Sabtu, 25 Oktober 2008

Tuhan itu Baik. It's Okey. Tuhan bercanda? Ah, Jangan bercanda dong (masa' bercanda-lah?)

Dear sahabat Blogger,


Posting kali ini bersifat MMD, main-main dikiiiiiitttttt...ajah....ha ha ha ha. Why? Sederhana saja: saya lagi enggak mood menuliskan sesuatu yang serius. Terlampau banyak pekerjaan serius yang harus saya tangani dalam minggu-minggu belakangan ini. Ibunda yang sakit dan memerlukan perhatian agak lebih ternyata ikut "menerbangkan" bahan-bahan serius yang akan saya posting. Ya, sudahlah. Karena ada kebutuhan untuk "tidak mengabaikan" sahabat-sahabat blogger maka saya memutuskan untuk menulis sesuatu yang agak serius tetapi tidak serius-serius amat. So what? Serius atau main-main. Sungguhan atau bercanda? Jujur saja, saya menuliskannya secara serius.......Eh, nggak kok, cuma main-main...... Lho, serius atau bercanda?......sak karep-mu lah bro en sis......Pokoknya, saya akan menulis dan dimulai dari kisah berikut ini, yang saya ambil dari sebuah folklore Afrika Barat. Begini:

Alkisah pada suatu hari Tuhan berjalan-jalan di bumi menyamar sebagai seorang gelandangan tua dengan memakai sebuah topi berwarna. Ia memakai topi yang satu sisinya berwarna merah, sisi lain putih, depannya hijau dan di belakangnya hitam. Tuhan mendatangi sekelompok orang disebuah desa yang sedang bekerja dan memutuskan untuk bersenda gurau dengan mereka. Karena pembicaraan sangat menarik, semakin malam semakin banyak orang berdatangan mengerumuni Tuhan dan mendengarkan kisah-kisah menarik dari-NYA. Beberapa hari kemudian orang-orang desa kembali membicarakan orang tua yang mendatangi mereka beberapa hari yang lalu itu.

“Apakah kau melihat orang tua bertopi putih yang bercerita malam itu?” tanya orang pertama.
“Putih???Bukan, warna topinya merah” orang kedua menjawab.
“Jangan begitu...warna topinya putih” kata orang yang pertama “jelas-jelas putih…”
“Bukan....” sanggah orang yang kedua. “Saya melihatnya sendiri dengan kedua mata saya dan topi itu jelas berwarna merah.”
“Kamu pasti buta!” kata orang yang pertama.
“Enak saja....tidak ada masalah dengan mata saya” ujar orang yang kedua dengan suara yang mulai meninggi “pasti kamu yang sedang mabuk!”
“Kalian berdua memang buta!” tiba-tiba orang yang ketiga ikut berbicara “ Orang tua itu
jelas-jelas memakai topi berwarna hijau.”
Ada apa dengan kalian ini?” ujar orang yang keempat. “Topinya berwarna hitam dan semua orang bisa melhat warna itu. Kalian pasti setengah tertidur ketika Ia bercerita malam itu. Betapa bodohnya kalian.”

Perseteruan antara mereka soal warna topi Tuhan terus terjadi hingga tanpa disadari kelompok orang didesa itu yang sebelumnya hidup dengan berteman dan rukun berubah menjadi permusuhan. Perseteruan tersebut masih terjadi sampai hari ini, turun temurun kepada anak cucu mereka. Pembenci putih melawan pembenci merah, pembenci hijau melawan pembenci hitam, merah lawan hijau, hitam lawan merah dan seterusnya – masing-masing bersikukuh dengan apa yang mereka lihat, tidak mau dibantah mengenai warna topi yang dipakai oleh Tuhan. Sementara itu, Tuhan sampai saat ini masih sering berjalan-jalan di desa tersebut dan sekitarnya, dalam penyamaran, tapi ironis dan sedihnya, sekarang para pembenci gila tersebut terlalu sibuk mempertahankan argumentasi mereka, sehingga tidak memperhatikan lagi.....

Demikianlah ceritera itu yang sebenarnya ingin berkisah tentang pluralisme dan persepsi kita terhadapnya. Itu betul. Tetapi bukan tentang itu saya ingin berkisah. Point saya ada pada kata bersenda gurau (lihat kata yang dicetak tebal berwarna). Ya, Tuhan, dalam ceritera di atas, ternyata bisa bercanda. Apakah Tuhan bercanda?

Persepsi kita tentang Tuhan pada umumnya adalah tegas, serius dan tidak mau ber-dua-rius. Tuhan itu maha adil. Tuhan itu bisa marah dan murka. Tuhan itu bisa cemburu. Tuhan itu...Tuhan itu....Tuhan itu......semuanya serius. Apalagi, menurut Thomas Aquinas, hukum Tuhan bersifat Lex Divina. Tidak bisa diprotes. Woowww....kesan keren, mentereng dan JA'IM erat melekat dengan persepsi kita tentang TUHAN. Kagak boleh dibecandain. DOsa lu. Kuwalat ente ntar. Betul begitu? Mei yes mei be no.

Begawan Fisika, Einstein pernah berujar begini...Tuhan tidak bermain dadu dengan alam!” ....untuk membela pandangannya tentang alam universal yang dapat diperkirakan dan ditentukan (deterministic theory). Sebaliknya, bermula dari Werner Heisenberg, lalu mempengaruhi Niels Bohr dan, akhirnya, Stphen Hawking percaya bahwa Alam universal adalah ketidak pastian (chaos theory). Jika Eisntein berpandangan bahwa begitu seriusnya Tuhan maka Hawking sebaliknya. Kata Hawking.... "Tuhan tidak hanya bermain dadu. Ia bahkan melemparnya ke tempat yang tidak kita ketahui.”.....Ya, Tuhan suka bercanda. Meskipun bukan murid dari Heisenberg dan Hawking, Didik Ninik Thowok, pesohor ahli menari itu dalam sebuah kesaksian dalam sebuah blog (sori lupa nama blognya) mengatakan begini...."saya percaya, kesuksesan dan kebahagiaan saya adalah jawaban Tuhan atas semua doa-doa saya. Sekarang tidak ada lagi yag bisa menghina saya karena menarikan tarian perempuan. Ya, Tuhan selalu menguji saya sampai batas waktu terakhir. Sampai-sampai, setiap kali saya berdoa, saya tidak tahu apakah saya harus menangis atau tertawa. Memang, TUHAN ITU SUKA BERCANDA".....Nah lo......

Kembali ke laptop. Tuhan itu serius atau suka bercanda sih? Karena saya tidak sepandai Einstein dan atau Hawking maka saya hanya ingin mengatakan begini, .....karena saya diciptakan Tuhan segambar dengan-Nya dan karena saya suka bercanda (meski bisa juga serius), maka saya percaya bahwa Tuhan kadang-kadang suka bercanda.....Anda tidak percaya? cobalah nikmati gambar-gambar berikut ini yang memperlihatkan bahwa DIA memang kadang-kadang bercanda dengan kita.

Belum percaya? Saya beri 1 argumen sesuai dengan referensi yang saya punya.....Dia, yang bersemayam di Sorga, tertawa.........(Mazmur 2:4). You see??????? So, jangan telalu serius dalam hidup. Santailah sedikit. Tertawa dan bercanda-lah. Hidup sudah terlampau berat dengan aneka problematikanya. Resesi ekonomi di ambang pintu. JK nggak mau nurunin harga BBM. Terlampau marah, apa gunanya? Maka,......sekali lagi.......bercandalah barang satu atau dua dikit. Saya amat serius tentang hal ini. Selamat berhari Minggu. Tuhan Memberkati.

Tabe Puan Tabe Tuan

132 komentar:

Anonim mengatakan...

Pertamax!

Beta sonde tau Tuhan, tp kalau beta jadi Tuhan maka beta katawa terbahak-bahak menikmati foto yg ditampilkan.

*katawa raroso*

-nk-

Anonim mengatakan...

Gawat! Bisa2 Besok di gereja juga bisa tertawa sendiri bila ingat Foto2 ini, masa Nk yang ganteng dijejeri foto yang gicu!!!!


(Budi)

Anonim mengatakan...

Bicara berandai-andai, bagaimana kalau @bm jadi Tuhan Allah? Bisa jadi beta milih jadi ateis karena hidup ini pasti jadi panggung sandiwara srimulat.

Ha ha ha...

-nk-

Anonim mengatakan...

@mike

Tuhan menciptakan Tumbuhan itu (Foto tengan atas), padahal Dia tidak membuat Kolor Blacu!!! ha.. ha.. ha..

(Budi)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Salah satu bukti bahwa Tuhan tertawa adalah kelakuan anda itu lah ha ha ha ha ha ha ha ha...kacao nih....ha ha ha ha (Eman, CN, Oebufu)

Anonim mengatakan...

ha ha ha ha ha ha ha...ketawa belom berhenti karena tampang NK dan BM amat jelek dan disejajarkan pula dengan buah-buahan yang ha ha ha ha....besok doa saya bakal terganggu nih .....(Eman)

Anonim mengatakan...

ha ha ha ha ha....besok pagi kalo pastornya jelek...ingat-ingat posting ini bisa bikin segar ha ha ha ha (Eman)

Anonim mengatakan...

Ha ha ha ha saya dikasitau Eman bahwa sudah posting baru. Ternyata postingnya....ha ha ha ha ha ada "boa" aneh. Tampang bigmike juga tidak kalah aneh. Yang paling aneh is NK ha ha ha ha ha ha ha...selamat hari minggu.....(13)

Anonim mengatakan...

woooi @13, bung mau bilang tampang @bm mirip foto yg persis disebelah kanannya ko? ha ha ha... *katawa raroso* ha ha ha...

itu foto diambil saat ciom terakhir papa sebelum tutup peti, hikksss... beta sempat lia deng mata ekor... muka @wilmana juga "jelek" bahkan ada ingos melele.

-nk-

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Kemungkinan besar, Tuhan memang suka bercanda. Apa yang dibuat BM adalah bukti Tuhan itu bercanda...BM memang asli mabok ha ha ha ha ha ha (Syamsudin)

Anonim mengatakan...

Dalam satu milis, saya lupa namanya, ada tertulis begini

.....mengapa anda merasa aneh jikalau Tuhan punya Anak? Kalau anda mengakui bahwa DIA MAHA KUASA maka apa nggak dosa berpikir bahwa Tuhan nggak bisa punya anak......

Ya, dalam perspektif MAHA KUASA maka PASTI TUHAN bisa juga bercanda. Antara lain menciptakan tumbuhan ane dan juga mnciptakan momen di mana BM dan NK terlihat amat rusak ha ha ha ha ha ha. Nuwun sewu mas Mike (Widyanto, Jogja)

Bigmike mengatakan...

Selamat pagi semua. Selamat hari minggu. Selamat berbakti bagi yang bergereja. Selamat beristirahat bagi yang tidak. Saya hadir untuk melakukan satu dua editing terhadap naskah posting. Tuhan memberkati anda sekalian

Anonim mengatakan...

@ Pak Mike,


Shalom, saya baru pulang gereja. Oma Riwu Kaho sudah sehat kembali ko?

Posting ini, jujur saja...amat lucu tapi seperti yang diduga kawan Patrice, pak Mike selalu memiliki agenda tersembunyi dalam postingnya. Pluraslisme adalah salah satunya. Saya sendiri menangkap hal lain, yaitu tentang kita yang diciptakan segambar dengan Allah. Apa maksudnya?

DAlam Kitab Kejadian 1:26, tertulis bahwa ... "Berfirmanlah Allah: 'Baiklah Kita menjadikan 'manusia' menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."....

Dengan demikian jelas bahwa maksud segambar dengan Allah adalah adanya penganugerahan sebagian kewenangan Allah, yaitu berkuasa, kepada manusia untuk mengatur bumi.

Maka mengatur bumi dapat dikerjkan melalui beberapa cara. Serius bekerja keras adalah salah satunya. Tetapi ketika kepenatan datang dan kita memerlukan penghiburan maka tertawa, bercanda dan bersendagurau adalah cara yang diberi Tuhan bagi kita.

Mudah-mudahan saya tidak keliru. Kalaupun keliru ah...pak Mike adalah rajanya bercanda di Undana ha ha ha ha. Shalom. Selamat hari inggu. Tuhan Yesus Memberkati (Yes, BTN)

Anonim mengatakan...

eh pak Mike, itu foto-foto itu betulan ko? atau rekayasa?. Ah pokoknya satu lagi psoting yang bermanfaat di hari minggu (Yes)

Anonim mengatakan...

