ALLAH.

Itulah masalah kita. Mulut mengatakan berserah tetapi kita bertindak mengandalkan kuasa-kuasa dunia. Uang, kekuatan, kekerasan, kekuasaan, bahkan dukun-dukun dipakai. Kita tidak Tulus terhadap Allah. Akibatnya Allah membelakangi kita.

Akibatnya, banyak orang yang salah menduga tentang Natal. Mereka mengira Natal adalah pesta-pesta. Posting bigmike, mengingatkan kita bahwa Natal adalah ketika Allah dalam rupa Yesus, menyamar sebagai los campesinos, lalu berjuang bersama mereka guna mencapai kejayaan.

Wah, satu lagi bahan renungan yang bermanfaat. Syalom (Yes, BTN)

Anonim mengatakan...

@ Sahabat Kristiani,

Saya memiliki kisah yang menarik yang, mungkin ada di pikiran Bigmike ketika memposting artikel yang mempesona ini. Begini:

Ini kisah tentang seseorang yang bernama pak Sumarno. Beliau adalah warga Blitar dan semula adalah Jawa abangan yang kemudian memeluk agam Kristen.

Kisahnya dimulai ketika ia pada suatu hari menemukan sesobek kertas di tempat sampah yang telah digambari orang. Gambarnya adalah sebuah jembatan, di ujung jembatan sebelah kiri ada tulisannya "manusia", sedang di ujung lainnya ada tulisannya "Tuhan". Sedang pada jembatan itu sendiri ada tulisan "Yesus".

Kertas itu lalu dibawanya pulang dan direnungkan di rumah apa arti
gambar dan tulisan itu. Setelah beberapa hari merenung ia mencoba
mengartikan sendiri gambar itu begini: Manusia yang ingin mencari Tuhan itu harus melalui sebuah jembatan, dan jembatannya itu sendiri adalah Yesus. Atau dengan kata lain Yesus adalah jembatan atau perantara antara manusia dengan Tuhan, tanpa melalui Yesus manusia tak mungkin menemukan Tuhan.

Setahun kemudia pak Marno, yang ketua RT itu, memeluk agama Kristen beserta seluruh keluarganya (Widyanto, KG)

Anonim mengatakan...

Apakah pak Marno betul dengan dugaannya bahwa Yesus adalah jembatan?

Ternyata memang ada bagian Alkitab yang mengisyaratkan bahwa Yesus memang jembatan menuju Allah...

....Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal....(Yoh 3:16)

So, pak Marno benar. Bigmike juga benar. SELAMAT NATAL untuk semua (Wied)

Anonim mengatakan...

Apakah Che Guevara kiri? Yes
Apakah dia revolusionost sejati? Yes
Apakah dengan itu Che Guevara eror? Tidak


Che Guevara menjadi legenda abadi. Kisah kepahlawanan tokoh kharismatis ini terus diceritakan turun temurun dari mulut ke mulut. Bukan hanya di tanah kelahirannya di Rosario, Argentina, namun terus menyebar ke sekujur Bumi, mulai dari pengayuh Gondola di Venice, sampai penyanyi punk di sudut pertokoan Dago di Bandung, Indonesia. Di sepnjang Jalan Malioboro, Jogja.

Guevara tersohor lantaran menyerukan revolusi yang permanen, revolusi yang menyentuh semua batas. Hampir dari separuh hidupnya, Guevara membaktikan diri untuk perjuangan yang dianggapnya sebagai pembebasan demi kebangkitan gerakan revolusioner di Amerika Latin.

Untuk apa dia berjuang? bagi mereka yang memerlukan harapan. Apakah Che lalu bisa disamaka dengan Yesus? Anda silakan merenungkannya (Chemaniax)

Anonim mengatakan...

Wah, ada Chemaniax di sini. Tapi apa Che segitu hebatnya? enggak juga lah....wakakekek....Che cuma mesin penyebar revolusi kekerasan....anda suka begituan? GW nggak...wakakaakekekek....(Proxy73)

Anonim mengatakan...

Ada lirik sebuah lagu yang mungkin sesuai dengan tema posting ini:

Dear wonderful Jesus, saviour divine,
You are the branches, we the wine.
You brought us salvation,
and make them sunshine,
dear wonderful Jesus, marvelous friend,
I’m gald You are mine.

Perhatikan lirik ..... you are brought us salvation ..... di situlah makna Yesus adalah jembatan. Selamat Natal. Terima Kasih atas Postingnya yang mempesona (Erick)

Anonim mengatakan...

GW nambahi 1 lagi lirik lagu yang mengatakan Jesus membangun Jembatan

Rhonda Vincent Jesus Built a Bridge to Heaven Lyrics:

-CHORUS-
Jesus built a bridge to Heaven.
A mighty, mighty bridge to Heaven.
Jesus built a bridge to Heaven,
with three nails, and two cross-ties.

Took His people by the hand.
Led them 'cross that barren land.
Pharaoh chased them night and day,
but the angel of the Lord kept him away.

Jesus built a bridge to Heaven.
A mighty, mighty bridge to Heaven.
Jesus built a bridge to Heaven,
with three nails, and two cross-ties.

A humble carpenter by trade.
You'll know him by the works he made.
No towers of stone, nor works of steel,
but a wooden cross on a wind swept hill.
[ Find more Lyrics at www.mp3lyrics.org/GS5v ]

Jesus built a bridge to Heaven.
A mighty, mighty bridge to Heaven.
Jesus built a bridge to Heaven,
with three nails, and two cross-ties.

No boulevard, no avenue.
Not a road by man can carry you.
A highway built by hands unseen,
to that city of gold for eternity.

Jesus built a bridge to Heaven.
A mighty, mighty bridge to Heaven.
Jesus built a bridge to Heaven,
with three nails, and two cross-ties.

Jesus built a bridge to Heaven.
A mighty, mighty bridge to Heaven.
Jesus built a bridge to Heaven,
with three nails, and two cross-ties.

Jesus built a bridge to Heaven.
A mighty, mighty bridge to Heaven.
Jesus built a bridge to Heaven,
with three nails, and two cross-ties.

Anonim mengatakan...

eh GW nama orang ganteng jangan ga kliatan dong ha ha ha ha (Erick)

Anonim mengatakan...

gw dapetin lagu itu dari youtube. Liat dech lagu keren. Country banget (Erick)

Anonim mengatakan...

@ Neng Pritha,

Sebelon GW off, ada yang berita yang mau gw kutip untuk direnungkan sebaik-baiknya - ane bilang aza standard ganda. Ocheeeee....liat nich...

Pesan Natal Ahmadinejad Ironi yang Berbelit (ANTARA News) -

Duta besar Israel untuk London, Ron Prosor, mencap pesan Natal dari Presiden Iran Ahmadinejad sebagai "sakit dan ironi yang berbelit."

"Di Iran, orang yang masuk Kristen menghadapi hukuman mati. Salah jika si lalim ini dibiarkan menafsirkan pandangan-pandangan Yesus padahal pemerintahannya mengantar pengikut Kristen ke tiang gantung," kata Prosor sebagaimana dikutip kantor berita DPA.

Duta besar Israel itu juga mengatakan siaran di stasiun televisi Channel Four tersebut "kehilangan etika demi peringkat dan demi faktor mengejutkan (pemirsa)."

Louise Ellman, anggota parlemen dari Partai Buruh Inggris sekaligus ketua Gerakan Pekerja Yahudi, mengutuk Channel Four karena memberikan "mimbar yang tak bisa dilawan kepada sosok fanatik berbahaya yang membantah terjadinya Holocaust padahal dia sedang mempersiapkan hal serupa. Sosok itu juga menyatakan tidak ada homoseksualitas padahal menggantung pemuda gay di derek di jalanan." (Erick)

Anonim mengatakan...

"Siapa lagi yang akan memberikan pesan Natal alternatif tahun depan?" tanya dia lalu menyebut Channel Four bisa-bisa mengundang diktator Zimbabwe Robert Mugabe.

Rabbi (pemuka agama Yahudi) Harun Goldstein dari gerakan Yudaisme Liberal berkata: "Saya tidak ada masalah dengan Channel Four yang mengetengahkan isu-isu pelik. Pesan Natal Ratu (Elizabeth II) terlalu ramah sehingga kita perlu sesuatu yang lebih profokatif."

"Tetapi, 'berjudi' dengan cara memilih karakter kontroversial lalu membolehkan dia berpidato mengenai kasih sayang, serta membolehkan dia tampil sebagai sejenis Sinterklas, inilah masalahnya," kata Goldstein.

Anonim mengatakan...

Sist Pritha,

Dalam berita itu terdapat 2 ironi:

1. Kemunafikan, apakah amhadinejad mengucapkan salam natal secara tulus? gw pikir nggak. Yang ada dipikirannya cuma how to take a revenge kepada USA, GB dan "Barat".

2. Dilema demokrasi, yaitu etika. Demi kebebasan maka apa saja boleh dilakukan di ruang publik. Sayangnya, jika terhadap media press tadi diam tindakan maka akan di sue sebagai kejahatan terhadap press. TEtapi dampak etis akibat statement enggak tulus ahmadinejad terhadap perasaan korban holocaust dan lain-lain dinomor duakan. Dan, bolehkah menipu diedarkan ke publik hanya demi demokrasi dan kebebasan berpendapat.

Natal adalah kejujuran. Jangan dicampur dengan kemunafikan. Berdoalah untuk perdamaian dunia secara jujur.

BTW, thanx sist atas wacananya (Erick)

Anonim mengatakan...

wuekekekekek...Rick...k'mane aje lo....ngilang timbul tau2 galax ...ha ha ha ha ha met Natal ya bro...

About standard ganda ...yeachhh...haru diakuin itu ngak mutlak milik "yang sini" or "yang sana". Dalam filsaat manusia emang dibahas tentang rencontre en so ono so on...nah qt tunggu apakah BM mau ngelanjutin input dari si cantik Pritha en si gahar erick kagak???? yooouuuu...bm bikinlah posting tetang itu ...bikin ya...kalo nggak gw nagis nih ha ha ha ha ...ciaoooo rick...(eh kapan2 nongol dong ke studio)

Anonim mengatakan...

yeacchhhh....bahluh amat sih...tuh gw (Proxy73)

Anonim mengatakan...

@ Bung Yes, Binxars, Mas Wied dan Erick,

Darah Yesus merupakan jembatan yang olehnya manusia berjalan menuju Allah (Efesus 2:13-14).


Ini kutipan lengkap ayatnya:

Efesus

2:13 Tetapi di dalam Kristus Yesus, kamu yang dahulu berjauhan, sekarang sudah didekatkan oleh darah Kristus.

2:14 Karena Ia sendiri menjadi perdamaian kita, yang menjadikan dua pihak itu satu dan merobohkan dinding penyekat yang di tengah, yaitu perseteruan itu, dengan menyerahkan tubuh-Nya,

Ayat-ayat ini dapat ditambahkan ke ayat-ayat yang sahabat-sahabat mengutipnya. Dan saya pikir, inipula yang dimaksudkan oleh bigmike (Paul, Bandung)

Anonim mengatakan...

Mike,

Selamat Natal. Tuhan Yesus akan mengatkan mike dan keluarga. Tuhan Yesus juga kiranya memberkati mike agar terus aktif bekerja. Banyak yang mendapatkan berkat lewat posting-postingmu di sini. Posting Natal ini pasti akan dibahasa dalam PA nantinya. Syalom aelechem. JBU (Paul)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike and all,

Posting yang amat menggugah. Saya berterima kasih atas posting ini.

Saya mengamini semua kutipan ayat Alkitab yang menjelaskan tentang Yesus adalah jembatan antara manusia dengan Allah. Saya tambahkan sebuah referensi lain yang amat indah. Silakan direnungkan.

Jesus Built Us a Bridge

With two pieces of wood
and three nails, Jesus Christ built us a bridge.

The Spirit of Jesus Christ
flowing through the cross of Calvary,
is our bridge leading to our eternal home,
in heaven above.

By believing in and following Jesus's
righteous and most holy ways
God-fearing Christians are walking
across this bridge, focused on all of
the gracious blessings that heaven has to offer.
Freedom to worship and give God heartfelt praise.

This bridge, across which we walk,
is holy.
This bridge has been washed in the holy
and righteous blood of our Savior Jesus Christ.

Jesus Christ of Nazareth is the Master Mind.
This holy bridge stands for eternity.

In the power of the cross of Calvary;
we are directly linked to our heavenly
Father's throne room of grace.

Yes! Jesus Christ's eternal love, does
spiritually bind this sacred and most holy
bridge.

Once across this bridge;
Christians find themselves at the right hand
of the Father's throne of grace. Here our love
for our Savior Jesus Christ, is, reflected upon his
holy face.

O sovereign Father God;
Our God most high. Thank you for the blood
that your begotten Son Jesus Christ shed
upon the cross of Calvary.
The shed blood of our Lord Jesus Christ
has opened this bridge that blesses us
with a link to your sovereign throne
room of grace.
Thank you O Father God for preparing
our way.
O Father Son and Holy Ghost
We are truly honoured for the way in
which our eternal bridge has been
built, with two pieces of wood and
three nails.
Our bridge to eternal life is decked with
grace, and eternal unfailing love.
O Hallelujah!
Once upon this bridge O Father God,
your eternal promises begin to unfold.
Our vision of your table, which you have
prepared for us, reveals the humbleness
of our Savior Jesus Christ.
This bridge, which we are upon, will
never fail. For this bridge was built with our
Savior's divine faith.
Thank you Lord Jesus for building this bridge
of faith for us. Bringing us into a deeper
and more intimate relationship with you.
O Hallelujah!
In faith O Father God, we have crossed
over this bridge.
We are most truly honoured to be your
eternal family.
Thank you for blessing us so richly in all
of your promises.
May your holy name be glorified Jehovah
Jireh, our gracious provider.
In our Lord Jesus's, most holy and sacred
name.
Amen and Amen. (Esther, SRBY)

Anonim mengatakan...

Baca juga yang ini

° A separation resulted between man and God once Adam sinned.

°SIN BECAME THE GULF BETWEEN MAN AND GOD

l Romans 5:12 Therefore, just as sin entered the world through one man, and death through sin, and in this way death came to all men, because all sinned--( NIV )

° All descendants of Adam are born sinners.

l Romans 3:23 For all have sinned, and come short of the glory of God;

° Our destiny was eternal separation from our Heavenly Father.

l Romans 6:23 For the wages of sin [is] death; but the gift of God [is] eternal life through Jesus Christ our Lord.

° Because of His love, our Creator provided a way back to Him.

° ALMIGHTY GOD PROVIDED A BRIDGE FOR MAN.

l John 3:16 For God so loved the world, that he gave his only begotten Son, that whosoever believeth in him should not perish, but have everlasting life.

° JESUS BECAME THE BRIDGE TO THE FATHER

l Romans 5:8 But God commendeth his love toward us, in that, while we were yet sinners,Christ died for us.

° God's undeserved gift cannot be paid back , it is free.

°THE BRIDGE TO GOD IS TOLL-FREE

l Ephesians 2:8 For by grace are ye saved through faith; and that not of yourselves: [it is] the gift of God: 2:9 Not of works, lest any man should boast.

° Jesus is the only way to the Father, the only BRIDGE

l John 14:6 Jesus saith unto him, I am the way, the truth, and the life: no man cometh unto the Father, but by me.

l Acts 4:12 Neither is there salvation in any other: for there is none other name under heaven given among men, whereby we must be saved.

° We cross the BRIDGE by confession of our faith in the way to God.

l Romans 10:9 That if thou shalt confess with thy mouth the Lord Jesus, and shalt believe in thine heart that God hath raised him from the dead, thou shalt be saved.

° Lord Jesus said he was the TOLL - FREE BRIDGE [ 1 800 ]

l Revelation 1:8 I am Alpha and Omega, the beginning and the ending, saith the Lord, which is, and which was, and which is to come, the Almighty.

l Luke 1:30-31 "And the angel said unto her, Fear not, Mary: for thou hast found favour with God.

And, behold, thou shalt conceive in thy womb, and bring forth a son, and shalt call his name JESUS".

l Matthew 1: 25 "And knew her not till she had brought forth her firstborn son: and he called his name JESUS.

° Now we know why our Eternal Father made sure His son would be named JESUS. [ 8 8 8 ]

Exodus 6:3 "And I appeared unto Abraham, unto Isaac, and unto Jacob, by the name of God Almighty, but by my name JEHOVAH was I not known to them." [KJV]

Psalm 83:18 " That men may know that thou, whose name alone is JEHOVAH, art the most high over all the earth." [KJV] (Esther)

Anonim mengatakan...

@ Sahabat Yes, BTN

Saya tersenyum kecil membaca komentar sahabat terkasih dalam Yesus. Karena dalam sistem presbiterian, yang disebut majelis, lebih tepat lagi kemajelisan, terdiri atas pendeta, pengajar, penatua dan diaken. Semuanya setara. Tidak ada yang lebih tinggi satu terhadap yan lainnya. Yang membedakan adalah tugsa inti. Tugas utama.

Jadi, jikalau ada penatua (bigmike kelihatannya seorang penatua) yang mampu membuat renungan dengan baik ya tidak ada masalah. Bahkan semua penatua seharusnya mampu membuat renungan yang baik. Bukan karena apa-apa tetapi karena dengan itu mereka sudah melayani TUHAN YESUS sang Kepala Gereja itu dengan sebaik-baiknya.

Setuju begitukan sahabat? Syalom (Esther)

Anonim mengatakan...

SELAMAT NATAL.

