Selasa, 16 September 2008

Yang oleh karenanya-Principe d'Etre:BE THE BEST

Sahabat blogger terkasih,

Setelah menulis tentang sesuatu yang bersifat besar dan agak bombastis, yaitu tentang tragedi WTC dan fenomena terorisme yang mengikutinya, maka kali ini saya ingin menulis suatu gagasan yang kecil. Mungkin menarik mungkin pula tidak. Tetapi saya ingin menulis. Bukan karena apa-apa tetapi oleh karena dengan menuliskannya maka saya akan tetap disebut sebaga penulis blog. Jika saya melakukan scaling up terhadap kata-kata barusan maka kata-frasa kata di atas dapat saya tuliskan juga sebagai: oleh karena dengan menuliskannya maka saya akan dipandang sebagai manusia yang berkarya. Gerangan apakah ini?

Dalam teori filsafat manusia terdapat suatu terminologi, yaitu principe d'etre yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia akan dituliskan sebagai "prinsip adanya." Dapat juga ditulis sebagai "prinsip yang oleh karenanya". Wooouuwwww....apapula barang perkara yang satu ini? Saya tidak akan menjawabnya secara langsung tetapi coba kita renungkan perihal berikut ini. Jika manusia dikatakan terbentuk dari jiwa dan raga maka hal itu tidak berarti bahwa substansi manusia terdiri atas dua bahan itu yang dapat dipisah-pisahkan atas jiwa di satu pihak dan raga di lain pihak. Tidak pula berarti bahwa substansi manusia adalah campuran jiwa dan raga begitu rupa layaknya adonan roti kukus, misalnya. Tidak. Bukan itu maksudnya. Yang dimaksudkan oleh pernyataan bahwa manusia terbentuk dari jiwa dan raga adalah bahwa "yang oleh karena adanya jiwa dan raga itulah maka manusia menjadi hidup dan dapat berpik
ir. Adakah manusia tanpa daging? Adakah daging tanpa senyawa nitrogen? Adakah manusia hidup tanpa bernafas? Adakah pernapasan tanpa menghasilkan CO2. Daging model apakah yang namanya perasaan sedih? Terbuat dari senyawa apa perasaan senang? Saudaraku terkasih, daging, bernapas, sedih dan senang adalah fakta-fakta. Realitas-realitas. tetapi ada apa di balik itu? Mengapa dia harus seperti itu? jawaban-jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan terakhir ini hanya akan saya, anda dan kita semua temukan jika kita mampu memahami hal-hal yang bersifat metafisika atau hal-ihwal di balik realitas. Prinsip "yang oleh karenanya" adalah pernyataan tentang struktur metafisika dari fakta-fakta realitas tentang manusia.

Sampai di titik ini, narasi saya seolah-olah ingin membicarakan hal-hal besar dan bertentangan dengan niat awal posting kali ini. Tidak. Justru dengan mengungkapkan tentang principe d'etre saya ingin berbicara tentang hal-hal kecil. Mungkin tidak berarti. Tidak keren. Tidak ilmiah. Tidak sistimatis. Waaahhhh....terlalu remeh. Lantas, saking remeh-temehnya maka maka hal-hal kecil itu perlu dipoles-poles menjadi lebih gagah . Bila perlu dengan menyewa seorang konsultan bisnis berbiaya mahal karena terbiasa berurusan dengan klien-klien korporat besar, nasonal dan internasional. Apa hal kecil itu? Tidak lain dan tidak bukan adalah apa yang menjadi keinginan saya dalam mengkreasikan dan terus menghidupkan blog ini. Apa blog? Mengapa bigmike? Mengapa savanna? Mengapa harus tentang persahabatan, kebaikan dan kasih sayang? Mengapa tidak ada visi? Apa tidak sebuah utopia? Apa tidak narsis? Apa bisa, tulisan di blog mengubah dunia? Jangan-jangan ada niat untuk mempromosikan diri sebagai pejabat anu di tempat anu pada tahun anu? Kata isteri saya: "mengapa dalam keadaan lelah-pun engkau masih berusaha menyempatkan diri berada di depan komputer dan membaca, dan menulis dan menanggapi komentar blog" dan.......lain sebagainya.

Seorang penuli
s puisi dari Amerika, Douglas Malloch, di tahun 1936 pernah menulis sebuah puisi yang teramat sangat indah. Puisi ini diberi judul Be The Best Whatever You Are. Berikut saya tuliskan lengkap bagi anda:


Be The Best Of Whatever You Are

By Doglas Malloch


If you can't be a pine on the top of the hill,

Be a scrub in the valley - but be

The little scrub by the side of the hill;

Be a bush if you can't be a tree


If you can't be a bush be a bit of the grass

And some highway happier make

If you can't be a muskie then just be a bass

But the leveliest bass in the lake


We can.t all be captains, we've got to be crew

There's something for all of us here

There's big work to do, and there's lesser to do

And the task you must do is the near


If you can't be a highway the just be a trail

If you can't be the sun, be a star

It isn't by size you win or you fail

Be the best of whatever you are


Adalah wajar jika seorang manusia memiliki keinginan. Wajar dan manusiawi jika keinginan-keinginan itu semakin lama-semakin meningkat sesuai dengan dearajat kepuasan yang semakin meningkat. Dalam terang teori Mashlow terlihat bahwa kebutuhan manusia tersusun secara hirarkis mulai dari kebutuhan pokok sampai pada kebutuhan tertinggi, yaitu kebutuhan untuk mengaktualisasikan diri. Anggapan teori ini adalah setiap manusia memiliki kebutuhan untuk berkembang dan maju. Seberapa berkembang dan seberapa maju? Sky is the limit. Seberapa aktual diri anda? Sky is the Limit. Seberapa besar kemajuaan status sosial yang anda inginkan. Makin besar makin baik. Paling besar, paling baik. Sky is the limit. Jika anda telah berada di puncak maka adalah keinginan untuk turun kembali ke lantai dasar? Pemberi pertanyaan adalah orang gila.

Begitulah saudara, hukum dunia ini. Postulat hidup di dunia yang semakin lama semakin bernuansa kebendaan ini. Dan di tengah nuansa itu, saya datang dengan tawaran kecill. Tawaran yang datang dari kampung miskin dan melarat. Datang dari negeri nyaris tanpa hujan. Kerindangan pohon amat langka. Maukah anda bersahabat dengan saya? Adakah cukup kebaikan yang dapat dibagi dari hasil persahabatan itu. Adakah dari persahabatan dan kebaikan itu lantas menjalar Kasih yang bersifat Ilahiat di antara kita semua? Sungguh saya tidak tahu. Mengapa? Ya, karena yang saya tawarkan hanyalah hal-hal yang kecil dan remeh temeh. Lalu, karena itu, minderkah saya? Kecil hatikah saya? Tidak. Dahulu kala, seorang yang teramat besar peranannya dalam sejarah peradaban dunia, saya sebut saja sebagai si Miskin dari Nazaret, pernah berceritera bahwa yang terpenting dari anda bukanlah seberapa besar talenta yang engkau punya tetapi usaha apa yang kau berikan untuk mengembangkan talenta-talenta itu. Tidak ada perkara besar dan perkara kecil. Semuanya berharga. Anda dinilai bukan karena banyak atau sedikitnya talenta. Bukan pula besar kecilnya perkara, melainkan seberapa besar usaha anda untuk mengembangkan talenta-talenta itu. Seberapa kuat anda menyelesaikan perkara-perkara yang dibebankan kepadamu.

Lantas datanglah Douglas Malloch mengingatkan bahwa:

Kalau tak dapat menjadi cemara di puncak bukit
Jadilah perdu di lembah; tetapi jadilah
Perdu kecil yang terbaik di samping bukit;
Jadilah semak jika engkau tak mampu menjadi pohon.

Kala u engkau tak dapat menjadi semak, jadilah segerombol rumput
Dan menjadikan jalan raya menjadi lebih meriah
Kalau tidak mampu menjadi ikan besar jadilah ikan kecil,
Tetapi ikan kecil yang paling bergairah di danau.

Tak mungkin semua menjadi kapten, harus ada yang menjadi awak kapal,
Ada sesuatu bagi kita semua. Ada pekerjaan besar ada pula yang kecil
Dan tugas pertama yang harus kita kerjakan adalah yang terdekat.

Kalau tidak mungkin menjadi jalan raya maka jadilah jalan setapak;
Kalau tidak mungkin menjadi matahari jadilah sebuah bintang;
Berhasil atau gagal bukanlah karena ukuran anda menjadi sesuatu.
Melainkan sudahkah anda menjadi yang terbaik dalam setiap peran anda,
Apapun itu

Saya suka, teramat suka dengan pesan dua orang itu, yaitu si Miskin dari Nazareth dan Douglas Malloch, yaitu saya harus mampu memberikan yang terbaik dari apa yang saya punya. Bukan ukuran berapa banyak talenta yang saya atau sebesar apa perkara yang saya tangani. Jangan pernah menginginkan talenta yang bukan milikmu. Setiap orang mempunyai talentanya sendiri-sendiri. Banyak maupun sedikit. Besar maupun kecil. Saya tidak mungkin sama persis dengan anda karena talenta kita berbeda. Andapun tidak harus menjadi sama dengan saya karena talenta kita berbeda. Anda pengusaha saya cuma guru. Anda kepala kantor, saya cuma kepala rumah tangga. Anda Gubenur, saya cuma Ketua RT. Bukan pada hal-hal itu anda dan saya akan dinilai berhasil . Penilaian kepada saya dan anda dan kita semua akan didasarkan pada derajat keberhasilan usaha kita dengan semua talenta yang kita miliki. Apakah anda sudah menjadi pengusaha yang terbaik? Apakah saya sudah menjadi guru yang terbaik? Apakah anda sudah berusaha menjadi Gubernur yang terbaik? Apakah saya sudah berusaha menjadi Ketua RT yang terbaik?


Akhirnya, saya harus berkata begini: bahwa saya, dengan pertolongan TUHAN, bertekad untuk terus mengembangkan dan berbagi talenta yang saya punya, meski kecil., teramat kecil., yaitu menulis. Tidak ada kata malu untu melakukannya. Tidak ada kata gentar hati hanya gara-gara tulisan saya kurang menarik bagi banyak orang. Hanya ini yang saya bisa. Tetapi meskipun tidak berarti, saya berjanji untuk terus berusaha memberikan yang terbaik yang saya mampu untuk sahabat sekalian. Oleh karena itu, meski lelah dan mungkin tidak akan banyak dibaca orang tetapi saya tidak akan lelah untuk menulis, menulis dan terus menulis. Mengapa saya harus terus menulis? Ada satu hal lain yang ingin dikatakan oleh Si Rendah Hati dari Nazareth dan Douglas Malloc, yaitu anda bisa belajar dari setiap perkara yang anda lakukan, besar maupun kecil. Ya, memang begitu, yaitu dengan terus menulis "oleh karenanya saya akan terus belajar. Mengapa saya perlu terus belajar? Ya, sebab "yang oleh karenanya, saya pantas disebut manusia. Mengapa pantas? Ya, karena dengan demikian saya sudah berpikir, berkreasi, berbicara, berkesadaran akan adanya orang lain, mengenal, memiliki afeksi, kognisi, terampil dan....masih banyak hal lagi yang menunjukkan bahwa melalui proses belajar, saya telah berupaya untuk melakukan manifestasi terhadap esensi saya sebagai manusia, baik sebagai satu pribadi maupun sebagai bagian dari semesta sistem kehidupan. Kata orang Perancis, L'essence de la manifestation.


Apakah saya sedang narsis dan berhalusinasi. Apakah saya sedang berbuat salah ketika saya berniat tentang sesuatu yang mula-mula untuk membangun persahabatan, lalu sama-sama menghasil kan dan berbagi kebaikan dan dari itu hidup kita akan dikelilingi oleh pancaran sinar Kasih yang Ilahi?. Tidak saudara. Semua saya lakukan sebab meskipun hal itu hanya sebuah perkara kecil tetapi "yang oleh karenanya " saya merasa akan berguna bagi diri sendiri, sesama dan Sang Pencipta. Bermimpi? May Be Yes, May Be No. But, I'm Just Do My Best Whatever I am.

Tabe Puan Tabe Tuan

68 komentar:

Anonim mengatakan...

Pertamax!

So much to say so little time. I'll be back!

-nyong kupang-

Bigmike mengatakan...

Good morning sir. How are you. Fine? What about "bura" bryan and his mother? Fine also? OK, God Bless You and all your family

Bigmike mengatakan...

Dear all, do your best today. God Bless You all

Anonim mengatakan...

Bukan bigmike jika tidak mempesona dengan posting-postingnya. Tapi kali ini bigmike keliru karena yang dikerjakannya di blog ini bukan hal yang remeh-temeh. Ada hal besar yang dikerjakannya, yaitu mengisi esensi kemanusiaan. Tulisan ini tidak boleh dilepaskan dari konteks posting sebelumnya. Hanya manusia yang menyadari kemanusiaannya yang dapat memiliki rasa iba dan duka ketika di sekelilingnya terjadi ketimpangan, ketidakadilan dan ketidak benaran. Bravo bigmike. You're always the best (Patrice)

Anonim mengatakan...

Woooouuwwww, setelah saya membaca tulisan ini 2 kali, ini kesimpulan saya, yaitu posting ini punya koneksi bukan saja terhadap posting WTC tetapi juga berbicara tentang pendidikan, kasih, carpe diem,and many more.......wooowww luar biasa. Bigmike, two tumbs up for you. Bacalah maka anda tidak rugi (Patrice)

Anonim mengatakan...

Moga2 yg pingin nulis di sini tapi masih malu-malu, apalagi takut kena hujatan spt kasus @DTN, bisa tergerak hatinya.

(Wilmana)

Anonim mengatakan...

Bapa Luji ne memang yahoo(d). Batul Bapa te di kupang sini ada banya org yg kapingin maju tapi kurang parcaya diri. Dorang lupa kalo ukur diri jang pake tuan-tuan besar jadi ukuran, tp yg senasib dong. Kl ukurannya pake tuan2 besar dong, nanti talalu besar ahirnya malu sandiri dan sonde bergerak utk bikin sesuatu.

Banya org pung cita2 besar tp dorang lupa mana bisa maju ke 500 meter, kalo takut bikin langkah kecil pertama.

Bae Bapa/Ibu dong samua... Beta pamit mo pi balanja dolo... Te ini su di pasar ma mampir di warnet oebufu dolo.

=Mama Lex=

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Tulisan yang mengagumkan. Saya sepakat dengan Patrice. Multi koneksi dan multitafsir. Tuiisan ini sebenarnya rumit karena diperlukan referensi yang memadai dalam hal filsafat manusia. Bravo ana Sabu.

Tapi khusus bagi pribadi saya tulisan ini seperti mengejek saya. Untuk seorang doktor, ketua Forum DAS NTT, berkiprah di mana-mana tentang DAS, FKKM, hutan dan kemiskinan, auditor mamajemen akademik, inisiator perda DAS NTT yang pertama di Indonesia dan bahkan PP pun belum ada, APAKAH SEMUA HAL ITU KECIL DAN TAK BERARTI. Kalau menurut ama luji hal-hal itu kecil maka hal lebih kecil apalagi yang sudah saya buat.

Saya tidak percaya ama luji hanya mengerjakan hal-ha kecil. Yang saya percayai adalah tulisan ini menampar saya yang ternyata belum berbuat apa-apa. Baik saya kalah 1-0. Tapi saya tantang balik BM, kapan menjadi Profesor dengan Text Book tentang savana dan kebakaran hutan, sesuatu yang amat langka di Indonesia ha ha ha ha ha ha (A9ust)

Anonim mengatakan...

artikel ini juga berbicara tentang superego yaitu bagian moral dari kepribadaian manusia, karena ia tahu mana yang benar- salah, baik-buruk dan boleh atau tidak.
Super Ego bertindak sebagai sesuatu yang ideal, yang sesuai dengan norma-norma moral masyarakat. wewlh welwh filsafat bung. Filsafat. Bravo bigmike....oleeee...oleeee..superego...(Proxy73)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Sejak awal saya tidak pernah melakukan under estimate terhadap anda. Posting ini cuma menegaskan penilaian saya. Hanya ini dulu. Saya ingin membacanya kembali dan merenungknnya lebih dalam (Syamsudin)

Anonim mengatakan...

@Bigmike

Tulisan yang muantap!, menggetarkan dan membuat banyak orang merasa ditohok ulu hatinya, khas seorang ILMUWAN, PENGHOTBAH, PENGAJAR dan Penggemar VALENTINO ROSSI.

Oh iya mike! sebagai pengajar mungkin perlu dipertimbang untuk mengajar para Junior anda yang selama ini kerjanya hanya ngerusuhi para sobat di blog ini.

Ibarat kata, kalau anda punya hajatan pesta maka seyogjanya para junior anda itu turut membantu melayani para tetamu anda dengan baik dan sopan, mis persilahkan duduk kek, bawain suguhan kek!, tapi yang terjadi adalah kedua junior anda itu malah terlihat kasak-kusuk, kesana-kemari menguping pembicaraan orang dan kalau ada tamu anda yang salah bicara sedikit maka kedua junior anda akan langsung membekap orang itu dan dipentungi rame2!! Uweleh!!.. Uweleh!! Ck.. ck.. ck!
Tolong ya mike! biar blog ini damai sejahtera (saya bukan orangnya Ruyandi.H. Lho!), dan junior anda yang agak tuaan itu mungkin perlu diberi penghargaan khusus! yaitu "SAYANG ADIK AWARD" He.. He he.

@ Mamalek eh salah Mama Lex!

pasti pi pasar beli danging lalolak!

(budi)

Anonim mengatakan...

@ BM,

Rupanya yag besar bukan cuma badan mu tapi otakmu sungguh besar. Ada saja yang bisa engkau pikirkan kawan dan menyuguhkan kepada pembaca tuisan yang apik, renyah tetapi bergizi tinggi.

Cuma ada saran saya, jangan terlalu merendahkan diri karena akibatnya adalah ada banyak kawan yang justru merasa kurang enak karena mereka, termasuk saya, belum berbuat sebanyak anda. Hebat kawan (John, Oemasi)

Anonim mengatakan...

Saya mengajak semua kita...yuuukkkk dukung BM untuk berbuat yang terbaik apapun yang kita lakukan (John, Oemasi)

Anonim mengatakan...

@ dear all,

Puasa-puasa gini kita-kita sangat memerlukan hal-hal yang dapat membuat puasa kita nggak makruh. Salaah satunya adalah membaca tulisan-tulisan yang memacu semangat. Baca posting bigmike ini gw jadi makin bersemngat membuat yang the best for Allah SWT (PM, Mega Kuningan)

Anonim mengatakan...

@ BM,

thanx ya tulisannya. Mempesona (PM, MK)

Anonim mengatakan...

To my favourite blogger, bigmike,

Nih gw ngasih lagunya Olivia Newton John "The Best of Me" ciptaan maestro David Foster. My bigmike, you are a maesro in world of blog. Baca posting BM ilang dech bt ngabuburit.

So many years gone, still I remember
How did I ever let my heart believe
in one who never gave enough to me
And so many years gone,love that was so wrong
I can't forget the way it used to be
and how you changed the taste of love for me

You were my one more chance
I never thought I'd find
you were the one romance
I've always known in my mind
No one will ever touch me more
and I only hope that in return
I might have saved the best of me for you

And we'll have no ending if we can hold on
and I think I've come this far because of you
could be no other love but ours will do

You were my one more chance
I never thought I'd find
you were the one romance
I've always known in my mind
No one will ever touch me more
and I only hope that in return
I might have saved the best of me for you

No one will ever touch me more
and I only hope that in return
No matter how much we have to learn
I saved the best of me for you //Pritha//

Anonim mengatakan...

Ha ha ha...

Pulang capek-capek neh beta baca @budi pung komentar beking beta katawa mau mati saaa, ha ha ha.

*katawa taguling-guling*

Lucccccccccu...

Beta bole usul ko? Karmana kalau setiap minggu ada award buat komentar paling lucu?

Eheeeem... beta lia @bm ada mau kas tunju rendah hati, cuman @bm ada di 'bukit' jadi walau su rata deng tana tp tananya tinggi jadi tetep kelihatan. Tagal itu bet lia ada rekan dong yang kecil hati karena balom beking sebanyak @bm. Tp apapun beta salut. Tuhan berkati!

Oh ya, si miskin dari nazaret tuh dia pung nama Yesus, tukang kayu ke dia pung bapa Yusuf.

Woooooi @mama lex, lu jang pi pasar alasan mau pi maen mata deng laki-laki muda dong. Sabar eee, lu pulang dapa papoko.

=papa lex=

Anonim mengatakan...

Awii beta pung paitua ju ada iko disini ma.. Coba lia.. Te dia su ancam mau papoko beta... Pak Budi tolong dolo...

=Mama Lex=

Anonim mengatakan...

Oya Pak Budi tak usa tasibu beking award, te nanti ada yg jengkel lai.

B saran daftar di www.indozone.net. Situs cersil lengkap. Mulai Cin Yung, Khu Lung, Kho Ping Hoo, sampe Wiro Sableng, ada semua. Baca sampe puas.

=Mama Lex=

Anonim mengatakan...

@ All,

Puisi yang indah. Cara meramu tulisan yang indah dan cara mengambil kesimpulan yang menawan. Saya sebenarnya sudah berusaha tidak terjebak dalam sikap memuji tapi memang itu yang harus saya lakukan terhadap posting ini.

Ah, kalau tidak bagus bukan bigmike namanya. Proficiat. Syalom (Larry)

Anonim mengatakan...

@ All,

Dapatkah keindahan prosa-nya bigmike dinikmati dengan cara berolok-olok? (Peter)

Anonim mengatakan...

@ BM,

Lama-kelamaan saya menyadari bahwa bigmike sebenarnya sedang menulis sebuah prosa, yaitu tulisan yang mengandung ritme yang biasanya digunakan untuk mendeskripsikan suatu fakta atau ide. Itu sebabnya, tulisan-tulisan bigmike selalu terasa indah.

Kali ini, saya pikir kita jangan terjerat di seputar be the best. Jika kita menggunkan cara berpikir metafiksi maka sebenarnya bigmike ingin berbicara banyak hal sekaligus. Coba kita main tebak-tebakan. Ingin berbicara apa bigmike kali ini? (Peter)

Anonim mengatakan...

@ John,

Memang benar ama luji berbadan besar da berotak besar. Tapi ada satu soal, semua dia kerjakan tapi kita tidak tahu dia itu doktor kehutanan atau doktor keTuhanan ha ha ha ha (A9ust)

Anonim mengatakan...

Ya ya ya, papa lex memilih katayang tepat untuk bigmike. BM memang tiarap tapi tiarapnya di atas gunung Ya, jadinya sama saja, yaitu dia ada di tempat lebih tinggi.

Tapi sejujurnya, itu bukan alasan saya dan kita untuk "kalah" dengan bigmike. Dia bisa berbuat ini itu karean talentanya memang banyak. Nah, saya pikir jangan kita berkecil hati karean dengan yang ada yang kita punya kitapun bisa berbuat yang terbaik (A9ust)

Anonim mengatakan...

Syalom Pak Michael,

Pak Mike adalah satu-satunya dosen di Undana yang memberikan kuliah melalui internet. Apakah ini disebut biasa-biasa saja? Menurut syaa Pak Mike memang dosen yang kami mahasiswa bilang RAJA GAUL. GAUL ABIS. Tuhan memberkati (Sonny)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Aha ketemu kawan lama nih. Eh mike inget Manupeu-Tanadaru nggak? ha ha ha ha ha gw seminggu enggak mandi-mandi. Seneng banget nih. MFP jilid 2 mau jalan tuh, denger-denger Samanta jadi FC untuk region NT? Nah, sebagai dewan pakar, cawe-cawe udah. Nanti kita ketemu. Oh, ya blog yang bagus. Postingnya bagus. Gw baca-baca kok asyik yach (BigBird)

Anonim mengatakan...

He he he he keliatan banget komentator pada nggak ngerti filsafat principe d'etre wakakakakakekekek......kalo ngerti, banyak yng bisa dipercakapkan sebenarnya. BM emang jempol.....oleeee...oleeee....BM....(Proxy73)

Anonim mengatakan...

Pak Doktor(Bigmike) dan The Doctor (Valentino Rossi)

KESAMAANYA :

- Keduanya sama-sama pekerja keras

- Keduanya selalu melakukan yang terbaik

- Keduanya sama-sama ahli strategi

- Keduanya sama-sama cepat(VR di lintasan balap, BM di tulisan, Pekerjaan, sekolahnya cepat lulus lho! oh ya BM juga kawinnya cepat! anaknya juga cepat banyak, 5 ekor)

- Keduanya sama-sama ahli di bidang komunikasi(VR itu Doctor HC dari Unv urbino bidang komunikasi)

- Keduanya sama-sama suka melucu!

