Jumat, 24 Juli 2009

biarkan cinta itu mengalir

Dear Sahabat Blogger,

Satu dua waktu terakhir ini adalah waktu-waktu yang sangat melelahkan. Kerja ini dan itu. Bepergian ke sana, ke situ dan ke sini. Tak cukup waktu untuk mengistirahatkan pikiran guna bersenang-senang kendati sempat bepergian ke Tuamese yang indah. Bahkan 3 kali kembola-kembali ke Bali dalam tempo 2 minggu. Dua kali menginap persis di tepi pantai Sanur dan 1 kali menginap di Hotel Mercure tepat di tepian pantai Kuta. Dua pantai yang legendaris dan banyak orang. Ada yang putih nyaris tak berbaju. Ada pula yang kuning, hitam dan coklat. Tumpah ruah orang mencari kesenangan. Dan saya harus sibuk terus bekerja demi serupiah dua. Tidak banyak tetapi perlu untuk menghidupkan nyala kompor di dapur. ..... ooooo laaaa laaaa.... saya merasa teralienasi di tengah kebahagiaan banyak orang.

Di tengah kepungan kelelahan tiba-tiba ..."bbbuuummmm" ... Hotel JW Marriot dan Ritz Carlton di Jakarta meledak. Tepatnya diledakan. Waaaaooooo....kegilaan itu masih ada tak mau pergi juga. Apakah ada kebaikkan yang ditegakan atas dasar ketidakbaikkan? Bolehkah kebahagiaan didirikan di atas genangan darah dan air mata sesama? Situasi kesedihan itu ternyata dibikin lebih runyam oleh adanya perdebatan yang sungguh tidak perlu. Perdebatan kusir di kalangan para "dewa-dewa" timbul akibat pernyataan SBY dan komapanyon-nya yang, .... alaamaaaakkk. ... ternyata tidak punya cukup roti sebagaimana yang pernah dibuat oleh Aristoteles (bukan tidak ada tetapi mungkin tidak cukup banyak untuk dibagikan). Betap tidak, di tengah tuntutan untuk bersatu, malahan SBY melakukan pemilahan anak bangsa hanya atas dasar info yang sungguh masih mentah. Jelas-jelas dalam pidatonya dikatakan bahwa ada yang ingin menduduki KPU, ada yang ingin berdemo, ada yang ingin menggalkan pelantikan dirinya ebagai Presiden. Howcome my Presidente????? Ledakan bom adalah fakta. Info tentang ketidak terimaan atas hasil pilpres mungikin juga fakta tetapi apa hubungannya? Memaklumkan sesuatu yang masih sumir di tengah keterkejutan dan kesedihan bangsa adalah sungguh keterlaluan. Apalagi ternyata data-data yang dijadikan dasar adalah data-data usang dan data-data yang masih harus diuji. Berkatalah Andi Malarangeng..."heeiiii semua harus dibuka dan diuji" ... "mengapa harus dilarang ini dan itu????". Baiklah pak Andi tetapi jika begitu logika berpikirnya maka mengapa jenis kemungkinan dibatasi hanya yang berkaitan dengan pilpres? Mengapa tidak semua kemungkinan dibuka di atas meja?

Dan tiba-tiba horor berganti menjadi humor ketika SBY berpesan....."hei ada yang memelintir ucapan saya"...."periksa baik-baik pidato saya"...dan saya memeriksanya, persis seperti kata SBY, yaitu kata demi kata.....Seumpama kata: pada bagian tertentu SBY betul dan tepat sekali ketika kutipan itu berbunyi "2 x 2 = 4". Anehnya beliau melupakan atau sengaja melupakan bahwa di bagian lain pidatonya ada yang berbunyi "2 x 2 = 16".....Enggan bertanggung jawab? Entahlah. Satu hal yang pasti adalah beliau dan CS-nya masih harus bekerja keras untuk memperbesar roti-roti Aristoteles. Tak ada kebaikan di balik kesombongan. Tak mungkin ada kebersamaan di balik pengucilan. Tidak ada keteladanan di balik ketergesaan dan kekurang hati-hatian.

Demikianlah, wahai sahabatku, waktu belakangan ini adalah waktu-waktu yang melelahkan secara fisik dan juga pikiran. Demikian buruk-kah hari-hari ini? Ya tidak juga. Seperti yang saya yakini bahwa setiap terbit matahari selalu ada kuantum energi yang dipancarkan. Dan di setiap kuantum energi itu selalu ada peluang untuk menjadi ini dan itu. Ada peluang bagi ketidakbaikkan tetapi selalu ada peluang untuk kebaikan. Maka, jangan kalah dengan kepicikan dan kesombongan. Lakukanlah sesuatu yang jauh lebih baik dari itu, yaitu nyalakan cinta kasihmu. Lalu, biarkan cinta itu bergelora dan bergerak bagai berkas gelombang energi kuantum dalam radiasi sinar surya. Biarkan pula cinta kasih itu bergerak seperti arus sungai yang mengalir jernih dan menghidupkan. Hidup saya, dan pasti anda semua, adalah saksi dari kuatnya gelombang cinta kasih itu. Tepat hari begini di 46 tahun yang lampau SGT dan kekasihnya menghadirkan saya dalam aliran kasih mereka berdua. Hari ini saya ada di sini untuk juga berusaha menyebarkan cinta kasih semacam itu. Ada banyak cinta kasih yang sudah saya peroleh dari SGT, ayahanda saya, dan kekasih hatinya, Ibunda saya. Itu adalah kekayaan saya. Dan tugas saya adalah membagikan kekayaan itu. Tak selalu berhasil memang tetapi jangan kalah karena kegagalan. Gagal adalah fakta tetapi bangkit kembali dan berjuang adalah juga fakta lainnya. Maka, Mengalirlah Cinta. Mengalirlah Kasih. Hanyutkan kesedihan dan kegundahan. Mengalirlah penuhi hati. Mengalirlah genangi jiwa. Tuhan Memberkati!!!

132 komentar:

mikerk mengatakan...

"Let Your Love Flow"

There's a reason for the sun shiny sky
And there's a reason why I'm feelin' so high
Must be the season
When that love light shines all around us
So let that feelin' grab you deep inside
And send you reelin' where your love can't hide
And then go stealin'
Through the summer nights with your lover

Just let your love flow like a mountain stream
And let your love grow with the smallest of dreams
And let your love show
And you'll know what I mean, it's the season
Let your love fly like a bird on the wing
And let your love bind you to all living things
And let your love shine
And you'll know what I mean, that's the reason

There's a reason for the warm sweet nights
And there's a reason for the candle lights
Must be the season
When those love rites shine all around us
So let the wonder take you into space
And lay you under its loving embrace
Just feel the thunder as it warms your face
You can't hold back
Just let your love flow like a mountain stream
And let your love grow
With the smallest of dreams and let your love show
And you'll know what I mean, it's the season
Let your love fly like a bird on the wing
And let your love bind you to all living things
And let your love shine
And you'll know what I mean, that's the reason

Just let your love flow like a mountain stream
And let your love grow with the smallest of dreams
And let your love show
And you'll know what I mean, it's the season
Let your love fly like a bird on the wing
And let your love bind you to all living things
And let your love shine
And you'll know what I mean, that's the reason

mikerk mengatakan...

Selamat membaca. Tuhan Memberkati

Anonim mengatakan...

Panjang Umurmu (3x)
serta mulia (3x)
BM makasih ya.. sebagai sahabat di blog ini banyak hal yang sudah saya petik lewat tulisan2 BM. Tuhan memakai BM untuk menebar kasih, persahabatan dan kebaikan seperti misi dari blog ini. Tapi satu hal yang ingin saya titip buat BM, saya juga semua teman2 sangat mencintai dan mengasihi BM, untuk itu jagalah kesehatan bung, pekerjaan itu berkat dari Tuhan tapi tubuh juga butuh istirahat jadi jangan terlalu bekerja keraslah. SEHAT ITU MAHAAAAAAAAAL. Kalo sudah sakit baru kita sadar betapa berartinya kesehatan itu.
Sekali lagi selamat ulang tahun. Tuhan Yesus memberkatimu. (Adek)

mikerk mengatakan...

@ Adek,

Terima kasih ya atas ucapan selamatnya. Cinta kasih seprti ini biarkan tumbuh dan mengalir seperti sungai yang tak pernah kering. I Love U sahabatku. GBU

Anonim mengatakan...

Hari ini tanggal 24 juli 2009 terindah bagimu sahabatku. Bertambah 1 usiamu (DR. Ir. L. Michael Riwu Kaho, M.Si), Selamat HUT 46.

Ucapkan syukur atas hari yang Tuhan bri. Berkat Tuhan melimpah-limpah atasmu (Paul)

Anonim mengatakan...

Mike,

Posting dengan kata-kata yang indah. Biarkan cinta itu mengalir memenuhi hati semua orang. Amin. Amin

Anonim mengatakan...

sori, (Paul)

mikerk mengatakan...

@ Bung Paul,

Beta masih di blog masih bikin beberapa editing untuk tulisan ini. Terima kasih banyak atas ucapan selamatmnya. Tuhan Yesus memberkati Bung Paul dan keluarga di Bandung.

Anonim mengatakan...

Selamat Ulang Tahun Pak Mike, Panjang umur dan diberkati selalu.

( susi )

mikerk mengatakan...

@ Dear Ibu Susi Kelly,

Thanx atas ucapan selamatnya. JBU sist. Ada komen tentang isi posting?

mikerk mengatakan...

@ Dear All,

Saya baru saja selesai membuat beberapa editing yang perlu. Saya juga menganti sebuah gambar. Semoga nyaman dibaca dan enak dilihat. GBU All

Fakhry mengatakan...

4 BIGMIKE,

HAPPY BIRTHDAY BRO HAPPY BIRTHDAY. TERUSLAH BERBAGI KEBAIKAN PERSAHABATAN DAN KASIH SAYANG. BIARLAH KASIH ITU MENGALIR TERUS DAN TERUS. GBU (Proxy73)

Fakhry mengatakan...

this song is very old song but stiil a beautiful...great posting....i love you brother (Proxy73)

Anonim mengatakan...

SELAMAT HUT PAK MIKE. Terima kasih karena saya dapat nilai A (Sonny)

Anonim mengatakan...

Posting yang mendalam tetapi sangat puitis. Lagunya juga enak skali. Mantap to enak to ha ha ha ha (Sonny)

mikerk mengatakan...

@ Proxy73,

Tengyu banget boss. GBU

@ Sonny,

Thanx tapi lu bisa dapat A karena memang Sonny belajar kuat. Trus belajar eee.... GBU

Anonim mengatakan...

selamat hut pak mike. Semoga sehat sejarhter dalam lindungan Tuhan Yesus (13)

Anonim mengatakan...

Posting ini memang puitis, tajam dengan lagu yang bagus sekali (13)

Anonim mengatakan...

Emang...reaksi SBY terhadap kssus bom jakarta amat tidak memadai cenderung memecah belah bangsa. Saya sebagai pengemar beratnya menjadi kecewa (Binxars)

Anonim mengatakan...

SELATAM HUTA untuk BIGMIKE. TERUSLAH MENGALIRKAN KASIH. JBU BRO' (Binxars)

Anonim mengatakan...

Setuju dengan “Let your love flow”
Sering kali rasa cinta kita dan respek kita baru muncul saat kita sudah kehilangan segalanya dari orang yg kita kasihi. Tapi semoga kisah ini mengajarkan kita betapa berharga nya cinta kasih dari orang yang kita kasihi, dan kita mau belajar menilai dan menerima cinta bukan dari sudut pandang kita saja. GBU.


Lima tahun sudah aku menikah dengan Ellen, hari-hari kami diselingi ketidakcocokan. Kami sering bertengkar karena hal-hal kecil. Hari ini ulang tahun Ellen dan kami bertengkar lagi karena aku bangun kesiangan. Rasa kesal membuatku tidak mengucapkan selamat ulang tahun ataupun mengecup keningnya Sore ini sudah tiga kali Ellen memintaku segera pulang untuk makan malam dengannya, tetapi permintaannya tidak kuhiraukan. Aku tiba di rumah pukul dua belas malam, dan kulihat Ellen tertidur di sofa. Aku berhenti di hadapannya. “Ia memang cantik,” kataku dalam hati. Aku menghela nafas dan masuk ke kamar Di meja rias kulihat buku harian Ellen. Bertahun-tahun ia menulis cerita hatinya di buku coklat itu dan ia tidak pernah mengizinkanku untuk membukanya.

Kuraih buku coklat itu dan kubuka halaman demi halaman secara acak.

14 Februari 1996.

“Terima kasih Tuhan atas pemberianMu yang berarti bagiku. Vincent, pacar pertama yang sekaligus menjadi pacar terakhirku.
”Hmm… aku tersenyum, Ellen begitu yakin kalau aku yang akan menjadi pendamping hidupnya.

6 September 2001.
“Tak sengaja kulihat Vincent makan malam dengan wanita lain sambil tertawa mesra. Tuhan, aku mohon agar Vincent tidak pindah ke lain hati.”

23 Oktober 2001.
”Aku menemukan surat ucapan terima kasih untuk Vincent, atas candle light dinner di hari ulang tahun seorang wanita bernama Melly. Siapa dia Tuhan? Bukalah mataku untuk melihat apa yang Kau kehendaki. ”

4 Januari 2002.
”Aku dihampiri wanita bernama Melly. Ia menghinaku dan mengatakan bahwa Vincent selingkuh dengannya. Tuhan, berilah aku kekuatan.”Bagaimana mungkin Ellen sekuat itu? Ia tidak pernah mengatakan apa pun atau menangis di hadapanku, setelah mengetahui aku telah mengkhianatinya.
Nafasku sesak, aku tak mampu membayangkan perasaan Ellen saat itu.

14 Februari 2003.

“Hari minggu yang luar biasa, aku telah menjadi Nyonya A. Vincent W. Terima kasih Tuhan!”

7 April 2006.

“Vincent marah padaku, aku tertidur pulas saat ia pulang sehingga ia menunggu di depan rumah agak lama. Aku lelah karena seharian di mal mencari jam idaman Vincent. Aku ingin membelikan hadiah di hari ulang tahunnya yang tinggal 2 hari lagi. Tuhan, beri kedamaian di hati Vincent agar ia tidak marah lagi padaku…."
Air mata penyesalan tak berhenti mengalir. Ellen mencoba membahagiakanku, tapi aku malah memarahinya.

15 November 2007.

“Vincent butuh meja untuk menaruh kopi di ruang keluarga, dia sangat suka membaca di sudut ruang itu. Tuhan, bantu aku menabung agar aku dapat membelikan sebuah meja, hadiah Natal untuknya."
Ellen tak pernah mengatakan meja itu sebagai hadiah Natal dan aku kembali memarahinya tanpa pernah memberinya kesempatan untuk menjelaskan.

Rasanya aku sudah tak sanggup lagi membuka lembaran berikutnya. Aku berlari ke luar kamar, kukecup kening Ellen dan ia terbangun. “Maafkan aku Ellen, aku mencintaimu. Selamat ulang tahun,” kataku penuh cinta.

Cinta selalu mampu mengajar kita berkorban demi kebahagiaan orang yang kita cintai.

Anonim mengatakan...

Hei kisah di atas bagus banget. Kiriman siapa tuh???? Jangan anonim dooonnnkkk!!!! (Binxars)

mikerk mengatakan...

@ Domi si raja sial (kan 13 angka sial ha ha ha ha ha..), Lae Binxars, dan anonim pengirim ceritera yang menggetarkan itu ( tapi saya sudah tau karena liat di e-mail ha ha ha ha....jangan kuatir identitas tetap disembunyikan)...waaaaaooowwww....thanx atas komen-komennya. GBU

Saya hari ini, selain karena istirahat kerja karena seperti jenuh bekerja, juga rajin buka-buka e-mail karena pasti ada sahabat yang kirim selamat HUT ke e-mail. Makanya tiap sebentaran bisa pantau sahabat yang datang komen di blog. Tengkyu semua. Danke. GBU

Anonim mengatakan...

Wow...cerita yang bikin jantungku hampir copot...gile...benar2 mengharukan....untuk yang mengirim (NN) pelajaran berarti buat hidup...kadang mata hati kita tertutup terhadap dia yang mencintai kita dengan sepenuh hati. (Adek)

Anonim mengatakan...

Ck ck ck ck ck, posting yang amat puitis dan nikmat banget dibaca. Ah, seandainya kita semua mau menjadi saluran aliran cinta kasih. Ahhhh..indahnya dunia (Nana)

Anonim mengatakan...

Tembang "let Your love flow" emang keren banget. Keren. Salah satu kekuatan blig ini adlaah karena BM mampu menggunakan lagu yang pas untuk posting-postingnya. Great (Nana)

Anonim mengatakan...

At last, Happy Birthday our Big Mike. God Bless You (Nana)

Anonim mengatakan...

ha ha ha ha...ia betul saya adalah raja sial dengan simbol angka 13 ha ha ha...tapi tidak....angka itu adalah angka keberuntungan...percaya saja...ha ha ha ha ..Bigmike ada ada saja (13)

Anonim mengatakan...

Biarkan cinta itu bergelora dan bergerak bagai berkas gelombang energi kuantum dalam radiasi sinar surya. Biarkan pula cinta kasih itu bergerak seperti arus sungai yang mengalir jernih dan menghidupkan. Hidup saya, dan pasti anda semua, adalah saksi dari kuatnya gelombang cinta kasih itu....ehmmmm..kata2 yang sungguh indah...Kuatnya cinta kedua orang tua, aku juga hadir didunia..kuatnya cinta aku dan dia yang kusayang..hadir seorang gadis kecil dalam kehidupan kami...setiap kutatap mata gadis kecilku..kulihat cinta kami berdua. Trima kasih cintaku, darimu kudapatkan seorang malaikat kecil yang sangat kusayang.
Dengan cinta kita, biarlah dia bertumbuh menjadi seorang anak yang baik dan berharga di mata Tuhan.

Anonim mengatakan...

BM...Selamat Ulang Tahun Yah.
Satu puisi buat BM

Hari hari lewat, pelan tapi pasti
Hari ini aku menuju satu puncak tangga yang baru
Karena aku akan membuka lembaran baru
Untuk sisa jatah umurku yang baru…

Daun gugur satu-satu
Semua terjadi karena ijin Allah
Umurku bertambah satu-satu
Semua terjadi karena ijin Allah


Tuhan, berapakah sisa umurku?
Apakah setahun lagi?
Sepuluh tahun lagi?
Atau malah sisa sehari?
Tuhan, marahkah Engkau padaku?
Karena usia yang Engkau beri, aku isi dengan dosa-dosa
Dengan kesia-siaan, berulang-ulang…

Tuhan, aku tau Engkau sayang padaku
Hingga Engkau beri aku detik ini,
menit ini, hari ini…
Begitu sayangnya Engkau padaku,
Hingga Engkau memberiku kesempatan
berulang-ulang…

(sahabat setia blog)

ruben mengatakan...

@ Pace mikerk,

Ko pu otak isi apa saja shingga bikin posting asik sekali. Ah, kata-kata yang luar biasa. Ko hebat. Saya senang posting ini. Saya copas dulu

ruben mengatakan...

Trus,

SELAMAT ULANG TAHUN PACE MIKERK. TUHAN YESUS MEMBERKATI.

Saya kasi hadiah 1 ceritra anekdot dari Papua. Ko dengar ya

ruben mengatakan...

"Su Banting Bapak"

Pace Yaklep yang baru satu minggu menikah dengan Merry. Masih suasana Honey Moon, dong dua pagi-pagi ada dalam kamar tidurnya. Jam 8.00 pagi WIT dong dua masih ada malas-malas mo pi kaluar kamar tidur, akhirnya mereka sepakat untuk lanjut baku fight.

Lagi seru-serunya baku fight, tiba-tiba ada tamu toki-toki pintu tara brenti brenti, Yaklep ada rasa kesal dan sadikit marah .... Sialan seh.

Akhirnya Yaklep deng sadikit muka merah, coba turun dari tampat tidur .... dong mo pi jalan kearah pintu kamar tamu. Tiba-teiba Yaklep terpeleset dan jatuh di kamar tidur, soalnya dong pu air ada talamburan di lantai kamar, dan terinjak-injak sandiri.

Deng muka merah Yaklep marah : "Sial satu ni ... ko belum jadi anak ... ko su berani banting bapak ya."

Nah,Pace mikerk terkasih, ko ketawa sudah ....

Salam dari Papua
Kaonak
Syalom

mikerk mengatakan...

@ Adek,

Thanx. GBU

@ Nana,

Thanx. GBU

@ Domi,

Betul, beta cuma maen gila sa...ha ha ha ha...GBU

@ Anonim,

Wah, pasti gadis kecil itu cantik ya....salam...GBU and ur little lady

@ Pecnita blog,

Puisi yang hebat. Mantap. GBU

mikerk mengatakan...

@ Pace Ruben,

Saya selalu tidak sabar menunggu keomentar dari Pace karena pasti ada ceritera lucu khas Papua. Saya selalu tertawa terpingkal-pingkal....ha ha ha ha ha...luar biasa...thanx Pace. JBU

embun777 mengatakan...

SELAMAT HARI ULANG TAHUN

Semoga Panjang Umur Sehat selalu dan tetap jadi jalan berkat bagi banyak orang dimanapun Bung Mike berada.

Salam dan Kasih.GBU

Anonim mengatakan...

Dari Jauh

Dari jauh, aku memandangmu
Lewat semua mata hatiku

Dari jauh, aku mengagumimu
Lewat semua kisah tentangmu

Dari jauh, aku mengkhayalkanmu
Tanpa peduli kata hatiku

Dari jauh, aku larut dalam suka citamu
Bagai bertemu air jernih dipadang tandus

Dari jauh, aku hanyut dalam dukamu
Bagi tersesat dalam mimpi buruk

Dari jauh, kukirim do’a untukmu
Do’a tulus, do’a tak bersyarat

Dari jauh, kulukis engkau dalam tidurku
Lewat beragam bunga tidurku

Dari jauh, aku titipkan hatiku padamu
Agar kau senantiasa setia padaku

Anonim mengatakan...

SELAMAT HUT MAS MIKE. Itu puisi adalah hadiah dari ku (YeWe)

tuaksatu mengatakan...

SELAMAT HARI ULANG TAHUN. GBU DAN TERUSLAH BERBAGI KEBAIKAN PERSAHABATAN DAN KASIH SAYANG. GBU

tuaksatu mengatakan...

Posting ini amat tajam tetapi tidak kelihatan karena kalimat puitisnya. Tetapi pesannya adalah: jangan menjadi jahat ketika dalam kesedihan. Is that right bosz?????

Anonim mengatakan...

@ Sahabat terkasih Ama Ludji,

Selamat HUT. Teruslah berkarya. tetap rendah hati, kendalikan emosi, jadilah kamu sebagai sehabat sejati. Tuhan Yesus Memberkati.

Anonim mengatakan...

Beta sonde punya apa-apa sebagai hadiah kecuali ayat ini:

Amsal 3:16

"Umur panjang ada di tangan kanannya, di tangan kirinya kekayaan dan kehormatan"

(A9ust)

Anonim mengatakan...

dan juga yang satu ini:

Mazmur 34:12

"Siapakah orang yang suka hidup, dan berkehendak akan umur panjang supaya dilihatnya perkara yang baik?"

Maka, kejarlah kebaikan. Sudah cocok dengan posting ama yang amat menarik ini. Syalom (A9ust)

Anonim mengatakan...

Posting ini mutunya standard....ahaaaaa....jangan keburu marah dulu...standard BM tentu saja, yaitu enak, renyah, gurih tetapi bergizi tinggi. Posting BM selalu membawa pencerahan. Entahlah pangane opo BM nih?????....ha ha ha ha....ya sudah...selamat HUT mas Mike. Tuhan memberkati (Taufik)

Anonim mengatakan...

Eh mas Mike, sori kemaren di Bali ra iso ketemu. Masih di Manila. Nyesel banget padahal udah janjian mau ngobrol soal WSM. Bahan-bahannya udah saya kirim lewat e-mail. Silakan dicek. Lain kali kita ketemuan yoo...(Taufik)

Anonim mengatakan...

Lupa....lupa lupa lupa lupa tanggalnya...ingat ingat ingat ingat ingat BM HUT bulan Juli.....ha ha ha ha ha...ya sudah...selamat HUT my Bigmike. Berharap sukses dan bahagia bagi BM (PaceNoge)

Anonim mengatakan...

Komplit dah....posting bagus, tembang keren dan BM berultah...wwwaaahhhh.....VIVA....(Suryana)

sastavyana blog's mengatakan...

Wah sori ya my Bigmike, telat sehari ngucapin selamat HUT. Semakin matang dan semakin rajin mengejar kebaikan ya. Keep on posting

sastavyana blog's mengatakan...

"Puisi Ulang Tahun"

Rentang waktu
terkadang membuat kita lupa
bahwa kita semakin dewasa

Rentang waktu
terkadang membuat kita lupa
bahwa kita telah melanggar titah Yang Kuasa

Rentang waktu
terkadang membuat kita sadar
bahwa kita hanya manusia
yang tak punya apa-apa
selain jasad yang tak berguna

Rentang waktu
terkadang membuat kita sadar
bahwa Tuhan tidak melihat harta dan rupa
melainkan hati yang ada di dalam dada dan amal jasad yang lata

Walau Einstein berkata bahwa rentang waktu itu berbeda
tergantung dalam keadaan apa kita berada

Namun Tuhan telah berkata,
“Hanya Akulah yang tahu umur manusia”.

Sekular barat berkata,
“Waktu adalah dollar di dalam kantung”

Namun Hasan Al-Bana berkata,
“Waktu adalah pedang, potong atau terpotong”.

Waktu…..

Alam terus menari dalam simfoninya

Waktu…..

Umur manusia didikte olehnya

Waktu….. setiap detaknya

memakukan kita di persimpangan jalan
jalan Tuhan atau jalan setan

Rentang waktu…..

semoga tak melalaikan kita
tuk terus berjalan di jalan-Nya

Anonim mengatakan...

Waduh sori Pak Mike telat. SELAMAT HUT. Terus menulis karena banyak yang mendapat pencerahan. JBU (Larry)

Anonim mengatakan...

"Mengalirlah Cinta. Mengalirlah Kasih. Hanyutkan kesedihan dan kegundahan. Mengalirlah penuhi hati. Mengalirlah genangi jiwa"

D A H S Y A T

(Larry)

Esther mengatakan...

mikerk, the man that i loved before, is your birthday day 24 of the month?

Your Life, You are very optimistic and that's why you always enjoy life. You are gifted in entertaining others.

Your friends love and trust you. You'll be the first they come to when they are in need of someone to speak their heart out.

Your Love, Sometimes you fall in love just because you want to be in love, not that you really like that person. You always be seen as a sweet couple but you can't really get over your love ones from past.

Your partner is usually crazy about you because you are remarkably charming and romantic.

Esther mengatakan...

Happy brthday mike. I still love u till this day.

Esther mengatakan...

oh ya, the song of Bellamy brothers is our, me and mike, favourites song once upon a time in the past. I still like this song and, honestly, i still love mike till this day.

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Selamat HUT semoga bahagia bro'. Sebuah puisi kuhadiahkan untuk mu (Syaifulloh)

Anonim mengatakan...

Puisi Ulang Tahun (Oleh: Chairil Anwar)

Hari hari lewat, pelan tapi pasti
Hari ini aku menuju satu puncak tangga yang baru
Karena aku akan membuka lembaran baru
Untuk sisa jatah umurku yang baru

Daun gugur satu-satu
Semua terjadi karena ijin Allah
Umurku bertambah satu-satu
Semua terjadi karena ijin Allah

Tapi... coba aku tengok kebelakang
Ternyata aku masih banyak berhutang
Ya, berhutang pada diriku
Karena ibadahku masih pas-pasan

Kuraba dahiku
Astagfirullah, sujudku masih jauh dari khusyuk
Kutimbang keinginanku
Hmm.. masih lebih besar duniawiku

Ya Allah
Akankah aku masih bertemu tanggal dan bulan yang sama di tahun depan?
Akankah aku masih merasakan rasa ini pada tanggal dan bulan yang sama di tahun depan?
Masihkah aku diberi kesempatan?

Ya Allah
Tetes airmataku adalah tanda kelemahanku
Rasa sedih yang mendalam adalah penyesalanku
Astagfirullah

Jika Engkau ijinkan hamba bertemu tahun depan
Ijinkan hambaMU ini, mulai hari ini lebih khusyuk dalam ibadah
Timbangan dunia dan akhirat hamba seimbang
Sehingga hamba bisa sempurna sebagai khalifahMu

Hamba sangat ingin melihat wajahMu di sana
Hamba sangat ingin melihat senyumMu di sana
Ya Allah,
Ijikanlah...

(Syaifulloh)

Anonim mengatakan...

Saya minta maaf karena terlambat tahu HUT-nya Bigmike. SELAMAT HUT YA TUHAN MEMBERKATI.

Posting-posting pak Mike selalu menarik. Bahasanya sederhana, puitis dan maknanya dalam. Terima kasih sudah menemani kami setiap hari. GBU and your family

Anonim mengatakan...

aduh maaf (Sherly, CN, Oebufu)

tuaksatu mengatakan...

Teroris ga punya sumber air cinta kasih jadi ga ada yang bisa dialirkan. Sayang sekali yaaa....

tuaksatu mengatakan...

eh, kata "bonyok" gw, dulu lagu ini jadi lagu iklan celana jeans ya???? Keren banget....

mikerk mengatakan...

Untuk sahabat-sahabat terkasih:

"Embun, YeWe, Tuaksatu, Agust, Taufik, PaceNoge, Suryana, Sastavyana, Larry, Esther, Syaifulloh, Sherly, Tuaksatu"

Thanx atas ucapan selamat dan komentarnya. God Bless U all

Anonim mengatakan...

@ Bung Mike,

Isi posting benar belaka. Tulisan yang tajam tetapi jenaka dan puitis sekaligus/ Tidak banyak blogger dengan kemampuan seperti ini.

