Senin, 18 Agustus 2008

saya, AyahaNDA & INDONESIA

Dear sahabat blogger,

Hari ini, satu hari pasca kemeriahan memperingati HUT Proklamasi Bangsa Indonesia. Secara sengaja, saya menahan diri 1 hari sebelum memposting artikel untuk memperingati Hari Kemerdekaan ini. Untuk apa? Tidak untuk apa, sebenarnya. Hanya sekedar merenung bahwa apa pantas saya memberi ucapan selamat kepada negara saya setelah apa yang saya lakukan selama ini. Di blog ini, berkali-kali saya mengecam Indonesia sebagai INDONESIA. Indonesia adalah negara gagal. Saya sudah menulis bangsa kuli dan lain sebagainya. Dan lain sebagainya. Ya, setelah beribu umpatan seperti itu, saya membatin: apa masih pantas saya mengucapkan selamat HUT? Dalam kegamangan mengambil sikap, saya teringat ayahanda saya almarhum.

Ayahanda saya. Manusia seperti apa dia? Anda yang mengikuti serangkain elegi saya tentang "kepergiannya" di blog ini pasti punya kesan yang teramat kuat bahwa dia adalah manusia istimewa yang sangat saya cintai. Manusia nyaris sempurna yang kepergiannya meninggalkan luka hati yang mendalam. Jika itu yang anda pikir maka saya harus mengatakan bahwa: anda benar. Anda tidak keliru. Betapa tidak. Dialah yang mengukir hidup saya. Ketika saya masih kecil, lemah dan tak berdaya, dialah yang memberi saya makan dan minum. Semua kebutuhan saya untuk bertumbuh dan berkembang sebagaimana layaknya manusia yang baik, disediakannya. Tidak kurang. Tuntas. Tanpa hutang. Guratan jejak kariernya yang dibangunnya bertahun-tahun, sebagain sudah diwariskannya kepada saya. Ya, anda kembali betul: ayahandalah peletak dasar pola-pola berpikir dan bertindak saya sekarang ini.

Lalu, itukah beliau seluruhnya bagi saya? Maaf, kali ini anda keliru. Ada 4 peristiwa, yang mungkin baru pertama kali saya ceriterakannya kepada orang lain. Sebelum ini, semua saya simpan sendiri. Tidak kepada ibunda. Tidak juga kepada saudara-saudara saya. Apatah lagi orang kepada "orang asing" seperti anda semua, sahabat blogger terkasih. Ada 4 peristiwa yang amat membekas dan harus saya ungkapkan untuk memberi tahu bahwa, ayahanda saya sesungguhnya tidak selamanya memberikan gambar positif bagi saya. Beliau memiliki banyak sisi positif yang menghidupkan dan mewarnai hidup saya. Itu pasti. Akan tetapi sama pastinya dengan itu, adalah adanya sisi negatif dari beliau. Sisi negatif ini, di masanya, begitu menyakitkan dan diam-diam membuat saya menimbun marah kepadanya. Anda tidak percaya? Saya harus membuat penegasan bahwa di suatu masa dan di suatu waktu, saya pernah begitu tersinggung, marah, dan diam-diam, (ampunkan saya TUHANKU), ada dendam yang tertimbun kepada ayahanda.

Pertama, itu terjadi di tahun 1981. Setamatnya saya dari bangku pendidikan SMA, saya dikirim oleh ayahanda ke Jogjakarta untuk mencoba mengikuti testing masuk di Universitas Gadjah Mada. Dasar bodoh: saya gagal. Beliau bisa menerima kegagalan saya itu meskipun saya tahu, beliau kecewa. Ayahanda lalu memerintahkan saya untuk segera mendaftar ke bimbingan-bimbingan testing yang menjamur ketika itu untuk belajar lagi setahun dan mencoba mengikuti testing di UGM lagi pada tahun berikutnya. Saya tidak mau karena enggan "menganggur" setahun lamanya. Diam-diam, tanpa dikonsultasikan kepada beliau, saya pulang balik ke Kupang. Beliau marah. Amat marah. Memang beliau tetap memfasilitasi saya untuk mengikuti perkuliahan di Fakultas Peternakan di Undana Kupang, tetapi saya nyaris tidak ditegur hampir 3 bulan lamanya. Beliau berusaha menghindari mengobrol apapun dengan saya. Hanya bertegur sapa jika perlu. Sisanya, saya dicuekin. Dan puncaknya adalah, beliau memutuskan untuk mengirimkan salah seorang adik saya yang baru menamatkan pendidikan di bangku SMP untuk segera bersekolah ke Jakarta. Dan alasannya itu lhooo...yang membuat saya sakit hati berkepanjangan;......Kata beliau kepada adik saya.....heeeiiii pergilah kau bersekolah di Jakarta supaya jangan meniru kakakmu yang penakut, pecundang, tidak tahan menderita, tidak tahan lapar dan hanya bisa hidup di bawah himpitan ketiak orang tua....bllllllaaaaammm....ssssrrrrr.....saya malu dan marah terhadap stigma yang diberikan beliau itu.

Kedua, terjadi di tahun 1985. Ketika itu saya sudah menamatkan pendidikan sarjana. Saya sudah bergelar tukang Insinyur tetapi belum bekerja. Bukan karena tidak mau bekerja melainkan, ketika itu, saya adalah sorang penerima beasiswa TID (tunjangan ikatan dinas), yaitu beasiswa Republik Indonesia yang diberikan kepada mahasiswa yang dipersiapkan sebagai tenaga pengajar (dosen) perguruan tinggi pemerintah. Nah, setelah lulus sarjana, kami harus meninggu SK pengangkatan dan penempatan kami di mana saja sesuai kebutuhan pemerintah. Dalam masa 1 tahun menunggu, saya tampak seperti manusia jobless. Sementara, saya sudah memiliki tanggungan lain, yaitu seorang isteri dan 2 orang anak yang ada gara-gara "kelakuan "saya sendiri yang sudah menikah ketika berusia masih sangat muda. Mungkin didorong oleh "kedongkolan" terhadap kelakuan saya dan melihat saya setiap hari hanya bekerja di PT PAL, yaitu PT Pal pi Pal datang ( he he he ...saya harus menerangkan bahwa PT ini sangat terkenal dikalangan pengangguran di Kupang, yang maksudnya adalah orang-orang yang pekerjaannya hanya luntang lantung tak karuan - pal pi pal datang - tanpa pekerjaan yang jelas), sekali waktu marahlah beliau (oh, ya ayahanda saya tergolong orang yang mudah marah dan naik pitam - lebih celaka lagi mudah pula "naik tangan" memberikan sejurus dua jurus kung fu panda). Tanpa hujan tiada angin beliau menghardik saya dengan sangat keras. Katanya: .....heeeiiii.....kamu sadar atau tidak? Kamu adalah orang yang tidak punya pekerjaan di rumah ini. Kerja mu hanya luntang lantung menjadi parasit bagi orang tua dan saudara-saudaramu......blllaaammm.....sssrrrrrr.... Saya malu. Saya marah. Saya dendam terhadap stigma yang dikenakan ayahanda kepada saya.

Ketiga, di tahun 2002. Ayahanda sangat berharap, dan terutama karena saya sendiri yang berjanji, agar saya segera mengikuti pendidikan pada tingkat Doktoral. Sesuatu yang sudah saya tunda-tunda sejak tahun 1996 ketika kesempatan pertama itu datang. Karena perkembangan kesehatan saya yang sempat amat buruk di tahun 2000, saya berketetapan hati untuk tidak mau lagi mengikuti pendidikan doktoral. Magister cukuplah sudah. Akan tetapi, karena enggan berterus terang kepada ayahanda, maka jika setiap kali saya ditanya oleh beliau: kapan S3? jawab saya: nanti semester depan. Rupa-rupanya kesal mendengar "janji-janji kosong" saya maka di suatu pagi hari ketika saya mengunjunginya di rumahnya, saya dihardik dan diusir keluar dari rumahnya. ........Pergi kamu dari rumah saya dan jangan lagi menginjakan kakimu di rumah saya. Kamu adalah penipu besar dan tidak punya harga diri. Kamu penakut. Kamu hanya boleh kembali kerumah saya jika sudah menunjukkan tiket keberangkatan kamu bersekolah........... Dan....pintu itu.......pintu kamarnya tidurnya dibanting keras sekali. Amat keras ....brrrraaaakkkggghh..... persis di depan hidung saya......Betapa kalang kabutnya saya ketika itu. Dan betapa terhinanya saya ketika itu. Sakitnya saya tidak lagi diperdulikannya (hal yang belakangan diakuinya ketika saya sudah menyelesaikan sekolah). Sepertinya beliau tidak bisa lagi memahami bahwa untuk bersekolah ada banyak persyaratan yang harus diurus. Namun, hanya agar supaya kemarahan ayahanda dapat diredam maka berangkatlah saya dan lalu, sengsara di Negeri orang.

Keempat, di tahun 2008. Kesehatan ayahanda sudah tidak lagi prima. Saya meminta beliau untuk memeriksa kesehatannya ke dokter. Beliau tidak mau. Sayapun tidak memaksanya. Dan, hari itu, saya harus menerima fakta....ayahanda "pergi" tanpa sempat berpesan apa-apa. Saya marah. AMAT MARAH, Lalu, kesedihan yang bercampur dengan kemarahan karena ditinggal pergi begitu saja inilah yang menjebak saya dalam kesedihan berkepanjangan seperti saat ini. Sampai hari ini. Bahkan ketika mengetik artikel ini. Ya, saya mengganggap bahwa ketika hampir semua keinginannya sudah saya penuhi...ehhhh.....malah begitu saja saya ditinggalkannya pergi. Jauh. Amat jauh. Saya sakit hati.

Lalu, kembali ke pertanyaan awal. Manusia macam apa ayah saya itu? Dia baik. Itu benar belaka. Dia mengagumkan. Itupun benar belaka, Tetapi, sekiranya ayahanda berada di suatu spektrum gelombang energi tertentu di universe ini dan bisa membaca tulisan ini, saya harus juga mengatakan, dan meminta beliau untuk mengakuinya juga, bahwa menurut indikator sebuah Kitab Tua (yang meminta agar semua Ayah jangan pernah membuat tawar hati anak-anak mereka) maka beliau bukan sosok yang amat ideal. Ayahanda orang baik tetapi ayahanda juga pernah menyakiti hati saya. Seperti saya juga, seringkali menyakiti hatinya. Jadi, bagaimana persisnya sikap saya terhadap ayahanda? Ya, dengan segala kelebihan dan kekurangan yang ada padanya, saya harus mengatakan bahwa dia memang eksklusif bagi saya. Ayahanda saya ya cuma satu itu. Dia dan memang hanya dia. Tidak yang lain. Dengan begitu maka jika rumus dalam sebuah Kitab Tua harus menjadi pedoman: .....hormatilah ayahmu dan ibumu agar panjang usiamu di negeri yang dijanjikan......Maka, pilihan saya menjadi hanya 1, saya harus mencintainya. Tanpa menghitung plusnya. Tanpa menghitung minusnya. Apa adanya.

Bagaimana meletakkan ini semua dalam perspektif ke Indonesiaan?. Ya, Indonesia bukan negara dan bangsa yang Ideal. Dalam banyak hal, Indonesia telah menyakiti hati warga bangsanya sendiri. Sepertihalnya juga warga bangsa ini yang tidak jarang menancapkan pisau ke jantung Indonesia. Dan melukainya. Tetapi, di dunia yang fana ini: apakah ada yang ideal? Siapakah yang sempurna? Jika ketidak sempurnaan itu adalah niscaya maka memang hanya ada 1 pilihan kita, yaitu cintailah Indonesia. Tanpa menghitung plusnya. Tidak pula minusnya. Apa adanya. Jika ini sudah benar maka pilihan saya di hari perayaan hari merdeka ini ya cuma 1, yaitu saya ingin berbisik ...Merdekalah Indonesiaku. Berbisik? Mungkin itu yang terbaik yang dapat saya lakukan sekarang.

Akan tetapi ijinkanlah saya mengambil sikap lebih optimis. Di sini saya lahir. Di sini pula pada akhirnya saya akan menutup mata. Dum Spiro, Spero. Selama saya masih bernapas, saya tetap berharap. Lalu, berbekal keyakinan bahwa dengan kebaikan, persahabatan dan kasih sayang: saya, anda dan kita semua bisa mengusahakan Indonesia yang lebih baik, maka saya juga ingin memekik: MERDEKA bung. MERDEKA sus. MERDEKA INDONESIA.

146 komentar:

Anonim mengatakan...

saya setuju dengan apa yang dikatakan BM. saya salut dengan ayah (almarhum) anda. saya yakin ia seorang yang baik buktinya anda sampai sekarang terus mengingat perbuatan-perbuatan baiknya. tapi saya kurang setuju dengan kata merdeka.. bagi saya indonesia belum merdeka. tak perlu saya berikan alasan kenapa. silahkan saja anda mengetikkan keyword di google "indonesia telah merdeka?' maka akan ada 1001 alasan kenapa indonesia belum dikatakan "merdeka". tapi tentu saja, sebagai WNI saya harus bangga trhadap bangsa Indonesia "yang belum merdeka" ini. MERDE..... Eh.... Upzz maafkan saya ngantuk malah salah ketik. maksudnya BELUM MERDEKA... (new commer, JKTA)

Anonim mengatakan...

@ BM

Heeeiiii...nongol juga akhirnya. Legaaaaaaaaaaa......laen kali berliburnya jangan kelamaan dong (Nana)

Anonim mengatakan...

Eh ia nih, postingnya mengharukan. Membuat link dengan Indonesia juga mengagumkan. Yah begitulah BM, seperti biasanya dan yang bikin kangen ya begitu itulah. Tetapi saya setuju dengan New comer di atas. Kita belum merdeka sepenuhnya. Masih dijajah dalam bentuk penjajahan bermuka baru. Kemerdekaan belum sepenuhnya direngkuh. Masih harus terus diperjuangkan (Nana)

Anonim mengatakan...

Wuekekekek.....Bigmike my friend...Jostein dalam bukunya mengatakan bahwa eksistensi adalah antara ada dan tiada. Maka, kemerdekaan Indonesia juga seharusnya adalah antara ada dan tiada....oleeeeee...oleeeee Merdeka.

Btw, it is a very good posting. Look like business as usual for you, my man (Proxy73)

Anonim mengatakan...

Disini rupanya banyak kaum cerdik pandai sehingga banyak hal saya belum bisa mengerti.

1) Mencintai Indonesia, apa artinya?

2) Kita belum merdeka sepenuhnya. Masih dijajah dalam bentuk penjajahan bermuka baru. Apa lagi ini artinya?

3) Kemerdekaan, antara ada dan tiada. Mohon pencerahan!

Didalam logika demokrasi, pemimpin dipilih rakyat. Mereka hakekatnya 'anak kandung' kami. Moralitas mereka adalah cerminan moralitas rakyat. Tabiat, watak serta pikiran mereka adalah ukiran kami. Saat ini, masa pra-pemilu 2009 ini, rakyat sedang 'mengandung' calon pemimpin yang bermoral cacat. Lihatlah polling! Mereka-mereka yg berwatak culas amat populer.

Mungkin, ini mungkin, kamilah yang salah selama ini. Begitu? Entahlah! Kalau yang terbaik adalah berbisik 'merdeka indonesiaku, maka pilihan saya adalah diam dan berdoa. Semoga Indonesiaku selamat. Semoga Ya Auloh!

-KD Look-

Anonim mengatakan...

Aha, welcome back my friend. Seperti biasa, anda memang memukau. Ayo, terus terbarkan kebaikan, persahabatan dan kasih sayang. Saya bergabung. Tapi agak heran, terlalu banyak orang skeptis terhadap Indonesia (Syamsudin)

Anonim mengatakan...

Menurut sigmund Freud, cinta, seperti halnya agama “tak lain adalah gejala Psikologi yang diproyeksikan ke dalam dunia eksternal.” “Faktor-faktor dan hubungan-hubungan psikis dalam ruang tidak sadar” “dipantulka dalam konstruksi realitas supernatural dalam bentuk ” Psikologi tak sadar”.

Maka kata Freud, kita mentransformasikan metafisika ke dalam metapsikologi”. dengan demikian, menurut cara pandang Freud, orang-orang yang mencintai tidak bedanya dengan sebuah tindakan abnormal.

Pilihan kita adalah: apakah bigmike yang abnormal atau fenomena mencintai itulah yang sesungguhnya abnormal. Bahwa bigmike abnormal, saya tidak percaya. BM adalah keindahan. Bagimana dengan cinta itu sendiri? Ah, cinta ternyata memang misterius. Jadi, jangan bertanya tentang cinta. Rasakan sajalah. Jika tidak ada "rasa" itu di dada, ya tidak usah mencintai.

Satu hal yang abnormal adalah: blog libur. GW dongkol. Jangaaaaaaannn gituuuuuu duuuuuuunnnnkkkkk my bigmike //Pritha//

Anonim mengatakan...

Membandingkan cinta kepada orang tua dan kepada negara? Saya kira tidak sesederhana tulisan BM. Tapi, saya acung jempol untuk tulisan ini. Menggugah pikiran (John, Oemasi)

Anonim mengatakan...

Pritha:

Jadi, jangan bertanya tentang cinta. Rasakan sajalah. Jika tidak ada "rasa" itu di dada, ya tidak usah mencintai.

Terima kasih sdri Pritha opininya. Tp saya amati sdri mengutip tuturan kata sigmund Freud, org yg paling dibenci oleh kaum 'beragama.' Agar tdk keliru, saya ingin bertanya kepada sdri terlebih dahulu. Apakah sdri 'mengamini' pandangan Freud???

Kedua, kalau jawaban atas pertanyaan saya, apa dan bagaimana mencintai indonesia, adalah hanya dgn rasa, mengapa lalu banyak yg tdk menyukai @anak nkri yg selalu katakan 'right or wrong' indonesia?

Semoga sdri tidak ikutan spt yg lain yg sering melempar isu liar disini lalu pergi begitu saja. Semoga.

-KD Look-

Anonim mengatakan...

@ KD look,

Anda tidak bisa memaksa setiap orang untuk memperdebatkan pendapatnya terhadap anda. Kata DOSA: semua orang bebas berbuat di dunia maya? Lha, BM saja bertindak "suka-suka" dengan meliburkan blog. Dalam konteks merdeka, biarkan setiap orang merdeka lalu-lalang di sini menurut apa yang dia mau KECUALI: memaki (ini kewajiban karena kita semua berkunjung ke"rumah orang"). Setuju?

@ BM
FGD belum jalan karena pak ketua tapaleuk terus na ha ha ha. Besok pertemuan. Jangan lupa boss (A9ust)

Anonim mengatakan...

Saya melihat bahwa BM sudah terlalu banyak mengkritik Indonesia. Bahkan kritik terkerasnya adalah di posting bangsa kuli. Saya sendiri berpendapat bahwa ama Luji keterlaluan di situ. Tetapi, di sini, dia memberikan perspektif lain dan menurut hemat saya, kali ini dia "menyimpan sejenak akalnya" dan "memajukan hatinya". Wooee BM, su batul begitu ko? (A9ust)

Anonim mengatakan...

@a9us

Anda tidak bisa memaksa setiap orang untuk memperdebatkan pendapatnya terhadap anda.

Pada bagian mana saya memaksa??? Tolong copy paste bagian tsb! Kalau saya bertanya, apa itu memaksa? Kalau saya berharap, apa itu juga paksaan? Tp saya setuju, karena kami semua ada dirumah org, jangan memaki. Walau begitu, saya juga berharap agar tdk perlu marah yang amat sangat disini spt yg sudah ditunjukan bbrp org Timor disini. @bm bilang, 'beking malu.' Batul ko sonde?

-KD Look-

Anonim mengatakan...

@new commer, JKTA
hahh?... KEMANE AJ LU??????????

mungkin maksudnya belom keluar dr ICU paska masuk UGD gara2 korban kecelakaan krismon 1998 dulu ya? Tp masih idup kok, tut.. tut.. tut.....
que sera-sera, ada lah kemungkinan sembuh. Doa'in yg banyak2 ya... kalo sembuh khan bisa jalan2 lagi, beda'in ICU dg penjara bro

~JM~

Anonim mengatakan...

@ Kadeluk

Anda tahu istilah tekanan psikilogi? Ketika anda meminta atau tepatnya memberi warning kepada Pritha agar:....Semoga sdri tidak ikutan spt yg lain yg sering melempar isu liar disini lalu pergi begitu saja......maka itulah "pemaksaan itu. Itupula pemahaman saya terhadap kata pemaksaan berdasarkan pengalaman saya berdiskusi dengan anda dalam nama yang macam-macam itu. Ko karmana boss????? he he he (A9ust)

Woooiii, bigmike kok belum ke kekampus?

Anonim mengatakan...

@KD Look,

Beta hanya kas inga sdr supaya jgn mempersepsikan sendiri komentar orang, lalu bikin pendapat yg bersifat menuduh.

Nanti sonde beda dg @A9ust, tnp bertanya ke sdr, dia ternyata cuma berprasangka bhw sdr ada kasi tekanan psikologi ke @Pritha.

Yg model begini, lama2 bosong dua tasibu sandiri sedangkan @Pritha B perkirakan sonde akan jawab pertanyaan KD Look.

@KK Look

Anonim mengatakan...

@a9us

Rupanya dasar anda hanya prasangka, lalu ambil kesimpulan sendiri. Kalau begitu saya enggan merespon.

Soal nama, hhmmm... anda dan yg lain (@peter, @eman, @syamtua dkk) sering menuduh saya berganti nama.

a9us, siapa nama anda sebenarnya? Laki-laki atau banci? Tinggal dimana? Rambut warna apa? Kolor no berapa? Pentingkah buat saya? NOT AT ALL, bahkan I DON'T CARE. Yang penting esensi bosz, esensi! Yang kelihatan dilayar kaca monitor saya adalah pikiran dan emosi anda. Do you understand my point??? Semoga. Jadi, tdk penting siapa saya dan juga anda. Peter Steiner bilang, 'on the internet, nobody knows you are a dog.' Lets keep it that way, sepanjang tidak gonggong (baca: memaki).

@Kakaluk (bhs kupang: Manusia Jelek) Hi hi...

Anda keliru. Saya tdk menuduh. Saya sedang bertanya kpd Pritha yang lalu ditegur karena menurut pemahaman yg menegur, saya memaksa menggunakan tekanan psikologis. Ini tanpa klarifikasi lho ya, hi hi.

Eniwe, saya memang tdk berharap banyak. Tp tdk apa-apa. Paling sonde katong tau kualitas pembaca disini.

-KD Look-

Anonim mengatakan...

@KD Look,

Sdr salah... KK Look itu adalah sejenis dg KD Look krn dorang pung marga sama-sama, "Look". Dlm bahasa melayu dialek Kupang, "kakaluk" artinya kerempeng peot.

Hati2 sodara, sdr bilang tdk suka org berprasangka, tp sdr sandiri asal maen cap org laen sbg "manusia jelek". Payaa ooo...

KK Look

Anonim mengatakan...

@ Kadeluk

.....Eniwe, saya memang tdk berharap banyak. Tp tdk apa-apa. Paling sonde katong tau kualitas pembaca disini....

Wah....wah.....ternyata anda AROGAN juga ya....he he he he..jadi di blog ini ada kelompok berkualitas tinggi yang hobinya bertengkar (maaf bukan diskusi) dan sebagian lainnya adalah kelompok bodoh-bodoh yang bisanya cuma buang kata lantas tida mau diskusi...weeehhh...weeeehh...he he he ...apa namanya itu ya???? Nih, bt kasi tau, belum merdeka dari arogansi...he he he he...

Soal nama...hmmmhhhh.....yang tukang "kosi-kosi" seng tuan-tuan dong waktu masih kecil tahu persis ha ha ha ha ha ha . Asli dan paten (A9ust)

Anonim mengatakan...

Weiiii Michael, kitong tunggu lu sonde muncul. HP kas mati. Masih capek ko?????? Besok jangan lupa. Bawa peta itu boss (A9ust)

Anonim mengatakan...

@ BM,

Terima kasih ya sudah mengomentari posting di blogku (kok bisa-bisanya nemu blog ku loh?????). Memang, salah satu masalah terbesar bangsa kita adalah, seperti yang BM katakan, ...tidak tahu bahwa kita tidak tahu....Saya juga setuju dengan BM bahwa kuncinya adalah: pendidikan. OK lah, mari bersama-sama kita majukan pendidikan di Indonesia. Welcome back dan posting lagi. Kami rindu postingmu (PM, Mega Kuningan, JKT)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Senang mengetahui bahwa bigmike sudah menunggui lagi blognya. Lebih senang lagi melihat bahwa betapa BM sudah berani memasuki satu wilayah yang sejak awal, belum disentuh, yaitu otokritik.

Posting ini sepenuhnya adalah suatu bentuk otokritik BM terhadap baik negaranya maupun pribadinya. Secara mengharukan BM "berani" memasuki "wilayah kelam" ayahandanya almarhum setelah sekian lama yang terbaca adalah puja-puji BM terhadap beliau. Diperlukan keberarian yang luar biasa untuk ini. Saya kagum.

Lantas, apa pelajarannya bagi BM, dan itulah yang dibagikannya bagi kita. Saya simpulkan adalah ini, tidak ada cinta atau benci yang mutlak-mutlakan. Dan ujungnya adalah, hal ini sangat mengagumkan, kita bisa mencintai sesama kita apa adanya karena dia adalah sesama kita. Inilah, saya kira, landasan etis BM, ketika dia menyatakan bahwa dia adalah PLURALIS yang religius.

Saya membayangkan, seandainya saja INDONESIA memiliki 1000 pemimpin dengan sikap etis seperti ini? Ah, saya malah mau pinjam istilah BM, Dum Spiro, Spero (Patrice)

Anonim mengatakan...

@Prettymelia:

OK lah, mari bersama-sama kita majukan pendidikan di Indonesia.

Ini lagi. Bagaimana cara bersama-sama membangun pendidikan Indonesia???

Atau contoh lain, @Patrice:

Saya simpulkan adalah ini, tidak ada cinta atau benci yang mutlak-mutlakan.

Tidak ada cinta mutlak, maksudnya apa ya? Mungkin spt lagu barat itu ya, too much love will kill you??? Mohon pencerahan!

Saya teramat berharap untuk mendapat jawaban tp enggak kaget kalau enggak dijawab. Saya spt-nya harus menyerah bertanya kpd sahabat blogger yg gemar berretorika tp substansi. Org Indonesia memang gitu yach???

-KD Look-

Bigmike mengatakan...

@ KD Look,

he he he...Dum Spiro, Spero...

Anonim mengatakan...

@KD Look

pertama, ah.. saya salut dengan anda karena dengan berbagai teknik gerilya yang anda lakukan tetap saja terbaca anda = kadeluk. masih berdolah-dalih kah anda?

kedua, ah.. lagi-lagi anda mecoba tak bisa berpikir "cerdas" seperti sebalumnya anda berdebat habis-habisan pada posting sebelumnya. ayolah kawan saya juga tahu maksud anda sebenarnya. tapi kalau anda memang benar-benar tak mengerti maafkan saya malas menjeleskan lebih jauh anda tentang arti indonesia sebenarnya belum merdeka. malez ah. tapi kalau anda mengerti (tapi sengaja seakan-akan tak mengerti) cobalah anda berikan alasan yang dapat mematahkan pendapat saya? tapi kalau anda tak bisa tak usah dipaksa yah.

a9ust saya setuju dengan anda. tak usah tanggapi nanti hanya akan berujung pada perdebatan tak berarti dan ujung2nya BM yang harus turun tangan (new commer, JKTA)

Anonim mengatakan...

@new commer, JKTA

Terima kasih sekali anda merespon tp maaf saya teramat bingung, saya ada bertanyakah kepada anda??? Kalau statemen anda Indonesia belum sepenuhnya merdeka saya setuju, teramat setuju. Jadi anda memang tdk udah refot-refot menjelaskan.

Massss... lain kali jgn berpransangka buruk duluan lalu menuduh org lain tdk cerdas.

Begitu saja, kalau anda mau merespon yg cerdas sesuai keinginan anda, ingat ini, esensi bung esensi! Jangan bicara gaya, gimmick, aksesoris dll. STICK TO THE ISSUE!

-KD Look-

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Puji Tuhan, BM sudah kembali. Membaca posting ini, saya seperti naik roller coaster. Mula-mula berpikir mangapa bigmike yang dalam banyak posting jelas-jelas sangat mencintai ayahanda kok tega menulis seperti ini? Di akhir tulisan, baru saya sadar maksud tulisan ini. Karena manusia adalah makhluk tidak sempurna maka pasti ada kekurangan. Dalam ketidak sempurnaan kita harus saling menerima. Saya kembali dikuatkan oleh posting ini. Terima kasih (Sherly, Oebufu)

Anonim mengatakan...

@ New comer,

Ayo terus kamu bisa. Cuma tips saya, kawan-kawan ni paling pintar geser-geser fokus pembicaraan. Memancing marah. Lantas kita kehilangan arah diskusi (jangan salah, kawan-kawan ini juga cepat marah sebenarnya. Kalau sudah marah, ada lagi jurus lain, yaitu dendam he he he he). Tips saya yang terakhir, jikalau sudah terlalu mengganggu, tenang saja. Di blog ini ada tukang "kosi" yang sejak dahulu kala memang kerjanya "kosi-kosi" kawan-kawan bandel ini HA HA HA HA. Eh, saya kasi tahu arti kosi (Kupang), yaitu SEPAK (A9ust)

Anonim mengatakan...

Untuk semuanya yang mencintai Indonesia (termasuk saya), Mari kita renungkan berita yang saya kutip dari http://www.sinarharapan.com tanggal 19 Agustus 2008

Kebaktian Peringati HUT RI Dihentikan Massa


Jakarta – Acara kebaktian sebagai ucapan syukur atas Hari Kemerdekaan RI ke-63 dan doa untuk pemerintah dan bangsa Indonesia yang dilakukan oleh Gereja Pantekosta di Indonesia (GpdI) Pondok Rangon, Jakarta, Minggu (17/8) pagi, dibubarkan oleh massa.
Massa yang datang ketika kebaktian sedang berlangsung, juga mencabut pintu pagar utama, menendang rolling door, merusak beberapa kursi, serta melempari gedung itu dengan puing-puing bangunan karena gereja tersebut sedang direnovasi.
Menurut Pendeta Gembala Sidang Pdt Christof Ambesa, yang dihubungi SH, Selasa (19/8), acara kebaktian ucapan syukur Hari Kemerdekaan RI dan doa untuk pemerintah dan bangsa Indonesia sudah biasa dilakukan setiap tahun, pukul 09.00-11.00 dengan diikuti sekitar 50 jemaat. Tetapi Minggu lalu ketika jemaat yang datang baru 20 orang, yaitu sekitar pukul 09.30, tiba-tiba massa menyerbu.”Ada warga yang kami kenal, tapi ada juga yang tidak dikenal,” katanya.
GPdI terletak Jalan Raya Pondok Rangon Barat, RT 05/RW 05 No 6, Pondok Rangon, Jakarta Timur. “Setelah kejadian itu, saya hanya bisa menenangkan jemaat, lalu karena di rumah anak-anak masih kecil, saya usahakan agar mereka tidak trauma karena melihat peristiwa itu secara langsung,” lanjutnya. Christof mengakui, polisi dari Pos Polisi Pondok Rangon langsung datang ke lokasi sehingga kejadian lebih buruk dapat dihindarkan.
Menurutnya, massa melarang diadakan ibadah di tempat itu, dengan alasan bangunan gereja itu tidak memiliki Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) dan tak ada kaitannya peringatan dengan HUT RI ke-63. “Tapi kenapa yang dihentikan ibadahnya, bukan IMB-nya?” katanya.
Massa tersebut juga memasang spanduk bertuliskan, “Pondok Rangon Jakarta Timur Steril Bangunan Rumah Dijadikan Tempat Ibadah Atau Gereja Mengatasnamakan Warga Pondok Rangon.”
Menyikapi peristiwa tersebtu, Sekretaris Jenderal Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Yus Usman, yang dihubungi SH, menyatakan seyogyanya hal tersebut tidak terjadi, terlebih karena negara Indonesia merupakan negara yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 yang menjamin eksistensi agama.
Yus juga mengharapkan pemerintah bisa menyikapi kejadian ini secara tegas sesuai hukum, yaitu menindak mereka yang salah, termasuk jika ada yang menyalahgunakan wewenang.
(wahyu dramastuti/ninuk cucu suwanti)

Apa komentar kita? Jangan-jangan new comer (NC) bener.
Eh, pak Mike, selamat kembali Kupang. Tuhan memberkati (Esther, SRBY)

Anonim mengatakan...

Wah, Puji Tuhan Pak Mike sudah datang. Dan seperi biasa, sebuah posting yang bagus dengan pilihan Ayat Alkitab yang amat sangat tepat. Satu lagi bahan renungan yang bernas.

Mbak Esther, mari kita sama-sama bertelut dan berdoa, ....Ya Bapa Ampunilah mereka karena mereka tidak tahu apa yang diprebuatnya.... (Yes, BTN tapi ini internet dari kantor)

Anonim mengatakan...

@ Mbak Esther,

GW ikut sedih. Mangkanye wwwooiiii BM kaga usah tereak merdeka deh, cukup berbisik ajahhhhh....(Proxy73)

Anonim mengatakan...

Agus:
Ayo terus kamu bisa. Cuma tips saya, kawan-kawan ni paling pintar geser-geser fokus pembicaraan. Memancing marah. Lantas kita kehilangan arah diskusi (jangan salah, kawan-kawan ini juga cepat marah sebenarnya. Kalau sudah marah, ada lagi jurus lain, yaitu dendam he he he he). Tips saya yang terakhir, jikalau sudah terlalu mengganggu, tenang saja. Di blog ini ada tukang "kosi" yang sejak dahulu kala memang kerjanya "kosi-kosi" kawan-kawan bandel ini HA HA HA HA. Eh, saya kasi tahu arti kosi (Kupang), yaitu SEPAK (A9ust)

komentar
@Agus... Apa yang sdr tuduhkan kpd KD Look, Cs di atas sebetulnya itulah yg sdg sdr lakukan kpd @New Comer. Sdr 'menggosok' @New Comer seolah-olah dia adalah ayam aduan yg sdr persiapkan disabung dg @KD Look, Cs.

Sdr memberi label KD Look Cs sbg pendendam, tp cara sdr menggosok @New Comer justru mjd alat bukti otentik bhw sdr bertipe pendendam.

Yg diluar dugaan saya adalah, sdr juga dg berani melabel rekan sdr, bigmike, sbg spesialis Pelaku kekerasan. Setau sy, bigmike sdh berubah. Trus, data drmn yg sdr pake utk berkesimpulan buruk ttg bigmike? Sy tdk sdg komporin bigmike bahkan sy yakin dia bukan tipe sdr yg gampang marah. Sy cuma mau menyadarkan sdr bhw hati2 dlm berkata-kata.

Himbauan saya. Sdr kan katanya org tua. Mgkn sedikit lg sdh oversex (>50thn). Berlatihlah sabar, bijaksana, dan tdk perlu merespon hal2 sepele yg mmg mjd mainan anak kecil yg usil. Dlm psikologi, anak bandel itu tdk boleh didera cambuk atau tendangan kungfu (kosi), tp dipeluk, dihargai, dan diarahkan dg kasih sayang.

Kl sdr doyan melihat anak2 bandel dianiaya oleh bigmike di sini, sy yakin itulah kelakuan sdr sm anak2 di rumah. Krn itu, sy setuju anjuran @KD Look di posting sebelah, agar sdr segera memeriksakan diri ke Psikiater.

Mhn maaf, kl ada kata2 yg keliru ato berlebihan. Sy agak prihatin soalnya.

KK Look

Anonim mengatakan...

@ KK look alias ha ha ha ha ke kaki seribu saaa eeee...banyak kaki banyak nama

Beta cuma mau mencoba cara-cara yang besong su kasi tunjuk duluan. Ternyata asyyiikkkkk juga. Swear deh. OK?????

Usul beta ama mulai bisa pake nama baru laen lagi. Na beta usul pake KAKODOK ...ha ha ha ha ha ha (A9ust)

Anonim mengatakan...

@ Ama Ludji,

ha ha ha ha ada yang KK dok alias kakodok nih ha ha ha ....(A9ust)

Anonim mengatakan...

Sidang pembaca blog yang terhormat.

Memperhatikan komentar dari KK Look maka bagi saya inilah sumbangan saya untuk sidang pembaca blog BM yang terhormat. Setelah Syamsudin berhasil "membongkar" identitas para pemancing "kerusuhan" di blog ini yang membuat banyak blogger menjadi enggan masuk ke blog (lihat catatan dari MR JIMI)maka hari ini (secara sengaja saya tungguin blog ini), saya "berhasil" memaksa sahabat-sahabat nakal itu membuka "kedok" moralitas mereka sendiri. Mereka terperangkap dalam jebakan yang saya buat. PERHATIKANLAH SUMPAH SERAPAH PADA KOMENTAR DI ATAS DARI KK LOOK YANG ISINYA ADALAH UNGKAPAN KEMARAHAN SEMATA-MATA. SESUATU YANG AMAT RAJIN MEREKA TUDUHKAN KEPADA SAHABAT LAINNYA.

Sudah terlalu lama, kebaikan sahabat saya BM diterabas habis-habisan oleh kawan-kawan nakal itu. Sudah terlalu banyak sahabat blog yang sepertinya menjadi musuh mereka. Syamsudin, Eman, Peter, Proxy73, Pritha, Patrice, saya dan masih ada beberapa lainnya lagi menjadi sasaran olok-olokan mereka.

Kalau tida salah, blog ini dibikin oleh BM untuk tujuan penyebaran kebaikan, persahabatan dan kasih sayang. Semua itu tidak bisa dibangun melalui cara-cara arogan seperti apa yang dipertontonkan oleh sahabat-sahabat itu. Begitu ada komentar yang tidak cocok dengan kemauan mereka maka mudah sekali mereka memberikan stigma tertentu kepada sang pemberi komentar. Selanjutnya, tinggal tunggu saja sang pemberi komentar akan dijadikan bahan mainan olok-olokan mereka. Saya diberi stigma Soeharto, menderita sakit jiwa dan disuruhnya ke psikiater lain-lain lagi. Syamsudin diolok-olok. Bahkan, mereka tega memberikan penilaian secara sepihak bahwa kualitas mereka di sini berbeda dari kawan-kawan blog lainnya. Luar bisa arogannya.

BM sudah mencoba mengatasi masalah ini tetapi SAYA PAHAM BETUL KESULITAN EMOSIONAL BM terhadap sahabat-sahabat nakal ini. SAYA TIDAK TEGA MELIHAT SAHABAT BAIK SAYA ITU, BM, IKUT TERSANDERA OLEH SITUASI DISKUSI YANG RICUH DAN KETENTERAMAN BLOG YANG KURANG KONDUSIF.

Oleha karena itu, dengan memohon maaf kepada semua sahabat saya mau mengatakan inilah sumbangan saya bagi BM dan blog kesayangan kita bersama ini. Saya paham betul cara berpikir kawan saya itu, BM, mungkin MELEBIHI APA YANG BISA DIPAHAMI OLEH SAUDARA-SAUDARANYA SENDIRI. Ketika Patrice mangkatakan bahwa BM telah dikhianati, seharusnya kawan-kawan nakal itu segera melakukan introspeksi diri.

Itulah alasannya mengapa saya bertindak seperti ini. Tidak ada dendam hanya, murni, ingin membantu sahabat baik saya, BM. Niat baik ini jika berkenan maka saya ucap terima kasih. Jika tidak saya ucap mohon maaf.

Adik-adikku terkasih, sadarlah bahwa bukan cara-cara seperti ini yang dimaui BM. Jikalau kalian menghormati BM maka terimalah uluran tangan perdamaian dari saya. Kita bangun diskusi yang lebih baik di masa depan. Data dibalas data. Teori dibalas teori. Argumen dibalas argumen. Jangan menghina. Jangan nama orang dikin sebagai barang mainan. Tiap orang punya perasaan yang tidak harus sama dengan apa yang kalian pikirkan. Tidak semua orang tinggal di Amerika. Di Australia. Kami masih tinggal di Indonesia yang, suka tidak suka, masih membawa-bawa budaya ketimuran yang mungkin tidak cocok dengan pola pikir dan pola hidup kalian.

Sekali lagi, saya mohon maaf atas apa yang saya lakukan tetapi ALLAH MAHA PENGASIH tahu apa yang saya perbuat.

Heiiii BM, saya menghasihi anda dan semua yang menghasihi anda tidak mungkin tidak saya kasihi. (pinjam istilah dari BM): Dum Spiro, Spero (A9ust)

Anonim mengatakan...

@A9ust:
Teori dibalas teori. Argumen dibalas argumen. Jangan menghina. Jangan nama orang dikin sebagai barang mainan.

@A9ust
Beta cuma mau mencoba cara-cara yang besong su kasi tunjuk duluan. Ternyata asyyiikkkkk juga. Swear deh. OK?????

komentar
Maaf saja sdr A9ust, yg saya tangkap dr data2 di atas adalah nampaknya sdr tdk menghendaki byk hal dilakukan org lain pd sdr. Tp sayangnya, apa yg tdk sdr sukai org lain lakukan pd sdr, ternyata dg sadar sdr melakukannya juga. Malah nampaknya sdr menikmati itu, sambil tertawa-tawa. Apa artinya data ini?

Just proved that you don't do for others what you want them to do for you. Lbh dr itu, sdr tentu tau artinya adalah apa yg saya sampaikan kpd sdr pd komentar sy sblmnya, memang ada buktinya yaitu pengakuan sdr sendiri. Data di atas menunjukkan sy tdk sedang membangun prasangka atas diri sdr, lalu bikin kesimpulan tnp dsr spt tuduhan sdr thd sy di atas.

Kl sdh begini, apa gunanya sdr membela diri abis-abisan sambil menuding pihak laen? Mau bermaen-maen dg ana kici, bermaenlah sepuasnya. Tp kl sdr tdk mau bermaen-maen dlm kolam, jgnlah menceburkan diri, eventhough you already prepared an excuse i.e., 'mau coba2 cr org lain'. Tp ingat, kl sdr mmg punya niat 'busuk' hanya ingin mencobai pihak laen, mk ada jg risikonya. Sdr hrs berani tanggung itu dan tdk perlu bawa2 nama @bigmike mentang2 dia itu sahabat sdr. Krn toh dr data yg ada, atas nama persahabatan, sdr dg AROGAN dan entengnya, mempublikasikan masa lalu yg krg enak dr bigmike yaitu, suka maen kekerasan. Sdr lupa, lain dulu lain skrg. Skrg ini, kekerasan adalah hal yg paling tdk disukai bigmike. Kita semua tau itu.

Sy membatasi percakapan dg sdr sampe di sini sj. Kl sodara tdk bisa paham jg, yaa itu berarti tena harapan. We can not expect too much from you to make a change in you. Qui sera-sera... What ever will be, will be.. You have chosen your way. Sy tdk kaget lg jk di kmdn hari sdr akan terus-menerus jd bulan2an emosi sdr sendiri, tp tnp sadar selalu pihak lain yg dipersalahkan.


KK Look

Anonim mengatakan...

@A9ust
Bu su keterlaluan dg tuduhan2 di atas, pake bawa2 nama Allah segala. Tp sonde apa-apa... Beta cuma kasi inga Bu sj bhw keributan satu dua hari ini justu Bu sbg pemicu.

Entah Bu kena angin duduk di mana, tiba2 Bu muncul dan manfaatkan beta pung kata2 ke bigmike, 'ngawur', utk komporin bigmike supaya kosi (tendang) beta. Untungnya bigmike tdk kebakar kompor anda. Lalu, dg lihainya Bu mencoba putar otak rote dg bikin excuse (beda lho dg reason)di atas bhw itu adalah approach Bu utk membuka beta pung kedok. Knp beta bilang putar otak rote bikin excuse? Krn citra buruk moralitas bonggo di sini, sdh bkn kedok lg. Bigmike pun pernah blingsatan wkt kasus 'mental pedagang', dulu. Kok Bu mau buka kedok moralitas bonggo lagi?

@kakaluk

Trims atas pembelaannya, meski sy tau Bro tdk sedang membela siapa2 di sini. Beta baca berkali-kali dua komentar Bro di atas, sonde ada indikasi kemarahan di sana, tp mmg spt kata Bro sendiri, ungkapan keprihatinan. Tp herannya, Bu Agus bs tuduh Bro KK Look sdg marah. Di mana marahnya?

Tp OK-lah, beta tertarik jg maen data spt Bro KK Look.

[A9ust nulis]
Saya paham betul cara berpikir kawan saya itu, BM, mungkin MELEBIHI APA YANG BISA DIPAHAMI OLEH SAUDARA-SAUDARANYA SENDIRI.

[komentar buat @Agus]
Terbukti, stetmen Bu di atas terlalu berlebihan. Bu msh menyangka bigmike tu tipe sala sadiki, kosi orang. Pdhl dr gagalnya upaya Bu komporin bigmike utk kosi beta, terbukti pemahaman Bu Agus thd bigmike keliru juga.

Jadi, beta kira Bu tak usa berlebihanlah mendramatisir situasi. Biasa2 sj. Toh beta sendiri ikhlas2 sj dapa citra buruk di sini. Yg penting beta sonde melanggar etika bigmike di sini sbgmn kutipan kata2 bigmike berikut: Tapi kalau teman-teman pada "berantem lagi" di blog yaaaaa....EGP.......ha ha ha...eeetiiitt....asal jangan pake maki-maki....beres...

Bu mo cap beta perusuh, agitator, pendendam, ato citra buruk lainnya, lalu komporin bigmike spy kosi beta, itu Bu pung hak, yg tentu Bu sadari ada risikonya bermaen-maen begitu. Persis spt kata2 @Kakaluk di atas.

-bonggo-

Anonim mengatakan...

Ha ha ha... rupanya benar, a9us punya banyak hal ingin dia buktikan disini. Enggak nyangka kalau paitua pake seharian untuk curhatan. Mengapa ini? Beta pung analisa sederhana saaa... begini.

Paitua ini org tua, seumuran dgn @bm. Sebagai org tua dia ingin dihormati, terlepas dari dia pung sala dan benar. Tp sayang, etika disini berbeda dgn etika dirumahnya. Disini @bm kasi katong kekebebasan untuk bicara sepanjangan tdk memaki. Ini enggak pas ama maunya dia. Karena bersahabat karib dgn @bm, dia mau juga tunjuk 'kuasa' disini. Tdk ada org lain yg berani, tanpa malu, mempertontonkan kemarahan disini kecuali a9us. Ini karena saban hari dia ketemu ama @bm.

Nah ini terakhir, bagaimana menghadapi org kayak a9us ini??? 2 pilihan! Lawan atau kas tinga dia ngoceh sonde karuan. Beta pili opsi ke 2. Tuhan bilang, "yg waras minggir."

-KD Look-

Anonim mengatakan...

@KD Look,

Ada satu lagi kelainan @A9ust. Gagal komporin bigmike utk kosi beta di posting sebelah, paitua mulai 'gosok' ayam aduan baru, @new comer, utk buka front bertengkar deng KD Look. Sayangnya, rupanya gagal lagi krn @New Comer tdk kebakar kompor gas @A9ust.

Tp, lihatlah. Bg @A9ust, kelakuan adu domba org spt itu, adalah hal yg wajar2 saja. Mnrt paitua, yg sonde wajar adalah moralitas bonggo. Payaa mau mati saa...

Bs jadi @KD Look benar bhw paitua mmg minta dihormati dan sonde suka moralitas bonggo. Tp anehnya kemarin sonde ada ujan-angin dia muncul ko cari parkara. Stlh terdesak, lalu berdola-dali bhw beliau sementara praktek berkomentar dg moralitas bonggo yg katanya busuk.

Di luar dugaan, katanya moralitas busuk tapi kok @A9ust ngaku menikmati. Lalu, supaya org yakin bhw @A9ust benar menikmati penampilannya dg moralitas bonggo, beliau bersumpah, SWEAR. Plus gimmick pula. Ah, karmaanaa, neh...

Tapi yaa sudahlah... Beta sih dr awal sdh mengikhlaskan diri dg citra buruk di sini. Jadi, mari kitong urut dada saa... Toh baik-buruknya, paitua tu kitong pung Kaka juga.

-bonggo-

Anonim mengatakan...

@ kawan-kawan pengacau,

Saya jadi pemicu? Kalian yang tidak tahu diri karena arogansi. Kalian selalu merasa tidak pernah salah. Bahkan hanya karena DIPAKSA BM, baru salah satu dari kalian mau meminta maaf.

Kalian ingat ketika BM ke Jogja. Ketika saya masuk ke chatt, kalian berdua langsung saja membuat saya menjadi bulan-bulanan. Sebelum itu, saya sudah meminta jangan menyinggung-nyinggung saya ehh..stigma Soeharto selalu kalian sndirkan kepada saya. Ketika kalian bermasalah dengan Peter, saya ikut-kutan disindir. Kalian dengna bangga menyalahkan kami yang di kupang terlalu cepat marah. Maaf, saya cuma mau membuktikan bahwa kalian ternyata tidak lebih baik dari ami.

Sebelum kalian ngonmong macam-macam..saya minat dengan jujur....coba jujur...saya punya persoalan dengan berapa orang di sini....coba bandingkan...sudah berapa orang kalian itu bermasalah...COBA JUJUR DEH....tapi memang di tangan orang yg suka berganti-ganti nama saya tidak terlalu berharap kejujuran. Itulah masalah kalian. Kalau kalian tidak juga menyadari itu maka, tips saya: periksakanlah diri kalian ke psikiater.

Akhirnya, saya cuma ingin berucap: Selamat Mendongkol he he he he he. Apa yg tidak mau orang lain bikin kepadamu jangan bikin hal itu kepada orang laen. Begitulah bro. It's nothing personal. Ini demi kepenting blog. Sudah banyak orang yang "bersembunyi" gara-gara perilaku kalian. TIDAK MALU SAMA BM? (A9ust)

Anonim mengatakan...

@ Agust

ANDA BENAR 100@. Dua orang itu adalah pengacau, penuduh, perusak nama baik BM. Saya TERGANGGU betul dengan AROGANSI mereka. Heeiiii....BM beranilah menegor sekeras-kerasnya manusia-manusia sinting itu. Mereka mencederai persahabatan yang anda bangun dengan susah payah. Mereka tergolong katak se katak-kataknya. Usul saya, pakelah nama KK atak (Eman)

Anonim mengatakan...

@KD Look

ah... sudahlah jangan bersembunyi dibalik tempurung. bagaimana bisa anda berdebat dengan sangat hebat dan dashyatnya di posting sebalumnya. sedangkan untuk mengartikan kata Indonesia belum merdeka saja anda tak bisa. bagi saya cuma 2 kemungkinan. 1. anda mau memancing saya dan ujung2nya akan berakhir dalam perdebatan tanpa ujung, 2. anda begitu bodohnya sampai-sampai tak tahu. ah.. tapi saya yakin anda tidak sperti kemungkinan ke 2 yah..

@a9ust

saya kagum pada anda. tenang juga anda meladeni serbuan KD Look, kadeluk, dsb. spertinya mereka ini terobsesi pada anda yah. bahaya pak a9ust bisa2 anda menjadi korban "pembantaian" di blog ini. hey KD Look, KK Look anda pakai saja nama RJ Look alias Ryan Jombang Look. Hi..Hi.... (new commer,JKTA)

Anonim mengatakan...

Dear sahabat blogger,

Saya sebenarnya sudah AMAT SANGAT ENGGAN BERKOMENTAR di blog ini. Saya hanya berminat membaca saja posting BM yang harus diakui tetap memukau. Sayangnya, manusia 1/2 monyet yang suka mengubah-ubah nama dan abangnya yang juga hobinya sama, yaitu amat suka mengolok-olok orang. Jujur saja, gayanya sangat kebarat-baratan. Sok tahu segala macam tetapi ternyata melayu juga. Megnhujat orang dianya mau tetapi ganti dihujat eh marah dan dendam. Tidak ada rasa hormat kepada siapapun di blog ini. BM sebagai pemilik blog inipun tidak dihargainya. Satu kali BM dikatakan sebagai pedagang. Lain kali dibilangnya ngawur. TANPA RASA HORMAT. Orang berdua ini, sama sekali tidak mau perduli dengan PERASAAN ORANG lain dan tidak perduli apakah BM akan didtinggalkan sahabatnya atau tidak. Sudah 2 kali BM menegur dengan keras, tetapi dasar ndablek, teguran tersebut dikiranya untuk orang lain. Padahal teguran itu arahnya jelas yaitu kepada 2 manusia ini. Oleh karena itu, saya tidak setuju dengan Eman yang seolah-olah mengatakan BM tidak berani menegur. Saya bersaksi bahwa BM SUDAH MENEGUR tetapi BM bisa apa jika yang ditegur tidak mau mengerti juga.

Maka, saya mendukung bung Agus. Anda sungguh PERKASA. Berani mengambil resiko diolok-olok untuk suatu ideal yaitu membela persahabatan, kebaikan dan kasih sayang yang menjadi MISI BM dan blognya. Anda mengambil resiko dikerjaian demi persahabatan. Lalu, 2 manusia ini apa tidak malu? BM kok malah dibela orang lain. Heiii...malu dong.

Bung Agus, maju terus pantang mundur. Kita perangi bersama perilaku premanisme di blog ini. Jangan biarkan BM sendirian.

BM jangan kuatir, saya bisa paham maksud Agus karena sayalah yng membuka "pintu rahasia" itu. Ketika kamu lemah seprti sekarang, saatnya kami, paling kurang saya, sebagai sahabat mendukingmu. Ayo Bung, teruslah menebar kebaikan, persahabatan dan kasih sayang (Syamsudin)

Anonim mengatakan...

@ A9ust dan Syam,

GW DUKUNG ENTE BEDUA. KAMI MUAAAAAAAAKKKKKK.....WWWWUUEEEEEECCKKKSSSSS.....AMA AROGANSI DAN SOK JAGOANNYA 2 MANUSIA CULUN ITU....HEEEEIIII CULUN....CULUN...DASAR CULUN.....WAKAKAKAKEKEKEK (Proxy73)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

GW NDUKUNG ENTE JUGA. I LOVE U MY MAAAANNNN......2 manusia itu nggak pintar-pintar amat. GW iri ma A9ust karena bebas memainkan skenario "menjebak 2 manusia nakal itu. Seandainya waktu itu GW dibiarin BM menjebak mereka akan ketahuan bahwa omongan mereka kosong doang. Bisanya cuma maen tuduh, maen keroyokan bareng (Proxy73)

Anonim mengatakan...

@ ALL, termasuk 2 sahabat nakal kita:

KEMBALILAH KEPADA SEMANGAT AWAL BLOGNYA BM UNTUK MENEBAR KEBAIKAN, PERSAHABATAN DAN KASIH SAYANG. INDONESIA PERLU INI. KITA TIDAK MEMERLUKAN DEBAT. SUDAH TERLALU BANYAK ORANG INDONESIA SOK JAGO DEBAT TETAPI ISINYA KOSONG MELOMPONG. PRESIDEN KITA PINTAR BERARGUMEN TETAPI INDONESIA MALAH TAMBAH MISKIN. JIKA ANDA INGIN MENDAPATKAN ILMU LEWAT BERDEBAT SILAKAN PAKE BLOG LAEN AJAHHHH. JANGAN DI SINI .....OLEEE.....OLEEEEE....KEBAIKAN....KEBAIKAN BOSSSS (Proxy73)

Anonim mengatakan...

@ All,

Menyedihkan...menyedihkan....kawan-kawan yang baik, terutama KK KD Bonngo dan alias-aliasnya (saya ingin jujur yaitu sudah lama saya hanya mau membaca tidak mau lagi berkomentar karena kuatir harus "digilas" omongan-omongan kasar), untuk anda semua saya kutipkan keterangan gambar BM di Aceh:

....KALAU BISA BERSAHABAT MENGAPA HARUS BERTENGKAR......

(Widyanto)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Saya merenung-renung...apakah betul bigmike terlahir di NTT? Mengapa orang bisa berbeda perilaku padahal memiliki DNA yang sama? Jawabannya adalah: itulah misteri Ilahi. Kun Faya Kun. Que Sera Sera. Carpe Diem.

Bigmike, anda betul-betul hebat karena apa yang anda tulis selalu merupakan cerminan bagi kita. Bahkan baru saja saya sadarai apa makna terdalam dari kata bigmike, yaitu Dum Spiro, Spero (Syamsudin)

Anonim mengatakan...

@ KK look dan bonggo,

Capeeekkkkk deeeehhhhhh.....//Pritha//

Anonim mengatakan...

Saya kecewa dengan kelakuan kawan-kawan yang berasal dari Kupang, khususnya bonggo dan KD Look. Kami di Kupang meman cepat marah tetapi kemarahan kami tidak pernah lama. Kami tidak memendam dendam. Setelah kerusuhan Kupang, kami pulalah yang membangun kembali masjid-masjid yang rusak. Coba bandingkan dengan apa yang terjadi di Jawa, Jakarta, Baten dan Jawa Barat.

Ketika, BM sudah memberikan "teguran" khasnya. Ketika sahabat-sahabat blog menjadi gerah dan resah. Ketika sudah terlalu banyak sahabat blog yang dijadikan sebagai "musuh" oleh kalian. Dan kalian mengabaikan semuanya. Ketika itupula kalian gagal menjadi duta orang NTT yang baik, yaitu bahwa biarpun kita miskin dan bodoh tetapi, seperti kata BM dalam tulisannya di koran lokal, hati kita kaya akan kasih sayang.

Sahabat-sahabatku, segeralah bergabung dengan bigmike dalam cita-cita besarnya untuk menjadi memajukan kebaikan, persahabatan dan kasih sayang. Tuhan Yesus ketika ditampar kiri dan kanan (ingat posting BM yang menurut saya adalah posting terbaik-terbukti menjadi artikel terbaik di beberapa situs kumpulan berita dan dicopy paste oleh paling kurang 7 buah blog), DIA tidak meradang. DIA malah mengampuni.

Saya sudah belajar banyak dari bigmike. Mengapa kalian tidak bisa?

(Saudaramu, Yes, BTN)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Saya tidur agak telat karena sedang menyiapkan bahan renungan untuk ibadat wilayah besok sore. Saya tertarik dengan kata Dum Spiro, Spero. Bisa diterangkan artinya? he he he untuk tambah ilmu sapa tahu bisa untuk bahan renungan(Yes, BTN)

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Anonim mengatakan...

@ all,

Tidak ada kebetulan dalam hidup kata orang-orang pandai. Saya
mendapat bukti hari ini. Setelah komentar saya yang terakhir di bangsa kuli, saya mendapat tugas praktikum ke Madiun. Di tengah hutan. Tidak ada internet.
Tadi malam jam 8 saya kembali jogja. Makan. Tidur dan skarang berbekal flexi saya cari bigmike. Oh, ternyata sudah pulang Kupang. Selamat bertugas lagi pak Mike.

Seperti yang saya duga, sejak posting terakhir saya, hampirpasti saya akan dijadikan bahan bulan-bulanan oleh 2 manusia dengan aneka nama itu. Baiklah tidak apa. Tetapi, hari ini, dugaan saya sungguh benar. Apa yang anda tabur akan anda tuai. Harap belajar dari pengalaman ini boss.

Saya ingin memberikan "bukti" bahwa betapa 2 orang ini sungguh amat sangat ngawur ketika sudah dikuasai oleh kemarahan. Mari kita bedah:

(Peter)

Anonim mengatakan...

@ All,

1. Komentar bonggo alias wilmana

a. @Peter
.....Kl ente merasa tdk layak kuliah di UGM dan dibayari oleh pihak lain yg bukan pemerintah, yaa tinggal klarifikasi sj, ente itu kuliah di mana dan sapa yg bayar. Abis perkara, toh. Kan ente yg bilang, namanya jg hipotesis. Gitu aja kok repot......

COBALAH KITA LIHAT CARA SI MANUSIA INI BERNALAR. SAYA TIDAK PERNAH BILANG SAYA TIDAK KULIAH DI UGM. YANG SAYA TANYA ADALAH APA ADA BUKTI BAHWA SAYA KULIAH DI UGM DIBAYARI PEMERINTAH. SEBAB JIKA TNAP BUKTI MAKA HAL ITU ADALAH TUDUHAN. LALU ANDA KATAKAN ITU HIPOTESIS. Hoee tahu hipotesis tidak?????? ah, kacau. Lalu, anehnya kok si bonggo minta saya klarifikasi? lho, situ yang menuduh kok saya yang harus klarifikasi? OTAK DAN NALARMU KEMANA boss?????? lha, dengan daya nalar begini, pantas saja beliau ini "kalah telak" ketika berdebat dengan Agus ha ha ha kalah lalu dendam.


2. ......Sekali lagi mohon maaf Bung Wilmana. Hrp maklum meski namanya diambil dr nama Santo Peter, tp kelakuannya bak Kaisar Nero. Beta malah curiga dia ni spt yg ditulis Santo Paul kpd Jemaat Kolose, "iblis yg menyamar pake nama malaikat"......

NALAR ORANG INI BETUL-BETUL OUT ATAU MEMANG MUNGKIN INI ADALAH KECULASAN YANG DIA TUDUHKAN SENDIRI KEPADA BANGSANYA. SAYA TANYA BEGITU KARENA BAGI KAMI DI TIMOR, ANDA JUGA DARI TIMOR KAN?, NAMA ADALAH HARGA DIRI. LANTAS, DALAM KONTEKS BERAGAMA DI NTT, NAMA YANG DIBERIKAN MEMILIKI MAKNA KHUSUS. SAYA TIDAK PERNAH BERUSAHA MENYEBUT NAMA ASLI ANDA MESKI SAYA SUDAH TAHU SIAPA ANDA SESUNGGUHNYA (ITU LHO YANG DI WORDPRESS. DULU ADA DI BLOGSOPT DAN DITARUH OLEH BM DALAM TAUTAN HE HE HE DIKIRANYA KITA-KITA INI GOBLOG). MENGAPA ANDA MEMBAWA-BAWA NAMA SANTO PETRUS?????? ANDA SAMA SEKALI TIDAK PUNYA RASA HORMAT. JANGANKAN SAYA, BM SAJA KAMU PERLAKUKAN BEGITU BURUK.

Jadi, nama "Peter" itu bkn dr nama Rasul Petrus? Ato ente setuju dg usulan ko kitong ganti jd Kaisar Nero? B kira ini nama yg paling cocok dg lu punya karakter. Karmana?

NAH, INILAH BUKTI KARAKTER KECULASAN MANUSIA SOK MORALIS INI. LU PUNG POTONGAN MACAM BEGINI KOK BRANI-BRANINYA POSTING MORALITAS DI SINI...BIKIN MALU SAJA (Peter)

Anonim mengatakan...

# All,

2. komentar KD look alis NK,

......Tanpa sadar gaya tuan sdh sama spt @bonggo yg tuan anggap spt kaleng rusak. Contoh: Tuan amat keberatan dikatakan sekolah tuan dibayari pemerintah dan teramat ngotot meminta @bonggo menjawab. Tp mengapa tuan tuduh saya dan NK orgnya sama? Tuan
punya bukti apa???........

HA HA HA KATA ORANG JAKARTA, INI BELAGAK PILON. HOEEEEHHH, SANDIWARA SUDAH BERAKHIR BUNG. SYAMSUDIN, AGUS, SEKARANG SAYA SUDAH TAHU SIAPA ANDA DAN ABANG ANDA SESUNGGUHNYA (LIHAT KOMENTAR SAYA TERHADAP BONGGO). SAYANG SEKALI ANDA SAMA SEKALI TIDAK BISA MENGIKUTI TELADAN HEBAT DAN MEMBANGGAKAN DARI ABANGMU YANG SATU LAGI (KAMI DI SINI BANGGA AMAT KARENA ABANGMU YANG SATU ITU HARUM NAMANYA DI SINI). SOAL MENGAPA SAYA NGOTOT MEMINTA BONGGO MEMBUKTIKAN SAYA KULIAH DIBAYARI PEMERINTAH KARENA SAYA MAU BERI BUKTI BAHWA ADA KEBIASAAN BRUK DARI BELIAU ITU, YANG DULU DIBUATNYA JUGA TERHADAP BM YAITU MENUDUH. KALAU ANDA DAN ABANG ANDA MAU TAHU YA DATANG SAJA KE SINI CARI TAHU LANGSUNG HE HE HE GTU AJAH KOK REFFOTTT...HA HA KEBIASAAN ANDA TUH...

,,,,,Yg membuat saya bingung, 3 figur disini (A, E, P) yg menjadi teramat marah untuk hal sepele dan 'lari' dari esensi persoalan adalah org kupang, NTT. Mengapa watak org timur spt itu??? Apa ada korelasi dgn keterbelakangan kita dalam segala bidang??? Sudilah tuan memberi pencerahan. Terima kasih.....

INILAH BUKTI AROGANSI MANUSIA ANEKA NAMA INI. PASTI YANG DIMAKSUDNYA DENGAN AEP ADALAH AGUS, EMAN, PETER. LANTAS, KDLUK MULAI MEMBRI STIGMA UNTUK AEP SEBAGAI PEMARAH. DIA LUPA BAHWA KETIKA SYAM MENGATAKAN DIA SEBAGAI KAFIR...MARAHNYA BUKAN MAIN. INI NAMANYA, MALING TERIAK MALING. LANTAS MUNCUL AROGANSI KHAS MELAYU YANG BERMUKIN DI BARAT (MID USA KATANYA): KARENA AEP ORANG NTT, ORANG NTT ADALAH ORANG TIMUR, DAN ORANG TIMUR IDENTIK DENGAN TERKEBELAKANG MAKA AEP ADALAH TERKEBELAKANG. ANDA AMAT SANGAT RASIALIS. GAWAT. SUNGGUH GAWAT. \

Tetapi, baiklah kata orang di Jogja hidup bagai gerak roda pedati. Sebentar di atas sebentar di bawah. Hari ini anda berdua harus menerima fakta bahwa MENCARI MUSUH AKAN MENUAI KESUSAHAN. Tapi, saya ingin mengajak kawan-kawan berpikir kembali bahwa apa tujuan kawan-kawan ke blog ini? Demi apa? Ilmu pengetahuan? Saya pikir tidak di sini tempatnya. Solusi praktis supaya Indonesia bisa cepat bagus? Saya tidak sependapat. Kalau saya memberi jawaban yang bisa mewaili kawan-kawan lain maka, (kalian sudah mengatakannya dengan benar) kami ke sini karena mencintai bigmike. Apa itu salah? Tidak bahkan itu paling benar karena bukankah BM sendiri bilang bahwa dia ingin menebar persahabatan? Saya emoh bersahabat dengan barang mati seperti blog ini. Saya mau bakawan dengan pemiliknya. Anda 2 orang setuju ko tidak dengan misi BM ini.

Jika setuju, MARI KITA BERDAMAI. SAYA SENANG MAU BERDISKUSI DENGAN ANDA TETAPI JANGAN MAIN TUDUH DAN SINIS. SAYA YANG TERKEBELAKANG INI TIDAK COCOK DENGAN GAYA BEGITU. SAYA LIHAT ANDA BERDUA, BONGGO DAN KD LOOK, COCOK SATU SAMA LAIN KETIKA BERDEBAT DENGAN CARA KALIAN. SILAKAN KALIAN SALING BERDEBAT SENDIRI TANPA MENGGANGGU KAMI YANG PUNYA NIAT BERSAHABAT DENGAN BIGMIKE (Peter)

Anonim mengatakan...

Buat Tuan a9us, Tuan Eman, Tuan Peter, Tuan Syamsudin. Tuan Proxy73 dan kawan-kawan:

Do you all feel better now???

-KD Look-

Anonim mengatakan...

@ KD Look,

Andalah yang harus saya tanyai tanyai: do you feel better now? Semua masukan yang diberikan ini, saya kaget ternyata banyak dan itu artinya saya tidak sendirian, seharusnya anda lihat sebagai "pil kina" yang dapat menyembuhkan "penyakit malaria arogansi" anda.
Penyakit yang anda idap "sangat mengganggu" persahabatan kami (jika saya boleh mewakili kawan-kawan lain)dengan bigmike. Semua kami tidak mencari anda di sini. Anda,saya dan semua kawan ADALAH TAMU di sini meski BM sendiri menganggap bog ini milik bersama. Nah, kebersamaan ini amat terancam oleh perilaku anda. Sadarkah anda akan situasi ini?

Once more bro, do you feel better now? (A9ust)

Anonim mengatakan...

Oh iya, Adik kadeluk,

Ada 3 saran saya:

1. Bacalah dan renungkan baik-baik komentar YES BTN. Jika orang sesabar dia, beta kenal orang ini, sampai menegur artinya, memang ada sesuatu.

2. Jika sudah lebih dari 2 sahabat yang merasa terganggu, tolong introspeksi diri baik-baik karena itu menunjukan ada sesuatu yang salah.

3. Kembalilah menggunakan nama Nyong Kupang. Nama itu jauh lebih akrab dan enak. Lebih mudah menimbulkan rasa kedekatan batin sebagai orang Kupang. Setuju ko? Eh, senyum dolo jang "muka asam" begitu ha ha ha. Syalom (A9ust)

Anonim mengatakan...

@ Ama luji,

Kalo sudah bangun dan baca blog tolong inga bae-bae acara ini hari. JANG SAMPE LU MALI'A LAI. Ketua paya oooo ha ha ha ha (A9ust)

Anonim mengatakan...

Buat Tuan a9us dkk

Do I feel better? I don't feel anything! Why? Because I don't have anything to prove here. You do.

I guess you are happy now because you are the pack leader. Good for you, but I must say all you are doing is to show off who you really are. And for that I truly feel sorry for you.

So please take my advice, GET MAD AND GET OVER IT!!! So next time we all could talk in more civilised manner because right now, you and your pack are proving what @bm said ealier, 'WE ARE A NATION OF COOLIE.'

-KD Look-

Anonim mengatakan...

@ KD Look,

Waktu anda bilang anda tidak merasa apapun saya AMAT TAKUT, sekali lagi AMAT TAKUT: KEJIWAAN ANDA TERGANGGU. Di Kupang ada orang nama Sias yang sering luntang-lantung di El Tari - Oebufu, kadang tanpa celana. Kalau ditanya ke dia: do you feel all right. Jawabnya pasti yes.

Hati-hati bung. Jawaban anda menandakan sensivitas anda terhadap rasa sakit sudah berkurang. Makanya new comer mungkin benar, anda mungkin sebaiknya 1 kelompok dengan Ryan Jombang si jagal. Waktu ditanya polisi apakah dia membunuh? Jawabnya TIDAK. WASPADALAH...WASPADALAH (Eman)

Anonim mengatakan...

@All,

Beta ada kumpul byk data:

@eman
manusia-manusia sinting itu.

New Comer
hey KD Look, KK Look anda pakai saja nama RJ Look alias Ryan Jombang Look. Hi..Hi....

Proxy73
ILMU LEWAT BERDEBAT SILAKAN PAKE BLOG LAEN AJAHHHH. JANGAN DI SINI .....OLEEE.....OLEEEEE...

Peter
COBALAH KITA LIHAT CARA SI MANUSIA INI BERNALAR. ... LU PUNG POTONGAN MACAM BEGINI KOK BRANI-BRANINYA POSTING MORALITAS DI SINI...BIKIN MALU SAJA (Peter)

Eman lagi
saya AMAT TAKUT, sekali lagi AMAT TAKUT: KEJIWAAN ANDA TERGANGGU. Di Kupang ada orang nama Sias yang sering luntang-lantung di El Tari - Oebufu, kadang tanpa celana.
... anda mungkin sebaiknya 1 kelompok dengan Ryan Jombang si jagal.

A9ust
yang tukang "kosi-kosi" seng tuan-tuan dong waktu masih kecil tahu persis ha ha ha ha ha ha .

tips saya: periksakanlah diri kalian ke psikiater.

A9ust to New Comer
Ayo terus kamu bisa.

Syam
Sayangnya, manusia 1/2 monyet.
Bung Agus, maju terus pantang mundur.

KD Look
siapa nama anda sebenarnya? Laki-laki atau banci?

A9ust lagi
Maaf, saya cuma mau membuktikan bahwa kalian ternyata tidak lebih baik dari kami.

Komentar
Ahh benar Bu Agus... Beta deng semua yg di atas itu tdk beda, plg tdk beda-beda tipis. Kl begini faktanya, mk ada ungkapan: SESAMA ANGKOT JGN SALING MENDAHULUI. Mgkn ini maksud dr komentar2 berikut:

Yes BTN
Saya sudah belajar banyak dari bigmike. Mengapa kalian tidak bisa?

Widyanto
....KALAU BISA BERSAHABAT MENGAPA HARUS BERTENGKAR......

Komentar lg
Buat Pak Yes, beta selalu belajar bahkan long life education utk mjd sama dg bigmike, bahkan sama dg Tuhan Yesus. Tp kl msh gagal juga, mnrt Pak Yes, beta ini hrs dikosi, dikeroyok, diusir dr blog ini, ato bagaimana?

Buat Mas Wid, beta sonde pernah kasi kata sarkastis ke Mas Wid. Tp krn sdh dianggap tukang bertengkar, mk pasti beta tmsk sasaran dr komentar Mas di atas. OK, beta terima. Terima kasih.

Buat yg komentarnya beta kutip di atas, trima kasih juga atas "kosi dan falungku" yg sdh dilayangkan. Beta tau, mmg begitulah cara kita org NTT. Tdk segan menggunakan kekerasan.

Beta cuma mau kastau saa, kekerasan tdk menyelesaikan masalah. Citra buruk mmg sdh melekat pd bonggo sjk awal. Jadi, hr ini kalian boleh pulang dg hati lega krn semua uneg2 emosi yg mengganjal sdh terluapkan lewat "kosi dan falungku" kalian.

Bonggo akan tetap bonggo dg gayanya yg sarkastis, tp tetap jaga etika sonde maki2 kalian. Beta hanya minta kalian jgn ikut2an mabok dan bawa2 nama lain yg punya imej baik di sini, hanya krn jengkel pd bonggo. Marah sm bonggo, yaa cukup bonggo yg tanggung bosong pung emosi. Beta kira kalian mangarti poin ini, krn kalian punya citra baik di sini dan perlu JAIM (jg imej).

OK begitu saa... Sampe jumpa di posting berikut.

-bonggo-

Anonim mengatakan...

Wah, pagi2 blog sdh panas hampir overheat. Tp, EGP... Itu urusan manusia2 yg punya sifat khas Kupang, suka umbar emosi. Sy cuma mau berjumpa satu org di sini.

Kutipan dr Peter
1. Komentar bonggo alias wilmana

himbauan
Pak Peter, sekali lg sy ingatkan agar jgn berlebihanlah. Dr dulu sy sdh minta anda buktikan komentar anda di atas bhw nama Wilmana identik dg Bonggo di blog ini? Dan, hingga saat ini, anda tdk setor bukti yg otentik. Jadi, rupanya anda ini sekedar menunjukkan karakter, spt yg org Jawa bilang, NGEYEL plus NDABLEG.

Sy jd curiga, anda ini bs jadi tlh terobsesi dg nama Wilmana. Krn sy cek semua data saya, tdk ada 'permusuhan' antara Peter vs Wilmana di sini. Ato @Peter punya data lain ttg kita di sini?

(Wilmana)

Anonim mengatakan...

@Eman and all

I can see you are one of a9us' followers. Good for you. Take this pill: GET MAD AND GET OVER! Because I WILL ALWAYS BE AROUND unless @BM ask me to leave this blog. For him I'll do anything.

So the way I see it, you have 2 choices: 1) keep being angry; or 2) be a more civilised. Again, YOU ARE YOUR PACK ARE ONLY PROVING THE FACT THAT WE ARE A NATION OF COOLIE. Think about it!

May God bless your soul!

@bonggo

Can't you see, these people are trying to get rid off us from here? They are somehow frustrated why @bm doesn't do anything about us. @Bm's love is equal, for us and them. But they don't like this and are trying so hard to convince @bm that no good keeping us here. Too bad they can't have it their way.

-KD Look-

Anonim mengatakan...

corretion to @Eman dkk:

Again, YOU AND YOUR PACK ARE ONLY PROVING THE FACT THAT WE ARE A NATION OF COOLIE. Think about it!

-KD Look

Anonim mengatakan...

@New comer

ah... sudahlah jangan bersembunyi dibalik tempurung. bagaimana bisa anda berdebat dengan sangat hebat dan dashyatnya di posting sebalumnya...

Walau anda salah satu pengikut @a9us yg sudah menuduh saya sbg perusuh tdk bermoral blah blah, tp pengamatan anda cukup jeli dan objektif. Untuk itu saya ucapkan banyak terima kasih.

-KD Look-

Anonim mengatakan...

Special to KD Look as your question:

Beta lia mgkn para sahabat (dr fakta, nampaknya mrk tdk anggap beta sahabat) ini kepingin menjadikan blog milik bigmike ini sbg 'surga' bg mereka. Mgkn sj mereka sdh terlalu jenuh dg dunia keseharian mereka yg penuh dg manusia2 licik, munafik, dan tukang marah yg menjadikan mereka sbg korban. Krn itu mereka benar2 tdk suka di 'surga' yg diharapkan bs memberi ketenangan ini, ternyata ketemu lg org2 macam kita yg di mata mereka berpotensi menjadikan mereka korban lagi. Krn itu pula mereka berkumpul, bersatu hati, utk menolak kita. @bigmike jg 'ditekan' utk kl bisa 'mengusir' kita dr sini.

Sonde salah juga ekspektasi mereka itu. Hanya mereka lupa bhw ini bkn surga. Ini cuma semacam laboratorimu praktek persahabatan dan kasih ala bigmike. Namanya jg laboratorium, mk tentu perlu ada semua unsur tipologi manusia. Krn kl tdk, bgmn bigmike mo kasi tunjuk love for all, jk tdk ada antagonisme di sini? Bgmn katorang bs mengerti cinta kl sonde ada cemburu? Bgmn katorang bs show forgiveness as our Lord's teaching, jk tdk ada yg menyakiti?

Para malaikat surgawi itu kan hanya hidup apa adanya sesuai perintah Tuhan. Kitalah manusia bandel, tukang marah, pendendam, dst., yg lalu mendefenisikan kewajaran hidup para malaikat itu dg istilah keren, LEMAH LEMBUT DAN PENGASIH. Msh ingat @Dosa dg doktrin Tuhan hanyalah sekedar konsepsi manusia?

Nah @KD Look, bbrp 'insiden' di laboratorium bigmike ini menunjukkan bhw kita yg sering sebut KASIH, ternyata msh gagal jg utk tdk marah dan balas-membalas dg kekerasan. Ternyata kita baru merasa dan kapingin menjadikan blog ini sbg 'surga' bersama. Baru ingin, krn faktanya kita msh saja terjebak utk menciptakan surga di sini dg kemarahan. Mengenyahkan 'dosa' di blog ini dg jln kekerasan.

Persis sama dg approach FPI. Mereka senang semua org (islam or non islam) hidup taat pd hukum islam bak di surga. Tp sygnya, mereka berupaya menciptakan 'surga' itu dg kekerasan yg melanggar hukum pula.

@KD Look, krn itu selama mereka itu msh menggunakan pendekatan kekerasan, beta kira jgn bermimpi kerajaan surga bs tercipta di sini. Kita dituduh sbg biang kerok, persis FPI yg menuduh Ahmadiyah, AKKBB, dan kristen sbg biang kerok dan perlu dg kekerasan diberantas.

Kl sdh begini, siapa yg menghianati bigmike? Kl beta su jelas ikhlas dg tuduhan sbg biang kerok dan penghianat di sini.

-bonggo-

Anonim mengatakan...

Ada data
hey KD Look, KK Look anda pakai saja nama RJ Look alias Ryan Jombang Look. Hi..Hi.... (new commer,JKTA)

Komentar
@New Comer, anda kan ikut dlm barisan @A9ust yg merasa diri sbg sosok yg baik2 di sini.

Spy sikapmu itu terbukti, bukan sekedar tepuk dada, mhn tunjukkan bagian mana dr stetmen sy yg mnrt anda membuat sy layak ganti nama pake RJ Look. Trima kasih

KK Look

Anonim mengatakan...

@Bonggo

I really like what you said.

Again, for @a9us, @Eman, @Peter, @Syamtua, @proxy73 and sejenisnya. Read THIS:

SAY WHATEVER YOU WANT, I WILL STAY HERE. SO GET USED TO IT!!!

-KD Look-

Anonim mengatakan...

@ KK look, bonggo, wilmana

KK look nongong yg tanggapi kadeluk. Bonggo omong yang manyaot Wilmana. Maka persis sudah dengan Om Sias. Omong sendiri bicara sendiri. Ah, lama-lama beta ingat kitong di kupang bilang "tanggapi orang gila" sama dengan orang gila. Maaf ma, beta blom mau gila ha ha ha ha ha (Eman, Oebufu).

Anonim mengatakan...

Oh tambah juga itu kadeluk,

Katanya dia mau tetap berdiri di blog ini. Mau cuek bebek. Eh kasian ee....su tua-tua...su pi amerika ...tarnyata jadinya sama dengan om Sias ha ha ha ha ha (Eman)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Saya penggemar berat anda. Tapi sayang blog ini lama-kelamaan berkembang menjadi "tong sampah". "Bau pesing" dan "busuk". Tidak beda dengan blog lainnya. Saya kecewa (Ryan)

Anonim mengatakan...

@ bung Vecky,

Sebelum saya off, saya minta 2 hal:

1. jaga nama baik ayahanda kalian dan juga big brother kalian, bigmike. Nama mereka "harum" di Kupang. Jangan karena gaya kalian itu, rusak citra mereka.

2. Anda "menuduh" kami sok jaga imaji tetapi anda dan adik anda ternyata juga sok jaga imaji. Sekali sok jago mau sok jagoan terus. Cara ini tidak akan selesaikan masalah. Kalau anda dan kadeluk mau maka mari tinggalkan gaya "sok jago" yang juga merupakan gaya kupang. Kami siap untuk memperbaiki "cara kupang". Bagaimana, setuju ko??????

Anonim mengatakan...

@Eman

Melihat tutur kata anda yg adalah org tua, cerdik pandai, study luar negeri, saya teramat kasihan.

Gaya org tua spt anda inilah yg mungkin, sekali lagi mungkin, membuat pemuda flores lari dari rumahnya dan rela jadi budak di negara org. Saatnya anda sebagai org tua berkaca. Mungkin bukan salah org malaysia. Mungkin pula bukan salah pemerintah. Mungkin salahnya ada pd anda sebagai org tua bagi generasi muda. Sudah saatnya anda berkaca diri. Tp saya tdk banyak berharap anda mau lakukan itu.

May God bless your soul.

@a9us

Sepertinya anda sudah 'desperate' dan harus keluarkan jurus pamungkas. WHAT DIFFERENCE DOES IT MAKE??? Vecky, Wilmana, bonggo blah, blah, why do you want so bad to prove his name??? Why???

-KD Look-

Anonim mengatakan...

@ KD Look,

Why katamu? Mau tahu atau pura-pura tidak tahu? Ama selalu menjunjung tinggi moralitas. Berbohong menggunakan aneka nama untuk menghujat orang lain itu ukuran moralitas apa?

Jadi, saya paksa kamu untuk secara jetelmen, supaya cocok dengan ke Amerikaanmu, mengakui bahwa anda terlalu "pengecut " untuk menggunakan cukup 1 nama guna "bertengkar" dengan orang laen.

Kalau anda masih begitu juga maka, memang menrut bta pantas sekali dulu si tukang kosi itu kosi-kosi bosong terus. Sebab bosong itu kepala batu. Nah, "bos tukang kosi" silakan jadawalkan ko kosi-kosi ini anak nakal dorang ni ha ha ha ha ha ha (A9ust)

Anonim mengatakan...

@ BM,

Ada 1 buku etinggalan dan beta ada bawa pulang. Besok ambel eee boss (A9ust)

Anonim mengatakan...

@a9us,

Kalau premis argumen anda adalah moralitas, maka MENGAPA anda hanya terobsesi dgn @bonggo dan saya??? Bahkan perlu membawa nama baik keluarga disini. Why??? Mengapa pula anda tdk menggugat yg lain??? Ada Eman, ada Peter, ada proxy73. Siapa mereka sebenarnya??? Siapa anda sendiri???

Anda sudah terlalu jauh berkata-kata disini, bahkan melebihi wewenang pemilik blog yg bersedia 'menyimpan' identitas kami. Saya ingin minjem kata anda sendiri. "Apa tdk malu ama BM?"

Tentang kosi-kosian, I am sorry but it is not funny anymore. You know what, I really give up on you. Saya tdk akan pernah memberitahu nama saya sebenarnya. Buat saya itu tdk penting. Tp kalau ini teramat penting bagi anda, silahkan 'paksa' @bm untuk menulisnya disini.

-KD Look-

Anonim mengatakan...

Drpd mangomel macang ke org gila krn prasangka2, lebe bae kasi tunjuk data. Krn org pintar dong slalu omong data tp ternyata they can not prove it anyway.

Nah, skrg beta mo kas tunju data baru:

Eman
Maaf ma, beta blom mau gila ha ha ha ha ha (Eman, Oebufu).

komentar
Dimaafkan... Sing waras ngalah...

A9ust
@ bung Vecky,

Sebelum saya off, saya minta 2 hal:


komentar
Wooee @eman, data di atas ni baru asli bikinan org gila. Beta cek di seluruh data sini, sonde ada yg namanya @Vecky. Artinya @A9ust ini lg maen jurus drunken master versi Chen Lung ato Jet Lee? Ha ha ha... Tp disarankan konsul ke psikiater, malah tersinggung.

Hati2 saa, te bet ada simpan etika bigmike di sini utk ttp menjaga kerahasiaan ID pribadi semua org di sini. Kebetulan beta blom pernah melanggar etika ini, termasuk etika tdk nulis isi kebun binatang di sini alias maki2 org laen. Bet jg ada simpan etika bigmike yg mengijinkan kita bertengkar di sini asal jgn ba maki org.

Sadiki lai katorang bisa tau siapa yg gila di sini krn berani2nya melanggar etika bigmike di blog ini.

Ryan
Saya penggemar berat anda. Tapi sayang blog ini lama-kelamaan berkembang menjadi "tong sampah". "Bau pesing" dan "busuk".

komentar
So, what gitu lho... ente ini pengagum bigmike ato blog ini, ato apa? Ato ente punya agenda agar bigmike kosi beta dr sini? Ah, omong pake bahasa terang saja, Boss.

Ah, lama2 beta jd bosen juga di sini. Krn semua org bukannya ikut bigmike punya sikap, malah rame2 jd beta pung pengikut di sini. Beta jd malas krn karakter bonggo yg ancor, sdh menular ke byk org di sini.

Paayyaahh... Paayyaah.. Knp sih musti niru2 beta? @A9ust dan pasukannya, be yourself-laahh... Karmana... bisa ko?

-bonggo-

Anonim mengatakan...

Ah, @bonggo... tdk perlu tunggu lama2 ini ada datanya:

Kutipan komentar bigmike Rabu 17 Juli 2008
Saya menghormati privacy setiap sahabat termasuk apapun komentar adan dan oleh siapapun adan itu. Mau satu orang 2 nama kek 1 orang 20 nama kek, ya biarkan saja. Anda bebas mengekspresikan diri anda: siapa anda. Blog inipun namanya berbincang tentang apa saja maka siapa saja mau berbincang...ya monggo....Si Wilmana pernah memprotes hal ini melalui komentarnya berikut ini: seharusnya BM memoderasi komentar...Masih ngat jawaban saya? Pilihan etis saya (dan ini tidak berarti pilihan ini etis menurut orang lain), ....membiarkan setiap komentar apa adanya..... Oleh karena itu, sikap ini harap tidak dikaitkan dengan intgritas dan sejenisnya. Justru kalau saya mengungkapkan satu persatu identitas sahabat yg saya kenal maka integritas saya patut dipertanyakan. Mengapa?

karena banyak di antara mereka sudah meminta kepad asaya untuk TIDAK MENGUNGKAPKAN IDENTITASNYA. Saya setuju dengan 1 syarat: JANGAN MEMAKI. Kalau hanya sekedar mengatakan tolol, bodoh, otak katak, penubruk tembok itu maaahhhh...soal gimmick semata...bukan makian, paling kurang menurut kriteria saya.

Semoga sikap dan pilihan etis saya saya dapat dipahami sahabat sekalian. Inilah alasannya mengapa saya tidak begitu perduli kepada identitas, siapa anda semuanya satu per satu.

Apakah perlu saya mencari tahu secara mendalam? NO WAY. Biarkan saja begitu. Biarkan itupun manjadi bagian dari "keindahan" blog ini. Nah, kalau sikap saya terhadap sahabat terkasih pak Syam dapat diterima maka seharusnya sikap saya terhadap puluhan nama lainnya diterima pula.

Ada banyak pekerjaan lain yg lebih produktif kebanding mengurus barang yang menjadi kewajaran di dunia maya.


Testimoni Syamtua 16/07/2008
Saya menemukan "keindahan" di sini. Keriuhan yang dibikin si bonggo, NK, Wilmana, Proxy73 dll adalah bagian dari keindahan itu (Syamsudin)

Harapan alias asaku
Moga2 dalam amarah yg meluap-luap, kita semua dg mjd AROGAN utk melanggar etika di atas. Trims

(Wilmana)

Anonim mengatakan...

Wah perlu ada koreksi...

tertulis:
Moga2 dalam amarah yg meluap-luap, kita semua dg mjd AROGAN utk melanggar etika di atas.

seharusnya:
Moga2 dalam amarah yg meluap-luap, kita semua jgn mjd AROGAN utk melanggar etika di atas.

Trims, Wilmana

Bigmike mengatakan...

Dear All,

Saya sedih mengikuti perkembangan diskusi belakangan ini. Mengecewakan. Kedewasaan ternyata tidak muncul juga. Saya sudah berupaya mengingatkan. Menghapus komentar yang keterlaluan. Akan tetapi apa yang saya tunggu tidak terjadi juga. Maka seperti janji saya dahulu, jika saya merasa beyond help, maka saya akan menutup blog ini. Sudah tidak ada gunanya. Sebaliknya dari kebaikan, persahabatan, dan kasih sayang malah kedegilan dan kebencian yang menyebar. Dari pada anda semua saling membcnci, dan blog ini mejadi penyebabnya, maka saya tidak punya pilihan lain. Sedih dan mengecewakan.

Anonim mengatakan...

@ bigmike,

JANGAN TUTUP. PLEASE (Proxy73)

Anonim mengatakan...

@BM & All

Baiklah, saya berhenti bertengkar. Buat semua yg kurang berkenan, saya mohon maaf.

-KD Look-

Anonim mengatakan...

Saya menyesal telah terpancing emosi dua manusia celaka itu. Mohon maaf (Eman)

Anonim mengatakan...

Ha ha ha beta sudah pernah bilang. "Adat buruk" manusia pemilik blog ini adalah jika marah dia akan pergi dari pada dia menjadi destruktif. Sayangnya adik-adiknya yang berlagak sok jagoan itu tidak mau mengerti juga.

Woiii tuan besar, jangan tutup blog. Jangan gara-gara segelintir orang lantas 7000 hits diabaikan. Apalagi beta jadi langganan internet gara-gara lu pung blog. I Love u my friend (Agust)

Anonim mengatakan...

@ Eman,

ha ha ha ama tenang saja. Beta tahu kepada siapa kedongkolan BM dialamatkan he he he he (A9ust)

Anonim mengatakan...

hiickssssss.....hiiicccckkksssss....jangan begitu doooooonggggggg....//Pritha//

Anonim mengatakan...

@a9us

ha ha ha ama tenang saja. Beta tahu kepada siapa kedongkolan BM dialamatkan he he he he (A9ust)


Anda amat luar biasa dalam kedegilan.

Kalau anda bergaya terus spt ini di lain posting, maka saya, manusia cilaka menurut org "suci" @eman, yg akan pergi dari sini. Semoga anda bahagia.

-KD Look-

Anonim mengatakan...

Syeedaaaap.........

gw demen komen2 yg beginian nie, stl lama 'neg dg komen2 SKSD - Suka Kamu Setuju Dukung. ya, maap2 aj kl sy terpaksa mengucapkannya: Bosseennn..... tau!!

Kalo gini nie baru tuh terpapar faktanya n aslinya para fans BM disini yg ternyata banyak AI alias Anak Indigo -- bukan Andak Indo Goblok, pls dee yaa... Awesome!! Sy banya belajar. Thengs ya....

@proxy73,
barangkali sy anak TK, tp sy ndak merasa tuh either Tukang Kompor or Tukang Kipas atopun Tukang Kosi2 tappiiii....... ..... ...... ............... (isi sendiri deh, EGP)

btw, kok komen om wil(mana) ga kedengaran fatwanya di postingan ini ya? apa lagi nyari selamat gara2 takut sy mutilasi kah? shg sdg mendalami agama yg katanya sendiri berisi cara2 penyelamatan diri dr dunia n akhirat?? kalo ada yg kebetulan ketemu, pls tell to him ya, sy udah kehabisan stok perbendaharaan contekan fatwa nih. Teriring salam semoga sehat2 selalu:

Jangan kau tolak dan buatku hancur
ku tak akan mengulang tuk meminta
Satu keyakinan hatiku ini:
Akulah yang terbaik untukmu

(Yovie & Nuno ~ Janji Suci)
Trims ya sebelumnya

~JM~

Anonim mengatakan...

@BM

maafkan saya yang juga turut ambil "peran" dalam kekacauan di blog anda yang ujung2nya tak lagi membahas tentang isi tulisan anda tapi lebih pada saling menghujat antara satau dengan yang lain. oleh karena itu, saya memilih diam (bukan berarti kalah) daripada menambah kekisruhan dalam blog ini yang awalnya mendatangkan kebahagiaan melihat isi tulisan di blog BM ini tapi sekarang jadi tidak menyenangkan lagi.

@KD Look, KK Look

anda berdua memainkan "peran" antagonis di blog ini dengan sangat baik. saya salut, dengan berbagai alter ego anda tetaplah sama, isi tulisan anda menceritakan semuanya. tapi saya setuju dengan "sesama bemo dilarang saling mendahului" sesama bangsa indonesia "yang belum merdeka" jangan saling ribut. lebih baik mari kita kembali membahas isi tulisan BM.(New commer, JKTA)

Anonim mengatakan...

Beta mmg dr awal dikenal sbg sosok imoral yg mengecewakan. Makanya drpd repot2, belakangan beta maen data saa. Ko org2 bermoral macam A9ust dorang selalu tepuk dada katanya "data dibalas data". Ternyata, cuma sekedar umbar kedongkolan dan kemarahan. Coba cek pengakuan salah satu prajurit @A9ust berikut ini:

Eman
Saya menyesal telah terpancing emosi dua manusia celaka itu. Mohon maaf (Eman)

Tapi si A9ust yg cap beta sbg manusia AROGAN, justru menunjukkan arogansinya mentang-mentag merasa diri sbg sahabat bigmike yg scr emosional tdk mungkin dimarahi bigmike di sini. Spy beta sonde dituduh berprasangka, mk cb cek fakta arogansi A9ust berikut ini:

A9ust
Ha ha ha beta sudah pernah bilang. "Adat buruk" manusia pemilik blog ini adalah jika marah dia akan pergi dari pada dia menjadi destruktif.

komentar
Lagi2 bermodalkan emosi persahabatan dg bigmike, si A9ust dg sombong pamer diri seolah-olah pingin tunjukin bhw sodara kandung dan org laen bigmike berani marah, tp itu tdk berlaku bg yg namanya A9ust.

Ini blom cukup. Coba lihat fakta arogansi A9ust yg mgkn tdk setuju dg permintaan maaf Eman kpd bigmike. Ini dia datanya:

A9ust
@ Eman,

ha ha ha ama tenang saja. Beta tahu kepada siapa kedongkolan BM dialamatkan he he he he (A9ust)


Komentar
Apapun itu, beta ingin menyampaikan penghargaan yg tinggi kpd @Eman, sekaligus kl berkenan jg maafnya sekalian jk beta tlh mjd "manusia celaka" buat ente. di mata beta, org yg punya kesadaran diri tinggi spt Eman, perlu hargai dg sangat.

Tapi fakta di atas, menunjukkan bhw A9ust benar2 manusia yg tdk punya kesadaran. Bayangkan sj, faktanya dr posting ke posting dia tergolong dlm kelompok org di blog ini yg disebut bigmike gagal mengendalikan diri dan mengumbar emosi sembarangan. Tp jk ada teguran bigmike, hanya dia yg merasa tdk termasuk yg ditegur. Eman lgsg merasa dan minta maaf, tp A9ust malah "cegah" permintaan maaf Eman krn mnrt A9ust komplotannya tdk mjd sasaran teguran bigmike.

Mmg benar @KK Look, we can not expect to much from a man like this.

@bigmike
Wah sekali lagi beta musti minta maaf atas "keriuhan" di sini (pinjam istilah @Syam). Bukan beta mau bela diri, tp beta ada data di mana sonde ada ujan angin @A9ust kilik2 ajak maen gila dg komporin Bu utk kosi deng beta. Beta lia, di otak si A9ust, krn dia tu sahabatnya Bu, mk dia boleh dg bebas bikin apa sj di sini, termasuk ungkapkan keburukan2 Bu di sini. Sementara kl beta yg kilik2 dia di sini, dia anggap itu arogansi dan mulai singgung2 masalah hubungan kekerabatan, bahkan tnp segan2 bicara ttg SGT, Vecky, dll disini. Yg artinya dia dg sengaja melanggar etika kerahasiaan identitas yg berulangkali dinyatakan Bu di sini. Knp ia bisa begitu lancang spt itu? Krn dia merasa sbg sahabat, tentu Bu rada segan menyebut namanya di sini. Dia bahkan yakin bhw kpd para adik, Bu lbh tega menegur drpd kpd dia yg sahabat. Pdhl, jelas2 di sini siapa yg melanggar etika blog ini.

Begini saa... Ketimbang blog ini dihapus, beta punya solusi juga. Supaya si A9ust sonde lg manfaatkan emosi persahabatan Bu deng dia utk tiap kali unjuk arogansi melanggar etika di sini, mk bonggo akan resigned dr sini. Pesan beta, sebaiknya laen kali kl ada yg ditegur, ada baiknya sebut nama satu per satu. Spy manusia spt A9ust bs sadar bhw dia adalah bagian dr yg ba tasibu, bahkan dg arogan, lancang melanggar etika di sini. @

New Comer, ente cerdas... Jauh lbh cerdas dr A9ust yg ngakunya data balas data, tp faktanya tdk dmkn. Mmg bonggo adalah sosok antagonis bg blog ini spy org bs ngerti, sengerti-ngertinya, bgmn nikmatnya bersahabat. Agar, conciousness penghuni blog ini terpicu why we need to share brotherhood in our world. Itu misi bonggo yg sjk awal merelakan diri dicaci maki, dijewer, bahkan dicap gila... Agar org2 yg merasa diri tdk gila, jg sadar siapa mereka sesungguhnya. Sayang sekali ini adalah kata2 akhir beta di sini. SELAMAT TINGGAL!!

-BONGGO-

Anonim mengatakan...

Abis makan siang, cek blog bigmike, ternyata ada call dr Mr Jimi, neh...

Mr JIMI
btw, kok komen om wil(mana) ga kedengaran fatwanya di postingan ini ya?

Wilmana tgl 21/08/2008
Pak Peter, sekali lg sy ingatkan agar jgn berlebihanlah. Dr dulu sy sdh minta anda buktikan komentar anda di atas bhw nama Wilmana identik dg Bonggo di blog ini? Dan, hingga saat ini, anda tdk setor bukti yg otentik. Jadi, rupanya anda ini sekedar menunjukkan karakter, spt yg org Jawa bilang, NGEYEL plus NDABLEG.

Sy jd curiga, anda ini bs jadi tlh terobsesi dg nama Wilmana. Krn sy cek semua data saya, tdk ada 'permusuhan' antara Peter vs Wilmana di sini. Ato @Peter punya data lain ttg kita di sini?

(Wilmana)


komentar
Anda benar Bro Jimi. Sy lg bertapa nunggu laporan @Peter yg sy minta kumpul data2 versi dia. Knp kok selalu mengidentikkan Wilmana dg Bonggo. Pdhl data versi sy menunjukkan sosok Bonggo yg antagonistik, smtr sosok Wilmana tdk segitu-gitu amat.

Krn itu, fatwanya nanti aja yaahh... Sampe jumpa di surga...

(Wilmana)

Anonim mengatakan...

@New Comer,

Sy C7 dg anjuran sdr. Kita berdialog tnp embel2 umbar emosi, OK? Bgini.

Sy minta sdr utk tunjukan data pendukung kesimpulan sdr bhw sy ini layak ganti nama mjd RJ Look.

Sayang sekali... Kenyataannya, sdr tdk mengajukan data pendukung yg saya minta, malah nambah tuduhan baru bhw sy ini maen peran antagonis.

Krn itu, sesuai keinginan bigmike, jg spt yg ditonjol2kan si A9ust di sini, bhw yg benar itu adalah "data dibalas data". Maka, sambil menunggu sdr buktikan permintaan utk sy ganti nama mjd RJ Look, sy skrg minta lg sdr utk buktikan dg data bhw sy ada maen peran antagonis. Lengkap dg ukuran2 yg sdr pake utk berkesimpulan bahkan memberi rekomendasi ganti nama kpd sy.

@ All,
Sy cuma pingin ingetin bhw tnp data dan ukuran yg jelas, mk pendapat seseorang bs tergolong sekedar main prasangka. Artinya, dg main prasangka, org tersebut sdg berperan antagonis di sini. Knp? Krn prasangka hampir selalu berujung fitnah. Fitnah bs bikin org tersinggung, dan ahirnya timbul keributan.

Awal keributan di sini dimulai dg prasangka @A9ust bhw KD Look "memaksa" Pritha. Prasangka A9ust ini diprotes KD Look, lalu mulailah mereka bertengkar. Periksa data dialog A9ust vs KD Look hr Selasa, 19/08/2008 di atas. Lalu sy tegur KD Look spy tdk berprasangka sj. Dmkn jg sinyalemen sarkastis sy buat A9ust krn dia yg tua kok malah bikin pertengkaran spt anak kecil. Tp fakta yg ada menunjukkan kedua insan ini sdh tdk bisa mengendalikan diri lg. Lalu dtg bonggo di pihak KD Look dan A9ust jg muncul dg pendukung yg lbh byk lg. Scr faktual kita dpt melakukan trace-back tjdnya perang sinisme dan sarkasme yg di luar kesadaran mereka, sdh mkn korban byk, termasuk mengecewakan pemilik blog ini.

Krn itu kl kita bicara fairness, mk bukti2nya sdh jelas bhw sebaiknya jgn suka berprasangka lalu ngotot berkesimpulan. Kl ada pendapat ato argumen org laen yg krg jelas, sebaiknya kita bertanya drpd lgsg berkesimpulan, apalagi ngotot lalu bertengkar. Kl sdh bertengkar pasti mengundang kawan2 dan pertengkaran ahirnya jd meluas di sini. Pdhl semuanya bermula dr urusan sepele KD Look yg bertanya, lalu A9ust menimpali dg prasangka.

Sy berharap kita mjd maklum dan bs jaga diri utk tdk berprasangka yg hanya menimbulkan pertengkaran lagi. Kl gak, siap2lah utk pindah ke blog bigmike yg di wordpress sj.

KK Look

Anonim mengatakan...

@ All,

Sorry sorry sorry. Beta minta maaf. Tapi seharusnya kitong janji dolo bahwa setiap diskusi harap fokus ke topik. Jangan menjadikan lawan diskusi sebagai sasaran olok-olokan. Kalau setuju nih beta kasi jabat minta maaf (A9ust)

Anonim mengatakan...

@ KK look,

Pengamatan yang bagus. Memang itu akar masalahnya. Teralu banyak prasangkan lantas emosian sendiri. Rasanya memang beta dan beberapa tukang tasibuk musti blajar dari anak ganteng ma kaboak yaitu si pemilik blog ini yang cool cool culun he he he he (A9ust)

Anonim mengatakan...

@ All

Bacalah keterangan gambar bigmike di Aceh, Kalau bisa bersahabat mengapa harus bertengkar. Renungkan baik-baik. Saya juga ingin merenungkannya (Syamsudin)

Anonim mengatakan...

@ bonggo,

Anda mau pamit? Saya harap tidak. Karena anda bagian dari kepingan persahabatan di sini.

Masalahnya adalah: semua pencitran anda itu adalah defenisi anda sendiri tentang anda. Tidak ada verifikasi dari sahabat lain. Tidak ada pemahaman bersama. Berbeda misalnya dengan BM yang "ideologinya" diumumkan. Akbatnya, bagi kami anda "sangat kasar" dalam bertutur kata. Bahkan terhadap bigmike.

Saya merasa anda "menjadi tidak enak" karena BM seperti mengarahkan telunjuk hanya kepada anda. Sebenarnay tidak. Saya juga merasa dituding juga. Saya menerima itu dengan baik. Pertanyaannya, mengapa anda begitu tampak "mutung?". Saya punya hipotesis tetapi sebaiknya anda jawab sendiri.

Sekarang tentang bonggo dan wilmana. Dalam percakan anda dan MR JIMI, nama saya disebut dan saya mau menjelaskan. Menurut saya, W da B adalah oknum yang sama. Ketika itu percakapan kita memang terkait identitas sebagai cara untuk menunjukkan kejujuran. Karena sebelumnya anda mencaci maki saya menggunakan orang kudus yang saya pakai. Menggunakan nama orang kudus untuk menghantam saya anda kira etis? Saya tidak mengerti. Anda mau dihargai oleh BM dan semua tetapi cara-cara anda sering tidak etis. Sekarang mutung. Qou vadis mas??????

(Peter)

Anonim mengatakan...

@ Pak Mike,

Beta minta maaf kalo salah. Tetapi beda dengan yang lain, beta tidak akan minta pak Mike tutup blog. Saya yakin pak Mike tidak akan seperti itu. Pak tidak bertipe "mutungan" kata orang jogja.

Saya rasa pak Agus keliru kalau menganggap BM beradat buruk kalau marah. Ketika liburan saya dapat ceritera dari jaringan saya bahwa yang terjadi di PGRI misalnya adalah "pengorbanan BM" bukan "mutung". Situasi ketika itu membutuhkan ada yang harus dikorbankan. Di situlah jiwa besar BM diuji. Bukan dia yang diminta mundur tetapi dia memilih mundur untuk keamanan semua. Supaya pak Mike tahu, itulah alasannya mengapa saya merasa perlu untuk bertemu Pak Mike secara pribadi di Jogja. 1 Alasan, saya mengagumi BM.
Itulah teladan dari Tuhan Yesus. Mau berkorban demi orang lain.

Dengan keyakinan begitu, saya tunggu posting pak Mike berikutnya. Tuhan memberkati Pak Mike (Peter)

Anonim mengatakan...

Sedih (Sherly)

Anonim mengatakan...

Wah kebetulan Tuan Peter ada di sini.

Begini, Pak. Kita bicara fair sj... Sy punya asumsi anda bkn org baru di dunia netter, ato blogger. Jadi soal merahasiakan ID adalah hak setiap induvidu dan itu adalah etika dasar dunia netter.

Krn itu, saya tdk minta argumen bernuansa prasangka spt di atas. Sy minta DATA yg otentik dr anda to prove your hypotesys that Wilmana dan Bonggo adalah netter yg identik. Istilah kasarnya, kalo sy bilang Peter dan Bonggo adalah dua netter yg sama, tentu anda jg minta bukti, kan?

Nah, kl anda tdk bs buktikan, mk sy minta, sekali lagi, SAYA MINTA anda berjiwa besar utk cabut kembali hipotesis anda yg berbau prasangka itu!!! Silahkan anda samakan bonggo dg Peter ato A9ust, ato siapapun. Mgkn mereka tdk keberatan, tp kl anda coba2 samakan Wilmana dg Bonggo, jelas sy akan minta spy anda buktikan!!

Sy tdk mau kita terjebak pd kasus A9ust vs KD Look yg main prasangka, lalu ngotot dan ahirnya toh yg muncul hanya satu kata, MAAF. Kl cuma itu, knp tdk dr awal dibereskan sj?

Kl anda punya masalah dg kejujuran org laen, itu mslh psikologis pribadi anda sendiri. Artinya, kl anda merasa omongan sy di sini tdk bs anda percayai, ya silahkan sj itu hak anda. Apa urusannya anda ngotot sy musti jujur mengakui prasangka anda bhw Wilmana identik dg bonggo? Apalagi itu jelas2 melanggar etika bigmike di sini.

Tp sejujurnya, sy tdk perlu maaf dr anda. Sy cuma minta anda kasi bukti omongan anda dan kl tdk ada bukti kuat, tdk perlu berdola-dali, cukup cabut saja tuduhan tsb. Itu saja.

(Wilmana)

Anonim mengatakan...

@bonggo:

Pdhl semuanya bermula dr urusan sepele KD Look yg bertanya, lalu A9ust menimpali dg prasangka.

@agus:

Pengamatan yang bagus. Memang itu akar masalahnya. Teralu banyak prasangkan lantas emosian sendiri.

Why did a9us did what he did??? Ini:

Maka sayalah yg kena sial-sesialnya disini karena kemudian datanglah @eman, @peter, @new comer, @syamsudin dkk menghojat dan memaki saya sebagai manusia 1/2 monyet, katak, org gila dll. Kasar, teramat kasar.

So what's now???

Saya hanya minta, mari kita adu argumen sesuai moral etika blog ini. Kalau tdk sanggup berargumen, tdk perlu menuduh saya si A atau si B, apalagi membawa-bawa nama baik keluarga. Untuk apa???

Terakhir, ini dari hati. Saya bukan sahabat anda, begitu pula sebaliknya. Kami hanya 'kenalan' disini. Sudah banyak kata yg menyakitkan yg tdk mungkin membuat kami bersahabat. Tp bukan berarti kami tdk bisa saling menghormati sebagai sesama manusia.

@Peter

Ini khusus untuk anda. Setelah mencaci maki saya di posting yg lalu, anda berjanji untuk menjawab gugatan saya. Anda pergi begitu saja untuk kedua kalinya tp kembali di posting ini untuk menumpahkan kemarahanmu, menuduh saya si A, si B blah, blah mirip si a9us. What can I expect from you now? How low can you go now???

@bonggo

GET YOUR BUTT BACK HERE AND I MEAN IT!!! IF YOU DON'T, THEN YOU ARE A LOSER MY BROTHER MAN. ALL THOSE HOLY MAN NEED US. WITHOUT US, THEY DON'T HAVE A CLUE ABOUT THEIR HOLINESS. DON'T YOU GET IT???

-KD Look-

Anonim mengatakan...

Koreksi:

Kalimat ini: Why did a9us did what he did??? Ini:

Seharusnya tdk ada.

-KD Look-

Anonim mengatakan...

@ Wilmana,

saya masih di sini. Masih surf cari bahan-bahan yang saya perlu.

Cara membuktikan itu bukan hanya dari IPnet dan seterusnya. Ada cara lain untuk mentrack back bahwa anda dan bonggo adalah pribadi yang satu. Ada yang namanya data primer dan data sekunder.

Kalau saya ulas analisis saya, saya kuatir menyinggung pak Mike. Saya sangat menghormati dia dan jangan paksa saya membawa-bawa nama beliau.

Anda tidak mau menerima maaf dari saya ya sudah. Tidak apa-apa yang penting saya sudah mengucapkan kata itu. Mungkin inilah yang membedakan kita bung (Peter)

Anonim mengatakan...

@ KD Look,

Saya juga mau ucap maaf ke pad anda. Tidak terima tidak apa-apa. Tapi saya sudah mengucap. Kalau saya tanggapi omongan sudara, saya takut kita ribut lagi (Peter)

Anonim mengatakan...

@Peter

Baiklah, sebagai anak Tuhan saya diajar juga untuk memohon maaf dan memberi maaf. Mari kita adu argumen yg wajar tanpa mempersoalkan siapa saya sebenarnya, siapa abang saya blah, blah. Soal gimmick saya terbiasa tp harus fair. Jgn saya colek, anda bawa parang. Saya salah 1, anda tuduh saya 10. Ini gaya @eman yg teramat kasar. Dalam permohonan maafnya ke @bm, dia masih bilang saya manusia cilaka.

Sekali lagi, saya mohon maaf.

-KD Look-

Anonim mengatakan...

@A9ust
Tapi seharusnya kitong janji dolo bahwa setiap diskusi harap fokus ke topik. Jangan menjadikan lawan diskusi sebagai sasaran olok-olokan. Kalau setuju nih beta kasi jabat minta maaf

Mhn maaf sy kritisi saja. Anda tdk boleh begitu, krn setiap sosok di sini memiliki keunikan masing-masing. Krn itu fakta keragaman yg alamiah apa adanya, justru hrs kita jaga. Sy yakin anda kan tdk inferior thd keragaman di blog ini maupun dunia di luar sana. Tp mmg ada kecenderungan persepsi bhw perbedaan itu berpotensi mengganggu kenyamanan shg ada preferensi utk saling meniadakan.

Sy tergelitik oleh nukilan bonggo (alm) bhw mmg benar dia, kita tdk boleh sinis thd org2 yg kita persepsikan sbg 'nakal', 'tukang olok-olok', dst. Sinis sj tdk boleh apalagi marah dan benci lalu usir. Krn faktanya, 'nakal', 'tukang olok', atau karakter sejenis ada jg dlm diri kita semua cuma beda porsi sj. Terbukti, keriuhan kl ini andalah yg mjd salah satu pelopor.

Apalagi jk kita mengaku punya cita2 spt bigmike, to share brotherhood with others, no matter who they are. Dlm konteks "tdk peduli siapa org itu", mk para sahabat dg karakter 'pemabuk' spt bigmike, Mr Jimi, anak NKRI, bonggo (alm), KD Look, Pritha, dll., adalah tantangan bahkan ujian bg konsistensi kita membagi persahabatan (sy lbh suka pake istilah brotherhood = persaudaraan).

Krn itu, jk anda menolak kena olok, sinis, kilik2, dan kelakuan2 mabok lainnya di sini, rasanya itu kontraproduktif dg makna dasar "berbagi persaudaraan" yg mjd tujuan blog ini. Apalagi, faktanya anda sendiri jg tukang olok orang, agitatif, gimmick, dan sikap2 mabok sejenisnya.

So, bg beta... Kunci utama buat kita di sini adalah saling memahami kelebihan dan kekurangan msg2 sosok yg ada di sini. Sy yakin anda begitu PD membicarakan kelemahan2 bigmike di sini, krn yakin beliau tdk akan marah pd anda di sini. Melihat pengalaman bonggo dulu, sy yakin, kl org lain melakukan itu, mgkn reaksi bigmike bs berbeda. Knp anda dan bigmike bs dkmn enjoy dg gaya2 'miring' begitu? Krn sdh saling memahami, kan?

Nah, silahkan renungkan hal ini. NO matter if you don't agree w/ it. Mo bantah, silahkan.. Mo pake gimmick boleh saja... Bahkan mo olok juga wellcome...

(Wilmana)

Anonim mengatakan...

Woooi @wilmana, saya hari ini bersedih hati karena kehilangan @bonggo. Kalau saya harus kehilangan sdr, maka saya akan pergi juga dari sini. So, lets soldier on my brother man!

Kembali ke laptop, saya 'amini' pikiran sdr dan itulah esensi persoalan saya dgn @a9us dkk. Mengapa harus mempersoalkan nama? Kalau saya dipaksa memakai nama pemberian org tua disini, apa bedanya? Saya akan tetap menjadi saya yg berkarakter unik.

Adoooooooooooooooh, mengapa hal begini saja kok diributkan??? Mengapa tdk mengurus org miskin disekitar kita??? Bukannya banyak tuh di Indonesia??? Again, debat disini hanya membuktikan kita bangsa kuli. Sebuah realitas keindonesian yg teramat menyakitkan yg membuat kita lari mencari 'surga' disini. Eeehhh.... tau-tau disini ada 'setan' bonggo (almarhum), wilmana, KK Look dan saya. Sial bagi mereka. Tp harusnya bersyukur karena kalau mereka mau pingin mengikuti teladan Tuhan Yesus (kata si @peter), disini ladangnya. Tebarlah benih-benih cinta. Jangan colekan dibalas pakai parang, tombak dll. Kalau boleh tambah. Penyakit Indonesia, selain culas adalah KEMUNAFIKAN. Mau bantah??? Silahkan. Saya tunggu.

-KD Look-

Bigmike mengatakan...

@ KD Look,

Culas dan Munafik tidak monopoli orang Indonesia. Sifat-sifat itu integral dalam kompleksitas sistem perilaku manusia yang dikontrol oleh kompleksitas sistem sarafnya. Sigmund Freud menjelaskan panang lebar perkara-perkara itu dan mengkaitkannya dengan naluri seksual.

Bukti bahwa penyakti itu memang sudah dari "sononya" bacalah Alkitab dan kitab-kitab suci lainnya. Sifat-sifat negatif seperti itu harus dilawan karena merupakan penuntun ke pada dosa.

Jangan terlalu cepat memberikan stigma tanpa data yang kuat dalam variabel yang tepat. Anda bisa disebut memfitnah Indonesia. HIDUP INDONESIA bung

Anonim mengatakan...

@Peter

Trims atas respon cepatnya.

Pertama, maaf sj sy liat anda cuma berdola-dali dan spt biasa it does not prove anything. Sayangnya, anda krg berani utk mencabut tuduhan anda. Blom lg anda sengaja melupakan tuntutan sy agar anda buktikan dg data bhw Wilmana ada bikin permusuhan dg @Peter di blog ini. Tp gapapa, sy bs maklum dg sifat beginian. No problem.

Kedua, sy jg berharap anda paham dg esensi dr tuntutan sy. Apa untungnya bg anda utk ngotot dg prasangka Wilmana = Bonggo? Anda berharap dpt mengubah bonggo mjd spt anda yg merasa diri sbg sosok yg sopan dan baik2 di sini? Dr data komentar2 anda di sini, nampaknya tdk juga, kecuali anda hanya ingin menikmati bs mempermalukan org lain di sini.

Ini kan satu bentuk sikap tak terpuji jg. Lalu bgmn mgkn anda dg berani tunjuk hidung org lain? Inilah esensi dr tuntutan saya, Pak. Apa untungya menghakimi org, pdhl mgkn stok dosa2 kita malah lbh byk dr dia? Laen halnya kl anda sukses menjaga konsistensi sikap dan tutur kata di sini. Tp faktanya, anda kan termasuk yg sibuk minta maaf di sini.

Terahir, sy bilang tdk perlu maaf anda. Lalu drmn anda berkesimpulan bhw sy menolak itu? Lalu dg prasangka itu anda tarik garis perbedaan di mana sy anda posisikan punya sifat jelek dan anda sebaliknya. Ah, jgn terlalu berlebihanlah, Pak. Bigmike bilang satu jari anda tunjuk sy, tp tiga jari ada tunjuk diri sendiri. Hati-hati, kawan....

(Wilmana)

Anonim mengatakan...

Woee KD Look,

Kitong sama2 marga 'Look'. Lu yg tua dan beta yg muda. Jadi jang beking malu maen tudu Indonesia culas dan munafik... Kemarin Eman yg protes, skrg bigmike, sabantar lai, anakNKRI. Jadi kl maksudnya kebanyakan manusia indon, yaa sebutkan itu. Jang lu maen pukul rata samua... Lha yg rasa diri TULUS (bkn Fren) bs tersinggung, toh?

Kl beta sendiri setuju deng lu... Ini ada datanya. Berita sore ini di TV One, anak2 SMA Lembata keleleran di Kramat Jati krn Pimpinan Rombongan dan Bendaharanya meninggalkan mereka begitu saja. Ini benar2 gila...

Eh omong2 soal Eman, lu tak usa simpan hati. Dia itu mmg suka omong 'anak celaka' krn dia sendiri anak celaka dlm arti sebenarnya. Beta ada simpan data komentarnya bhw dia itu dr kecil byk didera penderitaan (celaka 13). Untunglah krn otak pintar jd stlh dewasa penderitaan itu cuma tinggal kenangan. Jadi, ketimbang lu simpan hati deng dia, lebe bae anggap saa org mabok yg omong, toh?

KK Look

Anonim mengatakan...

@BM

Kanjeng Mas, perkenankan beta merespon spt ini.

Betul, manusia dimana saja sami mawon alias sama saja. Tp mengapa di t4 kami, manusianya relatif lebih baik ketimbang di Indonesia dimana keculasan dan kemunafikan nyaris sempurna?

Beta tdk pingin dicap tukang fitnah. Tp lalu mengapa nama Auloh, Tuhan Yesus, dewa ini dan itu penuh dimulut org Indonesia tp tdk dalam tingkah laku?? Bagaimana mendamaikan 2 fakta ekstrim ini???

Tentang Sigmund Freud, manusia menarik, jaya pd masanya tp bernasib sama spt pemikir besar lainnya, Karl Marx. Redup. Mengapa? Teori mereka asyik diperdebatkan dalam laboratorium akademik ttp gagal total kerika di aplikasikan. Mari tengok ini:

Teori Freud: Setiap manusia punya nafsu seks yg teramat kuat, bahkan diam-diam pengen bersetubuh dgn org tua kakak adik sendiri, incent. Begitu?

Menurut Steven Pinker, seorang cognitive psychologist, melalui proses evolusi yg panjang, manusia menjadi makin cerdas yg menghindari persetubuhan sesama darah. Mengapa? Karena melahirkan biological abnormalities. Jadi teori Freud dipatahkan oleh fakta emperik evolusi. Tp ini jgn dibilang ke @syamtua karena nanti dia cap kami agen kekafiran, hi hi.

Anyway, diatas adalah argumen asli sekuler. Kalau argumen kitab suci saya amini 100%. Semua manusia berdosa, kecuali Nabi Isa, sang junjungan.


-KD Look-

PS: Beta son mau berdebat ooo. Katong cuman ada banyak tanya sa, hi hi.

Anonim mengatakan...

Prihatin dengan apa yang di perlihatkan oleh sodara-sodara smua. saya tau semua disini berisi orang-orang hebat dan pandai. dari percakapan kliatan memang kita smua BLUM MERDEKA...
HAL paling sepele memaafkan saja SULIIIT dan meminta MAAF saja sulit.
kata orang hal tersulit dan terberat dalam hidup kita adalah MEMAAFKAN dan MEMINTA MAAF baik kepada DIRI kita dan kepada orang lain... (he he pas lagi nonton film kartoon LAST AVATAR : LEGEND OF AANG. Yang bercerita bahwa Kebebasan/kemerdekaan sejati ketika manusia dapat melakuka kedua hal di atas tadi)
Selanjutnya kata BGMIKE, yah PERLU ADA SIGNIFIKANSI dalam bersikap dan berprilaku.
bagemana sodara-sodara, orang-orang pintar (asal bukan dukun) ...???
(SOGT)

Anonim mengatakan...

@SOGT

Apa lagi akronim ini? hi hi

Saya juga dulu penggemar Last Avatar tp sayang tdk tamat. Saya sampai pd episode dimana Aang belajar pd seorang guru tua untuk mencapai ilmu tertinggi, menjadi pendekar avatar. Tp saya agak terganggu dgn filosofi ketimuran sang guru tua. Untuk mencapai level tertinggi, avatar, Aang harus bisa bebas dari keterikatan duniawi bahkan harus bebas dari rasa cintanya kepada sang kekasih hati. Bagi saya ini yg terberat. Bagaimana menurut anda??

Eniwe, kembali ke laptop! Esensi pikiran anda kena-mengena dgn apa yg sudah saya sampaikan. Saya teramat yakin anda hendak katakan bukan tuturan 'saya minta maaf' dan 'saya maafkan' yg terpenting ttp sikap. Kami org Indonesia tuturan 'mohon maaf' selalu menghiasi bibir kami. Bahkan setiap tahun, pd hari raya lebaran, baik muslim maupun non muslim teramat fasih berbahasa arab, minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan bathin. Tp kata-kata tsb hanya nempel dibibir, tdk turun ke hati yg lalu keluar dalam tindak tanduk kami.

Nah menurut anda, mengapa kami amat cpt bertutur kata maaf tp tdk dalam tingkah laku?

-KD Look-

Bigmike mengatakan...

Bung Yes, BTN

Dum Spiro, Spero adalah proverbs Latin yang secara harafiah berarti "selama masih ada nafas masih ada harapan" (while I breathe I hope). Makna lesikalnya adalah hidup yang berpengharapan. Hidup tidak boleh berhenti berharap. Hidup jangan berputus asa. Dalam Alkitab di I Kor. 13 :13 termuat tentang 3 hal terbesar yang dimiliki setiap orang yaitu Iman, Harap dan Kasih. Menurut para teolog, inilah hakekat dari Iman kita kepada Yesus Kristus.

Semoga penjelasan ini bermanfaat. Tuhan Memberkati

Bigmike mengatakan...

@ KD look,

Saya baru kembali dari menengok ibunda saya. Dia sehat dan saya senang.

1. Ini bukan perdebatan tetapi saya ingin menjalankan fungsi moderasi dengan jalan MENUNJUKAN bahwa diskusi bisa dilakukan dengan baik jika pikiran diarahkan. Kebetulan anda datang dengan suatu statement (dalam bahasa ilmiah kita sebut saja hipotesis atau tesis), dan saya mencoba mempertanyakan dasar pengajuan hipotesis/tesis tersebut.

2. Ketika anda mengatakan bahwa ...penyakit Indonesia, selain culas juga munafik...maka ada masalah besar di situ menurut teori sintesa kerangka berpikir.

2.1. Diskusi akan menjadi "tidak karuan" ketika anda berdiri pada ketiadaan data/fakta/argumen yang signifikan. Duga-duga akan dibalas duga-duga, kira-kira akan dibalas kira-kira dan ujungnya...kita tahu...Contoh: awal pertengkaran Peter dengan anda dimulai justru ketika dia mulai menanyakan....kalau indonesia culas maka apakah....si a si b si c dan d...culas? Anda pasti ingat apa kelanjutannya.... kacau atau tertib? ....he he he he

2.2. ketika diskusi ingin dilakukan terarah maka akan ada pertanyaan seperti begini: siapa Indonesia yang anda maksud, hasil pengamatan terhadap berapa banyak orang yang menghasilkan kesimpulan bahwa Indonesia culas dan munafik, bagaimana anda membuktikan bahwa dari total 225 juta orang indonesia semuanya culas dan munafik, apa itu defenisi culas dan munafik, apa tolok ukur culas dan munafik. Dan masih amat banyak lagi pertanyaan yang JIKALAU ANDA TIDAK MEMILIKI TOLOK UKUR YANG VALID, RELIABEL DAN OBYEKTIF, lantas lawan diskusi juga tidak dalam tolok ukur yang sama maka HAMPIR PASTI DISKUSI AKAN TERJEBAK PADA SITUASI ASAL NGOTOT. Masih ingat tamsil tentang sekumpulan orang buta memegang gajah. Sebagain ngotot bahwa gajah adalah lebar dan tipis karena yang dipegang adalah telinga. Yang lain mengatakan bahwa gajah itu runcing karena yang dipegang adalah gadingnya. Apa masalah orang-orang buta ini? Tidak ada kesamaan persepsi tentang tolok ukur atau variabel yang digunakan. Ujung debat orang buta yang meraba gajah akan sama seperti pada butir 2.1. Dan andapun pasti bisa menduga bagimana nasib perdebatan demikian.

3, Tentang Teori Sigmund Freud. Saya akui bahwa apa yang saya sebut di dalam komentar saya yang terdahulu terbatas hanya satu itu. Anda menyebut 1 teori milik Freud. Tetapi sesungguhnya teori Freud lebih banyak dari itu. Jika ditautkan dengan teori pakar lainnya maka pasti tambah ramai. Anda menyebutkan pakar yang membantah Freud tetapi anda belum bilang tentang begitu banyak pakar yang mendukung Freud dan bahkan membuat pengembangan lebih lanjut terhadap teori Freud. Tapi bukan tentang itu point saya. Point terpenting saya adalah bahwa tentang naluri dasar manusia, dalam kasus ini adalah culas dan munafik, selalu tidak pernah eksklusif milik satu bangsa atau ras tertentu. Secara potensial dan laten dia ada pada semua manusia sebagai organisme hidup. Dalam konteks ini, saya memasukkan ide-ide yang ada dalam kitab-kitab suci yang mengenali betul bahwa sifat-sifat buruk seperti culas dan munafik ada pada semua orang. Jika demikian jangan membuat simplifikasi begitu rupa sehingga seolah-olah culas dan munafik eksklusif milik Indonesia. Simplifikasi pernyataan hanya akan berhadapan dengan simplifikasi resistensi. Dan hampir pasti akan membawa diskusi kembali berujung pada situasi seperti pada butir 2.1 dan 2.2.

3. Tapi, ini kalau boleh saya duga berdasarkan komentar balik anda, yang anda maksudkan kurang lebih begini.....orang Indonesia selalu tampak kurang mampu menata perilaku dasar organismenya dalam konteks perikehidupan sosialnya sehari-hari.... Hal itu saya simpulkan dari pernyataan anda bahwa .....(saya ambil saripatinya) ...kenapa orang Indonesia pintar ayat tetapi perilaku payah.....Kalau dugaan saya benar maka masalahnya harus diekstensikan pada soal environmental. Contoh: Si A yang emosional ketika hidup di lingkungan dengan budaya taat hukum yang baik, akan tidak mudah bagi si A untuk menjadi penjahat. Sebaliknya, si B yang kalem dan suka membaca ayat tetapi ketika lingkungannya mengajarkan bahwa darah orang lain halal ditumpahkan karena tidak sepikiran maka si kalem baik itu bisa menjadi mesin penghancur sesama. Nah, kalau begitu maka soal anda, Indonesia, culas, dan munafik akan mendapatkan ruang diskusi yang lebih pas jika diletakkan pada perspektif budaya, norma sosial, perkembanagn sosial masyarakat, transformasi nilai-nilai dan lain sebagainya.

4. Lalu, itulah yang ingin saya ajak kepada semua kawan di sini, jadi tidak secara ekslusif hanya KD look, ayo mulailah belajar cara-cara berdiskusi yang terarah. Salah satu keunggulan budaya barat yang saya tahu, dan memang harus kita akui, antara lain terletak pada KEMAMPUANNYA BERPIKIR SECARA TERARAH. Tidak hantam kromo. Tidak debat kusir.

Semoga penjelasan saya ini dapat dipahami di dalam konteks kemanfaatanya. Moga-moga KD look dan lain-lain masih ingat apa yang pernah saya kemukakan tentang aspek-aspek epistemologi, ontologi, dan aksiologi pengetahuan, ilmu, diskusi dan seterusnya.

Akhirnya, saya berharap kita semua bisa memulai diskusi dengan cara-cara yang lebih baik. Dum Spiro, Spero

Anonim mengatakan...

Siaaaap Graaaak. Siaaap pak Doktor. Kami siap berdiskusi lebih baik he he he (A9ust)

Anonim mengatakan...

Tapi boss jangan lepas fungsi moderasi karena kekacauan ternyata bisa terjadi karena missingnya fungsi ini. Jadi, jangan menyerahkan semuanya pada pembaca (A9ust)

Anonim mengatakan...

@BM

kenapa orang Indonesia pintar ayat tetapi perilaku payah.....Kalau dugaan saya benar maka masalahnya harus diekstensikan pada soal environmental. Contoh: Si A yang emosional ketika hidup di lingkungan dengan budaya taat hukum yang baik, akan tidak mudah bagi si A untuk menjadi penjahat. Sebaliknya, si B yang kalem dan suka membaca ayat tetapi ketika lingkungannya mengajarkan bahwa darah orang lain halal ditumpahkan karena tidak sepikiran maka si kalem baik itu bisa menjadi mesin penghancur sesama. Nah, kalau begitu maka soal anda, Indonesia, culas, dan munafik akan mendapatkan ruang diskusi yang lebih pas jika diletakkan pada perspektif budaya, norma sosial, perkembanagn sosial masyarakat, transformasi nilai-nilai dan lain sebagainya.

Dugaan Kanjeng Mas (KM) tidak salah, right on target, dan kalau ini contoh diingin disampaikan agar kita disini dpt berdiskusi dgn lebih terarah maka saya angkat topi setinggi-tingginya.

Di blog ini, saya sengaja mengambil peran antagonis yg selalu melempar hipotesis/tesis yg bombastis untuk memulai sebuah diskusi. Mengapa begitu? Karena saya berada di ditengah samudra fanatisme pembaca yg secara subyektif, menurut saya, berlebihan. Burukkah? Tergantung bagaimana kita lihat! Tp peran saya (plus alm @bonggo) 'berhasil' memunculkan karakter kuat dan unik semacam @a9us, @eman, @peter @syamtua dkk. Dan akhirnya, dalam keberagaman karakter inilah, harapan saya, kami lebih bisa saling mengenal, bermesraan, bertengkar, bila perlu, dan saling meminta dan memberi maaf. Semua dijalani dgn apa adanya tanpa 'topeng' manis dimulut, jahat dihati.

Tp harapan tinggal harapan karena saya ketiban apes melulu. Mengapa? Karena stigma negatif yg diberi. Pokoknya KD Look busuk tak bermoral. Pokoknya KD Look arogan. Pokoknya....pokoknya... Tp saya terima karena kami masih belajar beradaptasi dgn moral etika unik ala blog ini.

Kembali ke laptop! Saya berterima kasih KM tdk memberi stigma buruk kpd saya sehingga walau harus menduga hipotesis saya ttg keculasan/kemunafikan Indonesia, KM lakukan itu dalam semangat persahabatan yg tulus. Dan untuk itu saya ucapkan terima kasih.

Terakhir, karena saya seorang 'kanan' maka saya 'anti' aturan 'penguasa' karena kami bisa mengurus diri sendiri. Fungsi moderasi perlu jika memang kita manusia bebal tak bernurani yg tdk bisa belajar dari kesalahan. Moderasi perlu hanya untuk menjaga kita tdk saling memaki.

Sebelum pamit, saya ingin 'follow up point' ini yg disampaikan @BM:

Indonesia, culas, dan munafik akan mendapatkan ruang diskusi yang lebih pas jika diletakkan pada perspektif budaya, norma sosial, perkembanagn sosial masyarakat, transformasi nilai-nilai dan lain sebagainya.

Budaya dan norma sosial khas Indonesia manakah yang memberi ruang sifat culas dan munafik bertumbuh nyaris sempurna???

Begiut saja.

-KD Look-

Anonim mengatakan...

Tambahan:

Pertanyaan saya diatas tdk secara khusus untuk @BM. Bagi siapa saja yg tertarik berdiskusi.

Khusus @wilmana atau @KK Look, tuan harus bisa jawab ini!

Trims - KD Look

Anonim mengatakan...

Sambil menunggu kalau-kalau umpan saya diatas di'makan' oleh pasukan yg menuntut diskusi sehat, saya pingin ngoceh tentang Sigmund Freud.

Sebenarnya saya masih menunggu jawaban @Pritha yg mengutip pikiran Freud diatas. Tp sudahlah. Lupakan saja!

Saya katakan bahwa Freud adalah salah satu sosok yg paling dibenci oleh oleh kamu beragama. Mengapa? Dalam bukunya 'The Future of an Illusion' Freud berargumen Tuhan dan agama merupakan wish fulfillment. Bagi Freud, Tuhan & agama adalah 'disney land' bagi manusia yg 'lari' dari kenyataan hidup yg penuh deraan kesusahan, penyakit yg berakhir pd kematian. Begitu? Mari lihat bahas dari sisi sekuler guna menghindari doktrin 'pokoknya' dan rasionalitas.

Saya bisa mengerti jika sekumpulan manusia 'menciptakan' konsep surga, dimana tidak ada sakit penyakit, tdk ada kesedihan dan tdk ada kematian. Masuk akal. Tp saya tdk bisa mengerti kalau manusia yg sama mau menciptakan konsep neraka. Ingat, argumen Freud! Tuhan dan Agama adalah t4 pelarian manusia belaka, not because they are true, but we wish them to be true. Dus, siapa yang mau bermimpi hidup selamanya dalam siksaan api neraka??? Kalau 'kebebasan' yg ingin diraih, mengapa pula Kekristenan miliki moralitas yang berbasis pada 10 Hukum Allah, jangan berbuat ini dan itu?? Bukankah hanya menambah beban hidup yg sudah berat???

Agaknya argumen tuan Freud, tanpa sadar, menjadi bumerang bagi dirinya sendiri. Karena mengharapkan ketiadaan Allah adalah juga sebuah 'wish fulfillment' sekedar menghindar moralitas baik menurut 10 Hukum Allah.

Teramat menarik jika ada yg sependapat dgn Freud dlm hal ini. Saya tunggu sanggahannya. Trims.

-KD Look-

Anonim mengatakan...

Ralat kalimat ini:

Mari lihat bahas dari sisi sekuler guna menghindari doktrin 'pokoknya' dan rasionalitas.

Seharusnya:

Mari kita bahas dari sisi sekuler dan rasionalitas guna menghindari doktrin agama 'pokoknya.'

Cheers

Anonim mengatakan...

Kaka KD Look,
Pertanyaan saya diatas tdk secara khusus untuk @BM. Bagi siapa saja yg tertarik berdiskusi.

Khusus @wilmana atau @KK Look, tuan harus bisa jawab ini!


tanggapan
Bu, stlh @Wilmana larang Bu pake embel2 'Tuan' bgnya, sy yg jd sasaran baru, ne. Tp ndak apa-apa... Daku malah tersanjung, ne. Trims :)

KD Look
Semua dijalani dgn apa adanya tanpa 'topeng' manis dimulut, jahat dihati.

tanggapan
Setuju... Sy sendiri ndak nyangka dan ikut terjebak dlm sandiwara bersama antara sdr dan bonggo (alm) itu. 'Korban' terberat, mhn ijin pake istilah ini, adalah @A9ust. Data blog ini menunjukkan tnp sengaja beliau loss control dan melanggar dua butir etika bigmike pd blog. Pertama, nyebut nama "Vecky" dg maksud membuka rahasia org lain; kedua, 'mengatai' (bc: maki) sy sbg binatang kaki seribu (kakadok?). Tp sy liat, beliau sdh meminta maaf. Jadi, moga2 di masa depan lbh bs kontrol diri.

KD Look
Tp saya terima karena kami masih belajar beradaptasi dgn moral etika unik ala blog ini.

tanggapan
Sdr musti hati2 dg kalimat di atas. Tdk ada mslh dg standar moralitas blog ini, (a) menghormati kerahasiaan setiap nama yg berpartisipasi dlm blog; (b) tdk boleh mengeluarkan kata2 makian. Dua butir ini adalah visi bigmike yg dijabarkan dr misi blog ini yaitu berbagi persaudaraan dan cinta kasih tp anti atheis.

Yg jd masalah di sini adalah, para sahabat blogger yg blom bs melepas nilai2 pribadi utk lebur sepenuhnya ke dalam sistem nilai blog ini. Ketika dunia di luar sana menghina org gila, mk pr 'pendekar gila' di sini jd obyek hinaan pula. Bersedia bersahabat asal etikanya yg diberlakukan, bkn etika blog ini. Sosok dg kebiasaan suka omong blak2an, asal bunyi, dan pakai gimmick, dipastikan bakal dituduh arogan, mc cilaka, bahkan gila ato sinting. Ukuran kejujuran adalah kesediaan membuka rahasia pribadi, pdhl bigmike justru mempertahankan kerahasiaan. Dan, msh byk lg cth2 perilaku kita di sini yg ndak selaras dg etika blog ini.

KD Look
Budaya dan norma sosial khas Indonesia manakah yang memberi ruang sifat culas dan munafik bertumbuh nyaris sempurna???

tanggapan
Sbtlnya permintaan bigmike kpd sdr itu esensinya sm sj dg persoalan anakNKRI wkt menolak simpulan bigmike ttg indonesial. Cm bedanya, bigmike punya data dari majalah luar negeri.

Jadi sdr coba renungkan knp Ken Arok musti begitu culas thd Mpu Gandring dan Kebo Ijo, bahkan mengambil alih istri dan takhta Tunggul Ametung, org yg berjasa besar bg martabatnya yg dulunya cm maling? Dlm cttn saya, selanjutnya nilai2 culas dan khianat ala Ken Arok hampir selalu mjd bagian dr alih kepemimpinan di nusantara.

Kl msh blom paham juga, yaa tanya lg sj, toh?

KK Look

Anonim mengatakan...

@KK Look

Terima kasih atas respon baliknya.

Karena besok hari Minggu, sebagai bahan renungan kita semua menyikapi debat yg berakhir dgn 'kematian' @bonggo, saya pingin kutip ini:

To err is human; to forgive, divine. (Alexander Pope).

Begitu saja dan sampai jumpa di posting berikutnya.

-KD Look-

Anonim mengatakan...

@ All,

Selamat hari minggu.

Saya senang karena meski ada yang terucap dan ada yang tidak, tampaknya uluran jabat maaf saya bisa diterima. OK. Kita mulai babak baru.

Saya setuju sama BM bahwa suatu pernyataan harus jelas tolok ukurnya. Ini yang saya makasudkan dari dahulu bahwa harus ada data yang kuat untuk mendukung statement kita. Berkaitan dengan topik ini, lagi-lagi saya setuju sama BM bahwa keculasan bukan eksklusif milik Indoensia. Waktu KK look memberi contoh tentang Ken Arok maka apa yang akan kita sebut terhadap kelakuan raja Saul yang "irihati" atas ketenaran Daud. Daud sendiri keterlaluan dalam kesyirikannya nenginginkan isteris Uria, si Batsyeba.

Mari kita pikir, apakah situasi kemasyarakatan Indoensia = Israel ketika itu? (A9ust).

Anonim mengatakan...

@ Pak Mike

Selamat hari minggu. Sayang sekali tidak ada renungan minggu. Sebaiknya jadwal posting pada hari sabtu adalah renungan hari minggu. Shalom (Yes, BTN)

Anonim mengatakan...

HA HA HA HA I'M BACK

KALIAN SEMUA KENA KUALAT COZ UDAH NGATA-NGATAIN INDONESIA. SIALAN, BANGSA KULI. KALIAN MAKAN DI MANA. KALIAN TINGGALA DI MANA. WAKTU BAYI DI MANA KALIAN KENCING? ANAK YANG KUALAT SAMA IBUNYA AKAN BERTENGKAR SENDIRI ...HHUAAAAA HA HA HA...SI EMAN KENA BATUNYA KAU SKARANG ..WAKAKAKAKK....

SALAM MERDEKA SAYA HANYA UNTUK BIGMIKE: M E R D E K A BUNG

(ANAK NKRI)

Anonim mengatakan...

Yaaaaaaahhhh si tukang berteriak datang lagi..ha ha ha dendam sama Eman yaaaa....?????? ha ha ha (A9ust)

Anonim mengatakan...

eh eh eh...ada yang unik, kata sandi saya untuk verifikasi komentar adalah COEHLLI....ha ha ha banyak di antara kita, termasuk saya, ternyata adalah kuli amarah ha ha ha ha ha dasar kuli. Lucu (Agust)

Anonim mengatakan...

Dear all, Assalamualaikum:


Senang sekali karena "kericuhan" bisa berakhir dengan baik. Tetapi saya mendukung bahwa BM harus memainkan peran moderasi, paling kurang untuk sementara waktu. Pengalaman menunjukkan bahwa hanya ketika BM "turun tangan" keadaan baru dapat terkendali.

Saya sepenuhnya mendukung pikiran BM bahwa KESIALAN Indonesia terletak pada masalah lingkungan kita di mana lingkungan tidak hanya lingkungan biofisik semata-mata. Inilah yang dimaksudkan oleh Bung Karno dulu sebagai pembangunan karakter bangsa(national charackter building). Sayang sekali, proses NCB ini dipotong begitu saja oleh Soeharto yang tentara pragmatis itu. Di masa reformasi, kita lantas asik dengan aneka rupa eksperiman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sementara karakter manusianya terus terabaikan. Inilah menurut pemahaman saya apa yang terjadi dngan Indonesia hari ini (Mang Ihin)

Anonim mengatakan...

Eh, Bagea mang Anak NKRI. Kumaha. Damang? he he he he Lieur (Mang Ihin)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Sekarang hari minggu. Blog tidak ditutp. Terima kasih karena saya masih bisa "bakincang" di sini ha ha ha (Eman)

Anonim mengatakan...

@ ANAK NKRI

Lu tetap katak tapi peace man karena saya juga sudah "kena batunya" sama bigmike he he he (Eman)

Anonim mengatakan...

Haloo, selamat hari minggu. Ketika gw nyari artike KASIH pake' goole search gw ketemu blog seperti ini di WP. Btw, dalam blog ini terdapat banyak artikel Kristiani yang amat bagus. Selamat membaca. Tuhan Yesus Memberkati (DoJC)

Anonim mengatakan...

@KKLook

saya sudah bilang sya tak mau memancing "keributan" baru dalam blog ini. tapi karena disuruh memberikan "data" kenapa saya menyebut anda RJ Look, coba lihat saja isi komentar anda (hampir tak ada bedanya dengan isi komen KD Look seakan-akan anda berdua "1 kepala yang sama")tak perlu lagi saya copy paste lagi kan? komen2 anda dengan "darah dingin membantai" habis-habisan a9ust, syamsudin, dll sama seperti kisah RJ (ryan jombang) semua ini yang mengakibatkan kemarahan dari "sang korban". atau begini saja, supaya fair anda dan saya tak perlu berdebat lagi tapi ckup jadi "pendengar" saja. kita berikan pada kawan2 semua yang lain untuk mengatakan mana yang benar saya atau anda (ingat jangan ada alter ego) lagi. dan 1 yang paling penting : SELANJUTNYA JANGAN ADA KEMARAHAN LAGI. jikalau saya yang salah dengan bsar hati akan saya terima.

@ANAK NKRI

He He.. anda ini lucu.

@BM

maafkan jika dengan komentar ini bisa saja timbul keributan baru tapi sungguh saya sedikit pun tak bermaksud begitu. Last..... sesama bangsa kuli yang belum merdeka jangan saling "mendahului(new commer).

Anonim mengatakan...

@ BM,

Sorry agak lama nggak nongol. Sekali nongol eh malah banyak keributan ...wakakakakekekek...tipikal bloggers Indonesia tuh...Nggak pa2 dech..Cuman kok produktivitas menurun banget???? Agustus cuman 4 tulisan. Ngapain aje bosZ?????? (Erick, Jkt)

Anonim mengatakan...

slamat hari minggu smuaaa...
KD look, saya yakin apa yang menjadi pertanyaan anda seenarnya anda pasti tau... tapi juga harus menjadi bahan perenungan diri bagi anda dan barang tentu bagi kita semua. kegagalan manusia dalam meraih kemerdekaan JUSTRU karena kita belum merdeka dari dalam diri kita. kita blum bebas dari amarah kita, bebas dari EGO kita, bbas dari kesombongan kita dll. Knapa, yah karena itu semua hanya KULIT luar saja. smua karena kita selalu merasa kita yang paling hebat, paling bisa, paling benar, karena kehebatan dan perbuatan kita dst...tanpa menyadari bahwa kita juga MC yang banyak lemah n kekurangan. manusia sering membohongi dan berdusta akan dirinya. contohnya kita sering berdusta kalo satu saat kita salah!! kalo begini yah sulit...
karena itu KD LOOK, bagemana kita bisa mengakui kesalahan dan minta maaf kepada orang lain.? caranya gampang2 sulit.. ahhh anda tau itu.
1. berani katakan dan mengakui kalo kita salah... ampuni dirimu!!
2. Katakan Maaf kepada orang lai setelah itu.
cuman itu... TAPI banyak orang sulit dan blum merdeka untuk melakukan itu...
(SOGT)

Bigmike mengatakan...

Daear All,

Wah diskusinya masih ramai di sini. Silakan saja. Saya gembira karena suasana sudah nyaman. Udara sudah sejuk. Mau bertengkar? ya boleh-boleh saja tetapi.....yach pandai-pandailah menjaga diri anda.

Eric dan NKRI: kemana aja ente? kalau ente nanya mengapa saya berkurang produktivitasnya maka mungkin karena anda berdua "menghilang" he he he he

Ya sudah, selamat berdiskusi

Anonim mengatakan...

hoooo...hhooooo...hoooo...makin dewasa dia orang pade...wakakakekekek...tinggal gw ding nyang kagak dewasa he he he he Jadi malu....oleeee...oleeeee ...dewasa...(Proxy73)

Anonim mengatakan...

@New Comer
saya sudah bilang sya tak mau memancing "keributan" baru dalam blog ini. tapi karena disuruh memberikan "data" kenapa saya menyebut anda RJ Look, coba lihat saja isi komentar anda (hampir tak ada bedanya dengan isi komen KD Look seakan-akan anda berdua "1 kepala yang sama")tak perlu lagi saya copy paste lagi kan? komen2 anda dengan "darah dingin membantai" habis-habisan a9ust, syamsudin, dll sama seperti kisah RJ (ryan jombang) semua ini yang mengakibatkan kemarahan dari "sang korban".

Comment
Sy sdh hopeless sm anda, krn tdk jg mampu memahami pertanyaan, "mana datanya?" Bukannya kasi data malah ngotot dg kesimpulan berbau fitnah, bahkan menambah daftar tuduhan lagi dg klaim sepihak bhw (a) sy ini satu kepala dg KD Look dan (b) pembantai berarah dingin.

Hampir sj sy tertular penyakit anda utk berkesimpulan klas rendahan bhw anda ini rupanya satu kepala jg dg A9ust. Untungnya sy cuma pingin yg pas2an sj, tdk tinggi, jg tdk rendahan, jd malas berkesimpulan berbau fitnah spt itu.

So, kl anda tdk bs kasi data yg jela, tdk perlu byk bacot alias berprasangka. Anda tdk perlu ngaku, krn sy toh cuma mengajukan fakta anda yg tnp data. Spy jelas, nih sy kasi kutipan dr org yg anda tentu sdh kenal: Saya setuju sama BM bahwa suatu pernyataan harus jelas tolok ukurnya. Ini yang saya makasudkan dari dahulu bahwa harus ada data yang kuat untuk mendukung statement kita.

Kl tadinya si komentator ini mendukung anda, mk bisakah anda skrg mensupport dia?

KK Look

Anonim mengatakan...

@Agus... Apa yang sdr tuduhkan kpd KD Look, Cs di atas sebetulnya itulah yg sdg sdr lakukan kpd @New Comer. Sdr 'menggosok' @New Comer seolah-olah dia adalah ayam aduan yg sdr persiapkan disabung dg @KD Look, Cs.

Sdr memberi label KD Look Cs sbg pendendam, tp cara sdr menggosok @New Comer justru mjd alat bukti otentik bhw sdr bertipe pendendam.

Yg diluar dugaan saya adalah, sdr juga dg berani melabel rekan sdr, bigmike, sbg spesialis Pelaku kekerasan. Setau sy, bigmike sdh berubah. Trus, data drmn yg sdr pake utk berkesimpulan buruk ttg bigmike? Sy tdk sdg komporin bigmike bahkan sy yakin dia bukan tipe sdr yg gampang marah. Sy cuma mau menyadarkan sdr bhw hati2 dlm berkata-kata.

Himbauan saya. Sdr kan katanya org tua. Mgkn sedikit lg sdh oversex (>50thn). Berlatihlah sabar, bijaksana, dan tdk perlu merespon hal2 sepele yg mmg mjd mainan anak kecil yg usil. Dlm psikologi, anak bandel itu tdk boleh didera cambuk atau tendangan kungfu (kosi), tp dipeluk, dihargai, dan diarahkan dg kasih sayang.

Kl sdr doyan melihat anak2 bandel dianiaya oleh bigmike di sini, sy yakin itulah kelakuan sdr sm anak2 di rumah. Krn itu, sy setuju anjuran @KD Look di posting sebelah, agar sdr segera memeriksakan diri ke Psikiater.

Mhn maaf, kl ada kata2 yg keliru ato berlebihan. Sy agak prihatin soalnya.

KK Look


Comment
@ New Commer

Di atas adalah komentar sy tgl 20/08/2008. Coba anda tunjukan bagian mana yg membuat anda menganggap saya layak ganti nama jd RK Look.

KK Look

Anonim mengatakan...

Maaf saja sdr A9ust, yg saya tangkap dr data2 di atas adalah nampaknya sdr tdk menghendaki byk hal dilakukan org lain pd sdr. Tp sayangnya, apa yg tdk sdr sukai org lain lakukan pd sdr, ternyata dg sadar sdr melakukannya juga. Malah nampaknya sdr menikmati itu, sambil tertawa-tawa. Apa artinya data ini?

Just proved that you don't do for others what you want them to do for you. Lbh dr itu, sdr tentu tau artinya adalah apa yg saya sampaikan kpd sdr pd komentar sy sblmnya, memang ada buktinya yaitu pengakuan sdr sendiri. Data di atas menunjukkan sy tdk sedang membangun prasangka atas diri sdr, lalu bikin kesimpulan tnp dsr spt tuduhan sdr thd sy di atas.

Kl sdh begini, apa gunanya sdr membela diri abis-abisan sambil menuding pihak laen? Mau bermaen-maen dg ana kici, bermaenlah sepuasnya. Tp kl sdr tdk mau bermaen-maen dlm kolam, jgnlah menceburkan diri, eventhough you already prepared an excuse i.e., 'mau coba2 cr org lain'. Tp ingat, kl sdr mmg punya niat 'busuk' hanya ingin mencobai pihak laen, mk ada jg risikonya. Sdr hrs berani tanggung itu dan tdk perlu bawa2 nama @bigmike mentang2 dia itu sahabat sdr. Krn toh dr data yg ada, atas nama persahabatan, sdr dg AROGAN dan entengnya, mempublikasikan masa lalu yg krg enak dr bigmike yaitu, suka maen kekerasan. Sdr lupa, lain dulu lain skrg. Skrg ini, kekerasan adalah hal yg paling tdk disukai bigmike. Kita semua tau itu.

Sy membatasi percakapan dg sdr sampe di sini sj. Kl sodara tdk bisa paham jg, yaa itu berarti tena harapan. We can not expect too much from you to make a change in you. Qui sera-sera... What ever will be, will be.. You have chosen your way. Sy tdk kaget lg jk di kmdn hari sdr akan terus-menerus jd bulan2an emosi sdr sendiri, tp tnp sadar selalu pihak lain yg dipersalahkan.


KK Look


comment
@New Comer

Ini jg komentar sy tgl 20/08/2008. Sekali lg anda coba tunjukin ke saya bagian mana yg anda anggap cukup beralasan utk sy ganti nama mjd RJ Look.

Yg pasti pd komentar yg sblm ini, sy jelas2 menutupnya dg permohonan maaf yg tulus kpd si A9ust. Apa bagian ini yg anda anggap sy perlu ganti nama mjd RJ Look?

KK Look

Anonim mengatakan...

A9ust
@ KK look,

Pengamatan yang bagus. Memang itu akar masalahnya. Teralu banyak prasangkan lantas emosian sendiri. Rasanya memang beta dan beberapa tukang tasibuk musti blajar dari anak ganteng ma kaboak yaitu si pemilik blog ini yang cool cool culun he he he he (A9ust)


@New Comer
Di atas adalah data berupa respect comment dr A9ust yg anda anggap sbg korban pembantaian berdarah dingin oleh sy. Lha kl kita maen data begini kan jd jelas... Apakah usulan anda agar sy ubah nama mjd RJ Look itu cuma prasangka, ato mgkn hanya krn saat itu lg mabok amarah saja.

Sy tdk menuntut anda minta maaf pd saya, tp agar anda ikuti petunjuk A9ust di atas spy laen kali jgn asbun, tp tolong basis datanya jelas. OK?

KK Look

Anonim mengatakan...

@KK Look

Sebagai pendatang baru, anda lumayan cemerlang 'bermain' kata disini. Jgn terlalu berharap banyak ama @new comer. Sudahlah, mending anda jawab pertanyaan saya diposting atas.

Terima kasih.

-nyong kupang-

nb: ada salam hangat dari KD Look. Dia sedang liburan barang sebentar. Pasti nanti datang juga.

Anonim mengatakan...

@KK Look

ah..... malas saya berdebat dengan anda. sedangkan anda sendiri berlagak bodoh, jelas saya sudah saya katakan bahwa anda sendiri sebenarnya telah mengetahui apa yang anda tanyakan. sedangkan dengan berbagai alter ego anda mencoba menyembunyikan jati diri anda sebenarnya. tapi, sudahlah seperti kata bigmike tidak apalah, dalam dunia blooger ini sudah hal biasa. anda meminta saya memberi data mengapa sampai saya katakan anda RJ Look, yah karena anda sama saja seperti KD Look dengan komentar2 pedas membantai "sang korban" antara lain a9ust dan syamsudin (ingatkah anda mereka menjadi kesal pada posting sebelum2nya?). TAPIII, saya telah menebak siapa anda, tidak lain dan tidak bukan NK alias Kadeluk alias KD Look alias KK Look. Mengapa??? anda mau "taputar" dan "berdolah dalih" bagaimanapun tapi dapat terbaca saat nk akan memberi posting tulisan terbaru pastilah anda "bertapa" dari nama nk dan "turun gunung" dengan nama lain. mau bilang saya asbun?? lihat dulu diri anda. (new commer)

Anonim mengatakan...

Woiii new comer, lu ni beking malu org kupang saaa, bodok berargumen tp gaya macam tuhan allah. Lebe bae lu diam sa, teee makin banyak lu omong, makin kelihatan lu pung bodok, ha ha ha ha... (late commer)

Anonim mengatakan...

New Comer
TAPIII, saya telah menebak siapa anda, tidak lain dan tidak bukan NK alias Kadeluk alias KD Look alias KK Look.

Ha ha ha.... Akhirnya keluar juga pengakuan New Comer... Ternyata pendapatnya tdk lebih dari sekedar maen tebak-tebakan. Pantasan sonde mampu kasi tunjuk data...

@Late Comer, sudahlah tak perlu emosi dg sosok yg bisanya cuma menuduh dan memfitnah. Msh lbh baik bossnya yang paling tdk berani berpendapat bhw kalo bikin stetmen hrs jelas datanya. Bigmike bilang, hrs jelas ukurannya. Bukan cuma sekedar maen tebak-tebakan.

KK Look

Anonim mengatakan...

@New Comer

Mhn maaf sy ikut nimbrung. Sy kira Kakaluk ada benarnya. Gaya2 main tebak spt anda inilah yg membingungkan. Sy liat ukuran2 yg anda pake utk bikin tebakan jg asal-asalan sj. Knp?

Pola muncul-ilang setiap sosok di dunia netter tdk menentu. Anda mau percaya ato tidak, spt bigmike, saya kenal scr kopi darat dg semua nama yg anda sebutkan itu. Dan terpaksa sy musti bilang bhw tebakan anda keliru. Scr data blog-pun sebetulnya sdh jelas membuktikan bhw tebakan anda keliru. Pengguna nama NK domisili di Australia. Kadeluk di USA. Kalo KK Look, kbtln sy kenal orgnya tinggal di Jakarta.

Apa moralitasnya ketika sy mengungkapkan hal ini? Tiada lain adalah pesan bhw tdk ada gunanya kita mengutak-atik urusan pribadi org di sini. Kedua, anda kan sdh akui bhw berprasangka, main tebak, dan sejenisnya adalah perbuatan naif di sini. Yaa sdhlah... Akui sj, minta maaf, dan kelar. Anda mau?

(Wilmana)