Rabu, 12 November 2008

cuma ingin bilang "selamat HUT" ke 33 bagi Ully Yonathan Riwu Kaho

Dear sahabat blogger,

Mohon maaf karena kenikmatan membaca posting terganggu karena urusan yang amat pribadi. Adik saya yang nomor 11 berulang tahun. 33 Tahun umurnya sekarang. Sudah tidak muda. Sesusia dia, Yesyua sudah menuntaskan tugasnya di dunia. Ully, masih harus berjuang untuk menyesesaikan pendidikan S2-nya. Tahun ini HUT-nya Ully terasa istimewa karena pertama kali HUT tanpa Ayahanda di sampingnya. Juga Istimewa karena tahun ini, Ully Yonathan memilih untuk memiliki pekerjaan tetap, yaitu sebagai Pengajar di Universitas PGRI NTT sekaligus sebagai Kepala Laboratorium MIPA dan Pertanian di Universitas yang sama. Untuk Ully, saya hanya berharap, jadilah manusia yang lebih jujur dalam bekerja, lebih tulus dalam mengabdi dan lebih bertanggungjawab sebagai suami bagi isterimu dan bapak bagi DTN. Kami,: Ibunda, Abang dan Adik, dan sudah barang tentu SGT, di manapun dia berada kini, berbahagia bersama Ully.

Berikut ini ada sebuah kado yang diberikan oleh Dina, adik bungsu kita, khusus bagi Ully Yonathan di HUTnya yang ke-33. Selamat HUT. Tuhan Memberkati

BERSEPEDA BERSAMA JESUS

Pada awalnya, aku memandang Tuhan sebagai seorang pengamat; seorang hakim yang mencatat segala kesalahanku, sebagai bahan pertimbangan apakah aku akan dimasukkan ke surga atau dicampakkan ke dalam neraka pada saat aku mati. Dia terasa jauh sekali, seperti seorang raja. Aku tahu Dia melalui gambar-gambar-Nya, tetapi aku tidak mengenal-Nya.

Ketika aku bertemu Yesus, pandanganku berubah.
Hidupku menjadi bagaikan sebuah arena balap sepeda, tetapi sepedanya adalah sepeda tandem, dan aku tahu bahwa Yesus duduk di belakang, membantu aku mengayuh pedal sepeda.

Aku tidak tahu sejak kapan Yesus mengajakku bertukar t emp at, tetapi sejak itu hidupku jadi berubah.
Saat aku pegang kendali, aku tahu jalannya.
Terasa membosankan, tetapi lebih dapat diprediksi … biasanya, hal itu tak berlangsung lama.

Tetapi, saat Yesus kembali pegang kendali, Ia tahu jalan yang panjang dan menyenangkan.
Ia membawaku mendaki gunung, juga melewati batu-batu karang yang terjal dengan kecepatan yang menegangkan.
Saat-saat seperti itu, aku hanya bisa menggantungkan diriku sepenuhnya pada-Nya!
Terkadang rasanya seperti sesuatu yang 'gila', tetapi Ia berkata, 'Ayo, kayuh terus pedalnya!'

Kadang Aku takut, khawatir dan bertanya, 'Aku mau dibawa ke mana?'
Yesus tertawa dan tak menjawab, dan aku mulai belajar percaya.
Aku melupakan kehidupan yang membosankan dan memasuki suatu
petualangan baru yang mencengangkan.
Dan ketika aku berkata, 'AKU TAKUT !' Yesus menurunkan kecepatan, mengayuh santai sambil menggenggam tanganku.

Ia membawaku kepada orang-orang yang menyediakan hadiah-hadiah yang aku perlukan …
orang-orang itu membantu menyembuhkan aku, mereka menerimaku dan memberiku sukacita. Mereka membekaliku dengan hal-hal yang aku perlukan untuk melanjutkan perjalanan … perjalananku bersama Tuhanku. Lalu, kami pun kembali mengayuh sepeda kami.

Kemudian, Yesus berkata, 'Berikan hadiah-hadiah itu kepada orang-orang yang membutuhkannya;
Jika tidak, hadiah-hadiah itu akan menjadi beban bagi kita.'
Maka, aku pun melakukannya.
Aku membagi-bagikan hadiah-hadiah itu kepada orang-orang yang kami jumpai, sesuai kebutuhan mereka.
Aku belajar bahwa ternyata memberi adalah sesuatu yang membahagiakan.

Pada mulanya, aku tidak ingin m emp ercayakan hidupku sepenuhnya kepadaNya.
Aku takut Ia menjadikan hidupku berantakan; tetapi Yesus tahu rahasia mengayuh sepeda.
Ia tahu bagaimana menikung di tikungan tajam, Ia tahu bagaimana melompati batu karang yang tinggi, Ia tahu bagaimana terbang untuk mempercepat melewati tempat-tempat yang menakutkan.
Aku belajar untuk diam sementara terus mengayuh … menikmati pemandangan dan semilir angin sepoi-sepoi yang menerpa wajahku selama perjalanan bersama Sahabatku yang setia: Yesus Kristus.

Dan ketika aku tidak tahu apa lagi yang harus aku lakukan,
Yesus akan tersenyum dan berkata …
'Mengayuhlah terus, Aku bersamamu.'

Tabe Tuan Tabe Puan

27 komentar:

Bigmike mengatakan...

Selamat HUT Bro. Kasihilah dirimu seperti juga engkau mengasihi anak dan isterimu. Seperti juga engkau menyayangi Ibunda dan Ayahanda "SGT". Seperti juga hendaknya kamu mau secara jujur mengasihi saudara-saudaramu seperti apa adanya. Tuhan Yesus Memberkati (LMRK, Dolly, Norman, Calvin, Joan, Febry dan Jordan)

Anonim mengatakan...

Selamat ulang tahun my brother man. Kiranya kasih karunia Allah Bapa di sorga menyertai Uly, Roska, Deni, Tenga dan Niki selalu :)

"Kana + Angela = Bura"

PS: Woooi ngalai Uly, lu parlu akta asli ko "palsu." Beta legalisir bisa ko, te kirim yg asli be agak taku ilang. Kalu ilang basong ju yg refot mesti urus baru di Kupang.

Bung Ludji, tolong cek ee ini pagi. Beta ada sial habis pulsa sonde bisa sms. Tadi su coba ma kek nya sonde terkirim. Ini ada di tampa cari makan, hi hi. Makasi kaka sayang :)

Anonim mengatakan...

met ultah bo ui......Tuhan Yesus memberkati bo ui ma roka kaka deny tenga dan nuku....semoga tambah BALANCE......pu2t.

Anonim mengatakan...

hueh hehehe... dasar bloger adiknya ultah aj dipostingin, sy kemaren juga posting selamat ultah bwat adik bungsu tapi stl sy inget2 keknya ultahnya hari ini deh.

lupa2 inget tg 11 or 12 hihihi.... fuaiaaah.....

~JM

Anonim mengatakan...

Umur panjang di tangan kanannya, di tangan kirinya kekayaan dan kehorhatan, slama-lamanya.

(dinyanyikan menurut ragam lagu Panjang Umurnya).

-Haga Bara-

tuaksatu mengatakan...

yeaaaacccchhhhh......nggak peduli kenal dan engggaknya sama si ully tapi sepajang mentor gw, mr BM hepi, gw juga ngucapin selamat HUT deh buat si ully......heiii...salam dari salatiga

tuaksatu mengatakan...

heiiii MR JIMI, ente maboknya nggak kira-kira. Ampe lupa tanggal?????? dasar mbeling ha ha ha ha ha tapi blog situ emang ciamiiiikkkk....

Anonim mengatakan...

Selamat HUT sobat muda. Tuhan memberkati anda (Syamsudin, blogger tua)

Anonim mengatakan...

Ully Ulang Tahun?? Ah setiap hari dia ulang tahun!!

Dirumah! ada kebiasaan yang berulang tahun boleh merengek ke nyokap sepanjang hari ! nah Ully ini setahu saya setiap hari dia kerjanya merengek ke nyokap! jadi yah setiap dia ulang tahun!!

eniwe!, SElamat tambah umu pak majelis! semoga tambah rajin mandi!

(Budi)

Anonim mengatakan...

woooiiiiii.....selamat berbahagia.....selamat HUT......GBU.....oleeeeee....oleeeee HUT...(Proxy73)

Anonim mengatakan...

Buat Uli, nih saya berikan 8 kado terindah yang bisa diberikan lagi kepada orang2 yang kita sayangi :

Kehadiran. Kehadiran orang yang dikasihi adalah kado yang tak ternilai harganya. Memang kita bisa juga hadir lewat surat , telepon, foto, atau fax. Namun dengan berada di sampingnya, Anda dan dia dapat berbagi perasaan, perhatian, dan kasih sayang secara lebih utuh dan intensif. Jadikan kehadiran Anda sebagai pembawa kebahagiaan.

Mendengar. Sedikit orang yang mampu memberikan kado ini. Sebab, kebanyakan orang lebih suka didengarkan ketimbang mendengarkan. Dengan mencurahkan perhatian pada segala ucapannya, secara tak langsung kita juga telah menumbuhkan kesabaran dan kerendahan hati. Untuk bisa mendengar dengan baik, pastikan Anda dalam keadaan betul-betul relaks dan bisa menangkap utuh apa yang disampaikan. Tatap wajahnya. Tidak perlu menyela, mengkritik, apalagi menghakimi. Biarkan ia menuntaskannya, ini memudahkan Anda memberikan tanggapan yang tepat setelah itu. Tidak harus berupa diskusi atau penilaian. Sekedar ucapan terima kasih pun akan terdengar manis baginya.