Kasih memenag tidak boleh hanya ditumpuk-tumpuk tetapi harus dibagian dan dialirkan (Eman, CN, TDM)

Anonim mengatakan...

SELAMAT HUT. TERIMA KASIH SUDAH BERBAGI BANYAK ILMU DNA KEBAHAGIAAN MELALUI BLOG INI. TUHAN AKAN MEMBERKATI BUNG MIKE (Eman)

Anonim mengatakan...

Seorang setengah tua (st) mendatangi dokter (dt) dan begini percakapan yang terjadi di ruangan periksa tersebut:

st: "Dok, saya ingin mendapat kiat agar bisa hidup panjang"
dt: "Anda peminum?"
st: "Nggak"
dt: "Anda suka main cewek?"
st: "Nggak"
dt: "Anda perokok ?"
st: "Enggak juga"
dt: "Jadi untuk apa hidup panjang?"

(Silvi)

Anonim mengatakan...

Camkan ini:

"Apakah kekuatanku, sehingga aku sanggup bertahan, dan apakah masa depanku, sehingga aku harus bersabar? (Ayub 6:11)"

(Silvi)

Anonim mengatakan...

@ Pak Mike,

Mohon maaf karena terlambat tahu Pak Mike merayakan HUT. Saya baru siang tadi kembali ke rumah setelah 2 minggu bertugas di Rote. Biar terlambat saya ingin mengucapkan:

" SELAMAT HUT PAK MIKE. SEMOGA SEMAKIN BERTAMBAH IMAN DAN PERCAYA KEPADA TUHAN KITA YESUS KRISTUS. TUHAN MEMBERKATI "

Anonim mengatakan...

MASALAH paling dikhawatirkan bahkan ditakuti oleh umat manusia saat ini adalah terorisme. Masalah terorisme ini menjadi pusat perhatian masyarakat global. Ini cukup beralasan, karena aksi-aksi kekerasan kaum teroris sungguh biadab dan mengerikan. Aksi-aksi kekerasan kaum teroris jauh lebih berbahaya dan sadis dibandingkan komunis dan perang terbuka. Pengeboman menara kembar WTC di New York pada 11 September 2001 dan pengeboman di Legian, 12 Oktober 2002 adalah bukti kesadisan dan kebiadaban kaum teroris.

Anonim mengatakan...

Aparat keamanan dan dinas intelijen telah berupaya memerangi kaum teroris, baik di Indonesia maupun di belahan dunia lainnya, namun hasilnya belum memuaskan. Aksi-aksi kekerasan kaum teroris masih tetap merajalela. Ini bisa dimengerti karena teroris bukan orang sembarangan. Mereka adalah orang-orang yang sudah terlatih, cerdas dan militan. Cara kerja mereka mirip siluman. Mengorganisasi massa secara diam-diam, bekerja secara diam dan rahasia, beraksi dengan penuh perhitungan, kemudian menghilang tanpa meninggalkan jejak dan pesan. Cara-cara haram dihalalkan, asalkan keinginan (tujuan) tercapai.

Banyak orang yang berang, marah, mencaci-maki dan mengutuk perbuatan teroris. Namun, kutukan tetap kutukan, kaum teroris belum juga bertobat. DI Jakarta pada tanggal 17 Juli 2009 mereka kembali beraksi dan meledakkan bom bunuh diri di 2 hotel besar. Betapa kejamnya terorist itu.

Anonim mengatakan...

Pertanyaannya, dapatkah terorisme diberantas?

Kata orang-orang bijak, hanya kebenaran, kejujuran, keadilan dan cinta kasih yang tidak dapat diberantas dan dimusnahkan. Sebab, kebenaran, kejujuran, keadilan dan cinta kasih adalah amanat Illahi yang tidak dapat dirongrong oleh kekuatan apa pun.

Sedangkan kejahatan, hawa nafsu hewani, kecongkakan, kesombongan, iri hati, dendam, dengki, benci, dan sejenisnya, pasti dapat diberantas dan dimusnahkan.

Karena itu, sebagai sebuah kejahatan yang paling jahat, pasti dapat diberantas dan dimusnahkan.

Anonim mengatakan...

DI sinilah, substansi posting Pak Mike yang menyentuh ini kembali mengingatkan kita semua bahwa lawan kejahatan adalah kasih sayang. SIapa yang ingin melakukan kasih sayang?

Mari kita berlomba-loma menjadi pengumpul dan sekaligus saluran kasih. Amin (Yes, BTN)

widyanto mengatakan...

@ Mas Bigmike,

Wah agak lama saya tidak bertandang ke mari. Baru sore tadi urusan-urusan pada beres dan saya kembali on line. Blog BM sudah pasti menjadi tujuan awal saya. Lama tidak bertemu ternyata rindu juga he he he he he..

Beberapa posting saya copas. Dan semuanya tetap berciri BM. Enak dibaca dan perlu.

SELAMAT HUT. TUHAN MEMBERKATI

(Wied, KG)

widyanto mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
widyanto mengatakan...

Imam Agung Suriah, Sheikh Ahmad Hassoun, adalah seorang orator islam yang ulung, namun ia menggunakan khutbah-khutbahnya untuk membangkitkan semangat seorang Muslim mengayomi sesama umat manusia, terutama para saudara mereka yang beragama Kristen di Suriah. Ia adalah seorang pembela hak-hak dan spiritualitas mereka. Ia juga memberikan derma sebanyak mungkin yang bisa ia peroleh bagi orang miskin. Ia membuat kaum ekstremis di negara itu jengkel, bukan karena ia telah merendahkan mereka, tetapi karena ia, secara efektif, menyaingi mereka dalam menarik perhatian dan penghargaan masyarakat miskin.

widyanto mengatakan...

Zainab Al-Suwaij, perempuan Muslim Amerika keturunan Irak, presiden Kongres Islam Amerika, memberdayakan kaum perempuan miskin Irak dengan membantu menyampaikan hak dan kebutuhan mereka, seperti menyediakan pendidikan bagi anak-anak mereka, dan sebagainya. Ia membahayakan keselamatannya sendiri setiap kali melawat ke Irak.

widyanto mengatakan...

Pastur Sam Doe, salah seorang yang selamat dari pembunuhan massal di Liberia, pada tahun 1990 berjanji kepada Tuhan mengabdi pada usaha penyelamatan dan perdamaian setelah menyaksikan anak-anak meninggal dunia–salah seorang bahkan pergi dalam dekapannya–akibat perang dan kelaparan. Perubahan relijius tersebut mendorongnya mengayomi anak-anak, bahkan mantan prajurit anak-anak di Afrika Barat, yang tak diinginkan oleh siapapun. Ia merangkul mereka sebagai seorang ayah spiritual untuk melawan pekerjaan ayah mereka yang tukang berperang, yang telah meracuni dan mengindokrinasi mereka menjadi militan pseudo-relijius dan pembunuh. Kini, Sam bekerja bersama puluhan orang dalam sebuah jaringan kelompok perdamaian di Afrika Barat, menciptakan pendekatan baru dalam pengembangan masyarakat madani.

widyanto mengatakan...

Tokoh-tokoh yang saya kutipkan itu adalah orang-orang luar biasa yabng mau bekerja lintas kepercayaan. Mereka manusia yang taat dalam ajara agamanya tetapi tidak memandang orang lain sebagai musuh tetapi sebagai sesama yang perlu dicintai. Mereka melihat perbedaan sebaia anugerah bukan musibah yang harus dilawan.

Kita memerlukan kasih sayang sebagai lawan dari paham teroris fundamentalis. Kita memerlukan manusia-manusia humanis seperti Zainab Al-Suwaij dkk.

