Minggu, 02 Agustus 2009

michael

Dear Sahabat Blogger,

Nama lengkap saya adalah Ludji Michael Riwu Kaho. Semua sudah tahu itu. Sapaan saya di dunia maya adalah Bigmike. Semua sahabat juga sudah paham tentang itu. Tak ada yang baru. Zonder ada perkara aneh. Akan tetapi...eeeeiiittttssssss.....jangan terburu-buru dulu. ....Justru di antara barang-barang biasa itu saya menemukan satu keunikan, yaitu yang bertalian dengan nama MICHAEL. Gerangan apa? Begini:

Pertama, baru saya sadari bahwa nama Michael adalah juga nama salah seorang malaikat surga. Nama ini disebut baik di Alkitab maupun di Al-Quran. Di dalam Perjanjian Lama, yaitu di dalam Kitab Daniel, (Dan 10:13,21; 12:1). Nabi Daniel menyebut nama Michael lebih dari sekali sebagai "Pemimpin", Michael adalah malaikat pelindung surgawi bagi umat/bangsa Israel. Oh ternyata Michael adalah Sang Penghulu Malaikat atau semacam "Pemimpin malaikat atau kepala para malaikat." Di Perjanjian Baru, tepatnya di Kitab Wahyu (Wah 12:4,7) digambarkan tentang sebuah peperangan pada akhir zaman, dimana Michael memimpin para bala tentara malaikat Surga bertempur melawan Naga, Ular Tua, dan Setan pimpinan lucifer yang diperkuat 1/3 para malaikat surga yang mejadi pemberontak mengikuti lucifer. Di dalam Al-Quran, nama Michael disebut bersama dengan malaikat nama malaikat Jibril (Gabriel/Jibrael), yaitu “Barangsiapa menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, Jibril dan Mika-il, maka sesungguhnya Allah musuh bagi orang-orang kafir” (QS. Al Baqarah : 98). Di dalam satu web (www.duwex,wordpress.com) saya mendapat keterangan bahwa tugas Mikail adalah sebagai "pengatur hujan dan tumbuh-tumbuhan dimana semua rizki di dunia ini berkaitan erat dengan keduanya". Mana yang benar di antara kedua versi di atas bukanlah menjadi perhatian saya. Hal terpenting adalah ... ahaaaaaaa .... Michael ternyata ORANG PENTING. Dan saya juga bernama michael. Maka apakah saya juga tergolong orang penting? Entahlah, tetapi rasa-rasanya....mungkin juga ya.....wkwkwkwkkw.....

Kedua, mungkin anda mengamatinya juga, yaitu betapa banyaknya para pesohor yang bernama michael. Saya cuma bisa mengingat beberapa di antaranya, yaitu michael Faraday ahli fisika yang dijuluki "bapak listrik", michael jordan, si masetro basket, michael jackson si "king of pop", michael phelps jawara olah raga renang dengan rekor raihan 8 medali emas dalam 1 olimpiade, michael "mick" philips jagger, vokalis the rolling stones , si panjang lidah dan bibir ndower yang masih terus mengelinding dan ... rasanya masih banyak lagi. Point saya di sini adalah michael merupakan nama orang-orang "kerbek" alias keren dan beken. ... wahahahahaaaaa...apakah saya juga keren dan beken? Saya tidak tahu persis tetapi rasa-rasanya....hhmmmmhhhhh.......(narsis-lah itu!!!!!)....

Nah, lalu apakah tentang "semangat narsis" semacam itu yang menjadi inti posting kali ini? Ya tidaklah Bung en Zoes...tidak....kali ini saya ingi berbicara tentang seseorang dengan nama michael .... sumpe abis bukan tentang saya pribadi melainkan tentang sesosok michael yang lain . Ada sesuatu dari si Michael yang satu ini yang bisa kita pelajari dan kita timba keteladanan sekaligus ketidakteladanan-nya. Siapa dia? Michael Schumacher.

Bagi yang masih bertanya siapa Michael Schumacher maka, bagi saya, orang itu kemungkinan besar tidak pernah membaca koran dan tidak pernah menonton televisi. Ya, siapa lagi jikalau bukan si maestro balapan jet darat F1. Mungkin banyak yang tidak setuju tetapi saya yakin lebih banyak lagi yang setuju bahwa michael schmacher, yang kerap disapa juga sebagai "schumi" adalah pembalap F1 terbaik sepanjang masa. Delapan di antara 10 pooling yang pernah diadakan guna menanyakan "who's the best formula one drivers ever?" menempatkan schumi pada urutan teratas. Coba lihat daftar rekord si "record man" ini:

Schumi telah menjuarai 91 balapan Formula 1 dan tujuh kali merebut gelar juara dunia (1994, 1995, 2000, 2001, 2002, 2003, 2004) sepanjang 15 tahun karir balapannya. Pole 68 kali. Pada tahun 2002 terdapat 1 rekor "gila" dari michael schumacher, yaitu ketika race dalam msuim itu masih tersisa 6 balapan tetapi dia sudah memastikan sebagai juara dunia. Rasanya rekor semacam itu sulit terulang kembali di masa depan. Dimana letak kehebatan shumi? Menurut Ross Brawn, mantan orang kepercayaan schumi di Benneton dan, kemudian di Ferrari, terdapat 3 kelebihan schumi, yaitu kemampuannya menganalisis situasi sirkuit dan kondisi balapan, kemampuannya mengenali dan mengembangkan mobil balapnya serta amat nekad. Ross Brawn menunjukkan alasan-alasan itulah yang membuat schumi mampu menjadi juara kendati tidak mengendarai mobil yang terbaik. Tim Ferrari yang lama terbenam mampu dikembangkan Todt dan Brawn, dengan mendapat masukan dari schumi, kemudia merajai arena F1 sejak 2000 sampai 2004 tanpa perlawanan berarti dari lawan-lawannya. Demikianlah kehebatan schumi. Dia adalah pemenang. Dialah sang juara yang susah ditandingi.

Akan tetapi di balik kehebatannya, schumi menyimpan stori tersendiri berkaitan dengan tabiat dan perilakunya. Ross Brawn menyebutkan bahwa manusia ini adalah orang nekad. Tentang kenekadannya ini kadang-kadang menimbulkan masalah lain, yaitu perilaku arogan, mau menang sendiri, dan, bila perlu curangnya. Pada tahun 1994, ketika pertama kali schumi manjadi juara dunia, dia terlibat tabrakan dengan Damon Hill. Dari analisis video tampak jelas bahwa tabrakan itu disebabkan ulah schumi sendiri yang sengaja menabrak mobil Damon. Tabrakan yang menyebaban Damon gagal menjadi juara dunia, dengan mobil terbaiknya kala itu, dan schumi menjadi juara dunia. Pada tahun 1997 tindakan memalukan seperti itu dilulangi lagi di sirkuit Jerez, Sapanyol. Schumi secara sengaja menabrak Jacques Villeneuve, guna menghalangi Villeneuve menjadi juara dunia. Akibat oerilaku lajaknya ini, FIA menghukum schumi dengan manghapus sama sekali seluruh pointnya di tahun itu. Hukuman masih ditambah dengan kewajibannya untuk bekerja secara sosial selama 60 jam. Di tahun 1998, dia sengaja menabrak David Coulthard yang sudah ketinggalan 1 lap dari schumi lantara shumi beranggapan bahwa Coluthard ingin membantu Hakkinen menjadi juara dunia. Insiden berlanjut di pit ketika Schumi menantang Coulthard untuk berkelahi. Untung beberapa orang menghalang-halanginya. Tahun 1999 ketika schumi mengalami kecelakaan dan patah kaki, dia mendatangi Paus Paulus II di Vatikan bersama Jean Alesi padahal dia adalah seorang penganut Protestan. Sebagian orang mengecam kelakuannya yang berpura-pura itu. Ya, kenekadan schumi kadang berbuah hal-hal yang memalukan. Tetapi itulah schumi. Manusia hebat sekaligus manusia biasa yang bisa nakal, curang dan culas. Perilaku lajak dan tengil.

Setelah masa-masa gemilangnya berlalu dan schumi digerogoti usia, pada tahun 2006 schumi menyatakan pensiun dari dunia balap Formula satu. Di sirkuit balapnnya yang terakhir, yaitu di Brazil, baik mereka yang menyukai maupun yang tidak menyukainya meratapi pensiunnya itu. Sejak saat itu dunianya adalah dunia pekerjaan sosial, (schumi enjadi salah satu donatur besar berbagai kegiatan sosial), bersenang-senang dan menjadi penasihat tim Ferrari. Pada tahuhn 2007 schumi pernah berkata bahwa "masa terbaik dalam hidup adalah pensiun dari dunia balapan". Apakah selesai di sini kisah ini schumi? Belum tetapi maris kita belajar 1-2 hal dari schmui.

Di luar urusan balapan yang gilang gemilang itu kita belajar bahwa schumi adalah manusia paradoks biasa. Dia jagoan tetapi bisa juga curang. Dia baik sekali waktu dan di lain waktu schumi amat arogan. Ya, schumi adallah manusia biasa seperti juga anda dan saya. Akan tetapi saya memiliki 1 indikator penting untuk menilai siapa schumi sesungguhnya. Pertama, pada tahun 2006 schumi masih punya peluang untuk memperpanjang kontraknya dengan Ferrari dan membalap lagi pada tahun 2007. Ketika itu, Raikonen sudah dikontrak dan jika schumi mau maka Felippe Massa yang akan dicoret. Tetapi Schumi menolak dan mengatakan begini .... "saya harus berhenti karena jika tidak anak muda ini (Massa) akan kehilangan masa depan padahal dia sangat berbakat". "Saat ini dia lebih memerlukan mobil Ferrari ketimbang saya" ... Schumi ternyata seorang yang memiliki rasa persahabatan yang kuat dan dia mengekspresikannya secara tepat. Dia tahu kebutuhan Massa dan itulah yang diberikannya. "Friend in need is friend indeed".

Kedua, tak disangka dan tak dinyana malapetaka itu datang. Felipe Massa mengalami kecelakaan di sirkuit Hungaroring, Hungaria Juli 2009 lalu dirawat di RS dan tak bisa membalap untuk beberapa waktu ke depan. Ferrari kehilangan seorang pembalap dan mereka membutuhkannya. Bahkan, di tengah berbagai kasus kontroversial di F1 belakangan ini, dunia jet darat ini membutuhkan seseorang yang mampu menaikkan kembali pamor F1. Felipe Massa juga membutuhkan seseorang untuk meyakinkan dia bahwa dia masih punya masa depan. Dan schumacher menjawab semua "tantangan" itu. Katanya .... "saya kembali bukan untuk saya sendiri tetapi untuk Ferrari, untuk F1 dan untuk Felipe" .... Schumacher telah melakukan apa yang harus dia lakukan dan bukan apa yang yang dia suka lakukan. Secara fisik, dia tidak lagi muda. Sudah 40 tahun usianya. Pun secara fisik, dia baru saja berpulih pasca kecelakaan sepeda motor beberapa bulan berselang. Secara psikologis, dia tidak lagi memiliki "api" kompetisi yang kuat. Tak ada yang perlu dibuktikan lagi. Dia juara dan bukan pecundang. Dia adalah yang terbaik. Apa lagi yang harus dibuktikan? Membalap ketika kondisi fisik dan psikis tidak prima sama dengan mencari perkara. Belum lagi jika dia kalah maka reputasinya dikuaitrkan akan merosot. Tetapi, sekali lagi, "friend in need is friend indeed". Schumi rela berkorban untuk semua yang dia cintai di Ferrari, Formula One dan Felipe Massa. Ternyata persahabatan memerlukan pengorbanan bukan mengorbankan orang lain.

