Jumat, 01 Agustus 2008

Morning has Broken. Jordan aNd Norman will fly high away through days

Sahabat blogger terkasih,

Saat mengetik artikel pada posting ini adalah pukul 00.48 menit waktu Kupang atau Waktu Indonesia Bagian Tengah. Larut. Sudah larut. Mengapa selarut ini? Ada satu perkara, yaitu saya dipaksa oleh Jordan, salah satu penerus DNA saya, untuk membuka situs http://www.snmptn.ac.id/. Situs apa ini? Oh, anda benar. Inilah situs tentang Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri. Dan, anda kembali benar. Jordan memaksa saya untuk bisa melihat apakah dia diterima berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri.

Untuk memenuhi permintaan Jordan maka saya mulai dengan membuka situsnya. Lalu, saya memasukkan nomor tanda peserta SNMPTN si Jordan, yaitu 3087900610. Setelah itu saya memasukkan juga nomer kode rahasia pembuka page pengumuman, yaitu 4JVL dan......yyyyuuuuuppppssssssss........munculah kata-kata berikut ini:

Nama Anda : JORDAN LPN RI U KAHO
Nomor Peserta: 3087900610

Selamat Anda diterima di:

Nutrisi dan Makanan Ternak Univ. Nusa Cendana

Saya segera bangkit dari duduk dan memeluk Jordan sambil berkata: Selamat Menjadi Mahasiswa. Jordan tertawa riang. Jelas terlihat kelegaan yang luar biasa terpancar dari dua buah matanya yang bening. Dua buah mata yang mengingatkan saya akan......diri saya sendiri tepat 27 tahun yang lalu. Ketika itu, tahun 1981, saya memasuki dunia baru. Dunia Pendidikan Tinggi. Di Perguruan Tinggi yang sama dengan Jordan. Di Fakultas yang sama. Dan di Jurusan yang sama. Ahhhh....Tuhanku...adakah ini suatu kebetulan? tidak juga. Apakah ini suatu yang sudah direncanakan jauh hari sebelumnya. Tidak juga karena Jordan mulanya tidak berpikir untuk mengikuti perkuliahan di Fakultas Peternakan. Sangat tidak ingin. Nah, lalu????? Mungkin inilah salah satu bukti bahwa, JIKA BAPA SUDAH BERKEHENDAK maka.....apa daya kita? Paling cuma bisa berbisik lirih: CARPE DIEM. Terimalah. Terimalah apa yang diberikan-NYA pada hari ini. Maka, saya dan Jordan menerima fakta ini. Jordan bukan saja memiripi saya secara fisik tetapi juga mengikuti langkah saya, bahkan tepat di belakang saya, dalam memasuki gerbang Pendidikan Tinggi. Dan apakah ini berarti Jordan akan......?????? aaacccchhhh.......saya, dan Jordan, punya rencana tetapi biarkan TUHAN yang menetapkan.

Lalu, teringatlah saya akan sebuah lagu hymne Gereja Inggris yang ditulis oleh Eleanor Farjeon pada tahun 1922. Lagu ini kemudian dibikin dalam vesi populer pada tahun 1972 oleh suatu tim kerja kolaborasi yang terdiri atas Rick Wakeman, keyboardist dari Super Group Art Rock YES dan Cat Steven. Lagu ini, yang semula dinyanyikan dalam pola Bunessan, yaitu melodi tradisional Scottlndia (Scottish Gaelic traditional melody) berubah menjadi paduan struktur melodi yang sangat indah dan legendaris antara denting piano Wakeman dan suara folk liris Cat Steven. Maka meledaklah lagu ini mencapai tangga ke #6 US Pop Chart dan #1 pada Adult Contemporary Chart US. Popularitas lagu ini jauh melebihi apa yang pernah dikerjakan oleh Group Floyd Crammer's pada tahun 1961 pada lagu yang sama dalam album Last Date. Lalu, bermacam-macam artis merekam lagu ini. Lagi. Dan lagi. Tercatat, antara lain, Judy Collins, Neil Diamond, Art Garfunkel, Kenny Rogers, Nana Muskouri, Aaron Neville, Ronan Keating dan lain-lainnya. Di Gereja-Gereja Protestan yang menggunakan kitab Nyanyian Kidung Baru, lagu ini masih terus dinyanyikan. Terus dan terus. Apa yang menarik? Apa kaitannya dengan Si Jordan? Apa kaitannya dengan Saya? Tetapi sebelum saya menjelaskannya, ijinkanlah saya menyebutkan judul lagu ini: MORNING HAS BROKEN.

Setiap hari Tuhan berkenan memberikan kepada kita berbagai karunia. Setiap hari. Dalam lagu Morning has Broken terdapat lirik yang berbunyi begini: morning has broken....praise with elation...praise every morning......God's recreation of the new day. Ya, setelah selesai satu hari maka TUHAN akan menciptakan satu hari baru bagi kita. Maka, hari baru telah tiba bagi Jordan. Dia akan segera menapaki jejak yang pernah saya torehkan. Dalam beberapa hari ke depan Norman, kakak si Jordan, juga akan menapaki salah satu torehan langkah yang pernah saya tempuh pada tingkat pendidikan strata 2. Norman akan segera terbang tinggi menuju cakrawala. Cakrawala ilmu pengetahuan. Mereka berdua akan memasuki hari baru bagi mereka. Sayapun akan memasuki 1 hari baru. Ada pengalaman baru, yaitu menjadi ayah dari semua anak yang sudah mengenyam pendidikan tinggi.

Setiap hari baru, sudah barang tentu, selalu memberikan tantangan baru. Selalu ada kerja keras yang baru. Selalu ada ketidakpastian yang baru. Mau jadi apa saya, Jordan dan Norman di hari yang baru ini. Ada banyak angin di cakrawala itu yang kadang-kadang bisa menghempaskan cita-cita ke titik nadir. Menghadapi ketidakpastian ini, secara manusiawi, saya cemas. Saya takut. Saya gentar. Tetapi beruntunglah, saya diingatkan bahwa meski ada banyak tantangan dan ketidakpastian tetapi bukankah setiap hari baru itu adalah pemberian TUHAN?. Kalau demikian, apakah saya harus terus takut. Harus selalu cemas. Saya harus senantiasa takut? Tampaknya TIDAK. Yang harus saya, Jordan dan Norman lakukan adalah bekerja. Ya, bekerja sebagai bentuk syukur dan pujian kepada Tuhan yang telah memberikan hari baru. Peluang baru. Berkat yang baru. God Recreation of the new day. Amin

Morning Has Broken
Lyrics by Eleanor Farjeon

Morning has broken, like the first morning
Blackbird has spoken, like the first bird
Praise for the singing, praise for the morning
Praise for the springing fresh from the word
 Sweet the rain's new fall, sunlit from heaven
Like the first dewfall, on the first grass
Praise for the sweetness of the wet garden
Sprung in completeness where his feet pass
 Mine is the sunlight, mine is the morning
Born of the one light, Eden saw play
Praise with elation, praise every morning
God's recreation of the new day

35 komentar:

Anonim mengatakan...

Woooi Otang, be kanal sang lu. Lu yang pipi KABOAK BESAR tu to yang suka makan FOL kas abis lauk deng nasi, ha ha.

SALAMAT EE KAWAN. SEMOGA LU JADI MANUSIA SUKSES, YG DENGAR-DENGARAN ORG TUA, KHUSUSNYA @BM YG 'SAKIT-SAKITAN.' JANG BEKING MALU NAMA RIWU KAHO EE, TE BE DENGAR RIWU KAHO DONG BAE-BAE SAMUA (kecuali yg badan kurus tuh tp mata manyala. Sapa le? Dia otak rote karas)

PROFICIAT BRO!!!

-KD Look-

Anonim mengatakan...

Wowww, morning has broken is meaning of a new blessing. A new chalange. Posting yang ringna, personal tetapi memaku kita (Nana)

Anonim mengatakan...

God Recreation of the new day. Amin Pak Mike. Selamat datang di FAPET adik Jordan (Sony)

Anonim mengatakan...

Hmmmmmhhh...bukan my bigmike namanya jika tidak memukau ketika posting.

Mine is the sunlight, mine is the morning Born of the one light, Eden saw play Praise with elation, praise every morning....

God's recreation of the new day

Puiiittttiisssss buuaaanggeetssss //Pritha//

Anonim mengatakan...

Bung Mike, selamat ya atas keberhasilan anak2. Khusus buat Norman dan Jordan, jangan mau kalah sama @BM. Dalam kondisi yang sakit2an BM masih terus berjuang bagi keluarga. Sebagai anak jangan pernah sia2kan usaha dan perjuangan dari orang tua.Tunjukan bakti kalian buat papa dan mama, buat mereka bangga. Sekali lagi selamat ya. Tuhan berkati. (Adek)

Anonim mengatakan...

Sebenarnya, posting ini masih satu helaan nafas dengan carpe diem, kedaulatan Tuhan dan sekarang morning has broken. Semua ini tidak personal BM tetapi kita semua. Thanx BM. (Syamsudin)

Anonim mengatakan...

Apa ia lagu MHB adalah lagu Gereja? kalau nggak salah lagu ini kan dinyanyikan Yusuf Islam? Ya tapi terlepas dari kontroversi ini, selamat berbahagia untuk bigmike karena anak-anaknya pada kepengen sekolah

Anonim mengatakan...

eh sorri, komentar itu dari saya (Fajroel).

tambahan: mengapa harsu cemas memasuki hari yang baru jika anda sudah punya perencanaan. Ingat posting tentang VISI dan MISI

Anonim mengatakan...

@ Fajroel

Ente ngawuran (Eman, Oebufu)

Anonim mengatakan...

Kasih Tuhan itu memang datang setiap hari dan oleh karena itu jangan kita kuatir. Selesai hari ini besok akan datang hari baru. Hari yang indah. Pak Mike selalu bisa memainkan perasaan pembacanya. Saya bepergian beberapa hari dan selalu kangenn untuk membaca blog ini (Sherly, CN, Oebufu)

Anonim mengatakan...

Point terbaik dalam posting ini ada pada bagian ini: ........ adakah ini suatu kebetulan? tidak juga. Apakah ini suatu yang sudah direncanakan jauh hari sebelumnya. Tidak juga. ....Mungkin inilah salah satu bukti bahwa, JIKA BAPA SUDAH BERKEHENDAK maka.....apa daya kita? Paling cuma bisa berbisik lirih: CARPE DIEM....(Sherly, CN, Oebufu)

Anonim mengatakan...

apakah kita bener-bener mengasihi Tuhan? Istilah Jesus Loves You, We Love You Lord, atau Tuhan mengasihimu, aku mengasihiMu Tuhan, udah terlalu overused alias terlalu sering dipake. Nah, di posting ini gw menemukan pengakuan jujur dari penulisnya: "saya takut dan gentar dalam memasuki hari baru". Kejujuran yang bagi saya sudah mulai langka. Bandingin dengan komen si Fajroel yang yakin betul asal memiliki perencanaan.

Kejujuran seperti ini akan menhasilkan sikap bergantung kepada Tuhan dan mungkin inllah salah satu cara terbaik menghasihi Tuhan. Sikap yang baik. Posting yang cemerlang. I'm very like it (Binxars)

Anonim mengatakan...

Wah, si Jordan ma Norman bruntung buanggetsss punya ortu sebaik BM. Yooiillaahhh, selamat kuliah dan tirulah bkapmu yang baik hati ini. Posting yang mengharukan (Ryan, not butcher van njombang)

Anonim mengatakan...

@ MR JIMI kalo kesini,

posting lagu morning has broken dunk!!!!! ngomong-ngmong BM ini penggila musik juga ya????? (Ryan)

Anonim mengatakan...

Give us this day our daily bread. Itulah doa setiap kita ketika memulai hari. Itulah kebutuhan kita setiap memulai hari. Dan itulah sumber ketakutan kita dalam memasuki hari baru. Tetapi ingtalah jebakannya, yaitu Makan apa? Makan di mana? Makan siapa?

So, bagimana seharusnya? Ya seperti doa BM itulah, kita bekerja dan biarlah Bapa menentukan. Carpe Diem. Eh. lagi-lagi BM benar (Patrice)

Anonim mengatakan...

Sama-sama lagu religius dan sama-sama indah didengar. Tetapi mari kita coba bandingkan lagu TUHAN karya Bimbo dan MHB karya Eleanora Farjeon.

Tuhan di dalam lagu Tuhan nya Bimbo adalah Tuhan yang "berdagang: dengan manusia. ...aku jauh Engkau jauh, aku dekat Engkau dekat....

Tuha dalam MHB adalah Tuhan yang maha baik. Apapun kita, DIA selalu memberi sesuatu yang baru setiap hari....

Saya tidak bermaksud mengajak kita memilih Tuhan yang mana yang lebih baik tetapi yang saya ajak adalah imaji tentang Tuhan yang mana yang paling dekat dengan kita setiap hari?

(Esther)

Anonim mengatakan...

wah... jangankan ayah saya, BM, beta sendiri ju sebenarnya agak takut2 apa yang akan terjadi nanti.. tapi bagi beta yang penting berdoa, berusaha pasti Tuhan tolong. apalagi ada "cerita sedih" dibalik beta mau pi sekolah lai. biarpun opa tercinta "su ingkar janji" tapi beta akan buktikan beta akan sekolah bae2.. soalnya opa su pernah janji mau liat beta pake toga S2 & beta jadi guru, Tapi Tuhan su ator laen, Tuhan su panggel pulang opa almarhum pi Dia pung samping. Yah.... Carpe Diem. ah.... beta jadi menangis tulis komentar ni..

(norman)

Anonim mengatakan...

Hmmmm...like father like son (John, Oemasi)

Anonim mengatakan...

Bung Mike,

Bung sudah membuka hari dengan Morning has Broken. Janganl upa menutup hari dengan, Tinggal Sertaku KAWANku Kudus...Maha Penolong Tinggal Sertaku (A9ust)

Anonim mengatakan...

Pak Mike,

Saya terharu membaca posting ini. Kita sebagai orang tua kadang-kdang memaksakan kemauan kita kepada anak-anak kita. Padahal sebenarnya Tuhanlah yang akan menuntun mereka karena kita dan mereka sama-sama ada dalam tuntunan Tuhan.

Saya hadiahkan pembacaan Alkitab untuk kebahagiaan Pak Mike, Norman dan Jordan hari ini:

"Aku tidak berbuat apa-apa dari diriku sendiri, tetapi Aku berbicara tentang hal-hal, sebagaimana diajarkan Bapa kepadaKu. sebab Aku
senantiasa berbuat apa yang berkenan kepadaNya." - Yohanes 8:28, 29.

Tuhan Yesus sendiri membiarkan diri-NYA dituntun oleh BAPA-NYA. Apalagi kita.

(Yes, BTN)

jiwamusik mengatakan...

@BM & kel
selamat n sukses slalu ya

@Ryan, not butcher van njombang
tx atas usulnya but sori soalnya sy belon nyampe taraf rikues2 gitu, paling banter sebatas SNMPTN - SeNang MemPosting Tanpa Nalar - hiii... hi hi hi hi... (nenek lampir mode: on)

ugh.. uh.. kok tiba2 terasa panas disini. Apa lagi ada malaikat yg singgah atokah sekedar numpang lewat disini ya?? wadoow..

ps: duh maaf ya... mungkin agak ngaco nih komen, soalnya ngetiknya sambil dengerin musik sih
Aku nggak butuh uangmu
Aku nggak butuh hartamu
Jangan lupa’ mengunci pintu
nanti ada orang yang tau

lhoh????
~JM~

Anonim mengatakan...

@ Bigmike, selamat atas tantangan baru yeeeee....tapi dilihat dari catatan profilm BM nggak tuwir-tuwir tapi anak ude mau S2?????? ah, rada kagak percaya..

Ya udah, Jordan dan Norman jangan niru GW, kuliah nggak tamat-tamat ...wakakakakak....(Proxy73)

Anonim mengatakan...

@ Tuan JIMI,

Koment yulie bikin gw puyeng. Mbacanya 4 kali maaaannnn. Tapi cobalah answer itu rikues-rikues sapa tahu blog yulie yang ciamik itu makin ngetop. Kemarin lusa masuk top 5 di WP kan? Congrats deh broer...(Proxy73)

jiwamusik mengatakan...

@Proxy73,
udah sy bilang berkali2 di komen sini kalo sy malah khawatir terlalu ngetop, gimana coba kalo ntar2 Jordan dan Norman jadi Narkoba (narik kolor babenya) minta beliin broadband gara2 kesengsem ama blog sy, wah...... bisa2 berabe tuh, sy pula yg kena damprat babenya, khan? Yeah... you know lah, blog sy khan BBM alias Boros Bandwidth Maaaannnn.

~JM~

Anonim mengatakan...

Bigmike, gw sejak siang penasaran pengen baca blog BM tapi nggak kesampaian karena sibuk. Maklum Jumat. Malam ini, sebelum tidur gw paksain bukain blog. Yaaahhh gw terharu membaca posting mu, sahabatku.

Pasti BM pernah membaca tentang Khalil Gibran dan puisinya tentang anak. Nah, gw kirim buat BM (Ah, penasarannya gw belum liat blog udah kesampaian. Skarang gw tidur)

ANAKMU bukan anakmu !

“Anak adalah kehidupan, mereka sekedar lahir melaluimu tetapi bukan berasal darimu.
Walaupun bersamamu tetapi bukan milikmu,

curahkan kasih sayang tetapi bukan memaksakan pikiranmu karena mereka dikaruniai pikirannya sendiri.

Berikan rumah untuk raganya, tetapi tidak jiwanya, karena jiwanya milik masa mendatang, yang tak bisa kau datangi bahkan dalam mimpi sekalipun.

Bisa saja mereka mirip dirimu, tetapi jangan pernah menuntut mereka jadi seperti sepertimu.
Sebab kehidupan itu menuju ke depan, dan tidak tenggelam di masa lampau.

Kaulah busur, dan anak-anakmulah anak panah yang melucur.
Sang Pemanah mahatahu sasaran bidikan keabadian.
Dia menentangmu dengan kekuasaanNya,
Hingga anak panah itu melesat, jauh serta cepat.

Meliuklah dengan suka cita dalam rentangan tangan Sang Pemanah,
Sebab Dia mengasihi anak-anak panah yang melesat laksana kilat
Sebagaimana pula dikasihi-Nya busur yang mantap”.

(Prettymelia)

Anonim mengatakan...

ha ha ha, sempet baca komentar Tuan JIMI....lucuuuuuu....ah gw tidur sambil senyum gara-gara JIMI...(Prettymelia)

Anonim mengatakan...

Howdy BM,

Gw udah morning has broken. Ngopy dikit. Ngerox dikit (bukan kerokan boss). ....tidur lagi....wakakakak...oleeee....oleee...tidur...Norman dan Jordan jangan niru gw yaaaacccc....kuliah nggak kelar. Nyak babe nyurh kawin...emang enaaaaakkkk????? (Proxy73)

Anonim mengatakan...

Yah, prettymelia sudah memberikan puisi yang betul. Anak-anak KITA bukanlah milik kita. Mereka adalah milik PENCIPTA Mereka yaitu TUHAN yang selalu recreation a new day for all of us. Good commnent (Sulis)

Anonim mengatakan...

Good comment maksud ke inyong. Aha, BM mau ke jogja? Tanggal brapa? Kalo sempet mainlah ke angkringan selokan mataram. Kkomunitas blogger sak hohah disitu. Kita bisa kenalan. Sapa tau bisa jadi member (tuh presidennya si jelek Ghentenx)

Anonim mengatakan...

Pak mike, ada ayat yang bisa dipakai untuk referensi topik inikah? Oh, iya, saya tunggu kedatangan pak Mike dan Norman ke Jogja(Peter)

Anonim mengatakan...

Blog yang bagus. Posting yang bagus. Nanti gw balik (Yudhi)

Anonim mengatakan...

Bung peter,

Ini versi lagu Morning has broken dalam versi Indoensia sesui kitab kidung NKB.

Fajar Menyingsing
(Nyanyikanlah Kidung Baru 42)

Fajar menyingsing indah bagaikan
t'rang yang mengiring sabda Tuhan.
Puji Khalikmu atas ciptaan;
tiap pagi baru kurnia Tuhan!

Indahnya hujan dan matahari;
ciptaan Tuhan s'lalu segar.
Puji Khalikmu kar'na di bumi
pohon bertumbuh, bunga mekar!

Siang dan malam, t'rang serta hujan,
indahnya alam karya Tuhan.
Puji Khalikmu yang menciptakan
hari yang lalu, hari depan!

Lalu ini petikan ayat yang bisa menjadi pengantar bagi memahami maksud lagu ini.

"Bangunlah, hai jiwaku, bangunlah, hai gambus dan kecapi, aku mau membangunkan fajar!" (Mazmur 57:9)

Semoga mendapat berkat dan sebagai bekal besok ke Gereja. (Widyanto, Jogja)

Anonim mengatakan...

Wuihhh, tiba kembalai ke Jarkarta + macet-nya. Haaaaaahhhhhhh....capek dehhhh. Mas Wid bener banget. Posting ini bisa menjadi bekal ysng membawa berkat ke gereja besok. Gw seneng banget ma kutipan ayat Alkitabnya. Bangunlah Jiwa ku karena aku akan mebangun Fajar. Bagi gw ini artinya, kualitas hari ditentukan hari sangat ditentukan oleh apa yang kita buat. Tuhan menyediakan hari lalu tugas kita untuk mengisinya.

Bigmike, thanx postingnya. Selamat berbahagia memasuki tantang baru. Jangan kuatir dan gentar karena Tuhan bersamamu (Erick)

Anonim mengatakan...

eh BM, gw terinspirasi banget sama morning has broken lho.....ada yang mengganjal bagi saya karena .....ah ada yg terus memburu pikiran gw...entahlah....(Proxy73)

Anonim mengatakan...

This song to me PROVES that Rick Wakeman cannot play simple, expressive keyboards. All the song really needed was simple piano style, like Paul McCartney, Elton John, Roger Hodgson, Billy Joel, etc. Instead, the piano is played very stiffly and baroquely, with trills and 32nd notes and the whole 9 yards. Rick Wakeman is a very competent player, but oddly enough he can't play simple ballads or rock and roll. Listen to "Release, Release" off the Tormato (Yes) album. It's just a 3-chord bar tune, and he still is playing his arpeggios and trills.

Thanx bigmike to your kindly posting (pianoman)