Selasa, 18 Maret 2008

Komentar kawan-kawan terhadap bloger (istirahat sejenak dari topik savana)

Berikut saya menampilkan komentar dari beberapa kawan yang dikirim ke alamat e-mail (michaelrk06@yahoo.co.uk), Komentar-komentar ini sudah melewati proses editing.

1. Dari yang sangat saya hormati dan kagumi: DR, Paul B. Naiola sorang peneliti senior di LIPI Biologi, Bogor. Di masa depan, kalau tentang beliau maka kita harus menyebutkannya sebagai DR. Nailoa-Gewang. Sebagai perbandingan, asosiasi orang tentang DR. J. Fox adalah lontar (Fox-lontar). Tentang Timor adalah Ormeling (Ormeling-The Timor Problem). Senang juga mengikuti teladan keilmuan seperti itu.


Halo Big Mike Savana (supaya dibedakan dari big Mike Indo-Idol),

This is an exellent idea!
Selamat, dengan blogger yang sedang dalam perkembangannya. Salut atas inisiatif ini untuk menarik perhatian berbagai pihak terhadap savana flobamora tercinta (yang juga adalah God's treasure on earth). Baik perhatian dari para pejabat, akademisi, peneliti dalam dan luar negeri maupun grassroot people.
Banyak peluang terbuka karena banyak orang mau membantu. Kalau di searching dari internet, mungkin bisa diperluas jaringan blog savana NTT ini, agar lebih banyak pihak dapat mensuplai ide, saran, pandangan dan kalau perlu research funding.
Harus dimulai dari sekarang, dan disarankan untuk mengirim lebih luas lagi ke sejumlah pihak, terutama yang berkaitan dengan persoalan lingkungan hidup. Sekali lagi, salut atas inisiatif ini. Tidak semua orang mau berkorban atau mau berbuat, karena selain perlu ada driving force, keinginan memberi waktu yang sangat berharga itu, dibutuhkan juga kemampuan IT yang handal (dari proses belajar yang tekun).
Masukkan pula aspek-aspek khas NTT seperti cendana, lontar, kesambi, asam dan.....tentu saja si primadona Gewang, he..he..he. Bagaimana interaksi antara manusia savana dan lingkungannya (seperti hasil studi Mike di Usapi).

Nanti saya kirim alamat elektronik dari dari sejumlah teman di LIPI yang juga adalah sahabat-sahabat alam. Agar mereka juga ikut beri perhatian, sesonde-sondenya saran dan dorongan moril.
Sementara bagitu sa ko!

Salam Paskah, Tuhan berkati!
Shalom

Paul

2. dari DR. Christin Wulandari. Dosen Fahutan Unila Lampung. Sekarang bekerja juga sebagai staf di WWF Indonesia di Jakarta. Tahun kemaren, beliau mempekerjakan saya dan beberapa teman dari ForumDAS untuk isu jasa lingkungan di Lahurus-DAS Talau, Belu

congrats pak Mike.... usulan dari saya menyusul ya...

3. Dari Ir. Pascalis Nai. Tokoh LSM yang tangguh dan terkenal di NTT (SDM). Beliau dan beberapa kawan lain bertanggng jawab terhadap keterlibatan saya dalam Forum DAS NTT sejak tahun 2005 dan juga di Samanta.

Pak Mike,

Senang sekali dengan inisiatif yang sangat cemerlang ini.

Saya belum mempunyai pengalaman tentang hal ini sehingga saya mau mendaftar untuk belajar dari Bapak suatu sat nanti.

Input akan saya beri setelah berhasil mengaksesnya.

Salam,

Paskalis


4. dari Bayu Adrian Victorino, S.Hut. Kawan yang ini adalah staf fungsional pada BPDAS Benenain-Nolemina, Kupang. Bayu merupakan kawan di Forum DAS NTT (bendahara) dan saya pikir merupakan salah satu yang terbaik dalam hal mengutak-utik/digitasi peta/GIS dan sejenisnya. Dia juga adalah mahasiswa S2 saya di MPSAL Undana yang akan melakukan penelitian akhir untuk Tesis. Tidak heran jika dalam komentarnya ada disebut-sebut tentang proposal (dasar mahasiswa).

saya belum tau sejauh mana kemampuan blog admin untuk melakukan/memberikan tampilan-tampilan. saya juga baru ngikutin...

tapi saran saya c, diperbanyak gambar/tampilan yang menarik seperti gambar2 savana, kondisi lahan, sosek de el el..khas ntt

ntt termasuk cantik kok untuk dipublikasikan...

geto dolo boss...

proposal masih "diusahakan"..he he heeee....

Ada beberapa tanggapan lain tetapi masuk ke HP. Tampilan komentar ini memang terkesan narsis tetapi bukan itu tujuannya. Intinya, mengingatkan penulis bahwa banyak agenda yang harus dikerjakan jikalau bolger ini dimaksudkan untuk kebaikan banyak orang.

Sekian dan Salam Hangat
BigMike

Tidak ada komentar: