Selasa, 17 Februari 2009

"too much love will kill you" (bryan may): berbahayakah cinta?

Dear sahabat blogger,

Dalam beberapa hari belakangan, selain disibukan urusan mempersiapkan 40-an hari "keberangkatan" Ibunda saya ke "negeri abadi" saya juga, dalam kapasitas sebagai Ketua Umum Forun Daerah Aliran Sungai NTT, bersibuk ria menerima kunjungan studi banding sahabat-sahabat dari Aceh.Tentang hal ini, akan saya tulis dalam posting berikutnya. Oleh karena itu tentang hal-hal di luar itu agak terabaikan. Termasuk terhadap permintaan beberapa sahabat agar saya memberi apresiasi tersendiri terhadap perayaan hari Valentine. Hari Raya Cinta Kasih. Alasannya sangat simpel, yaitu karena misi blog ini juga menggunakan afeksi cinta.

Tentang hal ini, hmmhhhh.....jawab saya adalah '....... jauh sebelum orang bersibuk ria dengan hari Valentine, saya sudah berbicara teramat kerap tentang cinta. Lihatlah arsip-arsip posting jika tidak percaya. Naaaaaahhhhh ..... iya kaaaaaa?????? ..... ha ha ha ha .... Jadi, jikalau dalam posting kali ini saya kembali berbicara tentang cinta, tidaklah pertama-tama untuk hari Valentin melainkan ... lihatlah ruang di samping kanan posting ini. Ada info tentang telah terbitnya sebuah buku baru yang berjudul: diary playgirl kambuhan karangan Joshua Riwu Kaho. Ahaaaa....ada kata "Riwu Kaho" di situ. Dan, anda benar si pengarang ini memang punya hubungan DNA dengan saya. Dia adalah keponakan saya yang tinggal di Jogja bersama Ibunya yang adalah saudari perempuan saya, Paulina Hege. Saya cuma dikabari tentang telah terbitnya buku ini tetapi tidak punya info apapun tentang isi buku ini. Sudah barang tentu melihat labelnya yang teenlite itu tampaknya buku ini memilih segmen remaja sebagai pembaca. Saya memang remaja tetapi itu dulu.....30 tahun yang lalu ha ha ha ha. Oleh karena itu, bukan tentang isi buku itu saya ingin berbagi melainkan tentang hal ini: playgirl. Apa ada masalah tentang ini? Mungkin bagi yang lainnya tidak tetapi bagi saya ada, yaitu kata ini erat bertalian dengan sikap yang kurang "bertanggungjawab". Berikut ini penjelasannya.

Cinta pada dasarnya adalah afeksi positif manusia, yaitu suatu sikap afeksi manusia yang keluar dari dirinya (sebagai subyek) dan mengarah kepada sesuatu (obyek) yang dianggapnya baik. Afeksi benci adalah sebaliknya, yaitu sesuatu yang keluar dari manusia yang mengarah kepada subyek yang dianggapnya jelek. Dengan demikian, apakah fenomena playgirl/playboy adalah ungkapan kebencian dan oleh karena itu kurang "bertanggungjawab"? Nanti dulu. Sabar. Saya masih akan menjelaskan sesuatu sebelum saya simpulkan. Ikuti saja perlahan-lahan. Dalam mengungkapkan cinta, ternyata ada dua sikap afeksi, yaitu cinta utilaris dan yang lainnya adalah cinta kebaikan hati (amour desinteresse). Dikatakan sebagai cinta utilaris jika pernyataan cinta itu bersifat mengindahkan kepentingan diri sendiri. Saya mencintai karena karena anda berharga bagi saya. Selanjutnya, akan dikatakan sebagai cinta kebaikan hati jika cinta yang dinyatakan itu bersifat tanpa pamrih dan bersedia berkorban. Saya menicintai engkau meskipun engkau tidak menganggap saya penting. Bahkan ketika engkau membenci saya. Apakah cinta utilaris kurang berharga dibandingkan cinta kebaikan hati? Sepintas jawabannya adalah yes, absolutely tapi....heeeeiiiittttt...nanti dahulu....bagaimana dengan orang-orang yang mencinta alam, bunga, binatang-binatang dan atau benda-benda tertentu? Jika begini maka harap jangan buru-buru mengambil kesimpulan. Ada satu hal lagi yang mau saya katakan.

Ketika mengatakan tentang cinta kebaikan hati, saya menyebutkan secara eksplisit sebuah kata, yaitu kebaikan. Pertanyaannya adalah apakah itu kebaikan? Terdapat 3 jenis afeksi kebaikan, yaitu bonum utile (sesuatu baik karena berguna). Saya mencintai anda karena anda bisa melayani saya akan suatu keperluan. Lalu, bonum delectabile (sesuatu baik karena enak atau menyenangkan). Saya mencintai anda karena anda memberikan kesenangan dan kesukaan bagi saya. Dan, yang terakhir adalah bonum honestum (sesuatu baik karena pantas). Saya mencintai anda karena memang pantas untuk dicintai terlepas dari kegunaan dan atau kesenangan yang dapat diberikan anda ke pada saya. Pengertian pantas pada bonum honestum bukalah kepantasan sembarangan kepantasan tetapi kepantasan yang bersifat Ilahi. Maka kepantasan di bonum honestum erat terkait dengan kehidupan, cinta kasih, ketulusan, kebenaran, kebaikan, dan keadilan. Kepantasan adalah mutlak dan karena manusia adalah makhluk relatif maka tahulah kita bahwa ukuran semua nilai mestilah berangkat dari sifat -sifat Ilahi yangt berasal dari sang Mutlak. Oleh karena itu, kita tidak mungkin benar mutlak karena kita bukan si Mutlak. Kita tidak mungkin adil karena kita bukan sanga Maha Adil. Ukuran kepantasan adalah ukuran Ilahi bukan ukuran saya, anda, dia dan kita semua. Bisakah kita mencinta dengan cara ini? Tidak mungkin tetapi kita dapat, dan harus, berusaha makin hari makin makin mendekati cara mencintai yang ilahi. Cara mencintai yang sempurna.

Maka, dapatkah seorang playboy dan atau playgirl berhak mengatakan cinta? Sudah barang tentu jawabnya adalah: YeS. Tetapi apakah pantas? Mencintai banyak-banyak obyek sekaligus, berbagi hati secara berkerumun pada banyak obyek sekaligus dan mengatakan itu pantas? Sulit dimengerti. Adil? Sulit dibilang seperti itu. Maka, mencintai dalam pola playboy dan atau playgirl adalah mencintai yang sama sekali tidak pantas. Mengapa? Karena cinta potongan begini mudah membawa pada kebencian. Di satu pihak cinta adalah merangkum semua dan di lain pihak cinta rangkap adalah memecah-mecah hati. Saya tegaskan, cinta begini belum memenuhi persyaratan bonum honestum. Siapa yang bertanggung jawab terhadap kehancuran hati? Mencinta dengan cara "main borong" bukanlah cinta melainkan benci. Dan ini: BERBAHAYA.

Jangan bermain-main dengan cinta karena cinta laksana api. Menyenangkan ketika kecil dan terkendali tetapi akan menghanguskan ketika meliar dan tak terkendali. Cinta yang meliar adalah kebencian dan...... heeeiiiii ...... Cinta yang berubah menjadi kebencian adalah api liar yang akan membakar dan menghanguskan. Ketika itu terjadi maka tak ada lagi cinta. Yang tersisa adalah abu yang akan segera ditiup angin. Nyaris tak bersisa.

Click judul lagu di bawah ini dan dengarkan apa kata Bryan May, gitaris Super Group The Queen, tentang cinta yang berlebihan dan liar.


Tabe Tuan Tabe Puan

108 komentar:

Bigmike mengatakan...

Dear sahabat blogger,

Hanya ini yang dapat saya tulis dan posting saat ini. Lebih dan kurangnya saya mohon dimaafkan. Terima kasih. GBU

Anonim mengatakan...

wakakakakakeekekekek....bgimike searang udah jadi doter cinta....eeeeeiiitttttt....ini bukan "pelecehan model DPR - Pertamina" tapi...gw kagum nih...

Posting yang bagus dengan referensi yang dah langka. Thanx ya bosZ (Proxy73)

Anonim mengatakan...

Hhhhmmmm...bagaimana denga pendapat gw nih....


..... "Janganlah kamu terlalu cinta kepada seseorang secara berlebihan, karena mungkin saja suatu saat nanti orang tersebut menjadi orang yang paling kamu benci dan janganlah kamu membenci seseorang secara berlebihan, karena mungkin saja suatu saat nanti dia akan menjadi orang yang kamu cintai” .....

So, intinya bersikaplah apa adanya dan jangan terlalu berlebihan....(Proxy73)

Anonim mengatakan...

EmM…
EmanG BeNer Law TerLaLu CinTa BiSa BiKin Qta JaDi BeRanTaKan…
GaRa2 CinTa OraNg BiSa BunuH diRi…

Kya’ LaGu D’MaSiv Aja…
CinTa iNi MeMbuNuh Ku….

^o^ //Pritha//

Anonim mengatakan...

wooiii eneng Pritha. sumpe abieesssss....gw ga PB....gw tipe setia kok...boleh dijajal ..wakakakakakakekekekikkikik....
...oleee...oleeeee...setia.....(Proxy73)

Anonim mengatakan...

Tuh kan Dari dulu ane dah curiga, kalu Proxy nongol entar pasti ada Pritha, gicu juga sebaliknya! wah jangan2, jangan2 nihh he..he..he..

(Suto Sinting)

Anonim mengatakan...

iccchhh....ga laaaahhh...masih banyak yg waras....ha ha ha ha ha...
ga marah kan tuan gendeng?????? //Pritha//

Anonim mengatakan...

EH ada bang Suto...tttttolllllooooooong bang.....ada PB cak kawat nicccccccchhhh......ha ha ha ha //Pritha//

Anonim mengatakan...

sor.....si Proxy is PB cap kawat....ha ha ha ha //Pritha//

Anonim mengatakan...

Lho si pritha tu memang asli waras kok!! summpppeee dah!! kalo cinta bilang aja, tak usah diempet kaya kentut bang proxx!!

(Suto S)

Anonim mengatakan...

Ohh maksud neng proxy tu PB nggak pake cawat gicuu!!

(SS)

Anonim mengatakan...

hi hi hi hi hi hi....si Pritha ga kenal ajah....gw penganut bonum honestum....p'cya dech....ha ha ha ha (Proxy73)

Anonim mengatakan...

bang suto,

ga usah ditanggepin...si eneng cuman lagi JM...jual mahal...wuaaaakakakakakekekekikikik....(Proxy73)

Anonim mengatakan...

he he he he....sore yang kacau nich....bm tolongin gw dooooong.....ada makhluk-makhluk berbahaya nichhhhhh.ha ha ha ha...//Pritha//

Anonim mengatakan...

eh, gw suka banget ma lagu ini.....//Pritha//

Anonim mengatakan...

gw juga suka lagu bryan may...cucccooookkk khan...wakakakkekekek...emangnye kita chowok apaan...ha ha ha ha ha ha....ah sore yg menyenagkan...he he he he...bang suto en eneng geulis...gw off yeee......bye...(Proxy73)

forum mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
forum mengatakan...

Masih lelah bos? he he he he cool sajalah. Tidak usah terlalu serius, begitu kan? ha ha ha ha

Yang penting acara sudah selesai. Kita tidak memalukan dan tamu dari Aceh memberi apresiasi yang tinggi terhadap kinerja pak Bosz dan seluruh Tim. Bravo

forum mengatakan...

Kami juga inging berpendapat tentang cinta yang berlebihan - dan harus diakui - yang bisa mematikan.

Cinta ini setua umur manusia. Cinta terus ada sampe sekarang, bahkan sangat boleh jadi hingga akhir dunia ini. Cinta boleh dibilang everlasting alias akan ada terus selama kehidupan masih berlangsung di dunia ini. Selalu enak dibicarakan dan asyik ditulis.

Makanya pak Mike juga menulis tentang cinta ha ha ha ha

forum mengatakan...

Cinta memang selalu menyita perhatian kita. Ada di antara kita yang kemudian bahagia dengan cinta, tapi tidak sedikit yang merana karena cinta.

Itu sebabnya, wajar juga kalo novelis Mira W pernah menyampaikan dalam sebuah novelnya: “Kita boleh hidup dengan cinta, tapi jangan mati karena cinta”.

Saya kira Mira W menuliskna begitu karena banyak juga manusia yang terbius cinta (khususnya cinta kepada lawan jenis, harta, dan juga jabatan) hingga lupa segalanya. Sebab, yang ada dalam benaknya hanyalah cinta, cinta, dan cinta.

Inilah cinta yang berlebihan. Mereka lupa bahwa dalam pengertian bonum honestum, cinta adalah nilai-nilai kebaikan. Orang-orang yang mabuk cinta, karena menikmatinya secara berlebihan pastilah bakal sengsara karena pada akhirnya cinta itu akan "membunuh"nya.

Hormat kami

forum mengatakan...

sekarang cobalah ukur seberapa playboy atau playgirl pasangan kita (saya kutip dari kompas.com)

Mungkin Anda merasakan ada yang ganjil dari tingkah laku si dia. Bisa saja dari kebiasaannya lembur hingga jauh malam, atau cara dia menatap sahabat wanita Anda. Perlu disadari, pria memiliki cara-cara yang khas dalam berkomunikasi dengan perempuan. Khusus pria bertipe playboy akan mengatakan hal-hal yang ingin Anda dengar, walaupun tidak sepenuhnya yang dia katakan itu benar dan jujur. Oleh karena itu, bila ingin tahu apakah dia termasuk tipe playboy atau bukan, jawablah kuis berikut.

1. Anda sedang berkencan dan pesan singkat (SMS) di ponselnya berbunyi. Apakah dia akan membacanya di depan Anda?
a. Pasti, selalu.
b. Kadang-kadang, tetapi cepat-cepat.
c. Dia tidak akan membacanya di depan saya.
d. Siapa yang akan mendengar bunyi SMS di keramaian?

2. Bangun pagi, di hari Minggu, waktu yang tepat untuk fitness. Ketika Anda mengajaknya pergi, dia:
a. Mematikan telepon dari Anda dan tidur lagi.
b. Tidak mandi, hanya menyemprotkan minyak wangi secukupnya ke tubuhnya.
c. Mandi "koboi", menyemprotkan sedikit minyak wangi, lalu menyambar topinya.
d. Mandi, menyemprotkan minyak wangi, dan berpenampilan rapi.

3. Sambil bercanda, dia mengatakan, "Pasti seru, ya, kalau punya pacar 2 sekaligus. Eh, aku cuma bercanda, lo!"
a. Betul
b. Salah

4. Anda bertemu dengan teman-teman dekatnya dan Anda menyapa mereka. Mereka:
a. Mengatakan, "Kami sering mendengar cerita tentang kamu!"
b. Mengalihkan pandangannya.
c. Menggoda teman kencan Anda dan mengatakan dia tidak cocok untuk Anda.
d. Mengedipkan mata dan mengatakan kepada Anda, "Hati-hati, ya, sama dia!"

5. Bagaimana dia mengakhiri email yang ditujukan pada teman-teman wanitanya?
a. "Salam"
b. "Salam kangen"
c. "Sampai nanti!" (Ditambah dengan gambar yang tersenyum).
d. Tidak mencantumkan namanya.

6. Bila dia sedang keluar kota untuk tugas kantor, dia hampir tak pernah menjawab telepon Anda pada malam hari.
a. Betul
b. Salah

7. Apakah dia sering memuji teman-teman wanita Anda?
a. Ya, mulai dari rambut sampai warna lipstik.
b. Memperhatikan payudara atau betis mereka.
c. Hanya bila Anda mengatakan padanya bahwa mereka mengenakan baju baru.
d. Tidak. Dia justru melontarkan pujiannya untuk Anda.

forum mengatakan...

Inilah jawaban, nilai dan arti dari hasil isian di atas:

JAWABAN YANG BENAR:
1. c.
2. d.
3. a.
4. d.
5. b.
6. a.
7. b.

NILAI & ARTI:
0-1 poin:
Dia adalah orang yang tepat bagi Anda. Anda tidak perlu khawatir akan tindak tanduknya. Mau membuat dia lebih hangat? Setiap hari sapa dia dengan kata-kata yang manis yang membuatnya makin mengasihi Anda.

2-4 poin:
Dia termasuk tipe yang sedang dalam taraf memilih. Memang dia menyukai Anda tetapi jangan terlalu mudah terpedaya dengan rayuannya. Curiga dia berselingkuh? Hadapi dia hanya bila Anda betul-betul siap untuk mendengar jawabannya. Bisa saja dia langsung berterus terang, tapi bisa juga dia menunggu waktu yang tepat untuk memutuskan hubungannya dengan Anda bila dia telah mendapatkan wanita yang tepat untuknya.

5-7 poin:
Sebaiknya akhiri hubungan Anda dengannya. Dia tidak akan terbuka kepada Anda mengenai kehidupannya. Matanya yang jelalatan tidak dapat menutupi sifat genitnya. Anda tidak akan pernah dapat mengubahnya. Bila Anda menginginkan hubungan yang serius, tinggalkan dia. Hindari konfrontasi yang dramatis. Baginya berkencan merupakan permainan yang mengasyikkan.

forum mengatakan...

Karmana pak Bosz? Termasuk kelompok "yang tidak beranggung jawab" ko sonde ha ha ha ha ha....

Selamat malam

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Dalam puisi ini terdapat nilai-nilai dari bonum honestum.

Tanya Sang Anak

Konon pada suatu desa terpencil
Terdapat sebuah keluarga
Terdiri dari sang ayah dan ibuSerta seorang anak gadis muda dan naif!
Pada suatu hari sang anak bertanya pada sang ibu!Ibu!
Mengapa aku dilahirkan wanita?Sang ibu menjawab,
"Kerana ibu lebih kuat dari ayah!
"Sang anak terdiam dan berkata,"Kenapa jadi begitu?
"Sang anak pun bertanya kepada sang ayah
!Ayah!
Kenapa ibu lebih kuat dari ayah?
Ayah pun menjawab,"Kerana ibumu seorang wanita!!!
Sang anak kembali terdiam.
Dan sang anak pun kembali bertanya!
Ayah!
Apakah aku lebih kuat dari ayah?
Dan sang ayah pun kembali menjawab," Iya,
kau adalah yang terkuat!"
Sang anak kembali terdiam dan sesekali mengerut dahinya.
Dan dia pun kembali melontarkan pertanyaan yang lain.
Ayah!
Apakah aku lebih kuat dari ibu?
Ayah kembali menjawab,"Iya kaulah yang terhebat dan terkuat!
""Kenapa ayah, kenapa aku yang terkuat?
" Sang anak pun kembali melontarkan pertanyaan.
Sang ayah pun menjawab dengan perlahan dan penuh kelembutan.
"Kerana engkau adalah buah dari cintanya!
Cinta yang dapat membuat semua manusia tertunduk dan terdiam.
Cinta yang dapat membuat semua manusia buta, tuli serta bisu!
Dan kau adalah segalanya buat kami.
Kebahagiaanmu adalah kebahagiaan kami.
Tawamu adalah tawa kami.
Tangismu adalah air mata kami.
Dan cintamu adalah cinta kami.
Dan sang anak pun kembali bertanya!
Apa itu Cinta, Ayah?
Apa itu cinta, Ibu?
Sang ayah dan ibu pun tersenyum!
Dan mereka pun menjawab,"Kau, kau adalah cinta kami sayang.."

~ Khalil Gibran ~

Anonim mengatakan...

yacccchhhh.....ane (Ryan)

sastavyana blog's mengatakan...

@ Bigmike,

Posting yang mencerahkan. Gw lagi mandeg nulis posting. Apalagi BM yang biasanya menginspirasi belakangan lebih sibuk memindahkan tulisan dari satu blog ke blog yang lainnya. Semakin kehilangan patron dech...

Thanx ya atas posting ini. Amat bagus. Pengen copy paste. Boleh nggak?

sastavyana blog's mengatakan...

@ Ryna,

Puisi dari khali gibran itu bagis banget. GW juga punya kumpulan puisi KG dan ada nuansa bonum honestum yang amat kuat di sini. Bahkan posting ini pernah diakui oleh Ebiet G ADE sebagai ciptannya dan dinyanyikannya.

Nanti gw posting dan dicar-cari pada bait mana si Ebiet "nyuri" ya...he he he he he

sastavyana blog's mengatakan...

Jalan Cinta -
by Khalil Gibran

Untuk anak-anakku,
Yang sedang bertanya-tanya
Tentang masa depan yang tersembunyi dan terbayang begitu jauh
Berharap-harap tentang hidup yang sedang dan akan dihadapinya
Anak-anakku,
yang sedang mencari keyakinan jiwa
Terhadap jiwa lain yang menjadi pasangan jiwanya
Anak-anakku,
Yang sedang gelisah
Menjalani hidup yang penuh ketidakpastian
Dan godaan-godaan yang memberatkan
Anak-anakku,
Yang semakin dewasa
Dan penuh dengan beban tanggungjawab kehidupan
Aku berdoa untuk kalian
Ya Allah,
Karuniakanlah kebajikan dan keteguhan hati kepada mereka
Jiwa-jiwa yang sedang tumbuh dewasa
Bersihkanlah jiwa mereka
Masukkanlah mereka dalam lindunganMu dan pemeliharaanMu

Anakku,
Pada mulanya engkau dan dia bertemu dalam ketidaksengajaan
Karena sejak mulanya adalah engkau dan dia dipertemukan
Oleh Tangan Gaib yang mengatur kehidupan
Dan sejak engkau bertemu lelaki bermata kuat
Dengan tatapannya yang tajam
Ada yang tersentak dari dalam dadamu
Engkau sering menyendiri duduk dalam gelap
bersenandung nyanyian kasmaran
Dan tersenyum entah untuk siapa
Nampaknya engkau tengah mabuk kepayang
memahat langit dengan angan-angan
mengukir malam dengan bayang-bayang
Jangan hanya diam engkau simpan dalam duduk termenung
Malam yang engkau sapa lewat tanpa jawab

Bersikaplah jujur dan terbuka
Tumpahkanlah perasaan yang sarat dengan cinta yang panas bergelora
Barangkali takdir tengah bicara
Telah datang seorang lelaki diperuntukkan buatmu
Dan pandangan matanya memang khusus buatmu
Mengapa engkau harus sembunyi dari kenyataan
Cinta kasih sejati kadang datang tak terduga
Bergegaslah bangun dari mimpi
Atau engkau akan kehilangan keindahan yang tengah engkau genggam
Anggap saja takdir tengah bicara
Ia datang dari langit buatmu dan pandangan matanya khusus buatmu

Engkau akan segera menyadari
Keadaannya tidaklah jauh berbeda
Takdir tengah bicara kepadanya
Ada yang tersentak dari dalam dadanya
Sejak ia bertemu denganmu gadis bermata lembut
Dan tatapanmu yang sejuk
Ia mengasingkan diri dari keriuhan
Merenungi keajaiban ruhaniah yang menggetarkan jiwanya
Bermalam-malam lewat tanpa jawab
Berharap-harap ia bertemu lagi denganmu
Menyusun angan-angan duduk berdua di bawah pohon cemara
Dan bercerita tentang sepasang burung yang bercumbu di atas dahan
Ia menyematkan kembang di rambut telinga kananmu

Lalu waktu yang engkau dan dia bayangkan pun tiba
Engkau bertemu dengannya berdiri di dekat duduknya
Tetapi ia hanya duduk terdiam
Engkaupun hanya berdiri terpaku berharap-harap
Ia berdiri mendekat ke hadapanmu dan menyapamu
Angin dan daunan dan waktu bercanda menunggu
Tetapi engkau dan dia tidak beranjak menyambut suara alam
Yang mengabarkan harapanmu terhadapnya
Dan mengabarkan hasratnya terhadapmu
Keraguanlah yang menyelimuti langkahmu
Engkau ragu keliru memahami pandangan matanya
Ketakutanlah yang menyelubungi langkahnya
Ia takut menemui kenyataanmu yang berbeda
Waktu berlalu dan engkau dan dia berlalu

Sejak ia berlalu dari hadapanmu
Sepi menggelayut di dalam dadamu dan rindu bayang-bayangnya
Sejak engkau berlalu dari hadapannya
Di dadanya bergelayut sepi dan rindu bayang-bayangmu

Engkau dan dia memang tidak seperti kanak-kanak lagi
Kanak-kanak tidak pandai berdusta apalagi terhadap perasaan di dada
Kanak-kanak yang begitu jujur tentang apa yang disukainya atau
dibencinya
Dan disampaikannya dengan tanpa beban
Sedang engkau menyembunyikan darinya
Perasaanmu yang bergelora
Dan dia menyembunyikan darimu
Hasratnya yang membara
Kedua-duanya bersembunyi dibalik harga diri

Mengapa engkau dan dia tidak bersegera mengikuti panggilan jiwa
Yang disatukan Tangan Gaib dalam cinta
Anugerah yang mengejawantah dalam dirimu dan dirinya
Pabila cinta telah memanggilmu ikutilah jalannya
Meski dibalik sayapnya yang anggun
Tersimpan pedang tajam melukaimu
Yakinlah anugerah gaibNya akan membimbing engkau dan dia
Dalam perjalanan yang menggembirakan betapa pun jauhnya

Apabila anugerah cinta telah melingkupi jiwamu dan jiwanya
Maka atas kehendakNya engkau dan dia akan dipertemukan
Betapapun engkau tidak menginginkan
Atau dia tidak menghendaki
Apabila hanya hasrat dan gelora nafsu yang melingkupi jiwamu dan
jiwanya
Maka atas kehendakNya engkau dan dia akan dipisahkan
Betapapun engkau ingin menemukannya
Atau dia ingin menemukanmu
Sesungguhnya atas kehendakNyalah engkau dan dia dipertemukan atau
dipisahkan

Nampaknya kegelisahanmu dan hasratnya
Hendak dipertemukan olehNya dalam cinta
Sehingga waktu membuatmu sering berhadapan dengannya
Dan ruang sering menempatkannya di dekatmu
Lalu engkau dan dia menjadi lebih mudah berbicara
Dan mendekatkan jiwamu dengan jiwanya
Sampai tiba waktu yang engkau dan dia tunggu
Benih yang dianugerahkan untukmu dan untuknya
Telah mulai bersemi dan tumbuh sebagai pohon cinta dengan cepatnya
Kalian menjadi sepasang kekasih yang saling mengikat janji setia

Sepasang kekasih saling menumpahkan perasaan
Mengikat waktu dengan memadu rindu
Saling bercerita tentang kegembiraan
Saling bercerita tentang kesedihan
Saling membagi tentang harapan dan beban
Memupuk pohon cinta dengan terbuka
Kepercayaan dan keikhlasan tentang hidup yang nampak atau tersembunyi
Memberikan dengan segala kerelaan kesempatan dan dukungan
Meminta dengan lembut pembelaan dan perlindungan
Memberikan pengertian dengan sepenuh hati dan pikiran

Sepasang kekasih saling menjaga dan memelihara
Karena ada kalanya di tengah waktu
Datang masa-masa yang mengganggu dan membingungkan
Menjadi masalah dan kemarahan
Lalu seperti kanak-kanak kalian saling membenci
Tentang keadaannya yang tidak engkau inginkan
Tentang keadaanmu yang tidak dia inginkan
Lalu seperti kanak-kanak kalian saling berdiam
Tentang ketidakmengertiannya terhadap keinginanmu
Tentang ketidakmengertianmu terhadap keinginannya
Anugerah cinta, harapan dan kedewasaan yang membimbing kalian
Membawamu kembali mendekat kepadanya
Membawanya kembali mendekat kepadamu
Lalu kalian saling bercerita
Tentang pemeliharaan dan penjagaan sepasang kekasih
Lalu kalian saling mengingatkan tentang pohon cinta yang kalian
ikrarkan

Di sepanjang perjalanan selalu datang kabut
Mengaburkan pandangan dan menghalangi tujuan hidup
Kekuatanmu dan kekuatannya dan anugerah cinta yang dapat
membersihkannya
Maka hanya kepadaNya berlindung dan berserah diri
Sepasang kekasih memohon penjagaan dan pemeliharaan
Sepasang kekasih memohon limpahan kasih sayang

Pohon cinta tumbuh subur dan semakin dewasa
Akarnya semakin kuat dan pokoknya semakin kokoh
Daunnya semakin rimbun meneduhi
Pohon dewasa yang siap berbunga dan berbuah
Dalam jiwamu mulai tumbuh perasaan-perasaan baru
Tentang tujuan dan harapan pohon cinta
Akankah ini berbunga dan berbuah dengan lebatnya
Engkau menjadi putik benih bagi hidup baru
Dan dia menjadi sari menghidupkan benih
Dalam jiwanya mulai tumbuh gagasan-gagasan baru
Tentang kedewasaan pohon cinta dan tujuan dan harapannya
Akankah ini berbunga dan berbuah dengan lebatnya
Akankah dia menikmatinya bermusim-musim

Malam-malam berlalu tanpa jawab
Kegelisahanmu dan kegundahannya dipertemukan dalam diam
Engkau tidak tahu bagaimana memulai kata ungkapan tentang perasaanmu
yang baru
Dia tidak tahu bagaimana menceritakan gagasannya yang baru
Kedewasaanmu dan kedewasaannya mendapat ujian
Menghadapi kenyataan dengan terbuka dan jujur
Bermalam-malam berlalu dengan doa
Engkau dan dia berdoa
Ya Allah,
Bersihkanlah diriku, jernihkanlah pikiranku, beningkanlah hatiku
Tunjukkanlah kepadaku keyakinan yang benar
Pilihkanlah bagiku asal yang baik dan akhir yang baik

Sampai tiba waktunya
Engkau dan dia dikuatkan
Saling membuka dan bercerita tentang hal yang sama
Dan kalian saling tertawa tentang kekakuan beberapa masa sebelumnya
Kalian saling memantapkan harapan dan tujuan
Kalian saling mengingatkan tanggungjawab dan kenyataan hidup
Kalian saling setuju hidup bersekutu

Maka atas KehendakNYa kalian dipersatukan
Atas NamaNya kalian menjadi Suami Istri dengan kasih sayang
Berjanji saling menjaga dan mengingatkan tentang kebaikan
Saling melindungi dan mendukung dalam kehidupan
Dan hidup menjadi lebih nyata dan membahagiakan

Begitulah kalian menjalani hidup bersekutu
Bulan-bulan berlimpah kegembiraan dan kesenangan
Memadu kasih dengan bahagia tanpa kesedihan dan kegelisahan
Seolah-olah hanya kalian berdua yang ada di dunia
Lalu waktu berjalan semakin panjang
Dan hidup menjadi semakin nyata
Keriuhan dan gejolak hidup menampakkan wujudnya

Engkau mengandung anakmu yang pertama
Lalu seperti mendapat jiwa lain bersemayam dalam tubuhmu
Engkau dan dia merasakan ikatan yang batin
Suamimu bergembira dan menjadi semakin dewasa
Sembilan bulan engkau menjaga anak dalam kandunganmu
Dengan susah payah yang bertumpuk
Ada kalanya engkau menyimpan marah dan kesal
Ada kalanya engkau begitu gembira dan bahagia
Penuh syukur dan doa kepadaNya

Ketika tiba saatnya
Beban kandungan semakin memuncak
Punggungmu semakin berat dan payah
Pinggangmu semakin pegal dan sulit bernapas
Anakmu mengabarkan waktunya semakin dekat
Dan engkau melahirkannya dengan kesulitan dan berat
Antara rasa hidup dan mati yang menyakitkan
Suamimu menjagamu dan menguatkanmu

Ketika suara tangis bayi terdengar
Manusia baru telah lahir di tengah-tengah keluargamu
Dan engkau merasakan kebahagiaan yang tinggi
Memeluk bayi basah begitu merah
Jiwamu penuh dengannya dan jiwanya mengenalimu sebagai ibunya
Udara seperti penuh malaikat-malaikat suci
Menyambut dengan doa kehadiran anakmu
Membisikkan kepadamu harapan-harapan dan janji dari Tuhan
Hidupmu menjadi begitu berharga dan mulia
Dan mendapat tempat istimewa di surgaNya
Engkau menjadi ibu
Suamimu menjadi bapak

Engkaupun mengasuh dan memeliharanya
Dengan kasih sayang yang berlimpah
Jiwamu terikat dengan jiwanya
Air susu yang engkau minumkan kepadanya
Menjadi air jiwa bagi anakmu
Dan kebahagiaannya meminum air susumu
Menjadi tali yang tidak pernah putus bagimu
Kemanapun engkau bepergian
Yang ada dalam hati dan pikiranmu hanyalah wajah mungilnya
Maka bila tiba waktu pulang
Engkau bergegas dan cepat-cepat hendak sampai rumah
Di halaman engkau dengar tangisnya
Ia mencium aroma tubuhmu lewat angin
Hatimu tersayat-sayat penuh dengan rasa rindu bergumpal-gumpal di
dadamu
Air susumu menetes karenanya
Tidak sabar engkau angkat dan engkau cium wajahnya
Disambutnya engkau dengan senyum dari mulut mungil
Dan mata lucu yang merasa aman pelindungnya telah datang
Diusap-usapnya dengan kedua tangan mungil kulit wajahmu yang lekat di
wajahnya
Seolah-olah dapat dipastikan olehnya halus kulit wajahmu
Matanya semakin berbinar
Mendapati air susumu yang segar dan menyehatkan
Dan hatimu semakin bersinar
Kebahagiaan yang bertumpuk di atas kebahagiaan
Engkau lupakan semua lelah dan payah yang engkau jalani
Menungguinya bermalam-malam tanpa tidur
Ketika merengek ia basah oleh ompol atau kotoran
Ketika menangis ia tengah malam haus atau lapar

Waktu terus berjalan
Engkau melihat anakmu tumbuh berkembang
Belajar berguling dan menengkurapkan tubuhnya
Belajar merangkak dan berjalan
Dan mengucapkan kata-katanya yang pertama
Engkau mengajarinya memanggilmu ibu
Dan memanggil suamimu bapak
Engkau mengajarinya tentang alam
Api itu panas es itu dingin
Obat itu menyembuhkan racun itu mematikan
Engkau mengajarinya makan dan memakai baju
Menyisirkan rambutnya
Sambil bersenandung lagu kesukaannya
Dan menggumam betapa eloknya anakmu
Kesukaanmu kepadanya bertambah-tambah
Ikatanmu terhadapnya semakin kuatnya

Sedikit saja ia luka terjatuh atau tersayat pisau
Engkau begitu khawatirnya
Seolah-olah darah yang tumpah itu adalah darahmu sendiri
Dan kulitmulah yang tersayat atau luka
Begitu sayangnya engkau kepadanya
Sehingga yang engkau ucapkan adalah rasa marah
Yang lalu rasa sedihmu sebab telah memarahinya
Membuatmu menggendongnya dan mengusap lembut lukanya
Dengan obat yang paling lunak tetapi menyembuhkan

Engkau melihat anakmu tumbuh semakin dewasa
Dan menghadapi hidup dengan jalannya sendiri
Engkau semakin kesulitan menghadapinya
Seolah-olah ia tidak dapat mengerti keinginanmu
Dan engkau tidak lagi mengerti keinginannya
Ia hidup dengan teman-temannya sendiri
Berbicara sedikit denganmu dan dengan suamimu
Ia seolah-olah semakin jauh
Engkau bimbang dan gagap menghadapi dunianya yang berubah
Rasa cintamu kepadanya begitu ingin
Mengikatnya dalam rengkuhanmu
Mengamankannya dalam dekapanmu
Menggendong dan mengelus wajahnya seperti ketika ia kecil
Sedang gagasanmu tentang tantangan hidupnya begitu ingin
Membebaskannya melakukan pencarian
Mendukungnya tumbuh dan belajar menghadapi masa depannya
Melepaskannya untuk hidup dalam masanya

Sampai tiba waktunya ia benar-benar menjadi dewasa
Dan memahami duniamu dengan lebih leluasa
Dan engkau memahami dunianya dengan lebih lega
Percaya dan ikhlas tentangnya
Yakin karena engkau telah membimbingnya dengan benar
Maka engkau berdoa untuk anakmu setiap malam dalam sujud

Ya, Allah,
Tunjukkanlah kepada anakku jalan yang benar
Dekatkanlah ia kepada jalanMu
Bimbinglah ia, jagalah ia, lindungilah ia
Berikanlah kepadanya keteguhan dan keyakinan yang kuat
Tabahkanlah ia menghadapi hidup
Dan sabarkanlah kami dan bimbinglah kami orang tuanya
Ya Allah,
Kami berserah diri kepadaMu

Tiba waktu bagi anakmu menemukan kekasihnya
Seperti engkau ketika muda
Engkau begitu ingin melihat kekasihnya
Dililit rasa cemburu karena perhatiannya kepadamu
Tidak lagi seperti dahulu
Ia lebih banyak bersama kekasihnya daripada bersamamu
Dan ketika bersamamu
Ia lebih banyak bercerita tentang kekasihnya daripada tentangmu
Engkau merasa akan tiba waktunya
Dan ketika anakmu menikahi kekasihnya
Waktu pun tiba
Engkau berpisah dengannya
Anakmu menjalani hidup sendiri
Mendiami rumahnya sendiri
Bersama dengan istrinya seperti engkau dahulu
Dan hidupmu seolah-olah kesepian

Waktu terus berputar
Dan kalian berdua menjadi begitu tua
Rambut memutih dan tubuh melemah
Kenangan berjalan satu-satu di depan mata
Engkau menjadi memiliki kesadaran dan memahami
Hidup ini bisa begitu mudah atau rumit
Tergantung bagaimana engkau melihat dan menjalaninya
Sekarang engkau telah tua sehingga engkau melihat
Apa yang dahulunya engkau anggap
Sebagai kerumitan dan kesulitan yang besar
Ternyata hanyalah hal yang sederhana dan mudah saja
Ternyata engkau lahir bukan untuk bersiap-siap menghadapi hidup
Engkau lahir adalah untuk hidup dan menjalani hidup
Engkau lalu menjadi begitu pasrah dan ikhlas
Menerima waktu yang semakin habis
Tubuhmu menjadi sakit dan terbaring di dipan
Anak-anakmu yang dekat maupun yang jauh berdatangan
Berdoa dan memohonkan ampun di samping dipan
Mengantarkanmu memenuhi waktu terakhir
Sampai akhirnya engkau pergi meninggalkan dunia dengan tenang
Anak-anakmu bahagia
Melihatmu tersenyum dengan tenang di saat terakhir
Menandakan keberhasilanmu menjalani hidup
Mereka mendoakan
Hidupmu lebih bahagia dan tenang
Di alam yang lebih kekal
Mereka bangga terhadapmu.

Anonim mengatakan...

heiiii wanita, jangan asal nuduh dong. Gw penggemar berat ebiet nih....kagak bakalan deh dia niru-niru...ada-ada ajah....

==ANAK NKRI==

eddy mesakh mengatakan...

Kaka, terkadang playboy/playgirl awalnya mengatakan cinta kepada banyak orang sekaligus, tapi kemudian cintanya jatuh kepada orang tertentu secara sungguh-sungguh.

Nah, apakah lantas cintanya bisa masuk katagori "bonum delectabile" alias sesuatu baik karena enak atau menyenangkan atau seperti yang kaka tulis, "Saya mencintai Anda karena Anda memberikan kesenangan dan kesukaan bagi saya".

Atau bahkan melompat ke "bonum honestum" alias sesuatu baik karena pantas. Yang artinya (sesuai postingan Kaka), "Saya mencintai Anda karena memang pantas untuk dicintai, terlepas dari kegunaan dan atau kesenangan yang dapat diberikan Anda kepada saya?" (eddy mesakh)

Anonim mengatakan...

@ Mbak Sastavyana,

Janganlah berteka-teki ....lagu Ebiet yang mana yg mencontek syair Khalil Giibran? Bisa geger nih....(PaceNoge)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Palyboy dan playgirl mungin kurang baik tetapi PASTI ENAK. Siapa tra mau????? ha ha ha ha ha (PaceNoge)

Anonim mengatakan...

Siapa yang bertanggung jawab terhadap kehancuran hati? Mencinta dengan cara "main borong" bukanlah cinta melainkan benci. Dan ini berbahaya.
Jangan bermain-main dengan cinta karena cinta laksana api. Menyenangkan ketika kecil dan terkendali tetapi akan menghanguskan ketika meliar dan tak terkendali. Cinta yang meliar adalah kebencian dan...... heeeiiiii ...... Cinta yang berubah menjadi kebencian adalah api liar yang akan membakar dan menghanguskan. Ketika itu terjadi maka tak ada lagi cinta. Yang tersisa adalah abu yang akan segera ditiup angin. Nyaris tak bersisa.

Kata2 yang penuh makna....bahan perenungan bagiku.Thanks BM sudah mengingatkan kita melalui tulisan ini, biar kita semua lebih dapat mengontrol diri dalam bersikap, agar tidak menjadi api yang siap membakar dan menghanguskan(Adek).

Anonim mengatakan...

hmmhh...playboy cap kawat emang parah...ha ha ha ha...tapi playgirl cap matrek juga bejibun ...ha ha ha ha....asyik juga nih posting (Fajroel)

Anonim mengatakan...

@ Bung Eddy,

Salam dari kampong ni. Beta di NKT II. Komen Bung Eddy tu pangalaman pribadi kooooo????? ....ha ha ha ha ha....dasar buaya .....ha ha ha ha (13, Kupang)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Playboy dan playgirl bukan cinta borongan ...macam ke trek borongan saa.....ha ha ha ha ...cuma sekedar TTM..teman tapi mesra ha ha ha ha (13)

Anonim mengatakan...

ha ha ha TTM = teman trus mabok cinta....paya oooooo....ha ha ha (13)

Anonim mengatakan...

@ Teh Sasky!!

Nulisnya Panjang amat! Kite2 disuruh baca koran nihh???

Anonim mengatakan...

Eits!! Yang Diatas, GW

(Suto Sinting)

poempuisi mengatakan...

Nih, baca puisi gw,

pria, matahari dan phoenix

Seorang wanita bertanya pada seorang pria tentang cinta dan harapan.

Wanita berkata ingin menjadi bunga terindah di dunia dan pria berkata ingin menjadi matahari.

Wanita tidak mengerti kenapa pria ingin jadi matahari, bukan kupu kupu atau kumbang yang bisa terus menemani bunga.

Wanita berkata ingin menjadi rembulan dan pria berkata ingin tetap menjadi matahari. Wanita semakin bingung karena matahari dan bulan tidak bisa bertemu, tetapi pria ingin tetap jadi matahari.

Wanita berkata ingin menjadi Phoenix yang bisa terbang ke langit jauh di atas matahari dan pria berkata ia akan selalu menjadi matahari.

Wanita tersenyum pahit dan kecewa. Wanita sudah berubah 3x namun pria tetap keras kepala ingin jadi matahari tanpa mau ikut berubah bersama wanita. Maka wanita pun pergi dan tak pernah lagi kembali tanpa pernah tahu alasan kenapa pria tetap menjadi matahari.

Pria merenung sendiri dan menatap matahari.

Saat wanita jadi bunga, pria ingin menjadi matahari agar bunga dapat terus hidup. Matahari akan memberikan semua sinarnya untuk bunga agar ia tumbuh, berkembang dan terus hidup sebagai bunga yang cantik. Walau matahari tahu ia hanya dapat memandang dari jauh dan pada akhirnya kupu kupu yang akan menari bersama bunga. Ini disebut kasih yaitu memberi tanpa pamrih.

Saat wanita jadi bulan, pria tetap menjadi matahari agar bulan dapat terus bersinar indah dan dikagumi. Cahaya bulan yang indah hanyalah pantulan cahaya matahari, tetapi saat semua makhluk mengagumi bulan siapakah yang ingat kepada matahari. Matahari rela memberikan cahaya nya untuk bulan walaupun ia sendiri tidak bisa menikmati cahaya bulan, dilupakan jasanya dan kehilangan kemuliaan nya sebagai pemberi cahaya agar bulan mendapatkan kemuliaan tersebut. Ini disebut dengan Pengorbanan, menyakitkan namun sangat layak untuk cinta.

Saat wanita jadi Phoenix yang dapat terbang tinggi jauh ke langit bahkan di atas matahari, pria tetap selalu jadi matahari agar Phoenix bebas untuk pergi kapan pun ia mau dan matahari tidak akan mencegahnya. Matahari rela melepaskan phoenix untuk pergi jauh, namun matahari akan selalu menyimpan cinta yang membara di dalam hatinya hanya untuk phoenix. Matahari selalu ada untuk Phoenix kapan pun ia mau kembali walau phoenix tidak selalu ada untuk matahari. Tidak akan ada makhluk lain selain Phoenix yang bisa masuk ke dalam dan mendapatkan cinta nya. Ini disebut dengan Kesetiaan, walaupun ditinggal pergi dan dikhianati namun tetap menanti dan mau memaafkan.

Pria tidak pernah menyesal menjadi matahari bagi wanita.

poempuisi mengatakan...

Mbak Vina,

Gw tau syair lagu yg mana yang diakuin Ebiet G ADE sebagai ciptaanya.

Lagunya adalah nyanyian kasmaran.

Syair yang sama persis silakan diperikxa dech di bawah ini.

INI YG KHALIL GIBRAN:

Dan sejak engkau bertemu lelaki bermata kuat
Dengan tatapannya yang tajam
Ada yang tersentak dari dalam dadamu
Engkau sering menyendiri duduk dalam gelap
bersenandung nyanyian kasmaran
Dan tersenyum entah untuk siapa
Nampaknya engkau tengah mabuk kepayang
memahat langit dengan angan-angan
mengukir malam dengan bayang-bayang
Jangan hanya diam engkau simpan dalam duduk termenung
Malam yang engkau sapa lewat tanpa jawab

Bersikaplah jujur dan terbuka
Tumpahkanlah perasaan yang sarat dengan cinta yang panas bergelora
Barangkali takdir tengah bicara
Telah datang seorang lelaki diperuntukkan buatmu
Dan pandangan matanya memang khusus buatmu
Mengapa engkau harus sembunyi dari kenyataan
Cinta kasih sejati kadang datang tak terduga
Bergegaslah bangun dari mimpi
Atau engkau akan kehilangan keindahan yang tengah engkau genggam
Anggap saja takdir tengah bicara
Ia datang dari langit buatmu dan pandangan matanya khusus buatmu

TRUS LIAT DEH LAGUNYA EBIET

poempuisi mengatakan...

NIH EBIT PLAGIAT NIH...

Sejak engkau bertemu lelaki bermata lembut
Ada yang tersentak dari dalam dadamu
Kau menyendiri duduk dalam gelap
Bersenandung nyanyian kasmaran
Dan tersenyum entah untuk siapa

Nampaknya engkau tengah mabuk kepayang
Kau pahat langit dengan angan-angan
Kau ukir malam dengan bayang-bayang

Jangan hanya diam kau simpan dalam duduk termenung
Malam yang kau sapa lewat tanpa jawab

Bersikaplah jujur dan tebuka
Tumpahkanlah perasaan yang sarat dengan cinta
Yang panas bergelora

Barangkali takdir tengah bicara
Ia diperuntukkan buatmu
Dan pandangan matanya memang buatmu

Mengapa harus sembunyi dari kenyataan
Cinta kasih sejati kadang datang tak terduga

Bergegaslah bangun dari mimpi
Atau engkau akan kehilangan
Keindahan yang tengah engkau genggam

Anggap saja takdir tengah bicara
Ia datang dari langit buatmu
Dan pandangan matanya khusus buatmu

poempuisi mengatakan...

Nah, gitu deh mental artis kita, niru hobinye.....

Anonim mengatakan...

@ Bigmike en all,

Mau nanya dikit, sebenernya ada ga sih cinta yang tulus? orang yang memutuskan menikah dan menerima pasangannya apa adanya apakah itu yang disebut cinta tulus. kadang gw ingung, ditanyain terus soal ketulusan cinta. Yang paling bener, seseorang menerima seseorang itu harus apa adanya atau ada apanya?

Klo menurut gw, CINTA TULUS = KEYAKINAN

Kalau keyakinan kita memudar, maka tidak akan ada yang namanya cinta. Jika keyakinan itu tetap ada, maka ada yang namanya cinta. Pada hubungannya dengan manusia, Cinta itu ada 2 aliran, yaitu cinta humanis dan cinta seksualitas (PM)

Anonim mengatakan...

Contoh sederhananya cinta humanis adalah hubungan orang tua dengan anaknya ataupun sebaliknya, cinta seksualitas lebih condong ke hubungan suami istri, atau cowok dan cewek dalam hubungan pacar, karena ada keterlibatan biologis disana.

Tetapi jika gw kerucutin lagi ke pasangan suami istri atau pacar, sedikit sekali ada campur tangan cinta humanis nya. Suami istri yang bertahan sampai mati adalah mereka yang mampu menggabungkan cinta humanis dan cinta seksualitas.

Anonim mengatakan...

Jika gw melihat ada pasangan suami istri bertengkar hebat dan malamnya masih bisa bercanda ria lagi, maka sisi manusiawinya masih ada.

Tapi jika keesokan harinya mereka berpisah, maka sisi manusiawinya sudah tidak ada.

Maaf, tapi jika mereka dalam keadaan tengkar, dan disuruh utk berhubungan seks, hehehe, maka sisi cinta seksualitas nya masih bermain. Jika ada yang merasa muak, maka humanis nya dah hilang

Anonim mengatakan...

Jadi, menurut sgw lagi, cinta tulus itu ada, dan cinta tulus itu tidak selalu terikat. Jika memang kita memang faham bahwa istri sudah tidak tahan lagi dengan suami, dan suami melepaskan istri dengan alasan untuk kebahagiaan istrinya, maka belum tentu si suami ini tidak cinta.

Si suami bermain di tataran cinta humanis. Si Suami yakin kalau hubungan diteruskan, maka kasihan si wanita nya, karena suami itu faham betul dengan keinginan si istri.

Demikian pula sebaliknya. Tul gak??? (PM)

Anonim mengatakan...

eh Ebiet "nyontek" ya?????....aduuuuhhhh......(PM)

Anonim mengatakan...

Pernahkah kamu merasakan....
Bahwa kamu mencintai seseorang....
Meski kamu tahu ia tak sendiri lagi....
Dan meski kamu tahu cintamu mungkin tak berbalas....
Tapi kamu tetap mencintainya....

Pernahkah kamu merasakan hebatnya cinta....
Tersenyum kala terluka....
Menangis kala bahagia....
Bersedih kala bersama....
Tertawa kala berpisah....
Aku pernah....

Aku pernah tersenyum meski kuterluka....
Karena kuyakin Tuhan tak menjadikannya untukku....
Aku pernah menangis kala bahagia....
Karena kutakut kebahagiaan cinta ini akan sirna begitu saja....

Aku pernah bersedih kala bersamanya....
Karena kutakut aku akan kehilangan dia suatu saat nanti....

Bagiku sekarang, Aku tetap bisa mencintainya, meski ia tak dapat kurengkuh dalam pelukanku, karena memang Cinta ada dalam jiwa, dan bukan ada dalam raga.(YR)

Anonim mengatakan...

O'o kamu ketahuan .....
pacaran lagi dengan si dia
teman baikku ...

ha ha ha ha jadi lagu kabangsaan penganut cinta borongan yeeeee.....
ha ha ha ha ha....(Ryan)

Anonim mengatakan...

tentang cinta liar.....hhhmmm....ini goresan ku dech....

aku ingin mencintaimu
dengan membabi buta,
seperti ambruk ranjang yang histeris karena goyang erang tarian liar
di malam-malam keparat yang menjadikannya puisi !

ha asyik ga tuh...cciiaaaooo beibeeeehh....(Ryan)

Anonim mengatakan...

Ryan

Itu cerita hidupku yang lalu..sekarang aku sudah punya seorang istri yang cantik, yang baik dan yang mau menerimaku apa adanya dengan segala kekuranganya. Aku sangat mencintainya (YR)

Anonim mengatakan...

hi hi hi hi mas YR kena disindir yaaaa.....wkakakakakak.....ha ha ha...dasar buaya darat....

lelaki buaya darat
busyet, aku tertipu lagi...

ha ha ha ha...
eh, gw cuman iseng kok....
Posting ini bagi gw cuman isengnya BM doang....
kayak ga tau si bosz ajah siiccchhh...(Ryan)

Anonim mengatakan...

Nih gw kasi 5 ciri laki-laki buaya darat ha ha ha:

Setiap pria berpotensi selingkuh lantaran biasanya mereka lebih mudah tergoda dengan penampilan fisik dan rayuan maut wanita.

Nah, agar Anda dapat jeli membaca tanda-tanda pria berselingkuh, Cosmopolitan memaparkannya.

1. Tak membiarkan Anda mengutak-atik barang eletroniknya

"Saat seorang pria takut terbongkar kebohongannya, dia akan lebih melindungi barang-barang elektroniknya, seperti telepon genggam atau komputer. Langkah tersebut dilakukan lantaran dia tidak ingin pasangannya menemukan email, IM chats, SMS, atau panggilan terakhir di telepon selulernya," ucap Belisa Vranich, PsyD, psikolog di New York City.

Jadi jika seorang pria tengah selingkuh, dia akan menjaga barang-barang eletroniknya atau takkan membiarkan Anda mengutak-atik telepon genggam maupun komputernya. Bahkan dia telah mengganti passwords komputer yang pernah diberikan pada Anda, dan dia akan mengelaknya.

2. Si dia lebih mengurus diri

"Ciri ini sungguh nyata dan merupakan tanda yang semua wanita mengetahuinya. Jika pasangan Anda mulai mengurus diri tanpa diminta oleh Anda, itu dapat menjadi indikasi bahwa dirinya lebih banyak
menghabiskan waktu untuk telanjang," ungkap Vranich.

Tak hanya rajin mengurus penampilan diri baik dengan pergi ke salon atau spa, petunjuk lain yang dapat dijadikan petunjuk adalah si dia juga lebih senang menghabiskan waktunya di pusat kebugaran.

3. Si dia memakai aroma parfum yang berbeda

"Saat pasangan Anda pulang ke rumah, jika aroma tubuhnya tidak sama seperti saat pagi hari. Dan wanginya tidak sama saat dia memakai sabun di pusat kebugaran atau di rumah Anda, itu dapat ditarik kesimpulan bahwa dia mandi di tempat selingkuhannya," papar Vranich.

Jadi Anda harus lebih perhatian, karena dalam kasus perselingkuhan, sebuah istilah mengungkapkan "hidung lebih tajam" dapat benar adanya.

4. Si dia tidak ingin diganggu oleh Anda

"Tingkah lakunya membuat Anda merasa ada yang tidak beres. Saat stres tengah melandanya, seks dan perhatian biasanya dapat membuat dia lebih santai. Tapi saat tengah berselingkuh, dia tak ingin diganggu oleh Anda," kata Vranich.

Ditambahkan oleh Mira Kirshenbaum, penulis When Good People Have Affairs: Inside the Hearts and Minds of People in Two Relationships, "Jika pasangan Anda tiba-tiba selalu merasa bahagia, maka Anda harus mencari tahu penyebabnya."

5. Dia jadi lebih curiga dengan Anda

"Jika biasanya dia lembut, setiap saat dia akan mencurigai Anda dengan selalu ingin tahu kemana Anda pergi, menanyakan kondisi Anda sepanjang waktu, dan bersama siapa," jelas Vranich.

"Kondisi tersebut dilakukannya lantaran dia sadar telah selingkuh dari Anda, dan di pikirannya Anda pun dapat melakukan hal yang sama," tambahnya.

Satu lagi yang harus diketahui ialah meskipun kehidupan seks Anda yang baik-baik saja, Anda tetap tak boleh lengah. Sebab dapat dipastikan bahwa pria selingkuh bukan berarti kehidupan seksnya berbeda.

Anonim mengatakan...

hooooiiiii mas YR, masukkategori itu ga?????? ha ha ha ha ha....jangan-jangan lagi pake fesbuk di kantor nich...biar ga ketahuan bini....wkwkwkwkwkwkwk....(Ryan)

Anonim mengatakan...

tapi gw adil kok,

nih mas YR, ciri wanita doyan cinta borongan ha ha ha ha....


1. Si dia tak mengkritik Anda lagi

Tak seperti biasanya, si dia yang selalu mengkritik Anda mulai dari kebiasaan atau cara berpenampilan buruk saat Anda berpakaian, kini lebih cuek dan tidak peduli dengan penampilan Anda. Bahkan yang terparah ialah si dia sudah tak lagi memedulikan kehadiran Anda dalam hidupnya.

2. Tercium aroma parfum pria lain

Cara lain mengenali tanda perselingkuhan ialah saat berdekatan dengan si dia tercium aroma parfum pria lain di tubuhnya.

Dengan terkuaknya tanda-tanda ini tak menutup kemungkinan si dia telah meluangkan waktu luangnya bersama pria lain hingga meninggalkan aroma parfum di tubuhnya.

3. Si dia bekerja lebih lama dari biasanya

Untuk menggagalkan jadwal kencan dengan Anda, si dia sering berdalih harus menyelesaikan pekerjaan kantor di rumah. Padahal dia ingin bebas menghabiskan hari libur dengan selingkuhannya.

Bahkan untuk menghabiskan waktu bersama kekasih gelapnya, si dia lebih sering pulang larut malam dengan alasan lembur.

4. Anda mengetahui salah satu kebohongannya

Salah satu hal yang dapat membuktikan perselingkuhan si dia dengan pria lain adalah saat Anda mengetahui aksi bohongnya.

Untuk membuktikan hal itu, Anda dapat melihat buku agendanya atau panggilan terakhir di telepon genggamnya.

Gimana? adil kan? wkwkwkwk...
klo gw? masih jomblo blon laku ...ha ha ha ha (Ryan)

Anonim mengatakan...

ha ha ha ha,

ini posting untuk kasi ingat para buaya daratan/darawati ha ha ha...supaya jangan keterlaluan...sebaba cinta maen borok tu berbahaya...

setia: selingkung tiada akhir
selingkuh: selingan ringan rumha tangga kukuh ...asar

dasar....(Savunesse)

Anonim mengatakan...

saya setuju sama kawan Ryan. Posting ini tidak serius. Ini cuma promosi buku karangan naiki ngati hawu (anak dari sabu)...

A'a tana, kemarin beta cari di gramedia kuaninio belum ada (Savunesse)

Anonim mengatakan...

Setujuuuuu....ini posting usil doang...cuman dibingkaiin pake filsafat....ha ha ha ha ciri khas BM tuh....(Nana)

Anonim mengatakan...

tapi gw mo urun rembug jg ni:

banyak orang setuju kalau kesetiaan adalah kunci dari kesuksesan sebuah hubungan. Tapi nyatanya banyak yang diam-diam berselingkuh. Seorang psikolog, Paula Hall mengungkapkan mengapa orang memiliki affair dan memberi tips agar hubungan bisa bertahan menghadapinya.

Kenapa Ada Perselingkuhan ?
Kita bisa mencari banyak alasan untuk menjawab pertanyaan di atas. Tetapi biasanya selingkuh adalah tanda adanya keinginan untuk perubahan. Ada sesuatu dalam diri pasangan atau dalam hubungan yang sedang dijalani, tidak sesuai dengan harapan. Dan perselingkuhan memicu perubahan tersebut. Perselingkuhan tidak melulu soal seks. Keintiman yang terjadi antara dua orang dan melanggar kepercayaan pasangannya bisa merupakan sebuah affair.

Anonim mengatakan...

Tipe-tipe perselingkuhan
Meski banyak alasan mengapa orang berselingkuh, kita bisa menggolongkan affair menjadi beberapa kategori :

The boat-rocking affair - Terjadi ketika seseorang merasa tidak puas dengan hubungannya. Perselingkuhan tanpa disadari menjadi cara untuk mengalihkan perhatian dari masalah dan membuatnya muncul ke permukaan. Affair jenis ini selalu timbul tenggelam.

The exit affair - Terjadi ketika perselingkuhan dijadikan cara untuk lepas dari sebuah hubungan. Bukannya menghadapi masalah dengan pasangannya, ia malah memilih lari dalam perselingkuhan.

The thrill affair - Sebuah hubungan yang terlarang bisa menimbulkan sensasi tersendiri, rasa deg-degan karena takut ketahuan memompa adrenalin dalam tubuh, sehingga hubungan seks yang dilakukan dengan seseorang yang baru terasa begitu menggairahkan. Perselingkuhan pun menjadi terasa romantis dan menarik. Selingkuh itu indah, begitu prinsip mereka.

Anonim mengatakan...

The three’s company affair - Sebuah affair yang berlangsung tahunan ; bisa disebut juga affair berturut-turut. Ada sebagian orang yang merasa tidak bisa berkomitmen dengan satu orang, orang-orang dalam golongan ini merasa tercekik dalam hubungan monogami. Kehadiran orang ketiga bisa menjadi penyaluran dalam masalah emosi tadi.

Anonim mengatakan...

Ketika Affair Terbongkar
Saat rahasia akhirnya terkuak, baik berangsur-angsur atau tiba-tiba, shock adalah perasaan yang pertama akan Anda alami. Ketika shock telah lewat, perasaan yang tertinggal adalah marah, sedih, bingung dan mungkin merasa dipermalukan, terutama jika Anda yang melakukan affair.
Kebanyakan orang akan terus bertanya-tanya mengapa semua ini terjadi dan berpikir adakah kemungkinan hubungan mereka bisa diselamatkan.

Anonim mengatakan...

Kepercayaan adalah resep sebuah hubungan yang sehat dan sering kita abaikan. Kalau Anda adalah pihak yang berselingkuh, Anda harus bekerja dengan keras untuk meyakinkan pasangan bahwa ia adalah cinta sejati Anda dan Anda telah belajar banyak dari kesalahan yang dibuat.

Bagaimana kalau pasangan kita yang berselingkuh ? Anda mungkin akan terus mempertanyakan diri sendiri untuk waktu yang lama. Tetapi ketika masa itu telah lewat, hubungan yang dimiliki akan lebih dilandasi rasa percaya dan rasa aman.

Anonim mengatakan...

Butuh waktu sebentar untuk menghancurkan kepercayaan, tetapi butuh waktu yang sangat lama untuk membangunnya. Pada mulanya mungkin Anda akan merasa bahwa hubungan tidak akan kembali normal, tetapi dengan kesabaran dan niat yang kuat, semua akan bisa bertahan. Jika dirasa perlu, Anda dan pasangan bisa mendatangi lembaga konseling perkawinan untuk meminta saran. Perselingkuhan adalah titik balik perubahan sebuah hubungan, tetapi tidak selalu tanda akhir dari hubungan.

Begitulah sahabat nlogger.

Selingkuh memang salah tetapi bukanlah akhir segalanya. Byeee (Nana)

Anonim mengatakan...

Puisi tanpa nama

Entah kapan terakhir
bait puisi kutuliskan di diary

Tapi hari-hari belakangan ini
kembali diary ku dipenuhi puisi

Puisi tanpa nama
tapi kutahu untuk siapa

Anonim mengatakan...

eh, gw tuh (PM)

Anonim mengatakan...

BOHONG KALU ADA YANG BILANG NGGAK PERNAH SELINGKUH!!

SEMUA PASTI PERNAH SELINGKUH! MINIMAL DALAM PEMIKIRAN!! TUL GA???

(ss)

Anonim mengatakan...

hmhh...laki-laki emang "berbakat" buaya darat. Tapi kalo k'tahuan marahnya paling banter...

Nih, kata si Maia:

....“lelaki buaya darat busyet ku tertipu lagi, mulutnya manis sekali tapi hati bagai srigala, ku tertipu lagi..” ....

Trus, nich pengakuan si Bams Samson:

,,,“aku adalah lelaki yang pantang menyerah memikat wanita.. ..naluriku sebagai lelaki membuatku menginginkan berjuta wanita disisiku..” .,,,

Gimana, masih mau membantah? ha ha ha ha ha(Patrice)

Anonim mengatakan...

8 Alasan Pria Berselingkuh,

Kebanyakan pria sering mengatakan kalau perserongan mereka hanyalah suatu hubungan seks tanpa komitmen. Padahal, sesungguhnya ada alasan yang lebih mendasar yang acapkali tidak mereka sadari. Alasan tersebut meliputi:

1. Wanita Membiarkannya

Lelaki tidak akan berselingkuh kalau wanita tidak mendiamkannya. Tidak sedikit perempuan yang tetap saja mengawini lelaki yang telah berdusta sejak mereka masih pacaran, kata psikolog Dra Esse Dayu Mpsych, Ph. D.
Padahal para pakar telah memperingatkan bahwa lelaki yang mendustai tunangannya, besar kemungkinan juga akan berbohong kepada istrinya. Tetapi para wanita pencari cinta, tak peduli mereka kesepian atau tidak. Dan lelaki sangat menyadari hal itu bahwa rasa kosong wanita itu begitu kuat sehingga mereka mau saja menikah dengan seorang lelaki pendusta. Malah para wanita ini terus menerus menentramkan dirinya dengan mengatakan, Begitulah lelaki. Pada akhirnya, para wanita ia merasa lebih baik berada di sisi seorang pria pendusta daripada tidak sama sekali.

2. Frustasi terhadap Hubungan Saat Ini

Pada awalnya, semua terlihat baik-baik saja. Berbagi hidup, berbagi harapan, berbagi mimpi dalam sebuah hubungan menyenangkan dengan seorang princess yang istimewa. Tetapi begitu masa bulan madu usai, harapan mengenai masa depan yang romantis berubah menjadi kenyataan hidup sehari-hari yang sangat berat. Televisi rusak, mobil perlu ban baru, bos selalu marah-marah, dan tagihan telepon membengkak. Baru beberapa bulan menikah, percakapan sudah dipenuhi dengan persoalan tugas sehari-hari. Suami mulai merasa pasangannya lebih kritis, tak mau mengalah, dan tidak memberikan perhatian yang ia inginkan.
Ia kemudian mulai berbohong. Suami menganggap berbohong sebagai cara memperoleh emosi yang sudah hilang di dalam perkawinannya. Bersama dengan kekasih gelapnya, hidup rasanya tanpa stres, tanpa tekanan. Tidak serba diburu-buru. Mereka berdua berusaha keras untuk saling memenuhi kebutuhan mental dan fisik. Mereka berbagi kekurangannya dan pelahan-lahan mengembangkan ikatan emosional, terang psikoterapis Freddy GD Baswoko MA, Ph.D.

Anonim mengatakan...

3. Mencari Ketegangan

Pria ini bosan dan menyukai hal-hal baru yang ditemukannya pada wanita lain. Alih-alih melepaskan energinya untuk menghangatkan kembali hubungan dengan istrinya, ia malah terserap dalam aktivitas hobi atau hal lain yang membuat hormon adrealinnya mengalir deras. Ia mencari ketegangan di tempat-tempat yang keliru, di balik selimut dan tubuh perempuan lain, imbuh Freddy. Ia biasanya memiliki serangkaian affair dengan beberapa wanita. Berpindah dari satu wanita ke wanita lain, begitu ketegangan dan kebaruan itu memudar.

4. Meningkatkan Ego

Permainan perselingkuhan dipenuhi dengan lelaki yang berusha keras memperoleh pengakuan kelelakiannya dari perempuan yang bukan istrinya. Ia merasa kurang percaya diri. Berselingkuh bagaikan sebuah liburan mental. Suatu pelarian dari tanggung jawab hidup sehari-hari. Ia berusaha meyakinkan dirinya sendiri bahwa hatinya yang mendua bisa mengobati jiwanya yang berongga, papar Esse yang kliennya tidak hanya wanita, tetapi juga para lelaki.

Anonim mengatakan...

5. Kurang Tegas

Meskipun lelaki umumnya dianggap sebagai si pendusta, namun bagaimana pun juga perselingkuhan adalah jalan dua arah. Tak mungkin terjadi apabila tidak ada pihak perempuan yang bersedia. Semakin banyak wanita yang terlihat dan memulai perserongan, maka semakin banyak wanita yang tidak ingin terlihat dalam suatu hubungan serius, sengaja mencari pria beristri. Dan ada sebagian lelaki yang mau menerima tawaran perselingkuhan dari wanita karena mereka tak ingin disebut banci.

6. Kekosongan Spiritual

Tidak ada agama yang menyuruh umatnya berhubungan intim dengan lebih dari satu perempuan. Kebanyakan menganggapnya sebagai dosa besar. Kebanyakan agama menyarankan hubungan perkawinan yang berlandaskan nilai-nilai spiritual. Dengan demikian, seorang lelaki yang dengan sengaja menjerumuskan dirinya ke dalam hubungan ekstra marital menunjukkan kurangnya nilai spiritual di dalam dirinya, timpal Prof Dr Dadang Hawari, psikiater yang sekaligus ulama.

Anonim mengatakan...

7. Suasana Hasrat Instinktif

Freddy pun mengimbuhi, Nilai-nilai pribadi seorang lelaki kadang berbaur dengan mentalitas masyarakat yang serba ‘kerjakan saja’. Ia berfikir dan bertindak dalam hitungan setengah menit saja, tak banyak memikirkan dampak dan akibat tindakannya. Ia tak melihat alasan untuk menunda-nunda perasaan dan hasratnya. Jika ia beranggapan seorang wanita menarik, ia segera mendekati dan mengajukan rayuan. Tak dipikirkannya bagaimana posisi hubungan perkawinannya saat ini dan nanti.

8. Balas Dendam

Pria ini marah kepada pasangannya, entah ia berada di posisi benar atau salah, dan dengan alasan yang beragam. Yang jelas, ia merasa dilukai dan hendak membalas dendam. Tak peduli kalau tindakan balas dendamnya ini malah merusak perkawinannya sendiri dan mengobrak-abrik aturan, Esse kembali menjelaskan.
Dalam pikirannya, berselingkuh adalah cara yang tepat untuk membuat kedudukan seimbang antara dirinya dan istrinya. Bagi pria yang sedang marah, berselingkuh memberikan suatu tantangan. Meski ia tahu kalau pasangannya takkan pernah mengetahui perselingkuhannya, namun sekadar mengetahui betapa menyakitkannya perselingkuhan ini bagi istrinya sudah sangat memuaskan pria yang dibutakan rasa marah ini.

Anonim mengatakan...

Lalu, mari kita meninjau juga alasan dari pihak wanita.

10 Alasan Perempuan Berselingkuh

Umumnya, perempuan berselingkuh bukan karena sekadar iseng. Ada beberapa alasan yang membuat mereka memutuskan untuk melakukan hal ini. Apa saja ya?

1. Balas dendam
Kalau Anda mengkhianati cintanya, dia juga bisa melakukannya, bahkan lebih hebat dari Anda. Kalaupun sampai ketahuan oleh Anda, mungkin memang dia sengaja. Masing-masing perempuan memang punya caranya sendiri dalam menghadapi perselingkuhan yang dilakukan kekasihnya dan patah hati yang dirasakannya. Dia bisa melakukannya sembunyi-sembunyi di belakang Anda, bisa juga sengaja “memamerkannya”.

2. Urutan kesekian
Layaknya seorang kekasih, si dia ingin selalu jadi nomor satu dalam hidup Anda. Bukan nomor dua, apalagi nomor-nomor berikutnya. Dialah prioritas dan ratu di hati Anda.

3. Kekerasan
Kini, banyak perempuan yang makin sadar pentingnya penghargaan atas dirinya sendiri, salah satunya dengan bersikap tegas ketika pasangannya melakukan tindak kekerasan (umumnya secara fisik) kepadanya. Mungkin awalnya dia akan mencoba bertahan, tapi bila Anda kembali mengulangi tindakan Anda ini, mereka akan meninggalkan Anda. Mereka yakin, masih banyak pria lain yang bisa menghargainya jauh lebih baik daripada Anda.

Anonim mengatakan...

4. Hambar

Perempuan menyukai hal-hal detail, misalnya hari ulangtahunnya, hari jadi Anda berdua, atau hal-hal istimewa lainnya. Hati-hati bila Anda menganggap semua ini sebagai hal remeh, apalagi bila selama ini si dia selalu mengurus semua kebutuhan dan rela berkorban demi Anda. Bila Anda tak pernah menghargai apa yang sudah ia lakukan untuk Anda dan mengabaikan hal-hal yang dianggapnya penting, bersiaplah menghadapi pertengkaran hebat.

5. Seks

Meski Anda kaya dan selalu memberinya perhatian penuh, ketidakpuasannya dalam urusan seks tak bisa diabaikan begitu saja. Ini berbahaya bagi sebuah perkawinan. Karena itu, segera cari solusinya.

6. Cadangan

Ketika putus cinta, umumnya perempuan lebih “menderita” menghadapi hari-harinya yang panjang sebelum akhirnya ia bangkit lagi. Karena itu, ketika melihat tanda-tanda hubungan yang dijalaninya tidak bisa dipertahankan lagi dan akan segera berakhir, bukan tak mungkin ia mulai mencari pengganti Anda. Jadi, kalau Anda memang benar-benar mencintainya, perbaikilah hubungan Anda segera.

Anonim mengatakan...

7. Pria bermasalah

Maksudnya, banyak hal-hal di sekeliling Anda yang membuat pasangan Anda merasa “gerah” dan ikut menanggung “beban” itu. Sebab, selain menjalin hubungan dengannya yang tentunya tak lepas dari masalah, Anda juga masih harus menangani mantan kekasih Anda yang terus “meneror”, keluarga yang selalu ikut campur pada urusan Anda, belum lagi ulah teman-teman yang melibatkan Anda dalam masalahnya. Akan makin lengkap "penderitaannya" bila Anda termasuk anak mama. Alih-alih memberi perhatian dan berbagi kasih sayang dengan kekasih, Anda malah sibuk sendiri.

8. Hubungan jalan di tempat

Umumnya, ketika menjalin hubungan dengan pasangannya, perempuan menginginkan adanya hubungan yang berkomitmen yang berujung pada pernikahan. Bila hubungan yang dijalani sudah sekian lama, tapi tak ada peningkatan ke jenjang berikutnya, mereka akan berpikir Anda tidak menginginkan hubungan ini berlanjut. Jadi, buat apa menunggu Anda lebih lama?

Anonim mengatakan...

9. Bosan

Hal yang satu ini bisa muncul karena dia terperangkap rutinitas di rumah atau hubungan yang Anda jalani dengannya membosankan baginya karena Anda tak memberinya perhatian yang dia harapkan dan waktu Anda lebih banyak dihabiskan untuk hal lain ketimbang bersamanya. Padahal, perempuan menyukai kejutan dan selalu ingin dianggap istimewa.

10. Hubungan tidak seserius yang diduga

Awalnya mungkin Anda memang senang menjalani hubungan dengannya, tapi ternyata Anda tidak menikmati dan tak merasa ingin terikat dengannya. Tak heran bila Anda masih mencoba “melirik” sana-sini, padahal dia sudah menyerahkan seluruh perasaannya kepada Anda.

Anonim mengatakan...

nah, sekarang saya akan mengulasnya sedikit:

1. Mengatakan bahwa berselingkuh adalah monopoli kerjaan kaum lelaki tidkalah begitu tepat. Semua punya peluang dan semua pada akhirnya, punya alasan.

2. Apakah PG/PB dan berselingkuh, bigmike menggunakan istilah "mencinta pola borongan" (istilah yg ajaib khas bm) adalah berbahaya? Tiap orang bisa saja memiliki pendapat yang berbeda-beda tetapi jika merujuk kepada pendapat bm, (biar saya kutip),

,,,Cinta pada dasarnya adalah afeksi positif manusia, yaitu suatu sikap afeksi manusia yang keluar dari dirinya (sebagai subyek) dan mengarah kepada sesuatu (obyek) yang dianggapnya baik. Afeksi benci adalah sebaliknya, yaitu sesuatu yang keluar dari manusia yang mengarah kepada subyek yang dianggapnya jelek,,,

jelas bahwa, jika PG/PG/Sl pada akhirnya mendatangkan kebalikan dari cinta maka hal itu berbahaya. Bung Eddy mengajukan kasus ...memilih-milih dari yg banyak menjadi 1....ya, sejauh "proses" nya tidak menimbulkan kebencian maka hal itu tidaklah berbahaya. Tetapi jika dalam proses itu, ada yang terluka maka BM bertanya.....siapa yg bertanggung jawab terhadap kehancuran hati?....

3. bonum honestum pada dasarnya adalah kepantasan. Siapa yang memberi nilai pantas? hati nurani? apa itu hati nurani? itulah wilayah semua pengalaman Ilahiat berkumpul. Nah, apakah PG/PS/Sl pantas? periksa saja, apakah ketiga hal itu bersifat Ilahiat?

BM, posting yang seklias tampak bermain-main tetapi sebenarnya mendalam. Sayangnya, terasa ada yang "disembunyikan", yaitu nurani, kata hati, bisikan jiwa dan seterusnya. Menunda ke posting berikutnya? BM sering berjanji tetapi nggak segera ditunaikan. Hal itu berbahaya.....ha ha ha ha ha (Patrice)

Anonim mengatakan...

Halloooo....halllooo...sodare-sodare...ni gw kasi tips selingkuh aman.....hhhmmmhhh.....

1. Jangan melakukan lebih 2x, karena kalau lebih dari 2x perasaan Anda akan
berbicara. Kalau udah begini tahi kuda bisa serasa coklat. Keluarga di rumah bisa nggak diingat.

2. Cari partner selingkuh yang sejajar baik dari segi ekonomi maupun mental. Kalau partner selingkuh Anda ekonomi lemah, Anda akan diporoti habis-habisan. Anda akan ditelpon 57x sehari. Kursi yang anda duduki bisa panas bagai bara.

Anonim mengatakan...

3. Bila partner selingkuh sudah menunjukkan gejala-gejala cinta, segera tinggalkan. Kalau Anda terlambat maka partner selingkuh Anda akan berubah jadi "ingus". Kalau udah nempel ditangan, dikibas-kibas kagak mau lepas...ampuuuuun kasian deh loeee.

4. Jangan mengobral harapan, terutama kalau partner Anda termasuk berwajah cantik/ganteng tapi IQ jongkok. Anda bisa dikejar terus dengan janji Anda yang mau mengawini, membelikan ini, itu dll.

Anonim mengatakan...

5. Bikin perjanjian di depan, semacam pre-nuptial agreement begitu. Bahwa hubungan ini hanya akan begini dan begitu dan tak lebih dan tak kurang dari
itu.

6. Hal terpenting dalam dunia perselingkuhan, jangan sampai Anda jatuh cinta. Kalau Anda type yang mesti jatuh cinta kalau selingkuh, lebih baik Anda kawin
lagi atau cerai dan kawin lagi.

Anonim mengatakan...

7. Jangan sekali-kali berpikir untuk menekan "per unit cost". Kalau Anda type pelit lebih baik tidak usah coba-coba selingkuh, kecuali kalau Anda di pihak yang "diongkosi".

8. Lakukan pada siang/pagi hari, lebih sulit dilacak an lebih mudah dan banyak waktu untuk menghilangkan jejak.

Anonim mengatakan...

9. Kelemahan Anda adalah identitas Anda, cari juga kelemahan partner selingkuh Anda. Sehingga score tetap 1:1 terus.

10. Jangan lupa pakai "protection". Print dan simpan komen ini, siapa tahu bermanfaat nanti....atau sekarang??? wakakakakakekekekek...

ttd
Dr. cinta
Proxy73

tuaksatu mengatakan...

wkwkwkwkwkwk....ha ha ha ha...si gendeng Proxy73 jadi Dr CInta...whuueccchhhhh......ha ha ha ha..tenang bro..kita saling jaga rahasia....ha ha ha ha...

K'lo gw paling jujur...emang gw playboy...gw polos...liat ajah blog gw..."polos" kan??????...wkwkwkwkwkw...

nih gw kasi tau ciri-ciri laki-laki buaya (contohnya si Proxy tuh ha ha ha ha ha....)..

tuaksatu mengatakan...

Ciri-ciri cowok buaya …..?

Crocodile begitu sebutan bagi para cowok yang suka gonta-ganti pasangan seenaknya, sesuka hatinya dan semaunya, wanita hanya ibarat tempat berlabuh sementara saja, tak ada yang menjadi kepastian siapa yang sebenarnya dihatinya. Bahkan ia ia bisa saja menjadikan semua tak pasti.

Habis manis sepah dibuang begitulah semboyan yang ia yakini, bila wanita yang ia pikat sudah terlalu membosankan maka tak segan ia segera memutuskan. Tanpa perasaan, kejam, killer, dan serba tega. Tak berfikir apakah yang akan dirasakan wanita tersebut, bahkan tak kan mau peduli lagi denganya.

Sering gonta-ganti pasangan, itulah ciri has spesies mereka. Sering mengumbar janji, so pasti itu adalah senjata ampuh mereka. Satu keyakinan yang menjadi visi dan misi mereka ” Mudah mendapatkan juga mudah membuang “.

tuaksatu mengatakan...

So, bagi para kaum hawa berhati-hatilah jika menemui cowok seperti mereka dengan cirri-ciri sebagai berikut :

Ø Mudah berpaling dari satu pilihan ke pilihan yang lain .

Ø Sering bosan dengan pasangan yang ia punya .

Ø Mudah memutuskan hubungan pacaran jika ia sudah merasa bosan dengan beribu alasan.

Ø Mempunyai kepribadian ganda , dimana pada saat didepan pasangan ia akan bersikap yang paling baik namun di belakang ia seakan-akan menghianati pasanganya .

Ø Mudah terpikat dengan kecantikan seorang wanita ,dan ia akan selalu ingin mendapatkanya walau ia sudah punya pacar .

tuaksatu mengatakan...

Ø Pada awalnya ia sangat sayang sama pasangan namun jika ia sudah mulai terpikat dengan orang lain maka ia akan menghindar dari pacarnya sedikit demi sedikit .

Ø Selalu menutupi kesalahan dan mengelak pada kenyataan jika ia terbukti salah.

Ø Sering janji - janji demi memikat korbanya namuan janji itu hanya manis di mulut, dengan kata lain sering ingkar janji.

Ø Tak akan betah mempertahankan hubungan, yach kalau dihitung mungkin Cuma kuat beberapa bulan.

Ø Agresif, ini termasuk sifat yang paling menonjol darinya.

Ø Suka merayu dan ngegombal saat ia mulai beraksi mencari korban .

tuaksatu mengatakan...

YUUUUPPPSSSS......OK Pal, harap berhati-hati bagi wanita yang merasa dirinya cantik dan seksi, karena sekarang sudah banyak buaya darat yang keluar dari sarangnya berkeliaran dimana-mana. Broer Proxy73 nongkrong di sini ....wkwkwkwkwk.....

Bigmike mengatakan...

Howdy, selamat sore sahabat blogger.

Terima kasih bagi yang sudah mampir ke blog dan, terutama, sudi memberi komentar. Tuhan memberkati

Bigmike mengatakan...

Komentarnya beraneka ragam. Macam-macam dan mengasyikkan. Ada yang serisu dan ada pula yang jenaka. Apalagi 2 hari belakangan ini saya terkena demam berat sehingga komen yang beraneka rupa ini menjadi "obat" penyembuh yang baik.

Tentang apa tulisan saya? Sebenarnya, jujur saja, saya cuma ingin mempromosikan buku keponakan saya, joshua. Lalu, saya beri bumbu sedikit-sedikit di sana-sini. Dan lalu, ha ha ha ha, kebanyakan tanggapan malah bergerak ke arah selingkuh dan se[utar itu ha ha ha ha ha ha....

Tujuan membuat promosi jadi malah "melenceng"...ha ha ha ha....maka supaya joshua tidak marah ke saya maka ini koen saya:

BELILAH BUKU KARANGAN JOSHUA ....ha ha ha ha hae... ha ha ha ha

Tabe

Bigmike mengatakan...

Khusus saudara saya, To'o Eddy Messakh:

Sonde usah talalu serius dengan posting ini. Yang serius adalh beli bukunya joshua ha ha ha ha ha ha

Salam dari jao, dari tana Timor Bolelebo.
Teruslah berkarya.
Tuhan memberkati

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Posting yang, menurut pengakuan penulis, cuma main-main. Lha, kalau sungguhan bagaimana? ha ha ha ha ada-ada saja. Good psoting dan mencerahkan.

APakah penulis buku itu adalah Joshua yang terlibat diskusi "panas" bersama saya?????? wah....ha ha ha ha ha. Salam (Eman, CN, Oebufu)

Anonim mengatakan...

Soal. selingkuh...saya tidak berani banyak omong. Bigmike bikin gara-gara karena posting ini membuat isteri saya cemberut 2 hari ini ha ha ha ha ha ha. Sory, no comment this time (Eman)

Anonim mengatakan...

gue gak setuju ma STS

kalo gue gak setuju ma yang namanya selingkuh apapun alasan ataupun sebabnya karna selingkuh itu jahat n kejam mending kalo udah gak suka putus aja dari pada gak setia,karna rasanya dikhianati itu sakit.

Elo-lo yg begurau ttg selingkuh kek nya belon pernah ngerasain diselingkuhi sih....(PM)

Anonim mengatakan...

Eneng PM kok sewoootttt...hi hi hi hi hi....

Gini nih eneng,
"Selingkuh Tp Serius" (STS), gimaannnnaaaa... klo "Selingkuh Tp Sama-Sama Seneng" (STS3) itu asyik ga????

Tapi mnrt gw sich, mendingan lbh baik "Setia" aj (Selingkuh Tiap ari) he2.. ngga2., maksud gw setia beneran gtu looo sm pasangan elo2 pade,biar awet, langgeng n diberkahi sm yg di "Atas" Amien.....!!!!!

Cocok eneng???? (Proxy73)

Anonim mengatakan...

hhhmm...
bbrp hari tidak kesini rupanya ada topik cinta. saya kuatir tidak mampu menjawab ini :(

sahabat eman,
saya ini berkomentar saja tdak mampu; tidak punya nalar, apalagi menulis buku.

kembali ke soal cinta, saya agak bingung kalau cinta, katanya, = keyakinan. mungkin ada yg bisa beri penjelalan.

soal sts, kalau premisnya dia jahat dan kejam karena dihianati itu sakit, bagaimana kalau saya selingkuh dan tidak ketahuan dan tidak ada yg sakit hati???

(joshua)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Sudah terklarifikasi. Mister Joshua sendiri yang membuatnya. Saya memilih percaya pada Joshua.

Semalam saya ke Gramedia. Buku itu belum ada. Lantas, Bigmike, kapan menerbitkan bukunya? (Eman, CN, Oebufu)

Bigmike mengatakan...

Semalam, 19 Februari 2009 pukul 21.30 di Jogjakarta telah meninggalkan tempat mampir minum ini:

Prof. DR. Ir. Achmad Sulthoni, M.Sc
(1932 - 2009)

Almarhum adalah Promotor saya ketika S3 di UGM, Jogjakarta. Salah satu manusia dengan kemampuan memberi kasih secara pantas.

Di gelombang radiasi energi di manapun bapak berada, saya ingin mengucapkan Selamat Jalan Pak SUl. Saya sungguh berhutang kepada Pak Sul.

Bigmike mengatakan...

@ Bung Eman,

Joshua yang menulis buku adalah keponakan saya. Anak dari saudari perempuan saya. Sedangkan Mister Joshua, rekan diskusi kita, saya tidak tahu siapa dia kecuali bahwa dia adalah sahabat dunia maya kita. Dunia Anonim.

Selamat bekerja Tuhan Memberkati

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Kita kehilangan salah satu pendiri fakultas Kehutanan UGM. Juga salah satu peletak batu pertama disiplin konservasi SD Hutan di UGM dan Indonesia. Kita kehilangan orang tua yang baik. Saya kebetulan sedang di luar Jogja dan karenanya sangat sedih tidak bisa melayat salah seorang yang saya kagumi.

Sebenarnya dari beliauah nama Bigmike saya kenal. Almarhum selalu menceritrakan Bigmike secara antusias laksana anak sendiri. RIP (Patrice)

johanes mengatakan...

@ Bigmike,

Posting yang amat baik. Memberi pencerahan. Begitulah seharusnya tugas seorang Penatua. Iya nggak?

Saya juga ingin menyumbang pemikiran.

Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat, dan juga keserakahan, yang serupa dengan penyembahan berhala (Kolose 3:15)

johanes mengatakan...

Seks adalah ciptaan Allah. Semua yang diciptakan Allah baik dan indah serta bermakna termasuk seks. Karena itu seks atau hasrat seksual bukanlah dosa apalagi sumber segala dosa.

Lantas artinya apa? Ayat di atas mau mengingatkan kita agar seks yang baik dan indah itu dimurnikan dan dijaga. Yang harus dimatikan atau dilawan bukan hasrat seksnya, tetapi hasrat dan perilaku seks yang tidak benar atau menyimpang, yaitu: zinah, selingkuh, kekerasan, manipulasi, egoisme dan keserakahan.

Dengan demikian seks kembali hanya didasari oleh cinta, penerimaan, kesetiaan dan kejujuran, penyerahan diri dan perlindungan pasangan secara total yang hanya dimungkinkan dalam pernikahan.

Anonim mengatakan...

Semua pria berbakat selingkuh ? Hmmmm, benarkah ? Sepertinya demikian. Maraknya berita soal nikah sirri belakangan ini, agaknya bisa dijadikan sebagai salah satu indikator.

Nikah sirri kerap dijadikan sebagai solusi (jalan pintas) menghindari perzinahan. Tetapi, tetap saja hal itu bisa dianggap sebagai aktualisasi bakat selingkuh, walaupun nikah sirri dianggap legal dalam perspektif agama (Islam).

Anonim mengatakan...

Tetapi, masih lebih banyak lagi, pria terlibat selingkuh berlumur dosa. Misalnya, seorang suami memadu kasih dengan seseorang, lalu perempuan itu dijadikannya sebagai istri simpanan (dan tak pernah dinikahi), walau sebatas nikah sirri sekalipun.

Semua pria berbakat selingkuh ? Kalau Anda menanyakan soal ini kepada kaum pria, mereka pasti tak akan membantahnya. Kendati sudah punya istri, tunangan, pacar, semua pria lazimnya punya ketertarikan dengan perempuan cantik, menarik, intelek, yang mungkin baru saja dikenalnya atau sama sekali tak pernah dikenalnya.

Anonim mengatakan...

Pria bisa menjalin affair dengan wanita, hanya karena pengaruh sex appealnya saja alias tanpa mempedulikan kepribadiannya. Pria juga bisa terperangkap dalam hubungan perselingkuhan singkat di setiap kota yang disinggahinya…?

Kalau saja selingkuh tak berdosa, mungkin semua pria akan punya selingkuhan di mana-mana, seperti halnya Mick ’si bibir ndower’ Jagger, Charlie Sheen, Christiano Ronaldo, atau Presiden Perancis Nicolas Sarkozy yang rela mencampakkan istrinya demi si super sexy Carla Bruni.

Anonim mengatakan...

Tapi kita juga harus mengakui bahwa tidak semua laki-laki terlibat perselngkuhan. Kata lagu dangdut sih...tidak semua laki-laki...(bigmike posting dong lagu itu)

Mengapa pria-pria khusus itu mampu menahan diri? Penyebabnya bukan karena mereka tak mau selingkuh. Tapi, lebih sering disebabkan beberapa hal.

Pertama, tak ingin rumahtangganya berantakan.

Kedua, takut reputasinya sebagai politisi/ pejabat hancur.

Ketiga, tak punya modal (uang yang cukup).

Keempat, takut pada yang di Atas (Allah SWT)

(Siswanto, JG)

Anonim mengatakan...

sahabat siswanto,

salam kenal, salam hangat buat sahabat. saya teramat tertarik dengan statament ini, saya kutip, "...bisa dianggap sebagai aktualisasi bakat selingkuh, walaupun nikah sirri dianggap legal dalam perspektif agama (Islam)."

saat berdebat ttg apa itu kebenaran, org-org beragama seringkali membuat klaim hanya wahyu yg memiliki kebenaran mutlak. kalau (mohon sahabat konfirmasi ini!) yg mutlak itu melegalkan pernikahan sirih, mengapa dia harus tunduk pada kebenaran manusia yg relatif yg menganggap nikah sirih adalah selingkuh??? saya agak bingung dengan inkonsistensi ini.

terima kasih sahabat.

(joshua)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Bagamana dengan posting baru? Setuju? (Julius)