Hiduplah Dalam Pedamaian Dengan Semua Orang.

.....Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam damai dengan semua orang! (Roma 12:18).....(Esther)

Anonim mengatakan...

Weeeewlwwwwhhh, yang bagus. Posting yang lezat. Gimana kalo bikin domain sendiri. Gw yang nyari bahan kuliah bisa sekalian menikmati tulisan-tulsan renyah berbobot (Jimblogwalker)

Anonim mengatakan...

Ehei, los campesinos bukannya nama group band indie dari Wales, GB. Yang gw inget, salah satu hitsnya adalah You! Me! Dancing!. Lagunya keren. Videonya ruaaarrrr biasaaaa...revolusioner banget2 deh....(Jimblogwalker)

forum mengatakan...

Selamat NATAL Pak Mike. TUHAN JESUS MEMBERKATI

forum mengatakan...

Posting yang amat menarik dan mencerahkan. Saya teringat falsafah pembangunan ekonomi dan teknologi dari Scumaccerh "small is beautiful".

Falsafah dasarnya adalah "man is small, therefore small is beautyful". Tentang konsep besar dan kecil kita bisa berdebat tetapi bahwa manusia itu kecil dan indah, tidak.

Hanya saja, kecil dan indah tidak boleh diartikan sebagai simpel. Manusia nan kecil itu rumit. Begitu rumitnya sehingga banyak persoalan yang dimulai oleh manusia tidak dapat diselesaikan sendiri oleh nya.

Lalu, Allah melihat bahwa diperlukan suatu langkah kecil, yaitu Natal. Memang kecil tetapi impliasinya besar dan rumit. Oleh karena itu, lagi-lagi, cuma Allah yang mampu menyelesaikan semua. Caranya? Menyerahkan diri seenuhnya kepada penyelenggaraan Allah dalam hidup. Peran kita? Hanya menjawab ...ia...terhadap tawaran Allah lalu ikutlah DIA kemanapun DIA mau pergi dan menyuruh kita pergi. SELAMAT NATAL

Anonim mengatakan...

Hi hi hi hi hi, kelihatan hebat ya????? .....(tapi ini rahasia yaaa....)

Renungan "small is beautiful" adalah renungan yang DIBIKIN oleh pak Bosz sendiri (bigmike) pada Natal Tahun lalu. Bahan ketikannya ada di komputer dan kami copy paste.....HA HA HA HA HA HA HA HA HA HA.....

forum mengatakan...

Hi hi hi hi hi, kelihatan hebat ya????? .....(tapi ini rahasia yaaa....)

Renungan "small is beautiful" adalah renungan yang DIBIKIN oleh pak Bosz sendiri (bigmike) pada Natal Tahun lalu. Bahan ketikannya ada di komputer dan kami copy paste.....HA HA HA HA HA HA HA HA HA HA.....

Anonim mengatakan...

ha ha ha ha beta kira pikiran sendiri...dasar kurang kerjaan...(13)

Anonim mengatakan...

@ A'a Tana,

Rowi manahere ke ne ha'ja Deo Ama nga ihi raiwawa hak'ku pepure ne Ana No dou Mone Miha me je ta nara di muri mada do peloro. Helama Natal 2008 nga taon do wiu 2009 (Savunesse)

Anonim mengatakan...

Posting yang tidak tertandingi. Itu dolo baru do Hawu. Selamat Natal (Rohisavuboy)

Anonim mengatakan...

Pertama, SELAMAT NATAL untuk bigmike. Juga untuk semua sahabat Kristiani yang merayakannya. Kami ikut berbahagia ketika sahabat sebangsa setanah air berbahagia.

Kedua, posting ini memang memiliki banyak wajah. Sahabatt Kristiani bisa melihatnya sebagai sarana kontemplasi keimanan. Selamat berkontemplasi bersama esensi posting yang, seperti biasa, amat bagus. Tetapi di sini juga ada persoalan sosial politik yang juga bisa kita pelajari bersama-sama.

Oleh karena itu, saya ingin ikut urun rembug soal los campesinos dan elan revolusi di amerika latin (Ghentenx, SYDN)

Anonim mengatakan...

Saya ingin memulainya dengan memberi kutipan berikut ini:

Lawan Intervensi Imperialisme Amerika Serikat
dengan Mobilisasi Persatuan Rakyat

Bulan Agustus lalu, rakyat petani dan pekerja Bolivia menegaskan kembali dukungannya terhadap Presiden Evo Morales dengan perolehan suara 67.41% di dalam referendum. Angka ini melebihi 53.7% suara yang diperoleh Evo saat terpilih sebagai presiden pada tahun 2005. Kemenangan referendum ini merupakan mandat dari rakyat Bolivia kepada pemerintahan mereka untuk memperluas dan memperdalam proyek sosialisme di Bolivia. Yang artinya pula merupakan mandat untuk melawan segala bentuk intervensi imperialisme di negeri tersebut.

Menanggapi kekalahan ini, kaum oligarki Bolivia , dengan bantuan dan ijin dari tuan-tuan imperialisnya (terutama imperialis Amerika Serikat), mulai meluncurkan kampanye-kampanye kekerasan. Jorge Chavez, salah seorang pemimpin kelompok oligarki di Bolivia , mengatakan: “Bila perlu, kita tumpahkan darah. Kita perlu menumpas komunisme dan menggulingkan pemerintahan orang-orang Indian bajingan ini”. Saat ini, kaum borjuis lokal dan tuan-tuan tanah Bolivia mengorganisir kelompok-kelompok fasis bersenjata untuk menyerang para pendukung Evo Morales: petani dan buruh dipukuli dan ditembaki, gedung-gedung pemerintahan dibakar, kantor-kantor organisasi massa dirusaki, rumah-rumah pemimpin serikat buruh dan serikat tani dilempari bom molotov, jalan-jalan diblokade untuk menghentikan distribusi barang. Semua aksi sabotase politik dan ekonomi ini ditujukan untuk menggulingkan pemerintahan Evo Morales dan menghentikan laju sosialisme di Amerika Latin. Sampai saat ini, sekitar 30 pendukung Evo Morales telah dibunuh oleh para fasis ini dan banyak yang hilang dan masih belum ditemukan.