Sungguh sebuah posting dari BM yang menggetarkan hati (Wied)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,


Saya suka posting ini. Cinta memang abadi. Oleh karena itu cinta adalah modal besar untuk mengatasi ketidak baikan dalam dunia yang semakin kejam.

Sesungguhnya, dalam cinta kirta tak pernah kehilangan apa-apa. Di antara dua orang yang saling mencintai, tak pernah benar-benar ada kehilangan. Jadi, untuk apa mencari-cari perbedaan di antara kita lalu saling merusak?

Cinta itu abadi. Di mana kita tahu bahwa dia abadi? Periksalah hati kita. Coba perhatikan puisi berikut ini

Anonim mengatakan...

Kutulis namamu diatas pasir...
tetapi gelombang menghapusnya.
Lalu kutulis dilangit angkasa...
tetapi angin meniupnya pergi.
Sehingga kutuliskan di dalam hatiku,
dan disanalah namamu bertakhta...................

SELAMANYA.

Nah sahabat semuanya, bukankah cinta itu indah? (Fransisca)

Anonim mengatakan...

oalaaaahhh nyaris lupa: SELAMAT HUT untuk Bigmike. Keep on psoting. Banyak pencerahan yang ada di dalam blog ini (Fransisca)

Anonim mengatakan...

ETERNAL LOVE

by Tracy Renee Shierling

I wonder if I dreamed of you-
if you would appear?
To make my nights full of love,
and always hold me near.

I wonder if I thought of you-
if you would feel it in your soul?
Like two spirits in the universe,
who always seem to know.

Even if the stars went black
and the sun were to shine no more.
They could find their way to each other,
no matter how far the shore.

Safely in each other's arms,
to bid the rest of time.
Finding Eternal Love
so many seek to find.

Caring for each other
through the worst of storms.
Leaning on the arms of love
and never need anymore.

This is how I feel for you,
I've known it all along.
You are my one true love
My world.. My heart.. My soul!

(Fransisca)

Anonim mengatakan...

Met Ultah for our bigmike. Keep on psoting dan teruslah berbagi kebahagiaan (PM)

Anonim mengatakan...

Teroris adalah orang yang ga punya 2 hal sekaligus: otak dan hati. Berapa banyak nyawa lagi yang harus kamu cabut sebelum puas???? (PM)

forum mengatakan...

SELAMAT HUT KE 46 UNTUK MISTER KETUA FORUM DAS NTT DR. IR. L. MICHAEL RIWU KAHO, M.SI. Teruslah berkarya sebagai manusia terpelajar yang berguna. GBU Bosz.

forum mengatakan...

Posting yang amat bagus dan menggelitik pikiran untuk terus merenung. Lagu let your love flow juga pas sekali. Cuma, ...boszzz...beberapa komen di sini menujukkan ...who you are at the past...ha ha ha ha ha....

forum mengatakan...

eh bos, ada salam dari pak Kades Nenas. Kami di sana hampir 2 minggu. Pak Simon pesan, kapan pak Mike datang menegok pertanaman bambu itu...jangan lupa tanggal 29 presentasi di Bappeda NTT tentang manula PDAST NTT

poempuisi mengatakan...

Waoooowww....soriiiii...telat tau bahwa my fave blogger berultah....SELAMAT HUT. BAHAGIA DAN SEJAHTERA EVER & 3 ever

poempuisi mengatakan...

Saya bertemu dengan sebuha puisi yang amat tua dari koleksi puisi klasik amerika. Berkisah tentang the river. Ya, biarlah cinta kasih mengalir seperti sungai menghalau semua kejahatan

poempuisi mengatakan...

"The River"

And I behold once more
My old familiar haunts; here the blue river,
The same blue wonder that my infant eye
Admired, sage doubting whence the traveller came,--
Whence brought his sunny bubbles ere he washed
The fragrant flag-roots in my father's fields,
And where thereafter in the world he went.
Look, here he is, unaltered, save that now
He hath broke his banks and flooded all the vales
With his redundant waves.
Here is the rock where, yet a simple child,
I caught with bended pin my earliest fish,
Much triumphing,--and these the fields
Over whose flowers I chased the butterfly,
A blooming hunter of a fairy fine.
And hark! where overhead the ancient crows
Hold their sour conversation in the sky:--
These are the same, but I am not the same,
But wiser than I was, and wise enough
Not to regret the changes, tho' they cost
Me many a sigh. Oh, call not Nature dumb;
These trees and stones are audible to me,
These idle flowers, that tremble in the wind,
I understand their faery syllables,
And all their sad significance. The wind,
That rustles down the well-known forest road--
It hath a sound more eloquent than speech.
The stream, the trees, the grass, the sighing wind,
All of them utter sounds of 'monishment
And grave parental love.
They are not of our race, they seem to say,
And yet have knowledge of our moral race,
And somewhat of majestic sympathy,
Something of pity for the puny clay,
That holds and boasts the immeasurable mind.
I feel as I were welcome to these trees
After long months of weary wandering,
Acknowledged by their hospitable boughs;
They know me as their son, for side by side,
They were coeval with my ancestors,
Adorned with them my country's primitive times,
And soon may give my dust their funeral shade.

Anonim mengatakan...

Woooo...posting yang bagus....anti teror seharusnya adalah rahmat kasih sayang.....setuju....(Wuryandono)

Anonim mengatakan...

@ Mas Bigmike,

Happy birthday 2 u 2 x

Happy birthday 2 x

Happy birthday 2 u

God Bless U (Wury)

Anonim mengatakan...

so whats wrong with the love-river flows that it doesn't watered some people heart and left them with hatred ? where do it goes ?

Anonim mengatakan...

@ My Bigmike,

Maafkan telat tau bahwa posting ini adalah posting HUT. Ah, selamat HUT. Teruslah mengaliri pikiran kami dengan posting-posting mu. Teruslah berbagi persahabatan, kebaikan dan kaish sayang. You are one of the best blogger that i ever known. May Allah bless U //Pritha//

Anonim mengatakan...

Lagu "let your love flow" keren banget. Knapa ya tembang-tembang bergenre country rada kurang diminati padahal gnere ini mudah dimuati dengan pesan-pesan cinta kepada YME, sesama dan lingkungan? kurang komersial kali'? Jujur aja, setelah posting-posting BM berkali-keli memuat musik genre ini gw baru "ngeh". Ternyata asik. //Pritha//

ihin mengatakan...

euleh eleuh...si Akang Bigmike HUT nya'???? ya sudahlah.....Wilujeng tepang taun ......

ihin mengatakan...

.......Islam adalah agama yang kamil (lengkap) dan syamil (sempurna). (firman Allah dalam surah Al- Maidah ayat 3).....

ihin mengatakan...

Islam adalah agama rahmatan lil-'alamin. Agama yang menyeru umatnya untuk berbuat baik kepada siapa pun. Oleh karenanya setiap muslim adalah harus berupaya menjadi rahmatan lil alamin, pribadi yang dapat menjadi rahmat bagi semesta alam.

Artinya, orang yang mengaku diri selaku muslim dituntut untuk bersungguh-sungguh dalam menjaga amanah Allah tersebut. Setiap muslim adalah penganjur kebaikan, pembawa kedamaian, bukan sebaliknya pelopor dari kerusakan alam atau dekadensi moral yang senantiasa membawa bencana bagi umat manusia.

Oleh akrena itu sangat jelas, terorisme yang menebar kebencian seperti pada pemboman jakarta 17 Jli 2009 adalah anasir-anasir yang ingin merusak Islam.

Hayoo, beramai-aramai sebagai sesama anak bangsa bertanding dalam menerbar kebaikan dan kasih sayang.

angin-angkasa mengatakan...

Wah telat nih....SELAMAT HUT UNTUK BIGMIKE...HAPPY BIRTHDAY....TUHAN MEMBERKATI

angin-angkasa mengatakan...

@ Mang Ihin,

Komen anda bagus banget. Persoalannya adalah apakah komen seperti itu dapat menjangkau pikiran orang-orang fundamentalis itu. COba baca saja blog-blog yang penulisnya berpaham salafi dan yang sejensinya, elaku bom malah dianggap pahlawan. Bagaimana komen bagus dari mang Ihin dapat menyadarkan mereka?

Saya teringat pendapat Jenderla (Purn) DR. Hendropriyono, bahwa sudah saatnya kita menyatakan secara tegas kepada saudara-saudara seiman kita, sayapun seorang Muslimin, yang berpaham wahabian bahwa cara-cara mereka bukan membuat Islam menjadi mulia tetapi melecehkan Islam. Apa Mang Ihin punya cara untuk mengatakan begitu? Jika tidak maka komen-komen begitu copaspun bisa.

Anonim mengatakan...

Iya nih...gw mendukung dua2nya...ya mang Ihin ya mister angin-anginan...wkwkwkw...soriiii bro....soalnya adalah apakah memberantas teroris is khutbah or bertindak nyata?????....(Proxy73)

angin-angkasa mengatakan...

uhuuuiiii...ada si mabok Proxy73...ya dech...seharusnya dua2nya bro...ya khutbah ya kerja...ya ga?????....wkwkwkwk...

Anonim mengatakan...

wkwkwkwkwkw...uhuiiii juga ..... ade si angin-anginan...kmane aje lo ..... ikut nostlagia naek apollo ke bulan????....wkwkwkwkwk....gimana kabar si kecil??? baek???? salam ya...manisan bogornya nambah duuuunnnkkkkk bro.....rakus nih....wkwkwkwk...(Proxy73)

Anonim mengatakan...

eh, gw lagi dongkol ma Ibracadabra...ngapain pindah barcelona....ga pake ibra juga barcelona bakal juara.....duit...duitttt...oleeee...oleeee...
...duit...(Proxy73)

mikerk mengatakan...

Howdy, selamat pagi sahabat blogger. How are you????? I hope everything is ok!!!! SELAMAT BEKERJA. GBU

Bgai yang di jauh di seberang benua, selamat tidur....have a nice dream ya...

mikerk mengatakan...

"Bung Eman, Mbak Silvi (kumaha?), Bung Yes, Mas Wied (Piye kabare), Sisca (how are u sist?), PM (udah pulih?). forum (para kutu kupret), poempuisi, Wury (pindah to? enak to? asik to?), anonim, Mbak Pritha, Mang Ihin, Bayu (kami di kupang selalu bilang kepala angin), Proxy73 (biang mabok...olee...oleee....wkwkwkwk...)"

Thanx for comments. GBU all

mikerk mengatakan...

"Sang pemberi kasih" bukanlah pemaksa sebaliknya DIA adalah pemberi kebebasan...

"anak-KU, itu ada air KASIH yang segar...maukah kamu meminumnya? minumlah karena itu baik bagimu. Jika tidak diminum kamu akan kehausan".

Lalu, selalu ada yang memilih untuk meminu air dari aliran KASIH yang segar tetapi juga selalu ada yang memilih untuk tidak meminumnya. Maka kata "Sang Pemberi Kasih"

"anak-Ku yang telah meminum aliran air segar yang mengalir itu, pergilah kamu ke segala penjuru dunia kabarkan bahwa meminum air dari aliran sungai yang segar itu sehat adanya. Sampaikan kabar baik ini dengan tidak usah memaksa. Itu tugasmu".

Lantas, masih kata-NYA: "hiduplah berdamai dengan semua orang".


So, enak to? beres to? asik to? tak gendong ke mana-mana...

Anonim mengatakan...

A'a tana....maaf baru tau bahwa tanggal 24 A'a tana berulang tahun. SELAMAT HUT. TUHAN YESUS MEMBERKATI (Savunesse)

Makalah A'a tana waktu seminar PERMASA terus menjadi bahan perbincangan yang hangaterhati-hati. Semua kuatir dengan kondisi lingungan Sabu dalam mendukung pembangunan di Sabu. Makalah yang menggetarkan dan membuat orang berhati-hati. Tidak eforia semata-mata.

Anonim mengatakan...

Kami sedih sekaligus tersinggung karena penolakan 170 PNS dan pejabat Kab. Kupang yang dimutasi ke Sabu. Apakah SAbu adalah daerah buangan? Mental PNS apa itu begitu? Biar saja, Kabupaten Sabu diurus orang Sabu di Pulau Sabu saja (Savunesse)

mikerk mengatakan...

@ Ngalai di,

Terima kasih banyak Ari tana.

Makalah di seminar PERMASA tidak untuk bikin takut siapa-siapa. Hanya sebuah warning bahwa pendekatan dalam membangun Sabu harus tidak dengan jalan biasa-biasa saja. Ada segerobak PR besar. Jika tidak maka...begitulah..semua sudah ada di makalah....

Soal PNS yang menolak dimutasi ke Sabu tidak boleh dipaami secara parsial. Masalahnya kompleks. Tetapi satu hal pasti bahwa membangun Sabu tidak semata hanya pakai "kepala" tetapi juga harus pakai "hati". Yang terakhir ini yang saya ragukan betul....

GBU Ari tana

Anonim mengatakan...

Aduh terima kasih A'a tana...masoh OL ko???? memang bangun Sabu perlu pintar dan ketulusan hati (Savunesse)

mikerk mengatakan...

Oh ia Ari tana, sama-sama. GBU

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Foto yang di kanan atas - Misi Blog - cute abis...mau ddduuuunnnkk...he he he he

Kapan posting baru????? //Pritha//

sastavyana blog's mengatakan...

Posting ini dibaca berapa kalipun tetap menarik. Thanx BM.

Saya punya kutipan menarik dari Bhagawad Gita tentang kekuatan cinta kasih:

Cinta kasih tidak mengenal kebencian.
Cinta kasih tidak mementingkan diri sendiri.
Cinta kasih jauh dari kemarahan.
Cinta kasih tidak pernah mengambil; Ia selalu memberi.
Cinta kasih adalah Tuhan.

sastavyana blog's mengatakan...

Jika kita ingin dekat Tuhan, kita harus mengembangkan sifat suci cinta kasih ini. Hanya dengan cinta kasih kita akan dapat menghayati Tuhan, karena Dia adalah cinta kasih itu sendiri.

Jika kita ingin melihat bulan tidak perlu memakai lilin atau obor. Cahaya bulan itu sendiri sudah cukup untuk melihat bulan. Jika kita ingin melihat Tuhan, kita hanya perlu membenamkan dirimu dalam cinta kasih.

Penuhilah diri kita dengan kasih, kita pasti akan mencapai Tuhan. Dahsyat!!!!!

Anonim mengatakan...

@ Mbak Vina,

Great comment. Gw suka banget (Proxy73)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Foto di side bar Misi Blog...ck ck ck ck ck...tua-tua keladi...makin tua makin ga jadi...kemungkinan waktu muda tergolog playboy ya??????....wkwkwkwkwk...

Posting baru duuunnnkkkk....(Proxy73)

ghentenxyuTAM mengatakan...

Haallllaaahhhhh....sue tenan ga ke sini...ono kesibukan biar dapur ngebul mas....he he he he he...

SELAMAT HUT ke 46 for Bigmike. Teruslah berbagi persahabatan, kebaikan dan kasih sayang. GBU

ghentenxyuTAM mengatakan...

Seri tulisan BM tentang filsafat Aristotels memang menarik. SAngat menarik dan saya ingin urun rembuk.

Dalam filsafat hidup orang Jawa terdapat suatu istilah yang saya simpelkan menjadi "filsafat tantularisme". Apa itu?

Empu Tantular lewat kalimat kakawin Sutasoma:

....."Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa, bermacam-macam sebutannya, tetapi Tuhan itu satu-tidak ada kebenaran yang mendua"....

Kalimat Empu Tantular ini jelas tidak hanya menekankan prinsip dan keyakinan tentang Keesaan Tuhan tetapi juga keesaan kebenaran!

ghentenxyuTAM mengatakan...

Disitulah letak semangat tantularisme yang merupakan inti pandangan hidup Jawa. Semangat semacam ini menjiwai dan menyemangati tidak hanya religiositas Jawa saja tetapi juga semua unsur dan aspek kebudayaan Jawa. Sifat karakteristik budaya Jawa yang religius, non doktriner, toleran, akomodatif dan optimistik itu terbentuk secara kokoh diatas fondasi tantularisme ini.

Budaya Jawa dan pandangan hidup Jawa memang telah dan akan selalu mengalami perubahan dan pergeseran sesuai dengan perkembangan jaman. Tetapi sejarah telah membuktikan bahwa perubahan-perubahan itu selama tidak sampai mencabut pandangan hidup Jawa dari akar dan sumber kekuatannya, yaitu tantularisme, yang adalah juga merupakan kristalisai dari proses sejarah yang amat panjang. Disinilah letak kekuatan budaya Jawa yang harus tetap dipertahankan dengan sadar. Semangat tantularisme yang merupakan sumber kekuatan Jawa itu sebenarnya bukan hanya cocok untuk orang Jawa. Ia bersifat universal. Oleh karena itu tantularisme juga merupakan sumbangan yang sebenarnya amat diperlukan oleh umat manusia sekarang ini

ghentenxyuTAM mengatakan...

Permusuhan dan perang antar etnik, persaingan, kebencian dan kecemburuan antar pemeluk agama yang telah mengorbankan beribu-ribu nyawa manusia yang senantiasa terjadi sampai sekarang ini, semuanya akan dapat diredam oleh semangat tantularisme yang damai, sejuk dan bernafaskan asih ing sasami.

Tantularisme memancarkan cinta kasih kepada sesama, yang juga diajarkan oleh semua agama yang dipeluk oleh orang-orang yang membenci itu! Islam, Kristen, Hindu, Budha, Sikh, dan lain-lain, semuanya mengajarkan cinta kasih kepada sesama. Ironisnya sementara ini banyak pemeluknya saling membenci dan bermusuhan! Atas nama agama ?????????

ghentenxyuTAM mengatakan...

So, tak heran jika A.M Hendropriyono yang anggota keluarga besar Muammadiyah tetapi juga sekalgus Jawa tulen dalam disertasi Doktor-nya di UG menyerukan "kembali pada Pancasila". DI dalam pancasila terdapat sari-sari pikiran tantularisme yang lebih sesuai dengan jiwa bangsa kita. Hidup Indonesia. Jayalah kasih sayang (Ghentenx, SYDN)

DR. Ir. L. Michael Riwu-Kaho, M.Si mengatakan...

@ Mbak Pritha,

Cute???? enggak lah...malah lebih mirip mister rampox....wkwkwkwk...BTW...thanx

@ Mbak Vina,

Kutipan yang bagus. Thanx

@ Proxy73,

Sabar sabaaaarrr....orang sabar disayang Tuhan. Thanx

DR. Ir. L. Michael Riwu-Kaho, M.Si mengatakan...

@ Mister Ghentenx,

Lama tidak ke blog. Kemana saja? where are going....gendong-gendongan yaaa????? haaaaaaaaaaa.....haaaaaaaaaa...,,,

Filsafat tantularisme???? Saya rasa ada banyak filsafat hidup orang Jawa yang perlu kita pelajari karena sifatnya yang "ajur ajer". Mudah bertolerasni. Tantularisme adalah salah satunya....saya tunggu episode komentar berikutnya. Thanx Mas. GBU

alice mengatakan...

Meski terlambat tak perlu ragu saya mengucapkan SELAMAT HUT untuk Bigmike. Terusla berkarya dan berbagi kasih sayang. GBU

alice mengatakan...

Sebagai hadiah untuk Bigmike, saya kutipkan apa yang dikatakan oleh Woody Allen tentang cinta kasih.

""To love is to suffer. To avoid suffering one must not love. But then one suffers from not loving. Therefore to love is to suffer, not to love is to suffer. To suffer is to suffer. To be happy is to love. To be happy then is to suffer. But suffering makes one unhappy. Therefore, to be unhappy one must love, or love to suffer, or suffer from too much happiness. I hope you're getting this down."

Anonim mengatakan...

Waduh sudah terlalu terlambat tetapi tak apa2lah. Saya juga mengucapkan SELAMAT HUT untuk Bigmike. Teruslah berkarya. JBU (PaceNoge)

johanes mengatakan...

@ Rekan sepelayanan, penatua DR. Bigmike,

Posting ini sungguh menyejukan dan bernas. Dihasilkan dar tangan yang diberkati Tuhan. Dan di usia ke 46, saya mengucapkan selamat hari ulang tahun. Bersykur kepada Bapa di Sorga yang telah mengaruniakan hidup dan memeliharanya sampai hari ini. Teruslah berbagi kasih. Jangan berhenti. Keep on posting.

johanes mengatakan...

Setiap kali saya melihat sungai khususnya di daerah pegunungan, perasaan saya akan terasa damai dan bersukacita. Dimana air bening mengalir tiada henti, walaupun kerikil - kerikil tajam menghalangi, tetapi air akan terus dan terus mengalir.

Air itu adalah berkat dari Tuhan yang tidak pernah berhenti dalam hidup saya, memang terkadang ada pergumulan - pergumulan yang saya hadapi didalam mengarungi kehidupan ini, tetapi kasih setia Tuhan tidak pernah berkesudahan, bahkan selalu baru setiap hari. Itu semua menjadikan saya lebih mencintai Tuhan dan mengandalkan Tuhan dalam setiap hal dalam hidup saya, karena dengan kita mengandalkan Tuhan, apapun yang kita hadapi baik suka maupun duka, Tuhan akan tolong dan memberikan solusi yang terbaik.

Rancangan yang Tuhan berikan bagi hidup kita adalah rancangan damai sejahtera bukan rancangan kecelakaan. Hiduplah seturut dengan kehendakNya, jadilah berkat bagi sesamamu, itulah yang Tuhan kehendaki. Amin

syamsudin mengatakan...

Untuk Sahabat Muda saya yang baik hati,

SELAMAT HUT TUHAN MEMBERKATI. TERSULAH BERKARYA DAN JAGALAH KESEHATAN KARENA KITA TAK DAPAT MEMBELINYA.

wildan mengatakan...

wah telat banget...

SELAMAT HUT BIGMIKE.

Teruslah berkarya dan teruslah berteriak mengumandangkan persahabatan, kebaikan dan kasih sayang. GBU

wildan mengatakan...

Lagu let your love flow kuereeeen banget dech...tahnx for posting...

Lagu-lagu ini sebenarnya mudah ditemui di youtube tetapi dengan adalah kelihaiaan BM menggandengkan dengan tema posting sehingga terasa istimewa. Good job Bro'

Anonim mengatakan...

Biar sduah telat beta masih mau ucap selamat HUT kawan. Tuhan Yesus memberkati (John, Oemasi)

Anonim mengatakan...

mengalirlah kasih, basahkan hati yang kering karena terlalu banyak kejahatan ... (Patrice)