Senin, 17 November 2008

cinta. untuk apa?

Dear sahabat blogger,

Ada 3 kutipan "perkara" yang mendasari tema posting saya kali ini:

1. Ajakan sebahagian sahabat, adik, saudara atau siapapun mereka itu (karena terhadap anonim sebenarnya kita tidak tahu apa-apa - tapi biarkan begitu) yang memberikan suatu tawaran kepada saya, yaitu agar saya mempersiapkan diri guna masuk ke dalam proses pemilihan bupati di kabupaten yang bernama "x" yang akan didirikan pada tahun ke-y. Aha, tawaran yang menggiurkan....hmmmmm lezaaaaaatttttt........

2. Di bagian komentar pada posting lama (I have a dream), ada kutipan berita yang cukup mencengangkan, dan saya mencoba mencari sumber informasi aslinya guna memastikan, bahwa propinsi NTT memegang rekor jumlah calon anggota legislatif. Terdapat sekitar 1.086 orang calon legislatif (caleg) Nusa Tenggara Timur (NTT) yang harus memperebutkan 55 kursi yang tersedia di DPRD NTT. Lantas, ini lebih mencengangkan, terdapat lebih dari 10.000 caleg dari 20 kabupaten kota/kota di NTT yang akan memperebutkan 650 kursi.

3. Sejak pagi saya berada di kampus dan lalu tertahan lebih dari 3 jam karena mahasiswa beberapa fakultas terlibat tawuran yang menyebabkan polisi terpaksa masuk ke dalam kompleks kampus dan melerai dengan menggunakan beberapa metode penangkal hura-hara. Kabar terakhir, perkelahian tersebut menyebabkan 1 mahasiswa tewas dan belasan luka-luka , termasuk 2 orang aparat Apakah untuk itu tujuan orang tua mengirim para "jagoan" mengikuti perkuliahan?

3 hal di atas sepintas berbeda tetapi ada satu hal di dalamnya yang menyatukan-nya. Lalu kita, eh sori.......bukan kita tapi saya menjadikannya sebagai tema posting. Apa kesamaannya? Adalah ini: ketiganya berbicara tentang kekuasaan. Yang pertama adalah potensi kekuasaan pada tataran eksekutif, yang kedua adalah potensi kekuasaan di areal legislatif dan ketiga adalah unjuk kekuasaan karena adanya pengelompokan entitas. Satu entitas merasa berbeda dari entitas lainnya lalu memaksakan terjadi sub-ordinasi. Satu pemenang, lainnya pecundang. Hari ini bertikai hanya karena berbeda fakultas. Besok berkelahi karena berbeda suku. Lusa dan besok lusanya saling membunuh karena berbeda agama, ideologi dan lain-lain.

Haramkah kekuasaan? Tidak. Kekuasaan bagaikan pisau. Cuma "barang netral". Pisau untuk memotong. Kekuasaan untuk mengatur. Baik-baik saja. Masalahnya, seberapa netral kekuasaan itu?. Kita mulai dari mencari tahu apa defenisi kekuasaan. Kekuasaan adalah kemampuan seseorang atau kelompok untuk mempengaruhi tingkah laku orang atau kelompok lain sesuai dengan keinginan dari pelaku (Miriam Budiardjo,2002). Pakar lain (Ramlan Surbakti, 1992) mengatakan bahwa Kekuasaan merupakan kemampuan mempengaruhi pihak lain untuk berpikir dan berperilaku sesuai dengan kehendak yang mempengaruhi. Jelas sudah bahwa berbicara tetang kekuasaan berarti berbicara tentang relasi antara manusia. Relasi sosial. Jika benar begitu maka dalam filsafat manusia dikenal 3 sikap dasar dalam membicarakan interelasi sosial, yaitu :

Kebencian, yang oleh karenanya (principe d'etre) orang mencoba memutuskan atau membatasi pertaliannya dengan orang lain. Sartre mengatakan celui qui me regarde (dia yang melihat aku akan berniat menghancurkan daku). Apa lu, kok liat-liat gue....nantang ya......
Ketidak acuhan, yaitu sifat yang memandang manusia lainnya adalah benda, yang meskipun lebih dari sekedar benda yang mendiami ruangan yang sama tetapi tetaplah benda. Koran dicari-cari untuk dibaca tetapi setelah itu dibuang ke tempat sampah. Luypen mengatakan bahwa saya hanya perduli kepada seseorang bukan karena dia adalah orang tetapi karena adalah kepentingan. Habis kepentingan maka orang akan berubah menjadi benda biasa yang mengisi ruang yang sama dengan saya (nieuwe inleiding tot exixtentiele fenomenologie). Elo elo, gue gue. Kalo gue butuh, elo kudu siap tapi pas giliran elo butuh ya nyari sendiri.....
Cinta, adalah rencontre aimantre (Leenhowers). Suatu perjumpaan yang amat manusiawi. Ya, perjumpaan di antara pihak-pihak yang saling mengayomi, dua pihak yang saling memberikan diri dan menerima apa adanya justru karena menyadari jati dirinya sendiri. Saya mau mengasihi kamu bukan karena kamu penting bagi saya (rencontre intramondeine) tetapi kamu memang saya kasihi. Pantas atau tidak pantas. Maka, cinta adalah keluar dari diri menuju atau menghadap orang lain. Cinta adalah tanggapan atas himbauan. Cinta adalah menciptakan kebaikan bagi orang lain. Cinta merangkum segalanya dan....cinta tidak selalu harus timbal balik. Cinta hanya untuk memberi, tidak untuk mengambil kembali.

Dengan ciri-ciri cinta seperti yang dikemukakan di atas maka tidak ada kata lain yang lebih tepat untuk melukiskan kekuatan cinta selain DAHSYAT. Namun, sayang sekali, cinta justru sulit dikerjakan. Leenhouwers mengatakan bahwa mencetuskan kebencian amat mudah. Acuh-tak-Acuh, bukan perkara sulit. Tetapi mencintai, adalah perkara yang teramat sangat sulit. Kadang-kadang kita mengatakan cinta tetapi sebenarnya hanya nafsu yang merupakan bentuk dari rencontre intramondeine (ketidak-acuhan). Mengaku cinta lantas harta benda ditaburkan tetapi imbalannya adalah penyerahan jiwa raga pihak yang satu kepada yang lainnya secara total. Pasrah laksana budak jaman baheula. Di mulut berkata cinta tapi mata nyalang melihat kesempatan untuk menggunting dalam lipatan ketika yang di sana lengah terbuai. Katanya cinta tetapi itu hanya berarti jika kamu tunduk kepada semua kemauan saya, apapun saja kemauan saya. Bilangnya cinta tetapi setelah itu berkelahi tidak karuan juntrungan. Saudara ditipu. Anak dihajar habis. Nyak en babe dibohongin. Isteri ditelantarkan. Suami didiamin. SMS alias sahabat makan sahabat.

Cinta ternyata adalah hal terindah yang bisa dilakukan manusia tetapi sayangnya, justru hal yang teramat sulit untuk direalisasikan. Itulah sebabnya, peperangan ada di mana-mana. Itulah sebabnya, pemboman di Bali dianggap kejahatan oleh yang satu tetapi dianggap pahlawan oleh yang lainnya. itulah sebabnya, UUP diangga kewajaran oleh yang di sini meski yang di sana menganggapnya sebagai ketersingkiran. Lidah memang tidak bertulang. Elu begini gue begitu. Mengapa cinta sulit dikerjakan? Jawaban yang diberikan Louis Leahy sungguh mengejutkan, yaitu ekistensi yang memberontak. Apa ini? Manusia menemukan dirinya adalah campuran aneh antara kesadaran dan barang. Kesadaran menyebabkan manusia bersikap seolah-olah tunduk kepada aturan-aturan hidup tetapi dalam faktanya manusia bertindak protektif dan bahkan ekspansif guna menjaga eksistensi dan lalu menggandakan dirinya melebihi benda lain di sekitarnya. Mudahnya begini, saya seolah-olah menyayangi ana-anak saya tetapi sebenarnya mereka tidak lebih dari jongos-jongos yang dapat saya perintah apa saja. Kewajiban mereka cuma 1, yaitu taat mutlak terhadap orang tua. Anak perempuan diperintah supaya kawin sama bandot tua juga oke saja asalh saya mendapat imbalan materi yang lumayan. Para calon pejabat ketika masih calon wuuiiihhhhh perhatiannya luar biasa kepada masyarakat tetapi sesudah terpilih menengok saja tidak. Cinta sulit dikerjakan karena manusia pada dasarnya suka berpura-pura, menipu dan licik hanya agar dirinya survive. Sesamanya adalah ancaman dan oleh karena itu wajib ditaklukan dan dikuasai. Dan , maaf, itu semua bukan cinta.

Pada titik inilah saya ingin belajar dari pengalaman proses pembentukan agama orang Israel. Pada dasarnya agama Israel berasal dari 3 bentuk agama, yaitu agama nenek moyang atau bapa leluhur mereka (Abraham/Ibrahim), agama Ibrani Kuno yang merupakan percampuran agama para bapa leluhur dan kaum Kanani serta agama yang diperoleh pasca keluar dari perbudakan di Mesir. Meski pada dasarnya di antara ketiga agama asali kaum Israel itu berbeda tetapi untuk 1 hal mereka akan mutlak sama, yaitu eksistensi Yahweh yang tidak ada duanya. Yahweh bukan kepala dari illah-illah. Dia adalah Yahweh yang Esa. Satu-satunya. Dialah pusat dari segala Cinta orang Israel. Yahweh mencintai Israel. Israel juga mencintai Yahweh. Bahwa Agama Israel kontemporer terlihat sebagai berbagai varian dari agama-agama asli tetapi Israel percaya bahwa Yahwehlah yang menentukan begitu. Mereka belajar untuk berproses dan menerima apa yang sudah ditentukan oleh Yahweh. Yahweh amat berkuasa dan kekuasaannya jauh mengatasi semua daya dan cipta manusia.

Mengapa untuk dapat mengerjakan cinta saya harus berpaling kepada pengalaman orang Israel?. Anda boleh setuju atau tidak setuju dengan keputusan saya tetapi harap dicatat hal yang berikut ini, yaitu bahwa dari kelompok kaum Pagan Semit, orang Israel-lah yang pertama kali berhasil menjembatani 3 dimensi hubungan manusia dengan sekitarnya, yanitu dengan alam, dengan sesama dan masyarakat serta dengan sesuatu yang melebihi daya diri yang disebut Tuhan. Sikap terhadap alam adalah berkerja. Sikap terhadap sesama adalah komunikasi atau interaksi. Sikap terhadap Tuhan adalah berdoa. Di sinilah jasa terbesar orang ISrael terhadap peradaban dunia. Sikap ini adalah asal muasal sikap rasional untuk tidak memberhalakan alam dan sesama, bahkan diri sendiri. Anda, saya dan kita bahkan alam semesta ini semua equal di depan Yahweh yang amat berkuasa itu.

Orang Israel memutuskan bahwa orientasi doa mereka hanya kepada Yahweh. Mengarahkan doa kepada alam dan sesama adalah tahyul dan berhala. Mereka tidak memuja alam. Mereka tidak memberhalakan manusia. Mereka hanya memuja dan berdoa kepada Yahweh. Implikasi dari sikap ini adalah bahwa terhadap alam, manusia merawatnya karena alam adalah pemberian Yahweh. Terhadap sesama, manusia harus berkomunikasi. Sikap dasar dalam berkomunikasi adalah cinta kasih. Dalam perspektif cinta kasih maka semua harus dianggap equal. Setara. Tidak ada tuan dan jongos dalam komunikasi. Tidak boleh ada atasan dan bawahan meski struktur itu ada. Atasan harus mau melepas atribut atasannya. Bawahan harus keluar dari inferiority complex-nya dan berbicara. Tidak boleh juga ada struktur saudara tua dan saudara muda. Semua harus setara. Saudara ya saudara. Mengapa semua hirarki-hiraki relasi itu harus dihilangkan. Ya, karena hirarki memberikan petunjuk bahwa bukan Yahweh yang dipuja tetapi diri sendiri dan sesama. Dengan cara ini maka cinta sejati tidak akan pernah ada. Dikiranya cinta padahal exploitasi alam. Dikiranya cinta, ternyata nafsu menguasai belaka. Lain halnya dengan ini, yaitu ketika cinta hanya diarahkan kepada Allah maka ada sesuatu yang berdimensi Ilahi yang akan diberikan kepada kita, (saya pernah membahas barang perkara ini) yaitu KASIH.

Kembali ke 3 persoalan awal. Mau jadi bupati, anggota dewan atau menang dalam pertengkaran dan perkelahian? Ah, ternyata semua itu tidak esensial. Hal terpenting, dan oleh karena itu paling esensial adalah, MILIKILAH CINTA. Dengan Cinta, anda akan mampu merawat alam. Dengan KASIH anda pasti mampu melayani sesama. Kalau cinta yang anda cari maka yakinlah Allah akan memberikannya kepada semua yang berkenan kepada-NYA. Lantas, segala sesuatu akan ditambah-tambahkan kepadamu. Apakah masih ada yang meragukan makna persahabatan, kebaikan dan kasih sayang? Entahlah anda tetapi saya, tidak.

Tabe Tuan. Tabe Puan

114 komentar:

Bigmike mengatakan...

For all my friends,

Posting ini ditulis sambil mengenang ayahanda alamarhum yang namanya disebut oleh ibunda dalam isak tangisnya tadi pagi. Oleh karena itu, posting ini juga saya dedikasikan untuk Ibunda terasih.

Sudah barang tentu, posting ini juga saya persembahkan kepada semua sahabat saya di blog dan dunia maya. Milikilah KASIH maka semua hal akan ditambahkan kepada anda semua

Anonim mengatakan...

tulisan yg top markatop.
peluk cium buat ibunda dirumah.

-nuh ali-

Anonim mengatakan...

oh ya, menurut kabar terkini, sabu sudah menjadi kabupaten. batul ko?

-nuh ali-

Anonim mengatakan...

nambah lagi :)

iya, judaisme mengajarkan 3 hal yg sudah ditulis, sedang "the greatest virtue" kritenitas, buat beta, adalah demokrasi (''all men are created equal").

hanya falfasat demokrasi yg mampu "menjinakan" nafsu kekuasaan manusia sama spt kapitalisme menjinakan keserahakan dan perkawinan menjinakan seksualitas 'buas' manusia.

kesemuanya ini adalah sumbangan paling besar kristenitas bagi peradaban manusia modern.

bagi daerah yg mayoritas kristen, falsafat ini tidak asing walau dalam praktek jauh dari nilai-nilai yg dianut.

na itu sa, be pi karja dolo. selamat berdiskusi.

-nuh ali-

Bigmike mengatakan...

Dear sahabat blogger,

Artikel ini saya tulis lewat tengah malam sekembalnya saya melawat kerabat yang meninggal. Dalam keadan capek dan mengantuk maka beberapa kesalahan pengitikan terjadi. Pagi ini saya mencoba untuk membuat beberapa penyuntingan yang perlu. Bukan cuma itu, saya menambahkan informasi tentang dampak perkelahian di kampus Undana yang menyebabkan 1 orang tewas dan beberapa lainnya sekarat. Lalu, saya juga menambahkan 1 teori filsafat manusia yang menjelaskan mengapa manusia sulit mengerjakan cinta meski di mulutnya kata itu penuh diucapkannya.

Semoga penyuntingan dan tambahan beberapa hal tersebut tidak menggangu kenikmatan para sahabat dalam membaca dan merenungkan isi posting ini.

Tabe Tuan. Tabe Puan

Anonim mengatakan...

Masterpiece dari posting oleh bigmike. Satu kata MEMUKAU (Syamsudin)

Anonim mengatakan...

Saya belum bisa berkomentar karena saya terharu dengan posting ini. Saya sedang mengemail satu-satu anak saya agar mereka ikut membaca posting ini. BM, anda memang sobat muda yang ...diujung jarimu TUHAN IKUT MENULIS (Syamsudin, blogger tua)

Anonim mengatakan...

Oh ya BM, sayapun tidak meragukan persahabatan, kebaikan dan kasih sayang (Syam)

Anonim mengatakan...

@ Pak Mike,

berapa hari ini saya tidak sabar, sangat tidak sabar, menunggu posting baru. Ternyata "kesabaran" saya terbayarkan oleh posting yang hebat. Sekali posting 2-3 hal dibagiakn sekaligus meski intinya adalah persahabatan, kebaikan dan kasih sayang. Saya setuju dengan pak Syam, tapi kalo tidak salah to'o Jodi yang pertama kali bilang bahwa: DI UJUNG JARIMU TUHAN IKUT MENULIS. Salut Pak Mike.

Satu lagi bahan renungan yang bermanfaat (Yes, mengetik komen dari kantor)

Anonim mengatakan...

Saya cari-cari landasan berpikir pak Mike dalam posting, kemungkinan besar berasal dari ......"Carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenaran-Nya, maka semua itu akan ditambahkan kepadamu." (Matius 6:33)....

Apapun, tulisan ini memang memukau (Yes)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Posting yang luar biasa. Tapi mengapa Israe dikatakan sebagai kaum pagan semit padahal mereka mengaku kuasa Yahweh (13)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Saya masih haru merenungkannya dengan jalan membaca kembali tetapi kesan pertama saya adalah: ini salah satu masterpiece posting dari bigmike. Rugi tidak membacanya (Eman, CN, Oebufu)

Anonim mengatakan...

Saya yg punya pengalaman hidup puluan tahun bersama bigmike dalam urusan "cinta' ini, tentu punya pertimbangan berbeda dg Opa Sam dan Pak Eman. Tp kesimpulan ahirnya tdk beda. Ini posting masterpiece dr bigmike.

(Wilmana)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

You are still the best blog writers. Pikiranmu orisinal. Saya masih ingin membacanya kembali (Elizahayu)

Anonim mengatakan...

Salah satu kunci "keberhasilan" posting-posting BM tampaknya ada pada khazanah pustakanya. Bahan-bahan filsafat manusia yang dipunyai banyak yang sudah langka. Saya menjadi tidak sabar untuk psotig berikutnya karena pasti referensi itu bertebaran lagi.

BM, gw diijinin copy paste artikel ini ke blog pribadi gw ya. (Elizahayu)

Anonim mengatakan...

MAKIN DIBACA MAKIN MEMIKAT. Sekarang off dahulu, sebentar baru memberikan komentar. Baca buku dulu he he he (Eman)

Anonim mengatakan...

Wah posting yang enak di baca dan perlu!!

Fiiuuuhhh!! cinta memang sangat sulit dilaksanakan!! karna apa?? karana CINTA SEJATI itu aslinya "SOLA GRACIA" HANYA KARENA ANUGRAH-
hanya karna anugrah orang bisa dipenuhi Cinta Kasih yang sejati,(mis; Mother Theresa, Lord Baden Powell dll), Nah bagaimana orang bisa terpilih untuk untuk mendapat anugrah itu?? Jawabnya : Mintalah Kepada Sang Pemberi Anugrah Cinta Kasih.
Lho Kok gw ikutan khotbah?? sorry mike!

@ElizahCantik

Eneng benar! buku yang dibaca mike memang banyak buku langka! kebanyakan adalah milik "Sang Guru Tua" yang dikumpulkan sejak tahun 1950an, jumlahnya ribuan! kami anak2 bingung merawat peninggalan tsb, ada pemikiran unutk membuat perpustakaan biar bisa berguna bagi orang lain tapi sampe sekarang belum bisa terlaksana!

"Di Jarimu ada tangan Tuhan!"

wah yang saya agak bingung!! bagaimana tidak bingung?? si mike ini sejak kecil hobinya ber-lama2 di ruang bacanya SGT, dan kalau sudah demikian biasanya tangannya menghilang! menelusup di balik kolor blacunya itu, jadi bagaimana mungkin tangan Tuhan kok suka menelusup???? ha..ha..ha..ha..ha..

@wilmana!

kayaknya Om domi(@13) bingung soal Aliran Paganin! mungkin juga ada sobat lain yang kurang paham, lu tolong ulas ssadiki dolo!


(Budi Suto)

Anonim mengatakan...

Eeiiit!!!

@wilmana

Klo mau ulas sola paganin, ijin dulu sama si mike! mungkin dia ada siap posting khusus mengenai hal ini

(Budi)

Anonim mengatakan...

Mas Budi Suto,

Kan bigmike su bilang, anda boleh setuju, boleh jg tidak.

Tapi sy liat Mr Domi lupa bhw sukunya Bapa leluhur israel, kakek moyang Ibrahim, adalah bagian dr kelompok2 pagan semit yg beredar di kawasan mediterania.

(Wilmana)

Anonim mengatakan...

@BM
Saat pertama kali ku melihatmu
Jantungku mulai berdegup kencang
Sejak saat itu
Malam-malamku penuh mimpi tentangmu
Setiap kali bersamamu
Serasa aku terbang melayang
Anganku membawamu turut serta
Menghadapi ribuan bintang di langit
Aku jatuh cinta padamu @BM.
Hehehehe jangan salah, maksudnya sejak ketemu blog ini pertama kali aku langsung jatuh cinta. Menunggu tulisan @BM yang baru sama kayak merindukan kekasih yang jauh nggak nongol2. Terima kasih @BM untuk tulisannya. Aku sepakat sama Pak Syam, dkk. (Adek)

Anonim mengatakan...

.... Tidak boleh juga ada struktur saudara tua dan saudara muda. Semua harus setara. Saudara ya saudara. Mengapa semua hirarki-hiraki relasi itu harus dihilangkan.

Ya, karena hirarki memberikan petunjuk bahwa bukan Yahweh yang dipuja tetapi diri sendiri dan sesama. Dengan cara ini maka cinta sejati tidak akan pernah ada.

Dikiranya cinta padahal exploitasi alam. Dikiranya cinta, ternyata nafsu menguasai belaka.