Anonim mengatakan...

...kita lanjutkan....

Pada saat yang sama, di Venezuela, ditemukan sebuah rencana kudeta yang direncanakan oleh kaum borjuis nasional Venezuela . Terlibat di dalam rencana kudeta ini adalah para jendral purnawirawan, media-media asing dan lokal, pemerintahan Kolombia, dan pemerintahan AS. Presiden Chavez lalu mengusir Duta Besar Amerika di Venezuela, Patrick Duddy, karena keterlibatan AS dalam rencana kudeta tersebut. Pengusiran ini juga merupakan solidaritas terhadap Bolivia yang lebih dulu mengusir Duta Besar Amerikanya, Philip Goldberg, karena terlibat dalam mendukung upaya destabilisasi di Bolivia .

Anonim mengatakan...

...yuuuukkk jangan bosan menyimak....

Hingga detik ini pun AS terus melakukan intervensi ekonomi dan politik di seluruh dunia melalui lembaga-lembaga keuangan internasional dan kebijakan neoliberalisme yang sudah menyengsarakan milyaran rakyat dunia. Rakyat Indonesia adalah bagian dari rakyat dunia yang paling sengsara di bawah SBY-Kalla, dan ditangan seluruh partai-partai penyokong agenda neoliberal serta kacung Amerika Serikat saat ini. Rakyat Indonesia pun harus bangkit; menolak menjadi bangsa kuli; menolak menjadi kacung agen-agen imperialisme di dalam negeri. Artinya, rakyat Indonesia harus memperjuangkan kemandiriannya sendiri; baik ekonomi maupun politik, agar dapat bangkit menjadi bangsa yang maju dan produktif.

Dalam hal inilah, Revolusi yang sedang bergulir di Venezuela dan Bolivia menjadi sebuah inspirasi bagi rakyat tertindas di Indonesia dan di seluruh dunia, yang sedang berjuang untuk membebaskan dirinya dari cengkraman kapitalisme dan imperialisme. Revolusi ini membimbing rakyat Indonesia untuk bangkit dan percaya pada kekuatannya sendiri; bahwa berjuang untuk sosialisme tidaklah mustahil.

Anonim mengatakan...

Ok, saya ingin membedah sedikiiiitttt saja hal ichwal di atas...


1. Ada kesan kuat bahwa Pemerintah di Bolivia dan Venezuela adalah representasi kaum los campesinos? Betulkah? Nyatanya tidak, chavez, evo morales bukanlah los campesinos. Mereka adalah kelompok pekerja kelas menengah. Siapa mereka? Kaum sosialis yang sangat memuja eksitesislisme dan marxisme. Apa ini? Tidak lain dan tidak bukan komunisme. APakah dengan begitu komunisme adalah bencana? Kata ini Seharusnya merupakan isme netral tetapi fakta empirik menunjukkan bahwa komprador-komrprador - kamerad-kamerad adalah elite baru yang sama berjuisnya dengan yang mereka perangi yaitu apa yang disebut mereka sebagai kapitalisme.
Kesimpulannya, mereka tidak jujur.

2. Jadi apa yang terjadi sebenarnya? adalah pertemuran yang tidak pernah berakhir (never ending battle) antara sosialisme dan kapitalisme. Los campesinos hanyalah kuda tunggangan mereka. Los campesinos dibawa-bawa. Setelah perjuangan berjaya mereka tetapi dijalan dan mati kelaparan. Tunjukkan kepada kita, 1 saja pemerintahan sosialis yang nyata-nyata membawa kesejahteraan. Ideologi sosialisme bagus di kertas tapi sulit dikerjakan karean manusia pada dasarnya makhlu celaka dna bukan maialkat. Asumsi sosialisme adalah adanya sekelompok "malaikat" yang akan memimpin para socius itu menuju dmai sejahtera. Fakatanya tidak ada dolongan begitu.

China, Soviet, adalah contoh sosialis yang berselingkuh. Sistem ekonominya adalah kapaitalis tapi tata pemerintahannya adalah mengebiri hak-hak politik rakyatnya sendiri.

Cilakanya, di Indonesia, kelompok ini amat banyak.

Mari saya lanjutkan kutipan saya

Anonim mengatakan...

Kami yang bertandatangan di bawah ini menyerukan:

1. Kepada Rakyat Amerika Serikat agar melakukan mobilisasi untuk menghentikan intervensi imperialisme pemerintah AS di Bolivia dan Venezuela .
2. Kepada seluruh komunitas internasional untuk memprotes kekerasan-kekerasan yang dilakukan oleh kaum oligarki fasis di Bolivia.
3. Kepada rakyat pekerja dan petani sedunia untuk mengkukuhkan solidaritasnya terhadap Revolusi di Bolivia dan Venezuela .
4. Kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) agar melakukan tindakan politik dan hukum yang dibutuhkan untuk mempertahankan proses konstitusional di Venezuela dan Bolivia ; serta memberikan sanksi terhadap intervensi AS di AL selama ini.
5. Kepada rakyat Indonesia agar menyerukan pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono segera menghentikan segala bentuk kerjasama dengan pemerintahan AS; sekaligus mengusir keluar Duta Besar AS, Cameron R. Hume, dari Indonesia . Hal ini merupakan bentuk solidaritas kepada Bolivia dan Venezuela ; dan simbol penolakan terhadap imperialisme AS.

Anonim mengatakan...

Anda lihat seruan mereka? Munafik lagi ternyata. Berteriak anti amerika tetapi bajuna kaos oblong braded USA, celan jeans, HP, MP4, apple computer dan berbagai hal lainnya yang enggak dihasilkan oleh sistem sosialisme kecuali sosialisme tipu-tipu ala China.

