Minggu, 30 November 2008

1 desember 33 dia ada 1 desember 08 dia tiada (puisi untuk SGT yang ada di ketiadaan)

Tanpa banyak kata
Kecuali bahwa, saya mengasihi dia
tanpa kecuali, dikasihinya ibunda
tanpa kecuali pula, dikasihinya kami

tapi

apa benar dia masih dikasihi
ketika tiada

apakah tiada?

Hanya sedikit kata
kecuali bahwa, saya merindukannya
tanpa kecuali, dulu, ibunda dirindukannya
tanpa kecuali, kami terus dirindukannya

tapi

apa betul dia masih dirindu
seperti ketika dia ada

apakah ada?

dulu
dia tiada
lalu
ada
sekarang
kembali tiada

dari tiada menjadi ada
dari ada menjadi tiada
apakah ada?
apakah tiada?

Yang ada tinggal kasih
yang ada cuma rindu
dengan cinta dan rindu
tak ada lagi yang tiada
semuanya ada

karena CiINTA
dia masih ada

di sini

di hati

Selamat HUT kalau ada
Selamat HUT meski tiada

(air mata masih ada, ternyata)

53 komentar:

forum mengatakan...

kami pertama,

Pak Ketua, kami tahu bahwa ayahanda sangat berarti bagi P Ketua. Tapi kami mau kasi tahu bahwa P Ketua sebenarnya adalah fotocopy yang bahkan kebih berwaran dari ayahanda. Itulah kebanggaan ayahanda, Ayo, ikutilah teladan perjuangannya. Niscaya P Ketua mampu menapaki jalan kebaikan yang telah dirintis oleh ayahanda. Dia sudah damai bersam DIA (salam dari kami yang berada di markas)

Bigmike mengatakan...

wah, ternyata sudah didahului kawan-kawan. Hoi masih jaga markas kah? Terima kasih banyak kawan. Tuhan Memberkati

Bigmike mengatakan...

catatan: sketsa SGT digambar oleh ananda Leba Riwu Kaho. Gambar yang bagus

Anonim mengatakan...

selamat HUT opa,
selama kami, masih bisa bernafas
masih sanggup berjalan
kami kan slalu memujamu

meskipun tak tau lagi
engkau ada dimana....
dengarkan kami
kami merindukan mu OPA.....

DTN n FAM

Anonim mengatakan...

Katuas! SELAMAT HARI JADI!!

Ferig ada disini!, bae2 sa! tadi bangun tidor sore ada bilang rasa dingin! tapi malam ini su oke2 saja!

Katuas! tolong bilang di TETE MANIS ko perkuat ana cucu dong dengan IMAN, PENGHARAPAN, KASIH, supaya ana cucu dong bisa menjalan AJARAN YANG TETE MANIS AJARKAN MELALUI KATUAS! sampai ana cucu dong berkumpul dengan KATUAS lagi!

nah Katuas! NE KE PA URU JARA KAKO!
MOLA TA PE KAKO TOI!

=DH1RK=

Anonim mengatakan...

Semua akan ke sana,
yaitu ke ketiadaan
hnya soal waktu
sekarang SGT, besok entah siapa
tapi di usia sekarang
saya mungkin ada di barisan terdepan untuk menunju ke ketiadaan
jangan takut
normal saja

(Syamsudin, bloggertua, jkt)

Anonim mengatakan...

@ Sahabat mudaku Bigmike,

Kalau tidka salah ada fislsafat eksistensialis dari, entah Sartre atau Nietzche, yang berbicara tentang ketiadaan. Seklai waktu harap bisa diulas. Kami yang tua-tua ini mungkin perlu juga barang begitus sebagai bekal "perjalanan abadi".

Wah, kali saya malah meminta ha ha ha ha (Syam)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Ilmuwan emang udah kerjaannya, filsuf emang top markotop, penulis puisi ok deh...So, apa lagi yang amu enggak bisa....dasar mabok...apa-apa bisaaaaa ajah...wuaaakakakakak....(Proxy73)

Anonim mengatakan...