Moga-moga penggalan ini dibaca, dipahami, dan dipraktekkan di antara para Saudara semua.

Adik2 bigmike yg msh mengidap sindrom 'ketakutan' krn trauma masa kecil, jg moga2 mulai belajar membuang jauh2 penyakit itu.

(Wilmana)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

saya bilang apa, sekali BM tetap BM. Kalau tidak mengejutkan haaaaahhh....apa lagi yang kamu tidak bisa bossss????? Juur saja, posting ini lebih hebat dari serial kasih karena di sini antara filsafat dan agama di mix jadi satu. Bahan diskusi yang baik untuk kamis malam nanti (Yulius)

Anonim mengatakan...

@ All,

bagi yang mengetahui, pak Wilmana, tolong dijelaskan diskursus paganisme dan religisu. Baptis misalnya, ternyata ada jejak kaum pagan juga di situ. Saya kira tidak perlu menunggu bigmike. Kalau toh beliau punya bahannya pasti akan ikut nimbrung diskusi (Yulius, CN, Oebufu)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

gw keduluan si boss. Ach curang. Diam-diam, ehhhmmmm......ha ha ha

Tulisan BM memang lain dari pad ayang lain. Aku ijin copy paste. Sampe rumah gw baca lagi dan kasi komen. Sekartang sih cuman KAGUUUUMMMM.....(PM)

Anonim mengatakan...

maaf baru baca sampe poin no 3, tadi saia nonton tivi, langsung inget BM, makanya begitu mbuka kompi langsung kesini dolo, turut belasungkawa sedalem-dalemnya mahasiswa yg tewas
saia ndak tau, tp berdasar pengalaman n filing tempoe doeloe, semua itu mang dipicu oleh pemicu.

lemmi ngomel, sori... but I can tell u to all pemicu:
TAEEEEEKKKKKKK

(silahkan di delete....., ndak papa aku dah puas)

ntar sampe rumah disambung lagi yaa..
JM

Anonim mengatakan...

duh si "Jimbo" sambil uring2an! mana bau lagi!

(Suto sinting)

Anonim mengatakan...

wakakekekakaka.....MR JIMI bisa marah juga nich....atuuuutttttttt....ha ha ha.

Tapi gw serius, di Jakarta tawuran mahasiswa itu hamoir 100% selalu ada provokatorya. Tapoi si provokator itu seperti kentut. Baunya kerasa tapi nggak keliatan. Kalo pola itu berulang di Kupang, maka...emang taek bener si provokator.

Ente-ente di sini kenal si Erick khan? tuh anak pentolan demo yang tahu persis provokator. Ketika doski ngeributin nooohh....doski baru kelar masa tahanannya tuh....

So, once again...provokator emang taeeeekkkk.....GW dukung MR JIMI dan menyerukan BM supaya kagak ngehapus karena beberapa sohib provokator itu, sering nongol di blog ini juga....biar dibaca uneg-uneg kita.....nyawa broer, nyawa akibat kelakuan mereka.....jin iprit dech....(Proxy73)

Anonim mengatakan...

@ BM,

Referensi BM emang udah agak langka dan banyak dicari. Beruntung bener BM bisa punya referensi-referensi itu. Ditambah emang BM emang pandai menguntai kata yaaa begitu dech...jujur aje ni...posting ini emang berisi banget (Proxy73)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Nambah deh gw,

Kita di Indonesia sekarang cenderung dikuasai oleh ketidak-acukah dan kebencian. Kepedulian kita hanya sebstas ada kepentingan dan itu sebabnya gw mengutip kompas. Gw cuma sedih, rakyat diobok-obok hanya untuk kepentingnan sesaat, Hebatnya, BM ngasi landasan teorinya. Gw kutip deh....(BM kalo boleh - nanti lewat e-mail, kita barter referensi yaaaaa...) (Proxy73)

Anonim mengatakan...

oh iya, sebelon off...menurut gw....posting ini is the best....filsafat dan religi di mx dan ,,duduknya enak....hebat euuyyyy....(Proxy73)

tuaksatu mengatakan...

@ Bigmike,

Ada hal baru yang saya pelajri dari posting ini, yaitu cinta adalah keluar dari diri sendiri menuju orang lain....ah indah nian...saya setuju dengan pendapat bahwa ada keindahan di ujung jari BM

tuaksatu mengatakan...

Cinta itu pengorbanan. Manusia itu tidak sempurna, mencintai orang yang tidak sempurna, ketika kita berkata aku akan menerima kelebihan dan mencintai kekuranganmu, dan melalui kelebihanku, akan kututupi kekuranganmu, dan kelebihanmu menutupi kekuranganku. mencoba untuk mengerti di saat dia 'bad mood', aku ingin mengerti, karena akupun tau diapun sering mengerti dan menerima kekuranganku.

tuaksatu mengatakan...

Cinta, merupakan komponen yang paling aneh dari semua perasaan yang manusia miliki. Cinta bisa mengubah segalanya. Cinta yang luas, mencangkup segalanya. Cinta itu pengorbanan, dan tidak ada Cinta tanpa pengorbanan. Justru kekuatan Cinta yang terbesar adalah pengorbanan. Sampek Eng Tay, Romeo and Juliet adalah gambaran betapa Cinta dapat mendorong manusia untuk melakukan hal-hal besar dalam hidup ini.

Anonim mengatakan...

selamat malaaam....
weh, kok belom dihapus tuh komenku, asli slik saia ikhlas, waktu ngetik tadi pas buru2 amat coz udah ditungguin temen yg mau saia boncengin. yah.. drpd memelorotkan citra blog ini, saya kira di delete aja deh.

~JM

Anonim mengatakan...

wuelleh welleh... nie postingan dualleeem.... banged2 bo.

ya ya yaa... paling esensial adalah MILIKILAH CINTA dan TEBARKANLAH CINTA adalah esensi kemenangan.

Apalah artinya selamat anda telah menang jadi bupati, anggota dewan ato pertengkaran dan perkelahian?
ya ya yaa.... terbukti itu semua sudah buanyaak.. sekali yg memperebutkannya khan?!
Sedangkan esensi kemenangan tak perlu diperebutkan, just do it!
keren... keren...

Thanks atas pencerahannya

~JM

Bigmike mengatakan...

@ Broer JIMI,

Tahnx atas apresiasainya tapi ada yang saya ingin sampaikan bahwa ....kicauan MR JIMI enggak saya delete....begini: kemarin ketika hujan batu, saya sedang berada di tempat kejadian mencari anak saya yang kuliah di situ. Saya dengan mata kepala sendiri elihat bahwa selalu ada manusia-manusia yang mengompori mahasiswa yang lelah saling melempar selama 3-4 jam. Saya geram betul dan biarkan, icauan anda itu mewakili salah satu sisi paradox manusiwai kita....tak apa....kali ini menurut hemat saya, bagus sebagai rotan....mudah-mudha pilihan saya kali ini dapat dimengerti

Bigmike mengatakan...

Untuk semua yang sudah berkomentar; thanx. GBU. Besok, selama 3 hari saya bertugas ke labuan bajo, dekat banget sama pulau komodo. Harap dapat berdiskusi secara sehat....thanx GBU.

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Sungguh merupakan posting yang jempolan. Kekayaan referensi sebenarnya bukan faktor utama. Banyak orang memiliki referensi. Jaman sekaang, tinggal click satu kata itu di mesin pencari, jutaan informasi bisa kita peroleh seketika.

Jadi, keutamaan bigmike dan posting-postingnya terletak pada inner powernya. Soft skillsnya. Dan inilah yang sangat saya sanyangkan dari generasi muda sekarang. Semua sudah disediakan tapi malah sinis, sanatai-santai, hedonis, dan berkelahi. Perkelahian ternyata tidak hanya di Kupang. DI Makassarpun mahasiswa berkelahi dan mati.

Kepandaian yang tidak diikuti soft skills, yang ternyata, menurut substansi posting ini berasal dari CINTA ternyata hanya embawa celaka dan kekonyolan. Jikalau seperti ini perilaku generasi muda kita, tinggal tunggu saja tamatnya riwayat NKRI (Syamsudin, blogger tua)

Anonim mengatakan...

SAYA IKUT BERDUKA CITA ATAS KEMATIAN MAHSISWA AKIBAT TAWURAN (Syam)

Anonim mengatakan...

@ bigmike,

Kalau ada sempat hal-hal seputar paganisme dan kaum semit bisa diulas juga. Semari menunggu BM, yang sering menunda janji, ada baiknya sahabat yang tahu bisa mendiskusikan hal-hal itu. Menarik untuk diikuti nantinya (Syam)

Anonim mengatakan...

Yulius
..., Baptis misalnya, ternyata ada jejak kaum pagan juga di situ.


Baptis memang kebiasaan umum yg mulai dipraktekkan oleh kaum eseni Yahudi, di mana praktisi yg paling terkenal krn dicatat dlm bibel adalah Yohanes Pembaptis.

Ini fenomena biasa saja, krn tradisi Natal dlm kristen jg diadopsi dr tradisi 'pagan'. Dlm islam misalnya simbol bulan-bintang itu br dipakai justru setelah nabi muhammad meninggal. Di Flores timur ada ritual para nelayan utk menghormati tokoh wanita penguasa laut yg belakangan difasilitasi gereja dan diarahkan pada devosi Bunda Maria. Bupati Hayon malah yakin, tokoh ini sama dg Kanjeng Ratu Kidul-nya org Jawa.

Tapi yg sungguh surprise bg saya adalah tradisi sunat Yahudi yg dimulai oleh Bapa Abraham. Ternyata praktek ini jg ditemukan dilakukan oleh kaum pagan yg hidup berdampingan dg Abraham wkt itu. Pdhl, kita tau sunat diklaim sbg tanda yg membedakan umat Tuhan dr kaum pagan. Apakah ini yg mjd alasan "tersembunyi" Paulus mengganti sunat dg baptis?

Pak Lius, rasanya ini boleh jg jd bahan diskusi komunitas CN anda.

(Wilmana)

Anonim mengatakan...

@ Whuaahhh Tawuran dimana-mana2, pake tumbal nyawa lagi!

oPa Syam! menurut Opa gimana nich! kok jelang pemilu malah runyam!! tidakah ini mengidikasikan ada kelompok yang sedang test case???


(Suto)

Anonim mengatakan...

@all

Kok pada Bungkem?? ada apa ya??

(Budi)

Anonim mengatakan...

@budi,

Biasalah... Pada ikutan sang idola pigi ke labuan Bajo sana... ^_^

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Sunyiiiiiii......(PM)

Anonim mengatakan...

Anehhh....kalo liat jumlah pengunjung, kayaknya pengujung blog stabil dech...tapi kok nggak ada yang mau komen yaaaaa....keliatan banget ini blog BM banget. BM sentris. Mau ngomong hanya kalo ada BM. Ya, gitu deh, emang terbukti bahwa BM itu magnitnya blog ini. Laen kali kalo mau berangkat ya nggak usah bilang-bilang he he he he

Anonim mengatakan...