Nah, mau tahu gembinggembong kemunafikan itu di Indonesia? lihatlah daftar verkitu in yang menandatanagni seruan di atas

Anonim mengatakan...

Kepada Rakyat Venezuela dan Bolivia ; kamerad Evo Morales dan Hugo Chavez:

1. Segera tangkap para pelaku tindak kejahatan dan para organisator kudeta.
2. Lanjutkan dan masifkan mobilisasi rakyat serta tindakan politik yang dibutuhkan untuk menghadapi kaum oligarki fasis yang tidak segan-segan menggunakan metode-metode kekerasan.
3. Masifkan Nasionalisasi di bawah kontrol rakyat terhadap semua industri vital dan perbankan yang dimiliki oleh para pemodal asing dan borjuis nasional yang menjadi agennya; hanya dengan merebut kekuatan ekonomi dari tangan kaum oligarki dan tuan-tuannya lah kita dapat membuat ompong serangan mereka.
4. Dengan mobilisasi rakyat yang semakin massif dan bersatu, MAJU lah menuju kemenangan mutlak sosialisme!

Jakarta, 27 September 2008

Hasta La Victoria Siempre!
Sosialisme atau Barbarisme!

Nama-nama organisasi yang sudah menandatangani surat solidaritas ini:

· Hands Off Venezuela - Indonesia

· Komite Politik Rakyat Miskin – Partai Rakyat Demokratik (KPRM-PRD)

· Rumah Kiri

· Serikat Mahasiswa Indonesia (SMI)

· LMND-PRM

· Jaringan Nasional Perempuan Mahardhika

· Libertan Bogor

· Proletariat Resistance Bogor

· Resist Book Yogyakarta

· KSM Unas Jakarta

HOV Indonesia mengundang semua kalangan untuk turut serta dalam aksi solidaritas menentang intervensi AS di Amerika Latin dan menandatangani surat pernyataan ini.


Di sana ada tmen-temen saya sendiri yang hidupnya...jauh panggang dari api terhadap idealisme....menseriusi Pancasila enggak mau kok ikutna mengatur urusan orang lain. Memaki USA karena hobi campur tangan ...nah mereka sendiri malah ikut campur tangan urusan orang lain...

So, untuk korad-komrad itu saya cuma mau katakan....berdoa untk perdamaian dunia seharusnya jujur. Jangan tunggangang menunggagni. Los campesinos kalian tunggangi hanya untuk kepentingan kalian. Lihatlah aktivits-aktivis yang sudah di gedung yang terhormat. Lupa sudah mereka terhadap Los campesinos yang dahulu penuh di mukut dan di saku mereka. Sekarang, yangenuh adalh los duitos dan perempuanos .....huaaaaa ha ha ha ha ...wakakekekekkikikik....enggak lucuuuuu....

Pada perspektif ini, saya acungin jempol kepada BM yang ternyata punya kesadaran politik yang amat tinggi. Perjuangan membela Los Campesinos adalah perjuangan dengan mandat Ilahi. Jangan maen-maen. Bravo (Ghentenx, SYDN)

Bigmike mengatakan...

Dear sahabat blogger,

saya amat gembira karena biasanya posting tentang ucapan selamat diminati hanya sedikit komen. Tetapi kali ini komennya sak hohah....lar biasa. Perkembangan diskui juga makin hangat. Meski sudah ada posting baru tetapi saya masih menunggu komen-koemn anda di posting ini. Ada yang memang harus saya pelajari.

Thanx puan en tuan. GBU

Bigmike mengatakan...

Sekali lagi saya ingin menegaskan bahwa los ampesinos yang saya gunakan di sini, meski secara harafiah berarti petani, tetapi dia merjuk kepada orang-orang miskin yang menderita.

Bahwa sahabat-sahabat ingin menafsir lain, saya persilakan bagaimana imaji anda saja.

Tabe

Anonim mengatakan...

Ya saya setuju dengan mas Ghentenx. Bukan karena sesama warga jogja tapi memang revolusi amerika latin (AL) kebanyakan romansanya. Ada ucapan yang terkenal bahwa pemilu di AL adalah "kegiatan menggusur para iblis untuk memasukan iblis-iblis baru".

Mari kita berhitung, negara-negara dengan sistem apa yang justru paling doyan mempraktekan sosialisme? Saya mendapat beasiswa dari USAID. Apakah ada Venezuela aids? China aids? Yang terdengar malah china mengirimi kita makanan dengn camuran melamin. Lalu kawan-kawan "kiri" itu apa kerjaannya di sini selain melakukan demo sana dan demo sini? Romansa jengoisme itulah yang paling mengemuka di kepala kawan-kawan kri itu. Hidup dalam dunia mimpi. Ayo bung keluar dari mimpi. Berjuang secara jujur membela kamu los campesinos. Jadilah jembatan yang kuat jangan jembatan mimpi (Patrice)

Anonim mengatakan...

@ Mas Ghentenx en Patrice,

kenapa harus "sengit" kpada isme "left"?. Marhaenisme itu kan "kiri: juga ya kan? Nih gw kutip dari wikipedia....

....Marhaenisme merupakan paham yang dikembangkan dari pemikiran Soekarno. Ajaran ini menggambarkan kehidupan rakyat kecil. Orang kecil yang dimaksud adalah petani dan buruh yang hidupnya selalu dalam cengkraman orang orang kaya dan penguasa. Marhaenisme di ambil dari nama seseorang yang hidup di Indonesia. Dia adalah seorang petani yang mempunyai lahan sendiri, lahan itu dia kerjakan sendiri dan hasilnya cukup untuk kebutuhan hidup keluarganya yang sederhana. Marhaenisme pada essensinya sebuah faham perlawanan yang terbentuk dari sosio-demokrasi dan sosio-ekonomi Bung Karno......

Nah, di atas saya liat Patrice kliatan pro banget megawati. Nah, knapa memusuhi ideologi left? BK kan emang kiri? Sila keadilan sosial di pancasila menurut situ apa sih jika bukan "kiri"?. Ingat nggak di PDIP ada Budiman Sudjatmiko yang yang juga "left". Apa nggak ironis tuh pikiran sampean2? Agen ORBA ya? Mohon klarifikasi(DoJ)

Anonim mengatakan...