Diam. Seperti kata-kata, di dalam diam juga ada kekuatan. Diam bisa dipakai untuk menghukum, mengusir, atau membingungkan orang. Tapi lebih dari segalaya, diam juga bisa menunjukkan kecintaan kita pada seseorang karena memberinya "ruang". Terlebih jika sehari-hari kita sudah terbiasa gemar menasehati, mengatur, mengkritik, bahkan mengomel.

Kebebasan. Mencintai seseorang bukan berarti memberi kita hak penuh untuk memiliki atau mengatur kehidupannya. Bisakah kita mengaku mencintai seseorang jika kita selalu mengekangnya? Memberi kebebasan adalah salah satu perwujudan cinta. Makna kebebasan bukanlah "kamu bebas berbuat semaumu". Lebih dalam dari itu, memberi kebebasan adalah memberinya kepercayaan penuh untuk bertanggung jawab atas segala hal yang ia putuskan atau lakukan.

Keindahan. Siapa yang tak bahagia, jika orang yang disayangi tiba-tiba tampil lebih ganteng atau cantik? Tampil indah dan rupawan juga merupakan sebuah kado yang indah. Selain keindahan penampilan pribadi, Anda pun bisa menghadiahkan keindahan suasana di rumah.

Tanggapan Positif. Tanpa sadar, sering kita memberikan penilaian negatif terhadap pikiran, sikap, atau tindakan orang yang kita sayangi. Seolah-olah tidak ada yang benar dari dirinya dan kebenaran mutlak hanya ada pada kita. Kali ini, coba hadiahkan tanggapan positif. Nyatakan dengan jelas dan tulus. Cobalah ingat, berapa kali dalam seminggu terakhir Anda mengucapkan terima kasih atas segala hal yang dilakukannya demi Anda. Ingat-ingat pula, pernahkah Anda memujinya? Kedua hal itu, ucapan terima kasih dan pujian (dan juga permintaan maaf) adalah kado indah yang sering terlupakan.

Kesediaan Mengalah. Tidak semua masalah layak menjadi bahan pertengkaran. Apalagi sampai menjadi pertengkaran yang hebat. Bila Anda memikirkan hal ini, berarti Anda siap memberikan kado "kesediaan mengalah". Kesediaan untuk mengalah juga dapat melunturkan sakit hati dan mengajak kita menyadari bahwa tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini.

Senyuman. Percaya atau tidak, kekuatan senyuman amat luar biasa. Senyuman, terlebih yang diberikan dengan tulus, bisa menjadi pencair hubungan yang beku, pemberi semangat dalam keputusasaan, pencerah suasana muram, bahkan obat penenang jiwa yang resah. Senyuman juga merupakan isyarat untuk membuka diri dengan dunia sekeliling kita. Kapan terakhir kali Anda menghadiahkan senyuman manis pada orang yang dikasihi.

Selamat Ulang Tahun. Tuhan berkati, itu kado dari saya (YR)

Anonim mengatakan...

salamat ultah bo ui...

(norman)

Bigmike mengatakan...

Hoiiii, thanx yang sudah kasih ucapan selamat HUT buat Ully,

Saya ada membuat sedikit pengeditan terhadap beberapa kesalahan pengetikan dan menambah 1 buah gamra untuk kasi tunjuk beta gantengnya si Ully ha ha ha ha ha.

Selamat siang

Bigmike mengatakan...

Woooiiiii MR JIMI, thanc ya atas kunjungannya. Knapa saya posting HUT si ULLY? Karena dari 1- orang bersaudara hanya kami berdua yng masih mengendap di Kupang. Ke dua Ully di masa kecil sering saya "sepak" (kosi) saking bandelnya. Namanya sering saya plesetkan menjadi Ular licik Yonakal he he he he he. Setelah dewasapun, dalam beberapa kesempatan masih juga saya "kosi" karena ternyata ...masih bandel juga. Tapi kematian ayahanda ternyata merubah dia, dan saya juga. Makanya, dia pantas diganjar hadiah 1 buah posting. Begitu bro.....mudheng ora????? ha ha ha ha ha

@ YR, pak Syam, tuak1, Proxy73 thanx ya. GBU

@ Sodara-sodara, kirim ucapan itu wajar karena Ully is adik kalian tapi Ully minta kado tuh, janagn OMDO = omongan doang ha ha ha ha.....

Anonim mengatakan...

kalau dia minta kado... suru dia datang ama disini, ha ha ha.

-kana-

Bigmike mengatakan...

wah....nanti beta kastau si Ully....dia lagi stress karena harus kerja tugas statitsika. Sabantar kumpul ha ha ha ha ha

Anonim mengatakan...

wyuii... paska "insider trading" baru2 ini yg empunya blok mendadak ganti policy jd turba alias turut balasin komen.... siip laah

takut kesaing kale ye huahahaha...

Salaaam..
~JM

Anonim mengatakan...

dari hati yang terdalam saya mengucapkan banyak terimakasih atas perhatian semuanya..
buat Tuahan Yesus cintaMu selalu menghidupkan ku setiap hari
yang pasti buat semua abang2 saya, saudara dan adik saya trimakasih atas doa dan perhatiannya
buat para pecinta setia blog BM juga saya ucapkan trimakasih
teriring salam dan do tulus
UT OMNES UNUM SINT
DTN

Anonim mengatakan...

waahh ngucapin slamat kok pake ngeledek... ngga tulus tuhhh. tapi hati2 DTN ntar loe bisa kena kadelukk mentah2 ama si BUDI tuh, awas orangnya emosiann tuhh

Bonggo=

Anonim mengatakan...

wah, mas bonggo bangkit lagi. atawa ini arwahnya saja yg gentayangan.

iiiiiiiiiiiiiihh taaaaaaaaaatut

Anonim mengatakan...

@ A'a Ully

Ini adalah anak Papa Robert almarhum yang paling ganteng tapi memanang paling nakal. Selamat HUT A'a tana. Tuhan Yesus memberkati (Savunesse)

Bigmike mengatakan...

@ MR JIMI,

Ada ceritera nih: dahulu kala ketika adik-adik itu masih kecil dan kami bermain kelereng (marble), Saya tidak pernah bisa dikalahkan mereka. Apa karena saya jago? No sir. Kuncinya adalah: ....adik-adik itu saya pelototin.....hi hi hi hi.

Nah, sekarang juga, silakan saja insider trading, nanti juga saya pelototin HA HA HA HA HA HA HA (just kidding).

Enngak seperti itulah, saya sekarang rajin ke kolom komen karena menurut beberapa sahabat, lebih akrab rasanya jika BM menengok dan menyapa. Sekalian mengecek, kalo-kalo ada yang melenceng ya...dihapus ha ha ha ha. That's all my friend. GBU

Anonim mengatakan...

5eL4M@+ Ul4N9 T@hUN 5@UD4r4 kU ! TuH4N Y3sU$ $eL@Lu m3MBERk4Ti.

memang tahun ini tahun pertama untuk merasakan kesedihan karna orang yang selalu menjadi sandaran kita tidak berada bersama kita tapi ini juga merupakan berkat yang harus kita syukuri karna sandaran itu telah merasa bahwa kita telah cukup kuat untuk tidak bersandar.

Percayalah saudaraku dia sekarang sedang bersama Tuhan Yesus melihat dan tersenyum ketika kita juga tersenyum.

Tuhan memberkati kita semua

Lai, Metie & Ama

Bigmike mengatakan...

ah pak Lakers ni kasi ucapan selamat malah bekin beta tunda pi kantor ko ingat SGT....aweeeeee.....

Anonim mengatakan...

@pak lakers n fam
makasih banyak bu atas ucapannya, beta sampe hari ini memang blum bisa melupakan kenangan dgn SGT... wuiihhh susah betulll, kemarin beta pi kubur bapa dan beta menangis sendiri, mengeluh dan curhat dengan beliau, entahlah tapi di sana suatu tempat yang ketong blum tau PASTI baitua ada dengar dan mendoakan ketong..
bapa beta rindu dengan bapa...
DTN++

Anonim mengatakan...

wuiih... jalan orang laen2, mang indah kale yee.. maen kelereng (bahasa magelang: "seten") etc sama2 ad2, secara saia tuh g ngalamin n g inget gimana ade2 doeloe (sampe ultah ad sendiri g inget), soalnya secara saia sejak kecil lebih banyak di jalanan n gedenya ilang ntah kemana.

btw bersyukurlah bagi yg masih mau n bisa dengerin orang laen n so mau n bisa berubah, dr hal kicil2 ginilah, mayan buat latian dengerin n berubah instead of belajar diem. Soalnye saia yaqin manusia spesies ala BM gene rada2 suse belajar diem *haiayah* kok mbalik2 n mbelok2 lagi ya hahaha...

Slamat berakhir pekan n smoga pd ceria2 semuanya yaa....

~JM

Anonim mengatakan...

@ Ully,

Selamat HUT eee. Tuhan Yesus Memberkati (A9ust)