GW tertarik ama pembahasan tentang paganisme karena da yang menuding bahwa simbol-simbol hampir semua agama menunjukkan ciri-ciri paganisme. Apa betul? Gw dapat dikit bahannya nih...

.....Paganism is the broad term used to describe any religion or belief that is not Christian, Jewish or Muslim. Paganism can be traced back to Neolithic times and survived up until the middle ages when Christianity became powerful enough to erase it from existence. Paganism is an earth based religion which lays emphasis on the worship of all aspects of nature. Paganism appeared very early on in the history of the world. Examples of early paganism, can be seen in ancient Greek and Roman religions, as well as in ancient Goddess worship and Druidic religions.....

BM, kalo udah dateng coba diulas ya....

Anonim mengatakan...

tambahan nih....

....Ancient people believed that everything had a spirit and were polytheistic and they placed great importance on the worship of many Gods, Goddesses and Deities. Gods were a part of everyday life and great emphasis was placed on placating them through worship and ritual. Pagans believed that the Gods were immanent and entered every aspect of their society, influencing everything from laws and customs to the general workings of their community.....

Nah, apakah kearifan-kearifan tradisional Nusantara terhubung dengan paganisme?????? (PM, MK, Jkt)

Anonim mengatakan...

Oh iya, sekalian nih, BM bisa nggak ngejelasin lagi, pake contoh yang lebih gamblang dech, makna jiwa yang memberontak. Masih bingung. ATau gw emang o'on ya????he he he (PM)

Anonim mengatakan...

Woooiiii, sambil nunggu bigmike...gimana kalo kite ntar nonton Indonesia VS Myanmar......menang dech Indonesia. Minimal 2-1. ...wakakakakekekek....ini bukan kebencian....atau.....ketidak acuhan...just sport maaaannnn....oleeeee....oleeeee....PSSI.....(Proxy73)

Anonim mengatakan...

@ PM,

GW setuju ame elo. Blog ini emang BM sentris...tapi asyiiikkk khan...???? Loe aja ampe termehek-mehek gitu ame BM ...huaaaa ha ha ha ha....Tapi ngomong-ngomong dari mane ente dapet info tentang pagan nyang gituan???? Ngaco dech loe....(Proxy73)

Anonim mengatakan...

PM
Nah, apakah kearifan-kearifan tradisional Nusantara terhubung dengan paganisme??????

Ya iyalah... Sy sih gak begitu sreg dg label pagan (kafir) bg sistem religi non Yahudi, Kristen, dan Islam. Ini terkesan arogan. Mgkn krn tdk suka dg gaya "truth claim".

Anonim mengatakan...

yaaaacccchhhhhhh....PSSI Ghuuueeeebleeeggggggg....mosok segitu ajah kalah....lemeeeeesssszzzzzz....payaaaaahhhh......(Proxy73)

Anonim mengatakan...

he he he mungkin ketularan paganisme tuh...wakakakekekekikikik...magic symbol PSSI is looser.....(Proxy73)

Anonim mengatakan...

@ Proxy73,

Elo nyebelin. Tau nggak???? (PM)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike and all,

Di tengah kepenatan bekerja di hari terakir minggu ini dan sebelum gw menutup laptop di kantor lantas pulang menuju rumah menjumpai rumahku istana ku, gw ingin kita semua merenungi apa yang gw renungkan.


Bulan menatap Malam. Rasanya benci dan hambar. Malam begitu dingin. Malam tak lagi ramai, tapi sepi dengan kebisingan yang sunyi. Malam sangatlah tak ramah, membiarkan Bulan sendirian.

Kini Bulan tak hanya membenci malam, tapi ingin berpisah dengan malam dan selalu mengharap pagi. Setiap malam, Bulan tak lagi bersinar indah, dia diam. Wajahnya muram, Bintang-Bintang sungguh bingung menatap Bulan.

Apakah bulan sedang melakukan rencontre intramondeine? Apakah manusiwi ketika kita selalu dituntut untuk always and foferver rencontre aimantre? Inilah misteri hidup bukan?

Happy weekend (PM)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Kalau sempet komentari juga artikel yang diposting temen gw di milis.

Cinta VS Benci

Sering tanpa disadari, kita berpikir.....
Salah vs benar
baik vs buruk
gelap vs terang
siang vs malam
on vs off
termasuk Cinta vs Benci...

kadang kita menganggap itulah lawan kata dari yang sebelumnya... tapi benarkah demikian?

benarkah salah selalu berlawanan dengan benar?
benarkan baik selalu berlawanan dengan buruk?
benarkah gelap selalu berlawanan dengan terang?
benarkah siang selalu berlawanan dengan malam?
benarkah cinta selalu berlawanan dengan benci?

Benarkah lawan dari CINTA itu adalah BENCI?

Ketika seseorang seringkali bercerita tentang kebenciannya pada sesuatu, apakah itu benar-benar menunjukkan bahwa dia tidak cinta?

Seorang guru filsafat, satu waktu di datangi salah seorang muridnya,"ya Guru", kata muridnya, "aku sudah beribadah kepada Tuhan selama 30 tahun yang menurutku aku juga sungguh2. Siang puasa, berdoa selalu aku kerjakan. Tapi bukannya aku tidak puas dengan keadaanku, tetapi mengapakah tidak ada sedikitpun tanda2 yang datang dari Tuhan tentang apa yang telah aku lakukan ini?"

Guru itu menjawab,"kalau begitu, nanti malam kamu makan yang banyak, dan jangan berdoa" Si murid agak heran juga mendengar saran gurunya, tapi ia mengangguk dan pulang.

Keesokan harinya, ia datang ke guru-nya dan bercerita, "Terimakasih guru, semalam saya mendapatkan tanda itu dari Yang Maha Kuasa, aku sudah menuruti saran guru untuk makan yang banyak, tetapi aku tidak tega untuk tidak berdoa. Kemudian malam harinya, aku bermimpi di datangi oleh utusan-NYA dan beliau berkata,"wahai anak manusia, tenangkan hatimu, Allah mendengar, melihat dan
mengetahui apa yang kamu kerjakan. Bersabarlah dan ikhlaslah." dalam mimpi itu saya mengangguk, kemudian utusan itu berkata lagi,"Dan sampaikan pada
gurumu bahwa Allah berpesan agar ia jangan menyarankan muridnya untuk tidak berdoa"

Mendengar itu guru tertawa sampai keluar air matanya...kemudian ia berkata, "Jika kamu tidak bisa mendekatiNya melalui Kasih SayangNya, maka dekatilah Ia melalui rasa marahNya"

Apakah lawan CINTA itu adalah BENCI ??...
Tidak !!
Lawan CINTA itu adalah KETIDAKPEDULIAN...

Bagi seorang Pecinta, kebencian dari sang kekasih
itu lebih berharga dari pada KETIDAKPEDULIAN dari yang dicintainya...
hati seorang pecinta lebih memerlukan kepedulian dari yang dicintai... dari pada ketidak peduliannya.. baikpun kepedulian itu berwujud kasih sayang yang dicintainya... ataupun kepedulian itu berwujud amarah dan bencinya...

"KETIDAKPEDULIAN adalah lawan dari CINTA"

Bener begitu? Mengikuti logiki BM di psotngna ini kayaknya temen gw keliru deh (he he he he doski juga pembaca blog ini lho). GW off (PM)

Anonim mengatakan...

Dear Mbak PM,

Diatas semua itu, saya menyimpulkan bahwa lawan kasih bukanlah benci seperti yang selama ini kita kira, tetapi mementingkan diri sendiri. Jadi kuncinya adalah pada kemampuan kita untuk secara terus menerus mengontrol dorongan dalam diri untuk hanya mementingkan diri sendiri.

Copy dari: http://wilmana.wordpress.com/category/kehidupan-berpasangan/

(Wilmana)

Anonim mengatakan...

@ Diajeng PM,

He he he he emosi? Maaaaaaaap.....maaaaappppp.....lebaran belon jaoh..he he tapi ape nyang didongkolin dari gw? BTW maaaaafffflan daku dik PM wakakekekekikikik....oleeee...oleeeee...maaf...(Proxy73)

Anonim mengatakan...

@ PM,

Nyang ini gw serieus dech....nggak ada pertentangan antara posting BM dengan temennya situ.....Yang dikatakan BM adalah falsafaf rencontre atau kita bilang ajah keinginan untuk memilih bentuk relasi...pilihan ya cuma 3 itu.....emang itu teori klasik tapi sampe skarang belon ada teori laen nyang lebih kuat.

Lantas lantaran ape gw bilang enggak usah dipertentangkan BM ma temen elo...nih gini (gw nyambung spy nggak kepanjangan)

Anonim mengatakan...

Ketika qt meneropong lebih lanjut tentang cinta, inget tadi kita bicara kenungkinan bentuk relasi sosial, maka cinta harud dipahami dalam beraneka facet...nih gw copy paste dari wikipedia (nyumbang deh ke wikipedia).....

....Cinta adalah sebuah perasaan yang ingin membagi bersama atau sebuah perasaan afeksi terhadap seseorang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut...

Nah silakan cari oposite word dari cinta berdasrakan defenisi di atas. Akan ditemukan lebih banyak dari sekedar ketidak pedulian. Tul nggak?

Kumaha neng geulis????.... (Proxy73)

Anonim mengatakan...

Woiiii semua, met pagi.

Gw begadang semalam suntuk nyelesein tugas biar nggak dapet gelar MA ...ha ha ha ha...tau kan artinye????

Sambil nyruput kopi pagi...hmmmm...waaoooo.....GW pengen sharing sesuatu......

"One word frees us of all the weight and pain of life: That word is love." - Sophocles

nah kate si manusia yunani jadoel ni, yang pikiranya gw jadiin bahan kajian, cinta membebaskan.

Yoookkk rame-rame qt renungin: untuk kecintaan kepada sahabatnya, BM harus mengorbankan waktu demi blog, suami yang mengasihi isteri or sebaliknya, nggak mungkin tanpa pengorabanan. Pahlawan gugur demi bangsanya. GW kudu begadang kurangin darah demi cinta pade nyak en babe nyang minta gw cepet kelar, entar male gw kudu nyiapin dompet lumayan tebel 'ntuk modal malam mingguna....apa cinta apa pengorabanan apa kebebasa. Untuk apa cinta...wooaaaaahhhh ternyata cinta enggak gampang dipahami kan?

Anonim mengatakan...

Yeacccccchhhh......itu gw sahabat yang nyebelin (kata si geulis PM he he he he) (Proxy73)

Anonim mengatakan...

eh ...mbak PM, udahan ya sebelnya ke gw coz...ternyata...nggak disangka....kagak nyadar....PM ma gw ude jadi penunggu blog sembari BM nya keluyuran ngaak tentu rimbanya ha ha ha ha ha ha ..dasar manusia mabok.....oleeeee...oleeeee....mabok (Proxy73)

Bigmike mengatakan...

Dear sahabat bloggers,

Selamat berjumpa lagi. Saya baru balik dari Labuan Bajo, kota di ujung barat P. Flores. Tepatnya di Kabupaten Manggarai Barat. Baru pertama kali ke situ. Penerbangan menggunakan pesawat kecil yang meliuk-liuk di antara pegunungan berkabut cukup mendebarkan jantung...he he he he takut juga. Sudah begitu, disambung perjalana darat yang ternyata 2 kali lebih mendebarkan karena jalan licin, longsor, batuan lepas yang terken hujan lebat...wah, rasanya lebih baik naik pesawat lagi.

Sampai di Bajo baru ketahuan bahwa untuk mencapai kota ini, jauh lebih mudah jika perjalanan melalui denpasar menggunakan pesawat, tiap hari. Mengapa? karena cukup banyak wisatawan manca negara yang berkunjung ke manggarai barat guna merwiasata ke taman nasional Komodo. The world last dragon. Wah, ternyata perjalanan PNS sudah ditakdirkan untuk sengsara demi...sesuap dua suap nasi he he he he...

Bigmike mengatakan...

Sekarang mau ceritera tentang kota Labuan Bajo,

Kota ini adalah kota kecil daerah pantai yang panasnya minta ampun. Semula saya berpikir kota Kupang adalah kota terpanas di Indonesia, ternyata kota kupang cuma no. 2 ha ha ha ha. Rasanya lebih nyaman untuk diam enggak ngapa-ngapain di dalam kamar hotel ber AC, meski AC hotel juga enggak dingin-dingin amat. Tapi, demi kerja,meski panas kerja di selesaikan juga.....keringat mengalir seperti sungai bengawan solo ......wiiuuhhhh......

Meski demikian saya mengakap satu fakta yang menyejukkan di tengah panasnya udara Labuan Bajo. Apa itu?

Bigmike mengatakan...

Kota ini adalah kota pelabuhanm nyatanya demikian di mana-mana terdpat dermaga kecil tempat merapatnya kapal-kapal motor yang hilir mudik mengantar dan menjemput penumpang dari dan ke beberapa pulau kecil di sekitar labuan bajo. Antara lain, p. komodo, rinca dan lain sebagainya yang merupakan habitat the dragon, komodo.

Tidak heran kota ini disebut sebagai Labuan, yaitu pelababuhan. Dari mana kata Bajo? Ternyata di sini penduduk yang mendiami aerah pantai adalah para karaeng-karaeng dri Bajo Sulsel. Mereka hidup berdampingan secara harmonis bersama saudara-saudara manggarai yang asli Flores. Kelompok Bajo adalah Muslim dan Muslimah sedangan kawan-kawan manggarai Katolik. Ternyata mereka hidup rukun-rukun saja tuh. Sebuah Mesjid besar dibangun tidak lebih dari 400 m di dekat Sebuah Katedral Katolik. Mereka bergaul seperti tanpa sekat. Selama beberapa hari di Labuan Bajo, saya selalu bertemu dengan konvoi rombongan pengantar calon jemaah haji. DI antara peserta konvoi itu saya melihat ada yg menggunakan kalung Salib. Ternyata mereka Kristen. Ketika saya bertanya, malah mereka yang heran mengapa saya harus bertanya? Sudah seperti itu dari dahulu. Ternyata mereka hidup berdampingan tanpa dihantui rasa takut karena sindrom mayoritas - minoritas.

Ketika tadi saya mulai membuka blog, berseliweran aneka web yang isinya saling mengusili satu dengan yang lain. Seolah-olah identitas keberagamaan mereka baru sah jika terlebih dahulu kepercayaan orang lain dihina dan direndahkan.....

Untuk semua manusia moderen yang akarab dengan web tetapi jiwanya kerdil seperti manusi yang hidup di masa jurassik maka pergilah ke Labuan Bajo dan belajarlah dari orang-orang di sana. DI sana anda bisa melihat dan bergumam....beginilah seharusnya Indonesia....

Jika tidak maka sumpe gileeee, lebih baik anda jadi komodo saja yang hidup di kawasan konservasi dan hanya hidup karena dirawat, dan dicagar.......

Belajarlah, mencintai tanpa membenci dan bersikap acuh tak acuh....

Tabe Tuan Tabe Puan

Bigmike mengatakan...

Scara khusus saya ingin berterima kasih kepada Mr. Wilmana (wechh...blognya su ganti kulit oooo, macam ke ular ganti kulit...dulu bt pake templete itu tp huruf suka kocar-kacir jd bt ganti lagi), Bung Budi (wah...celana blacu kebawa-bawa erus nih ha ha ha ha), MR Proxy 'ole-ole'73 (whueeccchhhh....PSSI mah emang gemblung ya...kemaren di Labuan bajo ane nonton sambil bating-banting bantal dan disorkain rame-rame rombongan dari kupang he he he he) dan Mbak PM....anda semua sudah meramaikan blog selama saya nggak di tempat. Bahwa MR Proxy73 merasa menjadi penunggu waaahhh....hatur nuhun lah...sering-sering sajalah boszzz....

Khusus untuk mbak PM, weleh-weleh...sebagai honor menjaga "cafe perenungan" beliau menyodorkan tagihan, yaitu penjelasan tentang kasih dan pagan. Nah, untuk cinta dan sekitarnya saya coba tunaiakan sekarang sedangan tentang pagan dan paganisme, harap menunggu posting mendatang yang bahan-bahannya sedang saya persiapkan...Tapi saya senang dengan tambahan info tentang pagan. Akan saya kutip juga dari situ ....

Bigmike mengatakan...

@ PM,

Sekali lagi, eksistensi yang memberontak adalah filasafat manusia yang mencoba menjawab pertanyaan: kemana tujuan hidup manusia? Ada 3 skenario, dan kita harus memilih salah satu di antaranya. Tidak bisa salah 2 atau salah 3 he he he. Dan salah satunya adalah eksistensi yang memberontak. Apa ini dan bagaimana dengan 2 skenario lainnya, akan saya bahasa pada posting yang akand atang. Tunggu saja. Tapi saya akan memberikan contoh tentang eksistensi yang memberontak, sesuai permintaan PM terkasih.

Intinya adalah kemuskilan manusia untuk menselarasakan 2 hal yang integral sudah build in dalam diirnya, yaitu perasaan dan kebendaan yang supaya terlihat seperti selaras maka manusia terpaksa menipu dirinya sendiri.

Ini cocntoh gamblangnya...perasaan anda ingin sekali bertemu Ibunda tetapi apadaya badan anda tertinggal di negeri seberang yang ada amat jauh dari ibunda. Dalam contoh ini, jelas bahwa antara badan dan perasaan sulit diselarasakan. Maka, secara instik kemungkinan anda akan mengambil foto ibunda dan menyimpannya di saku atau anda pandangi seolah-olah dia ada dekat anda. Faktanya? anda sedang menipu diri sendiri karena sesungguhnya ibunda tidak ada di situ.

Nah, menurut filsafat manusia, disparitas karena distance itu dapat diatasi dengan cinta. Bagaimana caranya? Renungkanlah lagi.....

Selamat merenung.......

Bigmike mengatakan...

@ Mbak PM dan Mas Proxy73,

apakah lawan kata cinta adalah ketidak perdulian? Saya tidak akan memberikan jawaban secara langsung tetapi mari saya mengajak anda berdua untuk bersama merenungkannya. BTW, pertanyaan anda amat sangat bagus yang. Saya amat menghargai hal itu.

Begini,

Jikalau mbak PM mengikuti saran mas Proxy73 untuk membuka wikipedia maka memang akan terlihat bahwa makna cinta memang multi facet. Mengatakan bahwa lawan kata cinta adalah ketidak perdulian rasanya belum cukup, meski pernyataan seperti itu tidak salah sama sekali.

Mari kita tinjau lebih lanjut: cinta pada dasarnya tidak 1 model. Dalam kosa kata Yunani misalnya, cinta dapat dipahami ke dalam 4 model.

1. Cinta dalam pengertian STORGE (affection). Secara harfiah, afeksi diartikan sebagai tender attachment (kelekatan yang lembut atau lunak). Storge atau afeksi adalah cinta yang tercipta di antara anggota keluarga. Cinta ini digambarkan sebagai model cinta yang paling alamia, emotif, dan mengikat atau merekatkan cinta secara keseluruhan. Cinta ini brsifat tanpa paksaan.

Bigmike mengatakan...

2. Cinta dalam pengertian philia atau cinta persahabatan antar sesama manusia. Cinta seperti ini bersifat "kurang alami" karena bisa datang "belakangan:. Tetapi keluhurannya terletak pada fakta bahwa philia bisa terjadi di antara orang-orang yang tadinya sama sekali tidak saling mengenal. Kita bertiga sama sekali tidak salibng mengenal tetapi ternyata bisa akrab dengan gaya kita masing-masing, Inilah cinta persahabatan (friendship) atau phillia.

3. Cinta dalam pengertian eros (bukan eros djarot he he he he). Inilah cinta yang ada ketika manusia sedang falling in love. CInta kepada pacar anda. Sebagain orang mencampurkan begitu saja pengertian eros dengan cinta hasrat sexual. Tetapi C.S. Lewis dalam bukunya "Four Love" mengatakan bahwa cinta karena gairah atau hasrat sexual disebut sebagai venus

Bigmike mengatakan...

4. Cinta dalam bentuk kasih sayang atau AGAPE (kurang lebih berpadanan dengan kata inggris charity). CInta ini adalah cinta yang murni keluar dari diri dan ditujukan kepada orang lain tanpa syarat. Mencintai apa adanya, sesuai dengan kelebihan dan kekurangannya. C.S. Lewis mengatakan bahwa cinta AGAPE mula-mula ditunjukkan oleh TUHAN dan seharusnya diteladani oleh manusia-manusia. Inilah cinta paling ideal.

Bigmike mengatakan...

apa lawan kata dari storge, philia, eros dan agape? selamat merenung. Mungkin anda akan menemukan jawaban yang jauh lebih dari apa yang saya coba berikan. Tuhan Memberkati

Anonim mengatakan...

@ Pak Mike,

Selamat hari minggu. Sudah pulang Gereja ko?

Saya pikir komentar pak Mike tentang 4 jenis cinta itu benar sekali. Saya anggap juga sebagai tambahan bekal untuk perenungan di hari minggu.

Hal yang mau saya tegaskan adalah bahwa KASIH/CINTA ilhai itu murniharus dipahami sebagai kasih AGAPE. Agape adalah sifat inti Tuhan, karena Tuhan adalah kasih (1 Yoh. 4:7-12, 16b). Tuhan sangat “mengasihi” (agape) sehingga Dia memberikan Anak-Nya. Tuhan tidak merasa nyaman untuk melakukan itu, tetapi itu adalah perbuatan yang penuh kasih. Kristus sangat mengasihi (agape) sehingga Dia memberikan hidup-Nya. Dia tidak mau mati, tetapi Dia mengasihi, jadi Dia melakukan apa yang diminta oleh Tuhan.

Jika kita benar-benar mau untuk memiliki AGAPE maka pasti Than akan mengaruniakannya bagi kita. Dengan jalan itu maka kita tidak perlu saling membenci atau tidak perduli - acuh tak acuh - terhadap sesama kita.

Membaca kembali posting ini, saya harus akui bahwa isi posting adalah sesuatu yang amat penting dan secara hebat sudah disajikan bagi kita. Terima kasih pak Mike. Tuhan Yesus memberkati Pak dan keluarga (Yes, BTN)

Anonim mengatakan...

@ Ama Luji,

Sebagai sesama Penatua beta malu juga karena begitu posting tema perenungan beta selalu KO ha ha ha ha. Makanya inikali beta coba tambah bumbu sedikit...

Setelah baca kembali isi posting dan membaca komentar BM tentang 4 jenis kasih maka berikut ini pendapat beta tentang mengapa manusia sulim memiliki Agape

“Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?” Jawab Petrus kepadaNya:”Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau”. Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-dombaKu”. Kata Yesus pula kepadanya untuk kedua kalinya: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?” Jawab Petrus kepadaNya: :”Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau”. Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-dombaKu”. Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?” Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: “Apakah engkau mengasihi Aku?”. Dan ia berkata kepadaNya:”Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau”. Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-dombaKu”. (Yohanes 21:15-17)

Anonim mengatakan...

@ Ama Ludji dan MR Yes,

"Kasih macam apa yang mampu aku berikan pada Yesus?” pikir Petrus.

Ketika Yesus bertanya apakah Petrus “agape” pada-Nya, ternyata Petrus hanya berani memberikan kasih “philia” atau kasih persahabatan pada Yesus. Kenapa? Bagi saya jawabnya adalah Petrus sadar diri bahwa sebagai manusia, dia tidak mampu memberikan Agape.
Petrus masih trauma dengan jnajinya yang tidak akan menyangkali Yesus teta[i ternyata dilakukannya juga.

Tetapi ketika Yesus tersu bertanya maka tidak ada pilihan lain bagi Petrus untuk tidak menjawab ya terhadap kasih Agape. Sebabnya karena memang itu yang Yesus mau. Jelas sudah bahwa Yesus mau kita melakukan apa yang harus dan bukan apa yang kita mau. Pada saat kita mau melakukan yang harus maka PASTI Yesus akan mengruniakan kasih Agape itu bagi kita.

Itu sudah perenungan beta. Selamat hari minggu. JBU

Anonim mengatakan...

Sori (A9ust)

Anonim mengatakan...

@ Pak A9ust,

he he he ternyata Penatua A9ust juga mulai berusaha bikin renungan. Bagus. Saya juga mendukung penalaran Penatua A9ust bahwa AGAPE itu memang sulit tetapi Tuhan mau kita berkomitmen. Kenapa Yesuas tanay sampai 3 kali? Karena DIA menunggu komitmen Petrus dan juga kita sebagai murid-muridNYA untuk SIAP ikut teladanNYA. Shalom. Selamat hari minggu (Yes)

Anonim mengatakan...

@BM and All
Kesibukanku akhir2 ini akhirnya baru hari ini aku baca blognya @BM.
Karena disini @BM mengulas panjang lebar tentang cinta, ijinkanlah aku menitipkan sebuah puisi cinta buat seseorang yang amat sangat aku cintai, yang dari padanya kudapatkan seorang gadis cantik yang lincah.

Makna dan esensi cinta.
Aku ingin melebur diri dan menyatu diantara cinta Agape, eros, philia, storge, ataupun narsistik
karena dengan kekuatan cinta
Duri menjadi mawar
Cuka menjadi madu
Kesusahan menjadi kegembiraan
Kemalangan nampak keberuntungan
Penjara menjadi taman yang indah
Racun menjadi obat
Lawan menjadi kawan
Musuh menjadi sobat
Sakit menjadi sehat
Lalu...aku menjelma dalam konsep irasional
Aku adalah Dia yang Aku cintai, dan
Dia yang Aku cintai adalah Aku
Kami adalah dua roh yang bersemayam dalam satu tubuh
Apabila Engkau melihatku, engkau melihat-Nya
Dan apabila engkau melihatNya
Engkau melihat kami berdua.

@BM, aku titip puisi ini lewat blognya @BM, semoga Dia yang aku cintai membacanya. Dan aku percaya dia akan membaca, karena dia sedang duduk diatas pangkuanku sambil kuketik puisi ini..hehehe
Sayang, terima kasih untuk cintamu dan buah kasih kita. (YR)

Anonim mengatakan...

@ YR,

Busyeeeeeat deh......sambil mangku isteri ngetik komen....kacaaaaaaoooo....kacaaooo...biki ngiler ajah ...wkwkwkekekekkikikik....oleeee....oleeeee...ngiler...(Proxy73)

Anonim mengatakan...

Ah tapi gw benci banget ama Arsenal...mosok kalahnya kegedeannn 3-0 ama klub capung kayak Man City....lemeeezzzzzz...(Proxy73)

Anonim mengatakan...

GW juga acuh tak acuh ma Chelsea...gw cuma falling in love with MU...BRAVO MU.......wakakekekekkikiki...oleee...oleeee....MU...(Proxy73)

Anonim mengatakan...

@proxy73
welelellehhhh....ngiler yach.hihihihi, jangan ngiri yach..(YR)

poempuisi mengatakan...

he he he YR, bukan cuma situ dan isteri yg bisa berpuisi. GW juga nich (meski dikutip dari khalil gibran hi hi hi hi)...btw YR selamat berkasih sayang bareng isteri ya. Jangan niru artis-artis yang pangku-pangkuan trus divorce...whhuueecccchhhh....

tentang cinta by khalil gibran

Apabila cinta memberi isyarat kepadamu, ikutilah dia,
Walau jalannya sukar dan curam.
Dan pabila sayapnva memelukmu menyerahlah kepadanya.
Walau pedang tersembunyi di antara ujung-ujung sayapnya bisa melukaimu.


Dan kalau dia bicara padamu percayalah padanya.
Walau suaranya bisa membuyarkan mimpi-mimpimu bagai angin utara mengobrak-abrik taman.
Karena sebagaimana cinta memahkotai engkau, demikian pula dia
kan menyalibmu.


Sebagaimana dia ada untuk pertumbuhanmu, demikian pula dia ada untuk pemanakasanmu.

Sebagaimana dia mendaki kepuncakmu dan membelai mesra ranting-rantingmu nan paling lembut yang bergetar dalam cahaya matahari.
Demikian pula dia akan menghunjam ke akarmu dan mengguncang-guncangnya di dalam cengkeraman mereka kepada kami.

Laksana ikatan-ikatan dia menghimpun engkau pada dirinya sendiri.


Dia menebah engkau hingga engkau telanjang.
Dia mengetam engkau demi membebaskan engkau dari kulit arimu.
Dia menggosok-gosokkan engkau sampai putih bersih.
Dia merembas engkau hingga kau menjadi liar;

Dan kemudian dia mengangkat engkau ke api sucinya.

Sehingga engkau bisa menjadi roti suci untuk pesta kudus Tuhan.


Semua ini akan ditunaikan padamu oleh Sang Cinta, supaya bisa kaupahami rahasia hatimu, dan di dalam pemahaman dia menjadi sekeping hati Kehidupan.

Namun pabila dalam ketakutanmu kau hanya akan mencari kedamaian dan kenikmatan cinta.

Maka lebih baiklah bagimu kalau kaututupi ketelanjanganmu dan menyingkir dari lantai-penebah cinta.

Memasuki dunia tanpa musim tempat kaudapat tertawa, tapi tak seluruh gelak tawamu, dan menangis, tapi tak sehabis semua airmatamu.


Cinta tak memberikan apa-apa kecuali dirinya sendiri dan tiada mengambil apa pun kecuali dari dirinya sendiri.
Cinta tiada memiliki, pun tiada ingin dimiliki; Karena cinta telah cukup bagi cinta.

Pabila kau mencintai kau takkan berkata, “Tuhan ada di dalam hatiku,” tapi sebaliknya, “Aku berada di dalam hati Tuhan”.


Dan jangan mengira kaudapat mengarahkan jalannya Cinta, sebab cinta, pabila dia menilaimu memang pantas, mengarahkan jalanmu.

Cinta tak menginginkan yang lain kecuali memenuhi dirinya.

Namun pabila kau mencintai dan terpaksa memiliki berbagai keinginan, biarlah ini menjadi aneka keinginanmu:


Meluluhkan diri dan mengalir bagaikan kali, yang menyanyikan melodinya bagai sang malam.

Mengenali penderitaan dari kelembutan yang begitu jauh.
Merasa dilukai akibat pemahamanmu sendiri tenung cinta;
Dan meneteskan darah dengan ikhlas dan gembira.
Terjaga di kala fajar dengan hati seringan awan dan mensyukuri hari haru penuh cahaya kasih;

Istirah di kala siang dan merenungkan kegembiraan cinta yang meluap-luap;Kembali ke rumah di kala senja dengan rasa syukur;


Dan lalu tertidur dengan doa bagi kekasih di dalam hatimu dan sebuah gita puji pada bibirmu.

poempuisi mengatakan...

for MR Proxy73 yang cakep...gw tau siape eloo...he he he he..

Pas posting cinta jangan dikacau ama sepak bola dong...mabok deh situ.....ha ha ha ha

Anonim mengatakan...

@All
Manusia memang makhluk rumit. Dan suneh (suka aneh) sendiri. Hal-hal yang pingin diomongin,
atau yang harus dibilang, justru malah nggak pernah diungkapkan.
Parahnya lagi, manusia terbiasa pake simbol-simbol atau kata-kata lain buat nunjukin arti sebenernya. Seringnya maksud itu jadi nggak terkomunikasikan dan bikin orang lain ngerasa bete,
nggak disayang, nggak dihargai.

Ada saat-saat ngerasa nggak nyaman mengekspresikan cinta yang dirasa. Karena takut mempermalukan orang lain, atau diri sendiri, ragu buat bilang, "I love you". Jadinya, menyampaikan perasaan itu lewat kata-kata yang lain; "jaga diri baik-baik", "belajar yang bener","hati-hati di jalan", "jangan ngebut", "jangan lupa makan".

Tapi sebenernya, itu cuma opsi-opsi lain dari perkataan yang sesungguhnya; "saya sayang kamu", "saya peduli sama kamu", "kamu sangat berarti buat saya", "saya nggak mau kamu terluka".

So, nggak ada salahnya kita coba MENDENGARKAN CINTA lewat kalimat-kalimat yang dikatakan orang lain. Ungkapan eksplisit itu penting, tapi bagaimana kita mengungkapkannya bisa jadi jauh lebih penting. Setiap pelukan bermakna cinta meski kata-kata yang keluar sangat berbeda. Setiap perhatian yang diberikan orang lain menyimpan cinta walau bentuknya kaku, atau mungkin kasar. Yang pasti, kita harus mencari dan mendengar cinta yang ada di baliknya.

Seorang ibu bisa ngomelin anaknya karena nilai rapot atau kamar yang berantakan. Si anak mungkin hanya mendengar omelannya. Tapi kalo dia bener-bener MENDENGAR, dia bakal mendapatkan cinta di sana. Kepedulian dan cinta ibunya muncul dalam bentuk omelan. Tapi gimana pun juga, itu adalah cinta.

Seorang gadis pulang larut malam, dan akhirnya dapet kuliah gratis dari bokapnya. Gadis itu cuma nangkep kemarahan sang bokap. Tapi kalo dia mencoba untuk MENDENGARKAN CINTA, dia bakal menemukannya. "Kamu gimana sih, Papa jadi khawatir sama kamu," kata bokapnya. Tau nggak, itu sama aja dengan "Papa sayang dan peduli sama kamu. Kamu sangat berarti buat Papa" yang sayangnya, nggak tersampaikan dengan lisan.

Kita mengungkapkan cinta dalam banyak cara - hadiah ulang tahun, pesan-pesan kecil, dengan senyuman, dengan air mata. Cinta nggak hanya ada dalam kata-kata, tapi juga dalam diam. Dan seringkali kita menunjukkan cinta dengan memaafkan orang yang nggak mau mendengar cinta yang kita sampaikan.

Masalah dalam "mendengarkan cinta" adalah kesulitan dan keterbatasan kita untuk mengerti bahasa cinta yang dipakai orang lain. Yang kerap terjadi, kita jarang mendengarkan orang lain. Kita mendengar kata-kata, tapi kita nggak mempertimbangkan ekspresi atau tindakan-tindakan yang mengiringi kata-kata itu. Sering juga kita cuma bisa mendengar hal-hal negatif, penolakan, kesalahpahaman dan mengabaikan cinta yang menjadi dasarnya.

Dengerin deh, cinta-cinta yang lagi ngebaca. Kalo kita bener-bener berusaha mendengarkan, kita bakal temui bahwa kita sebenarnya memang dicintai. Mendengarkan cinta bisa membuat kita sadar bahwa dunia ini adalah tempat yang begitu indah.

Cinta adalah anugerah.
Membuat kita tertawa.
Membuat kita bernyanyi.
Membuat kita sedih.
Membuat kita menangis.
Membuat kita bertanya "kenapa?"
Membuat kita menerima.
Membuat kita memberi.
Dan yang paling penting, membuat kita hidup.Bukanlah kehadiran atau ketidakhadiran yang penting; kita nggak perlu merasa kesepian meski kita sedang sendiri. Sendiri itu perlu, lho. Dan itu jangan sampe membuat kita jadi kesepian. Yang jadi masalah bukan berada bersama seseorang, tetapi berada untuk seseorang.

Jangan pernah ragu nyatakan cinta. Jujurlah dengan apa yang kita rasa dan katakan. Nggak ada ruginya mengekspresikan diri. Ambil kesempatan untuk mengungkapkan pada seseorang betapa pentingnya dia buat kita. Lakukan, buat perubahan, hindari penyesalan.

Satu lagi, tetaplah dekat dengan kawan dan keluarga, karena mereka udah berjasa membangun diri kita yang sekarang. Cinta memang ada untuk ditebarkan. Dan saat cinta yang kita berikan diterima, atau dibalas, itulah saat hidup menjadi penuh makna.(Adek)

Anonim mengatakan...

@poempuisi
Doain aku biar nggak kayak kebiasaan para artis kita. Karena aku sangat2 mencintai mahluk yang satu ini, hehehe..gimana aku nggak sayang...dia udah kasih aku seorang gadis kecil yang cantik. Aku benar2 mencintainya.(YR)

Anonim mengatakan...

Dear all,

1 kata untuk posting bigmike kali ini: DAHSYAT. Ada penyedaran dan usaha cognisi dan recognisi yang amat luar biasa yang ditulis oleh bigmike. Saya cuma ingin mengucapkan selamat deh. Sering-sering posting beginian supaya blogging tidak dikatakan hanya untuk narsis belaka. Bagi para pesinis blog, posting BM bisa menjadi anti tesis untuk mereka. Bravo (Widyanto)

Anonim mengatakan...

Karena BM mengajak untuk setiap aa yang dikatakannya perlu direnungkan kembali maka saya ingin sharing sesuatu di sini.

Ada 1 buah puisi dari Sutardji Calzoum Bachrie yang amat memukau. Judulnya Herman. Jika dibaca sepintas, tidak bakal terlihat relevansinya dengan konten posting. Di dalam puisi ini akan terlihat, bagi mereka yang serius merenunglkannya, betap kita memerlukan cinta dan meninggalkan kebencian dan ketidak acuhan Selamat menikmati dan merenungkannya

HERMAN

herman tak bisa pijak di bumi tak bisa malam di bulan

tak bisa hangat di matari tak bisa teduh di tubuh

tak bisa biru di lazuardi tak bisa tunggu di tanah

tak bisa sayap di angin tak bisa diam di awan

tak bisa sampai di kata tak bisa diam dia diam tak bisa paut di mulut

tak bisa pegang di tangan tak bisa takbisatakbisatakbisatakbisatakbisa

di mana herman? kau tahu?

tolong herman tolong tolong tolong tolongtolongtolongtolongngngng! (Widyanto)

Anonim mengatakan...

@ Mas Wied,

Situ nama depannya Herman yach....wakakkekekekikikik....

BTW tengkyu banget dech atas puisinya coz puisi ini udah agak langka ditemukan. GW copy boleh ya?. Thanx mas (Proxy73)

Anonim mengatakan...

“Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?”

Jawab Petrus kepadaNya:”Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau”. Kata Yesus kepadanya:

“GEMBALAKAN DOMBA2KU”. Kata Yesus pula kepadanya

DIULANG SAMPAI 3 X

Kakek saya,(pastinya Juga kakeknya si Mike) namanya Mikael Riwu Kaho (tuh khan namanya sama!!) adalah orang kampung yang lahir tahun 1800an (lupa saya, mungkin Mike inget, wong namanya di pinjam kok) beliau ini tidak pernah sekolah, membaca bisa! tidak pernah ada yang mengajar kepada beliau teori tentang STORGE, PHILIA, EROS MAUPUN AGAPE!, tapi semua sanak keluarga maupun kerabat dekat yang mengenal beliau, bercerita bahwa beliau adalah orang yang tidak pernah menolak jika ada orang yang meminta bantuan beliau, baik itu materi maupun non materi! harta, tenaga, maupun waktu akan beliau sumbangkan kalo ada yang memerlukan!

Nah! bagi saya, perintah YESUS "GEMBALAKAN DOMBA2KU" adalah perintah untuk melakukan sesuatu unutk "Domba2" yang merupakan wujud dari AGAPE petrus kalau memang benar2 mencintai TUHAN!

pokoknya cinta haruslah berbuah perbuatan! itu baru AGAPE!

(Suto sinting)

Anonim mengatakan...

@ Mas Budi,

Anda benar belaka. Kasih atau cinta, apapun bentuknya, storge, philia, eros atau agape, amat sangat mudah diucakan tetapi amat sangat sulit dilakukan. Kenapa? Ya kembali ke posting bigmike, selalua ada eksistensi yang memberontak. Mungkin itu yang dimaksudkan dengan kedagingan.

.... Roma 8:5-8.....

Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh.

Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera.

Shalom, selamat hari minggu (Erick)

Anonim mengatakan...

@ MR Bigmike,

two thumbs up untuk postingnya. Hei man, JBU (Erick)

Anonim mengatakan...

@ wooooiiii bigmike,

kali ini gw minta pencerahan dech....(jujur nich...ini konsultasi ma dosen pembimbing...gratissssss....huaaaa ha ha ha)

Begini, Eksistensi....
Inilah yang sering diperdebatkan sejak lama oleh para filusuf di dunia. Rene Descartes menyatakan, supaya manusia dianggap eksis, maka dia harus menggunakan akal pikirannya. Berpikir: itulah ciri eksistensi manusia. Cogito ergo sum (Aku berpikir karena itu aku ada!). Begitu kata Descartes.

Albert Camus lebih gila lagi. Filusuf anti kemapanan ini ngomong begini: Aku memberontak, karena itu aku ada! Kebanyakan visi filosofi anak muda emang kayak ginian. Memberontak untuk menunjukkan eksistensinya. Contohnya, anak-anak geng motor yang merajalela di Bandung itu, yang ingin menunjukkan eksistensinya.

Apakah seperti ini yang dimaksudlkan oleh Leahy?

Kali ini gw minta tolong beneran coz BM punya bukunya yang udah gw ubek-ubek ke bandung trus ke senen jakarta, enggak ketemu.

4 x 4 = 16
sempet enggak sempet kudu dibales ..wuaaakakakekekekikikik....(Proxy73)

Anonim mengatakan...

@ Brother en sisters,

Albert Camus adalah filsuf Perancis pemenang hadiah Nobel pada tahun 1957. Orang ini, karena sejarah hidupnya, cenderung menjadi pemberontak. Seberontak-berontaknya. Bagi sebagian pengamat, Camus adalah orang gila. Novelnya yang berjudul Caligula dibayangkan sebagai Camus itu sendiri. Gila.

Bagaimana tidak gila, perhatikan kutipan ungkapan Camus berikut ini.

....Karena Tuhan Itu Tak Ada, Maka Janganlah Berbuat Dosa......

atau yang berikut ini:

....hanya ada satu pertanyaan paling besar dalam kehidupan,yang merupakan sumber dari segala sumber pertanyaan, yaitu bunuh diri.....

Betapa gilanya Camus, jangan-jangan sahabat Proxy73 adalah penggemar berat Camus dan cenderung menjadi gila.

Apa sebetulnya yang dimaksudkan oleh Camus. Sebenarnya adalah ini: AKAL SEHAT.

Saya sangat kuatir terhadap akal sehat ini karena ternyata persoslan dunia sekarang ini banyak yang berawal dari disingkirkannya akal sehat. Dalam keadaan begini, topeng-topeng keagamaan sering sekali dipakai ketika AKAL SEHAT di singkirkan ke belakang.

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Dalam kerangka pikir AKAL SEHAT, saya sangat menyambut hangat posting anda. Beberapa teman telah menginformasikan tulisan-tulisan anda. Hari ini saya membuktikannya. Anda berada di garda depan upaya penggunaan AKAL SEHAT. Keep on posting. Saya sahabat barumu but let me anonym for the time being. OK? (Sastavyana - temennya Proxy73)

Anonim mengatakan...

Memuja Albert Camus? Sebaiknya jangah karena dia adalah Atheis sejati. Sama dengan sartre, A. Camus adalah pembenci hidup. Itu sebabnya, dia mengataan bahwa rahasia tertinggi dalam hidup adalah bunuh diri.

Atheisme terlalu membanggakan akalnya dan kemudia dia lupa bahwa manusia tidak hanya akal tetapi juga perasaan. Tidak hanya imanen juga transendens (Wury)

Anonim mengatakan...

@ Mas Bigmike,

Saya c7 Proxy73. Cobalah diteruskan ulasan-ulasan dengan referensi Leenhowers dan Leahy. Pustaka itu sudah langka. Akan sangat berguna dan mencerahkan sebagaimana yang sudah dikerjakan BM sejauh ini. Peran BM seperti itu membuat blog ini disegani (Wury)

embun777 mengatakan...

Weleeh..ikut nimbrung, malah bingung...! otak kite gak nyambung..!Bersyukurlah bung Mike diberikan talenta pemahaman kehidupan yg luas...Mudah2an bisa jadi penyejuk keragaman di negeri kita niih..dan jadi jalan berkat bagi banyak orang.
Salam and GBU.

Bigmike mengatakan...

Dear sahabat blogger, wuehehehehe.....

Repot juga ternyata jikalau ada tagihan bill ke saya. Mestinya saya mengangsurkan bill tangan sedulur-sedulur tapi ini kebalikannya. Tapi memang ada raison d'etrenya, yakni sudah menjaga cafe perenungan ketika saya lagi keluyuran ke mana. en berhubung situasi seperti itu kemungkinan berulang maka tidak ada jalan lain, saya tunaikan juga tugas itu. Setelah kemarin saya membahasa permintaan Nona atau Nyonya PM sekarang giliran saya berusaha memenuhi permintaan Tuan Proxy73.

Bigmike mengatakan...

Begini,

Eksistensi yang memberontak (EM) adalah 1 dari 3 pilihan makna hidup (Louis Leahy, L'homme, ce mystere.
Pour une philosophie de l'homme - 1991 - Edisi B,. Inggris - 1981, L' institute Superieur de Philosophie Canisius, Kinshasa) - tuh saya kasi deskripsi lengkap referensinya untuk memudahkan pengutipan (buku ini memang koleksi SGT). Secara lengkap 3 pilihan tersebut akan saya bahas dalam posting kemudian.

Nah, EM berbicara tentang sikap yang diambil manusia, mula-mula menyadari keterbatasan hidupnya lalu berusaha keluar (memberontak) dari kondisi itu. Keterbatasan adalah penjara dan tidak ada satu apapun juga yang dapat membebaskan diri dari penjaranya selain diri sendiri guna mencapai kebebasan yang, yang menurut ideal dari cara berpikir ini adalah fitrah tertinggi manusia. Jangan heran jika A.Camus mengatakan bahwa bunuh diri adalah cara terbaik untuk medapatkan kebebasan itu. Konon, vokalis Nirvana, Kurt Cobain, terinspirasi A.Camus dan filsafatnya, dan memutuskan untuk menembak kepalanya sendiri.

Hal berikutnya adalah manusia yang menyadari eksistensi dirinya melihat bahwa ada kekuatan di luar dirinya yang jauh melebihi daya diri sendiri. Menurut pola pikir EM, inilah yang disebut sebagai kenyataan yang tertinggi. Maka dengan modal kebebasan yang sebebas-bebasnya itu maka kenyataan tertinggi harus diraih. Bisakah? tidak juga karena sebenarnya kenyataan tertinggi hanya suatu ideal yang harus direbut tetapi tidak akan ada karena jika memang ada maka EM kehilangan pijakan.

Dua hal di atas merupakan pergulatan terus menerus EM yang tampak jelas adri pribadi-pribadi EM yang semangatnya terus memberntak. Tdak pernah puas akan segala sesuatu. Semakin tinggi dan tinggi. Lalu, ini dia: AKAL SeHAT ADALAH SEGALA-GALANYA. KENYATAAN TERTINGGI ITU ADALAH AKAL SEHAT. Benarkah? Saya tidak akan menjawab. Silakan merenungkannya lagi

(saya sedang berjalan mondar-mandir berpikir sambil telujuk diletakkan di dahi saya. Mulut komat-kamit he he he he...)

Bigmike mengatakan...

@ Embun 777,

Selamat memiliki mainan baru. Semangat expansi yang luar biasa. Terpengaruh falsafah EM? ha ha ha ha ha. GBU

@ Sastavyana,

Selamat datang di blog yang seerhana dan berasal dari kampung kering di selatan tenggara Indonesia. Kami di sini tidak neko-neko kecuali ingin berbagi persahabatan, kebaikan dan kasih sayang. GBU

@ YR

Anda mendebarkan hati saya dan menimbulkan rasa iri ha ha ha ha ha ha. Ttapi apapun juga selamat berbahagia bersama yang terkasih + gadis cilik anda yang tercinta. GBU

@ Wury,

Thanx sudah berkomentar. Permenhut tentang Huta Tanaman Rakyat sudah keluar belum? GBU

Anonim mengatakan...

@ All,

Nikmati resep jitu CINTA dari saya berikut ini:

RESEP KUE CINTA

BAHAN:

1 pria sehat,

1 wanita sehat,

100% Komitmen,

2 pasang restu orang tua,

1 botol kasih sayang murni.


BUMBU:

1 balok besar humor,

25 gr rekreasi,

1 bungkus doa,

2 sendok teh telpon-telponan,

(Semuanya diaduk hingga merata dan

mengembang)


TIPS:

- Pilih pria dan wanita yang benar-benar matang dan seimbang. Jangan yang satu terlalu

tua dan yang lainnya terlalu muda karena dapat mempengaruhi kelezatan

- Sebaiknya dibeli di toserba bernama TEMPAT IBADAH, walaupun agak jual mahal tapi

mutunya terjamin.

- Jangan beli di pasar yang bernama DISKOTIK atau PARTY karena walaupun modelnya

bagus dan harum baunya tapi kadang menipu konsumen atau kadang menggunakan

zat pewarna yang bisa merusak kesehatan.

- Gunakan Kasih sayang cap "IMAN, HARAP & KASIH" yang telah memiliki sertifikat

ISO dari Departemen Kesehatan dan Kerohanian.


CARA MEMASAK:

- Pria dan Wanita dicuci bersih, buang semua masa lalunya sehingga tersisa niat tulus

ikhlas

- Siapkan loyang yang telah diolesi dengan komitmen dan restu orang tua secara merata

- Masukkan niat yang murni ke dalam loyang dan panggang dengan api cinta merata

sekitar 30 menit di depan penghulu atau pendeta

- Biarkan di dalam loyang tadi, sirami dengan semua bumbu di atas

- Kue siap dinikmati


CATATAN:

Kue ini dapat dinikmati oleh pembuatnya seumur hidup dan paling enak dinikmati dalam keadaan kasih yang hangat!

Tapi kalau sudah agak dingin, tambahkan lagi humor segar secukupnya, rekreasi sesuai selera, serta beberapa potong doa kemudian dihangatkan lagi di oven bermerek "Tempat Ibadah" diatas api cinta. Setelah mulai hangat, jangan lupa telepon-teleponan bila berjauhan.

Selamat mencoba, dijamin halal... ! Selamat menikmati...


(made by 'love' bakery')

Gimana. gurih en lezat?????

Anonim mengatakan...

Sori, gw Tuak1.blogspot.com

tuaksatu mengatakan...

CINTA

Mereka yang tidak menyukainya menyebutnya tanggung jawab,
Mereka yang hanya ingin bermain dengannya, menyebutnya sebuah permainan,
Mereka yang tidak memilikinya, menyebutnya sebuah impian,
Mereka yang mencintainya, menyebutnya takdir.

Allah mengetahui yang terbaik, akan memberi ujian untuk menguji kita,
Kadang cinta melukai hati, supaya hikmahnya bisa tertanam dalam.

Jika kita kehilangan cinta, maka pasti ada alasan dibaliknya,
Alasan yang kadang sulit untuk dimengerti, namun kita tetap harus percaya bahwa Ia mengambil sesuatu, Ia akan memberi yang lebih baik.

Mengapa menunggu ?

Karena walaupun kita ingin mengambil keputusan, kita tidak ingin tergesa-gesa,
Karena walaupun kita ingin cepat-cepat, kita tidak ingin sembrono,
Karena walaupun kita ingin segera menemukan orang yang kita cintai, kita tidak ingin kehilangan jati diri kita dalam proses pencarian itu.

Jika ingin berlari, belajarlah berjalan dahulu,
Jika ingin berenang, belajarlah mengapung dahulu,
Jika ingin dicintai, belajarlah mencintai dahulu.

Pada akhirnya, lebih baik menunggu orang yang kita inginkan, ketimbang memilih apa yang ada.
Tetap lebih baik menunggu orang yang kita cintai, ketimbang memuaskan diri dengan apa yang ada.
Tetap lebih baik menunggu orang yang tepat, karena menunggu mempunyai tujuan yang mulia dan misterius

Perlu kau ketahui bahwa :
Bunga tidak mekar dalam waktu semalam,
Kota Roma tidak dibangun dalam waktu sehari,
Kehidupan dirajut dalam rahim selama sembilan bulan,
Cinta yang agung terus bertumbuh selama kehidupan.

Kebanyakan hal yang indah dalam kehidupan memerlukan waktu yang lama,
Dan penantian tidaklah sia-sia. Walaupun menunggu membutuhkan banyak hal ?

iman, keberanian, pengharapan.

Penantian menjanjikan satu hal yang tak dapat dibayangkan oleh seorang pun.
Pada akhirnya, Allah dengan segala hikmatnya,
Meminta kita menunggu karena alasan yang penting

Anonim mengatakan...

XIE XIE NI wahai my man BM atas penjelasannya pada eksistensi yang memberontak. Nah kalo gini gw bakalan rajin ngejagain blog ....wakakakakakakekekkikik....(Proxy73)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Kalao penjelasan EM seperti ini maka dapat dibilang EM adalah baju baru dari filsafat stoanya Zeno. Benarkah? (Proxy73)

Anonim mengatakan...

Whuehh kok jadi rame banget ya??

Pak Filsuf proxy!

Kura-Kura dalam perahu
Sudah gaharu cendana pula!

Pura-pura tidak tahu
sudah tahu bertanya pula! he.he.he.

(Suto Sinting)

tuaksatu mengatakan...

2 kata : POSTING BARU

Anonim mengatakan...

tuaksatu
2 kata : POSTING BARU

Buat anda cuman dua kata... Tp BM yg follow up, bkn cuma dua kata saja... Ini yg beking susah... :)

(Wilmana)

Anonim mengatakan...

copy paste ke ms words seluruh isi artikel. ini datanya:

pages: 5
words: 1,558
characters: 9,532

sebuah niat dan kerja yg luar biasa. tuhan berkati anda selalu bm. anak ntt.

Bigmike mengatakan...

woiii anak ntt, apa maxud komentar di atas? ha ha ha ada-ada saja

Bigmike mengatakan...

@ Proxy73,

Wah ente bener-bener nyebelin he he he he he (just kidding bosz).

Exixtensi yang memberontak = stoisisme? Ada kemungkinan begitu karena dua-duanya mengatakan bahwa cita-cita tertinggi manusia adalah mencapai kebebasan. Kebebasan dari apa? Ya, kebebasan dari hukum alam, yaitu alam materi.

Siapa yang bisa mencapai kebebasan itu? Dua-duanya berpendapat bahwa hanya orang yang berakal sehat, bijak dan berkeutamaanlah yang mampu sampai pada tahap ini.

Kira-kira begitu bosz. Lebih kurang, mohon dimaafkan

Bigmike mengatakan...

Dear all,

mohon dimaafkan. Hari in saya terlalu capek untuk menulis karena otak hanya berisi satu hal: makan kenyang dan tidur. Besok pagi baru saya posting artikel baru. Tabe Puan en Tuan