@ Sahabat DoJ,

Salam kenal. Kayaknya anda new comer di sini. Selamat datang dan salam kenal.

1. Saya tidak ke kanan tidak pula ke kiri. Saya di tengah. Saya moderat, Lihatlah spektrum ideologi.

2. Saya tidak mengatakan bahwa saya suka atau tidak suka terhadap ideologi kiri. Yang saya kritik adalah selalu memaki yang kanan padahal sahabat-sahabat sedang melakukan hal yang sama hanya menggunakan amplop yang lain. Memaki USA dan meminta agar jangan campur tangan. Tapi tolong defenisikan bentuk apa pernyataan-pernyataan yang dikutip oleh mas Ghentenx. Bacalah baik-baik butir-butir itu. Campur tanagn tidak? Itu yang saya enggak "ngeh" (Patrice)

Anonim mengatakan...

hooiiii, gw anak For....ah nanti ajah kasi taunya.....apaan kiri-kanan?????....makan aja susah...ha ha ha ha ha (Erick)

Anonim mengatakan...

nih bekal wat yg mau debat....Thomas Jefferson-nya USA tuh kiri ato kanan????? jawab deh elo....(Erick)

Anonim mengatakan...

Wow, blog yang bagus. Ceritera tentang Los Campesinos mengingatkan kita akan nasib bangsa. NAsib kita mirip los campesinos. Digunakan namanya tetapi diludahi pada akhirnya. Mengenaskan. Salam kenal (Ruby, BDG)

Anonim mengatakan...

ck...ck...

blog yg teramat bagus, ketemu iseng saat cari informasi "rumput" di google. diskusinya pun "seru."

buat ghentenx en Patrice en eric, kalau mau diskusi, maaf ini usul saja, tolong definisikan dulu apa itu KIRI, TENGAH dan KANAN!!! Lalu klarifikasi dulu, ideologi tsb menurut versi siapa? Amerika, Inggriss, Australia, Bolivia, Chavez, Gus Dur ato siapa?? karena yg saya tau, kiri, tengah dan kanan banyak varian nya dalam banyak negara.

selamat berdiskusi semoga memberi pencerahan buat kita semua ~ joshua

Anonim mengatakan...

wwuueeeeeeeehhhh....ada spesies baru nih...hoooiiii joshua.....met gabug di blog "tengdam = betengkar damai" ..wakakakekekek....hei...kiri is opps dari kanan..en sebaliknya.....gicyuuuu.....sssuiiiirrrr.....sssuerrrrr.....hei dari pada diskusi mending berenang ganti taon yuuuuukkk......wakakakakak.....(Proxy73)

Anonim mengatakan...

Sahabat Joshua,

Selamat bergabung. Mas "gendeng" Proxy73 melukiskan blog ini dengan amat tepat, yaitu blog "tengdam". Mudah bertengkar tapi mudah berdamai. Jikalau mau bergabung, siaplah dengan situasi seperti itu. But, percayalah, blog ini memang mengasyikan.

Suatu Konsep Ideologi sebenarnya selalu mengandung dua konsep dasar tentang “perubahan” (change) dan “nilai-nilai” (values). Disebut demikian karena ideology secara sederhana dapat didefinisikan sebagai nilai-nilai yang mengubah masyarakat, baik mengubah ke arah yang lebih progresif atau membawanya kepada kemunduran (retrogesif).

Istilah kiri dan kanan berasal dari tradisi politik Perancis, kelompok yang secara umum mendukung kebijakan-kebijakan penguasa/raja adalah kelompok kanan. Sedang yang menawarkan perubahan dalam system itu disebut kelompok kiri.

Apa artinya itu? Kiri atau kanan secara metodologis sudah ada "pakem"nya. Tinggal bagaimana kita membeikan makna. Lokalitas kitalah yang akan menentukan (Patrice)

Anonim mengatakan...

@ Sahabat Erick,

TJ kiri atau kanan? Ya lihatlah defenisi akademis di atas. Umunya di USA, demokrat adalah kaum yang mendukung perubahan. Lihatlah aforisme Obama. Kaum Republikan cederung di kanan karena pegangannya pada nilai-nilai, terutama nila-nlai Kritiani Protestan.

Tapi apakah itu ketat? Tidak juga. TJ adalah contoh terbaik. Dia adalah pendiri Demokrat tetapi coba baca baik-baik DoI-nya, sarat etika Kristiani. Kurang dan lebihnya begitu bung (Patrice)

Anonim mengatakan...

Supaya tidak bias, saya tegaskan bahwa saya tidak pro kanan atau kiri. Terserah kemana keyakina masing-masing. Yang saya "protes" adalah cara-cara mendoakan perdamaian yang tidak jujur. Berstandard ganda.

Contoh, serangann Israel terhadap Hamas yang membunuh begitu banyak orang patut dikecam tapi jangan pura-pura menutup mata lalu tidak mengecam Hamas yang begitu selsesai masa gencatat senjata segera menembak ke pemukiman Israel. Siapa mengecam siapa? Itu yang saya maksudkan. Itu sikap saya. Anda tidak setuju ya tidak apa-apa (Patrice)

Anonim mengatakan...

sahabat proxy73

sambil menunggu respon, bbrp hari ini saya menyempatkan membaca banyak posting bm, tidak lupa komentarnya disini.

tentang karakter komentator, anda rupanya "sesepuh" disini tapi saya harus--maaf--sepakat dengan sahabat pm. "karakter anda amat menyebalkan!" ha ha ha ha. atau minjem istilahnya sahabat budi, "mulut anda terlalu lebar." wakakakakakak... peace bro!

oke deh sahabat, selamat memasuki tahun baru 2009 juga untukmu! (Joshua)

Anonim mengatakan...