@ Opa Syam,

Yeaaaccchhh, QT nunggu ajah kesediaan BM ngebahas topik itu. Itu emang Wooooooi BM, apa pendapatmu tentang eksistensialismenya Srtre (makin asyik kalao dibahas dalam perspektif Leahy) - Qt2 di Utan kayu nunggu tuh ha ha ha (Proxy73)

Anonim mengatakan...

@ A'a tana,

Maiki Robert memang manusia luar biasa. Bukan hanya kami orang Sabu yang terus mengenang kebaikannya. Banyak kawan-kawan dari entitas lain masih menyebut namanya dengan penuh hormat. Apa A'a tanah tidak tertarik untuk mengambil over peran Maik Robert sebagai tokoh Sabu? Peluang sudah ada, manfaatkan itu untuk kebaikan dan kasih sayang. Minami A'a? (Savunesse)

Anonim mengatakan...

Buat saya, Ada dalam arti sebagai bentuk atau wujud keeksistensian saya, selalu muncul mendahului atau menegasikan Tiada. Setidaknya ini berdasarkan dogma dan atau aksioma indera saya.

Saya Ada. Itulah sebuah Kekaguman tak bertepi dalam pengetahuan akan eksistensi.
Saya Ada. Itulah keindahan filsafat yang selalu merasuk ke dalam emosi jiwa sesaat.

Saya Tiada? Ah masa? Lihatlah bukakankan saya memang Ada dan Mengada.

Tiada itu Nonsense! Yang ada Hanya ADA (Sastavyana, UK, Jakarta)

Anonim mengatakan...

For Proxy73,

Anda adalah tiada yang mengada-ada ha ha ha (Sastavyana)

Anonim mengatakan...

Cinta, hanya itu yang dapat dilakukan untuk mengatasi perbedaan badan dan perasaan antara yang masih ada dan yang sudah tiada. Salam hangat (Nunung, Bogor)

Anonim mengatakan...

Papa….rasanya baru kemarin kulihat senyummu
Kudengar suaramu memberiku nasehat…
Masih terngiang senda guraumu
Segalanya masih segar dalam ingatanku

Hari ini papa ulang tahun
Tak ada kue ulang tahun buat papa
Tak ada perayaan sederhana buat papa
Tak ada kado buat papa
Tapi ada hadiah yang indah buat papa
Cinta dan doa dari kami semua
Cinta yang melimpah untuk papa
Dan doa yang tulus untuk papa
Walau kini papa sudah tak ada

Saat bibir ini masih ingin memanggilmu....
Papa ku.... Ayahanda ku tersayang...

Namun…..

Semua berubah... Semua hambar...semua sirna..
Kulihat diri mu terdampar lesu....
Ku tatap wajah mu... diam membisu...
Jari tua mu ku sentuh pilu....
Seakan sudah kaku...dingin membeku...
Bening matamu menghancurkan kaca hati ku...

Papa sayang....aku merindukanmu
Selamat Ulang Tahun.

Puisi ini aku persembahkan buat @BM dan keluarga. Tetap kuat Tuhan Yesus berkati (YR)

Anonim mengatakan...

Adakah disana kau rindu padaku, meski kita kini berada pada dunia yang berbeda.. Bila masih mungkin waktu kuputar, kutunggui dirimu… Biarlah kusimpan sampai nanti…... tenanglah dirimu dalam kedamaian. Ingatlah cintaku…. kau tak terlihat lagi, namun cintamu abadi….
Ayah…
Kau laki-laki yang paling hebat di dunia… bersyukurlah @BM, menjadi anak dari SGT yg memberikan banyak kenangan untukmu. ada dan tidak ada SGT di dunia ini, kamu harus mensyukuri semuanya ….
karena dia selalu memiliki cinta untukmu…
Berikanlah yang terbaik untuk ibunda tercinta karena dia adalah belahan jiwa SGT. Ucapkanlah terimakasihmu melalui ibunda maka akan tersampaikan ke SGT. karena mereka adalah satu…
@BM.. hari ini kau buat aku begitu terharu …
teriingat akan ayahandaku yang juga telah dipanggil Bapa di surga
Itulah hidup, setiap orang ada jalan ceritanya masing2, mari kita selalu bersyukur untuk semua nikmat yang pernah ada…
biar kita tidak mengeluh saja….

