Minggu, 08 Maret 2009

ingin seperti lilin: kecil dan berbagi terang meski hancur pada akhirnya

Dear Sahabat Blogger,

Hari ini tepat setahun yang lalu, saya mulai menulis untuk pertama kali di blog ini: http://bigmike-savannaland.blogspot.com. Ya, waktu itu adalah hari ke-delapan di bulan Maret tahun 2008. Saya ingat, tulisan pertama saya adalah tentang savanna. Mengapa savanna? Jujur saja, saat itu hanya itu yang ada dalam pikiran saya. Lha, mengapa hanya itu? Sebab, pada saat itu niat saya hanyalah ingin segera memiliki sebuah web-blog. Substansi hanya nomor kesekian. Mudahnya begini: yang penting bisa nampang dahulu di blog. Isinya, ya terserah sajalah. Lebih mudah lagi: pada awalnya adalah narsis. Narsisme. Semangat untuk mematut-matut diri sendiri ha ha ha ha ha....

Pada hari yang sama, saya buatkan 3 tulisan sekaligus. Semuanya tentang savanna............woooowwwww........bangganya. Lalu, saya mulai berpikir....eheeeeehhh.....pasti akan segera ada tanggapan, komentar dan lain sebagainya. Maklumlah: narsis he he he. Ternyata saya kecele, karena sampai tulisan ke sekian cuma ada 0 (nol) komentar.......walaaaaahhhhhh.......saya sedih.....saya kecewa.......Lalu saya berupaya mengirimkan e-mail ke beberapa sahabat guna memberitahukan keberadaan blog saya....oooouuuuugghhhhh.... Puji Tuhan........mereka menanggapinya tetapi .....weleeeeeeehhhh.....tidak persis seperti yang saya harapkan. Komentar mereka hanya disampaikan lewat e-mail. Tidak di blog. Namun demikian fakta itu tidaklah berarti bahwa upaya mengontak teman-teman sia-sia belaka karena semenjak itu di setiap posting ada 1-2 komentar. Lumayaaaaaannnnn....begitu saya membatin meski selanjutnya cuma sebegitulah komentar-komentar yang masuk. Tidak ada penambahan komentar yang signifikan.

Lalu, di titik itulah terjadi perubahan dalam pikiran saya. Blog bukanlah tempat jual tampang dan mencari perhatian orang. Saya berhenti narsis dan mulai serius berpikir bahwa blog adalah "karunia" Tuhan bagi saya sebagai tempat saya dapat menumpahkan pikiran, perasaan dan bahkan "uneg-uneg " saya. Pokoknya, semua hal yang oleh karenanya (raison d'etre) saya bisa mendapatkan ketenangan batin. Maklum tidak semua pikiran saya dapat bebas saya curahkan dalam pekerjaan saya sehari-hari. Saya terikat oleh "penjara-penjara" pekerjaan, deal, MOU, dan standard-standard etis tertentu yang merupakan fakta. Leahy mengatakan bahwa pikiran yang tidak dapat dikeluarkan akan mendatangkan kesusahan batin. Dalam perspektif itulah saya mulai melanjutkan posting-posting saya dan......Tuhan segera menunjukkan kegunaan blog ini. Satu bulan setengah setelah saya memulai blogging, ayahanda saya "SGT" berpulang ke Rumah Tuhan. Kepergiannya yang mendadak memukul pikiran dan perasaan saya ke titik nadir. Dan banyak sekali perasaan saya dapat saya tumpahkan lebih bebas di blog. Sepuluh bulan berikutnya, Ibunda saya menyusul SGT. Sebelas bulan kemudian orang tua akademik saya Prof. Sulthoni pun lelayu.....waaaooooo.....Blog ini ternyata menyediakan "ruang " bagi saya untuk "berteriak" dan "berkeluh kesah" guna mengurangi beban pikiran. Maha Besar Tuhan karena Rancangan-NYA tak ada yang sia-sia......Selalu ada yang indah di balik kesukaran kendati keindahan itu baru akan terasa tepat pada waktu yang....... Tuhan tetapkan sendiri.

Dan aneh, di tengah masa-masa sulit karena perkabungan yang terjadi, satu per satu sahabat blogger berdatangan ke blog saya. Satu, ......... dua, ..... tiga, ....... dan ....... puluhan .... bahkan ratusan ..... wooowwww ......... semua terasa seperti penghiburan yang menghampiri saya dengan nilai yang tak bisa diukur. Tetapi tantangan belum berakhir: semenjak itu ada semacam tuntutan agar saya dapat memposting secara teratur......postiiiiinnngggggg baaarrrruuuuu dunuuunnnkkkk!!!!!......begitu pekik para sahabat ....... Di tengah kesibukan saya, tuntutan seperti itu terasa sebagai suatu "tekanan". Saya mulai kelimpungan berbagi waktu antara pekerjaan sehari-hari dan blogging. Di tengah kebingungan datanglah bala bantuan. Tiga orang adik saya, Wilmana, Nyong Kupang dan Uly DTN + penerus DNA saya, Norman, bersedia memberikan tulisan sebagai bahan posting. Saya terbantu.

Tetapi bala bantuan itu tak berlangsung lama. Karena 1-2 alasan, Wilmana, Nyong Kupang dan DTN, berhenti mensuplai tulisan. Tinggal Norman yang sekali-sekali membantu. Keadaan menjadi agak sulit bagi saya. Sempat terbersit pikiran untuk menutup blog. Tapi pilihan itu saya kesampingkan karena ada semacam rasa tanggungjawab untuk tidak "mengkhianati "kepercayaan" sahabat blogger yang setia. Blogging dan posting berjalan terus dan untuk itu jadwal kerja saya yang berubah. Setelah mengerjakan tugas dan biasanya itu sudah larut malam, barulah saya melanjutkannya dengan blogging dan posting. Isteri saya terusik karena merasa saya mulai terlalu serius dengan aktivitas yang satu ini. Keseeriusan blogging yang menyita waktu saya bagi dia dan anak-anak. Tak jarang kami bersilat kata dan gayung bersambut dalam perbedaan pendapat yang tajam. Keadaan kembali menjadi sulit tetapi......lagi-lagi.....kemauan yang kuat untuk terus mempertahankan eksistensi blog ini menyebabkan lelah, kantuk dan cibiran isteri terkasih dapat "dipindahkan" ke alasan nomor ke sekian. Bukan berarti bahwa saya mengabaikan begitu saja beberapa kendala itu. Tidak. Sayapun berupaya mengubah beberapa kebiasaan. Dengan begitu posting dan blogging bisa terus berjalan meski....jujur saja....masih tetap tertatih-tatih.....Dan, inilah blog bigmike-savannaland ..... di hari ini ..... 1 tahun semenjak dimulai ...... Sahabat bisa menilai sendiri bagaimana blog ini .....

Lantas, di balik semua kisah satu tahun ini apa yang saya dapatkan? Yang pasti saya tidak bertambah kaya harta karena blogging meski di toko buku banya dijual aneka buku yang menawarkan jutaan keuntungan dari kegiatan blogging. Akan tetapi lihatlah....sekarang saya kaya sahabat. Kaya akan nilai-nilai kebaikan. Kaya ilmu karena banyak komentar yang datang adalah ilmu yang saya dapatkan secara cuma-cuma. Dan yang paling membahagiakan adalah ini: saya bisa terus berbagi nilai-nilai etis universal yang saya pegang. Apa itu? Tak lain dan tak bukan adalah persahabatan, kebaikan dan kasih sayang. Apakan dengan begitu saya adalah orang yang paling bersahabat, paling baik dan paling penuh kasih sayang? Tidak juga. Tetapi saya berani mengatakan bahwa saya adalah orang yang mau terus belajar agar mampu berbagi nilai persahabatan, kebaikan dan kasih sayang. Inilah tujuan saya dalam memiliki blog dan merawatnya. Perhatikanlah evolusi yang terjadi, mula-mula blog ada hanya untuk tujuan kesenangan, lalu sebagai cara untuk mengasihi diri sendiri dan pada akhirnya, dia ada agar supaya saya bisa berbagi kasih kepada sesama.

Tentang perkara berbagi kebaikan saya memiliki satu role model yang Universal, yaitu Lilin. Seperti yang kita ketahui bersama, lilin adalah benda kecil biasa yang nilainya tak seberapa. Tetapi ketika kegelapan datang, apa lagi di saat PLN rajin mengembangkan diri sebagai lembaga hemat energi, apakah ada yang lebih dicari selain barang sebangsa lilin? Ya, lilin si kecil itu ternyata mau berbagi terang bagi kita dan menjadi tumpuan harapan kita akan cahaya. Perhatikanlah bahwa bukan cahaya terang benderang nan menyilaukan yang ditawarkan si lilin melainkan hanyalah sinar yang temaram. Akan tetapi, nyatanya, di balik sinar redup itu ada harapan. Dan yang lebih istimewa dari si lilin adalah ini: lilin berbagi terang sembari tubuhnya sendiri perlahan-lahan meleleh dan hancur. Lilin ternyata rela mengorbankan dirinya sendiri demi kebaikan. Apakah keuntungan bagi si Lilin? Tak ada. Tetapi itulah teladan yang nyaris sempurna tentang KASIH. Ada banyak defenisi kasih tetapi kebanyakan kasih adalah kasih yang membutuhan imbalan. Hanya ada 1 kasih yang sempurna, yaitu kasih AGAPE, yaitu kasih yang murni datang dari subyek, lurus tertuju kepada obyek, setia hanya kepada obyek dan tidak mengharapkan apa-apa dari si obyek kecuali agar supaya obyek berbahagia.

Kita tahu, kasih AGAPE adalah kasih yang ILAHIAT. Kasih yang hanya dimilki oleh SANG MAHA ILAHI tetapi, ini luar biasanya, DIA mau kita juga bisa memilikinya. Dan lilin adalah teladan untuk itu. Tuan dan Puan sekalian yang terkasih, blog ini datang dari saya dan lurus tertuju untuk sahabat semua. Mengapa? Karena saya cuma ingin meniru sang lilin. Tidak gemilang tetapi mampu memberi sesuatu. Anda tak perlu membalas apa-apa. Sayapun tak menuntut apa-apa dari sahabat sekalian kecuali "janganlah menebar kebencian". Semoga dengan begitu, SANG MAHA ILAHI berbelas kasihan kepada saya. Amin.

Di ulang tahun I blog ini, saya ingin mempersembahkan sebuah lagu, yaitu "Candle Song" yang dilantunkan oleh Jon Anderson, si vokalis Super Group Vangelis dan YES. Mari menimba kearifan yang ada dalam syair lagu ini.


Tabe Tuan Tabe Puan

112 komentar:

Bigmike mengatakan...

Bersama ini saya ingin mengucapkan milaran terima kasih kepemua sahabat kepada semua sahabat blogger atas kebersamaan selama 1 tahun perjalanan blog ini.

Kemana arah kapal persahabatan ini ingin mengarah, sudah jelas sesuai dengan misi blog tetapi bagaiaman caranya? semua tergantung kehendak YANG MAHA KUASA. agi sahabat semua dan saya mohon didoaka juga. Hidup tidak selamanya baik-baik saja. Ada masa sulit dan hal itu memepengaruhi posting saya. Mohon dimaafkan.

Semoga di waktu datang kebersamaan seperti ini terus terjalin. Kita bangun rumah kebaikan kita ini, sebatu demi sebatu sedepa demi sedepa.

Tabe Puan dan Tuan

Bigmike mengatakan...

Bagi sahabat yang ingin menimba butir kearifan dari lagu candle song...berikut ini liriknya:

"Candle Song"

Anyone can light a candle
But not the way that you do

Anyone can light a candle
Just like a flower in the rain
You are unique, the same
Each step you take, each dream you realize
Will open your heart, your life

Anyone can light a candle
But not the way that you do
For if we look too close
Pure magic we would see
Pure magic we will be

It's all around each one, it's all around within
The perfect union close inside your dreams
To watch in wonderment as each day begins
They tell me you can hear this song

Anyone can light a candle
But not the way that you do
For if we look too close
Pure magic we would see
Pure magic we will be

Anonim mengatakan...

@BM
Lama saya menghilang karena ada sedikit kesibukan, ternyata hari ini saya nongol eee bertepatan dengan ULTAH-nya blog BM.
Selamat yah BM atas peringatan 1 tahun blognya.
Saya pribadi sangat berterima kasih atas berbagai masukan yang saya dapat lewat blog ini.
Terus berkarya, tebar kebaikan. Tuhan memberkatimu.Selamat Berhari Minggu (Adek)

Anonim mengatakan...

fuuuuhhhhh..... saya tiup lilin ultah and then......i'll make a wsih...bigmike stil posting as humble as he was.....I love You my man //Pritha//

Anonim mengatakan...

saya pertama kali ke blog setelah surf ke sana kemari, blog walker/surfer, pas cari kata mother earth....Feeling saya.....ini blog dahsyat dan saya jatuh cinta....wow...keep on posting yaaaaa...//Pritha//

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Saya pertama ke sini diberitahu Pak Agus. Pas ada posting tentang Jumat Agung...isinya waaaahhhhh luar biasa bagusnya....sejak saat itu saya menjadi pembaca setia blog BM. Banyak isnpirasi bahan renungan saya ambil dari blog ini. Bahkan ada yang saya kutip mentah-mentah tetapi saya beritahu sumbernya.

Kadang-kadang posting baru yang terlambat membikin kecewa tetapi Bigmike sudah menceriterakan problemnya. Saya maklum. Tetaplah posting Pak Mike. Tuhan Yesus memberkati (Yes, BTN)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Efesus 5:8 "Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang".

Saya kira ayat ini tepat menggambarkan tekad blog ini sebagai lilin yang berbagi terang. Saya doakan Pak Mike tersu berusaha menjadi akan terang (Yes, BTN)

Anonim mengatakan...

Eh ada pak Yes, selamat siang Pak. Salam kenalan, saya Pritha yang juga sama seperti bapak...ikut jatuh cinta pada blog ini....salam ya Pak...//Pritha//

Anonim mengatakan...

Wah senang bisa berkenalan dengan adik Pritha.....Salam sejahtera adik...(Yes, BTN)

Anonim mengatakan...

Ah, saya terharu dengan kalimat bigmike...."sayapun tak menuntut apa-apa dari sahabat sekalian kecuali "janganlah menebar kebencian". Semoga dengan begitu, SANG MAHA ILAHI berbelas kasihan kepada saya. Amin".....

Luar biasa (13)

Anonim mengatakan...

eh, selamat HUT I ...keep on posting. GBU (13)

Anonim mengatakan...

Wah beta termasuk orang pertama yang kasi komentar karena ama Ludji kirim e-mail.

Mula-mula beta ketawa karena pesimis dengan masa depan blog ini. Beta juga menertawakan nama Bigmike. Aduh, lama-lama beta baru sadar bahwa beta pung kawan satu ini memang multi talenta. Bukan cuma ahli padang rumput, agronomi dan konservasi hutan tetapi daya susastranya amat baik. Tidak mengherankan jika tulisannya memang enak dibaca dan bikin ketagihan. 1 minggu telat posting beta su dongkol ha ha ha ha ha...

Sonde rasa sudah 1 tahun eeee....teruslah posting. Mari sama-sama belajar kebaikan dan Tuhan Memberkati (A9ust)

Anonim mengatakan...

@ Bung Yes,

Ayat tentang anak terang memang tepat sekali. Ama lama-lama mulai bisa ke Bigmike alias ama Ludji ha ha ha ha. GBU (A9ust)

Anonim mengatakan...

wakakakakakakkekekikikikik.....1 tahun ga keitungtu hari...gw yg nyari bahan dengan kata leahy, malah ketemu blog orang mabok ini....ha ha ha ha.....ga ada kata laen deh....blog ini "berisi"....di atas rata-rata......sayang yg punya kelewat kalem...tapi mungkin karena itu BM jadi deket ma kite-kite....eeeeiiiii...keep on posting bro....gw saksi deh...lot of kebaikan udah dibagiin......(Proxy73)

Anonim mengatakan...

Skrang gw mo komentari lgunya dech,,,,

1. Selera music bigmike termasuk "ada kelasnya"....mungkin BM menikmati music ban sekedar musik tapi menjiwainya sekalgus..hebat eeeuuuyyy...

2. Jon Anderson emang salah satu ang terbaik. Bareng YES, ABWH, Vangelis si Jon emang menghasilkan banyak banget hits....timber suaranya emang beda.....belon ada duanya dech,,,Group sekarang? lewaaaatttt.....ini penyanyi living legen decha.......

3. Makna candle song dalem banget....5 kali ngedengerin maknanya bisa berbeda....dahsyat.....thanx BM. GBU (Proxy73)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Selamat berbahagia karena sebagia besar niat blog...kami banyak belajar dari blog ini....isinya mencerahkan....hal-hal kecil bisa diulas menjai rumit tetapi tetap mudah dibaca....hal-hal rumit dibikin sederhana sehingga mudah diikuti.....Thanx. GBU (Julius)

Anonim mengatakan...

Saya setuju dengan mas Proxy,

pilihan lagu BM terasa sedap karena diberi makna...setiap lagu yg kita dengar telah diberi bingkai oleh BM....cocok antara lirik, harmoni lagu dan isi posting....saya kita mencari musik di youtube mudah....banya orang membuat blog musik...tapi yang selalu bisa memberi makan terhadap lagu...saya rasa cuma di blog BM. Blognya akan Kupang....anak Kupang tidak harus memble kan?????? harga diri bos///harga diri...biar miskin harta tapi tidak miskin harga diri.....TOP (Julius)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

bagaimana jika candle song dibandingkan dengan lilin kecilnya James F Sundah...

Lilin-Lilin Kecil
James F. Sundah


Oh manakala
Mentari tua lelah berpijar
Oh manakala
Bulan nan genit enggan tersenyum

Berkerut-kerut tiada berseri
Tersendat-sendat merayap
Dalam kegelapan..

Hitam kini, hitam nanti
Gelap kini akankah berganti

Dan kau lilin-lilin kecil
Sanggupkah kau mengganti
Sanggupkah kau member
Seberkas cahaya

Dan kau lilin-lilin kecil
Sanggupkah kau berpijar
Sanggupkah kau menyengat
Seisi dunia
Oh Manakala
Mentari lelah semakin tua
Oh manakala
Bintang-bintangpun turut menangis
Meratap langit yang makin pekat
Perlahan-lahan memudar
Lalu semua musnah

Anonim mengatakan...

Mujizat-Nya, unpredictable…
Janji setia-Nya, unforgetable..
Kasih dan berkat-Nya,very uncountable…
Hanya didalam hadiratnya kamu merasa comfortable…
Damai dan sukacita selalu bersamamu dan keluarga….
Alles Gute zum Geburtstag…..
Happy 1st B’Day for http://bigmike-savannaland.blogspot.com/
Kunyalakan lilin angka satu sebagai tanda syukur.
Blog yang banyak memberi pencerahan bagiku.Keep on posting BM (YR).

Bigmike mengatakan...

HOWDY, Selamat Pagi Sahabat Blogger:

Terima kaish untuk semua sahabat yang sudah berkunjung dan memberi komentar.

Blog memang sudah 1 tahun tetapi sebenarnya masih belum ada apa-apanya keculai...saya yang terus belajar bagaimana menjadi manusia yang smakin lama semakin baik....

Saya tergolong manusia "lajak" jika berbicara. Kadang-kadang orang tertawa mendengarnya dan terhibur tetapi kemungkinan ada yang tersinggung. Maka dengan rajin menulis, saya berharap perilaku "lajak" tadi dapat saya kurangi. Dengan cara itu semoga saya menjadi olebih baik.

Bagaimana dengan sahabat?

Bigmike mengatakan...

Hari ini adalah hari libur di Indonesia berkenaan dengan HARI RAYA MAULID NABI 1430 H.

Saya memposting ucapan selamat hari raya (di bagian kanan blog) bagi semua sahabat yang merayakannya. Semoga anda semua berbahagia...saya sendiri akan berbahagia melihat sahabat berbahagia.....semoga hidup anda makin baik dari hari ke hari. Tuhan memberkati anda semua

Bigmike mengatakan...

Khusus bagi (entah siapa tetapi saya duga bung Julius):

Syair candle song jia dibandingkan dengan syair Lilin Kecil.....semangatnya memang sama persis tetapi ada "singkup" yang berbeda...

Kedua-dua nya memiliki penekanan yang berbeda dan dua-duanya dapat kita gunakan sebagai tambahan modal..."kebaikan"....

GBU sahabatku

syamsudin mengatakan...

@ Sahabat muda Bigmike,

Kita bersama-sama bergembira atas setahun usia blog. Saya pribadi berharap blog bisa terus hidup dan berkembang. Oleh karena itu saya berharap cucunda Norman mau terus berlatih mengolah pikir dan menulis. Dengan cara itu blog ini akan terus bertahan.

Saya terharu dengan pernyataan bahwa ...bigmike tidak kaa harta tetapi kaya sahabat....luar biasa....banyak blog, begitu didirikan angsung mendafatar ke adsen dan langsung mengiklankan diri....Sudah barang tentu itu hak mereka tetapi selain berdagang apa lagi?....apakah hidup kita ini semata berdagang?....

Di titik ini saya mengacungi jempol bagi BM, meski banyak kesempatan beriklan, banya yg "droping by", tetapi BM tetap bertahan dengan idealisme. Meski begitu, menurut hemat saya, jangan sama sekali menutup diri terhadap kesempatan seperti itu karena "mutiara" yang bertaburan di blog ini wajar mendapat tebusan. Asal....asal....jangan kehilanan jati diri ....

Selamat dan teruslah posting (saya masih sabar mengunggu janji BM tentang evolusi he he he....)

syamsudin mengatakan...

Maulid Nabi kita rayakan tiap tahun. Kita secara rutin melaksanakannya, baik di masjid, sekolah, maupun perkantoran. Perayaan semacam ini menjadi tidak akan bermakna jika kita menganggap Maulid Nabi sebatas acara seremonial atau rutinitas belaka.

Inti dari perayaan Maulid Nabi bukan hanya kegembiraan atas kehadiran beliau dalam sejarah, tapi yang lebih penting dari semua itu adalah meneruskan perjuangan dan cita-cita beliau. Seperti pembelaan atas kaum lemah dan papa, pembebasan kaum tertindas, dan penegakan keadilan.

syamsudin mengatakan...

Maulid kita jadikan ajang introspeksi, bukan ajang menghibur diri. Kita introspeksi apa yang salah dengan sikap dan perilaku kita yang tidak sesuai dengan apa yang telah diajarkan Nabi Muhammad. Inilah makna hakiki dari Maulid Nabi Muhammad.

Dengan Maulid Nabi Muhammad kita telaah kembali cerita sukses dakwah beliau di di tengah masyarakat gurun pasir, kita cari faktor-faktor pendukungnya untuk kita ejawantahkan di era modern ini. Nabi Muhammad berhasil merubah budaya masyarakat Arab dari persaudaraan yang dibangun di atas prinsip kesukuan menjadi persaudaraan yang dibangun atas keimanan.

syamsudin mengatakan...

Sekali lagi untuk sahabat muda Bigmike,

Terima kasih atas ucapa selamatnya. Gambar yang diposting juga bagus. Inilah yahg membuktikan bahwa BM sangat menghormati keragaman dalam nation kita. Blog ini menggambarkan itu. Ayat-ayat suci dari berbagai "jurusan" bisa leluasa diposting tanpa perlu saling mengganggu. Ini luar biasa sebab banyak blog yang berisikan penghinaan dan semangat melecehkan agama orang lain.

Ah, masa depan Indonesia bakal cerah jika orang-orang seperti BM semakin hari semakin banyak. MERDEKA

Anonim mengatakan...

@ Pak Syam,

Selamat hari raya. Refleksi yang baek. Tengkyu Opa....wkwkwkwk.....(Proxy73)

Anonim mengatakan...

Wooooiiiii BM,

Thanx...lagi-lagi si Boeng
nunjukkin ke Indonesiaannya yang kuat...yeeeaacchhhh....
MErDEKA....wakakakakak....GW malah baru bangun hi hi hi hi hi...

(Proxy73)

Anonim mengatakan...

@ Dear all yang merayakan Hari Maulid Nabi:

Kelahiran Muhammad Saw tentu tidaklah bermakna apa-apa seandainya beliau tidak diangkat sebagai nabi dan rasul Allah, yang bertugas untuk menyampaikan wahyu-Nya kepada umat manusia agar mereka mau diatur dengan aturan apa saja yang telah diwahyukan-Nya kepada Nabi-Nya itu. Karena itu, Peringatan Maulid Nabi Saw pun tidak akan bermakna apa-apa —selain sebagai aktivitas ritual dan rutinitas belaka— jika kaum Muslim tidak mau diatur oleh wahyu Allah, yakni al-Qur’an dan as-Sunnah, yang telah dibawa oleh Nabi Muhammad Saw ke tengah-tengah mereka. Padahal, Allah SWT telah berfirman:

Apa saja yang diberikan Rasul kepada kalian, terimalah; apa saja yang dilarangnya atas kalian, tinggalkanlah. (Qs. al-Hasyr [59]: 7).

Anonim mengatakan...

Lebih dari itu, pengagungan dan penghormatan kepada Rasulullah Muhammad Saw, yang antara lain diekspresikan dengan Peringatan Maulid Nabi Saw, sejatinya merupakan perwujudan kecintaan kepada Allah, karena Muhammad Saw adalah kekasih-Nya. Jika memang demikian kenyataannya maka kaum Muslim wajib mengikuti sekaligus meneladani Nabi Muhammad Saw dalam seluruh aspek kehidupannya, bukan sekadar dalam aspek ibadah ritual dan akhlaknya saja. Allah SWT berfirman:

Katakanlah, “Jika kalian benar-benar mencintai Allah, ikutilah aku.” (Qs. Ali-Imran [3]: 31)

Begitulah sahabat Muslim dan Muslimat. Selamat Hari Raya (YeWe)

Anonim mengatakan...

@ igmike,

Thanx atas ucapan selamatnya. Thanx pula karena selalu menyediakan ruang bagi keragaman. Jaya Indonesia dech..asalah pilih pemimpin bukan yang politisi Busuk....jika tidak: GOLPUT...gimana nich???? ha ha ha ha.

Salam (YeWe)

Anonim mengatakan...

oh iya, happy universary blog BM......blog ii emang beda....keep on posting (YeWe)

Anonim mengatakan...

Waduh ini blog sudah 1 tahun ya...saya baru bergabung tepat posting "mone wango mone pote"....semenak itu saya tahu bahwa ini bog yang bagus. Lebih bangga lagi karena pemilikinya anak Kupang. Sama seperti saya.

Kemarin Sabtu kami orang Kupang d Bogor berkumpul waktu melayat Pak Yos Therik meninggal dunia. Saudara-saudaranya yang dari Kupang pada berdatangan. Apa kesan kuatnya? Semua berkmpul karena ingin meberikan penghiburan.

Nah, BM lewat blog ini kerap kali memberikan penghiburan justru ketika dia sendiri butuh dihibur. Saya kita ini luar biasa.

Jadi, tidak bisa lain. Keep on posting bro' (Jodie - Orang Kupang)

Anonim mengatakan...

@ Dear all,

Saya mohon ijin untuk akan kembali suatu kisah nyata yang terjadi di China yang dapat kita jadikan teladan bahwa kebaikan bisa datang jika kita mau.

Di Propinsi Zhejiang China, ada seorang anak laki yang
luar biasa, sebut saja namanya Zhang Da. Perhatiannya yang besar kepada
Papanya, hidupnya yang pantang menyerah dan mau bekerja keras, serta
tindakan dan perkataannya yang menyentuh hati membuat Zhang Da, anak
lelaki yang masih berumur 10 tahun ketika memulai semua itu, pantas
disebut anak yang luar biasa. Saking jarangnya seorang anak yang berbuat
demikian, sehingga ketika Pemerintah China mendengar dan menyelidiki apa
yang Zhang Da perbuat maka merekapun memutuskan untuk menganugerahi
penghargaan Negara yang Tinggi kepadanya.

Anonim mengatakan...

Pada waktu tahun 2001, Zhang Da ditinggal pergi oleh Mamanya yang sudah tidak tahan hidup menderita karena miskin dan karena suami yang sakit keras.

Dan sejak hari itu Zhang Da hidup dengan seorang Papa yang tidak
bisa bekerja, tidak bisa berjalan, dan sakit-sakitan. Kondisi ini
memaksa seorang bocah ingusan yang waktu itu belum genap 10 tahun untuk mengambil tanggungjawab yang sangat berat. Ia harus sekolah, ia harus mencari makan untuk Papanya dan juga dirinya sendiri.

Ia juga harus memikirkan obat-obat yang yang pasti tidak murah untuk dia. Dalam kondisi yang seperti inilah kisah luar biasa Zhang Da dimulai. Ia masih terlalu kecil untuk menjalankan tanggung jawab yang susah dan pahit ini.

Ia adalah salah satu dari sekian banyak anak yang harus menerima
kenyataan hidup yang pahit di dunia ini.

Anonim mengatakan...

Tetapi yang membuat Zhang Da berbeda adalah bahwa ia
tidak menyerah.Hidup harus terus berjalan, tapi tidak dengan melakukan kejahatan, melainkan memikul tanggungjawab untuk meneruskan kehidupannya
dan papanya.

Demikian ungkapan Zhang Da ketika menghadapi utusan pemerintah yang ingin tahu apa yang dikerjakannya.

Ia mulai lembaran baru dalam hidupnya dengan terus bersekolah. Dari rumah sampai sekolah harus berjalan kaki melewati hutan kecil. Dalam perjalanan dari dan ke sekolah itulah, Ia mulai makan daun, biji-bijian dan buah-buahan yang ia temui. Kadang juga ia menemukan sejenis jamur, atau rumput dan ia coba memakannya.

Dari mencoba-coba makan itu semua, ia tahu mana yang masih bisa ditolerir oleh lidahnya dan mana yang tidak bisa ia makan. Setelah jam pulang sekolah di siang hari dan juga sore hari, ia bergabung dengan beberapa tukang batu untuk membelah batu-batu besar dan
memperoleh upah dari pekerjaan itu. Hasil kerja sebagai tukang batu ia gunakan untuk membeli beras dan obat-obatan untuk papanya.

Hidup seperti ini ia jalani selama lima tahun tetapi badannya tetap sehat, segar dan kuat.

Anonim mengatakan...

Sejak umur 10 tahun, ia mulai tanggungjawab untuk merawat papanya.

Ia menggendong papanya ke WC, ia menyeka dan sekali-sekali memandikan papanya, ia membeli beras dan membuat bubur, dan segala urusan papanya,
semua dia kerjakan dengan rasa tanggungjawab dan kasih. Semua pekerjaan ini menjadi tanggungjawabnya sehari-hari.

Obat yang mahal dan jauhnya tempat berobat membuat Zhang Da berpikir
untuk menemukan cara terbaik untuk mengatasi semua ini. Sejak umur
sepuluh tahun ia mulai belajar tentang obat-obatan melalui sebuah buku bekas yang ia beli. Yang membuatnya luar biasa adalah ia belajar bagaimana seorang suster memberikan injeksi/suntikan kepada pasiennya. Setelah ia rasa ia mampu, ia nekad untuk menyuntik papanya sendiri.

Orang bisa bilang apa yang dilakukannya adalah
perbuatan nekad, sayapun berpendapat demikian. Namun jika kita bisa memahami kondisinya maka saya ingin katakan bahwa Zhang Da adalah anak cerdas yang kreatif dan mau belajar untuk mengatasi kesulitan yang sedang ada dalam hidup dan kehidupannya.

Sekarang pekerjaan menyuntik papanya sudah dilakukannya
selama lebih kurang lima tahun, maka Zhang Da sudah trampil
dan ahli menyuntik.

Anonim mengatakan...

Ketika mata pejabat, pengusaha, para artis dan orang terkenal yang hadir ndalam acara penganugerahan penghargaan tersebut sedang tertuju kepadaZhang Da,

Pembawa Acara (MC) bertanya kepadanya,

“Zhang Da, sebut saja kamu mau apa, sekolah di mana, dan apa yang kamu rindukan untuk terjadi dalam hidupmu, berapa uang yang kamu butuhkan sampai kamu selesai kuliah, besar nanti mau
kuliah di mana, sebut saja. Pokoknya apa yang kamu idam-idamkan sebut saja, di sini ada banyak pejabat, pengusaha, orang terkenal yang hadir. Saat ini juga ada ratusan juta orang yang sedang melihat kamu melalui
layar televisi, mereka bisa membantumu!”

Anonim mengatakan...

Zhang Da pun terdiam dan tidak menjawab apa-apa. MC pun
berkata lagi kepadanya, “Sebut saja, mereka bisa membantumu”

Beberapa menit Zhang Da masih diam, lalu dengan suara bergetar iapun menjawab, “Aku Mau Mama Kembali. Mama kembalilah ke rumah, aku bisa membantu Papa, aku bisa cari makan sendiri, Mama Kembalilah!” demikian Zhang Da bicara dengan suara yang keras dan penuh harap.

Anonim mengatakan...

Banyak pemirsa menitikkan air mata
karena terharu, dan tidak menyangka akan apa yang keluar dari
bibir Zhang Da.

Mengapa ia tidak minta kemudahan untuk pengobatan papanya,
mengapa ia tidak minta deposito yang cukup untuk meringankan hidupnya dan sedikit bekal untuk masa depannya, mengapa ia tidak minta rumah kecil yang dekat dengan rumah sakit, mengapa ia tidak minta sebuah kartu kemudahan dari pemerintah agar ketika ia membutuhkan, melihat katabelece
yang dipegangnya semua akan membantunya.

Para penonton tidak mengerti, tapi kemudian paham bahwa
yang dimintanya, itulah yang paling utama bagi dirinya.
"Aku Mau Mama Kembali", sebuah ungkapan yang mungkin sudah dipendam Zhang Da sejak melihat mamanya pergi meninggalkan mereka.

Anonim mengatakan...

Dear all,

Kisah Zhang Da ternyata merupakan teladan yang amat baik tentang lilin. Zangda si lilin tidak gebyar-gebyar. Biasa-biasa saja tetapi terus menebar kebaikan. Dikorbankan seluruh masa remajanya untuk belajar bertanggung jawab. Dia berhasil.

Ketika diminta menjawab tentang reward apa yang diminta? Zang Da sang Lilin menyebutkan hal kecil yang tidak gebyar: mama kemblai.

Sekarang ini, banyak kebaikan ditebar berbalut kepentingan. Seorang sahabat lama saya yang tidak pernah perduli tahu-tahu minta bertemu. Setelah basa-basi seenak eh...malah minta dukungan dan meminta saya ikut meenyebarkan kartu namanya sebagai...caleg....ada apa ini? Mereka bukan Lilin.

Dan kebaikan ternyata bisa datang dari orang-orang hebat dan kaya tetapi bisa datang dari oang-orang kecil dan biasa seperti Zhang Da (Jodie, BGR)

Anonim mengatakan...

eh iya, selamat hari raya bagi yang merayakan (Jodie)

Anonim mengatakan...

@ bapa BM

sekarang su jarang ada kiriman tulisan ke dulu lai gara2 Om vq su sibuk jadi ketua 3 di GPIB bukit moria, jakarta; om kana su sibuk di fesbuk, om uly su sibuk kuliah.... kalo beta tetap sibuk "beking susah" bapa mama... hheehehehe.

Tapi beta kasi bocor rahasia sadiki, gara2 bapa pung blog ne, mama dolly su pung julukan baru buat bapa yaitu "Profesor Blog".. Hihihi.... tapi mama sonde tau ini blog su mengajarkan banyak hal... contoh kecil sa, beta belajar menulis sesuatu dimulai dari ini blog atau yang opa syam bilang "belajar menulis untuk melatih jalan berpikir yang baik dan benar".
Beta tau bapa pung "jato bangun" deng ini blog. dimulai dari keisengan dan bapa beli buku kecil satu kalau sonde salah "cara membuat blog"... tapi itulah, dari yang kecil bisa berbuah sesuatu yang besar kalau ditekuni.. beta mau belajar begitu dolo.. sssssttt tadi yang beta bilang besar itu seprt bapa pung badan, sedangkan yang kecil sama ke beta pung badan. beta deng bapa macam ke angka 10 sa.
Huahahaha

(norman)

poempuisi mengatakan...

there is no question: blog BM telah mengilhami banyak blog baru. Saya salah satunya. Beberapa teman juga begitu. Keep on posting wahai BM....banyak yang menunggu goresan tanganm yang lahir dari pikiran cemerlangmu. GBU

poempuisi mengatakan...

Puisi Tentang Kebaikan
By : Khahlil Gibran


Kebaikan pada manusia hendaknya mengalir bebas,
Karena kejahatan hidup diluar kubur,

Sementara waktu dengan jari jemarinya
menggerakkan pion-pionnya sejenak,
lalu mematahkan skak sternya

Janganlah mengatakan,”Lihatlah orang terpelajar”
Atau
“Lihatlah kepala suku yang berwibawa”

Yang terbaik adalah dalam kawanan,
Yang mendengar sang gembala yang membimbing.

poempuisi mengatakan...

SELAMAT MERAYAKAN HARI RAYA MAULID NABI. SEMOGA BAHAGIA

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Pendek saja: terima kasih atas kebersamaan 1 tahun. Akan lebih berterima kasih jika BM terus memposting. Saya belajar banyak hal di sini. Terima kasih (Eman, CN - TDM)

Anonim mengatakan...

Oh iya lupa memberitahukan bahwa terhitung 5 maret 2009, kami pindah ke TDM (tuak daun merah) (Eman)

Anonim mengatakan...

@ Dear all,

"Candle Song" yang diposting BM begitu bermakna dan saya teringat bahwa cahaya lilin yang bergoyang-goyang diterpa angin, begitu menarik perhatian. Tergambar perjuangan untuk tetap hidup dan berbagi terang.

Kehebatan lilin juga dapat dilihat ketika kita hendak menyalakan banyak lilin. Kita tidak perlu menyalakan menggunakan korek api satu persatu. Cukup satu lilin dinyalakan kemudian lilin yang lain mengambil api dari lilin yang telah dinyalakan.

Demikianlah lilin bisa berbagai api, tanpa kehilangan api yang telah dimilikinya. Meski pertlilin dinyalakan dari satu lilin, tapi lilin yang menjadi sumber api itu tak akan pernah kehilangan apinya. Hiduplah seperti lilin.

Anonim mengatakan...

aduh maaf, itu dari saya (Sherly, CN, TDM)

Anonim mengatakan...

Wah, happy birthday BM blog. Blog milik kita semuanya. Keep on posting bro coz banyak mutiara dalam setiap postingnya. GBU

Anonim mengatakan...

met hari raya Maulid Nabi bagi semua sahabat Muslimin dan Muslimat (Nana)

forum mengatakan...

Tanpa terasa sudah 1 tahun usia blog ini. Makin lama makin bagus dan makin matang dalam berpikir. Kami kira, inilah calon pemimpin NTT di masa depan. tenang dalam bersikpa, cemerlang dalam berpikir dan tegas dalam bertindak. Yang mengharukan adalah BM rela memerikan apa yang menjaid haknya kepada kawan-kawan lain....mereka lebih perlu katanya.

Oleh karena itu, kalau BM mengatakan berbagi kebaikan, itu dia sudah mempraktekannya. Viva

Anonim mengatakan...

hidup beran berkorban seperti lilin

Ternyata hidup ini tak smudah membalikan telapak tan9an…
Terkadan9 qta hruz rela men90rbankan kbahagiaan qta dmi kbahagiaan oran9 lain..

Qta hidup bagai lilin yg rela hancur dmi menerangi orang lain…
Tapi itu smua tak selamanya membuat kita hancur dan terpuruk…
Karna terkdan9 untk mndapatkan sbuah kebahagiaan qta hruz melewati hal sperti itu…

Trkdan9 qta tak bisa mnerima hal ini di saat keeg0isan qta membakar membara di benak qta…

Yakinlah kawan smakin qta br0ntak dan fr0ntal pda keeg0isan qta mka smakin besar kbahagiaan yg akan qta petik di kmudian hari…

Jika hidup mu terbebani oleh pilihan..
Mka ikutilah kta hati mu karna tak ada se0rangpun yg bsa mengenal drimu selain dirimu sendiri..

Anonim mengatakan...

sorry itu dari saya sebagai hadiah HUT I blog BM (Savunesse)

forum mengatakan...

eh ada angalai savunesse ko?? ha ha salam kenal dari sekertariat ForDAS...


kami juga punya puisi hadiah untuk blog of our bosz...

Hidup Kita Memiliki “Arti” Bagi Dunia Ini

Lilin jiwa akan menyala setiap waktu
Meleleh setiap masa untuk memberimu sebuah cahaya
Sehingga kehidupan tak gelap gulita
Pengorbanannya yang begitu nyata
Sulit untuk kita resapi dan kita contoh untuk dilakukan

Lilin Jiwa akan menerangi siapa saja
Bersinar bagai pelita hati yang memberikan keindahan tersendiri
Bersinar bagai mentari untuk menghangatkan bumi dan isinya
Tak pernah menggerutu , sepahit dan sesakit apapun pengorbanannya
Selalu ikhlas dan tulus untuk memberikanmu, setitik penerangan

Hidup kita akan melewati kerikil, lembah, jurang dan terjal
Tanpa pernah kita mengerti untuk apa semua ini terjadi
Dan untuk apa ini terjadi…
Tanpa pernah kita tahu ada misteri apa dibalik semua ini
Lakukan sepenuh hati, yakinlah… dan percaya sepenuhnya…pada Sang Ilahi

Hidup kita, bagai kapal yang berlayar kesamudera luas
Kapan, kapal itu akan menepi dan pulang kepelabuhan
Tak seorangpun tahu…begitupun dengan hidup kita
Hari ini, besok atau lusa jarum waktu akan tetap berdetak ataupun berhenti
Kita pun tak pernah tahu…


Gunakan hidup kita sebaiknya…
Lakukan… dan emban tugas kita, sesuai peran kita masing-masing
Walaupun kita hanya sebuah kerikil ataupun hanya sebatang ilalang
Dengan kekuatan dan kelemahan yang kita miliki
Dengan kesempurnaan yang Tuhan titip pada kita
Aku yakin, HIDUP kita memiliki arti bagi dunia ini

Anonim mengatakan...

Salam kenal juga bung-bung di ForDAS. Bagimana nih Sabu kok bisa banjir????? (Savunesse)

Anonim mengatakan...

ada 4 tujuan orang memiliki blog:

1. Diary

Semua yang kita alami tiap hari ditulis di situ. Filam Nasional Kambing Jantan adalah diary di blog.

Mengapa harus diary? terkadang saat kita memiliki masalah atau mendapat anugerah, kita akan menyalurkannya langsung ke dalam blog kita. Siapa tahu masalah kita dapat terpecahkan melalui komentar dari banyak orang mengenai posting kita tersebut bukan?

Anonim mengatakan...

2. Penyalur pikiran

Setiap saat kita berpikir dan tidak semua bisa kita ungkapkan dalam pergaulan biasa setiap hari. Maka blog bisa jadi alternatif.

Penyalur pikiran? Mengapa tidak menulis di buku kita saja? Pertanyaan itu adalah pertanyaan yang sangat aneh. Bila kita menyalurkan pikiran kita, ada banyak keuntungan yang kita dapat: mendapat kritik dan saran dari orang lain, buah pikiran kita juga dapat diilhami orang lain, serta kalau kita beruntung, kita dapat memenangkan konpetensi blog dari tulisan kita... Benar bukan?

Anonim mengatakan...

3. Mata pencaharian

Ini kerjaan manusia pencari kesempatan. Boleh boleh saja. Ngga ada yg melarangkan?

Bagaimana caranya cari duit? Bingung? Jangan dong. Kita semua pasti mengenal, atau setidaknya pernah mendengar kata Google AdSense. Google AdSense adalah salah satu sarana dimana kita dapat menyalurkan sebuah iklan tentang berbagai macam hal... Misal: kalian ingin menjual suatu benda namun bingung ingin menjual lewat mana. Cara paling efektif: internet. Kita dapat mengiklankan benda tersebut melalui Google AdSense yang dapat dipasang pada blogger juga (info ini mungkin kurang lengkap).

Anonim mengatakan...

4. Sarana "narsis"

Kata bigmike: tempat untuk mematut-matut diri sendiri. Kebanyakan blog ada pada tipe ini. Facebook yang heboh itu, menurut survey 80% habis terpakai untuk urusan narsis.

Narsis? Iya dong! Di blog kalian bisa memasang foto narsis kalian atau posting mengenai diri kalian sendiri... Orang-orang yang membuka blog kalian akan lebih mengenal kalian dari posting dan foto-foto kalian, tentunya...

Anonim mengatakan...

Lalu, dimana posisi blog sahabat dunia maya kita ini, MR. Bigmike:

Menurut saya BM pernah menyentuh semuanya tetapi semua dibingkai menjadi satu hal saja: menulis dengan inda, tenang dan dalam bahasa yang mudah dicerna oleh siapa saja. Dan kita, paling kurang saya, bisa belajar sesuatu di dalamnya. Keep on posting bro (Widyanto, Jogja)

wildan mengatakan...

Halo, salam kenal,

GW Wildan, Jakarta. Pekerjaan: :jongos" ha ha ha ha ha...

Masuk blog ini setelah blogwalker dengan kata kunci mother earth. Ternyata blog ini luar biasa. GW yg punya blog ajah jadi malu ha ha ha ha...

Hampir 2 jam gw melncur di blog ini kesan gw ada 2: postingnya yang di atas rata-rata dan komen-komennya yang sok serius, sok tau, sok gila, sok bego, serius beneran, tua beneran, gila beneran, bego beneran ..wkwkwkwkwk...lucu dan top abiezzz...

Kesan gw juga, si pemilik rada cuek-cuek serius atawa serius-serius cuek bebek....tauk dech..tapi jelas care.....ha ha ha ha

Ya udah, ijinin GW gabung yaaa....blog ini emang laen dech...

wildan mengatakan...

Nah sebagai tanda jadi "anggota" GW mo ikutan koen deh...harap gw digolongin ke kelompok bego beneran ya...so kalo ada yg komen balik gw punya hak tuk diem ajah ha ha ha ha ha....

Topik GW is apakah Blogging nArSis itu salah?????

NARSIS..adalah suatu istilah rasa cinta yang berlebihan terhadap diri sendiri. Istilahnya diambil dari cerita zaman dulu tentang seorang pemuda Yunani bernama Narsiscus, pemuda yang sangat tampan dan rupawan sehingga banyak dikagumi oleh kaum wanita, tetapi tidak ada satupun wanita yang membuatnya tertarik, karena dia lebih tertarik pada dirinya sendiri, kegemarannya adalah mengagumi dan menatap pantulan wajahnya di cermin, dan di sungai. Akan tetapi saking cintanya terhadap dirinya sendiri, dia menjadi terobsesi, dan akhirnya dia memecahkan semua cermin yang ada dan menjadi gila…

Nah kalo ngeblogging narsis kek gini...setop aja deh,,,,gila ntar teu nyahoooo....hi hi hi hi hi

wildan mengatakan...

Menurut gwa, dari hal yang gwa rasakan selama ini…orang narsis sebenarnya orang yang paling menderita sedunia…, dan dia kesulitan menerima dan membalas kebaikan orang lain…Dia juga tidak memiliki rasa percaya terhadap orang lain, keegoisannya sangat tinggi, dan juga cenderung introvert.

Meskipun dia tampak suka show off alias pamer…tapi dia gak pernah menampakkan kepribadian yang sebenarnya di mata orang lain, atau bahkan gak mempunyai kepribadian sama sekali, karena dia cenderung selalu ingin tampak sempurna (menurut dia) di hadapan orang lain.

Karena sifat2nya itulah..orang narsis gak pernah merasa punya teman meskipun dia dikelilingi banyak orang2 yang akrab dengannya. Selalu berpura-pura menjadi teman yang baik buat orang lain, selalu berusaha menyenangkan orang lain, tapi kadang juga bisa sangat menyebalkan. Karena itu dia gak bisa terima kalo ada orang yang membencinya, dan kalo gak ada orang yang memujinya dan bilang suka padanya sehariii aja, dia merasa gak berarti. Gak pernah merasa pacaran ato merasa jatuh cinta, meskipun kelihatannya gampang banget jadian, karena dia tidak bisa melihat dan membuka mata hatinya untuk orang lain…dia susah menerima kehadiran orang lain dalam hidupnya. Mungkin orang narsis bisa dibilang adalah orang yang hidup dalam kebohongan tanpa merasakan cinta yang sebenarnya…ciieh….AUK AUK AUUUUUUK…

wildan mengatakan...

Blogger narsis? Salahkah..?

Seorang Blogger, even di itu seorang blogger professional pada dasarnya is narsis. Mengapa demikian? blogger pada dasarnya persis aktor di depan kamera...kemana arah kamera..dia akan nampang di situ...gw bilang aah skrinsyut....liat ajah hampir semua blog dipake untuk merespons berita mutakhir...Obama, gw kira, ada juga di posisi ini coz dia ngeposting mengikuti isu mutakhir kan?

Tapi janan keburu menghina coz ada yg beda banget antara blogger narsis betulan dan narsis-narsisan...dia akan jadi narsis betulan jika ngga ada apa-apa yg dia tulis...cuma sekedar copy paste, ngomong dirinya sendiri dari bangun tidur sampe tidur lagi, pake baju apa, kolor apaan ..huaaa ha ha ha ha ha....

Sementara itu blogger narsis-narsisan is bloger dengan daya menulis yang mumpuni. Dialah yangmembentuk isu ngga ngikutin isu doang....kadang dia nulis ngikutin isu tapi digambarkan dalam perspektif dia....nah yg ini blogger yang narisnya ngga usah kita kecam bahkan seharusnya kita beri apalaus....
horeeeeeee....plok...plokk...plokk..

Nah, blog ini ada pada kategori gw yg kedua. Kebanyakan dialah yg membentuk isu. Atau kalo dia nanggapin kasusu aktual...diberinay perspektif laen sehingga kita bisa tau jalan pikirannya dan kitabisa "bel;ajar". Blogger tipe beginian is logger yang ngajak kita bareng-bareng belajar sesuatu. Ngga sok tau tapi mampu memberi tau...yiiiccckksssssss....

wildan mengatakan...

So, jangan pukul rata kaum blogger...dalam bentuk yang positif blogger adalah orang yg harus dipandang sebagai guru karena dia rela "mengajar" meski ga kita bayar...gratis getttooooo looooo...

So lagi, kalo mo ngecek blog itu baek ya gampang...lita ajah apakah isi blog terlalu banyak ngomongin diri sendiri nggak? apakah gambar/video/theme/template menggambarkan sesuatu yg esekdar individual nggak? Apakah user-friendly - dimuat macem-macem trsu berat ngaksesnya.

wildan mengatakan...

Nah, sekarang gw coba beri beberapa defenisi:

Blog di mata jurnalis = "bagaimana saya bisa melaporkan issue ini ke blog?"

Blog di mata penulis = "bagaimana saya bisa menjadi penulis yang baik?"

Blog di mata fotografer = "bagaimana untuk memajang karya saya agar dapat dilihat oleh orang banyak?"

Blog di mata penggila IT = "bagaimana untuk mengembangkan suatu blog?"

Blog di mata marketing = "bagaimana saya bisa mendatangkan uang dari blog saya?"

Blog di mata dokter = "bagaimana saya bisa share tentang kesehatan dan tips-tips kesehatan di blog saya?"

Blog di mata ilmuwan = "bagaimana saya bisa mentransfer pengetahuan saya bagi banyak orang?"

dan lain sebagainya yang bisa sohib bikin sendiri...

Udahan yaaa....gw suka blog ini so bakal balik lageeee....

Blog Juliana mengatakan...

Aku suka blognya Pak Mike sejak pertama ketemu ketika Pak Mike mau berbaik hati memberi koment diblog saya yang ... tau sendirilah..! Tapi sejak itu saya menemukan satu lagi cermin untuk berkaca, untuk melihat, apakah persahabatan, kasih sayang, kebaikan dan kerendahan hati masih ada didalam diriku. Tetaplah berbagi Pak Mike, karena banyak orang yang memerlukannya.

Bigmike mengatakan...

Weeeleeeehhhh....banyak sahabat yang berkunjung...thanx banget. GBU

Ada sahabat lama...woooiiiii baikkah sahabat semua? I hope so...hari ini saya gak legaan karena nggak banak deal...apalagi seharian kemarin saya cuma tidur-tiduran santai berlibur...wa ha ha ha ha....

Apakah blog ini naris atau yg laen...ya terserah sahabat menilainya saja...saya no comment ha ha ha ha (ketulatan penyakit artis infotainment yg hobi...no comment...ha ha ha ha ha)

Bigmike mengatakan...

Ada 1 sahabat baru sohib Wildan....he he he...tampaknya sahabat Wildan "bukan" blogger biasa...saya menikmati betul komen sahabat baru....sedikit bangga malah karena saya tampak berada pada kategori kedua ha ha ha ha ha...matur nuwunlah....hatur nuhun...thanx banyaklah....selamat datang dan selamat bergabung....keep on comment bro...

Bigmike mengatakan...

satu lagi sahabat yang bagi saya agak "spesial" karena jika Tuhan berkenan maka beliau akan bertindak mewakili saya sebagai wakil saya di badan legislatif kota saya.

Rasanya saya perlu memberikan apresiasi atas kemauan baik Suz Julie menyampaikan gagasan politiknya secara terbuka lewat blog. Sudah barang tentu saya punya beberapa pertanyaan yang pada waktunya harus dijawab oleh calon "wakil" kami warga Kupang ini supaya jangan ada kesan wakil rakyat tidak tahu apa-apa.

BTW, saya dukung Suz Julie, terutama sebagai sesama blogger dari Kupang, menjadi wakil rakyat yang baik.

Jabat Erat suz Julie. GBU

sastavyana blog's mengatakan...

wah, HUT I blog BM yaaaaa.....selamat ya. Baru tau ceritera di baik blog ini. Seru juga.

Sejujurnya, blog saya adalah salah satu blog yang terinpirasi oleh blog BM. Harus diakui sekarang masih narsis. Tapi harap maklum...baru belajar....Nggak terlalu salah kan?

Corngaratultino BgiMike. Keep on psoting my man. I, my self and al of us love u so much.

sastavyana blog's mengatakan...

BESTEST FRIEND !

When I cry you help me out
When I'm happy you hear me shout
When I grin you know I'm really mad
because you are my best friend
You can tell when I'm sad

You're there in thick and thin
You're my best friend
You hear me out when I want to talk
You help me out when I get mad
You are the bestest friend I've ever had

So hear me out when I say
You're the light in my day
You are the moon in my night
You shine very bright
You are the bestest friend I have
and I miss you

sastavyana blog's mengatakan...

hmmhhh...."candle song" keren banget. Awesome.....

Anonim mengatakan...

Awuuuiiii....fans BM banyak yang termehek-mehek ni ha ha ha ha ha ha....

Ah, Saya termasuk beruntung karena tahu blog ini sejak awal....dan bisa ikut mengikuti perkembanagn blog. Dan benar sekali, posting-posting BM makin lama makin matang dan dewasa. Pilihan kata yang amat bagus. Pas situasi dan mudah membuat orang termehek-mehek ha ha ha ha...

Keep on posting. Bagilah kebaikan, persahabatan dna kasih sayang. JBU (Larry)

Anonim mengatakan...

Setuju sekali bahwa lagu candle song luar biasa. Suara Jon Anderson bening dan amat bagus.

Mau tanya nih BM, apa Jon Andeson ini yang menyanyikan lagu Christie?

Anonim mengatakan...

Sori di atas itu saya (Larry)

Anonim mengatakan...

Hadith :

Rasulullah s.a.w bersabda:

....Sesiapa yang dikurniakan sifat lemah lembut nescaya ia akan memperolehi kebaikan dalam semua hal (Riwayat Muslim)....

Maka, meski kita berbeda keyakinan tetapi dalam kebaikan kita semua seharusnya bersatu. Kebaikan adalah kebaikan itu sendiri. Tanpa embel-embel (Sulis, JK)

Anonim mengatakan...

Candle Song memang keren....HB I blog BM...keep on posting bro...(Sulis)

HASTu W mengatakan...

heheh... mank c.. maunya bloger tuh brenti narsis n cerius koz blok is a karunia ilahi but yaa ujung2nya.... (isi ndiri dah)

wkkk.....

erick mengatakan...

Wooiii nggak nyadar udah 1 taon blog BM ya...siiippp.....gw ketemu blog ini pada seria posting KASIH....mantapz...kerenz....

Tiap hari gw ngecek blog walau nggak selalu komen dan menurut gw sih isi blog udah "berisi" sejak awal. Hal kecil dibikin menarik. Halm besar dibikin mudah. Yang berbeda is penyajiannya makin matang...Gw demen banget...

Keep on posting bro...JBU, always en 4Ever

erick mengatakan...

Oh iya.....tuan Proxy73 udah kerja...keren dia sekarang....ha ha ha ha....trus Wildan is bosz nya Proxy73...kebayang 2 MC gkil keja bareng???? tuh contohnya si MC gokil..wkwkwkwkwk....

tuaksatu mengatakan...

Met 1 taon ya bosz.......ga banyak omong deh...blog gw...yg "polos: en narsis...terinspirasi blog BM..tapi gw masih gagal nulis artikel ndiri...bukan apa2 seeeehhh....dasar ngga mampu ajah....wkwkwkwkwkwk....

tuaksatu mengatakan...

btw, candle song and also, i'ts singer are great...bagus banget....ga semua yg jadul tu jelek....buktinya banyak grop skranag ngetop pake lagu jadu...

Kelebihan lagu jadul is harmonisasinya dahsyat...lagu skarang kebanyakan asal kenceng doang.....

Anonim mengatakan...

wueleeeeeehhhh wuueleeeeehhh....blog ni emang bagus.

Keep on posting aja yaaa en jangan jadi ajang kampanye diri tuk jadi gubernur, caleg de el el...de el el....Posting terus tentang kebaikan, persudaraan, persatuan dan kesatuan bangsa.....yyooooo.....TETEP JADI ANAK INDONESIA YG PRODUKTIF YA BRO...he he he he

==ANAK NKRI==

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Selamat HUT I Blog. Blog ini punya "jasa besar" bagi saya pada saat memberikan penguatan begitu rupa pasca kehilangan orang terkasih.

Saya setuju bahwa isi posting makin "matang". Komen-komen yang pernah membuat beberapa sahabat "menjauh" sudah jauh lebih baik dan "sejuk". Mungkin karena BM semakin aktif "mengawal" komen.

Keep on posting my friends...JBU...

Anonim mengatakan...

Aduh maaf, saya Jennie. Saya sekalian mau usul: kembalikan kebiasaan posting hari sabtu sebagai posting renungan untuk bekal hari minggu (Jennie)

herjuno mengatakan...

Blog yang keren...tampilan nggak macem-macem tapi isinya...wwwwooooaaaa....mencerahkan...

Bo;eh usul? gimana kalo domain sendiri? Lebih asik...

BTW, salam kenal. Keep on posting.

herjuno mengatakan...

"Candle Song" mantap....awesome....

(oh ya, gw copypaste beberapa artikel ya... Buat koleksi doang...)

Bigmike mengatakan...

Selamat siang sahabat blogger,

Wah terima kasih banyak bagi yang sudah mengunjungi blog dan memberi komentar. GBU

Bigmike mengatakan...

Untuk beberapa sahabat lama:

@ Mas Sulis, piye kabare??? apik Matur nuwun sanget tambahan renungannya. Saya amini saja sudah. Met hari raya.

@ Broer Erick, apa kabar. Lama nggak komen. Thanx atas perhatiannya

@ Tuak Satu Mr POLOS ...wkwkwkwkwk...keep on polos bro...thanx

@ Anak NKRI, udahan gilanya???? ha ha ha ha...tengan, saya masih anak Indonesia yang doyan persatuan...

@ Mbak Jennie, lama nggak komen tapi ya nggak apa-apa. Blog makin lama makin calm tanpa kehilangan semangat dan Mis. Thanx

Bigmike mengatakan...

ada 2 sahabat baru,

@ Mas Herjuno...wah ini mirip tokoh wayang kesukaan saya tuh Arjuna...selamat bergabung...kalo punya blog saya dikasi tahu supaya bisa berkunjung balik

@ Mas Hastu, terima kasih atas kunjungan anda. Blog yang keren. Posting lamanya asik-asik...hebat....
Kalo ada sempet balik ke blog "kampungan" saya ini yaaaa....GBU

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Gimana kabarnya adik? Baik? Saya termasu orang pertama yang diberi kabar oleh BM tentang blog ini.

Saya pula yang termasuk gembira melihat perkembangan blog ini. Padat, berisi, dan pluralis tanpa kehilangan sedikitpun jati diri.

Teruslan berkarya. Beberapa teman juga diam-diam ikutan membaca blog ini meski tidak berkomentar. HIDUP ANAK KUPANG. Syalom (Paul)

Anonim mengatakan...

saya pun pingin ikut ucapkan selamat tahun baru buat blog ini.

maaf agak jarang berkunjung kesini karena kesibukan mencari makan yang luar biasa.

lagi banyak selamat dan tuhan berkati.

(joshua)

Anonim mengatakan...

wah maaf, maksud saya, selamat ulang tahun, he3. (joshua)

sastavyana blog's mengatakan...

Hello I'm back,

Ada yang mo gw ajak kita renungin bareng-bareng. Beberapa waktu lalu. sekitar november-desember 2008 ngetop banget lagu "kepompong: yg dinyanyin urang bandung "Sind3ntosca". Syairnya begini:


MEMBER LOGIN

Kepompong
Sind3ntosca

Dulu kita sahabat
Dengan begitu hangat
Mengalahkan sinar mentari

Dulu kita sahabat
Berteman bagai ulat
Berharap jadi kupu-kupu

Bridge:
Kini kita berjalan berjauh-jauhan
Kau jauhi diriku karena sesuatu
Mungkin ku terlalu bertindak kejauhan
Namun itu karena ku sayang

Reff :
Persahabatan bagai kepompong
Mengubah ulat menjadi kupu-kupu
Persahabatan bagai kepompong
Hal yang tak mudah berubah jadi indah
Persahabatan bagai kepompong
Maklumi teman hadapi perbedaan
Persahabatan bagi kepompong

sastavyana blog's mengatakan...

Kupu-kupu berasal dari ulat yang berbulu dan terkadang membuat kita gatal ketika menyentuhnya. Ulat sedemikian buruk rupa, hingga tiada yang mau menyentuhnya. Bahkan daripada melihatnya melata, lebih baik membunuhnya. Pak tani pun menyemprot racun untuk membunuh ulat, supaya ulat tidak memakan daun-daun tanaman pak tani. Lebih dari itu, bahkan ada yang sampai phobia pada ulat. Sebegitu buruknya ulat hingga tiada yang mau menerimanya.

sastavyana blog's mengatakan...

Proses dari kepompong hingga menjadi kupu - kupu sangat lama dan melelahkan, sama seperti persahabatn.

Pertama - tama kita belum mengenal satu sama lain, bahkan sombong - sombongan, apalagi jaim - jaiman,,hingga menjadi persahabatan, dibutuhkan waktu yang relatif lama, dikarenakan proses pengenalan kriteria seseorang itu ga bisa kita ketahui dengan proses yang singkat,

Kedua, persahabatan tidak selamanya indah. Cobalah diamati bentuk kepompong. Apa bagusnya? Tetapi ketika dari ulat berubah menjadi kupu-kupua...alangkah indahnya bukan? Oleh karena itu keindahan dari persahabatan hanya akan dapat dirasakan setelah melewati masa-masa buruk. Persahabatn yang indah justru teruji dalam masa-masa sulit. "friend in need is a friend indeed"

sastavyana blog's mengatakan...

So, jika keluhan Bigmike benar bahwa dalam mengelola blog ini dia harus "jatuh bangun" tetapi tersu sendirian memerliahat blog maka....mungkin BM sedang mempraktekkan ilmu kepompong.."friend in need is friend indeed".

Lega nian udah ngulasi kepompong dan persahabatan.

johanes mengatakan...

@ Rekan sekerja Bigmike,

Salam dari Rawamangun. Syalom.

Johanes 1:5 "Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya"

Menurut saya itlah ayat emas yang bisa digunakan sebagai penopang pikirn bahwa hidup orang percaya haruslah menjadi sumber terang. Tuhan tahu bahwa tiap-tiap orang berbeda dalam memperoleh talenta. Banyak yang bertalenta luar biasa tetapi lebih banyak yang bertalenta biasa-biasa saja. Seperti lilin. Tetapi yang Tuhan mau adalah sekecil apapun terang yang yang kita punya hendaklah menyala lah.

Selamt HUT I blog BM. Saya sahabat baru. Barus sekitar 1 bulanan tetapi merasa bahwa blog ini baik. Amat baik. Keep on posting. Berbagilah cahaya terang.

Anonim mengatakan...

@ Bigmike "Ludji Michael Riwu Kaho",

Sebagai sahabat saya harus angkat topi atas keberhasilan BM membuat dan mengelola sebuah, 2 buah blog dengan sangat baik.

Blog BM rutin mengunjungi pembaca dengan posting yang mencerahkan dan menggambarkan sisi "ilsuf" seorang BM. Pembaca dan komentar banyak. Blog makati24 bahkan telah menjadi acuan bagi kawan-kawan di fakultas dan universitas dalam menambah media perkuliahan (e-learning).

Dua blog ini berhasil dengan baik dan saya kira kunci suksesnya adalah kreativitas BM + keuntungan karena bidang ilmu yang luas dan berpindah-pindah + hobi membaca.

Pertanyaan? dengan semua "modal" ini, kapan urus profesor? ha ha ha ha

Selamat. JBU (John, Oemasi)

alice mengatakan...

Hi, mo tau kekuatan sebuah persahabatan? Coba jawab pertanyaan pada quiz ini (lihat juga kuci jawaban dan aertinya)

Real friends make the world go around! Apakah kamu termasuk sahabat yang selalu ada disaat teman kamu memerlukan? Ataukah kamu hanyalah seorang sahabat yang berada disekitarnya saat dalam keadaan senang saja? Buktikan siapa diri kamu lewat kuis berikut!! Friend in need is a friend indeed!

alice mengatakan...

1. Apa yang terlintas dalam benak kamu ketika mengingat pemilihan tim basket saat zaman sekolah dulu?
a. Perasaan bahagia karena selalu dipilih jadi anggota pertama.
b. Rasa sedih karena dipilih terakhir.
c. Merasa sebenarnya dulu kamu bisa berbuat lebih baik dalam mengatur anggota tim.
d. Sejujurnya, kamu udah ngga ingat apa-apa lagi tentang masa sekolah kamu.

2. Kelompok social apa yang paling membuat kamu merasa diterima dan dihargai, sehingga membuat kamu merasa nyaman?
a. One-to-one relationships, kamu berdua bisa saling mengenal lebih dalam.
b. Yang bersifat santai, kelompok terbuka yang memiliki persamaan minat dengan kamu.
c. Kelompok tipe apa aja bisa membuat kamu senang. Kamu pun ngga keberatan jika harus sendirian.
d. Kombinasi antara kelompok besar dan kecil, dimana kamu bisa berdebat dan perbedaan yang ada semakin mempererat hubungan.

3. Teman kamu yang sedang sakit flu tinggal sendirian. Apa yang kamu lakukan?
a. Menanyakan kabarnya lewat telpon dan datang jika diminta.
b. Menawarkan diri untuk mengurusnya selama teman kamu sakit.
c. Tergantung, kalo teman kamu senang sendirian, biarkan saja. Tapi, kalo dia butuh teman, kamu dengan senang hati akan menemaninya,
d. Kamu ngga menghubungi teman kamu sampai dia sembuh. Kemudian, baru kamu menghiburnya.

4. Kamu udah punya rencana buat jalan bareng seorang teman cewe/cowo kamu di malam minggu. Tiba-tiba, cowo or cewe yang baru aja kamu kenal ngajak kamu kencan. Sikap kamu :
a. Setuju buat kencan dengan cowo/cewe itu, tetapi lain kali.
b. Setuju untuk kencan tapi sesuadah itu kamu menyesal. Kamu pun menelepon teman kamu dan berharap dia mengerti.
c. Meminta cowo/cewe itu buat ngajak temannya, sehingga kamu dan teman kamu bisa double date.
d. Bicara jujur dengan si cowo/cewe itu tentang rencana kamu. Jika ia mau bergabung, kamu akan meminta persetujuan teman kamu sebelum berkata ‘ya’.
e. Ngga ada yang harus dipusingkan. Seorang sahabat jauh lebih berharga dibandingan cowo/cewe yang belum jelas status dan prospeknya, kan?

alice mengatakan...

5. Buat keperluan kecil, seperti beli minuman atau makanan, kadang kamu meminjam uang teman kamu dulu. Tapi, akankah kamu meminjam dalam jumlah yang besar jika kamu terpaksa?
a. Ngga, malu thingy kalo orang lain sampai tahu kamu sedang mengalami kesulitan keuangan.
b. Kamu akan minta bantuan teman kamu, tapi sebelumnya kamu udah bilang kalo mereka bebas buat menolak permintaan kamu.
c. Tentu kamu akan meminjam dari teman kamu. Karena kamu tahu mereka rela meminjamkan uangnya.
d. Kamu membicarakan masalah kamu ini, tapi tidak meminta bantuan. Kamu membiarkan mereka yang memutuskan, apakah ingin menolong atau tidak.

6. Ada 1001 fungsi teman. Manakah yang terpenting buat kamu?
a. Perasaan dekat, kepercayaan, pengertian dan semangat yang mereka sediakan setiap kamu membutuhkannya.
b. Hari-hari bahagia yang kamu lewati jika bersama dengan mereka.
c. Hal-hal baru yang mereka bawa dalam kehidupan kamu. Rasanya menyenangkan jika kamu bisa tahu banyak hal yang tidak kamu alami sendiri.
d. Persahabatan yang awet membuat kamu lebih memahami makna nilai-nilai penting dalam hidup ini.

7. Gimana reaksi kamu saat seseorang membicarakan gossip tentang sahabat kamu?
a. Membela sahabat kamu dan langsung mengganti topik pembicaraan.
b. Kamu hanya tertawa dan bilang, “Wah, lucu banget!”
c. Marah dan pergi meninggalkan orang itu. Kamu ngga suka orang lain membicarakan hal-hal buruk tentang sahabat kamu.
d. Diam aja. Lagian, kamu kan udah tahu banget gimana kelakuan sahabat kamu itu.

8. Hal-hal apa yang bisa membuat hubungan kamu dengan seorang teman menjadi renggang?
a. Perdebatan tentang hal-hal yang prinsipil, seperti kejujuran atau agama.
b. Jika salah seorang dari kamu harus pindah ke tempat lain yang jauh.
c. Pengkhianatan, misalnya teman kamu berselingkuh dengan pacar kamu atau dia membicarakan keburukan kamu pada orang lain.
d. Ketika salah satu dari kamu menjalin persahabatan dengan yang lain.

alice mengatakan...

9. Kekasih dan sahabat kamu saling jatuh cinta. Apa reaksi kamu?
a. Suatu hari nanti, kamu pasti membalas kelakukan sahabat kamu itu.
b. Menyalahkan pacar kamu. Kalo dia ngga memulai, pasti hal itu ngga bakal terjadi.
c. Mencoba berpikir jernih. Jika berpikir dengan hati lapang, kamu bertiga masih bisa menjadi teman.
d. Merasa dikucilkan. Mereka tidak memperdulikan kamu lagi.
e. Sakit hati banget, tetapi kamu berusaha memahaminya karena kamu menyayangi keduanya.

10. Apa yang membuat hubungan kamu dengan sahabat berbeda dengan hubungan dengan kekasih kamu?
a. Hubungan cinta lebih eksklusif dan menuntut lebih banyak pengorbanan.
b. Persahabatan bisa berlangsung seumur hidup. Hubungan cinta juga bisa, tapi jarang sekali.
c. Teman kebanyakan berjenis kelamin sama dengan kamu, sedangkan kekasih dari yang berlainan jenis.
d. Ngga ada bedanya. Hanya saja, hubungan cinta itu bermula dari ketertarikan secara fisik.

11. Kategori teman apa aja yang kamu punya?
-Sepuluh tahun lebih muda/lebih tua dari kamu.
-Rumahnya sekitar 150 km dari rumah kamu.
-Udah kamu kenal lebih dari 5 tahun.
-Udah kamu kenal lebih dari 10 tahun.
-Tinggal di luar negeri.
-Selalu bertemu secara teratur, paling banyak sekali setahun.
-Mantan pacar.
-Teman dari mantan pacar.
-Saudara dari mantan pacar kamu.
-Berbeda bangsa.
-Berbeda kelas sosial.
-Berbeda bahasa.
Pilihlah berapa banyak yang kamu punya :
a. Sembilan atau lebih.
b. Enam sampai delapan.
c. Lima atau enam.
d. Lima atau enam di enam kategori pertama.

12. Seorang kawan menceritakan kisah memalukan tentang diri kamu di depan teman baru kamu. Reaksi kamu?
a. Kesel banget dan memutuskan buat ngga berteman lagi dengannya.
b. Segera mengubah topik pembicaraan.
c. Mulai saat itu kamu memutuskan untuk memisahkan yang namanya teman pribadi dengan teman yang hanya kamu kenal selewat aja.

alice mengatakan...

SKOR KAMU :

1. a-2 b-1 c-3 d-4

2. a-1 b-2 c-4 d-3

3. a-3 b-1 c-4 d-2

4. a-4 b-0 c-2 d-3 e-1

5. a-2 b-4 c-1 d-3

6. a-1 b-2 c-3 d-4

7. a-3 b-2 c-1 d-4

8. a-3 b-2 c-1 d-1

9. a-2 b-2 c-3 d-1 e-4

10. a-1 b-4 c-2 d-3

11. a-4 b-3 c-2 d-1

12. a-1 b-2 c-4 d-3

alice mengatakan...

Nah, sekarang liat total skor kamu dan maknanya..yyyuuuuukkkk...

KURANG DARI 15
THE ANYTHING FOR FRIENDS KINDA FRIEND
Buat kamu persahabatan sangatlah penting. Makanya kamu rela melakukan banyak pengorbanan. Dalam hubungan pertemanan, kamu banyak menuntut kedekatan dan keintiman dari sahabat. Hal ini bisa menimbulkan sakit hati dalam diri kamu karena ngga semua orang bisa memenuhi kebutuhan itu, walau teman-teman kamu sangat menghargai kehangatan dan perhatian kamu terhadap mereka. Oleh karena itu, mulailah mengurangi pengharapan kamu yang terlalu besar terhadap perhatian dari orang lain. Dengan berbuat kebaikan secara spontan, kamu juga akan mendapatkan balasan yang spontan dan kamu pun bakal memperoleh lebih banyak kebahagiaan.

16 HINGGA 26 POIN
THE NO HARD FEELIN’ KINDA FRIEND
Tipe persahabatan kamu seperti yang dimiliki para cowo. Kamu butuh teman, tapi ngga bergantung pada mereka. Namun, jika kamu memilih jawaban A pada pertanyaan pertama, kemungkinan besar kamu sudah siap berhadapan dengan orang-orang yang banyak meminta perhatian dan bantuan. Dalam kehidupan sosial, mungkin kamu selalu memiliki teman, tapi hampir tidak ada yang menjadi sahabat sejati. Sekali-sekali cobalah bayangkan apa aja yang membuat teman kamu bahagia dan apa yang sedang mereka pikirkan. Dengan menyelami perasaan mereka, kamu akan lebih menghargai persahabatan.

27 HINGGA 36 POIN
THE FUN KINDA FRIEND
Kamu udah berhasil menciptakan persahabatan dengan kadar keterikatan yang pas. Semua orang butuh setidaknya seorang teman seperti kamu, karena kamu benar-benar menerima teman seperti apa adanya dan selalu bisa berkata jujur pada mereka. Jika kamu bijaksana dan pandai, maka persyaratan menjadi teman tak ternilai di saat susah, sudah terpenuhi. Tapi, kemungkinan besar kamu bukanlah orang yang dapat membantu teman yang ngga PD (percaya diri) atau yang selalu berubah pendapat. Mengapa? Karena memberi kehangatan dan simpati bukanlah keahlian kamu. Kalo kamu menjawab E untuk pertanyan no. 9, sepertinya kamu memang hampir ngga peduli terhadap ikatan.

LEBIH DARI 36 POIN
THE FRIEND INDEED
Congratulation! Kamu memang teman sejati yang dicari semua orang. Tidak menghakimi tapi tetap peduli; selalu ada sisi teman tapi tidak mengganggu; simpatik tapi tetap punya pandangan sendiri tentang suatu masalah. Kamu tahu dimana posisi kamu sebagai teman dan sangat menikmati hidup, bahkan saat sedang sendirian. Kamu tidak berhubungan dengan orang lain karena keuntungan yang bisa didapat dari mereka atau karena dalam keadaan terpaksa. Jika kamu bersikap dermawan dan penuh toleransi terhadap kekasih kamu, berarti kamu memang orang yang berhati mulia.

alice mengatakan...

At least, Sahabat sejati mungkin akan sangat jarang sekali didalam dunia yang sangat haus akan kompetisi, tapi jangan pesimis. Bagaimana kalau kamu memulai di diri kamu dulu untuk menjadi seorang sahabat yang baik?

alice mengatakan...

eh iya,

BM and all, gw komen pake nama web gw......orangnya sih, masih gw juga. Byeeee... (Elizahayu)

Anonim mengatakan...

Woooiiii eliz....skor gw 36...tapi gw malah sering nyakitin temen..ah...ga bener nih koncia jawabannya kaleeeee...wakakakakakakekekeikikiki...
..kaco deh.....eh...kerja lageeee....
wuuuiihh...(Proxy73)

joe mengatakan...

seperti lagunya witney:
I'm like the candle in the dark ..