Sabtu, 23 Juli 2011

24 jadi 48, TUHAN tinggal-lah serta.....

Dear Sahabat Blogge,

Hari ini, 23 Juli 2011. Hari Sabtu. Besok hari adalah tanggal 24 Juli 2011 waktu Indonesia, entah waktu apa di tempatnya mister Nazarudin ex bendahara partai demokrat berada. Yang pasti besok itu adalah hari Minggu, tanggal 24 Juli 2011. Agak spesial bagi beberapa orang karena itulah hari ulang tahunnya. Selamat berbahagialah sodara dan sodari yang berhari ulang tahun. Tuhan memberkati anda sekalian. Dan, saya juga. Saya? oh iya dong (dan juga iya lah.) Saya juga besok berulang tahun. Sudah 48 tahun umur yang saya punya. Ya, tanggal 24 Juli 2011 saya berusia 48 tahun maka 24 jadi 48.

Saya terpekur sejenak dan merenung. Oh ya tuhan, saya sudah tua. Sudah banyak yang saya punya. Punya ayah dan bunda yang hebat dan bisa dijadikan teladan. Punya 1 isteri yang cantik tapi tukang ribut (tak apalah karena saya mencintai dia). Punya 5 anak, yaitu 4 laki 1 perempuan, yang ganteng dan cantik tapi suka bikin miskin. Punya 2 cucu laki-laki yang asik tapi peeennniiing (mirip poltak raja minyak ...ahaaaa...). Punya abang dan adik yang hebat-hebat tapi interaksi di antara kami sering dalam situasi ribut tapi rukun benci tapi rindu (biasalah itu, karena semasa kecil malah kita sering saling pukul-pukulan ..wkwkwkwk....). Cukupkah daftar ini? BELUM

Saya sudah Sudah bergelar Doktor dalam bidang ilmu Kehutanan. Doktor adalah gelar akademik tertinggi sedangkan profesor adalah gelar jabatan akademik tertinggi (nah yang menyangkut profesor inilah yang sekarang belum menjadi prioritas dalam irama hidup saya. Saya akan sampai "di sana" juga, jika Tuhan berkenan, tetapi itu nanti saja). Saya sekarang ketua Forum DAS NTT, yaitu forum multipihak tentang pengelolaan DAS. Jangan main-main, ForDAS NTT sering dijadikan model di tingkat nasional untuk urusan perencanaan dan legislasi pengelolaan DAS. Saya diberi mandat menjadi pengurus pusat masyarakat konservasi tanah di Indonesia (MKTI) dimana untuk tingkat propinsi NTT saya adalah orang nomor 1-nya. Saya juga telah diberi mandat untuk mengembangkan working group REDD+ di NTT yang akan berperan besar dalam upaya-upaya global menurunkan emisi gas rumah kaca. Saya juga menjadi bagian dari kolaborasi masyarakat sipil untuk pulau-pulau kecil Sunda Kecil dan Maluku (SUKMA). Saya juga anggota dewan pakar Samanta (yayasan masyarakat nusa tenggara). Saya terlibat juga sebagai anggota Dewan Riset Daerah (DRD) Propinsi NTT. Saya pernah dan sedang menjadi konsultan beberapa international agencies terutama untuk urusan yang bertalian dengan kehutanan dan lingkungan hidup. Di tingkat Undana, saya sedang menjabat sebagai kepala Puslitbang Arboretum, Lembaga Penelitian Undana. Saya sekarang sedang ditugaskan mempersiapkan pembentukan program studi kehutanan di Undana. Tugas yang baru saja rampung setelah bertahun-tahun karena saya bekerja nyaris sendirian dalam waktu yang lama. Saya punya banyak mahasiswa tingkat sarjana dan pascasarjana. Saya punya banyak penelitian akademik. Saya adalah wakil ketua Majelis Jemaat GMIT Paulus. Saya adalah Ketua II pengurus yayasan Universitas Kristen Artha Wacana, Kupang. Oh, ya sebuah buku text book yang menggambarkan keahlian saya, yang lintas ilmu peternakan, pertanian dan kehutanan, yaitu tentang ekologi savana, sedang dalam tahap akhir editing menuju naik cetak.

Dari tangan saya, sudah barang tentu bersama beberapa orang lain, telah dihasilkan 1 Perda NTT tentang pengelolaan DAS terpadu (Perda No. 5/2008). Ini perda pertama di Indonesia pada isu pengeolaan DAS, yang bahkan belum ada PP-nya. Perda ini sudah ditiru oleh beberapa daerah propinsi dan kabupaen lain di Indonesia. Saya sudah menyelesaikan naskah akademik dan draft revisi perda cendana di TTS. Saya juga sedang menulis drfat naskah akademik Perda cendana tingkat propinsi dan perda insentif jasa lingkungan di propinsi. Saya aktif menjadi nara sumber dalam menghasilkan perda imbal jasa lingkungan di kabupaten TTS. Saya merupakan penulis utama dokumen HKUP GMIT 2007-2011 dan sekarang sedang menyiapkan dokumen RIP/HKUP GMIT yang baru. Saya punya pembaca setia di 2 buah blog yang saya kelola, yaitu blog untuk aneka rupa urusan (http://www.bigmike-savannaland.blogspot.com) dan blog yang satu lagi yang saya khususkan untuk membantu saya dalam proses belajar mengajar di Undana (http://www.makati24.blogspot.com). Ahaaaa, capek juga menuliskan daftar seperti ini satu per satu. Apakah narsis? sombong? Mungkin bagi sebagian orang ya iya memang begitu tetapi bagi saya tidak. Mengapa demikian? Begini....

Saya juga harus mengaku bahwa di balik segala macam angka positif yang sudah saya ungkapkan tadi, sebagai pribadi saya punya lebih banyak lagi angka negatif berwarna merah. Saya adalah pribadi yang cenderung cepat naik darah, sedikit pendendam, mutungan dan kadang-kadang suka menyimpan kesalahan orang lain. Saya juga agak sedikit arogan terutama jika berkaitan dengan keahlian yang ditekuni. Saya cenderung keras kepala terutama jika berkaitan dengan prinsip hidup dan kerja. Saya bukan seorang penjaga kesehatan diri yang baik. Saya juga cenderung suka menunda kerja till the last minute. Saya juga bukan seorang suami yang 100% bisa diandalkan. Ada saja bolong-bolong perilaku yang membuat isteri saya kadang-kadang tensinya naik beberapa strip. Saya tergolong ayah atau bapak yang kadang-kadang suka menimbulkan rasa tawar dalam hati mereka. Saya tahu kerap kali anak-anak menjadi tawar hati saban saya bertindak tidak patut. Saya juga tergolong sahabat yang kurang bisa berbagi waktu dengan mereka. Saya tergolong adik dan abang yang suka bertindak semau-maunya kepada abang dan adik-adik saya. Beberapa sahabat mengaku bahwa saya sebenarnya tergolong sahabat yag menyebalkan karena keisengan dan amat gemar berbala-bala. Saya juga dosen yang kadang-kadang terlalu keras kepada mahasiswa dan menuntut terlalu banyak dari mereka. Saya cenderung tidak bisa rapih dalam berpakaian dan menjengkelkan banyak pihak tagal urusan yang satu ini. Tertunda-tundanya kelahiran prodi Kehutanan di Undana antara lain karena sikap keras kepala saya yang cenderung tidak suka diperintah-perintah. Waduh, malu juga jika daftar ini diperpanjang. Sungguh mantri, daftar negatif ini aslinya amat panjang.

Lalu kalau bukan tagal naris, lalu tentang apa semua yang saya tulis ini? Dear sahabat, inilah pengakuan saya tentang apa yang terjadi selama 48 tahun usia hidup saya sampai hari ini. Amat panjang daftar KARUNIA TUHAN bagi saya yang ditandai dengan berbagai keberhasilan. Akan tetapi lebih panjang lagi, sebenarnya, kegagalan yang saya alami. Demikian pula tak kurang panjangnya daftar kelakuan buruk saya. Semua kegagalan dan kelakuan buruk itu memberi satu pertanda bahwa betapa kurang bersyukurnya saya atas berbagai berkat dari Tuhan. Itulah saya, suka bermegah atas kedigdayaan diri tetapi kerap lupa bahwa semua itu adalah pemberian Tuhan. Ya, saya KURANG BERSYUKUR ATAS KARUNIA TUHAN. Melalui posting ini, saya ingin mengungkapkan bahwa saya ingin bersyukur atas semua karunia Tuhan dan sekaligus jatuh tersungkur di depan-NYA memohon agar diampuni Tuhan atas perkara kurang baik yang saya lakukan selama ini. Bagimana selanjutnya? Adalah ini: jikalau Tuhan berkenan, maka masih banyak hal baik lain yang ingin saya kerjakan di masa depan sebagai wujud rasa syukur saya. Juga, jika Tuhan berkenan, saya akan memperbaiki atau mengkoreksi tindak-tanduk dalam adab hidup saya yang kurang terpuji. Hal ini sekaligus sebagai bentuk permohonan maaf saya kepada semua orang yang sudah saya sakiti hatinya.

Darimana datang keberanian saya yang hidup serba berdosa ini untuk datang ke depan Tuhan dan semua saudara, sahabat, handai tolan dan kerabat lalu mengoceh ini dan itu? Ya, saya mengaku banyak kekurangan dalam hidup saya sampai hari ini. Tagal itu, sebenarnya tidaklah layak saya untuk bermegah diri apalagi menyapa DIA yang maha tinggi itu. Sebenarnya malu juga untuk bicara ini dan itu di depan saudara-saudara, sahabat dan kerabat. Tetapi dalam keyakinan saya, TUHAN yang MAHA KASIH itu pasti MAU MENDENGAR keluh kesah baik mereka yang hidupnya bersih maupun yang berlumuran dosa seperti saya. Jikalau Tuhan bersedia mengampunkan saya maka bukan tidak mungkin para saudara, sahabat dan kerabat memaafkan saya. Bukan begitu saudara ku?

Apapun, tanggal 24 saya berulang tahun ke 48. Ada yang suka dan mungkin ada yang tidak suka akan hal ini. Begitu juga mungkin ada yang suka dan ada yang tidak suka akan posting kali ini. Terlalu narisis dan, mungkin, kurang tahu diri. Tak apa. Biar saja begitu. Hal yang terpenting yang ingin saya ungkapkan adalah saya bersyukur atas bertambahnya usia hidup saya, 1 tahun lagi. Saya bersaksi bahwa hal ini adalah berkat dari TUHAN. Doa saya di HUT ke 48 ini singkat saja.....Dear Tuhan, jikalau Engkau mau, maka tinggal-lah beserta ku. Amin.....

Abide With Me, Elton John

Tabe Tuan Tabe Puan

40 komentar:

mikerk mengatakan...

Dear Lord, thanx for all You've done in all my life. I Love u Lord.....

mikerk mengatakan...

Dear sahabat,

Selamat membaca dan maaf jika teras agak narsis. Kelihatannya begitu tetapi tidak. Saya cuma ingin bersaksi bahwa TUHAN ITU BAIK ADANYA...

mikerk mengatakan...

"Abide wih Me"

Abide with me; fast falls the eventide;
The darkness deepens; Lord, with me abide;
When other helpers fail and comforts flee,
Help of the helpless, oh, abide with me.

Swift to its close ebbs out life’s little day;
Earth’s joys grow dim, its glories pass away;
Change and decay in all around I see—
O Thou who changest not, abide with me.

I need Thy presence every passing hour;
What but Thy grace can foil the tempter’s pow’r?
Who, like Thyself, my guide and stay can be?
Through cloud and sunshine, Lord, abide with me.

I fear no foe, with Thee at hand to bless;
Ills have no weight, and tears no bitterness;
Where is death’s sting? Where, grave, thy victory?
I triumph still, if Thou abide with me.

Hold Thou Thy cross before my closing eyes;
Shine through the gloom and point me to the skies;
Heav’n’s morning breaks, and earth’s vain shadows flee;
In life, in death, O Lord, abide with me.

mikerk mengatakan...

oh ya, saya agak surprise bahwa Elton John pernah menyanyikan lagu ini. Kita tahu apa orientasi sexual orang ini tetapi bagi saya....di depan Tuhan, siapa saja saja boleh datang dan bermohon.......karennya saya bermohon, Tuhan tinggal-lah serta ku......

Anonim mengatakan...

Di fb beta su ucap selamat HUT tapi tidak salah juga di sini beta ucap happy b'day. Teruslah menulis supaya berbagi ilmu.....Tuhan Yesus memberkati BM, isteri dan anak-anak (13)

Anonim mengatakan...

Abide with me....cocok suda. BM memang piawai atur yang matcing2 begini (13)

mikerk mengatakan...

Dear ALl,
saya baru melakukan beberapa editing. Semoga lebih nyaman dibaca.

mikerk mengatakan...

Thanx bagi yang sudah berkunjung dan berkoemntar. GBU

Bung 13, tengkyu ucapan selamatnya eee....GBU

Anonim mengatakan...

@ Dear Pak Mike,

Selamat HUT. Tuhan Yesus memberkati. Tuhan memang perlu tinggal dengan kita....(Sherly)

Anonim mengatakan...

Surprise Elton John yang homosex mau menyanyi lagu ini (Sherly)

Anonim mengatakan...

wkwkwkwkwkwkw....HUT nih yeeeeee.....nah iye selamat dech....(Proxy73)

Anonim mengatakan...

lupaaaaaaa ...atau sengaja lupa...daftar negatfi kudu ditambain satu....mabuk...bm kan bener mabuk.......wkwkwkwkwk....(Proxy73)

Anonim mengatakan...

@ Tuan Mikerk,

SELAMAT HARI JADI. TUHAN YESUS MEMBERKATIMU, ISTERI DAN ANAK-ANAK (John)

Anonim mengatakan...

abide with me dari Elthon John enak maumati sa.....mantap tuan (John)

Anonim mengatakan...

ini kesaksian beta tentang tuan, kendati tuan mikerk memang suka menyebalkan tapi tuan tetap kawan yang mengagumkan. Gunakan berkatmu sebagai saluran berkat bagi sesama. OK boss????? (John)

Anonim mengatakan...

waaawwww, happy birthday ya BM...(Ryan)

Anonim mengatakan...

ah lama sonde komentar, bahkan sejujurnya lama sonde tengok isi blog ini.

Selamat ultah Bapa. Beta sonde berani omong macam2 takut kena kadeluk dan kena PHK. Yah.... betul kena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Karna seperti yang sudah ditulis bahwa bapa adalah ketua Fordas NTT, Ketua Tim pembukaan Prodi kehutanan Undana, Ketua MKTI.... bla.. bla.... yang ingin beta tambah adalah beta adalah anggota fordas, anggota tim prodihut, anggota MKTI. Jadi kalau macam2 dan bikin aneh dijamin Rejeki jauh memang.
Wakakaka....

Tapi sedikit menambahkan dewasa ini kitong anak2 iri hati deng ini 2 orang cucu laki2 yang notabene beta pung anak sendiri.
Ko karmana, Mana ada orang yang di dunia yang berani panggel "Opa Bego", selain si cucu rocky? Siapa manusia di dunia yang berani cakar dan gampar muka BM, selain si cucu Yudan? Wakaka... Bahkan sekarang su lazim tiap pagi sebelum ke kantor opa Ludji musti kena Pajak alias kena palak dari cucu rocky. Cukup bilang "Opa ua... (maksudnya opa minta uang) sambil angkat tangan kanan... maka opa Ludji su sonde berdaya lai. Wakakaka.

coba kitong hitung sa.. 1 bulan waktu kerja efektif (di luar hari minggu) kalau sonde salah sekitar 25 hari. tiap pagi opa Ludji kena palak sebesar Rp 2.000 x 25 hari = 50.000,-.Singkat kata, setiap bulan cucu rocky su berhasil bikin opa tambah miskin Rp 50ribu.

Ah,.... masih banyak cerita lucu... tapi beta mewakili adik-adik (apin, puput, ibi, otang), menantu (ega), anak (rocky dan udan) mau bilang Bapa Ludji Babatu... Bahkan batu mangan... KARASSS..... hehehehe

(norman)

Anonim mengatakan...

@ Pak Mike,

SELAMAT HUT UNTUK GURUKU YANG PALING ASIK. Tuhan Yesus memberkati. Sebagai dosen Pak Mike memang agak keras dalam memberikan instruksi tetapi sebenarnya disampaikan dengan cara bergurau. Kami tidak tegang. Yang diterangkan langsung dijelaskan di lapangan. Beliau dosen pertama di Undana yang menggunakan web untuk belajar. Kami dipaksa untuk ikut kemajuian. Terima kasih Pak Mike. Jasamu sangat banyak bagi kami baik semasa kuliah maupun sampai sekarang. Salam dari Kefa. Oh ya Pak, ada salam daroi Pak Marten YTM, FOrdas TTU (Sony)

Anonim mengatakan...

Pak Mike, Mohon pencerahan. Lagu tinggal sertaku biasanya dinaynyilkan ketika ada kedukaan. Mengapa Pak Mike pasang di posting HUT? ada relevansi apa ko? (Sony)

mikerk mengatakan...

thanx a lot bagi yang sudah berkunjugn dan berkomentar di blog. GBU All

mikerk mengatakan...

@ Norman,

Ini anak muka fotocopy mamanya tapi otak mirip dia pung bapa. Tapi daya ngelesnya mirip om VQ, Om Uli dll....

mikerk mengatakan...

@ Sony,

Thanx anak. Selamat berjuang di lapangan kerja (masih honorer di dispet ko?).

Soal lagu "Abide with Me".....nah lagu ini unik karena kalo diperhatikan saban kali ada final piala FA di Inggris, upacara pembukaannya harus ada lantunan ini lagu (cek di You Tube). Entah knapa begitu. Selain itu, lagu ini sering dinyanyikan waktu ibadah pemakaman tetapi juga di saat pesta perkawinan. Kalo di GMIT, lagu ini biasa dinyanyikan kalau mau tutup ibadat rumah tangga.

Kisah penciptaan lagu ini, menurut yang beta baca di buku tulisan Pak Pendeta Andar Ismail, merupakan doa pribadi pendeta Henry Lyte menjelang tutup usia. Jadi ada nuansa muram memang. Tetapi pendeta Henry sendiri mendasarkan lagu ciptaannya pada Lukas 24:29 yg berceritra tentang perjumpaan Tuhan Yesus dengan 2 muridNYA dalam perjalanan ke Emaus pasca kebangkitanNYA. Kalau begitu nuansanya adalah harapan.

Nah, nuansa harapan inilah yang beta pilih untuk ditampilkan dalam postingan ini. Kita boleh banyak kesalahan tetpai jangan lpa untuk terus berubah menjaid lebih baik dan bersamaan dengan itu jangn lupa juga untuk memohon penyertaan Tuhan. Tinggallah sertaku.....Syalom

Anonim mengatakan...

HAPPY BIRTHDAY MY FRIEND. GOD BLESS YOU AND DOLLY AND CHILDREN (Stev)

poempuisi mengatakan...

Puisi Ulang Tahun

Rentang waktu
terkadang membuat kita lupa
bahwa kita semakin dewasa

Rentang waktu
terkadang membuat kita lupa
bahwa kita telah melanggar titah Yang Kuasa

Rentang waktu
terkadang membuat kita sadar
bahwa kita hanya manusia
yang tak punya apa-apa
selain jasad yang tak berguna

Rentang waktu
terkadang membuat kita sadar
bahwa Tuhan tidak melihat harta dan rupa
melainkan hati yang ada di dalam dada
dan amal jasad yang lata

Walau Einstein berkata bahwa rentang waktu itu berbeda
tergantung dalam keadaan apa kita berada
Namun Tuhan telah berkata,
“Hanya Akulah yang tahu umur manusia”.

Sekular barat berkata,
“Waktu adalah dollar di dalam kantung”
Namun Hasan Al-Bana berkata,
“Waktu adalah pedang, potong atau terpotong”.

Waktu…..

Alam terus menari dalam simfoninya

Waktu…..

Umur manusia didikte olehnya

Waktu….. setiap detaknya

memakukan kita di persimpangan jalan

jalan Tuhan atau jalan setan

Rentang waktu…..
semoga tak melalaikan kita
tuk terus berjalan di jalan-Nya

poempuisi mengatakan...

The Day After Your Birthday

By Joanna Fuchs

The day after your birthday,
you look in the mirror to see:
a) you've got a zit from eating all that cake;
b) your love handles have expanded a half inch;
c) you singed your eyebrows blowing out the candles.

The day after your birthday,
a) you require six extra hours of sleep;
b) you can't find your living room under the birthday debris;
c) you wonder how you could possibly have done THAT.

The day after your birthday, it's time to:
a) return some gifts (what IS that, anyway?);
b) call your friends and apologize for yesterday;
c) get out of the country, fast.

The day after your birthday...
we should all look so great
and have it so good!

Happy Birthday!
Appreciate yourself and your life!

poempuisi mengatakan...

Happy birthday for my favourite blogger. GBU

Anonim mengatakan...

Happy birthday BM. JBU (Julius)

mikerk mengatakan...

@ Mister Poem and Pak Julius, sengkyu feri mach....GBU

tuaksatu mengatakan...

@ Mas BM,

Selamat HUT, sori telat nih.....masih ada kue HUTnya ga? ...wkwkwkwk...

tuaksatu mengatakan...

Saya agak terhenyak baca posting ini. Di awal sempat membatin, wueeellleeeehhhhh....agak sok pamer juga nih BM....nyatanya disusul pengkuan yg bikin kaget juga.....saya kira ini teladan baik karena dari sesorang kita sering membaca yg baik-baik mlulu......bravo BM atas keberaniannya menguraikan kekurangan anda......you are one of the est blogger....Tabe

Anonim mengatakan...

@ Ama Ludji,

Helama ama ooooo......sama ke John, beta pikir Ama sebagai manusia ada kekurangan tapi sebenarnya Ama tu orang baek. Masalah cuma 1, Ama suka terlalu ngotot dan sdikit sok jago....ha ha ha.......maen gila sa....(A9ust)

Anonim mengatakan...

eh, kapan coaching utk Noelmina?

Anonim mengatakan...

@ Pace mikerk,

Ini mop Papua sbagai hadiah HUT ya....

Pace Yaklep tulis surat cinta sm yakomina isinya begini:

yakominaku sayang di vila penantian, aku kenal kow di acara bakar batu,
hatiku kacau balau macam babi kena yerat, saya cuap kow ipere telus kow cuap caya juga macam lagu cuap2,
tapiiiii....kow pu bapak itu yahat campe macam tuan takur di film india saja, bikin saya pu LOVE sama kow ini tra gampang ceperti menderita di bwh pemerintahan pontius pilatus cekali e....

Jikalau kita beryumpa..caya mau kita bercinta bagaikan babi bongkar kandang...

demikian yurat ini adik..

Akhir kata,..no smoking area.. Yg artinya..matikan mesin sebelum pengisian......

Nahkow ktawa suda...

(Ruben)

Anonim mengatakan...

SELAMAT HUT YA PACE MIKE, TUHAN YESUS BERI BANYAK BERKAT......(Ruben)

Anonim mengatakan...

Salam kenal,Rendy Thomas, Ambon. Blog yang bagus. Renungan Kristianinya asik dibaca dan direnungkan. JBU

Anonim mengatakan...

HA HA HA HA HA...PACE RUBEN MEMANG KACO BERAT.....(13)

Anonim mengatakan...

Ahaaaaa.....met HUT Bro. JBU (Eman)

Anonim mengatakan...

Siapa yang hanya punya kelebihan tidak punya kekurangan? Siapa yang punya kekurangan tidak punya kelebihan. jawaban untuk2 pertanyaan tadi adalah TIDAK ADA. So, BM sahabat kita masih rata-rata manusia. Keep on posting Bro' (Eman)

mikerk mengatakan...

@ Semua sahabat,

terima kasih yang teramat banyak bagi yg sudah berkunjung dan berkomentar. GBU

mikerk mengatakan...

@ Pace Ruben,


Tengyu berat Pace terutama ko punya crira. susah skali kita orang punya perut ketawa tiap kali ko kasi critra. Tuhan Yesus memberkati Pace