Ha ha ha... Beta jadi inga dolu wkt intip ayam kawin deng Bung wilmana dan @budi... Yg nongol dr kolor blacu itu bentuknya mirip2 boa yg warna putih tu... Cum bet lupa, yg beking putih tu warna kulitnya ato pengaruh panu....

Hwakakakakaka....

=Real DTN=

Anonim mengatakan...

Ha ha ha ha ha .....raaaccoooooonnnn.....raaccoooonnn.....
oleeeeee....oleeeeee ....raacoooonnnn.....(Proxy73)

jiwamusik mengatakan...

hihi.. hihihi.....

gw mo ngomen aj suse saking kegeliannya ngebayangin saat2 BM ngetik or mo posting ini. Cobak aj bayangin ndiri, muka serius, mulut tertutup rapat, dahi mengkerut, mata menatap tajam ke laptop n then u c... hasilnya kek gini.

Se-serius2nya BM adeee... aj becandenya, se-bcande2nya BM bissaaaa... ajah nyelipin kotbah2nya. huahahaha.... hush!! jangan terlampau ngakak ah

~JM

Anonim mengatakan...

emang asyik becandaan. Dan akan berkurang asyiknya jika untuk urusan becanda aja kita mesti ditaburi ayat...nih gw ngutipin dari sebuah blog di wordpress....(nggak usah namanya bro..ketahuan begonya ntar...wakakakekekekkk.....)


......Bercanda, mengasyikkan memang. Dengan bercanda dapat menghilangkan stress sesaat, hati lupa akan masalah yang ada dipikiran, senang, tertawa dan merupakan obat awet muda katanya. Tapi perlu diperhatikan etika dalam bercanda, karena bisa-bisa membuat orang bisa terjerumus dan membuatnya mendapat siksa ketika matinya. Berikut etika dalam becanda dalam Islam.......

Anonim mengatakan...

......Hendaknya percandaan tidak mengandung nama Allah, ayat-ayat-Nya, Sunnah rasul-Nya atau syi`ar-syi`ar Islam. Karena Allah telah berfirman tentang orang-orang yang memperolok-olokan shahabat Nabi Shallallaahu alaihi wa Salam, yang artinya:
“Dan jika kamu tanyakan kepada mereka (tentang apa yang mereka lakukan), tentulah mereka menjawab: “Sesungguh-nya kami hanyalah bersenda gurau dan bermain-main saja”. Katakanlah: “Apakah dengan Allah, ayat-ayat-Nya dan Rasul-Nya kamu selalu berolok-olok?”. Tidak usah kamu minta ma`af, karena kamu kafir sesudah beriman”. (At-Taubah: 65-66)....

Masih berani becanda nggak kalo ude begcyuuuu....

kalo gw berani karena ...Allah SWT itu maha baik......masa' becanda aja diancam neraka?????? ha ha ha ha (Proxy73)

Anonim mengatakan...

wooooiiiii....encik JIMI...dari mane aje ente...kok pake ngilang.....ente juga nggak kalah maboknya kebanding BM.......keep on psotung me meeennnnn.....ha ha ha ha ha (Proxy73)

poempuisi mengatakan...

@ Bigmike,

Anda sungguh jenaka tapi sekaligus anda sungguh serius. Posting jenaka ini lagi-lagi anda tulis dengan pendekatan prosa yang menurut saya...mengagumkan....

poempuisi mengatakan...

untuk kejenakaan anda, saya hadiahkan sbuh puisi gil dari Sutardji CB....

mantera

hei Kau dengar manteraku

Kau dengar kucing memanggil-Mu

izukalizu

M a p a k a s a b a itasatali

tutulita

papliko arukazabaku kodega zuzukalibu

tutukaliba dekodega zamzam logotokoco

zukuzangga zegezegeze zukuzangga zege

zegeze zukuzangga zegezegeze zukuzang

ga zegezegeze zukuzangga zegezegeze zu

kuzangga zegezegeze aahh….!

nama-nama kalian bebas

carilah tuhan semaumu

Anonim mengatakan...

kali ini komen @proxy73 lumayan cerdas. Ooppssss... saya mau tertawa dulu, ha ha ha ha... 100X... ha ha ha... becanda pake ayat nambah 'renyah' suasana. mantaf bro!

-nk-

Anonim mengatakan...

@ bigmike,

thanx atas postingnya. Sungguh menghibur. Lebih dari sekedar menghibur, juga mencerahkan. Ya, tidak perlu semua persoalan kita hadapi dengan cara marah-marah. Kemarahan hanya akan mendatangkan kemungkaran dan kemungkaran mendatangkan dosa. Justru yang ini yang akan menuntun kita ke neraka (Nana)

Anonim mengatakan...

@ Proxy73,

Tumben...waras....ha ha ha ha....warasnya Proxy73 sama jenakanya dengan posting BM.

Akan tetapi gini bro, ada satu kisah yang menunjukkan bahwa dalam Islam, tidak semua hal diselesaikan dengan marah-marah. Gini,

pada suatu hari Rasulullah sedang menceritakan sebuah riwayat, sementara di samping beliau ada seorang Badui. Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya ada seorang lelaki dari penghuni surga meminta izin pada Tuhannya untuk bercocok tanam. Lalu Allah bertanya kepadanya, ‘Bukankah semua keinginanmu sudah terpenuhi?’ Lelaki itu menjawab, ‘Benar, tetapi saya senang bercocok tanam.’

Kemudian orang itu mulai menabur benih tanaman. Dengan cepat tumbuhlah benih tersebut menjadi tumbuhan yang siap dipanen. Ketika dipanen, hasilnya menumpuk seperti gunung. Lalu Allah berfirman, ‘Cukup wahai anak Adam. Memang tidak ada sesuatupun yang dapat memuaskan dirimu.’."

Orang Badui yang mendengar cerita Rasulullah segera menyahut, "Demi Allah, dia itu pasti orang Quraisy atau orang Anshar karena merekalah yang melakukan pekerjaan cocok tanam. Sedangkan kami bukanlah orang yang terbiasa melakukan pekerjaan itu."

Mendengar ucapan Badui ini, Rasulullah pun tertawa. (HR Al-Bukhari, no. 2348)

Nah, you see? Rasulpun bisa tertawa (Nana)

jiwamusik mengatakan...

@Proxy73
haddoo...

serius nih, asli slik.
itu bisa berkepanjangan ato bisa menjurus ke diskusi gazebo (ga zelas boo)

singkatnya aja, nyimpulin ayat ga semudah bikin indomi. banyak tafsir, disini sy langsung to the point yg mnr saia paling sahih (terlalu panjang kalo dibahas).

1. Ayat2 tsb ditujukan buat geng orang2 kafir yg memusuhi agama (nabi, quran, allah) yg kala itu emang lagi punya makar. Mnr saia orang2 kafir yg tidak memusuhi agama belum tentu termasuk dlm ayat ini. Wallahualam.
Eh btw, mnr kisah, salah satu anggota geng itu ada yg ndut n doyan makan mlulu loh. ha ha ha...

2. yg dimaksud berolok2 tsb adalah menyebarkan permusuhan via fitnah dan ejekan2 thd agama oleh geng kafir tsb. Namun niat dan makar tsb ketahuan ama salah satu muslim dan melaporkannya ke nabi.

3. yg dimaksud kamu kafir ssd beriman tsb adalah allah mau ngasih tau nabi cara menjawab ke geng tsb bila mereka minta maaf dg cara pura2 tobat (taubah) dan berjanji akan beriman salaminya. Jadi allah mau ngasih tau bhw sesungguhnya mereka (yg dilaporkan ke nabi tsb dan pura2 minta maaf sedang punya niat jahat banget, dan pura2 aja beriman (munafik)

Jd jelaslah, ga ada hubungannya ayat2 diatas dengan becanda, yg ada adalah niat jahat (makar) dan menyebarkan permusuhan thd tuhan. Keknya, tuhan sulit memaafkan yg orang2 model beginian ini.
paham ga? kalo ga, ya silahkan tanyakan ke ustad dan ustadzah disini deh

ps.
tx atas atensinya. seminggu ini bos gw lagi ngilang, jd terpaksa mikir (plus ngomel2 dikit) di ktr pdhl biasanya tinggal nurutin printah bos (ga pake mikir). So bawaannya cape mlulu, ud gw critain dipostingan gw 18an

~JM

Anonim mengatakan...

wooiiiii Nana....

gw masih OL. Thanx udah ngapresiasi gw waras....wakakakekekekakakakak.....hareee geeneeee waras???????

Iya deh, gw akuin apa yg elo bilang but coba bro liat ndiri...

Bandot Puji kawin ama anak di bawah umur yang di barat pasti dihukum karna paedophylia...eh si fauzan dari MMI bilang....yang ngelarang syech puji kawin sama anak bau kencur harus KELUAR DARI ISLAM....naaahhhhh....serius kan?????

emang bapak moyangnya yang ngatur gw muslim dan keluar muslim? dapat mandat dari mane tuh si fauzan? dari Allah SWT? dari Baasir bos MMI nya? ah...telalu serius dia tuh.....????? Kita yang len diam?????wahhhh......lucu. sama lucunya dengan postingnya BM ha ha ha ha ha

gitu azzaaaahhh bro....(Proxy73)

Anonim mengatakan...

Hoooiiiii encik JIMI,,,,kaga nyangka....ente ternyata kalo lagi enggak mabok....uztad jua heehhhh????...wakakakekekekikikik..
ya udah thanx atas pencerahannya....sori kalo gw salah..... Jangan telalu seriuslah kata bos blog ini ha ha ha ha (Proxy73)

Anonim mengatakan...

oh ya, tambahan komen gw diatas

kenapa geng tsb sampe minta2 ampun n pura2 berikrar mau beriman salaminya begicyu? jelas krn mereka ketakutan kalo makar jahat mereka ketahuan? kenapa sampe sebegitunya ketakutan kl ketahuan? ini disebabkan prasangka2 buruk mereka sendiri andaikata ketahuan bakal turun ayat yang menghalalkan utk menzolimi mereka dan keluarganya dg cara apapun, dengan ato tanpa alasan. Ternyata prasangka2 buruk tsb tidak pernah terbukti instead of just fyi buat nabi.

~JM

Anonim mengatakan...

Seblon gw off, yoohaaaaaaa....all sohib perhaitkan kutipan berikut ini. Lucu nggak tuh?

Presiden PKS Tifatul Sembiring mengaku kurang simpati dengan pihak-pihak yang menghujat pernikahan Syekh Puji dengan gadis belia berusia 12 tahun yang dianggap kontoversial.

"Mungkin kita tidak sependapat, tapi jangan sampai menghujat para ulama. Karena kalau umat Islam tidak menghormati ulama, siapa lagi yang akan menghormati mereka," ujarnya di sela Rapimnas PKS di Hotel Sahid Jakarta, Minggu (26/10/2008).

So, kalo begitu ulama yang bejat juga wajib dihormati? Pantes si Rhoma Irama doyan kawin....ah kalo gini gw ogah milih PKS lagi dah....golput aja kaleeeeee.....(Proxy73)

Anonim mengatakan...

@ MR JIMI,

di blog anda sudah ada lagunya Didi Kempotyang berjudul cucak rowo?????

Cucak Rowo
by Didi Kempot

Kucoba-coba melempar manggis
Manggis kulempar, mangga kudapat
Kucoba-coba melamar gadis
gadis kulamar janda kudapat

Saiki jamane, jaman edan (ye ye ye ye…)
Wong tuwo rabi perawan
Perawane yen bengi nangis wae
amargo wedi karo manuke

Jamane, jamane zaman edan
Wong tuwo rabi perawan
Prawane nek bengi nangis wae
amergo wedi karo manuke

Iki piye? iki piye? iki piye? (ye ye ye ye…)
Wong tuwo rabi perawan
Perawane yen bengi nangis wae
amergo wedi karo manuke

Manuke, manuke cucakrowo
Cucak rowo dowo buntute
Buntute sing akeh wulune

Yen digoyang, serr… serr…
aduh enake…
Yen digoyang, serr… serr…
aduh penake…
Yen digoyang, serr… serr…

Lagu ini sebenarnya lagu lucu-lucuan. Tapi terhadap kasus saudara Puji, masyaallooooohhh, lagu ini adalah TIKAMAN terhadap sika religiusitas kita.

Saya menangkap apa yang sudara Proxy73 maksudkan, yaitu BERHETILAH berteori tentang ayat karena soal syech Puji (nggak tahu dapat dari mana gelar itu) adalah soal etika religius kita.

Apa pantes banadot tua kawin sama bocah berumur 12, 9 dan 7 tahun? Renungkan itu dan tidak usah berteori dengan ayat (Syamsudin, blogger tua)

Anonim mengatakan...

Ya, benar. Allah memang suka bercanda. Dia bercanda ketika dibiarkanNya si Puji mengakaku sebagai syech. DibiarkanNya pula si Puji kawin sama anak-anak di bawah umur sembari, kata si Puji, meniru Aisyiah. Tuhan memang bercanda...... Dan Si puji serta para pembelanya terkena sakit JIWA. Paedohpylia itu sakit jiwa lho...(Nana)

Anonim mengatakan...

@(Syamsudin, blogger tua)
sy kok ga bisa menangkap apa yang bapak maksudkan. sy cuman bisa menduga-duga aja, kayaknya bapak barusan nonton suster ngesot n masih terpengaruh yaa...
hayo, ngaku ajalah!

sy kira, mayoritas pembaca forum ini maklum dan ndak mengharamkan Proxy73 berteori ttg soal percandaan dg ayat2 tsb. sy pun berterimakasih dapat pelajaran baru ie. ternyata ada orang2 yg mengharamkan becanda dg ayat2 tsb. sy sekedar menyampaikan apa yg pernah sy tahu so far, dan sy kira ndak ada yg mengharamkan juga kalo ada yg mau berkenan membantahnya dg dalil2 yg lebih syahih. silahkaaan....

maafkan sy kalo slm ini sy salah mengira blog ini menganut pluralisme yg menghargai segala persepsi, dengan atau tanpa teori, dengan atau tanpa ayat.

Bukannya sok mau ngajarin, cuman ngingetin aja, kali2 dah lupa. Pada postingan ini, si empunya blog jelas2 tulis tuh bhw point beliau ada pada kata bersendau gurau. Bersendau gurau yaa.. bersendau gurau.

Ataukah... maksud bapak rikues jawaban sy atas pertanyaan tsb? maafkan sy, kalo sy beda persepsi, menurut sy ini soal serius n ndak bisa dibahas dg bersendau gurau. Jadi kalo mau tau jawaban sy soal ini, silahkan tunggu postingan BM yg bahas masalah ini dg serius dan silahkan ber-harap2 semoga sy mau ngomen2 disitu. Saat ini sy sedang merasa sayang melewatkan suasana bersendau gurau ini.

Cheers!
~JM

Anonim mengatakan...

Ha ha ha MR JIMI rupanya kali ini tampil dalam rupa uztad percis kata si gemblung Proxy73. Ya kita setuju aja deh ma JM bahwa BM emang maunya candaan doang. Udah terlalu banyak amarah. SO sante dikit nggak dosa kan? he he he he (Erick)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

sorry lama enggak nongol. Sibuk ajah...kok meirip pejabat yach...sayang ya gw terlewat beberapa diskusi asik. Ya, udah setuju dech...kita nyate aja lageeee...di Gereja juga tadi gw asik-asik ajah tuh meski ibu pendeta khotbahnya bikin ngantuk. Emang TUHAN suka becanda ha ha ha ha ha ha (Erick)

Anonim mengatakan...

Woooiiii JM, wajib tuh ente nongol di sini kerna komen-komen ente kadang bikin kejutan ...Keep on psoting yach ....ha ha ha ha (Erick)

poempuisi mengatakan...

Ha ha ha ha Bigmike, I'm back...

Saya masih saja tertawa mengingat gambar-gmbar di posting ini dan..begitulah...saya balik he he he...(mudah rindu sama bigmike...kenapa yaaaa???? ha ha ha ha)

Nih ada satu puisi PALING JENAKA yang bisa saya koleksi. Puisi ini ditulis oleh Joko Pinurbo tahun 1996. Silakan nikmati dan tertawalah.....

CELANA, 1

Ia ingin membeli celana baru
buat pergi ke pesta
supaya tampak lebih tampan
dan meyakinkan.

Ia telah mencoba seratus model celana
di berbagai toko busana
namun tak menemukan satu pun
yang cocok untuknya.

Bahkan di depan pramuniaga
yang merubung dan membujuk-bujuknya
ia malah mencopot celananya sendiri
dan mencampakkannya.

“Kalian tidak tahu ya,
aku sedang mencari celana
yang paling pas dan pantas
buat nampang di kuburan.”

Lalu ia ngacir
tanpa celana
dan berkelana
mencari kubur ibunya
hanya untuk menanyakan,
“Ibu, kausimpan di mana celana lucu
yang kupakai waktu bayi dulu?”

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

memang blog yang aneh dan lucu. Bagaimana ceriteranya kok dari Tuhan yang bertopi warna warni, buah berbetuk "ajaib" terus ke balada manusia cari celana....ha ha ha ha ha ha.....luas biasa....gw ketawa ngakak nggak mau berhenti nih....ha ha ha ha (Ryan)

Anonim mengatakan...

Eh, itu mbak atau mas poempuisi. Gw udah ngintip blognya. Lumayan keren tapi coba dicariin sesuatu yangkhas. BTW ente udah lebih berani dari kite-kite nyang komen doang ha ha ha ha. Salam kenal ya. Puisi celana di atas kocak banget...ha ha ha (Ryan)

Anonim mengatakan...

Nih gw nggak mau kalah sama poempuisi/ Gw juga punya koleksi puisi jenaka...baca ya...qul....

.ANAK BERTANYA

+ ayah, bagaimana cara menjadi pejabat?
- belilah topeng dan pistol, anakku!

+ bunda, bagaimana cara hidup selamat?
- belilah topeng dan pistol, anakku!

Serang, 2002

NASEHAT ORANGTUA

anakku, jika ingin hidup makmur
jangan pertnah jadi ketua
jadilah wakil saja: wakil rakyat


MIMPI

semalam aku mimpi
di ciceri ramai sekali
orangorang jual beli kursi
seraya menjilati pantat sendiri

ha ha ha ha....tuh sekalian hadiah bagi para cale colak colek yang mau maju taon 09 depan...gw golputsssss.....ha ha ha ha (Ryan)

Anonim mengatakan...

eh....tambah lagi yeee...blon puas gw...

AYAT KURSI

kursi kursi kursi
kutahu yang kucari
kursi kursi kursi
tiada tuhan selain kursi


PARTAI JUJUR

jangan pilih partai kami
sebab kami sesungguhnya penipu
janji kami ialah kursi kami fulus kami
sedangkan nasibmu urusanmu (Ryan)

Anonim mengatakan...

ha ha ha ha ha.....liat posting senyum. Liat gambar ngakak nggak mau berhenti ha ha ha ha

ikutan gila ahhh....

alan-jalan ke pinggir empang
nemu sendok dipinggir empang
hati siapa tak bimbang
situ botak minta dikepang

Buah kedondong Buah atep
Dulu bencong sekarang tetepp

Buah semangka buah duren
Nggak nyangka gue keren

Buah semangka buah manggis
Nggak nyangka gue manis

Buah apel di air payau
Nggak level layauuuuuuu.....

Anonim mengatakan...

eh itu gw, .... //Pritha//

nambah ah,

Pohon kelapa, Pohon durian,
Pohon Cemara, Pohon Palem
Pohonnya tinggi-tinggi Bo!

Buah Nanas, Buah bengkoang
Buah jambu, Buah kedondong
Ngerujak dooooooooonggggggg...

Ada padi, Ada jagung
Ada singkong, Ada pepaya
Panen ni yeeeeeeeeeeeee!

Disini Gunung, Disana gunung
Banyak amat yah gunungnya...

Disini bingung, Disana linglung
Emangnya enak, engga nyambung....

Anonim mengatakan...

lageeeeeeeeee......

Buah semangka berdaun sirih
Buah ajaib kali yah?????????

Kura-kura dalam perahu
Iseng banget tuch kura...

Jalan kaki ke pasar baru
Jauh boooooooooooo....

Jambu merah di dinding
Jangan marah just kidding

jauh di mata,dekat dihati
jauh di hati,dekat dimata
jauh-dekat seribu perak

Anonim mengatakan...

Nemu gesper, di pinggir jalan
kalo laper, makan tu gesper

Men sana in corpore sano
gue maen kesana,
elo maen ke sono!
hahaha....palelo ijo

disana gunung, disini gunung,
ditengah-tengah bunga melati
saya bingung kamu pun bingung
kenapa ada bunga melati ???!?

Jalan-jalan ke kota paris
lihat rumah berbaris-baris
enak luh jalan jalan melulu

ha ha ha ha ha ha udeeeeeeeehhhhh.....capek dech....

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Emang gw lagi suntuk berat. Banyak yang harus dkerjakan dan bikin rusuh hati. Untung my bigmike tau kebutuhan gw. Postingnya adalah penghibur hati. Thanx //Pritha//

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

dalam puisi celana kiriman poempuisi, ...si tokoh sedang mencari celana ketika bayi tuh...jangan-jangan itu celana belacu yang dipake bigmike ha ha ha ha ha ha ha ha......(Jodie, absen kantor ni hari)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike and all,

ya waktu kami kecil dulu, papa mama suka bikinkan kami celana yang dibikin dari bahan kain belacu. Nggak tau apa di toko-toko masih dijual kain merek famatex atau dekadetex yag amat top waktu itu. Saya suka pesan ke mama untuk mereknya ditaruh di bagian luar ha ha ha ha.

Kadang-kadang celana itu diberi tali yang akan disangkutkan ke bahu. Namanya celana monyet. Itulah celana kami dahulu, ketika kecil di Kupang. Apakah masih ada yang memakai celana itu sekarang? saya kira tidak. Nggak nyangka sahabat kita yang doktor pakar kehutanan malah masih ngefans sama celana belacu ha ha ha ha ha

Ngomong celana belacu, saya jadi teringat masa kecil di Kupang yang asik tapaleuk seputaran oeba, merdeka, naik gunung dari kubur Oeba ke arah kampung baru cari kayu monyet di Lasikode. Sekarang kami semua sudah di negeri orang. Kupang manis mau mati. Bae sonde bae tanah Kupang paling bae.

Tuhan memang bercanda karena biar kata Kupang adalah kota kering tandus tapi kami selalu mengatakannya sebagai kota terbaik. Anehnya, kami malah migrasi ke mana-mana. Lucukan? (Jodie, Bogor)

Anonim mengatakan...

@Pritha, Ryan, etc

disini goiang, disana goiang
mau lagi doooooong.......

~JM

Anonim mengatakan...

hihi hi hi mas JM sedang bergoyang-goyang coz mabuk ha ha ha.

Blognya mas JM juga rajin gw kunjungin nyari-nyari lagu menghibur hati nan duka lara ha ha ha ha. Thanx ya mas atas posting lagu-lagunya....//Pritha//

Anonim mengatakan...

@ Bung Mike,

....."Kami menemukan bahwa tanda-tanda tradisional untuk kedewasaan seperti menikah atau mendapatkan pekerjaan merupakan hal yang tidak terlalu penting bagi partisipan kita," kata Fiona Ulph dai Universitas Southhampton di Highfield. "Justru, nampaknya karakteristik yang mengasuh individualisme merupakan hal yang penting untuk menentukan kedewasaan seseorang"......

Demikianlah penelitian ilmiah yang pernah dilakukan tentang ukuran kedewasaan. Apa hubungannya dengan ajakan bercandanya bigmike?

Bercanda adalah cara-cara berkomunikasi yang menunjukkan ketidak atau kekurang seriusan seseorang dalam berkomunikasi. Bercanda juga menunjukkan, diasosiasikan seperti itu, sifat kekanak-kanakan.

Kesan tidak serius inilah yang "menghambat" orang dalam memiliki sifat yang satu ini. Saya piir istilah JAIM datang dari upaya untuk selalu menunjukan sikap-sikap bahwa, saya adalah orang serius. Saya tidak kekanak-kanakan. Apa betul begitu?

Anonim mengatakan...

Fiona Ulph dalam penelitian yang sama, pada bagian kesimpulan, mengajukan 5 indikator kedewasaan seseorang.

1. Menerima tanggung jawab sebagai konsekwensi atas perbuatannya.

2. Memutuskan masalah berdasarkan keyakinan diri sendiri dan nilai-nilai secara independen, tanpa pengaruh orang tua maupun pengaruh lainnya.

3. Memperoleh pendapatan sendiri dari orang tua.

4. Menjadi orang yang tidak terlalu mementingkan diri sendiri dan lebih mengembangkan rasa tenggang rasa kepada lainnya.

5. Menghindari mabuk ketika mengemudi.

Nah, di sana sama sekali tidak tercantum bahwa suka bercanda adalah sifat yang dewasa.

Kalau begitu apakah, Bigmike adalah manusia yang tidak dewasa?

Anonim mengatakan...

Dalam tulisannya tentang essential of organizational behavior, Robins (2002) mengatakan bahwa kombinasi antara sikap dan perilaku akan membentuk personality. Disebutan bahwa ada 5 besar faktor personality, yaitu

1. ke-ekstrovertan
2. keramahan
3. keberhati-hatian
4. stabilitas emosi
5. Keterbukaan terhadap pengalaman

Di antara 5 besar itulah, sifat-sifat bercanda bisa kita temukan. Bagaimana cara kita menilai bercanda itu dewasa dan kekanak-kanakan? Saya usul, bagi yang ingin mengetahuinya, bacalah komentar BM di posting rumput yang menguraikan 6 tahap perkembangan etika. Silakan menyimpulkan sendiri. Saya hanya mau menyimpulkan sahabat saya yang satu ini

Anonim mengatakan...

Bigmike adalah manusia yang sekali waktu tidak ekstrovert dan sanghat ramah tetapi sekali waktu amat menutup diri. Terlalu amat banyak bukti bahwa dia seringkali kurang berhati-hati. Emosi? kadang amat sangat diam kadang bisa meledak. Tetapi pengalaman saya juga menunjukan bahw dia tidak pernah ragu untuk belajar hal-hal baru yang diminati. Dia juga tidak pernah kiir berbagi ilmu. Ilmu ada untuk semua katanya.

Lha manusia macam apa ini? gado-gado? itulah dia. Seharusnya dia sudah menjadi bbuah sempurna tetapi kadang-kadang kita temukan dia dalam keadaan persisi seprti buah yang digambarkan di posting.

Apa kesimpulannya?

Anonim mengatakan...

Gambaran Bigmike adalah gambaran kita semua. Serba tidak sempurna? Kalau kita percaya teori penciptaan maka mengapa Allah tidak membuat segala sesuatu sempurna? Aha, ini sialnya, bigmike benar (atau 1/2 benar), Tuhan memang suka bercanda....

Anonim mengatakan...

wooooiiiiiii ama Ludji, dengan komentar begitu mantap apakah beta su bisa jadi filsuf ke ana ganteng ko? ha ha ha ha ha ha.....

Tapi ana ganteng pung model di foto ke orang ada dalam kakus ha ha ha ha ha ha ha ha

Selamat bekerja. Tuhan memberkati (A9ust)

Anonim mengatakan...

@ A9ust,

anda memang jempolan. Kali ini bagus sekali ulasan anda. Anda juga benar waktu mendeskripsikan tampang BM persis di dalam k.....ha ha ha ha ha ha kapaok dia. BM tadi kampus tapi su abis mengajar dan skarang tidak keliatan lagi. Mungkin sedang pi bercanda di tempat laen lagi ha ha ha (John, Oemasi)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike dan A0ust,

karena A9ust sudah memulai, saya ingin ikut sumbang pikiran.

Kepribadian adalah keseluruhan total cara individu bereaksi dan berinteraksi dengan yang lain. Apakah kepribadian itu berasal dari keturunan atau lingkungan, sampai saat ini belum ada jawaban yang sederhana. Selain itu, dewasa ini kita mengenal faktor penentu lain yaitu situasi. Berkiut ini sedikit penjelasan mengenai ketiga faktor penentu diatas :

1. Keturunan

Karakteristik seperti ukuran fisik, wajah yang menarik, jenis kelamin, temperamen, komposisi dan refleksi otot, level energi, dan ritme biologis umumnya dianggap, entah sepenuhnya atau substansial, dipengaruhi oleh orang tua. Ada 3 arus riset yang berbeda mengenai kredibilitas pendekatan keturunan ini, yaitu (1) melihat pada tiang penyanggah genetik dari perilaku dan temperamen manusia di kalangan anak-anak kecil, (2) mengemukakan studi mengenai anak kembar yang dipisahkan sejak lahir, dan (3) memeriksa konsistensi dalam kepuasan jabatan sepanjang waktu dan sepanjang situasi.

Studi terbaru terhadap anak kecil menunjukkan bukti bahwa ciri-ciri seperti rasa malu, takut, dan sedih mungkin sekali diwariskan secara genetis. Pada anak kembar juga ditemui beberapa persamaan. Sedangkan kepuasan individu ternyata stabil sepanjang waktu. Namun tetap saja, kepribadian bukan hanya dietntukan oleh keturunan.

Nah, sifat-sifat usil yang dimiliki oleh BM dan saudar-saudaranya di sini merupakan gambaran faktor genetis (Pretty Melia)

Anonim mengatakan...

2. Lingkungan

Faktor lingkungan memberi pengaruh yang kuat bagi kepribadian, seperti budaya dimana kita dibesarkan, kondisi awal kita, norma ditengah keluarga, teman, kelompok sosial, dls. Contohnya saja budaya, yang membangun norma-norma, sikap, dan nilai yang diteruskan dari satu generasi ke generasi lainnya dan akan sulit sekali diubah. Baik lingkungan maupun keturunan sama berpengaruhnya bagi kepribadian. Keturunan menciptakan parameter/batas luar, tetapi potensi sebenarnya seorang individu akan ditentukan oleh seberapa baiknya dia menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Apakah BM dibentuk juga oleh lingkungannya? Ya, absolutely. Tinggal kita melihat ada di lingkungan yang mana? Sebagai doktor di kampus ya ciri-ciri kepribadian kaum intelektual kampus pasti akan kelihatan juga. Ya nggak? (PM)

Anonim mengatakan...

3. Situasi

Situasi mempengaruhi efek dari keturunan dan lingkungan terhadap kepribadian. Kepribadian, walaupun umumnya stabil dan konsisten, bisa berubah dalam situasi yang berbeda-beda. Contohnya saat berada dikantor, kepribadian yang tidak baik akan ditahan....

Tentng siutasi nilah hal tersulit. Mengapa? siapa bisa memastikan keadaan hari besok? Karena situasi selalu menghasilkan peluang maka pribadi yang memanffatakan situasi dan peluang tanpa memiliki rencana yang tersendiri sembari mengail keuntungan pribadi, sering disebut sebagai kepribadian oportunis. Pengertian ini netral sebenarnya tetapi dalam perilaku umum, dia menjadi berkonotasi negatif.

Bercanda misalnya, adalah siutasional tetapi bigmike yang memanfaatkan situasi dan tidak untuk kentingannya sendiri, tidak akan disebut oportunis.

Inilah sebabnya, saya jatuh cinta pada bigmike dan blognya karena ada ketulusan berbagi keceriaan bagi kita semua. So, Pritha nggak bisa memonopoli sebutan my bigmike. Seharusnya our bigmike....he he he he just kidding...(PM, GK, Jkt)

Anonim mengatakan...

Dear Allh dan khususnya bung A9ust, kayaknya referensi kita sama deh..si S.P Robbins ha ha ha ha .....

Tuhan emang suka becanda. Kita yang saling enggak kenal tapi bercakap-cakap dengan referensi yang sama. Subhanallah. Maha suci Allah (PM)

Anonim mengatakan...

@BM,
Dari tulisan2 yang dibuat, dapat saya simpulkan kalo @BM itu orangnya lucu, kaya imajinasi, mampu mempermainkan perasaan orang lewat tulisan2. Saya percaya, walau saya belum ketemu langsung @BM tapi pasti @BM bisa bikin hidup lebih berarti...hehehe...iklan rokok kali (YR)

Anonim mengatakan...

Memang Tuhan itu kadang suka bercanda lihat aja ekspresi Musa yang kebingungan. Saat ia berdoa minta air yang tawar, tapi Tuhan malah menunjukkan sebatang kayu. Tapi akhirnya dari kayu itulah air Mara yang pahit menjadi tawar.
Abraham dan Sarah diajak bercanda oleh Tuhan. Ketika umur Abraham sudah genap satu abad dan umur Sarah mencapai 90 tahun, Tuhan mengulangi janjiNya bahwa Ia akan memberikan keturunan kepada mereka. Kita nggak heran lihat ekspresi si Sarah saat itu..Sarah tertawa dalam hati.
Satu lagi gaya Tuhan bercanda sama Petrus. Tuhan menyuruh Petrus menebarkan jala, padahal sudah semalaman ia tak mendapat satu ekor ikan pun. Dalam hati mungkin Petrus mengeluh. Kalau mengajak bercanda, ini bukan waktu yang tepat.? Meski demikian, ia terhenyak dan rasanya tak percaya ketika melihat jalanya hampir terkoyak karena jalanya sudah tak muat lagi menampung ikan.
Jadi ternyata Tuhan punya sense humor. Ia tidak hanya menyuruh kita bersukacita dalam segala keadaan, tapi sukacita itu sendiri merupakan gaya-Nya. (Adek)

Anonim mengatakan...

@ Adek,

Anda benar. Sangat benar. Kasus-kasu dalam Alkitab menunujukkan bahwa Allah emang maha segalanya. Termasuk maha bercanda. Tapi seperti kata bang A9ust, Allah bercanda untuk kebaikan. SO, jangan terlau serius. Apa lagi dua rius, kata BM ha ha ha ha (Erick, Jkrt)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

daya kemampuan BM untuk mengolok-olok diri sendiri itu, gw sebut saja Tukulisme, pasti datang dari pribadi yang justru sangat posotif memandang hidupdan memiliki asa percaya diri yang tinggi. Menurut saya hal itu berkorelasi positif dengan kedewasaan? Mudah-mudahan bang A9ust sepakat (Erick)

Anonim mengatakan...

ha ha ha ha ha bang A9ust juga bener lagi...eh kenape bang A9ust jadi ngetop yah....tampang BM emang mirip ane ketika berada di....K.....huuuekekekekekakakak....kemungkinan besar tampang bang A9ust juga begitu wkatu di K.....ha ha ha ha....kita semuanya dehh....ha ha ha ha (Erick)

tuaksatu mengatakan...

1. ha ha ha ha ha ......ketawa ngaaaaaakkkaaaaakkkkk doang...ha ha ha ha ...

2. Kagum sama Tuhan karena DIA bisa mmencipta apa saja sampai-sampai yang bisa dipakai untuk melipur lara

3. Apa ide BM? Bagaimana sampai pada ide ini? Ide yang muncul dari kpal nyang besar

4. Setuju dengan istilah tukulisme yang ternyata ada pada BM

5. ha ha ha ha ha ha ....ngakak lagi...ha ha ha ha

Anonim mengatakan...

He he he

ini untuk nambah bahan becandaan

Perilaku SEX Pria tercermin dari merk Celana Dalamnya:

- SWAN : Suka WAnita Nakal

- HINGS : Hebat, Ideal Namun Gemar Selingkuh

- GT-MAN : Goyangan T....ya MANtap

ha ha ha

tuaksatu mengatakan...

sori, di atas itu dari gw,

nah bagaimana tipe wanita jika dilihat dari tipe celana dalamnya

Pake CD sampe ke puser: LUGU

Pake CD mini: NAKAL

Pake CD berenda: KEIBUAN

Nggak pake CD: PENUH PENGERTIAN

wakakakakakekekekek....

tuaksatu mengatakan...

dari mana ide gue di atas? nih, dari CELANA BLACUNYA BM ha ha ha ha

kalo begitu apakah BM dan celana blacunya berarti doski pria jadul?....enggak....

mau tahu BM tipe pria yang bagaimana?....eh nanti aja dulu...apa ada pendapat????

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Apakah Tuhan suka bercanda? Mengikuti logika penciptaan dan kemahakuasaan Allah maka jawabannya adalah ia.

Dari sebuah blog, (bataknews.wordpress.com) ada kisah yang menujukkan bahwa Allah bercanda.


KONON DI SEBUAH tempat, sedang berlangsung pameran dan promosi agama-agama. Seorang lelaki tua dengan antusias berkeliling dari satu stand ke stand lain. Di stand Yahudi dia mendengar seorang Rabbi berpromosi dengan semangatnya. “Kita adalah umat terpilih, mendapat berkat yang telah dijanjikan, dst…”

Di sebelahnya, stand Kristen, seorang pendeta berujar tak kalah berapi-apinya. “Tak ada yang sampai kepada kebenaran, kepada Bapa, kalau tidak melalui jalan ini.”

Bergeser ke stand Islam. Dengan sorban dan jubah melilit tubuhnya, ulama berjenggot sedang berseru. “Agama yang diterima di sisi Allah hanya Islam”.

Begitu juga puluhan stand lain: Hindu, Buddha, Konghucu, dst, semua mempromosikan bahwa jalan mereka, bukan saja yang terbaik, tetapi juga the one and only, satu-satunya, yang berhak disebut sebagai kebenaran.

Lelah berkeliling, Pak Tua pulang, bersimpuh di kamar tidurnya yang temaram. Ia berbisik, “Tuhan, aku bingung memilih jalan. Semua sepertinya begitu yakin menjadi yang terdekat dengan-Mu, menjadi kaum yang Kau pilih. Andai Kau dengar, aku ingin mendengar langsung darimu, jalan mana yang harus kupilih.”

Hening sejenak. Kemudian terdengar suara. “Ah, aku pun jadi tak enak hati. Macam cewek seksi yang diperebutkan pemuda-pemuda kurang kerjaan pun Aku jadinya.”

(Binxars)

Bigmike mengatakan...

Hallo, selamt sore sahabat blogger..

Ternyata bercanda banyak facetnya. Ada bercanda pake puisi. Ada yang becanda pake teori organisasi. Ada pula yang "secara sirik" mengatakan bahwa tampang saya mirip orang dalam ka....s .....ha ha ha ha ha.

Tak apalah. Sante saja. Dulu kita sudah sepakat tentang CARPE DIEM. Aman sajalah.....ha ha ha ha ha

Bigmike mengatakan...

Apakah saya "dengan mengolok-olok diri sendiri" tergolong dewasa. Ya, mei bi yes mei bi no ha ha ha ha ha. Apakah saya rendah hati? yan g pasti tinggi saya cuma 165.12 cm. Enggak tinggi. Pas-pasan ha ha ha ha....

Bigmike mengatakan...

Nah, yang ini penting, yaitu mengenai celana blacu. Yes, itulah celana ternyaman di seluruh dunia.

Mengapa disebut celana ternyaman sedunia. Because what? Ini dia, celana itu mengadung AC, yaitu angin cepoi-cepoi. So ketika yang lain kepanasan maka saya AC, yaitu aku cante saja ha ha ha ha ha ha ha

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

gw juga punya koleksi humor sufi dengan tokoh si Nasrudin. Silakan baca

Pada suatu hari ada tiga orang bijak yang pergi berkeliling negeri untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang mendesak. Sampailah mereka pada suatu hari di desa Nasrudin. Orang-orang desa ini menyodorkan Nasrudin sebagai wakil orang-orang yang bijak di desa tersebut. Nasrudin dipaksa berhadapan dengan tiga orang bijak itu dan di sekeliling mereka berkumpullah orang-orang desa menonton mereka bicara.
Orang bijak pertama bertanya kepada Nasrudin, ”Di mana sebenarnya pusat bumi ini?”


Nasrudin menjawab, ”Tepat di bawah telapak kaki saya, saudara.”
”Bagaimana bisa saudara buktikan hal itu?” tanya orang bijak pertama tadi.
”Kalau tidak percaya,” jawab Nasrudin, ”Ukur saja sendiri.”
Orang bijak yang pertama diam tak bisa menjawab.
Tiba giliran orang bijak kedua mengajukan pertanyaan. ”Berapa banyak jumlah bintang yang ada di langit?”
Nasrudin menjawab, ”Bintang-bintang yang ada di langit itu jumlahnya sama dengan rambut yang tumbuh di keledai saya ini.”

Anonim mengatakan...

”Bagaimana saudara bisa membuktikan hal itu?”
Nasrudin menjawab, ”Nah, kalau tidak percaya, hitung saja rambut yang ada di keledai itu, dan nanti saudara akan tahu kebenarannya.”
”Itu sih bicara goblok-goblokan,” tanya orang bijak kedua, ”Bagaimana orang bisa menghitung bulu keledai.”
Nasrudin pun menjawab, ”Nah, kalau saya goblok, kenapa Anda juga mengajukan pertanyaan itu, bagaimana orang bisa menghitung bintang di langit?”
Mendengar jawaban itu, si bijak kedua itu pun tidak bisa melanjutkan.
Sekarang tampillah orang bijak ketiga yang katanya paling bijak di antara mereka. Ia agak terganggu oleh kecerdikan nasrudin dan dengan ketus bertanya, ”Tampaknya saudara tahu banyak mengenai keledai, tapi coba saudara katakan kepada saya berapa jumlah bulu yang ada pada ekor keledai itu.” ”Saya tahu jumlahnya,” jawab Nasrudin,

Anonim mengatakan...

Jumlah bulu yang ada pada ekor kelesai saya ini sama dengan jumlah rambut di janggut Saudara.”
”Bagaimana Anda bisa membuktikan hal itu?” tanyanya lagi. ”Oh, kalau yang itu sih mudah. Begini, Saudara mencabut selembar bulu dari ekor keledai saya, dan kemudian saya mencabut sehelai rambut dari janggut saudara. Nah, kalau sama, maka apa yang saya katakan itu benar, tetapi kalau tidak, saya keliru.”
Tentu saja orang bijak yang ketiga itu tidak mau menerima cara menghitung seperti itu.

Dan orang-orang desa yang mengelilingi mereka itu semakin yakin Nasrudin adalah yang terbijak di antara keempat orang tersebut. Dan jelas sudah bahwa Nasrudin adalah yang terkocak dari antara semua orang itu. Wassalam (Jinx)

poempuisi mengatakan...

he he he he he sesuai janji saya, maka saya kembali dengan membawa celana 2 dari joko pinurbo. Tapi sumpah habs celana ini bukan celana balcunya bigmike. Celana yang ini adalah hasil candaan Tuhan di dalam pikiran Joko Pinurbo.

Selamat membaca dan merenungkan. Carilah kaitannya dengan Tuhan yang gemar bercanda

poempuisi mengatakan...

CELANA, 2

Ketika sekolah kami sering disuruh menggambar celana
yang bagus dan sopan,
tapi tak pernah diajar melukis seluk-beluk yang di dalam celana,
sehingga kami tumbuh menjadi anak-anak manis yang penakut dan pengecut, bahkan terhadap nasibnya sendiri.

Karena itu kami suka usil dan sembunyi-sembunyi
membuat coretan dan gambar porno di tembok kamar mandi,
sehingga kami pun terbiasa menjadi orang-orang yang suka cabul terhadap diri sendiri.

Setelah loyo, barulah kami bisa berfantasitentang hal-ihwal yang di dalam celana:

ada raja kecil yang galak dan suka memberontak; ada filsuf tua yang terkantuk-kantuk merenungi rahasia alam semesta; ada gunung berapi yang menyimpan sejuta magma; ada juga gua garba yang diziarahi para pendosa dan pendoa.

Konon, setelah berlayar mengelilingi bumi,
Columbus pun akhirnya menemukan sebuah benua baru di dalam celana dan Stephen Hawking khusyuk bertapa di sana.

(JoPin, 1996)

poempuisi mengatakan...

he he he he agak susah dicerna? ya iyalah......namanya juga candaan. Kadang-kdang candaan emang sulit dimengerti. Besok saya kembali membaa celana ke 3.

tujuh tambah tujuh
sama dengan empat belas
setuju enggak setuju
celana 3 bakal bablas

he he he he he

Anonim mengatakan...

@ Semua Penggemar Mike!!!


inilah rahasia kesuksesan mike:!!

Rasa sejuk, isis, dibawah perut!

dalam kesejukan itulah dia menemukan segala ide-idenya.

Tidak percaya!! ini kisahnya :

Waktu mike studi S2 di bogor, dia tinggal bersama saya di bilangan pancoran Jkt, suatu kesempatan dia plg ke kupang (kalau tidak salah waktu norman sakit keras jadi dia plg ke kupang), waktu balik lagi ke jkt ternyata kolor blacunya tidak ada dalam kopor bawaannya, saat itu juga dia telp istrinya (Dolly) dan berkata "Segra kamu kirimkan Kolor blacu saya! kalau tidak, saya tidak akan pernah jadi master atau apapun, ingat! segra!"


So !Anda ingin seperti mike??

PAKAILAH KOLOR BLACU!!

(Budi)

NB :Oh ya ternyata KOLOR BLACUnya di simpan si Dolly unutk jimat, Katanya!!

Anonim mengatakan...

He he he he, @ Budi ternyata ikutan dalam arak-arakan kegilaan bigmike.

Tapi sebenarnya, yang dilakukan oleh bigmike adalah sesuatu yang berkaitan dengan apa yang menjadi isi komen saya berikut ini (Patrice)

Anonim mengatakan...

Humor is a social instrument that provides an effective way to reduce psychological distress, communicate a range of feelings and ideas, and enhance relationships; also, humor protects social relationships when communicating negative information. (Baldwin,2007)

Humor provides a means to communicate ideas and feelings, convey criticism, and express hostility in a socially acceptable manner (Brownell & Gardner, 1988; Dixon, 1980; Haig, 1986; Martin, 2001 in Baldwin 2007).

anda lihat bahwa humor alias substansi bercanda ternyata dahsyat

Anonim mengatakan...

ketika di sekitar kita ada "rangsangan" untuk terjadinya humor atau bercanda maka terdapat 2 reaksi psikolog manusia (misalnya saja melihat tampang BM dan adiknya yang "rusak" dalam foto BM).

1. Reaksi kognitif: Elemen kognitif di sini mengacu pada pemahaman humor dengan kemampuan mengenali apakah yang terjadi adalah suatu jenis humor atau serius matter of thing. Elemen kognitif juga mendeteksi disparitas antara materi humor dan pengalaman yang pernah terjadi sebelumnya (humor comprehensive). Kita membandingkan apakah humor ini pernah kita tahu, dengar atau alami? Sesuatu yang baru pasti akan merangsang reaksi yang lebih hebat kebanding yang berulang. itu sebabnya ketika kita menonton film lawas warkop lama kelamaan reaksi humor terhadapnya semakin berkurang.

Anonim mengatakan...

2. Reaksi afektif dimana rekais afeksi akan menuntun kita kepada emotional respons kita terhadap materi humor atau bercanda (humor appreciation). Sahabat Adek mengingatkan kita akan pengalaman Musa yang meminta air malah diberi kayu. Reaksi humor Musa terlambat dan akhirnya Musa marah dan memukul batu sambil meluapkan emosi yang pada akhirnya menyebabkan Musa duhukum tidak dapat memasuki tanah yang dijanjikan. Reaksi afeksi musa agak terlambat. Sahabat Kristiani masih ngat kisah Yesus dan Zakheus. Ya, melihat ada orang "semampai" yang ngotot ingin melihat DIA dan terpaksa "nangkring" di atas pohon adalah pemandangan dan pengalaman lucu. Dan Yesus dengan ringan menagatakan...turunah, Aku akan makan di rumahmu....humor dahsyat dari Yesus karena reaksi afeksi yang juga dahsyat.

Anonim mengatakan...

Apa hasil dari kombinasi reaksi kognitif dan afektif terhadap humor?

Mendengar lelucon, pacuan denyut jantung kita meningkat, kulit tubuh pun bereaksi, disusul segera oleh reaksi afektif yang positif dan kuat (Goldstein, Harman, McGhee, & Karasik, 1975; Katz, 1993; McGhee, 1983 dalam Berry 2004). Inilah yang menjelaskan mengapa badan kita terguncang-guncang, muka memerah, nafas terengah dan telapak tangan memegangi perut ketika mendengar cerita lucu. Semua merupakan kerjasama rapi dan detil dari reaksi kognitif mengenali lelucon yang menjelma dalam reaksi fisik, disertai afeksi menyenangkan.

Anonim mengatakan...

Akhirnya, apa yang bisa kita petik dari bgimike dan psoting ini> Sebagian mungkin keberatan karena sisi kesucian Tuhan diusik BM. Apakah ini yang dilakukan BM? Saya pikir, tidak.

Bagi saya, pesan BM (ingt bahwa pemilik blog ini selalu memiliki agenda tersembunyi dalam setiap psotingan yang barus bisa kita tangkap setelah membacanya berkali-kali - setelah semua kerenyahan berlalu) adalah:

Tertawa berarti melakukan peregangan otot-otot halus tidak hanya di sekitar wajah tapi seluruh tubuh sehingga kita menjadi santai. Akibatnya humor berkhasiat memacu kreativitas, kemampuan berpikir, mengenalkan nilai-nilai, mengajarkan perilaku positif dan tanggung jawab pada lingkungan sekitar, menanamkan rasa percaya dan kepercayaan diri anak-anak dengan mengenalkan satu mekanisme untuk menghadapi kesedihan, kekecewaan atau perasaan duka (Lovorn,2008).

Anonim mengatakan...

Maka, dengan begitu, bercanda dan humor membutuhkan sesnsivitas sosial yang tinggi yang mencakup kesadarana akan momen peristiwa, siap serta ruang dan waktu dimana kita berada. Social relationship yang lebih baik adala sasaran BM. Dan hal ini sejalan dengan mis blog persahabatn, kebaikan dan kasih sayang.

Entah benar atau tidak analisis saya ini tetapi jujur saja, saya semakin kagum sama bigmike. Hei BM, manusia macam apa engkau? (Patrice)

Anonim mengatakan...

@ Sobat Pat!

Wah gw jadi ingin membaca ulasan Pat tentang komen saya diatas!! yaitu Hubungan Antara KOLOR BLACU n PENEMUAN IDE-IDE HEBAT!
kok bisa gitu ya???

bisa di ulas tentang itu?? Thanks!! Hi.. Hi.. Hi...

(Budi)

NB : Kok Blm Bobo??

Anonim mengatakan...

@ Mas Budi,

ha ha ha ha hubungan kolor blacu dan ide hebat sebaiknya ditanyakan pada pemiliknya, ya si bigmike ha ha ha ha ha ha...mungkin baik kita laporin ke MURI untuk dicatat BM sebagai the last man with kolor blacu....ha ha ha ha ha.....(Patrice)

poempuisi mengatakan...

eh si Patrice ternyata fisluf juga ya????? Ulasannya amat menarik. Yo, salam kenal Pat

poempuisi mengatakan...

@ Bigmike,

sebelum tidur dan bawa celana 3, gw posting komen dulu yang satu ini. Cocok ma tema psoting

selera humor Tuhan (amienstein, 2008)

"Wamaa Kholaqtul Jinna wal Insa inlaa Liya'buduun"
( Tiada kuciptakan jin dan manusia selain untuk menyembahKu)
Ya Allah..........Kau jangan bercanda
tidak usah disembah Kau sudah Maha Besar
tak ada manusia dan jin pun kau sudah Maha Benar

sengaja menyindir kami ya...?
kami menyembah kami sendiri
mengagungkan orang2 yg kami hormati
bahkan menjadikannya tuhan2 kami

Imago Dei ( Manusia Kuciptakan seperti-Ku)
Ah Bapa...jangan Kau gelitik syaraf tawaku
Keindahan-Mu tak terlukiskan oleh kata
sedangkan binatang macam kami apalah indahnya

mau membikin satir buat kami ya...?
kami begitu sombong merasa mengenal-Mu
berenang di sungai-Mu saja kami tak mampu

Kau menciptakan kami ex-nihilo
tapi semesta membuktikan sebaliknya
lagi2 Kau bercanda
bahasa-Mu penuh metafora
atau jangan2 itu bukan kalimat-Mu
hanya igauan orang2 tak tahu malu
yang terlanjur menjadi baku
dan tololnya kami setuju

Anonim mengatakan...

Analisis sahabat Patrice amat bagus. Jikalau kemanfaatan humor dalam bercanda begitu baik, pantas saja Tuhan juga mengajak bercanda (Syamsudin)

Anonim mengatakan...

@ Syamsudin,

ha ha ha ha tuan Syam benar. Woooiiii @ Patrice ente psikolog ya ha ha ha. Analisis dong bigmike dan celana blacunya ...wakakakekekekek....oleeee...oleeee...belacu...(Proxy73)

Anonim mengatakan...

he he he he hhhoooiiiiii,

wong yogjo ojo dilawan karo yang beginian. Nih saya kasih,

Hewan apa yang bersaudara?
Katak beradik

Telor apa yang ditakuti sama telor lainnya?
Telor asin, soalnya ada tatonya

Telor asin paling takut ama telor apa ?
Telor Puyuh, soalnya tatonya lebih banyak

Mengapa ikan tidak hidup di darat?
Karena takut sama kucing

Apakah benar kita bakal sial kalo jumpa ama
kucing hitam?
Itu tergantung, kamu itu manusia atau tikus.

Mengapa guru sejarah botaknya pada kepala
bagian belakang, sedangkan profesor
dibagian depan?
Karena guru sejarah berpikir pada masa
lampau, sedang profesor berpikir untuk masa
depan.

Kenapa robin jadi pembasmi kejahatan?
Soalnya dia ketemu sama batman…. kalo
ketemunya sama baskin dia bakalan buka
toko eskrim

Burung apa yang sayapnya satu?
Burung ngelamar kerjaan (sayap satunya
megang map)

Kenapa nyamuk kalau terbang pasti bunyinya
nging nging dikuping?
Sebab nyamuk menghisap darah coba kalau
menghisap solar pasti bunyinya
bremmmmmmm…… bremmmmmm…
bremmmmmm…

Kenapa ibu dari pengantin wanita menangis
pada saat upacara pernikahan?
Gak rela anaknya diboongin

Apa persamaan telpon ama jemuran?
Kalau kering diangkat. Hihihi!

Apa bahasa indianya bumbu dapur?
Tumbar miri jahe

Gimana caranya supaya kereta api dan motor
kalau ditimbang beratnya sama?
kereta api dan motornya di foto

Orang apa kalau dipukul gak sakit-sakit?
Orang gak kena yeeeeeeeeee

Apa bedanya tukang pajak ama palak?
Kalau tukang pajak nagihnya pake surat,
kalau tukang palak pake urat!

Sebutin 3 jagoan tertolol!
Superman–pakai kolor diluar!!
Robin–pakai kolor doang!!
Batman–sudah tahu Superman ama Robin
tolol, masih ditemenin.

Rambo lahirnya dimana?
Di turunan, waktu nganterin ibunya, mobil
bapaknya remnya blong, si ibu bilang rem bo’!

Anak apa yang paling jelek di dunia?
Anak-anak bilang sih elo !

Ikan apa yg bertahan lama hidup di darat?
Ikan panjang umur

Apa persamaannya batu dengan buta?
Sama-sama tidak baik untuk mata.

Kuman apa yang dipatuhi teman-temannya?
Kumandan upacara

Apakah Limau itu ?
Duau ditambah Tigau

Mengapa bumi selalu berputar mengelilingi
matahari?
Karena ingin mencari diskon Matahari yang
paling besar

Mengapa batman pakai topeng?
Karena malu celana dalamnya keliatan.

Kenapa Batman & Robin keluarnya malem?
Kalo keluar pagi kena Three in One

Lucu nggak? ngakak nggak? kalo ngga saya tambahin yoooo...

Anonim mengatakan...

TEBAK2an HUMOR

- Ayam yang terbesar ?…..AYAM SEMESTA. - Bangsawan Inggris yg. terkenal dg. acara lawak di tv?…..SIR MULAT. - Bebek yang lagi ngetop ?………BEBEKSTREET BOYS. - Setelah bulan yang ada sekarang ini ?………..BULAN DEPAN. - Apa itu cemilan ?………CEBELUM CEPULUH, CECUDAH CELAPAN. - Daun yang suka ngelucu ?……..DAUNO, KASINO,INDRO. - Es yang bikin panas dingin dan pusing-pusing ?……ESSAI. - Eror yang bisa nyanyi ?……..ERRORSMITH. - Gajah yang belalinya pendek ?……..GAJAH PESEK. - Kenapa babi bau ?……….KETEKNYA ADA 4. - Kenapa Supermen nggak kawin ama Wonderwoman ?……………..YA…..NGGAK JODOH - Rambut putih namanya uban, rambut merah namanya pirang, kalo rambut hijo ?………….RAMBUTAN BELON MATENG. - Rambutan bahasa Inggrisnya ?…………HAIRAN. - Kopi yang bisa menggigit ?……….KOPITING. - Bulu yang warnanya kuning dan biru ?…………BLUEBAND. - Bisnis terkenal di Amerika dan seluruh bumi ?………..BISNISPEAR. - Daun yang nggak bisa dipegang ?……….DAUN TOUCH ME. - Sambel yang banyak di pinggir jalan ?……..SAMBEL BAN. - Bahasa Cinanya Nyepi ?…………ZUN YI XEN YAP. - Kenapa anjing laut berkumis ?…….BUAT NAKUTIN KUCING LAUT. - Bahasa Arabnya diam di tempat ?…………TA’KABUR. - Kenapa superman bisa terbang ?……KALO BISA NYOPIR NAMANYA………BUKAN SUPERMAN, TAPI SUPIR…MAN…! - Putih, kecil, tapi kalo dipukul bisa ngebangunin orang sekampung?……………….NASI NEMPEL DI BEDUK. - Kenapa anak kucing sama anak anjing suka berantem ?……………….NAMANYA JUGA ANAK-ANAK !!!!” - Nama kecilnya Jendral Sudirman ?………..SUDIRBOY. - Nama negara yg. suka muncul dalam pribahasa ?……………..SWEDIA PAYUNG SEBELUM HUJAN. - Gimana suara kucing kalo mundur ?…………GNOOOOEM… - Zainuddin M.Z anak ke berapa ?…..ANAK KE-26, ANAK PERTAMA…….ZAINUDDIN M.A, KEDUA ZAINUDDIN M.B, dst…… - Budaya apa yang brengsek ?………..BUAYA DARAT. - Persamaan jemuran dan telepon ?……..KALO ‘KRING DIANGKAT. - Pameran di Inggris ?……PAMERAN CHARLES, PAMERAN WILLIAM,……..PAMERAN HARRY. - Beda demo dan aksi ?………KALO DEMO RODANYA 3,……AKSI RODANYA 4. - Tulang apa yang menyenangkan ?……….TULANG SEKOLAH. - Majalah yang paling mahal ?……..BOBO AMA GADIS. - Bongkar yang legendaris ?………BUNG KARNO. - Ketawa yg. bisa ditangkap polisi ?………KETAWAN BAWA NARKOBA. - Lele yang disukai ibu-ibu ?……..LELENOVELA.

yo wis, ketawa yooooo...
kalau enggak saya laporin ke dulur Patrice (deket kokq rumahnya...he he he he ...jalan kaliurang ha ha ha ha) coz reaksi kognitif dan afektif dulur semua pada lambat ha ha ha ha.....(Ghentenx, Sydn)

Anonim mengatakan...

huakekekekakakakikikik....Genthex...edan kowe....ha ha (Proxy73)

Anonim mengatakan...

@ BM,

Ulasan si Patrice amat bagus. Kalo perlu bahan seperti itu gw kira tinggal dikutip aja.

NB. keto' e si ghentex ama si Patrice sohiban. Ngaku azzzaaa bos...
Tapi sebenarnya, kite-kite di sini tanpa terasa udah jadi suatu komunitas. Kita deket tapi enggak tau apakah muka sahabat kite mungkin tergolong muke lo jaooohhhati tidak...ha ha ha ha ha

Anonim mengatakan...

Skarang gw mo serius,

Mengatakan bahwa tanpa sadar kita di blog bigmike lama kelamaan, tanpa sadar, sudah menjadi satu keluarga, adalah untuk mengingatkan kita semua bahwa KITA SATU INDONESIA. Mau jawa kek, sabu kek, manado kek, mabuk ek, filsuf kek, usil kek, ....pokoknya semua tokek-tokek .....adalah satu di sini? mengapa? karena kita Indonesia.

Kita tahu bahwa Indonesia punya banyak persoalan, dan cilakanya, untuk mengatasi itu kitamalah lebih suka bertengkar, tapi nyatanya kita selalu bisa mendapatkan saling pengertian. Kita adalah satu. Kita adalah Indonesia....

Anonim mengatakan...

(nah, in yang gw demen. Gw komen ke- 100 ha ha ha ha)

Ada percakapan begini (gw kutip):

oko: Ndro, tau gak loe tanggal 28 Oktober tuh diperingati sebagai hari apa?

Hendro: Mene ketehe’. Tergantung harinya lah, minggu ato senen. Emangnya tanggal segitu hari apa?

Joko: Wah parah loe…Tanggal 28 Oktober tuh Hari Sumpah Pemuda. Gitu aja kagak tau loe. You suck, man!

Hendro: Sumpe loe?!?

Joko: It’s not Sumpe Loe, but Sumpah Pemuda!

Begitulah, di kalangan generasi hareeee geeeneeee...Sumpah pemuda sudah tidak dikenali lagi. Sumpah pemuda sudah tidak relevan lagi...Membicarakan sumpah pemuda hana kendatangkan kesinisan...hareee geneeee masih ngomong nasionalisme?????

Dekgradasi nilai-nilai moral kebangsaan inilah yang amat menakutkan. Krisis ekonomi memang gelap tetapi ketika nasionalisme kita luntur dan yang tinggal hanya warna-earna lunturan kita maka kita tinggal menghitung hari Indonesia hanya akan ada dalam buku sejarah.....once upon a time....sekali waktu ada satu negara yang bernama Indonesia...

Saya sedih.....(Proxy73)

Anonim mengatakan...

@ Mas Proxy!!

SUMPAH PEMUDA 1928

SATOE TANAH AIR, TANAH AIR INDONESIA

SATOE BAHASA, BAHASA INDONESIA

SATOE BANGSA, BANGSA INDONESIA



SUMPAH PEMUDA 2008 :

1 PIRING KITA BERDUA
1 KAMAR KITA BERDUA
1 BANTAL KITA BERDUA

SAYANGKU!AKU AKAN SELALU MENCINTAIMU,MELINDUNGIMU SEKARANG DAN SAMPAI KITA KAKEK2 DAN NENEK(emang dia tau kalo umurnya sampai kayak OPA SYAM???)

(Budi)

Anonim mengatakan...

@ Mas ghentenx,

aku juga punya stori neeehhh,

TELAT 1 BULAN

Andriani menyambut suaminya pulang kantor, Joko,dengan senyum mesra.
“Mas aku terlambat satu bulan, kita akan punya bayi”,kata Andriani.“Tapi berhubung tadi aku baru test ke dokter, jangan kasih tau siapapun ya, entar malu kalau nggak jadi”.

Besok paginya ada tukang tagih listrik mengetok pintu. Setelah dibukakan si tukang tagih bilang,
“Bu, anda terlambat satu bulan…”
“Hah dari mana anda tau ?”, sahut Andriani.
“Ini ada di catatan kami…”
“Haaah… masa sampai ada di catatanmu?”

Besok paginya Joko marah ke kantor pembayaran listrik.

“Bagaimana ini, kok anda bisa tau istri saya terlambat satu bulan?”
“Sabar, sabar pak… Kalau anda ingin catatan itu dihapus, anda tinggal bayar saja kepada kami…”.

(Wah… pemerasan nih !) pikir Joko.
“Lalu kalau saya nekat nggak mau bayar?” tantang Joko

“Punya anda saya putus…!!!”, jawab sang petugas.
“Wah… kalau punya saya diputus, istri saya dirumah pakai apa?”

“Yaaa… istri anda kan bisa pakai lilin !!!”

ayoooo ngakak....ngakaaak doooong pleaseeeee......(Sulis)

Bigmike mengatakan...

dear all,


ha ha ha ha ha saya tidak dapat menahan diri membaca puisi celana kiriman sahabat poempuisi. Saya juga tidak dapat menahan tertawa yang keras, sehingga isteri saya ikutan membaca, dan ikutan tertawa keras atas kiriman humor dari sahabat ghentenx dan sulis....gila beneeeerrrr.....ya ya ya orang jogja memang top markotop soal plesetan.....sering-sering saja mas-mas ngirim gituan ha ha ha ha ha BRAVO

Bigmike mengatakan...

saya sangat mengapresiasi sahabat Proxy. Anda kalau serius ternyata megejutkan. Ya, kita sekarang sangat kuatir dengan masa depan Indonesia kita. Sahabat JIMI mengingatkan kita tenatgn pluralisme. Kita masing-masing mengagungkan keyakinan kita tetapi sadarkah kita bahwa sesama kita anak bangsa ternyata berbeda keyakinan. Perbedaan itu adalah realitas. Mengapa kita berpikir bahwa realitas seperti adalah dosa? Siapa yang menciptakan rumput, pohon dan burung rajawali? Apa agama makhluk-makhluk itu?

Jikalau terhadap rumput, pohon dan rajawali kita bisa mengarahkan cinta kita megnapa tidak kepada sesama kita, meski dia berbeda? Tidak yakinkah anda jika perbedaan itu ada karena Tuhan menghendaki begitu? Tidak yakinkah anda bahwa Tuhan yang satu itu hendak mencandai kita dengan perbedaan-perbedaan yang dibuatnya?

mengapa soal neraka dan surga sesama kita hendak kita atur-atur juga layaknya Tuhan sang Pencipta? Kesadaran tentang pluralisme itu amat penting untuk Indonesia kita yang satu. Indonesia kita bersama. Dari sabang sampai Merauke. Dari Sangir sampai Rote.

Hanya dengan kesadaran itu, niat kita untuk mebangun ekonomi, pertania, industri dan apa saja dapat diselenggarakan secara lebih jujur. Tiak ada yang merasa ditinggalkan di republik ini. Sekali lagi ini Indonesia kita.

Satu nusa, satu bangsa satu bahasa persatuan

dan saya amagt bangga terhdap sahabat-sahabat saya yang ada di blog ini. Kita sekarang adalah satu keluarga di dunia maya. Kita boleh berbeda pendapat tetapi jangan kita saling menyakiti satu dengan yang lainnya. Karena kita datang dari Indonesia yang satu,

Di titik ini saya amat bangga terhadap sahabat saya, yang sesungguhnya tidak saya ketahui sama sekali rupanya, Proxy73. Ayo bung Proxy73 kita bersama membangun Indonesia yang lebih baim menurut apa yag bisa kita lakukan. Salam kebangsaan. MERDeKA

Bigmike mengatakan...

@ Mbak Patrice,

Nama anda mngingatkan saya pada anak perempuan saya satu-satunya, Patricia. Saya merasa bahagia karena dalam banyak kesempatan anda berusaha memahami apa yang saya tulis dan maksudkan. Anda analisis dan anda malah berusaha menjadi co-writer yang malahan bisa lebih baik dari apa sang saya pikirkan.

Meski saya tidak mengenal anda secara langsung tetapi saya bangga dianalisis oleh anda. Saya tidak malu untuk belajar beberapa hal dari anda terima kasih. Analisis anda tentang fungsi humor mengejutkan saya karena, ternyata bisa menjadi ekstensi bagi tulisan saya. Analisis anda menyempurnakan tulisan saya. Luar biasa. Terima kasih. Tuhan memberkati

Bigmike mengatakan...

Sekarang betul-betul untuk anda semua. Tanpa terasa, sudah 7 bulan saya memiliki blog. Mula-mula adalah untuk coba-coba. Lantas nikmat dapat menikmati tulisan sendiri. Nikmat melihat nama dan tulisan bisa beredar di seluruh dunia melalui dunia maya. Nikmat yang biasa kita sebut sebagai narsis.

Salah seorang adik saya betul belaka bahwa kebanyakan sahabat yang hadir di sini terlalu memuji-muji saya. Saya terlalu di soya-soya. Dia betul dan saya sungguh kuatir. Mengapa saya harus dipuji-puji? Saya cuma manusia biasa yang amat banyak cata dan celanya. Humane erare est.

Tetapi lihatlah, ketika saya dalam kesulitan, sewaktu ibunda saya sakit misalnya, hampir semua sahabat komunitas di blog ini melayangkan doa bagi ibu saya. Bukan cuma 1. Ada puluhan doa. Saya terharu. Anda kenal saya? hanya beberapa. Saya mengenal anda? juga hanya beberapa. Tetapi mengapa anda mau mengcapkan doa bagi ibunda saya? Rasa kemanusiaan yang ada di hati anda semua itulah alasannya. Kita, ternyata, terhubung karena rasa kemanusiaan kita. Tuhan sang pencipta yang maha baik, maha suci dan maha serius tetapi juga sekaligus maha bercanda itu, mengirimkan rasa kemanusiaan kepada anda dan saya supaya kita "terikat" menjadi satu. Sebagai sahabat. Meski hanya di dunia maya.

Oleh karena itu, tidak ada alasan bagi saya untuk tidak menghormati anda sekalian wahai sahabat. Perbedaan pendapat tidak dapat menjadi alasan untuk kita saling membenci. Rupa-rupanya rasa saling menghormati itulah yang menyebabkan jumlah sahabat blogger saya semakin bertambah banyak. Angka total hits menunjukkan 13-ribuan. Visitor maps menunjukkan posisi pembaca blog yang menyebar ke mana-mana. E-mail saya penuh dengan surat-surat yang berisikan hal-hal khusus dari berbagao sahabat yang saya sendiri tidak tahu persis siapa mereka.

Ya, semua anda itulah yang menyebabkan kenikmatan nasis hilang sudah digantikan rasa berkewajiban untuk merawat persahabatan. Beberapa di antara sahabat mingkin tidak merasa perlu untuk merawat persahabat. Saya merasa perlu. Lalu, demi persahabatab itu pulalah, saya merasa berkewajiba untuk membuat posting meski lelah. demi alsan itu pulalah saya menjadi lebih rajin mengunjungi sahabat sekalian dalam kolom komentar.

So, untuk apa semua ini? Tidak lain dan tidak bukan demi persahabatan, kebaikan dan kasih sayang

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

ijinkan saya untuk merespons komentar bigmike yang amat bagus itu.

Persahabatan memiliki nilai Kristiani yang amat tinggi. Hal ini dikarenakan manusia adalah makhluk sosial - socius - yang hidup bersama dengan sesamanya. Interelasi pertama terbangun pada saat Tuhan Allah menciptakan Adam, dan kemudian IA menciptakan juga Hawa sebagai pendamping hidup Adam (Kejadian 1 : 26 -
27).

Apa guna persahabatan? Dalam perspektif Alkitab, persahabatan adalah untuk saling mendorong perbuatan baik. Firman Allah dalam Ibrani 10 : 24 mengatakan : Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik.

Maka misi blog bigmike, sudah sangat tepat dilihat dari perpektif Iman yang diyakini oleh Bigmike, yaitu persahabatan, kebaikan dan kasih sayang.

Teruslah menulis. Berbagilah kebaikan dan kasih sayang. Jangan pandang bulu dalam bersahabat. Bersahabatlah secra hangat dengan sesama kita, siapapun dia. Dalam konteks Indonesia dewasa ini yang menguat politik aliran, persahabatan, kebaikan dan kasih sanayng bisa menjadi jembatan pnghubung antara sesama warga bangsa. Kita diciptakan Tuhan di bumi yang sama, meski kita berbeda, yaitu bumi Indonesia. MERDEKA (Esther, Srby)

Anonim mengatakan...

Sekarag tentang bercanda,

Bigmike sudah mengutip ayat Alkitab yang benar dari Mazmur 2:4 tetapi selengkapnya adalah,
...Dia yang bersemayam di Surga, tertawa. Tuhan mengolok-olok mereka....

Mengapa Tuhan tertawa? Siapa yang ditertawainya? Tuhan sebenarnya sedang menertawakan orang-orang yang ingin bangkit melawan Dia. Bahkan, bukan cuma tertawa, Tuhan bahkan mengolok-olok mereka. Lantas ayat berikutnya, ayat 3 memperlihatkan bahwa Tuhan menunjukkan kuasaNYA. Musuh-musuhNYA terkejut.

Maka Tuhan memang tertawa tetapihal itu dikerjakanNYA untuk sesuatu yang serius. Kesimpulannya, Bercanda itu oleh etapi jangan kehilangan keseriusan kita. Serius itu wajib tetapi bercanda sama sekali bukanlah dosa. Tuhan memang bercanda. Shalom (Esther)

Anonim mengatakan...

Sayapun ingin bercanda bersama bigmike,

Golongan darah Yesus

Sebuah percakapan setelah selesai suatu kebaktian. “Tahukah kamu golongan
darah Yesus?”
“Tak mungkin ada yang tahu. Kamu tahu?”
“Ya, golongan darahNya ‘O’”
“Bagaimana kamu tahu?”

“Kan ada di Kidung Jemaat no. 36, ‘O, darah Tuhanku’.” ha ha ha ha ha (Esther)

Anonim mengatakan...

@ Pdt Esther,

Ha ha ha Ibu pendeta Esther, ternyata bisa juga bercanda. Saya pernah bertemu beliau di GKI Resud, Surabaya. Ceria, lembut dan rendah hati. Saya akan selalu ingat bahwa Yesus bergolongan darah O ha ha ha. Shalom Ibu pendeta. Kapan-kapan kita bertemu lagi. Syalom.

@ Bigmike,

Tuhan bercanda? Ya, saya melihat dalam diri bigmike yang ciptaan Tuhan itu, Beliau gemar bercanda (Sherly, CN, Oebufu)

poempuisi mengatakan...

@ Bigmike,

Nih janji saya. Puisi Celana

CELANA 3
by Joko Pinurbo

Ia telah mendapatkan celana idaman yang lama didambakan, meskipun untuk itu ia harus berkeliling kota dan masuk ke setiap toko busana.
Ia memantas-mantas celananya di cermin sambil dengan bangga ditepuk-tepuknya pantat tepos yang sok perkasa. “Ini asli buatan Amerika!” katanya kepada si tolol yang berlagak di dalam kaca.
Ia pergi juga malam itu, menemui kekasih yang menunggunya di pojok kuburan. Ia pamerkan celananya: “Ini asli buatan Amerika!” Tapi perempuan itu lebih tertarik pada yang bernaung di dalam celana. Ia sewot juga: “Buka dan buang celanamu!”
Pelan-pelan dibukanya celananya yang baru, yang gagah dan canggih modelnya, dan mendapatkan burung yang selama ini dikurungnya sudah kabur entah ke mana.

he he he he he. Selamat menikmati celana (salam untuk pemilik celana blacu ha ha ha ha ha)

Anonim mengatakan...

@BM
wuiiih...
tanpa sedikitpun bermaksud memuji ato bilang setuju ini-itu, saia sampaikan terimakasih n apresiasi atas himbauannya kepada kita2 semua untuk senantiasa berusaha memahami perbedaan keyakinan dan perbedaan pandangan terhadap keyakinan yang diagungkan oleh masing-masing individu, maupun perbedaan2 lainnya.

adanya perbedaan itu adalah realitas dan realitas itu ada karena perbedaan. eh ya.. tentu aja siapapun boleh setuju, tidak setuju atopun abstain. itulah perbedaan dan inilah realitas.


~JM

Anonim mengatakan...

dan jangan lupa, usia juga menentukan perbedaan. nih, contohnya.

kalo tempoe doeloe, kita di tk ditanya ikan berenang dengan?? ...
jawabnya kompak: dengan siripnya!!
kalo sekarang, jawabannya: dengan teman-temannya.

kalo tempoe doeloe, kita ditanya: sekolah dimana??
jawabnya yakin: dg menyebut nama sekolah kita, komplit.
kalo sekarang, jawabnya: deket rumah!!

entah ini becanda pa bukan, tapi yg jelas ini realitas. saia nonton di tv.

bahkan yg kedua itu, mc-nya sampe shock krn anak2 tk itu gak ada satupun yg nyebutin nama sekolahnya.
mungkin, ini gara2 ortunya kalo ditanya, agar tak terkesan sombong krn sekolah anaknya terkenal dan mahal, menjawabnya selalu begitu. ya jadinya anak2nya pun meniru jawaban ortu.

sy pikir, besok2 kalo sy ditanya teman2 lama, sekarang kerja dimana bro?
jawab saia: gak begitu jauh dr rumah...

~JM

Anonim mengatakan...

Bigmike benar dan juga mas JM benar. Belakangan kita kehilangan Indonesia karena kita mengabaikan realitas keberagaman kita. Kita uga sering lupa bahwa waktu terus berubah. Yang berlakua dulu sekarang tidak lagi. Kesadaran semacam ini penting karena merupakan cara untuk memahami realitas kita sebagai Indonesia (Opa Syam - saya menyukai nama yang diusulkan Budikarena sesuai realitas he he)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

saya amat sangat terkesan dengan kutipan dalam komentar mu....kita terhubung karena perasaan kemanusiaan....ah, ananda benar....(Opa Syam)

Anonim mengatakan...

- GT-MAN : Goyangan T....ya MANtap

Wah, jang sampe 'T' itu adalah Tolo...

-nk-

Anonim mengatakan...

Tapi ana ganteng pung model di foto ke orang ada dalam kakus ha ha ha ha ha ha ha ha

Ah, kalo beta liat itu lebe mirip org lg orgasme... Coba perhatikan baik2...

=Budhi=

Anonim mengatakan...

Budhi ni pasti kode pung anak!!

(Budi)

Anonim mengatakan...

Wha ha ha ha... Ini blog belakangan ini trendnya ancoorr2an...

Masak ada gambar org nangis sedih, dipadu dg gambar org mengerang nikmat orgasme (mnrt @Budhi)...

Ada-ada aja bigmike ini... Tp untung yg punya ulah beliau. Kalo saya yg punya kerjaan begitu, mungkin bisa dapat respon terbalik. Spt biasanya.

(Wilmana)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Terima kasih atas komen balik terhadap komen saya. Kesenangan saya berlipat. Pertama, apa yang salah tulis tentang diapresiasi dengan baik oleh bigmike. Kedua, nama saya disebut secara tegas.

Sebenarnya kekaguman saya terhadap bigmike terkontaminasi oleh informasi yang saya peroleh di kampus tentang bigmike. Beberapa dosen mempercakapkan hasil penelitian bm dan perilaku bigmike yang rada nakal tapi santun. Kami diminta untuk coba meniru keuletan BM yang dapat menyelesaikan program doktoral dalam waktu yang amat singkat di Universitas tertua dan terbaik di Indonesia.

Siapa nyana, di dunia maya saya bertemu dengan sosok yang menjadi contoh etos kerja itu. Lantas hal itu tidak berarti saya ehilangan daya kritis terhadap bm. Tetapi jujur saja, kecuali kekecewan saya pada bigmike terkait janji mengulas tentang evolusi, sulit untuk bersikap oposite terhadap bm dalam butir-butir posting.

Tidak banyak orang dengan bakat untuk menulis sesuatu yang sulit, terkadang amat sulit, secara sederhana dan mudah dimengerti. Cara merangkai kata sangat tertata dengan baik. Kalimat-kalimat bm tidak hanya berisi informasi tetapi ada puisi. Ada nyanyian dalam posting-posting bm. Itulah sebabnya saya tertawan. Banyak di antara kami tertawan. Dan tidak heran komen terhadap posting bm sering terasa memuji. Betulkah?

Menurut hemat saya tidak. Jikalau terasa seperti itu sebabnya adalah kami memberi komentar dalam keadaan terpesona dengan keindahan permainan kata-kata bigmike. Refleks afeksi seperti itulah yang menyebabkan banyak komentar terasa seperti memuji. Apakah hal itu mengkhawatirkan?

Sekali lagi saya kurang setuju dengan kekuatiran bigmike. Reaksi afektif seperti itu sebenarnya bermula dari reaksi kognitif yang mendahuluinya, yaitu tertangkapnya maksud posting bm. Posting bm sendiri kerap berisi hal-hal praktis. Hal-hal besar sering dibahas dalam perspektif sangat personal.

Mengapa demikian? menurut hemat saya posting bm memperlihatkan kejernihan berpikir dan kebeningan hati. Iulah 2 modal dasar persahabatan, kebaikan dan kasih sayang. Bahlan dalam posting yang bercand sekalipun, 3 hal itu terpancar dengan jelas. Bravo bm

Anonim mengatakan...

@ BM,

sori, inget-inget, apa yang kelupaan ya?????...nama....di atas adalah komen dari saya (Patrice)

Anonim mengatakan...

@Wilmana
hihihi.. sy koreksi dikit komennya ya..

... Tp untung yg punya (kerjaan) udah "beliau". Kalo..


~JM

Anonim mengatakan...

@ Mbak Patrice,

Lama kelamaan saya mengagumi anda. Beberapa perspektif bm, bahkan agenda tersembunyi bm dapat anda telusuri. Tulisan anda membuat saya merefleksikan diri.

Saya dan beberapa kawan diskusi sengaja berkumpul, membaca beberapa buah blog yang bernas. Blog gus dur, wimar, seto, akbar tandjung, JIL adalah di antaranya yang kami baca untuk didiskusikan.

Di mana posisi blog bm? Selalu palng pertama dan favorit. Mungkin karena kami merasa ini blognya orang kupang. Tetapi bukan itu juga karena ada beberapa blog lain milik orang kupang yang juga kami baca, misalnya 28oktober.net. Lalu apa? Ulasan Patrice membuat kamimenyadari bahwa di blog ini bm senantiasa berbicara sesuatu dari sududt pandang yang berbeda. Seri kasih misalnya. Di situ, kasih dipahami agak berbeda oleh bm dan terasa pas dengan apa yang kami imajikan.

Kesulitan kami adalah bagaimana bersikap kritis terhadap bm. Terus terang, kami lakukan itu. Oleh karena itu beberapa catatan kami, kami nyatakan dalam komen-komen kami. Tetapi terus terang juga, agak sulit untuk beroposisi terhadap substansi tulisan bm. Mungkin inilah kelebihan bm, yaitu kemampuannya untuk menawan hati orang lain.

Asyiknya, sepanjang catatan kami, karena di antara teman-teman kongko-kongko kami ini, ada yang merupakan teman dekat bm yang tahu persis watak orang ini. Dari dia kami mendapat banyak info dna ari dia kami juga tahu bahwa bm yang pemarah itu ternyata bisa berevolusi menjadi manusia yang lebih baik.

Pat, thanx. Salam sumpah pemuda, MERDEKA (Eman, CN, Oebufu)

Bigmike mengatakan...

weiiii...ada yang lagi OL ya..

Hei Broer JIMI, Broer Eman dan Sus Patrice. Nice to read you....keep on comment bro en sist. GBU

Anonim mengatakan...

eh ada BM, selamat malam bos. Tuhan memberkati. Posting barunya kapan? (Eman)

Anonim mengatakan...

@ MR JIMI,

pa kabar. Musik-musik di blog anda sering kami copy paste. Unik, lucu dan mabok persis BM. Apakah begitu ciri orang-orang pintar ya? ITB taun berapa? (Eman)

Anonim mengatakan...

@Eman
thengs, keknya itu ga penting deh,yg penting masih jauuuuh..... lebih mude dr BM. hueh heh heheheh....

sori off dulu, emergency.
barusan kena damprat bini nie. gara2 abis komen diatas, tiba2 kebelet ke belakang, n lupa nutup blog. Entah syaiton mana yg bisikin, tiba2 doi ke kompi ogut (padahal biasanya doi kalo ngenet pake laptopnya, itupun paling2 ke detikhot, antara, etc ga pernah ke blog2).
ya udah deh... ketahuan tuh kata2 gw di lagu Mother, How are you today. Katanya itu pembunuhan karakter, mengesankan gualaaak banget... nget. Gua kasih aja jurus2 maut dolal-dalil hasil latihan olah dolah-dalih di perguruan blok ini.
Ugh.... akhirnya, gak jadi deh disuruh menghapus blok. Slamet... slamet.. Hihihi... belom tau doi, sapa dulu gurunya...

itulah sekelumit kisah cintaku (my love story) malem ini, mirip judul postingan gw terakhir sbl ngomen diatas. ini kebetulan ato apa, entahlah.... gw jua gak mudeng sodare2. skr yg penting, dah slamet dulu dah.

Selamat malaaammm....

~JM

Anonim mengatakan...

Uhuuuuiiiiii.....Tuan JIMI terbukti signifikan alumni ITB, alumni takut bini ..huahahahaaaaaaa....wakakakakekeke...
oleeee....oleeeee......takut bini ...ha ha ha (Proxy73)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Posting barunya mannnnnnnnnnnn.....a (Proxy73)

poempuisi mengatakan...

buah pisang buah kedondong
belinya di pasar naik andong
anak ayam digendong gendong
sahabat bigmike, posting lagi doooong...

ha ha ha ha

tuaksatu mengatakan...

woooiiii....have you any problem my friend ? qta nunggu posting barunya

jabon mengatakan...

mari becanda... hueheuhueh
mari kita santai.