Sabtu, 11 April 2009

doea skandal satoe nama: khianat (part 2)

Dear Sahabat Blogger,

Beberapa sahabat menulis di kolom komentar pada posting terdahulu, 2 skandal 1 nama: khianat bahwa: "tak sabar menunggu part 2". Ok, baiklah ...eeeeng...iiiinnggggg.....eeeennnggggggg......sabar dahulu. Saya ingin membuat pengantarnya terlebih dahulu

Beberapa waktu yang lalu, menjelang pemilu legislatif, dunia politik Indonesia menghangat dengan terbitnya buku kisah perjuangan Jenderal Sintong Panjaitan....war wer wir wuurrrrrr......ramai dibicarakan orang ..dan lalu...kesan yan amat mengemuka adalah...siapa itu Sintong? Pahlawan atau bukan? Siapa itu Prabowo? prajurit yang berniat makar atau pahlawan?....Lalu, semua tenang kembali....people are back to the bussines as usual....kembali ke laptop.....jangankan Sintong VS Prabowo, sebelumnya Prabowo VS Wiranto sudah tidak diperdulikan orang lagi. Sebelumnya lagi wacana apakah Bung Karno pahlawan ataukah pengkhianat sudah lama berada di wilayah abu-abu. Demikian juga, Soharto, apakah Pahlawan atau penjahat sudah lama terpendam bersama jasad orang besar Indonesia ini. Mengapa ini bisa terjadi? Ataukah, seperti kata seorang sahabat, semua itu hanyalah perbedaan sudut pandang semata. Oh baiklah. Bisa jadi begitu. Tapi, bisakah kejahatan dan kebaikan dipegang secara simultan dalam satu pribadi? Dapatkah afeksi positif dan negatif terjadi seketika dalam satu pikiran? Penjelasan Leahy dalam bukunya yang berjudul "Human Being" adalah....TIDAK.

Jadi setiap afeksi harus bisa dibedakan. Setiap orang, seberapapun abu-abunya, harus diperjelas afeksinya sekalipun "warna" afeksinya adalah abu-abu atawa afeksi oportunis. Tak boleh ada sejarah abu-abu. Dan itulah gunannya ilmu sejarah. Hanya dari tokoh-tokoh yang jelas "warna"nya kita bisa belajar. Apakah orang itu baik? apakah orang itu tidak baik? apakah orang itu kadang-kadang baik dan kadang-kadang tidak baik? Semua harus jelas. Ketidak jelasan adalah skandal. Apalagi upaya untuk mengaburkan sesuatu yang jelas agar tidak jelas. Itu super skandal namanya. Lha, apa itu skandal? Menurut kamus, skandal adalah kata benda yang berarti ...perbuatan yang memalukan....

Lalu, sahabat terkasih, tentang upaya mengubah status seorang pengkhianat menjadi pahlawan itulah ceritersa saya kali ini

Skandal 2: pengkhianat diubah menjadi pahlawan

Adalah seorang yang bernama Yudas, terjemahan Yunani dari kata Ibrani Yehuda yang berarti "pujian", yang menjadi sorotan kali ini. Siapa dia? Ahaaaa...anda mungkin benar jikalau menebak bahwa tokoh kita kali ini adalah salah seorang murid Yesus yang hidup kira-kira 2000 tahun yang lalu. Yudas yang mana? oh, untuk membedakannya dari Yudas murid Yesus yang lainnya maka Yudas yang ini adalah yang berasal dari Kota Kerioth. Sebuah kota di selatan Yehuda yang terkenal karena perkebunan anggurnya. Konon sampai hari ini kota Kerioth masih dinamai demikian. Demikian juga hasil bumi utamanya itu. Maka, Yudas van Kerioth itu amat terkenal dengan nama Yudas Iskariot. Mudah-mudahan anda pernah mendengar nama ini. Konon, dalam kosa kata Bahasa Indonesia, nama ini amat terkenal karena digunakan untuk menyebut perilaku orang yang tidak tulus.....huuuuuhhhh...dasar "judes" lu......"judes" banget sih loooo....he he he he he....

Yudas dan Judes dua kata yang begitu diucapkan dan didengar maka asosiasinya adalah sikap culas, curang dan khianat. Mengapa demikian? Dalam literatur Kristiani, si Yudas dikenal karena "ciuman mautnya" pada saat dia menyerahkan Yesus kepada kaum Farisi di taman Getsemane. Dari sini, Yesus dibawa kepengadilan agama Yahudi dan diteruskan ke pengadilan Romawi. Akhirnya dijatuhi hukum mati. Di gantung di Kayu Salib di bukit tengkorak. Bukit Golgota. Kisah penyaliban Yesus, Kematian dan Kebangkitan Yesus merupakan kisah terbesar dalam tradisi dan kepercayaan Kristiani. Bahkan secara teologis, tanpa trilogi ini, tidak ada Gereja. Tidak ada Kristianitas, yaitu religi yang dianut oleh mayoritas penduduk planet bumi ini.