Anonim mengatakan...

Itulah hidup, setiap orang ada jalan ceritanya masing2, mari kita selalu bersyukur untuk semua nikmat yang pernah ada…
biar kita tidak mengeluh saja….
namun semakin bersyukur dan bersyukur…(Adek)

Anonim mengatakan...

@Leba
Hi,ananda leba..terus berkarya yah...sketsanya bagus banget tuh. Jangan kalah ama Opa SGT and papa @BM. Harus buat yang lebih baik biar mereka bangga sama nanda. (YR)

Anonim mengatakan...

@ YR dan Adek,

Anda berdua bisa menjadi teladan sahabat yang baik bagi bigmike. Ketika kita harus menyerangnya, seperti yang dilakukan oleh rekan Savunesse, seranglah secara sangat santun. Tetapi krtika dia memerlkan dukungan seperti dalam posting ini - perhatikan bahwa bigmike mengungkapkan bahwa "air mata masih ada - ternyata) yang diperlukan adalah dukungan. Saya kira, sikap-sikap positif seperti ini merupakan modal dasar bagi bersebarannya persahabatan, kebaikan dan kasih sayang.

Komen-komen kita sering menjadi petunjuk kuat tentang tabiat dan sifat-sifat kita, Sanchez (1978) menyatakan bahwa "katamu menunjukkan dirimu". Selamat (Patrice)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Mohon maaf saya agak lama absen dari blog. Ada banyak perkembangan menarik, sahabat JIMI menyatakan bahwa ada "insider trading"...ya biasa saja enggak luar biasa. Bagi saya yang luar biasa adalah blg bigmike telah menjadi inisiator bagi munculnya blog-blog baru yang bagus-bagus. Yakinlah BM, inilah hasil dari pekerjaan BM yang membawa visi perluasan persahabatan-kebailan dan kasih sayang.

Selamat bagi sahabat-sahabat yang punya blog sendiri. Saya sendiri masih belum berani membuat blog sendiri karena masih "cukup takut" untuk "bertanggung jawab" ha ha ha ha

Anonim mengatakan...

Sorri (patrice)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Saya lama "menghilang" dari blog karena "amanat pembimbing" ha ha ha ha. Saya bekerja bersama masyarakat Dayak Meratus di Loksado yang merupakan kecamatan di Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan (Kalsel). Luas Loksado 338,89 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 7.254 jiwa dan kepadatan 21 jiwa per kilometer persegi. UNTUK mencapai Loksado dari Banjarmasin harus ke Kandangan (ibukota Kabupaten Hulu Sungai Selatan) dulu. Waktu tempuh ke Kandangan dengan kendaraan roda empat sekitar tiga jam dan Kandangan-Loksado sekitar 1,5 jam.


Di Loksado, semua PERADABAN kota yang dibanggakan menjanjikan kebahagiaan ternyata tak berarti apa-apa dibandingkan kedamaian di pedalaman. Suasana asri dengan ditemani gemericik air sungai yang alami membuat kita serasa "di luar dunia". Semuanya serba alami.

Tidak ada permainan yang terbuat dari plastik, besi, atau bahan pencemar lainnya. Juga tidak ada barang yang bermesin yang bergantung dari energi tak terbarukan. Suasana damai yang jauh dari kepenatan kota itu membuat hati semakin betah.

Dari sudut pandang orang kota, seperti kita, mereka memang miskin. Namun tradisionalme mereka menjadi sesuatu yang dirindukan. Catatan kriminal = 0. Tidak ada orang yang berkata "memaki". Teguran satu terhadap yang lain disampaikan secara sangat santun, sering menggunakan kata-kata kiasan. Selama di sana saya sama sekali tida pernah melihat suami yang berlaku kasar terhadap isterinya. Tidak juga saya jumpai orang tua yang menampar anaknya. Semua disampaikan secara lembut. LUAR BIASA.

