Minggu, 16 Maret 2008

Savana (Pengertian, Ciri dan Tipe Savana)

Kawan-kawan yang terhormat, mari kita melanjutkan perjalanan wisata kita untuk mengenal salah satu anugerah Tuhan yang terindah bagi kita, yaitu savana.

McNaughton dan Wolf (1990) dengan menggunakan pendekatan panen biomassa mengemukakan pendapat bahwa savana adalah komunitas tumbuhan yang bersekala regional dan merupakan suatu komunitas antara. Struktur ekosistemnya tersusun atas pohon-pohon yang menyebar dengan kanopi yang terbuka sehingga memungkinkan rumput untuk tumbuh di lantai komunitas. Jika populasi pohon mendominasi maka savana demikian disebut sebagai hutan savana. Sebaliknya jika kehadiran pohon tidak signifikan maka savana demikian adalah savana padang rumput (treeless savana). Pakar silvikultur, Daniel et al. (1995), mengkategorikan savana sebagai hutan. Penulis ini memberi penjelasan yang sangat komprehensif tentang bentuk dan proses terjadinya savana sebagai berikut. Musim kemarau yang panjang dan kering memberikan pengaruh yang nyata terhadap terbentuknya hutan musim atau hutan monsoon. Ciri hutan ini, antara lain, hampir semua jenis pohon menggugurkan daun pada musim kemarau, pohonnya tidak begitu tinggi dan banyak cahaya yang menembus ke lantai. Bila mana curah hujan benar-benar sangat musiman dengan musim kemarau sangat berangin, dan barangkali faktor-faktor lain juga berpengaruh (masalah yang sangat kontroversial), maka hutan musim akan berkembang menjadi savana karena bertambahnya kekeringan.

Nah, lihatlah sekarang bahwa ternyata savana juga harus dimengerti sebagai salah satu bentuk hutan. Bagaimana bisa? Besok kita lanjutkan. Oh, iya, pada gambar di atas saya mencoba membandingkan "kecantikan" antara savana dengan "isteri saya" yang sedang berjalan melintasi savana Ekateta, Timor Barat (gambar diambil pada tahun 2005).. Entah apa pendapat anda tentang keduanya tetapi menurut saya kedua-duanya sama cantik. OKI, saya mencintai keduanya. Kedua-duanya memberikan ayat-ayat cinta bagi saya. Dari isteri, saya mendapat anak-anak saya. Dari savana, saya mendapatkan gelar dan karir saya. So, Ya savana dan juga Ya Dolly, isteri saya. Ehmmm....(maruuuukkkk...serakkaahhh ....ha ha ha...)

Tidak ada komentar: