Jumat, 17 Oktober 2008

Kami adalah Rumput Yang Mau bersukur

Dear Sahabat Blogger.

Posting kali ini, sifatnya BBN. Benar-Benar Ngawur he he he he. Posting kali ini juga sifatnya personal karena hanya menampilkan gambar keluarga besar SGT almarhum. Kami 10 bersaudara orang + suami dan isteri masing-masing. Namun demikian, posting ini juga tidak personal-personal amat karena setelah melihat dan membaca cara-cara berkomunikasi di antara manusia-manusia dengan DNA yang sama dengan Ayahanda almarhum "SGT" dan Ibunda Agustin Sabartinah, beberapa sahabat mengirim e-mail ke saya karena ingin sekali "melihat seperti apa keluarga yang amat usil itu" (saya meminjam istilah yang digunakan oleh mas JW dalam e-mailnya).

Nah, sahabat blogger terkasih, inilah kami 10 orang bersaudara. Sebenarnya kami ber - 12 -an tetapi 2 orang sudah mendahului kami semua, bertemu dengan Bapa di Surga. Bahkan mendahului SGT. Nama lengkap kami, mengikuti "aturan di blog ini" tidak hal terpenting. Tetapi ini tidak berarti kami tidak memilliki nama sama sekali. Entah siapa yang memulainya, nama kami diberi kode dh x rk di mana x adalah angka yang menunjukkan urutan kelahiran. Angka terkecil adalah yang sulung dan seterusnya sampai si bungsu. Silakan anda mengenali kami. Sebagai petunjuk adalah ini:

Yang bernama dh1rk (kingcos) adalah yang berdiri di paling kanan. Lantas, dh6rk alias Wilmana adalah yang wajahnya amat mirip dengan Norman (cucu paling tua dari SGT). Di mana si dh9rk alias NK? Oh Gampang mengenalinya, yaitu yang berkacamata dengan ukuran hidung XXXL. Hidung boros Oksigen. Oiiihhh......., di mana si dh11rk, yang di antara kami disebut juga sebagai si Kulitkalet alias om baba alias ular licik alias DTN? Gampang juga saudara, yaitu yang duduk paling kanan. Ada lagi yang juga pernah muncul di blog dalam bentuk comelan karena oleh dh6rk dan dh9rk agama Sabu disebut sebagai agama misterius. Dia adalah dh3rk. Dia adalah yang bertampangnya amat mirip dengan Wiro Sableng. Kemampuannya dalam olah gerak dan tenaga dalam juga identik dengan WS. Oleh karena itu, dia adalah yang terlihat paling aneh di antara kami.

Seorang lainnya yang juga pernah muncul di blog dalam bentuk puisi doanya adalah si bungsu, yaitu dh12rk. Di antara kami dia dikenal sebagai si Penuh Perhitungan meski bedanya amat tipis dengan kikir bin pelit. Kata salah seorang Pak Lik kami, dunia serasa berhenti ketika si P2 memberi sesuatu. Yes, dia adalah yang sedang berdiri dengan tangan yang diletakkan di pundak Ibunda. Ibunda sendiri dapat dikenali dengan melihat foto yang ada di bagian kanan blog. The last but not least adalah dh2rk. Siapa dia, ah mudah-mudahan anda tidak lupa siapa manusia ini. Dan untuk mengenalnya amat sangat, teramat dan paling mudah. Bagaimana caranya? Gampang, Lihat saja yang paling ganteng di antara kami hi hi hi hi.....

Akhirnya, meskipun kami adalah bersaudara dengan DNA yang sama tetapi sifat-watak kami tidak sama persis. Ada yang begini. Ada yang begitu. Kadang-kadang di antara kami terjadi situasi mirip lagu Broery Marantika, yaitu Engkau Begini Aku Begitu. Pita dan sususan DNA kami boleh mirip tetapi pada dasarnya kami adalah manusia-manusia yang berbeda. Ingin disamakan tetapi tidak pernah bisa sama persis. Tidak ada DNA yang sama persis. Di antara kami ada yang mirip bunga mawar, ada yang mirip pohon mahoni, ada yang mirip semak Chromolaena odorata dan sudah barang tentu, mirip rumput. Apakah mungkin mengharuskan kami semua sama? Tidak. Apakah ada keinginan kami untuk menjadi sama identik? Tidak. Kami semua bangga dengan eksisitensi kami sekarang ini. Kami yang tinggal di Kupang, hanya ada 2 orang, merasa bahwa menetap di Kupang yang kering dan panas adalah pilihan terbaik. Yang menetap di Jakarta tentu merasa bahwa itulah pilihan terbaiknya. Begitu juga bagi yang menetap di luar negeri. Ternyata, kami semua berprinsip be my self.

Apakah di antara kami ada yang merasa memiliki sifat dan perilaku lebih utama dan lalu, paling utama, di bandingkan dengan yang lainnya? Tidak. Si Anu kelebihannya ini tetapi kekurangannya itu. Yang kurang dari si Anu adalah kelebihan si Polan. Kami yang menjadi pohon memerlukan rumput supaya butiran air yang jatuh dari daun pohon tidak merusak tanah dan si pohon dituduh merusak. Kami yang tergolong rumput memerlukan mereka yang pohon untuk menarik air dan hara yang jauh agar bisa digunakan. Apakah kami senantiasa rukun tenteram damai forever after? Tidak juga. Pertengkaran di antara kami kadang-kadang sengit. Teramat sengit. Kadang-kadang ranting pohon jatuh menerpa daun rumput. Bagi si rumput hal itu adalah kesakitan. Tapi tidak selamanya begitu karena si rumput bisa juga membalas. Semua nutrisi dan air yang tersedia di bagian permukaan disikat habis. Itulah penderitaan si pohon. Begitulah, ribut dan rukun adalah hal biasa. Ribut boleh. Rukun hayo. Mengapa bisa begitu? Ya, tidak lain karena kami semua selalu berusaha untuk berbicara, berpikir dan menciptakan cultura standard dalam hidup bersama sebagai pemilik DNA yang sama. Pertanda apakah itu? La Condition Humaine. Itulah rumput yang bersukur.

Tabe Tuan Tabe Puan

91 komentar:

Anonim mengatakan...

Ah, gambarnya kurang tajam. Kasian rekan2 tua kayak Pak Syam, bisa pusing gara2 maksa mata mengamati tampang saya yg suka ganggu beliau di sini.

Gantilah dg yg ukurannya lebih besar. Kalo ada masalah teknis, kasi kabar biar sy bantu kirimkan via e-mail.

(Wilmana)

Anonim mengatakan...

Pertamax! Mantaf...

Oh ya, foto di posting adalah jepretanku lho, hi hi...

@BM... selamat akhir pekan. Salam buat susi dan kode kapar dong di rumah.

-nk-

Anonim mengatakan...

aaarrrrggggh... keduluan dh6rk :(

-nk-

Anonim mengatakan...

@wilmana... ame sa di be pung fb... ini foto be su upload disana. terang.

oke deh... bt semua, hepi wiken!

-nk-

Anonim mengatakan...

@ Ama Luji,

Coba foto lebe terang mungkin baek. Beta musti pake kacamata untuk keker terutama waktu lu bilang dh2rk paling ganteng. Kali ini beta rasa LU SALA BESAAAAAAARRRRR. Lu paling bontak dan jelek ha ha ha ha ha.

Soal pohon jatoh bekin sakit rumput itu beta setuju karena dolo lu paling suka kosi-kosi lu pung adik dorang. Lu memang gila ha ha ha ha ha ha. Syalom (A9ust)

Bigmike mengatakan...

Ha ha ha ha.......weiiii 9Ust krempeng......orang rempeng memang bawannya iri hatian ya????? Tetap sa boszzzzz...dh2rk paling ganteng....

Sekarang sistuasi su tabalek, para rumput su gerogot pohon pung nutrisi ha ha ha ha. Shalom juga boszzz

Anonim mengatakan...

Ah sonde bisa, lu tetap paling puruk ha ha ha ha ha (A9ust)

Bigmike mengatakan...

Ha ha ha ha ha TETAP saja. Orang rempeng iri hati. DH2RK paling ganteng ha ha ha ha ha

Bigmike mengatakan...

@ Wilmana dan NK,

Beta su coba pake gambar resolusi besar tapi blog jadi susah dibuka, Maklum gratisan ha ha ha. Eh, blogspot-nya om google, tengkyulah sudah kasi kesempatan kita-kita untuk narsis di sini ha ha ha ha

Anonim mengatakan...

@ ama Luji,

Itu orang botak gundul di sebelah adik nona tu sapa? dia pung laki ko?

Lu terima kasih seng dia karena menurut beta di foto itu dia paling jelek. Lu no 2 jelak ha ha ha ha ha (adik nona, ini cuma maen gila sa ko lu pung kaka keterlaluan bilang beta kerempeng na ha ha ha ha). Bt off dolo (A9ust)

Anonim mengatakan...

Ha ha ha Pak A9ust kerempeng sadiki lai su kena tendes dari bigmike. Hati2, bisa benar2 kempes.

Eh, setelah diamati pake alat kekernya Pak A9ust, ternyata hidung bigmike sama saja dg hidungnya @nk. Ha ha ha... Sesama angkot jangan saling mendahului-laah.

=Wiro=

Anonim mengatakan...

@ Wiro dan bigmike,

Sebelom off betulan beta komentar dolo sedikit. Beta su keker ulang. Idong dh2rk tidak sama dengan dh9rk. Idong ama luji tu besar tidak pesek tidak. Pake istilah ama luji sendiri, idong gagal evolusi ha ha ha ha ha. Kalo yang mirip dengan dh9rk tu ama luji pung anak no 2. Itu idong tergolong idong gawat. Boros oksigen ha ha ha ha ha ha ha ha ha (A9ust)

Bigmike mengatakan...

Woeeeee ana rote jelek. Minggat cepat kalo sonde beta sengga ame seng lu ha ha ha ha ha.

Iya yang disebelah adik ina itu namanya agung. Suaminya Ina. Dia tu dukun dari jogja karena lu su olok-olok dia maka beta akan minta dia santet seng lu ha ha ha ha ha ha

Anonim mengatakan...

@A9ust

Harus diakui, pengamatan dan data anda rupanya lebih akurat. Nampaknya memang ada gerakan evolusi hidung bigmike, dari hidung jawa ke hidung sabu, tp macet ditengah jalan. Maka jadilah demikian.

=Wiro=

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Aduuhhh senang bisa mengenal keluarga besar bigmike. Memang dilihat dari komentar-komentar yang ada kam kadang-kadang merasa heran karena keusilan yang terjadi kadang-kadang su kelewat batas. Tapi hebatnya selalu ada jalan damai. Tuhan memberkati (Sherly, Oebufu)

Anonim mengatakan...

Salam kenal eee buat semua keluarga besar Riwu Kaho. Tuhan memberkati (Sherly, Oebufu)

Anonim mengatakan...

Terima kasih, Bu Sheryl... Memang betul, mula2 enak becanda tp lama2 ada yg tersinggung lalu ribut. Tapi setelah itu berdamai lagi. Lalu mulai lagi bercanda, dst. Begitulah siklusnya, Bu.

Moga2 tdk ganggu rekan CN anda Pak Eman. Jadi tdk bikin dia gatal tangan "ikut campur". Ha ha ha...

(Wilmana)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Saiki jamane' jaman edan, Sopo sing ora edan ora keduman ha ha ha ha ha Dasar mabok lan edan (Ghentenx, Sydn)

Anonim mengatakan...

Yah, prinsip la condition humane makin jelas. Thanx banget (Ghentenx)

Anonim mengatakan...

Kata si 'bosz' ini posting ngawur, benar-benar ngawur jadi beta beranikan diri ikutan ngawur, hi hi.

Sebenarnya komentar yg katanya kelewat batas apa ukurannya? rasa! Di posting sebelumnya beta heran mau mati, ada 'sopan-sopan' kok tau-tau si @wuri merasa dihina. Jadi kalau ukuran rasa yg dipakai, siapa pung perasaan yg jadi ukuran yg sah disini??? Jawa, Timor, Rote, Sabu atau Tuhan Allah???

Makanya sebenarnya bosz @bm su betul awalnya... asal jangan maki. Tp sptnya aturan itu sudah dirubah jadi kami manut saja. Ko dia kaka na, hi hi. Siaaaap bosz!

Ini blog harusnya jadi blog riwukaho saaa karna kaka dong disini suka baolok ee, apalai si 'tua dari andalas' ha ha ha.

*bangun fuik*

-nk-

Anonim mengatakan...

Inulah kelebihan bigmike. Meneyampaikan sesuatu yang aat serius dnegan cara yang muda kita pahami. Be your self dan jangna berhenti berbicara, berpikir dan berbudaya. Bravo bigmike (Larry)

Bigmike mengatakan...

@ NK,

Sebenarnya aturan tidak diubah. Silakan komentari apa saja secara proporsional. Pasti NK tahu makudnya. Coba baca kembali urut-urutan komen-komen dan akan ketahuan di titik mana dan mengapa fungsi moderasi terpaksa dibikin lebih kencang. Keep komentar bosz

Anonim mengatakan...

@BM,..
Wah senang nih bisa kenalan sama DNA nya SGT. Setelah dilihat berulang kali, ternyata memang DH2RK mukanya agak jelek...he...he...habis terlihat serius amat. Lagi mikir bahan posting yah.
Saya setuju sama Pak Agus kalo hidungnya @BM mengalami gerakan evolusi dari hidung jawa ke hidung sabu, tapi macet ditengah jalan. (YR, Jkt)

Anonim mengatakan...

@YR

Dengar2 bigmike sebetulnya sdh tau, penyebab kemacetan evolusi itu.

=Wori=

Anonim mengatakan...

@ YR dan Wiro (salah ketik tuh jadi Wori)

Memang bigmike menyadari betul proses kemandekan evolusi itu. Karena itu dia tidak mau melanjutkan tuoisan tentang evolusi karena akan membongkar "aibnya" sendiri seputar hdungnya itu ha ha ha ha ha.

Tapi sebenarnya tidak jugalah, bigmike adalah salah satu dosen yang handsome di Undana. Enak dilihat ha ha ha ha. Kami panggil dia "anak ganteng" ha ha ha ha (John, Oemasi)

Anonim mengatakan...

all

Ini memang keluarga gila!, bagaimana tidak sinting? Inikan foto di lokasi pekuburan 1 hari sesudah Hari pennguburan SGT, tapi kok nggak ada yang kelihatan sedih! semuanya bergaya persih seperti peragawati!! wueelleh wueeellleh! dasar sinting kabeh!

Mungkin Bigmike bisa memberi penjelasan yang pas tentang kondisi mental keluarga saat itu, coba lihat gayanya si kepala HELM dari jogja itu, malah kebelet nyosor bininya, ampunn!!!!


(suto sinting)

Anonim mengatakan...

HA HA HA HA HA HA HA ......KELAPA HELEM ........HA HA HA HA HA HA....LUAR BIASA GILAAAAAA.....(John, Oemasi)

Anonim mengatakan...

@John
He....he.....e(100x) aku juga baru sadar kenapa posting evolusinya gak nongol2.
Aku senyum2 sendiri dari tadi membaca komentar2 yang masuk. Terhibur banget dah...trims @BM. (YR, Jkt)

Anonim mengatakan...

@BM
Eh @BM, jangan sedih dibilang hidung mandek pengaruh evolusi. Menurut penilaian aku @BM ganteng koq dengan hidung kayak gitu. Kalo gak ganteng mana mungkin "Wafernya @BM" kecantol..hi...hi..(Adek)

Anonim mengatakan...

beta saksi hidup...

malam ke 3 setelah sgt dimakamkan, keluarga ke kubur untuk nyalakan lilin. setelah nyalakan lilin dan panjatkan doa "seadanya," dibawah pimpinan dh1rk dan dh2rk, keluarga membuat 'mimbar politik' mengenang sgt. tdk lupa tradisi keluarga saling 'hina' satu sama lain, khususnya yg tua-tua ke yg muda-muda. Objek olokan ditujukan khusus ke dh6 yg kebetulan tdk hadir... haaaaancur balau.

ha ha ha... malam itu malam yg penuh kesan. tdk ada rasa duka... semuanya menemukan tawa mengenang sgt.

-nk-

Anonim mengatakan...

huahahahaha hoek hoooeeeekkkgh!

Bigmike sama karikaturnya gantengan karikaturnya! huahahahahaha hooeeekg!


(Gila Tuak)

Anonim mengatakan...

whhhaaa saya ingat!!
itu yang duduk sama ibu bunda itu dulu waktu kecil kecil sering dikejar2 tetangga!
penyebabnya adalah anak itu itu kemana-mana suka nenteng-nenteng ayam jago (dasaar Sabu) unutk diadu sama ayam tetangga!
kalau ayamnya kalah! ayam tetanganya pasti digebukin pakai kayu sampai mati! jadilah anak itu kecil bermata merah dan berambut bediri itu sering di uber2 orang!

Oh ya! yang berkaca mata dibelakangnya itu juga sama kelakuannya (Ayam orang di kasi makan karbit sampe mati)! pantas 2 orang itu di blog ini sering di omelin orang2!

(gila tuak)

Anonim mengatakan...

ha ha ha...

temans... kalau kalian baca komen si @gila tuak... begitulah nasib kami berstatus adik. but... I WOULDN'T HAVE IT ANY OTHER WAY. I love it, hi hi...

-nk-

Anonim mengatakan...

@ Keluarga Riwu Kaho,

Kalian komplit. Intelektual bisa. Menjengkelkan bisa. Serius bisa. Bergurau amat bisa. Menghormati bisa. Menghina juga tidak apa. Kenapa dengan kualitas begini kalian tidak bisa ikut mengurus NTT yang kocar-kacir ini? Kenapa kalian mebiarkan banyak sekali manusia bodoh yang sok pintar menguasai NTT? Kalian benar-benar gilaaaaaaa ha ha ha ha ha (Eman, CN, Oebufu)

Anonim mengatakan...

Tapi menurut hemat saya, aktor semua yang terjadi di blog ini tetap orang yang sama, yaitu bigmike. Mengapa BM terus bersembunyi di balik mimbar kampus dan membiarkan NTT terus ada dalam situasi yang sama dari waktu ke waktu?. BM memang gilaaaaaaa (Eman, CN, Oebufu)

Anonim mengatakan...

@ All,

Ijinkan saya tertawa habis-habisan karena ada istilah Kepala helem....dan si kepala helem memang jelek ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha (ikutan gila nih) (Eman)

Anonim mengatakan...

DH2RK itu waktu kecilnya pernah kepingin ganti nama menjadi RUDI WIJAYA, entah ide dari mana itu hanya dia yang tahu! yang jelas SGT sempat naik pitam gara2 hal itu, sekarang sudah dewasa DH2RK mendapat ipar bernama AGUNG WIJAYA (Sikepala helem), nah mike! masih pengen ganti nama menjadi WIYAYA?

(Suto Sinting)

Bigmike mengatakan...

Dulu, nama ludji mau diganti karena terlalu "ndeso". Lantas waktu itu Rudy Hartono sedang top-topnya maka dirasa perlu berganti nama. Tapi hal iut juga sebenarnya meniru dh1rk. Ceritranya begini: dh1rk dibelikan motor yamaha seri LS (kalau tidak salah). Amat negetop ketika itu. Lantas, dh1rk kepingan mimiripi Ali Topan tokoh gubahan Tegus Esha. Maka bagian belakang motornya diberi semacam umba-umba penahan lumour dan dicet. LAlu diberi tulisan STEVE DON SI KELANA. Entah karena cara menulisnya yang kurang baik, atau apa, SGT yang melihat tulisan itu membacanya sebagai ....STEVE DON FI'I CELANA....... Seingat saya, dh1rk sangat tersingung dan lalu memotong habis umbai-umbai itu dan diganti tulisan baru.....ha ha ha ha ha

Nah, supaya tida mengulang stori fi'i celana maka sayapun batal berganti nama ha ha ha ha ha ha ha

Anonim mengatakan...

@Suto

Saya ingat, itu krn bigmike mimpi mengalahkan Rudi Hartono. Sayangnya setelah besar, kalah maen bulutangkis sama @nk malah k-nya dikepret pake reket.

Sejak itu @nk tak berani mendekat jk bigmike sdg maen bulu. Mgkn takut dikepret lagi...

=Wiro=

Bigmike mengatakan...

Oh iya, fi'i celana artinya tarik celana alias narik kolor...maka seandainya jandi maka rencananya dh1rk akan memilik akte nama baru yaitu ......STEVE DON NARIK KOLOR ..........ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha ha.....HA HA HA HA HA HA HUAAAAA HAAAAAAAA.....ANCORRRRR

Anonim mengatakan...

ha ha ha.

posting dan komen BBN, benar-benar ngawur. Woooi @wiro, apa maksud "... @bm jika sedang maen bulu?" Ini bs ditangkap lain. Sesat dan meyesatkan.

-nk-

Anonim mengatakan...

Ttg Ayam, saya pernah benjol kena jotos dh1rk... Gara2 rame2 lagi intip ayam kawin, tiba2 saya tak tahan dan ngakak sambil nunjuk kolor dh1rk. Rupanya tiba2 ada yg nonjol dari balik kolor itu. Ha ha ha...

tapi sial, blom selesai ngakak keburu dijotos... Bs dibayangkan tampangnya, dari ngakak tiba2 berubah mjd cemberut... Benar2 sial dangkal..

-DTN-

Anonim mengatakan...

@nk

Maaf maksudnya maen bulu tangis...

=Wiro=

Anonim mengatakan...

@dtn: Ttg Ayam, saya pernah benjol kena jotos dh1rk... Gara2 rame2 lagi intip ayam kawin, tiba2 saya tak tahan dan ngakak sambil nunjuk kolor dh1rk. Rupanya tiba2 ada yg nonjol dari balik kolor itu. Ha ha ha...

*katawa taguling-guling, rasoso dilantai*

-nk-

Bigmike mengatakan...

Ini soal dh6rk,

suatu ketika dh6rk mengendarai sepeda motor yang dibelikan SGT kepada saya tanpa ijin. Entah karena masih baru belajar motor atau ugal-ugalan, dia menabrak mengalami kecelakaan. Motornya menabrak dinding pagar ruamh sakit tentara di kupang. Untung dia tidak apa-apa.

Saya geram karena motor kesayangan dirusak. Maka saya mencari dia berkelilig rumah. Tidak ada. Akhirnya saya mendengar ada orang batuk-batuk di dalam gudang bekas kakus. Ketika saya membuka pintu terlihat jelas sudah dh6rk sedang mengumpet di situ dan ya ampun...mukanya sudah bercampur dengan sarang laba-laba, tahi tikus, tahi kecoa dengan aroma t....orang ha ha ha ha ha ha ha.

Kalau saya tidak jadi maen "kosi" bukan karena saya baik hati tapi saya tidak tahan baunya ha ha ha ha ha ha ha ha ha.

Kadang-kadang baunya masih terasa sampai sekarang ha ha ha ha ha ha ha ha ha....HUAAA HA HA HA HA.....

Bigmike mengatakan...

Ya ya ya ya, pantas nama dh1rk hampir berganti jadi ....NARIK KOLOR .....ha ha ha ha ha ha ha ha

Bigmike mengatakan...

Kalau dh9rk sering kena kepret sebenarnya bukan apa-apa tapi semata-mata karena ukuran hidungnya yang tripel x membuat kami yang lain selalu kekurangan oksigen karena sudah kesedot habis sama dh9rk ....HA HA HA HA HA HA HA.....

Oh iya, nama pak haji kawan taji ayamnya dh9rk menjadi..... haji ayam....ha ha ha ha ha

Anonim mengatakan...

bigmike
dh6rk sedang mengumpet di situ dan ya ampun...mukanya sudah bercampur dengan sarang laba-laba, tahi tikus, tahi kecoa dengan aroma t....orang

Ha ha ha... Jadi ingat wkt itu nekat berteman kecoa dan laba-laba krn dihinggapi ketakutan yg teramat sangat. Bisa dibayangkan kalo sodara sendirian di hutan trus dikejar-kejar harimau lapar...

Di antara yg kenal bigmike skrg ini, mgkn hanya @A9ust yg percaya cerita saya ini. Wkt itu, suara panggilannya di telinga saya terdengar lebih keras dr petir di siang bolong.

(Wilmana)

Anonim mengatakan...

@bigmike,

Ah seingat saya dh9rk itu julukannya "Penghabis Lauk Pagi". Sering kenak kepret gara2 bigmike bangun pagi mau makan lauknya keburu diabisin dh9rk... DTN itu julukannya kl tida salah, 'De Dolk' krn jarang mandi dan ingus di mana-mana...

Anonim mengatakan...

Yang di atas dr saya Wilmana

Anonim mengatakan...

inilah ... bukthi dh ... rk itu PANTAS di sebut MASTER of licikus munafikus n akal sibulukuusss... ha ha ha ha gmn bisaaa????
DTN lagi enak2 bertapa kok, tiba-tiba ada yang ngaku2 sebagai DTN....
tapi dari kisah yang di sampaikan hanya 1 orang saaa yang ingat kejadian yang "konyol" itu. kalo tidak salah mas BONGG ehhh ... DH 6 Rk. coba tanya saaa ....
kermana Bu DH 2 RK????
Mohon penjelasan....!!!
REAL DTN+

Anonim mengatakan...

Foto diposting, yg kinclong bisa dilihat klik disini!

Perkara hidung @bm yg gagal berevolusi, close-up nya silahkan klik disini.

Terakhir... ini kembarannya @wilmana, si norman, klik disini!

-nk-

Anonim mengatakan...

REAL DTN+
dh ... rk itu PANTAS di sebut MASTER of licikus munafikus n akal sibulukuusss...

Siapa org ini? Mari kita telusuri data2 bigmike dipostingannya:

bigmike
... di mana si dh11rk, yang di antara kami disebut juga sebagai si Kulitkalet alias om baba alias ular licik alias DTN? ...

Dlm kitab suci, Ular itu gambaran setan sang Master licik yg sukses besar menjatuhkan manusia dlm dosa.

Ah, drpd percaya REAL DTN+, mendingan saya percaya bigmike.

=Wiro=

Anonim mengatakan...

Alkisah suatu hari menjelang maghrib, dh6rk dan dh9rk bersepakat mencari jangkrik di halaman depan depdiknas. "Di sana banyak jangrik yg berbunyi", dmkn bujukn dh9rk.

Niat hampir batal, gara di gerbang pagar ada Kaisar Nero lg hibur diri pake gitar. Menjelang maghrib byk setan keliaran jd anak kecil di larang keluar rumah. Untunglah mereka punya badan kerempeng (spt @A9ust?), jadi berhasil lolos dr pengamatan sang Kaisar setelah menerobos lobang air di bawah tembok pagar +/- 50 meter dr t4 nongkrong si kaisar.

Rupanya DTN berniat bergabung dlm tim pemburu jangkrik dan tancap gas menuju gerbang pagar. Apes, DTN berpapasan dg sang kaisar yg msh nongkrong di sana sambil bernyanyi.

Melihat kaisar sibuk bernyanyi, DTN sambil nengok ke langit trus mulai menghitung jumlah bintang sambil perlahan melangkah keluar pagar. Kira2 15 langkah keluar pagar, DTN merasa sdh cukup jauh jarak dr sang Kaisar, lalu tancap gas berlari menuju ladang perburuan jangkrik.

Sungguh apes baru 3 langkah, suara panggilan sang kaisar bak petir menyambar. Sambil garuk kepala yg tdk gatal, DTN balik kanan dan larinya justru kembali masuk ke pagar.

Debrief cerita:
Di atas langit msh ada langit.
Selicik-liciknya DTN, msh ada sang kaisar.

(Wilmana)

Anonim mengatakan...

whoaaaaaaaaaaaaa...................

kroyokan je braninya, mana dna nya gd2 n ndut2 g2 ha ha ha ha.....

Meski gw blom bisa nebak mana yg paling mirif dg kartun disini, tp tidak hal terpenting, yg lebih penting dr terpenting adalah:

Salam muanniiiiiisss...... bwat cmuanya aj yee....
Slamat berakhir pekan, enjoy your self!

komentator #55
~JM

Anonim mengatakan...

@BM
waaks!... keknya orang krempeng blm tentu iri hatian dee... cuman dr sononya tak terbiasa kalah aj shg kliatannya rada2 belago. Mangkanya banyak orang krempeng suka motor trail, jalannya pelan2 (meski di jalan raya), posisi setang bikin tegap badan, tingginya motor bikin pede, lirik2 kiri-kanan sbg tanda peduli sekitar. Mana ada sih naek trail di jalanan itu ngebut n cuek.

Makanya motor trail tuh ga cocok buat orang ndut, lagian so far blom pernah liat ada orang ndut pake trail di jalanan.

Orang ndut itu pantesnya naek motor rada2 gedean, yg setangnya kebawah, kayak honda tiger, etc. Jadi badan n kepalanya rada2 nunduk, kage kepikir liat kiri n kanan, pake sila POKOKNYA jalannya ngebut buuut... yg penting nyampe tujuan secepat2nya. Result oriented banged deh. Nggak cuman naek motor, kalo makan pun juga suka ngebut n se-banyak2nya, langsung ditelen, ntah lidahnya masih berfungsi apa nggak buat ngukur kadar niqmat tdknya makanan.

~JM

Anonim mengatakan...

Ha ha ha ha, ini posting yang paling menghibur dan menunjukkan bahwa betapa "manusiawinya" manusia. Ternyata sisi alter egonya bigmike adalah keliaran berpikir yangg luar biasa. Alter ego pada dasarnya dapat dimafaatkan, untuk kebaikan atau sebaliknya kejahatan. Pilihan bigmike untuk memanfaatan alter egonya demi kebaikan menunjukkan ke mana moralitasnya.

Oh, bigmike, teruslah berbagi kebaikan, persahabatn dan kasih sayang. We love u so much //Pritha//

Anonim mengatakan...

ha ha ha, kebiasaan sodaRA WIL... Eh DH 6 rk tu bgt, semua orang di blog ini tau gmn... liat aja semua orang pada NGRASANI "BELIAU".. HA HA HA udah tidak terbantah dan tertutupi lagi... sori yah, maaf kata yah.... 1 jari nunjuk DTN eehhh 3 jari nunjuk DH 6 RK ha ha ha {masih inga dengan DOLAH SALEH TOOO bu..}
udah gitu jangan cepat2 alih carita dooong pi di masalah dengan DH 2 RK lae...
Di atas langit msh ada langit.
Selicik-liciknya DTN, msh ada sang kaisar. MAN DTN sonde licuk laeeee tp kliatannya WIL.. eh DH 6 RK Tetap... otak GMKI naaaaaa
REAL DTN=

Anonim mengatakan...

REAL DTN
eh DH 6 RK Tetap... otak GMKI naaaaaa

Kasian, GMKI jadi korban baru... Ah, no more comment... Sy ikut @Wiro saja. Bigmike lbh bisa dipercaya...

(Wilmana)

Anonim mengatakan...

Posting Normal, komentarnya yg gila. Gila banget ha ha ha ha ha

Anonim mengatakan...

GW tuh. Sekalia ajah, gw setuju dengan Pritha tentang alter ego bigmike. Ada banyak keliaran tapi digunakan untuk kebaikan (Ryan)

Bigmike mengatakan...

@MR JIMI,

Ente ternyata ikutan gila ha ha ha ha ha ha.....emang lidah kita yang ndut-ndutan udah nggak perlu enaknya makanan...apa-apa langsyyyuuuuung ditelen. Menurut perkiraan saya, melihat SENGITNYA MR JIMI dalam komen, tampak-tampaknya MR adalah golong rempeeeeeeengngngngng.... hhuaaaaa ha ha ha ha ha.....pecae boszzzzz

Bigmike mengatakan...

@ Wilmana and DTN

Both of you are licikus munafikus (LM) ha ha ha ha ha ha. Sesama LM dilarang saling menghina. Nanti kena kosi. Apalagi bosong dua usik-usik kingcos. Hooooiiiiiiiii kincos .....ada yang sontoloyo niiii....KOSI koooooo?????? ha ha ha ha ha

Anonim mengatakan...

@ Wilmana,

Saya masih bisa melihat gambar-gambar kalian. Masalahnya adalah muka kalian yang tidak jelas dan menganggu pemandangan HA HA HA HA HA HA HA HA HA. Ternyata saya ikutan gila ha ha ha. Ah, kalian keluarga yang bahagia. Selamat ya (Syamsudin, blogger tua)

Bigmike mengatakan...

@ Pak Syam,

Muka kami kurang jelas? ha ha ha ha ha ha ha mungkin saja. Tapi dalam penerawangan saya wajah pak Syam yang ada tepat di depan komputer bapak telah mengganggu hot spot di tempat saya ha ha ha ha ha ha. Pak dunia kadang-kdang harus dihadapi secara gila ha ha ha ha. Peace pak

Anonim mengatakan...

Woiiiiiii kel. RK, kalian semua benar2 ancor, saya lagi di warnet tanpa sadar saya ketawa terpikal2 sendiri membaca komentar di blog.
Orang2 pada binggung lihat ada manusia aneh ketawa-ketiwi sendiri. Gila deh!!! Salam kompak untuk semuanya(Adek)

Anonim mengatakan...

wuaaakekakakekekekkkikikikkakaka....ha haha hha haha ha emang kacaoooo.....ampe ade nyang nongol dari kolor ha ha ha ha ha ha....Aduh peru gw sakit neeeeeeehhhhh......komennya nanti ajah.....(Proxy73)

Anonim mengatakan...

sumpe abiessszzzzzzz.....ni posting tergila. Komen termabuuuukkk...ape Syam tua juga ikutan gilaaaaaaaaa.....wakakakekekekekikikikukukkkkakakak....oleeee.oleeeee....gilaaaaa...(Proxy73)

Anonim mengatakan...

@ Putu!!

mendingan nafsu lia ayam kawin! normnal itu namanya!

daripada lu! jalan2 di jakarta lihat tong aspal nganggur di kemanggisan itu sa lu nae ame!
akibatnya gw juga yang repot lari2 jakarta-jogja-salatiga-semarang ko urus lu pung kawin!


= DH1RK (M) alias Doglag
= DH2RK (M) alias Locret alias loncenganit
= DH3RK (M) alias Kowal kawel alias Om Hani
= DH4RK (M)R.I.P
= DH5RK (F)R.I.P
= DH6RK (M) alias Plekor alias pleky lias bleky (piaraan kami juga ada yang dipangil blecky
= DH7RK (F)alias Kinal
= DH8RK (F)alias Kombes alias Tikus
= DH9RK (M)alias Kanal alias Paimo alias dadolex alias pungut (piaraan kami juga ada yang dinamai pungut)
= DH10RK (F)alias Bagol alias bahenol
= DH11RK (M)alias kulit alias Putu alias perampok alias Ence liong (dewasa menikahi aci ling long)
= DH12RK (F)alias dangkol alias si kemayu.

Aaahhh aku jadi rindu akan Mbah Sudjiati (Ibunya Bunda) karena semua alias itu datang darinya unutk semua cucu2 tersayang, ahh oma lagi ngapain ya di sorga??

(Budi)

Anonim mengatakan...

ha ha ha ha ha ha ha.....ade nyang kawinan ame tong sampah...huaaaa....ha ha ha ha...ntar kalo perut gw kejang...budi dkk tanggung biaya puskesma yaaaaa....ha ha ha ha...kacao nih....(Proxy73)

Anonim mengatakan...

@BM & kel RK SGT

hueh he... baru aj ganti baju dr kondangan sepupu istri pas ad komen BM.

Kami dateng ke resepsi sebentar aja krn dpt tugas nganter VVIP (orang tua, 88 th), takut kecapean he he...

Kebetulan ayah istri tertua dr keluarga yg scr kwantitas sama dg RK SGT ie. 10 bersodara plus 2 meninggal. Bisa dibayangin berapa anaknya, cucunya, etc. Lhah istri sy aj yg sodaraan dr lahir ada bbrp yg gak kenal ama anak2nya sepupunya, terutama yg dr luar kota. Ssstt... bahkan ada suami/istri sepupunya sendiri pun lupa namanya. hi hi hi... (buka2 rahasia yaa..). Ah.. ini khan cuman mo gambarin aja bhw hasil turunan/integral dr 10 bersodara itu bisa limit mendekati tak terhingga.

Yg bikin kami terharu, ayah mertua meskipun ngikutin prosesi sejak pagi, kliatan sehat wal afiat banget n ga kliatan cape sama sekali. Padahal thn lalu beliau rawat inap slm bbrp bulan. Apalagi yg bisa bikin sehat orang tua selain kebahagiaan?! Bayangin aj sendiri, dr hsl 10 bersodara itu, berapa banyak tamu yg nyalamain beliau dr eyang2 sampai balita dr berbagai daerah. Sy rasa, inilah yg bikin kebahagiaan tersendiri dan obat paling mujarab buat segala penyakit. Silaturahmi, sodare2. Sy sempet bisik2 ke istri, kayaknya yg jadi raja sehari sejatinya papa deh.

~JM

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Kalau memang bigmike dan keluarga adalah rumput maka hampir pasti adalah rumput berduri ha ha ha ha (Patrice)

Bigmike mengatakan...

Broer JIMI,

Saya punya sebuah buku, yaitu Mapping Human History, karya Steve Olson yang membuktikn bahwa DNA semua ras manusia berasal dari sumber yang sama. Semua berawal dari savana-savana Afrika dan lalu menyebar ke penjuru dunia dan menciptakan keragaman. Begitu hebatnya persebaran kita dan juga keragaman kita lalu kita lupa bahwa pada asalnya KITA ADALAH SATU DNA.

So, jangankan orang tuanya MR JIMI dan dulur-dulur yang pada lupa nama anak cucu. Kamipun suka-suka begitu. Saya dan Broer JIMI pasti juga sudah saling lupa bahwa sebenarnya saya dan MR JIMI adalah bersaudara.

Setuju nggak sama Olson. Kalau setuju maka sebenarnya Broer JIMI sama gilanya dengan kami-kami yang berasal dari KUPANG ha ha ha ha ha ha ha

(Lain kali saya ingin juga mengulas isi buku itu digabungkan dengan tulisan tentang evolusi)

Bigmike mengatakan...

@ Budi, Proxy73 YR dan semuanya,

Harus diakui bahwa broek alias bruk alias celana alias kolor belacu bikinan Ibunda tidak tergantikan oleh celana model superman yang lebih mirip daging se'i itu ha ha ha ha. Bravo BB (bruk belacu ha ha ha ha ha)

Bigmike mengatakan...

Boer JIMI,

Saya sudah mejelaskan persoalan dampak be your self dlam bentuk teori. Silakan dibaca pada posting "bersukur menjadi rumput" dan tariklah kesimpulan sendiri

Anonim mengatakan...

Kemarin, waktu di kupang, kami sedang mempersiapkan semua keperluan unutk upacara rukettu yaitu dengan memilih sebagian pakaian2 SGT untuk dibawa kesabu, waktu kami mempersiapkan kolor SGT (Kolor Blacu) saya bertanya ke bunda:

Oma! katanya kolor blacu Opa katanya ada 7 kok ini ndak kelihatan satupun,

jawab Bunda : yang empat diambil DH2RK, Yang 2 Mungkin diambil DH6RK (rupanya dia juga masih setia dengan kolor blacu),

Saya tanya Lagi :
itu baru 6!, yang satu lagi mana?

Bunda tidak menjawab, namun sambil senyum2 dia membalik badannya!

Oohh rupanya diumpetin Bunda sendiri!! he he he!!

(Budi)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Ama memang kaco. Super kaco. ATau seperti ama sering bilang RIBUT KACO (RIWU KAHO) he he he he he (John, Oemasi)

Anonim mengatakan...

sebelumnya beta haturkan beribu-ribu maaf buat om-om yang lain.

tapi beta dukung dh2rk yang paling ganteng dan paling oke. he3x

@om a9ust

untuk kali ini om a9ust harus berkecil hati. om a9ust umur sepantaran dengan bapa tapi bapa sekarang su sonde antar emput anak-anak pi sekolah lai alias kitong semua su besar su sonde ada yang umur ke erik. ha3x. tapi... bapa ju ada pusing setengah mati te... bapa ada mati-matian usaha ko kitong jang minta kawin dolo.. Ha3x
betul ko sonde om a9ust?

(norman alias dh berapa e???)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike and all,

Setelah menyelesaikan tertaa lepas saya membaca dan membayangkan kisah bigmike dan saudara-saudaranya, akhirnya saya bisa menagkap maksud tersembunyi sahabat kita yang baik ini. Mungkin anda akan mengira bahwa BM ingin berbicara tentang be your self. La condition humaine. Rumput yang tahu diri. Anda pasti betul. Tapi, memperhatikan gaya BM yang selama ini, saya yakin ada niat terselubung lain yang ada dalam posting ini. Apa itu?

Bigmike ingin menertawakan dirinya sendiri. Pengarang kisah Gober bebek mengatakan bahwa kedewasaan mungkin bisa diukur dengan kemampuan untuk menertawakan diri sendiri. Segala kekonyolan hidup kita ditampilkan dengan telanjang, tapi cerdas. Ya kecerdasan inilah yang sebenarnya ingin dituju oleh BM. Anda marilah menjaid cerdas tetapi angana angkuh karena lihatlah saya, sayapun adalah manusia konyol biasa. Ada yang setuju, dan atau tidak setuju, dengan penapat saya? (Patrice)

Anonim mengatakan...

Sebagai sahabat kalian punya cara pandang sendiri tentang sosok Kanjeng Mas @BM tp bagi kami, adik-adiknya, paling tidak buat saya, dia adalah salah satu 'sang kaisar' yang kalau sudah bicara, salah benar, kami hanya bisa diam.

Begitu pula sosok ayahanda kami, SGT. He was very much loved by everybody, and I mean everybody, tp bagi kami anak-anaknya, dia teramat kasar dan galak.

Having said all that, I still wouldn't have it any other way. Mereka, saudara-saudarku semua, adalah manusia terbaik yg diberikan Tuhan Allah kepada saya.

Salam hangat dan selamat hari Minggu.

-nk-

Anonim mengatakan...

@ NK,

Sebagai teman lama, saya bisa bersaksi bahwa B memang dahuku amat sangat kasar dan keras. Saya termasuk yang kurang nyaman bergaul dengannya. Akan tetapi sekarang, anda akan melihat entah kemana perginya kekasaran yang pernah dimilikinya.

Dahulu, saya termasuk teman yang "tidak tahan" berdebat dengannya karena amat sangat ngotot. Terkadang, menurut saya, agak membabibuta. Kadang-kadang saya merasa ingin berkelahi saja dengan dia. Sekarang, dia lebih banyak mengalah. KECUALI untuk apa yang dia anggap prinsipil.

Supaya sahabat-sahabat tahu, dalam waktu beberapa minggu ini, dia "mengeluh di kerjain temannya" yang lain. Ada suatu pekerjaan di luar pulau yang semua pembiayaan malah dibebankan kepada BM padahal tenaga dan pikirannya dipakai. Tapi dia hanya mengeluh, tidak tertarik untuk "berkelahi".

Saya pikir ini yang dimaksudkannya dengan perkembangan. Kebetulan di kolom komentar pada posting "bersykurlah menjadi rumput" dalam jawabannya terhadap JIMI, BM ada menguraikan tentang perkembangan kesadaran etis. Jadi, setiap orang berkembang. BM berkembang. Saya berkembang. Anda semua berkembang tidak?

Anonim mengatakan...

sorry...saya (A9ust)

@ Ama Ludji,

Entah mengapa beta kok kepingin posting mendatang bertema religius tapoi pluralis. Bisa ko?

Anonim mengatakan...

@ All,

BM rupanya mau unjukin bahwa dia nggak sejelek yang ada dikomentar. Foto yang ada di kolom MISI blog emang nunjukkin bahwa BM nggak kalah tampan kebanding penerus DNAnya si norman he he he he he. Ja'im ya BM???? //Pritha//

Anonim mengatakan...

bibmike
Sesama LM dilarang saling menghina.

Setuju, apalagi dlm daftar dhrk, hanya ada satu yg namanya LM. Yang laen cuma stigma alias palsu.

Makanya cocok dg adagium di atas laing ada langit. Di atas yg palsu ada yg asli.. He he he...

(Wilmana)

Anonim mengatakan...

ha ha ha
kekacauan n kelucuan ini emang dimulai sama dh 6 rk, nihhh...
dasar beliau tukang ngacoo jg
ha ha ha semua rahasia konyol jadi tabuka....
coba ingat kasus, MENANGIS PELEDER nya sodara bigmike n dh 6 rk sendiri pada saat SGT mau dikebumikan.... wahh KUUOOONYOOL ABISSS. GARA2 MAS NANGKLUUK NANGIS SAMPE INGUSSS NUTUPIN SEMUA KUMISNYAAAA HA HA HA
GMN SU INGA KO BUNG WIL...

DTN=

tuaksatu mengatakan...

@ Bigmike,

Blog ente emang top deh. GW udah blogroll ke web gw.

Banyak posting yang berisi bahan-bahan amat berat tapi diasjikan secara ringan dan mudah. Salam kenal dan mohon ijin Jadi sahabat bigmike. Dulu ane cuma ngebaca dan ngasi komen di blog-blog orang lae. Sekarang udah punya blog sendiri. Masih ngawur tapi nanti terus belajar

Anonim mengatakan...

”Rendahnya peringkat PT Indonesia dibandingkan dengan PT lainnya di dunia akibat minimnya dana yang dikucurkan kepada mereka,” kata Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Ginanjar Kartasasmita seusai menghadiri silaturahmi perguruan tinggi se-Jabar dan Banten di Aula Kopertis,Jalan PHH Mustopa,Kota Bandung.

Minimnya anggaran dana untuk pendidikan tinggi di Indonesia disinyalir menjadi pemicu rendahnya kualitas PT Indonesia di mata internasional. Tahun ini, tercatat hanya tiga PT Indonesia yang masuk nominasi 500 perguruan terbaik dunia, yakni Universitas Indonesia (UI) pada peringkat 287, Universitas Gajah Mada (UGM) dengan peringkat 316, dan Institut Teknologi Bandung (ITB) pada peringkat 315.Adapun urutan pertama diraih Universitas Harvard.


(Seputar Indonesia, 19/10/08)

Duhh jauh AMat!!

Undana, UKAW,PGRI Keberapa Ya???
Jangan2 lagi pada angon kebo!!!

(Budi)

Anonim mengatakan...

@Budi,

Lebih tepat angon Sapi. Krn Timor gersang jarang ada kebo. Kalo kumpul kebo mgkn byk cuma data ne ra ono, mas.

=Wiro=

Anonim mengatakan...

@wiro

Untuk Jelasnya silahkan tanya langsung ke ketua dewan pendidikan NTT Drs Simon RK!

Beliau mengatakan " Pendiddikan di NTT Hancur Berantakan Karena Banyak Yang Angon Kebo"

(Budi)

Anonim mengatakan...

woooi... angon kebo itu apa artinya? kalau kumpul kebo beta tau :)

-nk-

Anonim mengatakan...

angon kebo mirip IDONG KEBOKE masss.....boros oksigen gethooo
he he he he
NN+