sahabat patrice

terima kasih atas "welkam" nya yang hangat. tp jujur saja saya tidak pingin ada dalam situasi yg sahabat sebutkan itu. anggap saja saya cuman numpang lewat. untuk itu, harap maklum.

untuk sekilas info sejarah kiri-kanan, saya juga ucapkan terima kasih. tp saya lebih tertarik dengan kalimat terakhir sahabat; lokalitas. sayang sahabat tidak ditel ttg lokalitas dimaksud yg sebenarnya dimintakan klarfikasinya oleh sahabat DoJ.

baiklah saya ulangi lagi. klarfikasi dulu, apa definisi kiri-kanan dalam konteks lokalitas. saya kok cendrung berpikir, yg dimaksud DoJ adalah Indonesia? nah, pakailah marhaenisme spt yg ditanyakan! kalau sahabat setuju marhaenisme itu kiri, apa paham kanan yg merupakan oposisi marhenisme? lagi, sahabat mengambil jalan "tengah." apa artinya???

kira-kira begitu. semoga sahabat patrice tidak keberatan menjawab ini :)

salam hangat dari yang awam ttg ideologi kiri, tengah, kanan (joshua)

Anonim mengatakan...

lagi sahabat patrice

tentang konflik israel vs hamas, mendoakan perdamaian yg jujur itu bagaimana caranya? apa hanya sekedar mengecam ke 2 belah pihak? bukankah selama ini kita semua mengecam ke 2 belah pihak? cara siapa yang sahabat protes???

(joshua)

Anonim mengatakan...

Kiri, kanan, tu wa ga pat...ane lurus ajah....ha ha ha ha Sori ya rada begok soal ginian (Ryan)

Anonim mengatakan...

sahabat ryan

hhmmmm...

pilihan lurus karena sahabat tahu ada "jalan" kanan dan kiri khan. tanpa itu, tidak ada jalan tengah/lurus. nah pertanyaan saya; apa itu kanan dan kiri?

salam buat sahabat. (joshua)

Anonim mengatakan...

@ joshua,

Lokalitas kanan dan kiri? Aha, tidakah hal itu bisa dilihat pada defenisi-defenisi. Adakah perubahan (change) dan nilai (value) yang tidak memiliki lokalitas? Nah, silakan ditelusuri sendiri bung josh.

Saya malah tergelitik untuk bertanya apakah kanan - kiri - moderat menurut pikiran sahabat? Mari kita pertukarkan pikiran-pikran kita supaya akhirnya kita masing-masing akan memiliki 2 buah pikiran. Salam (Patrice)

Anonim mengatakan...

@ Sahabat Joshua

Saya juga ingin menambahkan,

Reaksi bagaimana yang seharusnya ditampilkan supaya mendoakan perdamaian dapat dilakukan lebiht jujur. Sahabat bisa berpendapat mulai dari ISrael dan Hamas.

Mari kita pertukarkan pikiran-pikiran kita (Patrice)

Anonim mengatakan...

sahabat patrice,

mungkin lain kali saja kalau sahabat berkenan menjawab pertanyaan saya. saya sekedar pingin tahu karena "mendengar" sahabat dkk memakai istilah kiri, kanan, tengah, lurus. lazimnya, yg lebih dahulu mengambil posisi tertentu, dialah yg memberi klarifikasi.

begitu pula dengan sikap "protes" yg sahabat kemukakan disini lebih dahulu atas cara mendoakan perdamaian yg sahabat anggap tidak jujur. tegaskan dahulu poin-poin pokok sebelum meminta kawan bicara menyampaikan sikap afirmatif (menerima) atau menolak.

tp mungkin itu gaya diskusi saya. maaf kalau gaya saya malah yg tidak lazim, he he.

walau begitu, senang berkenalan dengan sahabat patrice. selamat memasuki tahun baru 2009 buat sahabat dkk. (joshua)

Anonim mengatakan...

@ Bung Josh,

Pertama, saya ucapkan SELAMAT TAHUN BARU 2009. Semoga Berkat Tuhan melimpahi anda.

Kedua, sebenarnya, semua yang sahabat tanyakan sudah saya jawab, menurut apa yang saya tahu. Jika ada yang belum lengkap, dan oleh karena itu anda tanyakan kembali, saya harus jujur memberitahu bahwa memang cuma itu yang saya tahu. Siapa tahu sahabat lebih tahu maka saya minta pendapat anda. Mungkin dapat memperkaya pengetahuan saya. Saya berpendapat anda juga berpendapat. Itulah diskusi. Jika tidak maka hanya ada 2 kemungkinan: anda sedang melakukan interogasi atau aha....anda adalah dosen penguji ujian pra disertasi saya. Wah yang beginian nanti saja karena saya masih mempersiapkan tulisan saya ha ha ha ha ha. Jika punya pendapat atau pengetahuan (berkat) maka jangan hanya meminta (bertanya) tetapi hendaklah juga berbagi (menjelaskan).

Ketiga, saya amat gembira berdiskusi dengan sahabat. Keep on comment. GBU (Patrice)

Anonim mengatakan...

@ All,

Sekarang sudah 13 Januari 2009. Dan pikiran saya masih tertancap pada posting ini.

for all those "los campesinos": JESUS is BORN

1. Menurut pendapat saya, ini adalah posting terbaik bigmike. Ada kedalam dan sekaligus ada "misteri" di dalam tulisan ini yang rasanya belum bisa "dibongkar" oleh pembaca. Saya bahkan ragu, apakah bigmike dapat menangkap misteri itu?

2. Setelah saya renungkan kembali, bigmike kembali sudah "meremalkan" bahwa dia tergolong "los campesinos" yang menderita (lihatlah posting hidup mampir minum - yatim piatu). Yesus memang mampersiapkan bigmike untuk menghadapai situasi ini. Dan sekalgus Yesus menuntut bigmike untuk segera bekerja keras bagi para "los campesinos" tanpa menunggangi mereka.

Apakah pikiran saya benar? Entahlah

jabon mengatakan...

no koment aja ah....