Maka, apa yang dilakukan oleh schumi adalah demonstrasi tentang cinta, yaitu suatu afeksi positif yang sepenuhnya datang dari sobyek, lurus tertuju kepada obyek dan berani mengorbankan kepentingan diri sendiri. Cinta itu merangkul. Cinta itu loyal. Cinta itu tulus. Cinta itu butuh pengorbanan. Cinta itu tidak menggunakan banyak perhitungan kecuali KEBAIKAN. Pesan moral dari kisah ini adalah "jangan berhenti berbuat baik tiap hari kendati kita, anda dan saya, tidaklah manusia sempurna". "Satu hari satu kebaikan, satu orang satu kebaikan, 1000 hari seribu kebaikan dan 1000 orang seribu kebaikan". Jika kita semua adalah sahabat dan semuanya saling mengerjakan kebaikan maka .... ahaaaaaa.....kebaikan akan mengalahkan kejahatan. Pasti. Percayalah. Michael sudah membuktikan itu. Michael gitu loooohhh ..... Anda bagaimana? Mau?

Mari kita nikmati salah satu aksi overtaking hebat yang dilakukan schumi terhadap kimi raikonnen di Brazil 2006

Michael Schumacher overtakes Kimi R. Brazil 2006

Dan nikmatilah sebuah tembang lawan yang dinyanyikan oleh another Michael, yaitu Michael W. Smith dalam judul "Friends".

FRIENDS by Michael W Smith

Saya tidak dapat menahan diri untuk ikut menempelkan di sini satu versi dahsyat dari lagu tua "michael row the boat ashore". Tepatnya versi gospel jazz. Lagu ini adalah sebuah lagu yang aslinya dinyanyikan oleh seorang budak afro-afrika di masa perang sipil USA dahoeloe kala. Dan kita tahu, adalah kebaikan dan kasih sayang yang pada akhirnya mengantar seorang afro-asia menjadi presiden USA di hari ini: "barrack obama". So, jangan ragu dengan kebaikan. Selamat menikmati sobat.....

112 komentar:

mikerk mengatakan...

"Friends"
by michael w. smith

Packing up the dreams God planted
In the fertile soil of you
Cant believe the hopes hes granted
Means a chapter in your life is through
But well keep you close as always
It wont even seem youve gone
cause our hearts in big and small ways
Will keep the love that keeps us strong

Chorus:
And friends are friends forever
If the lords the lord of them
And a friend will not say never
cause the welcome will not end
Though its hard to let you go
In the fathers hands we know
That a lifetimes not too long to live as friends.

With the faith and love gods given
Springing from the hope we know
We will pray the joy youll live in
Is the strength that now you show

But well keep you close as always
It wont even seem youve gone
cause our hearts in big and small ways
Will keep the love that keeps us strong

mikerk mengatakan...

Posting ini didedikasikan untuk semua sahabat saya, terutama sahabat-sahabat masa kecil saya yang kendati lama dipisahkan ruang dan waktu tetap mengingat saya dengan baik. Terima kasih atas persahabatan yang tulus. Friends 4 ever. GBU

mikerk mengatakan...

Nasah ini belum diedit. Masih apa adanya karena saya terburu-buru harus mengerjakan sesuatu yang lain. Mohon maaf jika anda terganggu ketika membacanya.

Anonim mengatakan...

Pertamax......

Emang semua michael bawannnya ngetop...bm juga ngetop tuh di dunia maya...temennya di blog banyak...komennya banyak....temen di FB juga banyak...apa lagi????...yg kurang adalah....hmmmmhhh....ga ada tuh...udah pas sebagai manusia yang punya kelebiha dan kekurangan....oleee...oleeeee....
...michael...wkwkwkwkwk....(Proxy73)

Anonim mengatakan...

Keduax,

Nah soal Schumy...kita temenan makin erat nich boss....doski emang # 1 ever....oleeee...oleee....Schumi....
(Proxy73)

Anonim mengatakan...

Ketigax,

Lagu friends nya michael w smith emang keren tapi ..usul....posting juga lagunya kepompong...asik dan biar ada Indonesianya...gimana bosz???? (Proxy73)

Anonim mengatakan...

BM....kayaknya posting kali ini merupakan cerminan diri sendiri, walau ada cerita tentang Michael Schumacher tapi 3 kelebihan yang ada pada schumacher sebenarnya itu BM banget...heheheheh...bedanya Michael Schumacher di bidang balap sedangkan BM di bidang pendidikan. Terbukti dari posting2 yang dibuat BM. Kayaknya BM perlu diganti nama menjadi Michael Schumacher Riwu Kaho....wakekkakkkkkk (Adek)

Anonim mengatakan...

Very good posting. Gw juga penggemar Schumi. Senang mendengar dia bakal balik F1. (I'IP, Bandung)

Anonim mengatakan...

Eh iya, stuju banget jika lagu kepompong disertain dalam posting (I'IP)

mikerk mengatakan...

Dear sahabat blogger,

Terima kasih karena sudah mengunjungi blog dan, juga berkoemntar. GBU

Saya baru saja selesai membuat beberapa penyuntingan. Semoga tulisan ini semakin mudah dibaca dan tidak mengganggu. Terima kasih. GBU

Anonim mengatakan...

ha ha ha ha....Adek benar sekali...kawan saya mister michael rk memang agak arogan, agak pemarah, nakal, nekad, bicara kasar.... tapi ....orangnya baik, setia kawan, dan murah hati, banyak prestasi, smart, banyak ide ...dan itu sudah...saya mengenalnya sebagai kawan yang baik....ha ha ha ha ha (A9ust)

Anonim mengatakan...

oh iya, pagi ini michael akan bicara di seminar KGC....pasti gaya sok tahunya akan keluar...tapi sialnya...dia banyak betulnya...ha ha ha ha...ama ludji...sampe letemu di ruang seminar eee...(A9ust)

Anonim mengatakan...

PUAS PUAS PUAS mendengar penjelasan Pak Mike dalam seminar Kupang Green dan Clean. Sayang waktu terlalu mepet. Tetapi, kembali terbukti michael yang satu ini adalah "singa seminar". Materi, ruang dan suasan dikendalikan habis-habisan. Banyak yang kagum tetapi masih banyak yang sebenarnya ingin berdiskusi. Sayang begitu acara selesai Pak Mikeja makan seb anya sempat terlihat di meja sebentara terus menghilang.

Ah, michael yang pemilik blog memang hebat. Saya saksikan hari ini (Yes, BTN)

Anonim mengatakan...

Oh ya lagu Firends yang diposting penuh makna. Saya suka musik dan liriknya. JBU (Yes)

Anonim mengatakan...

Satu hal lagi, Pak Mike rasanya harus menjelaskan mengapa menanam pohon tanpa memperhatikan aspek hidrologi malah akan menyebabkan pengurangan air tanah di Kota Kupang. Bukankah dengan menanam pohon kita bisa memperoleh lebih banyak hujan? Maaf bertanya Pak, soalnya benar-benar tidak mengerti. (Yes, BTN)

Anonim mengatakan...

hahahaha BM gitu lho...keep on posting broer. We love you. (Adek)

erick mengatakan...

ha ha ha ha...kaget juga baca judul ostingnya...nih orang emang mau narsis apa????..ah ternyata michael yang dimaksud is schumacher. Iyalah ga perlu diskusi, schumi si the best ever...ga ada keraguan....gw, dan banyak lagi nunggu aksinya di Valencia nih....

erick mengatakan...

Di balik niat comebacknya schumi emang ada niat baiknya. Gw ktip dari detiksport.com nih...

"Mau Apa Lagi Schumi di F1?"

Kembalinya Michael Schumacher ke F1 terhitung mengejutkan. Setelah meraih banyak sukses, dia justru mempertaruhkan karir luar biasanya dengan menggantikan Felipe Massa di Ferrari.

Tujuh gelar juara dunia, 91 kemenangan, 154 podium, 68 pole position dan 76 kali fastest lap. Michael Schumacher punya raihan luar biasa yang akan sulit dipecahkan orang lain dan sekaligus menempatkannya sebagai pembalap terbaik yang pernah ada di balapan jet darat.

erick mengatakan...

Di satu sisi, kembalinya Schumi bisa jadi tepat untuk menyelamatkan F1. Balapan mobil yang satu ini belakangan disebut-sebut mulai kehilangan daya tarik lantaran lebih sering dihiasi perseteruan politis dan beragam masalah serupa yang justru tak ada kaitannya dengan dunia balap.

Melakukan comeback oleh seorang juara dunia seharusnya sudah melalui proses pemikiran yang panjang. Apalagi saat pensiun di tahun 2006 lalu, pembalap Jerman itu melakukannya di saat yang tepat: ketika dominasinya mulai diusik pemuda bernama Fernando Alonso.

Schumacher bisa jadi mempertaruhkan kisah suksesnya yang luar biasa saat memutuskan kembali memperkuat Ferrari. Tak banyak yang bisa didapat Schumi di tujuh balapan tersisa musim ini. Apalagi performa "Kuda Jingkrak"juga jauh dari memuaskan.

erick mengatakan...

Setelah lima tahun pensiun, Mika Hakkinen cuma bisa berada di posisi paling bawah saat mengikuti ujicoba Barcelona tahun 2006 lalu. Padahal mantan juara dunia yang disebut Schumi sebagai lawan terbesarnya itu sempat melahap 80 putaran.

Kondisi serupa dialami Lance Armstrong, sang jawara balap sepeda pemegang tujuh titel juara Tour de France. Armstrong cuma bisa duduk di posisi tiga di tahun pertama setelah memutuskan comeback, pembalap sepeda asal Amerika Serikat itu sebelumnya sempat pensiun empat tahun.

erick mengatakan...

"Tapi merupakan kenyataan pula bahwa karena kesetiaan saya pada tim, saya tidak bisa mengelak dari situasi yang kurang baik ini," Schumi menjawab pertanyaan besar seputar keputusan comeback yang dibuat seperti diberitakan Telegraph.

alice mengatakan...

@ Bigmike and all,

Sahabat itu seperti tubuh. Bila salah satu bagian tubuh kita sakit, maka yang lain akan merasa sakit. Misalnya kalau kaki kita terantuk batu, pasti bibir akan refleks menyerukan kata “aduh!”, tangan langsung mengusap dan mengobatinya. Tanpa diminta dan tanpa disuruh.

Begitu juga seorang sahabat. Dia akan punya kesadaran diri kalau sahabatnya sedang dalam kesulitan dan itu dilakukan atas dasar keikhlasan bukan paksaan apalagi pamrih. Seperti tubuh kita yang sakit tadi. Apa memang benar seperti itu? Apa kamu pernah melakukannya untuk sahabat kamu?

alice mengatakan...

Berkorban itu memang tidak mudah, tapi apabila dilakukan dengan penuh cinta dan kasih dan ketulusan semuanya itu akan mudah. Bilang sayang, bilang cinta itu mudah tapi mengaplikasikannya dengan tulus belum tentu semua orang setuju kalau itu mudah. Berkorban perasaan demi sahabatmu ketika apa yang dia lakukan tidak sesuai dengan hatimu dan kamu tetap tersenyum bermakna bahwa kamu mengerti karakter dia seperti itu, berkorban waktu ketika dia butuh kamu, berkorban tenaga ketika dia meminta bantuan kepadamu. Semuanya itu kamu lakukan karena kamu menganggapnya sebagai sahabat. Karena kamu sayang pada sahabatmu.

alice mengatakan...

@ Bigmike,

Iya dech...michael emang ngetop ... pemilik blog juga ngetop kan? he he he...tapi lagu friend dari MWS ga usah ditamba-tambahi. Maknanya dalem banget banget. Biarkan aja begitu. GBU

Anonim mengatakan...

@ Bung Mike,

Iya ada trio Panglima para Malaikat di Surga, yaitu Michael, Jibrael dan Rafael. Oleh karena itu pemakai nama michael tidak bisa sembarangan. Harus berusaha menjadi manusia yang berhati baik. Tapi saya yakin dengan Bung Mike. Senang membaca blog Bung Mike. Bangga melihat Bung Mike berapi-api di tempat seminar. Hebat (13)

Anonim mengatakan...

Oh oya dalam daftar michael yang terkenal tolong ditambah favorit saya: MICHAEL OWEN (13)

Anonim mengatakan...

@ Bung Mike,

Pertimbangkan juga diposting lagu kempompong. Lihar liriknya, manis betul.

"Kepompong"
Sindentosca

dulu kita sahabat
teman begitu hangat
mengalahkan sinar mentari

dulu kita sahabat
berteman bagai ulat
berharap jadi kupu-kupu

* kini kita melangkah berjauh-jauhan
kau jauhi diriku karna sesuatu
mungkin ku terlalu bertindak kejauhan
namun itu karna ku sayang

reff:
persahabatan bagai kepompong
mengubah ulat menjadi kupu-kupu
persahabatan bagai kepompong
hal yang tak mudah berubah jadi indah

persahabatan bagai kepompong
maklumi teman hadapi perbedaan
persahabatan bagai kepompong
na na na na na na na na na

semua yang berlalu
biarkanlah berlalu
seperti hangatnya mentari

siang berganti malam
sembunyikan sinarnya
hingga ia bersinar lagi

** dulu kita melangkah berjauh-jauhan
kau jauhi diriku karna sesuatu
mungkin ku terlalu bertindak kejauhan
namun itu karna ku sayang

Anonim mengatakan...

ha ha ha tolong tambah juga der panzer Michael Ballack...ole ole..ole
DTN=

tuteh mengatakan...

Michael yang satu ini (Pak Mike maksud saya heheh) kan juga sukses.. :D hehehe piss, Pak.

mikerk mengatakan...

@ Bung Agust, Pak Yes, Bung Erick, Bung 13, Mbak Eliz, mister DTN, dan adik Tuteh....Thanx sudah berkungjung ke blog dan berkomentar....GBU

mikerk mengatakan...

Hari ini, kabarnya adalah Mbah Sirup ...eh...Mbah Surp berpulang. Saya ikut sedih dan cuma bisa bilang...

We love him but God love him more and full....skarang tiba saatnya mbah Surip digendong Allah menuju keabadian...Selamart Jalan Mbah.

ruben mengatakan...

@ Selamat malam Pace michael,

Ko pu akal isi apa saja ka????? ada-ada saja bahan yang ko tulis. Dan selalu enak dibaca.

Saya terkesan dengan ko punya pernyataan

...."Satu hari satu kebaikan, satu orang satu kebaikan, 1000 hari seribu kebaikan dan 1000 orang seribu kebaikan"....

Ah, seandainya saja pemerintah Indonesia pikir begini. Seandainya rakyat di Papua pikir begini. Seandaniay saja Osama Bin Laden pikir begini. Seandai saja George Bush pikir begini....aman dunia...

Pace mike, 2 jempol suda untuk mu. Salam dari papua. Kaonak. Syalom

ruben mengatakan...

Saya boleh tambah sedikit ka?

Yudas 1:9

Tetapi penghulu malaikat, Mikhael, ketika dalam suatu perselisihan bertengkar dengan Iblis mengenai mayat Musa, tidak berani menghakimi Iblis itu dengan kata-kata hujatan, tetapi berkata: "Kiranya Tuhan menghardik engkau!"

Betul bahwa michael adalah penghulu malaikat dan dia tahu diri. Tidak sok ambil haka milik Tuhan. Ketika dia berselisih dia minta Tuhan yang marah. Bukan dia. Maka, memang nama michael bukan nama kosong. Tuhan memberkati kamu yang bernama michael asal kam takut TUHAN. Syalom

ruben mengatakan...

Sa kasi hadiah ada 1 critra dari Papua,

Suatu hari di sekolah, Obed dapat tanya dari Pak Guru Matematika.

Guru: "Obed, bayangkan ko punya 10 permen, trus ko bagi ke ko pu teman Nico 3 dan ke Yaklep 5, berarti ko punya permen tinggal berapa?"

Obed: "Itu gampang pak guru, sa pu permen tetap 10 pak..."

Pak Guru: "Kenapa begitu? Ko hitung bagemana kah?"

Obed: "Soalnya, Nico deng Yaklep dong dua pernah sembunyi sa pu kaos kaki jadi jang harap sa mo bagi apa-apa ke dong dua... sorry ee pak guru..."

Obed pu guru pingsan....

Nah, michael ko ketawa suda

Fakhry mengatakan...

Tugas udah....fesbuk udah....buka blog BM, nih lagi konek.....udah tu...tiiidddduuuuurr....wkwkwkwkwk...
...oleee...oleeee...tidur...

BM, nih ktipan brita about schumi:

"Schumi Bakal Ajari Pembalap Lain"

Kembalinya Michael Schumacher ke lintasan F1 disambut antusias oleh supremo F1 Bernie Ecclestone. Schumi bahkan diramal akan memberikan pelajaran untuk pembalap lain.

Schumi akan membalap untuk Ferrari dengan mengisi kursi yang ditinggalkan oleh Felipe Massa yang tengah cedera berat menyusul kecelakaan di kualifikasi GP Hongaria.

"Saya pikir dia akan memberikan pelajaran mengemudi kepada satu atau dua pembalap," ujar Ecclestone dikutip Reuters.

Fakhry mengatakan...

"Dia jelas tidak akan memutuskan kembali kecuali dengan pikiran bahwa ia masih kompetitif dan Michael adalah seorang pria yang kompetitif," imbuh Ecclestone kemudian.

Ecclestone mengaku terkejut dengan keputusan Schumi untuk kembali mengingat ia sudah 2,5 tahun absen dari belakang kemudi F1. Apalagi, usianya kini sudah menginjak angka 40 tahun.

"Saya pikir saya sama terkejutnya dengan Willi Weber (manajer Schumi). Dia juga tidak tahu kalau (Schumi) kembali. Saya pikir Luca di Montezemolo (Presiden Ferrari) yang meyakinkan dia," kata Ecclestone.

Schumi akan mulai turun ke lintasan di GP Eropa yang akan dihelat di Sirkuit Valencia bulan depan.

alice mengatakan...

don't...

Cultivate your hunger, for you idealize
Motivate your anger, make them all realize
Climbing the mountain, never coming down
Breaking through the contents, never falling down
My knee is still shaking like I was twelve
Sneaking out the classroom, by the back door
A moral led me twice home, but I didn’t care
Waiting is wasting for people like me
Don’t try to look so wise, Don’t cry coz you’re so all right
Don’t drive its faiths or fears
Coz you will hate yourself in the end !

never change your personality
cos you're "michael"

alice mengatakan...

SELAMAT PAGI TUHAN
SELAMAT PAGI DUNIA
SELAMAT PAGI SAHABAT
SELAMAT BERKARYA

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Wah, kemarin di kelurahan pak lurah saya bicara tentang DR. michael riwu kaho. Katanya, wah hebat sekali DR. michael itu. Sayang waktu bicara sangat terbatas. Ada rencana mengundang BM untuk bicara di kelurahan.

Setelah saya baca HU Timor Expres ini hari, saya tersenyum karena tulisan itu pernah diposting di blog hanya dirubah di sana-sini. Kalau begitu kami pembaca blog sudah tahu duluan ha ha ha...that's our Bigmike Eman)

Anonim mengatakan...

Oh ya, saya setuju juga kalo lagu kepompong ikut diposting. Asik tu (Eman, CN, TDM)

johanes mengatakan...

@ Rekan penatua Dr. Bigmike,

Memang betul. Nama Michael bukan sembarangan nama. Nama itu adalah nama Penghulu Malaikat di Surga. Dia juga adalah pimpinan balatentara Surga dalam perang zaman akhir. Bersyukurlah bahwa michael pemilik blog juga bernama michael dan juga berprestasi. Jangan berpikir secara ilmiah tetapi dengan kaca mata iman, kata-kata ini dapat dipahami.

Saya mohon ijin untuk mengulas sedikit tentang malaikat menurut perspektif Alkitab.

johanes mengatakan...

Malaikat adalah makhluk-makhluk rohani yang berkepribadian, memiliki akal budi, emosi dan kehendak. Hal ini berlaku baik untuk malaikat yang baik maupun yang jahat. Malaikat memiliki akal budi (Matius 8:29; 2 Korintus 11:3; 1 Petrus 1:12), menyatakan emosi (Lukas 2:13; Yakobus 2:19; Wahyu 12:17), dan menunjukkan bahwa mereka memiliki kehendak (Lukas 8:28-31; 2 Timotius 2:26; Yudas 6). Malaikat adalah makhluk-makhluk rohani (Ibrani 1:14) yang tidak memiliki tubuh jasmani. Namun demikian, sekalipun mereka tidak memiliki tubuh, hal ini tidak mengubah mereka sebagai pribadi-pribadi (sama halnya dengan Allah).

johanes mengatakan...

Namun demikian harap diingat bahwa malaikat juga tidak terlalu berbeda dengan manusia karna ereka juga adalah ciptaan. Oleh karena itu pengetahuan mereka dan kedigdayaan mereka juga terbatas.

ni berarti bahwa mereka tidak mengetahui segala yang diperbuat Allah (Matius 24:36). Namun nampaknya mereka memiliki pengetahuan yang lebih besar dari yang dimiliki oleh manusia. Hal ini mungkin disebabkan oleh tiga hal. (1) Malaikat diciptakan sebagai makhluk yang tingkatannya lebih tinggi dalam alam ini dibandingkan dengan manusia. Karena itu secara alamiah mereka memiliki pengetahuan yang lebih besar. (2) Malaikat mempelajari Alkitab dan dunia ini dengan lebih menyeluruh dibandingkan manusia dan dengan demikian mendapat lebih banyak pengetahuan (Yakobus 2:19; Wahyu 12:12). (3) Malaikat mendapat pengetahuan melalui mengamati kegiatan-kegiatan manusia. Berbeda dengan manusia, malaikat tidak perlu mempelajari masa lalu; mereka mengalaminya. Karena itu, mereka tahu bagaimana orang-orang lain bertindak dan bereaksi dalam berbagai situasi dan dapat dengan tingkat ketepatan yang tinggi meramalkan bagaimana kita akan bertindak dalam situasi yang sama.

johanes mengatakan...

Meskipun mereka memiliki kehendak, para malaikat, sebagaimana semua ciptaan lainnya, tunduk kepada kehendak Allah. Pace Ruben dari Papua sangat baik menguraikan hal ini menggunakan ayat Alkitab Yudas 9:1.

Malaikat baik diutus oleh Allah untuk menolong orang-orang percaya (Ibrani 1:14). Berikut ini adalah beberapa aktifitas yang menurut Alkitab dilakukan oleh para malaikat:

A. Mereka memuji Allah (Mazmur 148:1-2; Yesaya 6:3).
B. Mereka menyembah Allah (Ibrani 1:6; Wahyu 5:8-13).
C. Mereka bersukacita untuk apa yang Allah perbuat (Ayub 38:6-7).
D. Mereka melayani Tuhan (Mazmur 103:20).
E. Mereka berada di hadapan Allah (Ayub 1:6; 2:1).
F. Mereka adalah alat penghakiman Allah (Wahyu 7:1; 8:2).
G. Mereka membawa jawaban-jawaban doa (Kisah Rasul 12:5-10).
H. Mereka membantu memenangkan orang bagi Kristus (Kisah Rasul 8:26; 10:3).
I. Mereka memperhatikan hidup, pekerjaan dan penderitaan orang-orang Kristen (1 Korintus 4:9; 11:10; Efesus 3:10; 1 Petrus 1:12).
J. Mereka memberi kekuatan dalam keadaan bahaya (Kisah Rasul 27:23, 24).
K. Mereka mendampingi orang-orang benar pada saat kematian (Lukas 16:22).

johanes mengatakan...

Malaikat adalah makhluk yang sama sekali berbeda dengan manusia. Manusia tidak menjadi malaikat setelah meninggal. Malaikat tidak pernah, dan tidak akan pernah, menjadi manusia. Allah menciptakan malaikat sebagaimana Dia menciptakan umat manusia. Alkitab tidak pernah mengatakan bahwa malaikat diciptakan menurut gambar dan rupa Allah sebagaimana manusia (Kejadian 1:26). Para malaikat adalah makhluk-makhluk rohani yang, sampai pada tingkat tertentu, dapat mengambil bentuk fisik. Umat manusia pada dasarnya adalah makhluk-makhluk yang bersifat jasmani namun memiliki aspek rohani. Hal yang terbesar yang dapat kita pelajari dari para malaikat adalah ketaatan mereka secara mutlak dan tanpa ragu pada perintah-perintah Allah.

johanes mengatakan...

@ Bigmike,

Begitulah semoga bermanfaat.Tetapi sebelum saya off saya ingin mengutip quote dari BM yang sangat indah,

"Satu hari satu kebaikan, satu orang satu kebaikan, 1000 hari seribu kebaikan dan 1000 orang seribu kebaikan".

Luar Biasa. Tuhan Yesus Memberkati dalam semua pelayanan.

syamsudin mengatakan...

@ Sahabat muda Bigmike,

Assalammu'alaikum..

Lama terbaring sakit membuat pikiran kita buntu. Saran dokter: mulailah berpikir dan saya turuti. Setelah mengirim SMS ke anak dan cucu, saya membuka situ-situs favorit dan saya ke blog ini. Waaaahhhhh....Bigmike enggak bohong. Beberapa blog sahabat saya ternyata sudah tidak diupdate tetapi blog BM terus rajin mengunjungi kita semua. Saya senang. APalagi membaca satu-satu posting yang saya lewatkan. Dan nyatanya belum selesai. Tetapi akan saya tuntaskan karena rindu akan tulisan-tulisan sahabat muda saya.

Terima kasih atas doa dan harapan dari BM dan semua sahabat blogger semasa saya sakit. Atas berkat Allah SWT, saya mulai pulih kendati belum pulih benar. Mohon tetap di doakan. Semoga Tuhan berkenan.

Wassalam

syamsudin mengatakan...

Maaf ya, belum memberi komentar atas posting. Masih harus dibaca dan dicerna.

Anonim mengatakan...

Heeeieii....pertamax yang nanggepin my Opa Syam...

Waalaikummsalam Opa,

Met balik ke blog OPA. Semoga tetap sehat ya. Kami nunggu celotehan Opa yang kadang-kadang ngawur itu tapi malah bikin rame blog.....(Nana)

Anonim mengatakan...

Apa itu sahabat?
Sebagian besar orang akan menjawab “sahabat adalah orang yang menyayangi kita, orang yang bisa memahami kita, orang yang senantiasa hadir saat kita membutuhkan, mau berbagi, orang yang mau mendengar keluh kesah kita, orang yang mau bersahabat dengan kita apa adanya, yang mendekat saat seluruh dunia menjauh, dan sebagainya…”

Pengertian ini tentu sudah lazim kita dengar dari kebanyakan orang, namun tahukah anda, ternyata pengertian sahabat seharusnya tidaklah seegois itu. Mengapa saya menyebut pengertian di atas sebagai pengertian yang egois?
Sebab pengertian tersebut hanya terpusat pada diri kita sendiri, yaitu “untuk kita” tadi.

Ada yang punya pengertian yang lebih baik?????

Anonim mengatakan...

walaaahhhh...sori (Nana)

Anonim mengatakan...

OPa Syam!! Met Datang lagi Opa! senang rasanya blog ini disapa Opa lagi! cepat sembuh ya biar berdebat lagi disini!

( Budhi)

Anonim mengatakan...

Haiiii Opa Syam, kangen banget banget lho. Sehat-sehat ya dan ditunggu lho komentar-komentarnya //Pritha//

Anonim mengatakan...

Hmmmmmhhhhh.....michael ....mikail ....emang ngetop dech....we love you //Pritha//

Anonim mengatakan...

Saya teringat film yang dibintangi oleh John Travolta yang berjudul "michael" tentang seorang malaikat yang bernama michael yang memiliki kelakuan yang buruk. Beda dari manusia biasa hanyalah si michael punya sepasang sayap.

Lalu michael dan beberapa orang melakukan perjalanan dan dalam perjalanan itulah orang-orang yang berjalan bersama michael mengalami perubahan hidup yang ajaib satu-persatu. DI akhir kisah malaikat michael kembali ke "asalnya" dan telah menghasilkan kebaikan-kebaikan melalui orang-orang yang berjalan bersama-sama dia.

Ternyata nama michael sungguh istimewa. Hmmmhh...pengen dech puna anak dinamain michael....(PM)

Anonim mengatakan...

1. Michael memang malaikat surga;
2. Michael Schumacher terbukti sebagai pembalap F1 paling hebat;
3. Michael pemlik blog adalah pemikir dan penulis yang handal;
4. Yang bukan michael semua hebat juga ha ha ha ha (Julius)

Anonim mengatakan...

Saya suka mengulamng qoute dari BM:

"Satu hari satu kebaikan, satu orang satu kebaikan, 1000 hari seribu kebaikan dan 1000 orang seribu kebaikan". Jika kita semua adalah sahabat dan semuanya saling mengerjakan kebaikan maka .... ahaaaaaa.....kebaikan akan mengalahkan kejahatan. (julius)

Anonim mengatakan...

@ Pak Syamsudi, si Blogger tua:

Lama tidak ke sini membikin kami rindu. Welcome back Pak. Tetaplah sehat dan semangati kami yang lebih muda untuk berbuat sesuatu yang berguna bagi nusa, bangsa dan negara (Julius)

Anonim mengatakan...

michael adalah salah satu nama yang paling banyak digunakan oleh orang Papua tetapi kenapa nasib orang Papua seperti merana di tanah sendiri? (PaceNoge)

Anonim mengatakan...

Oh iya, lagu Friends dari michael w smith enak didengar dan diresapi. Mantap (PaceNoge)

poempuisi mengatakan...

michael is the great.....michael "bigmike" is one of the best blogger...VIVA

poempuisi mengatakan...

WS Rendra berpulang
maka, Indonesia kehilangan salah satu penyair terbesarnya. Dan ini untuk mengenang WS Rendra (tentang malaikat)

NYANYIAN ANGSA
karya W.S Rendra

Majikan rumah pelacuran berkata kepadanya:
“Sudah dua minggu kamu berbaring.
Sakitmu makin menjadi.
Kamu tak lagi hasilkan uang.
Malahan kapadaku kamu berhutang.
Ini beaya melulu.
Aku tak kuat lagi.
Hari ini kamu harus pergi.”

(Malaikat penjaga Firdaus.
Wajahnya tegas dan dengki
dengan pedang yang menyala
menuding kepadaku.
Maka darahku terus beku.
Maria Zaitun namaku.
Pelacur yang sengsara.
Kurang cantik dan agak tua).

Jam dua-belas siang hari.
Matahari terik di tengah langit.
Tak ada angin. Tak mega.
Maria Zaitun ke luar rumah pelacuran.
Tanpa koper.
Tak ada lagi miliknya.
Teman-temannya membuang muka.
Sempoyongan ia berjalan.
Badannya demam.
Sipilis membakar tubuhnya.
Penuh borok di klangkang
di leher, di ketiak, dan di susunya.
Matanya merah. Bibirnya kering. Gusinya berdarah.
Sakit jantungnya kambuh pula.
Ia pergi kepada dokter.
Banyak pasien lebih dulu menunggu.
Ia duduk di antara mereka.
Tiba-tiba orang-orang menyingkir dan menutup hidung mereka.
Ia meledak marah
tapi buru-buru jururawat menariknya.
Ia diberi giliran lebih dulu
dan tak ada orang memprotesnya.
“Maria Zaitun,
utangmu sudah banyak padaku,” kata dokter.
“Ya,” jawabnya.
“Sekarang uangmu brapa?”
“Tak ada.”
Dokter geleng kepala dan menyuruhnya telanjang.
Ia kesakitan waktu membuka baju
sebab bajunya lekat di borok ketiaknya.
“Cukup,” kata dokter.
Dan ia tak jadi mriksa.
Lalu ia berbisik kepada jururawat:
“Kasih ia injeksi vitamin C.”
Dengan kaget jururawat berbisik kembali:
“Vitamin C?
Dokter, paling tidak ia perlu Salvarzan.”
“Untuk apa?
Ia tak bisa bayar.
Dan lagi sudah jelas ia hampir mati.
Kenapa mesti dikasih obat mahal
yang diimport dari luar negri?”

poempuisi mengatakan...

(Malaikat penjaga Firdaus.
Wajahnya iri dan dengki
dengan pedang yang menyala
menuding kepadaku.
Aku gemetar ketakutan.
Hilang rasa. Hilang pikirku.
Maria Zaitun namaku.
Pelacur yang takut dan celaka.)

Jam satu siang.
Matahari masih dipuncak.
Maria Zaitun berjalan tanpa sepatu.
Dan aspal jalan yang jelek mutunya
lumer di bawah kakinya.
Ia berjalan menuju gereja.
Pintu gereja telah dikunci.
Karna kuatir akan pencuri.
Ia menuju pastoran dan menekan bel pintu.
Koster ke luar dan berkata:
“Kamu mau apa?
Pastor sedang makan siang.
Dan ini bukan jam bicara.”
“Maaf. Saya sakit. Ini perlu.”
Koster meneliti tubuhnya yang kotor dan berbau.
Lalu berkata:
“Asal tinggal di luar, kamu boleh tunggu.
Aku lihat apa pastor mau terima kamu.”
Lalu koster pergi menutup pintu.
Ia menunggu sambil blingsatan dan kepanasan.
Ada satu jam baru pastor datang kepadanya.
Setelah mengorek sisa makanan dari giginya
ia nyalakan crutu, lalu bertanya:
“Kamu perlu apa?”
Bau anggur dari mulutnya.
Selopnya dari kulit buaya.
Maria Zaitun menjawabnya:
“Mau mengaku dosa.”
“Tapi ini bukan jam bicara.
Ini waktu saya untuk berdo’a.”
“Saya mau mati.”
“Kamu sakit?”
“Ya. Saya kena rajasinga.”
Mendengar ini pastor mundur dua tindak.
Mukanya mungkret.
Akhirnya agak keder ia kembali bersuara:
“Apa kamu - mm - kupu-kupu malam?”
“Saya pelacur. Ya.”
“Santo Petrus! Tapi kamu Katolik!”
“Ya.”
“Santo Petrus!”
Tiga detik tanpa suara.
Matahari terus menyala.
Lalu pastor kembali bersuara:
“Kamu telah tergoda dosa.”
“Tidak tergoda. Tapi melulu berdosa.”
“Kamu telah terbujuk setan.”
“Tidak. Saya terdesak kemiskinan.
Dan gagal mencari kerja.”
“Santo Petrus!”
“Santo Petrus! Pater, dengarkan saya.
Saya tak butuh tahu asal usul dosa saya.
Yang nyata hidup saya sudah gagal.
Jiwa saya kalut.
Dan saya mau mati.
Sekarang saya takut sekali.
Saya perlu Tuhan atau apa saja
untuk menemani saya.”
Dan muka pastor menjadi merah padam.
Ia menuding Maria Zaitun.
“Kamu galak seperti macan betina.
Barangkali kamu akan gila.
Tapi tak akan mati.
Kamu tak perlu pastor.
Kamu perlu dokter jiwa.”

poempuisi mengatakan...

(Malaekat penjaga firdaus
wajahnya sombong dan dengki
dengan pedang yang menyala
menuding kepadaku.
Aku lesu tak berdaya.
Tak bisa nangis. Tak bisa bersuara.
Maria Zaitun namaku.
Pelacur yang lapar dan dahaga.)

Jam tiga siang.
Matahari terus menyala.
Dan angin tetap tak ada.
Maria Zaitun bersijingkat
di atas jalan yang terbakar.
Tiba-tiba ketika nyebrang jalan
ia kepleset kotoran anjing.
Ia tak jatuh
tapi darah keluar dari borok di klangkangnya
dan meleleh ke kakinya.
Seperti sapi tengah melahirkan
ia berjalan sambil mengangkang.
Di dekat pasar ia berhenti.
Pandangnya berkunang-kunang.
Napasnya pendek-pendek. Ia merasa lapar.
Orang-orang pergi menghindar.
Lalu ia berjalan ke belakang satu retoran.
Dari tong sampah ia kumpulkan sisa makanan.
Kemudian ia bungkus hati-hati
dengan daun pisang.
Lalu berjalan menuju ke luar kota.

(Malaekat penjaga firdaus
wajahnya dingin dan dengki
dengan pedang yang menyala
menuding kepadaku.
Yang Mulya, dengarkanlah aku.
Maria Zaitun namaku.
Pelacur lemah, gemetar ketakutan.)

Jam empat siang.
Seperti siput ia berjalan.
Bungkusan sisa makanan masih di tangan
belum lagi dimakan.
Keringatnya bercucuran.
Rambutnya jadi tipis.
Mukanya kurus dan hijau
seperti jeruk yang kering.
Lalu jam lima.
Ia sampai di luar kota.
Jalan tak lagi beraspal
tapi debu melulu.
Ia memandang matahari
dan pelan berkata: “Bedebah.”
Sesudah berjalan satu kilo lagi
ia tinggalkan jalan raya
dan berbelok masuk sawah
berjalan di pematang.

(Malaekat penjaga firdaus
wajahnya tampan dan dengki
dengan pedang yang menyala
mengusirku pergi.
Dan dengan rasa jijik
ia tusukkan pedangnya perkasa
di antara kelangkangku.
Dengarkan, Yang Mulya.
Maria Zaitun namaku.
Pelacur yang kalah.
Pelacur terhina).

poempuisi mengatakan...

Jam enam sore.
Maria Zaitun sampai ke kali.
Angin bertiup.
Matahari turun.
Haripun senja.
Dengan lega ia rebah di pinggir kali.
Ia basuh kaki, tangan, dan mukanya.
Lalu ia makan pelan-pelan.
Baru sedikit ia berhenti.
Badannya masih lemas
tapi nafsu makannya tak ada lagi.
Lalu ia minum air kali.

(Malaekat penjaga firdaus
tak kau rasakah bahwa senja telah tiba
angin turun dari gunung
dan hari merebahkan badannya?
Malaekat penjaga firdaus
dengan tegas mengusirku.
Bagai patung ia berdiri.
Dan pedangnya menyala.)

Jam tujuh. Dan malam tiba.
Serangga bersuiran.
Air kali terantuk batu-batu.
Pohon-pohon dan semak-semak di dua tepi kali nampak tenang
dan mengkilat di bawah sinar bulan.
Maria Zaitun tak takut lagi.
Ia teringat masa kanak-kanak dan remajanya.
Mandi di kali dengan ibunya.
Memanjat pohonan.
Dan memancing ikan dengan pacarnya.
Ia tak lagi merasa sepi.
Dan takutnya pergi.
Ia merasa bertemu sobat lama.
Tapi lalu ia pingin lebih jauh cerita tentang hidupnya.
Lantaran itu ia sadar lagi kegagalan hidupnya.
Ia jadi berduka.
Dan mengadu pada sobatnya
sembari menangis tersedu-sedu.
Ini tak baik buat penyakit jantungnya.

(Malaekat penjaga firdaus
wajahnya dingin dan dengki.
Ia tak mau mendengar jawabku.
Ia tak mau melihat mataku.
Sia-sia mencoba bicara padanya.
Dengan angkuh ia berdiri.
Dan pedangnya menyala.)

Waktu. Bulan. Pohonan. Kali.
Borok. Sipilis. Perempuan.
Bagai kaca
kali memantul cahaya gemilang.
Rumput ilalang berkilatan.
Bulan.

Seorang lelaki datang di seberang kali.
Ia berseru: “Maria Zaitun, engkaukah itu?”
“Ya,” jawab Maria Zaitun keheranan.
Lelaki itu menyeberang kali.
Ia tegap dan elok wajahnya.
Rambutnya ikal dan matanya lebar.
Maria Zaitun berdebar hatinya.
Ia seperti pernah kenal lelaki itu.
Entah di mana.
Yang terang tidak di ranjang.
Itu sayang. Sebab ia suka lelaki seperti dia.
“Jadi kita ketemu di sini,” kata lelaki itu.
Maria Zaitun tak tahu apa jawabnya.
Sedang sementara ia keheranan
lelaki itu membungkuk mencium mulutnya.
Ia merasa seperti minum air kelapa.
Belum pernah ia merasa ciuman seperti itu.
Lalu lelaki itu membuka kutangnya.
Ia tak berdaya dan memang suka.
Ia menyerah.
Dengan mata terpejam
ia merasa berlayar
ke samudra yang belum pernah dikenalnya.
Dan setelah selesai
ia berkata kasmaran:
“Semula kusangka hanya impian
bahwa hal ini bisa kualami.
Semula tak berani kuharapkan
bahwa lelaki tampan seperti kau
bakal lewat dalam hidupku.”
Dengan penuh penghargaan lelaki itu memandang kepadanya.
Lalu tersenyum dengan hormat dan sabar.
“Siapakah namamu?” Maria Zaitun bertanya.
“Mempelai,” jawabnya.
“Lihatlah. Engkau melucu.”
Dan sambil berkata begitu
Maria Zaitun menciumi seluruh tubuh lelaki itu.
Tiba-tiba ia terhenti.
Ia jumpai bekas-bekas luka di tubuh pahlawannya.
Di lambung kiri.
Di dua tapak tangan.
Di dua tapak kaki.
Maria Zaitun pelan berkata:
“Aku tahu siapa kamu.”
Lalu menebak lelaki itu dengan pandang matanya.
Lelaki itu menganggukkan kepala: “Betul. Ya.”

(Malaekat penjaga firdaus
wajahnya jahat dan dengki
dengan pedang yang menyala
tak bisa apa-apa.
Dengan kaku ia beku.
Tak berani lagi menuding padaku.
Aku tak takut lagi.
Sepi dan duka telah sirna.
Sambil menari kumasuki taman firdaus
dan kumakan apel sepuasku.
Maria Zaitun namaku.
Pelacur dan pengantin adalah saya.)

poempuisi mengatakan...

Dear Bigmike,

Maka menurut rendra, malaikat firdasu ada yang berkelakuan buruk. That's must be Lucifer.

poempuisi mengatakan...

@ BM,

Satu lagi,

Nggak usah memasukan kepompong, syairnya kurang matang kurang puitis

tuaksatu mengatakan...

Stuju dech...michael emang selalu mampu menari perhatian orang kepada mereka...

tuaksatu mengatakan...

Nggak nyangka...takdir berbicara....baru 2 hari mbah surp di makamkan...dia sudah mengendong sahabatnya ws rendra....ikut berduka cita...

untuk mengenang rendra gw kutip 2 puisi pendek tetapi amat indah dari rendra....

KANGEN

Kau tak akan mengerti bagaimana kesepianku

menghadapi kemerdekaan tanpa cinta

kau tak akan mengerti segala lukaku

kerna luka telah sembunyikan pisaunya.

Membayangkan wajahmu adalah siksa.

Kesepian adalah ketakutan dalam kelumpuhan.

Engkau telah menjadi racun bagi darahku.

Apabila aku dalam kangen dan sepi

itulah berarti

aku tungku tanpa api.

tuaksatu mengatakan...

KENANGAN DAN KESEPIAN

Rumah tua

dan pagar batu.

Langit di desa

sawah dan bambu.

Berkenalan dengan sepi

pada kejemuan disandarkan dirinya.

Jalanan berdebu tak berhati

lewat nasib menatapnya.

Cinta yang datang

burung tak tergenggam.

Batang baja waktu lengang

dari belakang menikam.

Rumah tua

dan pagar batu.

Kenangan lama

dan sepi yang syahdu

tuaksatu mengatakan...

@ Pak, Opa, Mbah Syam.

Welcomeback...senang tahu blogger tua dan setia seperti si Mbah sehat kembali. Ayo, berinteraksi lagi ya Mbah. Dan jagangan lupa...jaga kesehatan....

tuaksatu mengatakan...

@ Pak, Opa, Mbah Syam.

Welcomeback...senang tahu blogger tua dan setia seperti si Mbah sehat kembali. Ayo, berinteraksi lagi ya Mbah. Dan jagangan lupa...jaga kesehatan....

Fakhry mengatakan...

Fuuuuuuhhh.....ikut pemakaman rendra...weleeeeehhh....ramai dan nyeni banget...dasar seniman...niatnya mapi menghormati rendra tapi nyatanya banyak yang asik eksis ndiri....wkwkwkwkwkwk....lucuuu....'

Ya udahlah...dua sahabat baik saling susul...dan sahabat-sahabat lainnya merubung....ya gw teringat posting BM...that's what friends are for...

Fakhry mengatakan...

woooooiiiii Opa Syam, udah kuat nih????? ya welcome back but tetap jaga kondisi ya Opa. Nggak perlu terlibat debat ngalor-ngidul di blog BM..tau kan????? ....wkwkwkwkwkwk....salute for Opa Syam

Fakhry mengatakan...