Lalu, saya teringat akan misi blog ini. Sambil tersenyum saya membatin, seadainya orang Loksado sudah mengenal blog ini, mereka pasti akan terheran-heran melihat perilaku kita di sini. Manusia pintar dan tidak miskin tetapi kurang pintar mengatur tutur sapa. Saya pun menjadi malu pada diri saya sendiri.

Sistem pertanian mereka begitu tertata, lengkap dengan perangkat kearifan lokal yang membuat hutan tidak dirambah sembarangan. Semua diperhitungkan secara rinci. Ada pembukaan lahan pertanian dan pembakaran (ini sih keahlian bigmike) tapi rincian kerja serta perhitungan resikonya dikaji masak-masak. Sebelum memulai aktivitas musim bertanam ada acara adat yang mendahuluinya. Alhasil, saya melihat hutan mereka sangat baik. Asli dan asri. Apakah orang kaya dan pandai dari kota bisa seperti mereka? TIDAK. Sebabnya? Mereka TIDAK SERAKAH. LUAR BIASA.

Itu saja yang bisa saya bagikan saat ini untuk bigmike dan sahabat sekalian. Selamat berjumpa lagi. Tuhan Memberkati (Patrice)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Ujartan latin mengatakan bahwa segala peristiwa yang terjadi semata-mata ditujukan untuk kemuliaan Tuhan. ada Ad Majorem Dei Gloriam. Berbahagialah Ayahanda bigmike dan begitu juga seharusnya bigmike (Eilzahayu, MK)

Anonim mengatakan...

Kalimat terindah:

"Air mata masih ada, ternyata" (Elizahayu)

Anonim mengatakan...

@ All,

Ada dan tiada merupakan salah satu tema sentral filsafat materialisme Materialisme, asal katanya dari bahasa Inggris : Materialism. Filsafat ini menekankan pada keunggulan faktor-faktor”material” atas yang “spiritual” dalam metafisika, teori nilai, fisiologi, epistemologi atau penjelasan historis.

Semua hal pada dasarnya adalah materi. Nggak ada tempat untuk hal-hal immateriel seperti roh, setan, hantu, dan yang sejenisnya. Tidak ada pul yang namanya tuhan karena segala sesuatu merupakan manisfestasi aktivitas materi. Materi bersifat kekal. Tidak ada awal dan tidak akan berakhir.

Maka, dalam pandangan ini, menjadi tidak relevan berbicara tentang ada dan tiada seperti yang dimaksudkan oleh bigmike. SGT harus dianggap akan terus berada. Malasahnya, sebagai apa? selain kata materi, filsafat ini tidak memberikan jawban apa-apa. Ole karena itu, saya kurag suka pada filsafat ini. Dalam hal ini, saya sependapat dengan bigmike (Yuwono)

Anonim mengatakan...

Aq ngebayangin kalo Patrice, Yuwono, Proxy(kalau pas lagi lempeng)duduk bertiga ngomong soal filsafat! gimana serunya Ya???

(Budi Suto)

jiwamusik mengatakan...

prasaan cuman 1 minggu sy nyepi (dr mikir), blok ini smangkin berwarna aj ya. Baru tau ada ling2 ke blok2 laen, ada kopas, eh ada puisi jugak. Wah wah waah...

o y prasaan di komen mana ya aku pernah baca cinta lawan katanya bukan benci tapi egois. wuiih.... yg keren gak cuman yg empunya blok, komentatornya pun empu2 bo. ck ck ck... jd minder nie.

@Patrice
spt anda katakan: katamu menunjukkan dirimu" so I can tell u:
Kesalahan pertama dlm hidup seseorang adalah mbaca komenku.
Kesalahan utama dlm hidup seseorang adalah ngingat2 komenku.

Jadiii...... lebih takut mana antara bertanggung jawab gara2 bikin blog ato bertanggungjawab atas kesalahan2 yg beruntun (gara2 baca n nginget2 komenku disini)?
hAyo bikin blog right now! no love in vain

~JM

Anonim mengatakan...

@ MR JIMI,

Blog elo emang top abis. Tapi TV strimingnya kok nggak lancar? Tapi keberanian elo kayaknya patut ditiru oleh Patrice (Ryan)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

GW setuju ma temen-temen laen. Kalimat terindah adalah "air mata masih ada, ternyata". (Ryan)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Siapakah yang ada dan yang tiada?
Semua dalam hidup pada dasarnya adalah ada dan sekaligus tiada. You're still the best with your ordinary poem //Pritha//

Anonim mengatakan...

Yang juga menyenangkan adalah, meski "menyerempat" filsafat ada dan tiada tapi bigmike tetai meyakini adanya spirit. Itu berarti BM tetap makhluk religius (Pace Noge)

Anonim mengatakan...

@ Ama Ludji,

Ama sudah membuktikan bahwa bapa Robert tidak salah "mengkadrkan" Ama sebagai penerus tugasnya sebagai "pemikir". Tuhan memberkati (A9ust)

Anonim mengatakan...

eh, lama-lama mengenal filsafat itu menarik. Cuma saya kuatir, jangan-janagn filsafat dapat menuntun manusia pada pengingkaran terhadap Tuhan. Sejarah filsafat membuktikan hal itu. Sartre, Nietszche menjaid ocntoh ntuk hal tersebut (A9ust)

Anonim mengatakan...

supaya lebih bermakna dalam diskusi, definisikan dulu apa itu filsafat! adakah didunia ini -baik benar salah buruk ada tiada sosialis kapitalis tuhan setan- yg tanpa dasar filsafat? (anak ntt)

Anonim mengatakan...

rupanya masih sepi, belum ada yg mau beri definisi apa itu filsafat walau saya baca kata "filsafat" bertebaran banyak sekali disini, bahkan ada sudah berpredikat "filsuf." mungkin agak sorean.

td pagi, sampai di kantor, di bilangan kuningan, saya makan lontong sayur. aktivitas yg amat sederhana. adakah landasan filsafatnya? (anak ntt)

Anonim mengatakan...

@patrice
Walau kita tidak saling mengenal satu sama lain, apalagi @BM yang saya kenal hanya lewat foto yang terpampang di blog ini demikian pula tulisan2nya, tapi saya merasa sudah begitu dekat dengannya. Dan saya yakin semua sahabat blogpun demikian, makanya setiap saat semua kita rindu untuk kembali dan kembali ke blog ini, memberikan dukungan buat @BM saat @BM membutuhkannya. (YR)

Bigmike mengatakan...

Howdy sahabat blogger,

Kali ini agak istimewa bagi saya karena sepanjang kisah punya blog dan sering bepergian, baru kali ini dari "negeri jauh" saya on line guna melihat blog.

Sekarang, saya berada di sebuah warnet dekat STEKPI Kalibata Jakarta Selatan. Saya ke sini diajak oleh abang saya, si budi (eh, kalau begitu saya adalah "ini adik budi ha ha ha ha ha).

Terima kasih untuk semua sahabat yang sudah on line, masuk blog dan memberikan komentar. Semua komen sungguh menyenangkan. Saya berbahagia. Tuhan Memberkati

Bigmike mengatakan...

Apa itu filsafat? Filsafat terdiri atas 2 pata kata, yaitu fil dan safat.

Fil alias phil dalam idiomatik di Kupang-NTT disebut juga si Ipu, yang merupakan potongan pendek (short cut) bagi orang yang bernama Filipus. Nah si Ipu adalah orang yang sangat ditakuti oleh Wilmana ketika dia kecil dan tinggal di Atambua. Kami menyebutnya sebagai ba'i Ipu.

Saban kali melewati rumah Ba'i (opa = kakek) Ipu, Wilmana akan berkata begini:..... safat...safat...saaafaaaaattttt jalan...........biar tidak bertemu ba'i Ipu yang ditakutinya.