Dalam kisah Alkitab, Pahlawan tunggal trilogi Penyaliban, Kematian dan Kebangkitan Yesus adalah Allah itu sendiri yang terejawantahkan dalam pribadi Yesus Kristus. Di mana posisi Yudas dari Kerioth? Adalah ini: pengkhianat dan pengecut. Mengapa Yudas dikatakan pengkhianat? Demi ambisi pribadinya, entah apa itu, Yudas tega menawarkan jasa kepada tua-tua farisi untuk menghantar Yesus kepada mereka agar mudah diangkap. Sebagai imbal jasanya, Yudas dibayar uang sejumlah 30 keping perak. Yudas sampai hati "menjual"Guru dan sahabatnya sendiri. Sebagai manusia kita berpikir keras apa arti persahabatan bagi Yudas? Bersama Yesus dan 11 orang murid lainnya, Yudas selama kurang lebih 3 tahun berkelana kesana-kemari memberitakan kabar baik. Susah sengsara beberkelana memberitakan kabar baik. Senasib sepenanggungan. Bahkan oleh Yesus, Yudas bukan sekedar murid dan sahabat biasa. Yudas dipercayakan sebagai bendahara kelompok 12, yaitu murid-murid Yesus yang selalu ada bersama-sama DIA. Entah kurang apa baiknya Yesus pada Yudas. Saya tak melihat ada satupun kekurangan terkecuali pada si Yudas yang mengalami 1 jenis kekurangan, yaitu kurang ajar.

Ya, kekurangnnya yang satu itulah, menurut literatur Alkitabiah, yang menuntun Yudas melakukan pekerjaan "menggunting dalam lipatan". Yudas menjadi "musuh dalam selimut". bagi Yesus. Tak tahukah Yesus akan perilaku Yudas itu? Dalam banyak ayat kita bisa mengetahui bahwa Yesus sebenarnya amat mengenal watak khianat si Yudas sang Judes. Yudas adalah bendahara yang curang yang menyimpan untung bagi dirinya sendiri. Yudas adalah si pengiri hati sewaktu dia mencela sikap perempuan yang membasuh kaki Yesus dengan minyak narwastu yang mahal itu. Ya, Yesus tahu betul, siapa Yudas. Dan puncaknya adalah ketika di Perjamuan Malam Paskah, yaitu malam menjelang Yesus ditangkap. Setelah membasuh kaki semua murid-murid-NYA, termasuk Yudas si Judes dan lalu membagi-bagikan roti tak beragi dan anggur...Yesus berbisik kepada Yudas......"apa yang hendak kau perbuat, perbuatlah segera" (Yohanes 13:27).... Lantas, pergilah Yudas menghilang di kegelapan malam menuju imam-imam Yahudi untuk menjalanan rencana khianatnya. Dan semua umat Kristiani tahu persis kisah selanjutnya: tentang nasib Yesus yang harus mati di Salibkan di Golgota itu.

Sampai di titik ini, kelakuan Yudas adalah suatu kejahatan. Menjual Guru dan sahabatnya sendiri adalah suatu perbuatan tak senonoh. Skandal. Tafsir umum yang saya pahami sejak masih di bangku Sekolah Minggu, tindakan Yudas adalah keculasan dengan motif ekonomi. Menjual Yesus demi 30 keping perak. Akan tetapi ketika beranjak dewasa, saya sempat berpikir bahwa berapalah 30 keping perak itu. Apa mungkin Yudas tega menjual Yesus begitu murahnya taga 30 keping perak itu? Nonsens. Lalu, suatu saat saya membaca sebuah tafsir yang agak berbeda tentang motif Yudas. Menurut referensi ini, ditulis oleh almarhum Pdt. DR. Eka Darmaputera, Yudas adalah anggota kelompok nasionalis Yahudi Zealot yang amat anti penjajajahan Romawi. Garis perjuangan mereka adalah "garis keras". Kurang lebih, mirip prinsip Israel di Jalur Gaza di masa kini.

Orang-orang Zealot ini terbukti beberapa kali melakukan pemberontakan bersenjata. Namun asa mereka selalu gagal karena tentara Romawi sigap memberangus mereka. Lalu, peluang itu ada, yaitu hadirnya seseorang yang diramalkan di dalam Perjanian Lama akan bertindak sebagai Mesias bagi orang Israel. Pembebas dari penjajahan Romawi. Dalam tafsiran kaum Zealot, sang Mesias akan menadi pemimpin gerakan politik massa dan sekaligus penglima perang yang akan menumpas oran-orang Romawi. Nah, Yudas yang merupakan anggota kelompok Zealot mendapat kesempatan bergabung dengan sang Mesias itu, yaitu Yesus. Dari waktu ke waktu Yudas mengikuti Yesus dan amatlah gembira hatinya karena pengikut Yesus secara cepat menjadi berlipat-lipat ganda. Inilah modal perjuangan. Akan tetapi sesuai perjalan waktu, Yudas menjadi cemas karena Yesus bukannya berbicara tentang perjuangana politk dan bersenjata malah terus menerus asik berbicara tentang KASIH, KASIH dan KASIH. Lha, kapan perangnya? pikir Yudas. Maka, timbullah "otak politk" Yudas....ahaaaa....mumpung Yesus sedang dicari-cari salahnya oleh Imam-Imam Yahudi, apa salahnya Yudas melakukan politicking?.....well, Yesus diserahkan dan lalu....ketika dalam keadaan terdesak...Yesus akan memerintahkan massanya, bila perlu bala tentara dari Surga, untuk membasmi pasukan Romawi.....dan....Israelpun merdeka.

Apapun motif Yudas, kita tahu bahwa satu skandal sudah terjadi, yaitu Yudas tega menjual Guru dan Sahabatnya. Sayangnya skandal itu tidak berhenti di situ. Jika mengikuti alur pikir bahwa Yudas menjual Yesus karena naluri ekonomi maka literatur Alkitabiah mengatakan bahwa menyesal-lah Yudas karena telah mengkhianati orang yang tidak bersalah. dengan amat murah Jika mengikuti alur pikir bahwa motif Yudas adalah motif politik maka ketika sama sekali tidak terjadi pemberontakan massa maka menyesal-lah Yudas karena sudah terlanjur mengkhianati Guru dan sahabatnya sendiri ehhh....tujuan politisnya tak tercapai. Yesus tidak memimpin suatu gerakan pemberontakan menyusul penangkapannya. Apa tindakan Yudas berikutnya? Yudas sebenarnya masih cukup peka rasa. Hancur hatinya dan menyesal setelah melihat Yesus teraniaya begitu rupa gara-gara pengkhianatanya. Sayang sekali penyesalannya itu tidak membawanya kepada pertobatan. Penyesalannya itu coba ditanggungnya sendiri. Dikiranya dengan cara itu dia akan selamat dan rasa malunya akan terobati. Nyatanya tidak. Ya, Yudas begitu pengecut untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Yudas terlalu pengecut untuk mensukuri hidup yang dimilikinya. Dalam keputusasaannya Yudas memilih untuk bertindak bodoh dan sekaligus konyol: bunuh diri. Yudas melakukan skandal nomor kesekian.

Saya berpikir, bagaimana seandainya Yudas bertobat? Bukankah Simon Petrus juga bersalah karena menyangkal Yesus. Bukankah Simon juga menyesal? Tapi beruntunglah Simon Petrus atau Kefas itu karena dia tidak membuat skandal baru. Simon memilih untuk bertobat dan hingga sekarang, nama Simor Petrus dikenang sebagai salah satu tokoh Gereja yang bernama harum. Sedangkan Yudas? Tak lain tak bukan adalah Yudas si Judes. Cuma itu. Hanya itu. Di akhir drama trilogi Salib, Kubur dan Kebangkitan kita tahu ada 2 kematian yang amat terkenal. Pertama, Kematian Yesus yang penuh KASIH nan Agung. Pada saat Kebangkitan-NYA kita tahu bahwa Kemenangan merupakan hadiah bagi kerelaan KASIH semacam yang didemonstrasikan YESUS. Kedua, adalah kematian Yudas si pengkhianat dan sekaligus si pengecut yang konyol. Kematian yang tidak menyisakan apa-apa kecuali kehinaan.

Selesaikah kisah ini? Sayangnya belum. Akan saya sambung pada part 3. Tetapi sebelum mengakhiri part 2 ini, ijinkanlah saya untuk membuat beberapa butir relfleksi sebagai pesan PASKAH. Bukan untuk siapa-siapa tetapi untuk saya sendirii. Jika sahabat merasa ada kemanfaatannya maka silakan dibaca juga.

Apa pesan dari kisah Yudas si Judes?
  1. Tak ada KASIH dalam sikap berkhianat. Kasih adalah afeksi positif. Khianat adalah afeksi negatif. Tak mungkin terang dan gelap disatukan karena hanya akan mendatangkan temaram yang tak jelas. Persahabatan, kebaikan dan kasih sayang adalah afeksi positif. Sedikit saja semua itu dikotori dengan fitnah, dendam, amarah, khianat dan atau afeksi negatif lainnya maka musnah semua KASIH. Mau baik ya baik saja. Tidak ada kebaikan dalam pura-pura jahat karena jahat akan menguasai anda. Tidak ada kebaikan dalam pura-pura baik karena sejatinya adalah kejahatan. Sahabat Kristiani, trilogi Salib, Kubur dan Kebangkitan Yesus mengajarkan bahwa setia dalam perkara KASIH adalah harga mati, yaitu harga yang bila perlu ditebus dengan kematian. Bisakah?
  2. Mengaku percaya kepada Sang Khalik konsekunsinya ada 1, yaitu percaya dan ikuti semua apa yang DIA mau. Janganlah apa yang kita mau. Mengikuti Sang Khalik artinya tunduk kepada kehendak sang Khalik. Jalankan agenda sang Khalik bukan agenda kita sendiri. Pergi ker rumah Ibadah ya temui lah Sang Khalik di sana bukan untuk bertemu teman bisnis, pacar, mantan pacar ..... Ingin memuj Tuhan dengan bernyanyi dalam ibadah ya lakukanlah demi Sang Kahlik bukan supaya anda dipuji dan diajak rekaman. Pokoknya, janganlah di mulut mengatakan .....ya saya ikut Dikau tetapi.....agenda sebenarnya adalah....ya Tuhan ikutilah kemauan saya. Janganlah di mulut kita mengaku ...terpujilah nama-Mu tetapi diam-diam kita menambahkan di bait 2: terpujuilah namaku sendiri......Jangan pernah mengatakan .... Jadilah kehendak-MU tetapi yang kita kerjakan adalah...jadilah kehendakku sendiri. Anda tidak mau berakhir seperti Yudas si Judes kan?
  3. Sebagai manusia, saya dan juga anda sekalian adalah makhluk-makhluk fana yang banyak salahnya. Atas kesalahan hendaknya kita tidak cukup hanya menyesal. Penyesalan harusnya diikuti dengan pertobatan. Jangan berpikir anda mampu menanggulangi sendiri kesalahan anda. Jangan mudah putus asa. Pengalaman Yudas si Judes membuktikan itu. Selalu tersedia orang yang akan mendengar keluhan anda. Selalu ada jalan pengampunan. Dan andai kata semua orang meninggalkan anda, ada satu bahu yang mampu menanggung pertobatan anda, dan juga saya, yaitu Bahu Sang Khalik. Maukah?

Oh, ya ketika menyiapkan tulisan ini saya mencari tahu apa arti kata Yudas. Ternyata, seperti yang sudah saya katakan tadi, artinya adalah "pujian". Teringat saya bahwa ketika ujian promosi doktor saya dahulu, status yudicium saya adalah "cum laude" artinya dengan pujian. Jika dibaca dalam bahasa Yunani maka yudicium saya akan dibacakan dan berbunyi seperti ini....saudara Doktor Ludji Michael.....anda dinyatakan lulus dengan predikat.....Yudas......ha ha ha ha ha....tak mau saya.....ha ha ha ha ha ha...


Selamat PASKAH. Gloria Inexelcis Deo. Tuhan Memberkati,

In The Garden by Glen Campbell

bagi sahabat yang ingin mengerti betapa kacaunya jika mengikuti Jesus dengan hati yang khianat, coba dengarlah lagu dari Bellamy Brothers berikut ini:


Tabe Tuan Tabe Puan

51 komentar:

Bigmike mengatakan...

SELAMAT PASKAH. TUHAN MEMBERKATI.

Bigmike mengatakan...

"In The Garden" by Glen Campbell
(words & music by c.a. miles)

I come to the garden alone
While the dew is still on the roses
And the voice I hear falling on my ear
The song of God discloses

And he walks with me
And he talks with me
And he tells me I am his own
And the joy we share as we tarry there
None other has ever known

He speaks and the sound of his voice
Is so sweet the birds hush their singing
And the melody that he gave to me
Within my heart is ringing

And he walks with me
And he talks with me
And he tells me I am his own
And the joy we share as we tarry there
None other has ever known

Anonim mengatakan...

selamat paskah!

(anonim)

Bigmike mengatakan...

"Jesus is Coming"
by The Bellamy Brothers

Well He walked on the water and He raised up the dead
And we teach all the children that He died for our sin
But something’s gone wrong this world’s in a mess
Jesus is coming and boy is He pissed

He’s looked down at the homeless and the rape of the land
He’s seen the preachers and lawyers with blood on their hands
Politicians beware cause in a loophole you’ve missed
Jesus is coming and boy is He pissed

In a world gone mad He’s watching it all
And the meek shall inherit but the mighty will fall

It’s a shame what we’ve come to and we cannot go back
And the train bound for glory went down the wrong track
Soon the love in His heart will be the rage in His fist
Jesus is coming and boy is He pissed

So the whole place can rumble and it floods like a curse
And the hatred and crime you know it only gets worse
These warnings do heed no more and no less
Jesus is coming and boy is He pissed
Jesus is coming and boy is He pissed

Anonim mengatakan...

Posting yang amat bagus. SELAMAT PASKAH Bung Mike. JBU (Eman, CN, TDM)

Anonim mengatakan...

Saya membayangkan perilaku Judas ditiru dalam budaya politik Indonesia.

1. Bung Karno ditusuk oleh Mbah Harto setelah dia diberi kuasa melalui SuperSemar.

2. Pak Harto ditusuk dari belakang oleh Habibie.

3. Habibie ditusuk oleh Golkar dan lengserlah dia.

4. Megawati ditusuk dari belakang oleh Poros Tengah oleh Gus Dur dan Amin Rais.

5. Gantian Gus Dur ditusuk dari belakang oleh Megawati dan Amien Cs.

6. Megawati ditusuk dari belakang oleh SBY dan JK, menteri yang diangkat oleh Mega sendiri.

7. Ayo, siapa lagi yang siap menusuk SBY? tunggu tangal mainnya saja.

Itulah pesan dari posting BM dan lagu Jesus is Coming....

ayooo....siapalagi yang mau bergabung bersama kelompoknya Judas Iskariot, Brutus dan Ken Arok?

SEDIH (WIed, Jgj)

Anonim mengatakan...

Selamat pesta PAskah untuk Bigmike dan semua umat Kristiani. Salam dari Kota Gudeg (Wied)

Anonim mengatakan...

pilihan lagu yang tepat sesuai tema. Keduanya menganadung pesan yang saling mengingatkan. Jalan bersama Jesus TIDAK BOLEH sambil mengajak Judas. Kacau. Ah, perenungan yang uaapphiiikkkk...(Wied)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike dan semua sahabat Kristiani,

Selamat PASKAH.

Anonim mengatakan...

Sebelum PASKAH:

"....maut telah berkuasa dari zaman Adam sampai kepada zaman Musa juga atas
mereka, yang tidak berbuat dosa dengan cara yang sama seperti yang telah
dibuat oleh Adam..." (Roma 5:14)

"Tidak ada yang benar, seorang pun tidak." (Roma 3:10)

"Sebab upah dosa ialah maut..." (Roma 6: 23)

Anonim mengatakan...

Sesudah PASKAH:

"Jadi jika kita telah mati dengan Kristus, kita percaya, bahwa kita akan hidup juga dengan Dia." (Roma 6:8)

Amin (Peter)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike dan sahabat Kristiani,

.....“Mengapa kamu mencari Dia yang hidup, di antara orang mati? Ia tidak ada di sini, Ia telah bangkit. Ingatlah apa yang dikatakan-Nya kepada kamu, ketika Ia masih di Galilea, yaitu bahwa Anak Manusia harus diserahkan ke tangan orang-orang berdosa dan disalibkan, dan akan bangkit pada hari yang ketiga.” (Lukas 24:5-7)....


SELAMAT PASKAH. GBU (Yes, BTN)

Anonim mengatakan...

Postingnya saya copy paste dan tidak sabar menunggu bagian 3. Shalom (Yes, BTN)

Anonim mengatakan...

soal "khianat" ini, gw liat sekarang banyak tuh caleg yang pada "khianat". waktu kampanye aja baeeekkkkk banget... super dah baeknya.. eh.... begitu abis pemilu dah menghilang lagi tuh orang-orang. contoh aja, gw liat berita di Maluku - kalau gak salah - ada caleg yang ngasih tv buat tukang ojek pada waktu kampanye, eh begitu gak terpilih diambil lagi tuh tv. ada yang mau ngasih contoh lain?

itu masuk kategori "khianat" gak tuh??

(new commer)

Anonim mengatakan...

eh gw lupa.

selamat paskah yah buat yang ngerayain. Tuhan Yesus memberkati.

Yudho mengatakan...

@ Bigmike dan seluruh sahabat Kristiani,

SELAMAT PASKAH. Tuhan yang maha Esa memberkati anda semua dan Indonesia (Ghentenx, SYDN)

Yudho mengatakan...

Ya, Yudasisme = brutusisme = ken arokisme...semuanya adalah perilaku khianat yang tidak dapat ditolerir oleh agama manapun juga (Ghentenx)

Anonim mengatakan...

@BM
Akhirnya Part 2 muncul juga. Lagi Sakit tapi membaca posting BM membuat terhibur. Selalu saja ada sesuatu yang didapat dari setiap tulisan BM. Trims ya BM. Selamat Paskah (Adek)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Tulisan ini menggugah pikiran. Amat sangat. Seringkali kita menyesali perbatan kita tetapi, sayangnya, tidak diikuti denga pertobatan. AKibatnya kuasa iblis menguasai pikiran kita. Dan jatuhlah kita dalam Dosa. Terima Kasih banyak Bigmike atas inspirasinya. Tuhan Yesus memberkati. Dan selamat pesta raya PASKAH (Sherly, Oebufu)

Anonim mengatakan...

Oh ya.lagu in the garden sangat merdu dan kena di hati.Tetapi tahukah siapa yang saya ingat ketika mendengar lagu ini? Saya malah teringat bigmike yang pernah menyynyikan lagu ini dalam kebaktian paskah subuh di halaman Gereja Paulus. Saya menjadi saksi bahwa suara bigmike bagaikan suara malaikat dari surga.

Saya bicara jujur, suara bigmike itu campuran Engelbert humperdinck, Tom Jones, dan Elvis Presley. Masih sering menyanyi memuji Tuhan Bigmike? (Sherly)

Anonim mengatakan...

Salam kasih dari tanah Papua,

Hari ini harinya Tuhan
mari kita bersuaria
hari ini harinya Tuhan
mari kita bersukaria

SELAMAT PASKAH.

TUHA YESUS MEMBERKATI

(PaceNoge)

Anonim mengatakan...

Judas = brutus = ken arok - lucifer...mereka semua setan alas yang buat kacau di Papua, Negeri KASIH (PaceNoge)

agustiar mengatakan...

@ Ludji, Dolly, Norman dan adik-adik serta seluruh keluarga besar Riwu Kaho:

SELAMAT PASKAH. TUHAN YESUS MEMBERKATI (A9ust)

agustiar mengatakan...

@ Sherly,

Suara kawan saya, ama ludji, memang dahsyat. Dia bernyanyi persis sedang berceritera tentang isi lagu. Sayangnya, akhir-akhir ini tuan ludji lebih suka diam-diam saja. Entah kenapa, mungkin sedang jengkel karena impiannya tentng NTT baru dikhianati oleh para Yudas ha ha ha ha ha.....(A9ust)

poempuisi mengatakan...

Untuk semua sahabat Kristiani: Selamat hari Raya PASKAH. GBU

poempuisi mengatakan...

"ISA"

Itu Tubuh
mengucur darah
mengucur darah

rubuh
patah

mendampar tanya: aku salah?

kulihat Tubuh mengucur darah
aku berkaca dalam darah

terbayang terang di mata masa
bertukar rupa ini segera

mengatup luka

aku bersuka

itu Tubuh
mengucur darah
mengucur darah

Anonim mengatakan...

I Hate monday BUT I love all my Friends: hhhhooiiiii....nyang ngerayai: met hari PASKAH.....yg kagak...met sibuk lageeeee.....wueeeccchhh.....ha ha ha...wkwkwkwkwkwk....(Proxy73)

Anonim mengatakan...

tanpa basa-basi, selamat hari raya untuk bigmike. Keep on posting to share knowledge. friendship, goodness and love.....peace bro (Suryana)

Anonim mengatakan...

.....Well He walked on the water and He raised up the dead
And we teach all the children that He died for our sin
But something’s gone wrong this world’s in a mess
Jesus is coming and boy is He pissed...

why? ada penyesalan tetapi tidak ada pertobatan

Anonim mengatakan...

sori, (Larry)

selamat Paskah tuk BM en all Christians.....Syalom

Anonim mengatakan...

SELAMAT PASKAH. TUHAN MEMBERKATI (13)

Anonim mengatakan...

walaupun nama saya agak seram yaitu 13 (angka bahaya) tetapi kelakuan saya tidak seperti Judas dari Kerioth ha ha ha ha (13)

Anonim mengatakan...

@BM
Kata bu Sherly suara BM kayak campuran Engelbert humperdinck, Tom Jones, dan Elvis Presley. Kata Bung Agust, suara BM dasyat...kapan yah bisa dengar suara BM, pasti keren banget tuh suaranya.
Penasaran deh ama suaranya BM.
Kalo ke Jakarta kabarin dong siapa tau bisa kumpul di cafe sambil dengar suaranya BM. (YR)

Anonim mengatakan...

@ Mas YR,

Saya ikut jadi saksi atas kemerduan suara bogmike. Jangan diragukan lagi, bigmike adalah salah seorang dengan suara terempuk. Saya membayangkan seandanu=inya BM punya akses ke industri usik sejak muda. Waaaaaaahhh.....

Warna suaranya bagus. Vibrasinya teratrur. Improvisasinya terukur dengan harmonisasi yang tinggi. Rasanya lagu yang paling cocok dinyanyikan BM adalah blues, gospel, dan sedikit jazzy.

Salah satu lagu asal pulau nenek moyangnya bigmike dari pulau sabu, lagu "naweni tana" yang dinyanyikan dengan improvisasi khas BM adalah versi terbaik yang pernah saya dengar. Juga lagunya bob dylan, "knocking on heavens door" yang biasa dinyaniakn dlaam pola rock blues...waaaahhhh.....

Ayo, a'a tana menyanyi lagi lah....sudah lama tidak mendengar a'a menyanyi kembali. Masih berduka ingat opa dan oma kah? (Larry)

Anonim mengatakan...

tetapi di luar urusan bernyanyi, BM juga punya kelebihan dalam urusan tulis menulis. Salah satunya ya yang ada di blog ini. Dua seri terakhir tentang pengkhianatan sungguh mengejutkan. Tentang Bung KArno, kita memperoleh informasi baru. Tentang Yudas, wah...refleksinya itu lho.....cilaka punya....salut untuk bigmike (Larry)

sastavyana blog's mengatakan...

meski agak telat, punten, gw ucapin : SELAMAT HARI RAYA untuk Bigmike dan seluruh sahabat Kristiani. Damain di bumi. Damai di Indonesia

sastavyana blog's mengatakan...

Mencintai adalah pekerjaan yang mulia, karena cinta cenderung melahirkan sifat kasih sayang kepada apa yang kita cinta.

Mencintai akan membuat kita melakukan segala sesuatu yang membuat seseorang yang kita cintai merasa senang dan bahagia. Kita rela bersusah payah demi membahagiakan yang kita cinta. Kita rela berkorban waktu, tenaga, pikiran, dan biaya demi mendapatkan dan memelihara cinta seseorang yang kita cintai tersebut. Pendek kata, demi cinta, katanya mati pun rela. Dari sini, Anda pasti tahu bahwa subyek perasaan cinta pada pembahasan kita ini adalah subyek yang hidup, bukan benda mati atau sebuah status belaka.

sastavyana blog's mengatakan...

Ceritanya sekarang adalah ternyata seseorang (kekasih) yang sangat kita cintai tersebut tiba-tiba berkhianat (menduakan cinta kita, selingkuh, tidak setia). Tentu yang terjadi adalah broken heart; hati kita pun hancur berkeping-keping!

“Pengkhianat cinta? Pengkhianat itu orang yang menyalahgunakan kepercayaan. Menurutku pengkhianat cinta itu juga bisa ketika kita mencintai makhluk lebih daripada Penciptanya. Misal, setiap manusia diberi hati dengan rasa cinta karena Allah Yang Maha Penyayang, akan tetapi rasa itu diumbar secara berlebihan dan salah sasaran. Mencintai pacar kebangeten (berlebihan, ed) sampai menomor sekiankan Allah, orang tua, juga diri sendiri dan rasa malu. Cinta itu suci, tulus dan ikhlas. Jangan sampai ternoda dech! Kalau terlanjur, cepat perbaiki. Pengkhianat cinta mungkin nggak bisa disalahkan sepenuhnya, mungkin karena dia belum tahu seperti apa cinta itu. Sama halnya dengan cinta orang tua, mereka bekerja untuk kehidupan kita. Bahkan mereka tidak tahu apakah kita akan berbakti atau tidak, tapi mereka tetap mencintai kita dan berdoa yang baik-baik, padahal mungkin kita bolos sekolah, nakal, curang tentang uang SPP, bohong, apalagi sampai melakukan tindak kriminal… berarti kita juga sudah jadi pengkhianat cinta! Baik cinta kepada orang tua, juga cinta kepada Allah. Iya kan?”

sastavyana blog's mengatakan...

Sebelum melangkah lebih jauh, kita sebutkan dulu beberapa penyebab seseorang berkhianat, menyeleweng atau selingkuh. Anda boleh menambahkan sendiri:

1. Kita kurang menjaga perasaannya

2. Si dia mencari atau menemukan yang lebih baik atau lebih sempurna dari kita

3. Si dia ingin sesuatu yang lebih dari apa yang sudah kita berikan

4. Si dia sedang mencari sensasi baru

5. Si dia bukan tipe pasangan setia

6. Si dia memang sengaja melukai hati kita

7. Si dia memang seorang buaya darat (untuk lelaki) atau buaya laut (untuk wanita)

8. Dasar sifatnya playboy atau playgirl

sastavyana blog's mengatakan...

Untuk itu, jika anda sudah terlanjur dikhianati, jangan biarkan hati anda bersedih dan meratapi nasib. Namun, jadikan momentum itu sebagai sarana bagi anda untuk menginsafi diri dan mendekatkan jiwa raga anda pada Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Jadikan setiap keadaan yang tidak nyaman atau menyakitkan sebagai ladang pembelajaran bagi anda untuk memahami kehidupan ini.

JANGAN JADI PENGKHIANAT DALAM BERCINTA

ghentenxyuTAM mengatakan...

DI SAYIDAN by shaggy dog (cah sayodan)

Nih coba denger cara cah sayidan bersahabat tanpo khianat....wkwkwkwk...

WO,.. coba kawan kau dengar ku punya crita
Tempat biasa ku berbagi rasa
Suka duka tinggi bersama
Di gang gelap, dibalik ramainya Jogja

Mari... Sini... berkumpul kawan
Dansa... Dansa... sambil tertawa

Bila kau datang dari selatan
Langsung saja menuju Gondomanan
Belok kanan sebelum perempatan
Teman-teman riang menunggu di Sayidan

Di Sayidan, di jalanan
Angkat sekali lagi gelasmu kawan
Di Sayidan, di jalanan
Tuangkan air perdamaian

Jangan kau takut pada gelap malam
Bulan dan bintang semuanya teman
Tembok tua tikus-tikus liar
Iringi langkah kita menembus malam

Mari... Sini... berkumpul kawan
Dansa... Dansa... sambil tertawa

Di Sayidan, di jalanan
Angkat sekali lagi gelasmu kawan
Di Sayidan, di jalanan
Tuangkan air perdamaian

yeachhh...perdamaian bro perdaiaman mbak.....

(Ghentenx, SYDN)

Anonim mengatakan...

'Met hari raya untuk bigmike dan semua sahabat Kristiani. Peace on earth. Also on Indonesia //Pritha//

tuaksatu mengatakan...

he he he he...politisi judas pasca pemilu ada yang mulai gila...wkwkwkwk...nih beritanya....

Selasa, 14 April 2009 | 14:35 WIB

PALANGKARAYA, KOMPAS.com — Balai Kesehatan Jiwa Masyarakat (BKJM) Kalawa Atei Palangkaraya merawat lima pasien gangguan jiwa pascapemilu 9 April, dua di antaranya merupakan calon anggota legislatif (caleg) dan tiga lainnya simpatisan partai politik (parpol).

"Dampak dari kekalahan dalam pemilu tidak hanya menimpa caleg secara pribadi, melainkan juga dapat terjadi pada simpatisan dan orang terdekat misalnya istri, keluarga dan orang lain yang menjadi pendukung fanatik," kata Kepala BKJM Kalawa Atei Palangkaraya, Wineini Marhaeni Rubay, di Palangkaraya, Selasa (14/4).

Menurut dia, salah seorang caleg datang sudah dalam kondisi gila pada 10 April lalu, dan sempat mendapat perawatan darurat, sebelum akhirnya dikirim ke Yayasan Joint Adulam Ministry, Palangkaraya, tempat penampungan orang-orang "gila".

Ia mengatakan, caleg tersebut diketahui memiliki perilaku aneh pascapemilu, di antaranya tidak mau mandi, tidak mau makan, dan sering tertawa terutama jika melihat hasil penghitungan suara partainya.

Namun, Wineini tidak bersedia menyebut nama caleg dan partainya. Dua pasien lain yang juga berperilaku hampir sama, harus menjalani rawat inap di Kalawa Atei.

"Sedangkan dua pasien lagi, baru sebatas konsultasi mengenai gangguan jiwa. Kami memberi perawatan intensif dengan empat tenaga dokter umum, satu dokter ahli kejiwaan, dua psikolog, dan dibantu sejumlah perawat," katanya.

Ia mengatakan, dari pemantauannya ada tujuh orang yang mengalami gangguan jiwa pascapemilu, dua di antaranya belum mendapat perawatan, yakni satu di Kapuas, dan satu lagi di Palangkaraya yang dirawat di rumah sendiri.

BKJM Kalawa Atei Palangkaraya telah menyiapkan kamar khusus, baik untuk pasien stres ringan maupun stres akut, gila atau psikosis.

Pasien gila secara khusus ditempatkan di dua kamar dengan standar keamanan terjamin, mirip kamar sel berjeruji besi.

"Kamar rawat inap di balai ini terbatas, sehingga apabila jumlah pasien meningkat, kami rujuk ke rumah sakit jiwa di Banjarmasin, Kalimantan Selatan," katanya.

BNJ
Sumber : Antara

tuaksatu mengatakan...

@ mas ghantenx,

air peedamaian di sayidan tuh ciu + pil kplo nggak....wkwkwkwkwkwkw...gw perna ke situ tuh...ke gang samping restoran mi lijong...waaaahhhh....asyikkkk banget....salam dari sala tiga mas....peaceeeeee....

Anonim mengatakan...

@Larry
Wah hampir semua teman dan saudara2 pada memuji suaranya BM....selain suaranya merdu juga tulisan2 BM sungguh dasyat...seandainya aku punya anak perempuan yang seumur anak2 BM mau dong dijodohin...hehehe..udah kayak zamam Siti Nurbaya..tapi benar koq BM kalo aku punya anak perempuan aku rela banget tuh dijodohin ama anak2 BM, siapa tau DNA-nya bisa menurun ke cucu2 gue...hehehee...(YR)

angin-angkasa mengatakan...

SELAMAT PASKAH for my big brother Bigmike. Jesus loves you. (bayuoe)

angin-angkasa mengatakan...

Bigmike bersuara merdu? di Bogor amat terbukti. Ketika so doksi nyanyi orang pada nganga ...wkwkwkwk...eh kapan ke bogor lagi nih boszzzzz....kita rindu ngocol-ngocol smart en....of course.....knocking on heavens doornya....wkwkwkwkwk....yohaaaaaa,,,,(bayuoe)

angin-angkasa mengatakan...

@ Bigmike, thanx a lot. Rajin membaca blog BM, skarang gw branu bikin blog sendiri. Didukung yaaa...GBU

ghentenxyuTAM mengatakan...

@ Bigmike,

mohon ijin jikalau nanti ada beberapa posting yang saya kutip ke dalam blog saya. Matur Nuwun yooo..(Ghentenx)

Anonim mengatakan...

@ ha ha ha ha,

the beast is back ...wkwkwkwkw....den mas Yodho ghentenx ... ga tahan puasa nulis yaaaa???????....ha ha ha ha....

eh, biar telah: selamat hari raya untuk bigmike dan semua yang meryakannya. GBU (Sulis)

ruben mengatakan...

wah ... saya suka sekali posting ini. Persis khotbah dari seorang Pendeta. Tuhan Yesus memberkati (Ruben)