Woooiii "penyair gagal" poempusi...nyanyian angsa memang salah satu master piecenya rendra...thanx udah posting di koment..asyik tuh..soal malaikat yang culas dan sirik ...ya terserah dech...nih gw nambah info dikit tentang malaikat dalam perspektif Islam...

Malaikat adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang bersifat gaib, diciptakan dari nur (cahaya), selalu taat, tunduk, dan patuh pada Allah SWT, tidak pernah ingkar janji kepada-Nya, dan tidak membutuhkan makan dan minum ataupun tidur.
Mereka tidak mempunyai keinginan apa pun yang bersifat fisik dan juga kebutuhan yang bersifat materiil. Mereka menghabiskan waktu siang dan malam untuk mengabdi kepada Tuhan.

Adapun ayat-ayat Al Qur'an yang menyebutkan tentang malaikat antara lain terdapat dalam surat:

* Al-Baqarah: 177 dan 285
* Ãli-'Imrân: 39, 42, 124, dan 125
* An-Nisâ: 97 dan 172
* Al-Anfâl: 9 dan 12
* Al-Hijr: 8
* Al-Anbiyâ: 19-20
* Al-Ahzâb: 56
* Asy-Syûrâ: 5
* At-Tahrîm: 4 dan 6
* Al-Ma'ârij: 4

Fakhry mengatakan...

Sifat-sifat Malaikat

Dari beberapa keterangan dapat disimpulkan bahwa malaikat adalah makhluk Allah SWT dengan sifat-sifat sebagai berikut:

1. Diciptakan dari nur (cahaya)
2. Semuanya taat dan berbakti pada Allah SWT
3. Tidak berjenis lelaki maupun perempuan
4. Tidak membutuhkan makan, minum, maupun sarana-sarana fisik lainnya
5. Tidak akan mati sebelum datangnya hari kiamat. Karena itu jumlahnya tidak dapat bertambah atau berkurang.
6. Gaib, tidak dapat dilihat oleh manusia biasa
7. Tidak pernah mengingkari Allah SWT dan berbuat dosa kepada-Nya
8. Hanya mengerjakan apa yang diperintahkan dan tidak ada inisiatif untuk berbuat yang lain
9. Diciptakan Allah SWT dengan tugas-tugas tertentu

Fakhry mengatakan...

Iman Kepada Malaikat

Dalam Islam, Iman kepada malaikat adalah salah satu Rukun Iman. Iman kepada malaikat adalah percaya dan membenarkan dengan sepenuh hati bahwa malaikat Allah SWT benar-benar ada. Keberadaan malaikat bersifat gaib, artinya tidak dapat dilihat oleh mata, tetapi keberadaannya dapat diketahui dan dipahami, seperti adanya wahyu yang diterima oleh para nabi dan rasul. Para nabi dan rasul tsb menerima wahyu melalui perantara malaikat Allah SWT.

Iman kepada malaikat adalah Rukun Iman yang ke-2. Rukun Iman yang jumlahnya ada 6 merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisah-pisahkan, juga tidak dapat dipilih-pilih. Sehingga tidak disebut orang beriman jika tidak meyakini salah satu dari Rukum Iman tsb. Dalam H.R. Muslim, Rasulullah bersabda:

"Iman itu ialah engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari akhirat, serta engkau beriman kepada takdir baik maupun buruk." (H.R. Muslim)

Fakhry mengatakan...

Tugas dan Nama Malaikat

Jumlah malaikat sangat banyak, tidak dapat diketahui secara pasti. Namun ada 10 malaikat yang wajib kita imani sebagi seorang Muslim. Kesepuluh malaikat tsb beserta tugasnya adalah sebagai berikut:

Jibril
Menyampaikan wahyu kepada para rasul dan nabi

Mikail
Membagi rezeki kepada semua makhluk, termasuk memberi makan, minum, dan menurunkan hujan

Izrail
Mencabut roh atau nyawa semua makhluk apabila sudah tiba saatnya.

Fakhry mengatakan...

Israfil
Meniup sangkakala (terompet) jika telah sampai saatnya hari kiamat.

Raqib
Mencatat setiap kebaikan dan amal baik manusia

Atid
Mencatat setiap kejahatan dan amal buruk manusia

Munkar dan Nakir
Memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada orang yang ada dalam kubur

Malik
Menjaga pintu neraka

Ridwan
Menjaga pintu syurga

Fakhry mengatakan...

Begitulah "malaikat" dalam versi Islam....semoga info ini dapat menambah referensi....


Skarang gw laper banget banget...olee..
...oleeee...laper...ya makan ..wkwkwkwk....

wildan mengatakan...

weeeeeealhaadhalaaaahhh...kehidupan telah mengubah Proxy73 jadi alim ulama...wkwkwkwkwkwk....salut dech ....ha ha ha ha ha....

wildan mengatakan...

Turut berduka cita atas kepulangan WS "si burung merak" rendra. Indonesia kehilangan salah satu penyair terbesarnya. Mungkin yang terbaik setelah chairil anwar...

Berikut adalah sebuah puisi masterpiecenya...

Sajak Sebatang Lisong karya WS Rendra

Menghisap sebatang lisong
Melihat Indonesia Raya
Mendengar 130 juta rakyat
Dan di langit
Dua tiga cukong mengangkang
Berak di atas kepala mereka

Matahari terbit
Fajar tiba
Dan aku melihat delapan juta kanak – kanak tanpa pendidikan

Aku bertanya
Tetapi pertanyaan – pertanyaanku
Membentur meja kekuasaan yang macet
Dan papan tulis – papan tulis para pendidik
Yang terlepas dari persoalan kehidupan

Delapan juta kanak – kanak
Menghadapi satu jalan panjang
Tanpa pilihan
Tanpa pepohonan
Tanpa dangau persinggahan
Tanpa ada bayangan ujungnya

Menghisap udara
Yang disemprot deodorant
Aku melihat sarjana – sarjana menganggur
Berpeluh di jalan raya
Aku melihat wanita bunting
Antri uang pensiunan

Dan di langit
Para teknokrat berkata :

Bahwa bangsa kita adalah malas
Bahwa bangsa mesti dibangun
Mesti di up-grade
Disesuaikan dengan teknologi yang diimpor

Gunung – gunung menjulang
Langit pesta warna di dalam senjakala
Dan aku melihat
Protes – protes yang terpendam
Terhimpit di bawah tilam

Aku bertanya
Tetapi pertanyaanku
Membentur jidat penyair – penyair salon
Yang bersajak tentang anggur dan rembulan
Sementara ketidak adilan terjadi disampingnya
Dan delapan juta kanak – kanak tanpa pendidikan
Termangu – mangu di kaki dewi kesenian

Bunga – bunga bangsa tahun depan
Berkunang – kunang pandang matanya
Di bawah iklan berlampu neon
Berjuta – juta harapan ibu dan bapak
Menjadi gemalau suara yang kacau
Menjadi karang di bawah muka samodra

Kita mesti berhenti membeli rumus – rumus asing
Diktat – diktat hanya boleh memberi metode
Tetapi kita sendiri mesti merumuskan keadaan
Kita mesti keluar ke jalan raya
Keluar ke desa – desa
Mencatat sendiri semua gejala
Dan menghayati persoalan yang nyata

Inilah sajakku
Pamplet masa darurat
Apakah artinya kesenian
Bila terpisah dari derita lingkungan
Apakah artinya berpikir
Bila terpisah dari masalah kehidupan

Anonim mengatakan...

Sedih atas meninggalnya WS Rendra. Bye bye Burung Merak penentang ketidak adilan. Damai bersama Allah SWT.

@ BM,

tambahin ke dalam daftar mike yang sukses, yaitu michael "mike" mohede indonesia idol dan my fave ones, george michael (Pretty Melia, Mega Kuningan - mo balik rumah nich)

mikerk mengatakan...

@ Pace Ruben,

Kalo tidak "kacau" bukan Pace Ruben namanya...saya tunggu mob Papua berikutnya. GBU

@ Mbak Eliz,

Don't .... try this at home...ha ha ha...tahnx. GBU

@ Pak Johanes,

Terima kasih ulasannya. Selalu menambah ilmu saya. Saya tunggu koemntar berikutny. JBU

@ Nana,

Persahabatan selalu dua arah. Apa yang disebut kita dapat langsung dibalik menjadi anda, dia dan akhirnya...kita semua....thanx. GBU

mikerk mengatakan...

@ Mbak Pritha,

Saya selalu "kesulitan" menanggapi anda ...ha ha ha ha...tahnx. GBU sist.

@ Mas Budhi,

Wah sama menghilangnya dengan Pak Syam. GBU

@ Bung Eman,

Thanx Bro'. GBU

@ Poempuisi,

Sedih ..rendra sudah tiada. Tetapi calon penganti rendra (Poempuisi) selalu mengunjungi blog dan berkomentar. thanx. GBU

@ Tuak1,

he he he saya selalu bingung dengan "kepolosan" anda...wkwkwkwk...thanx GBU

@ Mas Proxy73 dan Wildan,

Yang satu layaknya alim ulama yang lainnya adalah sufi....apa pantes????...wkwkwkwkwkw...thanx atas komennya. GBU

@ Pace Noge,

Apa kabar Papua? Jangan pergi meninggalakn kami lah....kan kita saudara....nanti saya lapor Pace Ruben...ha ha ha ha...kaonak bung....thanx. GBU

mikerk mengatakan...

@ Pak Yes,

Ada yang saya lewatkan yaitu pertanyaan Pak Yes: mengapa hutan malah menghabiskan air sedangkan hutan seharusnya bisa mendatangkan hujan.

Jawab saya ada 2:

1. Menurut Alkitab, Tuhan menciptakan air dahulu barulah pohon-pohon. Artinya, ada air dahulu baru pohon. Jangan dibalik.

2. Pohon bernafas dan membuang uap air (transpirasi). Uap air yang dilepas memang naik ke udara dengan cara mengambang dala proses adiabatik. Lalu, angin dapat meniup ke sana ke mari. Nah NTT yang sangat berangin menyulitan pertumbuhan uap air menjadi awan hujan.

BTW, pertanyaan yang bagus. JBU

mikerk mengatakan...

@ Pak Syam.

1. Saya rindu sosok Pak Syam dan koemntar-komentarnya;

2. Saya bersyukur pak Syam berangsur sehat. Tetapi tak usah memaksakan diri ke blog kalau belum sehat benar. Dengan mengetahui Pak Syam sehat saja sudah merupakan kebahagiaan tersendiri bagi saya.

GBU Pak!!!!!

mikerk mengatakan...

Ikut berduka cita atas berpulangnya w S Rendra. Semangat "perlawannnya" ikut mengispirasi karya dan cara berpikir saya.

Kesederhanaan Mbah Suripmengesankan saya. Hal itu menghapus berbagai "kekonolan" beliau semasa hidup.

BTW, ikut berduka cita dan I love both of them full....

mikerk mengatakan...

Ada Sebuah komentar yang dikirim melalui e-mail kepada saya. Pengirim ingin dikenal sebagai no name. Tak apalah toh sudah "adat dunia maya" bahwa pada dasarnya kita semua adalah anonim.