Jadi, kerangka teori filsafat adalah "Wilmana yang takut ba'i Ipu" ha ha ha ha ha ha ha ha

Bigmike mengatakan...

@ Pace Noge,

Nyerempet bahaya = vivere pericoloso. Itu moto HU Sinar Harapan. So, jikalau Pace ingin berbagi sinar di tengah kegelapan dan menjadi harapan di tengah orang-orang yang putus asa maka beranilah untuk bersikap Vivere Pericoloso. Ayo, kamu bisa Pace.....

Bigmike mengatakan...

@ Patrice,

senang mengetahui anda sudah balik dari panggilan tugas kelompok nobles obligue. Selamat. Harus diakui masyarakat tradisional dengan kearifan lokalnya sering tampil mengagumkan lebih dari yang bisa kita duga. Kasih sayang, bagi mereka, bukalah perdebatan tetapi keseharaian hidup...luar biasa. Ke sana kita bisa bercermin....GBU

Bigmike mengatakan...

@ YR, Adek, A9ust, Broer JIMI, Pritha, Ryan, mas Yewe, Eliz, anak ntt....thanx atas kujungan dan komennya yang berharga. GBU

Bigmike mengatakan...

Saya melakukan beberapa penyuntingan dalam posting guna "mendalamkan" esensi. Semoga tidak mengganggu

Anonim mengatakan...

terima kasih bm.

saya kira contoh sederhana yang bisa dijelaskan spt ini. siapa itu bai ipu? dia ada atau tiada? kalau ada, bagaimana wilmana tahu? kalau tiada, mengapa pula wilmana ketakutan setiap kali berjalan depan rumahnya? semua ini adalah pertanyaan filsafat, pertanyaan dasar ttg hidup dan tanpa filsafat dunia tidak "masuk akal." jadi saya kebingungan kalau filsafat -dipukul rata- disebut anti tuhan. ini kesalahan logika yg disebut "argumentum ad ignorantiam."

kalau contoh diatas kurang jelas, maka mungkin ini lebih relevan. siapa itu bm? dia ada atau tiada? apa itu ada? apa itu tiada?

hayoooo siapa mau jawab? (anak ntt)

Anonim mengatakan...

Howdy @BM
serius tuh ke warnet dekat STEKPI Kalibata?? wah2 keknya BM ini bukan Bung Mabok lagi tapi Betul2 MabUk (pake 'U')

Yah kalo dah nyampe di twin plaza sih sebenernya udah masuk lingkaran 1 tuh, tinggal jalan kaki or kalo males naek ojek bisa nginternetan unlimited, tinggal colok kabel or pake hotspot, bahkan kalo ga bawa leptop pun disediakan kompi bwat BM sih gratis tiiiiszz... cuman minumnya air putih aja ya. hahahaha....

MALU2IN!

~JM

embun777 mengatakan...

Wah.gak kebayang ..pigimane..?? pasti seru nih ..klo Bung BM & Bung JM Kopdar..di JKT ?!! bisa perang dunia tuh...he..heee..

qt pantau ajaah terus dr pangkalan..!!

Anonim mengatakan...

@kaka bm

beta ada kariang beking bp pung foto dengan latar balakang sunset di kupang. kaka @bm bisa maloi disini:

(Alm) Bp Robert Riwu Kaho

Anonim mengatakan...

macang ke bapa mau pi kombali ke rumah keabadian ma ada li pi balakang; maloi anak bini keluarga dong yg ditinggal.

mantap ko kaka???

Anonim mengatakan...

@kaka bm... ato coba lia yg ini! ada kawan bae hati yg kasih efek lain. mantap kaka, lia sa disini:

(alm) bp robert riwu kaho

Bigmike mengatakan...

@ Kana,

Foto yang bagus dan akan beta posting di sini. Mengaharukan. Semalam bapa tua "antar" beta sampe rumah sesudah itu "kembali" ke Jakarta. Baitua lalu "kastau" mama urusan ini. Percaya sonde percaya. Antara ada dan tiada.

Bigmike mengatakan...

@ Broer JIMI en Embun777,

Dari TP saya berusaha mencari lokasi Boer JIMI di kemanggisan tapi terlalu banyak kantor dan tidak ada yang bertuliskan "MR JIMI RAJA MABOK" ha ha ha ha. Akhirnya saya putuskan kembali KUpang. Tapi tanggal 14 saya ada 1-2 urusan di Jakarta dan akan mencoba mencari lagi. Jikalau ada petunjuk alamat yang lebih jelas harap diberi jika tidak akan saya santet dari Kupang ha ha ha ha ha ha

Bigmike mengatakan...

@ Anak NTT,

Ba'i Ipu sungguh mantri nama dokter adalah ada. Bkan tiada. Wilmana takut itu juga ada dan bukan tiada. Tapi defenisi filsafat seperti yang saya jlentrehkan itu sifatnya ada dalam tiada dan sekaligus tiada dalam ada. Apa ini? Wah, tidak ada apanya alias sekadar mabokzzzzzz....

Anonim mengatakan...

mas bm: "tapi defenisi filsafat seperti yang saya jlentrehkan itu sifatnya ada dalam tiada dan sekaligus tiada dalam ada. Apa ini?"

ini bukti pernyataan yg tidak bisa diselesaikan menggunaka nalar sehari-hari, atau yg disebut "common sense." untuk menjawab ini kita pakai filsafat.

filsafat dipakai mencari "kebenaran" hidup ini, walau kebenaran itu sendiri banyak versi. silahkan definisikan kebenaran! faktualnya, kebenaran yg saya yakini dan lebih dari 1 bilyun manusia lain dibilang palsu oleh sebagian org. ini diskusi "tanpa ujung" tp saya ingin simpulkan dalam konteks kita disini:

tanpa definisi filsafat, main pukul rata falsafat anti tuhan adalah sebuah kesalahan logika dan diskusi menjadi tidak bermakna / bermanfaat, (anak ntt).

Anonim mengatakan...

untuk mendemonstrasi maksud saya agar anda "ngeh" (mengerti), saya tujukan ini kepada sdr yr yg menulis:

"...Walau kita tidak saling mengenal satu sama lain, apalagi @BM yang saya kenal hanya lewat foto yang terpampang di blog ini demikian pula tulisan2nya, tapi saya merasa sudah begitu dekat dengannya."

mas yr, menurut sebuah filsafat, yg tidak bisa dirasa, diraba, dicium, dilihat, didengar, maka dia itu sejatinya tiada. jadi, bm adalah tiada. pertanyaan buat anda, dari mana datang rasa dekat anda itu thd bm??? bisakah kita dekat dgn sesuatu yg tiada???

saya yakinkan anda ini. carilah jawabnya!!! jawaban yg memuaskan akan membuat perasaan anda itu punya fondasi yg kuat. kalau tdk, maka ia semu bak embun yg hilang saat matahari terbit diufuk timur. (anak ntt).

jiwamusik mengatakan...

@anak ntt
huahahaha... sejatinya bm adalah tiada. hahaha.... lucyuu skaleee.... (gw bacanya sambil minum sampe keseleg nie) ROTFL

@BM
weh gini nih bedanya dosen ma PLYTK (pelayan toko), dosen bisa ngatur at least tau jadwal, qt sih bisanya disuruh2 doang alias kage mikir. Keknya tgl segituan saia lagi di Menado deh, tapi ya namanya PLYTK segalanya ndak pasti tergantung juragan.

Hohohoo... kalo mau nyantet gampang kok, petujunjuk alamat ada di yutub, cari aj PROKLAMASI TANPA DISKRIMINASI, nah kalo di videonya dah kliatan MTA (Mall Taman Anggrek) sbg latar belakang ya khan ga jauh2 dr situlah

Selamat berhari minggu, selamat berlibur, selamat senang2... Semoga Tuhan memberkati kita semua tanpa diskriminasi yaa....

~JM