Berikut adalah komentar sahabat yang saya maksudkan:

Arti Seorang Sahabat

Suatu kali Socrates bertanya kepada seorang lelaki tua yang sederhana tentang apa yang paling membuatnya bersyukur. Lelaki itu menjawab, "Yang saya syukuri adalah meski keadaan saya begini, saya memiliki sahabat-sahabat yang begitu setia sampai saat ini."

Ada banyak "sahabat" yang tidak setia. Dalam kitab Amsal tertulis, "Kekayaan menambah banyak sahabat, tetapi orang miskin ditinggalkan sahabatnya" (19:4). Namun demikian, sahabat sejati "menaruh kasih setiap waktu" (17:17) dan "lebih karib daripada seorang saudara" (18:24).

Kata friend (sahabat ) dalam bahasa Inggris berasal dari akar kata yang sama dengan freedom ( kebebasan ). Sahabat sejati memberi kebebasan kepada kita untuk menjadi diri sendiri. Kita bebas mengungkapkan kebimbangan, ketakutan, keraguan, kesedihan,kebahagiaan, keyakinan, kekuatan, dan belas kasih.

Sahabat yang baik juga mampu menegaskan tentang betapa berartinya kita bagi dirinya.

mikerk mengatakan...

Ratu Victoria pernah berbicara tentang William Gladstone, "Saat bersama dengannya, saya merasa berada di dekat seorang pemimpin yang paling berpengaruh di dunia."

Namun tentang Benjamin Disraeli, ia berkata, "Ia membuat saya merasa saya adalah pemimpin yang paling berpengaruh di dunia."

Orang Kristen mempunyai "ikatan tak tampak" dalam hal bersahabat dan menjadi sahabat, karena kita adalah bagian dari satu keluarga. Pernahkah anda merasakan adanya suatu ikatan kekeluargaan tatkala bertemu dengan orang yang belum pernah anda kenal sebelumnya, dan mendapati bahwa ternyata Anda dan ia memiliki Kristus yang sama? Dan tak diragukan lagi,

memang Kristus-lah sahabat sejati mereka dan karenaNya mereka menjadi sahabat.

Sahabat sejati mendorong kita lebih dekat dengan Kristus. JBU

mikerk mengatakan...

Thanx untuk sahabat "no name". Komentar anda amat bagus dan memperkaya kita semua. Saya tunggu komentar-komentar bernas lainnya. JBU

Anonim mengatakan...

NOOEDIN MUH TOP TEWAS.....KELOMPOKNYA DI BEKASI DIGILAS .... JANGAN-JANGAN DI TIM DENSUS 88 ADA YANG NAMANYA MICHAEL...WKWKWKWKWK....HIDUP DENSUS 88...HIDUP POLRI..JANGAN KENDUR...JANGAN LENGAH....(Proxy73)

Anonim mengatakan...

Noor Din Diduga Kuat Tewas dalam Penggerebekan

Sabtu, 08 Agustus 2009 | 11:06 WIB

TEMPO Interaktif, Temanggung - Tersangka teroris Noor Din M. Top diduga tewas dalam penggerebekan di rumah Muh Zahri di RT 01/07, Desa Beki, Kelurahan Kedu, Temanggung, Jawa Tengah.

"Yang tewas itu dipastikan Noor Din berdasarkan keterangan para saksi kemarin bahwa yang di situ adalah Noor Din," ujar sumber dari Kepolisian kepada Tempo, Sabtu (8/8).

Akan tetapi, sumber dari kepolisian tersebut mengatakan kepastian Noor Din M. Top tewas harus dilakukan dengan tes DNA.

Saat ini, terlihat polisi menyediakan tiga kantong mayat. Satu kantong terisi dibawa keluar, dan satu kantong tidak terisi juga dibawa keluar. Kini tinggal satu kantong mayat tersisa.

Terlihat tiga ambulans merapat ke lokasi. Satu dari Kepolisian Wilayah Kedu, sementara dua lainnya tidak diketahui dari mana.

Dalam pengerebekan sejak sore hingga semalam, pasukan Detasemen Khusus 88 Antiteror telah menangkap lima orang. Dua di antaranya bernama Aris dan Indra, yang diduga kaki tangan buron teroris asal Malaysia Noor Din M. Top.

(Proxy73)

poempuisi mengatakan...

PUISI TERAKHIR ~ WS Rendra.

Aku lemas
Tapi berdaya
Aku tidak sambat rasa sakit
atau gatal

Aku pengin makan tajin
Aku tidak pernah sesak nafas
Tapi tubuhku tidak memuaskan
untuk punya posisi yang ideal dan wajar

Aku pengin membersihkan tubuhku
dari racun kimiawi

Aku ingin kembali pada jalan alam
Aku ingin meningkatkan pengabdian
kepada Allah

Tuhan, aku cinta padamu

mikerk mengatakan...

@ Proxy73 dan Poempuisi,

Terima kasih atas infonya. Smeoga Indonesia semakin aman. God bless both of you, and so do for all of us

@ Dear All,

Ketika mencari lag yang pas untuk posting berikutnya, saya menemukan sebuah versi gospel jazz dari lagu lawas "michael row the boat ashore". Dahsyat musiknya dan dahsyat pula suaranya. Tak tahan hati, sayapun mempostingnya di sini mumpung temanys sama, yaitu "michael". Selamat menikmati.

mikerk mengatakan...

"Michael Row The Boat Ashore"
(First noticed in 1863, sung by African-American slaves in the Georgia Sea Islands)

Michael, row the boat ashore, Alleluia!
Michael, row the boat ashore, Alleluia!

Sister help to trim the sails, Alleluia!
Sister help to trim the sails, Alleluia!

The river is deep and the river is wide, Alleluia!
Milk and honey on the other side, Alleluia!

Jordan's river is chilly and cold, Alleluia!
Chills the body, but not the soul, Alleluia!

If you get there before I do. Alleluia!
Tell my people I'm coming too. Alleluia!

sastavyana blog's mengatakan...

Duh, gw kira ini posting narsis...he he he he...taunya adalah penegasan BM terhadap misi blognya, "persahabatan, kebaikan dan kasih sayang". Good posting. I love this.

sastavyana blog's mengatakan...

GW punya info tambahan tentang malaikat michael nih (dengan referensi dari milis yg gw ikut)

MIKHAEL – מיכאל – MICHAEL

MIKHAEL atau MICHAEL, (Ibrani : מיכאל - MÎKHÂ'ÊL, Yunani : μιχαηλ – MIKHAEL dari kata מי - MÎ, siapa, כי - KÎ, karena, dan אל - 'ÊL, Allah.

Dengan nama michael berarti "siapakah seperti Allah?" arti kontekstualnya "tidak ada yang seperti Allah", "no one like God" - searti dengan MIKHA (Ibrani, מיכיה - MÎKHÂYÂH, siapakah seperti TUHAN?).

Nama MIKHAEL atau MICHAEL ini dipakai oleh 11 tokoh Alkitab, tapi hanya satu yang khas menonjol, yaitu malaikat Mikhael, yang dalam kitab-kitab Pseudepigrafa dipandang sebagai pelindung dan pembela Israel (1 Henokh 20:5; 89:76).

Dalam Kitab Daniel, Mikhael lebih menonjol sebagai penjaga umat Yahudi terhadap ancaman kekuasaan fasik dari Yunani dan Persia (Daniel 12:1), yang dilukiskan dengan gaya 'salah seorang dari pemimpin terkemuka dan pemimpinmu itu' (Daniel 10:13, 21).

Malaikat Mikhael sebagai penghulu malaikat (Yudas 9; 1 Tesalonika 4:16). Dengan peranan ini sangat cocok bahwa dialah penghulu malaikat, sebagaimana ditulis dalam Yudas 9 yang digambarkan 'bertengkar dengan Iblis mengenai mayat Musa', pemimpin besar umat Allah itu, yang kepadanya malaikat (barangkali Mikhael) berbicara di atas Guning Sinai (Kisah 7:38). Selanjutnya tampil lagi Malaikat Mikhael dalam Wahyu 12:7, sebagai makhluk yang berperang di sorga melawan ular naga.

sastavyana blog's mengatakan...

Lagu "michael row the boat ashore" versi ini baru gw tau. Asyik banget. Wah, mau gw download nih...

Gw juga punya info tentang lagu ini,

Michael, Row the Boat Ashore" (or "Michael, Row Your Boat Ashore") is an African-American spiritual. It was first noted during the Civil War at St. Helena Island, one of the Sea Islands of South Carolina.

It was sung by former slaves whose owners had abandoned the island before the Union navy would arrive to enforce a blockade. Charles Pickard Ware, an abolitionist and Harvard graduate who had come to supervise the plantations on St. Helena Island from 1862 to 1865, wrote the song down in music notation as he heard the freedmen sing it.

As this song originated in oral tradition, there are many versions of the lyrics. It begins with the refrain, "Michael, row the boat ashore, Hallelujah." The lyrics describe crossing the River Jordan:

Jordan's River is deep and wide, hallelujah.
Meet my mother on the other side, hallelujah.

Jordan's River is chilly and cold, hallelujah.
Chills the body, but not the soul, hallelujah.


The River Jordan can be viewed as a metaphor for death. According to Allen, the song refers to the Archangel Michael....

sastavyana blog's mengatakan...

GW 'neg ma rendra karena poligaminya tapi puisi cinta rendra untu istri Inya, mba narti indah banget...ikutan nikmatin ya...

"surat cinta"
WS Rendra

Kutulis surat ini
kala hujan gerimis
bagai bunyi tambur yang gaib,
Dan angin mendesah
mengeluh dan mendesah,
Wahai, dik Narti,
aku cinta kepadamu !

Kutulis surat ini
kala langit menangis
dan dua ekor belibis
bercintaan dalam kolam
bagai dua anak nakal
jenaka dan manis
mengibaskan ekor
serta menggetarkan bulu-bulunya,
Wahai, dik Narti,
kupinang kau menjadi istriku !

Kaki-kaki hujan yang runcing
menyentuhkan ujungnya di bumi,
Kaki-kaki cinta yang tegas
bagai logam berat gemerlapan
menempuh ke muka
dan tak kan kunjung diundurkan

Selusin malaikat
telah turun
di kala hujan gerimis
Di muka kaca jendela
mereka berkaca dan mencuci rambutnya
untuk ke pesta
Wahai, dik Narti
dengan pakaian pengantin yang anggun
bunga-bunga serta keris keramat
aku ingin membimbingmu ke altar
untuk dikawinkan
Aku melamarmu,
Kau tahu dari dulu:
tiada lebih buruk
dan tiada lebih baik
dari yang lain…
penyair dari kehidupan sehari-hari,
orang yang bermula dari kata
kata yang bermula dari
kehidupan, pikir dan rasa

Semangat kehidupan yang kuat
bagai berjuta-juta jarum alit
menusuki kulit langit:
kantong rejeki dan restu wingit
Lalu tumpahlah gerimis
Angin dan cinta
mendesah dalam gerimis.
Semangat cintaku yang kuta
batgai seribu tangan gaib
menyebarkan seribu jaring
menyergap hatimu
yang selalu tersenyum padaku

Engkau adalah putri duyung
tawananku
Putri duyung dengan
suara merdu lembut
bagai angin laut,
mendesahlah bagiku !
Angin mendesah
selalu mendesah
dengan ratapnya yang merdu.
Engkau adalah putri duyung
tergolek lemas
mengejap-ngejapkan matanya yang indah
dalam jaringku
Wahai, putri duyung,
aku menjaringmu
aku melamarmu

Kutulis surat ini
kala hujan gerimis
kerna langit
gadis manja dan manis
menangis minta mainan.
Dua anak lelaki nakal
bersenda gurau dalam selokan
dan langit iri melihatnya
Wahai, Dik Narti
kuingin dikau
menjadi ibu anak-anakku !

Anonim mengatakan...

Awwiiii Pak Mike, memang betul, yang menyanyi lagu "michael row the boat ashore" talalu enak eeee....mantap....

Terhadap tulisan pak Mike di Timex tentang KGC dan pemanasan global ternyata ada tangapan balik dari Sirilus Selaka. Tapi saya lihat dia mendukung pendapat Pak Mike hanya dia beraggapan bahwa Pak Mike punya himbauan terlalu lunak. Makanya dia mau pemerintah lebih keras mengatur kesadaran warga. Tetapi saya rasa Pak Mike sonde usah tanggapi karena tidak ada hal yang perlu ditanggapi.

Tulisan Pak Mike sendiri terlalu enak dibaca hanya beta baru sadar bahwa tulisan itu pernah dimuat di blog ha ha ha ha...kita pembaca blog lebe untung...ha ha ha..

Selamat hari minggu besok Pak. JBU
(Sonny)

Anonim mengatakan...

Jikalau Pak Mike sonde sempat baca, beta kutip kasi pak Mike artikel sirlus selaka itu:

KGC, Mutiara di Kandang Kambing
( Urun-rembug Dalam Tulisan L. Michael Riwu Kaho )

Oleh; Sirilus Selaka
Penulis; Warga Kota, tinggal di Kelurahan Fontein. MEMBACA tulisan akademisi L. Michael Riwu Kaho; Gerakan KGC Mengajak Kita Untuk Mulai Berubah, Timex, 5/08/2009, muncul beberapa pertanyaan bernada skeptis; Sejauh mana ajakan tersebut dituruti di tengah menguatnya budaya instant masyarakat kini? Atau masih sempatkah orang menanam dan merawat pohon demi hari esok di tengah himpitan kebutuhan perut hari ini?

Masih pedulikah kita pada nasib bumi puluhan tahun kedepan di tengah keserakahan melakukan illegal loging selama lima tahun berkuasa? Atau yang lebih ekstrem lagi, Perlukah kita mengkhawatirkan keadaan bumi yang tak mungkin dihindari? Toh, pemanasan global atau apapun nasib bumi kelak adalah konsekuensi dari perubahan.

Sementara perubahan adalah realitas, bukan issu yang bisa dibendung akselerasi perluasanya. Jika jawabanya; tidak, maka KGC tak ubahnya mutira yang dibuang ke kandang kambing.

Mungkin terlalu jauh mengidentikan KGC dengan mutiara secara finansial, karena KGC bukan program tanam-menanam seperti jagungnisasi, ubi atau jarak yang bernilai milyaran, tetapi roh KGC adalah mutiara yang terkubur dalam tumpukan budaya ‘KGC’ alias Kupang Gersang and Chuek. Dan bagaimana menyelami mutiara di kedalam tersebut, kita butuh alat bantu yang memadai.

Anonim mengatakan...

Apa yang ditawarkan oleh L. M. Riwu Kaho bahwa KGC seharusnya bukanlah suatu proyek yang bersifat top-down, melainkan suatu social movement adalah tawaran yang mestinya tak bisa ditolak.

Tetapi untuk dapat menemukan ‘mutiara’ social movement tersebut, kita mesti memulai dengan teknik penyelaman yang bersifat top-down karena derasnya arus budaya instant sungguh mengancam. Ketika pemerintah melakukan konversi minyak tanah ke gas, mau-tidak mau orang pakai gas karena minyak tanah langka, nyaris hilang dari peredaran.

Atau begitu harga rumput laut menggiurkan, ramai-ramai petani melakukan gerakan turun laut tanpa harus dikomando atau ditrening teknik budidaya terlebih dahulu. Fakta keberhasilan Kelurahan Jambangan di Jatim yang terkenal hingga ke luar negeri karena pemerintah setempat ‘main paksa’ terhadap warga dengan membuat aturan berupa sanksi bagi warga yang pemukimanya kotor.

Seperti yang dilaporkan Timex saat meliput kegiatan tim studi banding Kota Kupang ke Jambangan tahun lalu; sejauh mata memandang, tak satupun sampah terlihat, karena bagi warga di sana, membakar sampah berarti membakar uang.

Contoh lain tentang keberhasilan sistim top-down, walau primitive tetapi akhirnya membudaya di masyarakat adalah Bishnoeis. Kisah yang dikutip Pdt. Dr. Mery Kolimon dalam artikelnya; Perempuan Merawat Bumi bahwa, penduduk asli daerah Rajashtan di India Utara menganut apa yang disebut Bishnoeis.

Nama itu sendiri berarti ‘pengikut dua puluh sembilan aturan/perintah’. Aturan-aturan itu antara lain melarang pengikutnya menebang pohon dan membunuh binatang. Akibatnya, hubungan mereka, dengan flora dan faunanya dicirikan secara sangat kuat oleh perasaan hormat dan kasih.

Praksis dari agama mereka telah terbukti menjadi alat yang efektif untuk konservasi alam dan perluasan hutan di sekeliling mereka. Perempuan-perempuan dari komunitas ini mengasuh dan menyusui anak-anak rusa yang induknya terluka atau terbunuh seperti anak-anak mereka sendiri.

Tradisi luhur ini menemukan ekspresinya dalam gerakan Chipko yang terkenal dengan ‘memeluk pohon’ sebagai symbol perlawanan terhadap perusakan hutan dan perlindungan alam.

Anonim mengatakan...

Haruskah seekstrem itu manusia jaman ini merawat bumi? Tentu tidak, karena perubahan peradaban. Tetapi merubah perilaku ekstrem perusakan bumi dengan siasat yang disesuaikan dengan perubahan peradaban tentu bisa dilakukan. L. M. Riwu Kaho menghimbau warga kota ini bahwa KGC harus ditransformasikan sebagai suatu gerakan menghadapi perubahan iklim global yang nyata-nyata sudah terjadi. “Mari bekin bersih kitorang pung kota.

Mari kitong bekin ijo kitong pung kota dengan menanam pohon. Sonde usah banyak-banyak”. Ini ajakan yang simpatik, tetapi konvensionil dan terlalu lemah lembut bagi karakter dan watak kitong yang kepala batu juga chuek. Sehingga perlu ‘main kasar’ oleh pemerintah berupa regulasi berikut reward and punishment yang jelas. Apa urgensinya? Perubahan tak kenal kompromi.

Dan alternative yang disediakan sang dosen berumah kaca,, eeh berkaca mata ini adalah ameliorate and adapt, mengubah dan menyesuaikan bukan avoidance atau menghindar, apa lagi denial atau menolak.

Menolak? mana tahan,. Ya, mengubah kebiasaan agar dapat menyesuaikan diri dengan perubahan. Mengubah ‘Kupang Gersang and Chuek’ menjadi Kupang Green and Clean agar dapat menyesuaikan diri dengan perubahan yang sedang dan akan terjadi.

Langkah strategis Timex dengan meluncurkan program perdana KGC disertai provokasi medianya, berikut sambutan hangat pemerintah Kota Kupang dan pihak-pihak lain tahun lalu telah turut berkontribusi dalam perjuangan mempertahankan Tropi Adipura.

Tetapi ini bukan goal sesuangguhnya, karena roh KGC belum merasuki warga Kota Karang ini. Fakta yang dibeberka juri KGC tahun lalu berupa apatisme sementara warga, bahkan aparat RT/RW, Kelurahan sampai Kecamatan belum bisa dijadikan tolok ukur kegagalan, tetapi pelajaran karena proses awarness sampai pada adopsi memerlukan teknik dan jurus-jurus jitu.

Tampaknya jurus Walikota Kupang dengan reward and punishment bagi para Lurah dalam menterjemahkan KGC perdana perlu diaffirmasi. Mengadopsi jurus unpopular Jambangan yang bikin popular Kelurahan itu hingga ke luar negeri termasuk langkah affirmatif menyelami mutiara KGC.

Who can stop global warming? No one. Sejarah membuktikanya, dan sejarah sedang dan akan terus berulang seiring perubahan. How about us? According L. M. Riwu Kaho, if we can not fight it, let adapt to it. Just it.! Dan mutiara perubahan untuk meyesuaikan diri dengan perubahan itu sendiri tersedia dalam program KGC ini. So, let’s dive to find it karena kita tidak bermukim dalam kandang kambing. (*)

Anonim mengatakan...

@ Sony,

Saya kira anda betul. Bigmike tidak perlu menanggapi Sirilus karena esensi tulisan BM tidak ada yang diganggu-gugat. Yang dia persoalkan adalah KGC seharusnya berifat top-down menurut anggapannya masyarakat sudah tak bisa diharapkan memiliki niat baik untuk berubah. Asusmi seperti itu khas asumsi ORBA. Masyarakat diangapnya masih bodoh.

ghentenxyuTAM mengatakan...

Setelah sholat subuh, saya tak bisa tidur lagi. Penasaran untuk mengetahui berita apakah sosok teroris yang tertembak di temanggung adalah NMT?

Kenapa ya, kita kok dibimbangkan terus menerus dengan ketidakpastian? Apa kita perlu malaikat mikail/michael untuk memberi kepastia? ha ha ha ha

ghentenxyuTAM mengatakan...

Saya barusan memposting artikel tentang kebaikan dan persahabatan. Ternyata cocok dengan apa yang diposting BM. Intinya, kebaikan dan persahabatan tidak memandang kasta, harta, tahta, ras, bangsa dan agama.

Jikalau "hati kita mau", persahabatan dan kebaikan bisa dijadikan. Dan BM bagus sekali mengungkapkan itu...

"Satu hari satu kebaikan, satu orang satu kebaikan, 1000 hari seribu kebaikan dan 1000 orang seribu kebaikan". Jika kita semua adalah sahabat dan semuanya saling mengerjakan kebaikan maka .... ahaaaaaa.....kebaikan akan mengalahkan kejahatan"

Just do it

mikerk mengatakan...

@ Mbak Vina,

Thanx. GBU

@ Sonny,

Terima kasih eee....soal tulisan Sirilus Selaka...memang Sonny betul...dia hanya berbeda pendekatan. Inginnya pemerintah lebih berperan. Sebenarnya hal itu juga sudah ada dalam makalah ke dua tetpi tidak dipublikasikan oleh Timex. Jadi, tidak akan saya tanggapi. Biarkan yang mengeti betul masalah tata good governance yang menaggapi, jika mau.

@ Mas Genthenx,

Matur Nuwun Sanget. GBU

Anonim mengatakan...

Ya aumpun, michael yang dosen Fapet Undana bukan malaikan ttapi "anak nakal" tetapi pintar dan baik hati...ha ha ha ha...(John, Oemasi)

Anonim mengatakan...

Terima kasih atas penjelasanya. Hari i i terbit lagi makalah dari Pak Mike di Timex. Betul-betul makalah akademik. (Yes)

an2na mengatakan...

michael emang asik...cute orangnya cute postingnya....

Anonim mengatakan...

2 jempol untuk "michael"...

Welcomeback Pak Syam. Semoga sehat sejahtera. GBU (Patrice)