- Keduanya sama-sama rendah hati!

PERBEDAANNYA :

- Valentino Rossi tidak punya 2 orang adik yang konyol! Itu Saja!

(Budi)

Anonim mengatakan...

Pa Budi, botorang yg di kupang sini sonde tau banya tentang Bapa mike spt yg Pa Budi sebut itu.

Kl boleh tau, Bapa mike punya kaka juga, ko? Orgnya spt apa?

Makasi, ooo..

=Papa Lex=

Anonim mengatakan...

@proxey73

He he he he keliatan banget komentator pada nggak ngerti filsafat principe d'etre wakakakakakekekek......kalo ngerti, banyak yng bisa dipercakapkan sebenarnya. BM emang jempol.....oleeee...oleeee....BM...

Wah rupanya disini ada org pintar. Mohon pencerahan. Apa itu filsafat principe d'etre? Kami org yg 'kelihatan banget enggak ngerti' tdk sabar mendapatkan pencerahan. Semoga anda benar tahu filsafat ini tdk sekedar pura-pura tahu.

=mama lex=

Anonim mengatakan...

Buat @bm dan semua sehabat blogger, nih aku kirimkan puisi dari pandu antonius untuk kita renungkan bersama :
Nyalakan Lilinmu Sekarang Juga
December 6th, 2007 by pandu-antonius
“Lebih baik menyalakan sebatang lilin, daripada mengumpat kepada kegelapan”
Yup… Menyalakan lilin.
Sederhana memang…
Nyala lilin yang kecil, belum tentu bisa menerangi kegelapan.
Nyala lilin yang kecil, mungkin hanya bertahan sesaat.
Jika lilin itu habis, matilah apinya…
Lilin yang kecil di tengah kegelapan… Seperti diri kita, hanya sebagian kecil dari lintasan waktu kehidupan. Seperti lilin yang hanya menyala sebentar, demikian pula hidup kita yang hanya sementara saja. Seperti nyala lilin yang akhirnya padam, kita pun akan mati.
Pertanyaannya apakah kita mau menyala seperti lilin? Atau kita hanya berani mengumpat kepada kegelapan? Mengumpat kepada setiap perkara yang ada di sekeliling kita? Dan mengumpat kepada dunia ini untuk berubah? Mengumpat kepada “elo”, “kamu”,”anda”,”dia”, dan pribadi-pribadi lain untuk mengubah dunia ini?
Kalo begitu MATI sajalah kau… Teruslah berada dalam kegelapan yang tidak akan pernah berubah… Tetaplah di dalam segala masalahmu.
Lihatlah masa depan yang gelap…
Mati…
Hancur…
Hilang…
Apakah Engkau mau seperti itu??
Mengapa kau tidak bertindak??
Di manakah nyala lilinmu??

Memang tidak mungkin mengubah semuanya itu sekaligus. Tidak mungkin mengubah itu hanya dengan kekuatanmu. Tapi mungkin dengan menyalakan lilinmu, kau memberikan seberkas cahaya kepada sekelilingmu. Secercah harapan kepada orang di dekatmu. Mungkin dengan menyalakan lilinmu, ada seseorang di sana yang akan ikut menyalakan lilinnya. Mungkin dengan menyalakan lilinmu, kamu bisa membagi apimu kepada lilin di dekatmu yang belum menyala. Mungkin dengan satu lilinmu yang kecil, semua orang akan menyalakan lilinnya pula. Saya percaya saat setiap orang menyalakan lilinnya, kegelapan akan hilang dan kita bisa melihat dunia yang lebih baik.
NYALAKAN LILINMU SEKARANG JUGA!!!
Maka engkau akan melihat dunia yang lebih baik.
Jadilah yang terbaik dari dirimu
Jadilah yang terbaik dalam hidupmu.
Jadilah terang buat sesamamu
Jadilah inspirasi buat dunia ini.
dan itu sudah dimulai oleh @bm.
@bm aku bangga sama kamu, berikanlah seluruh dirimu pada setiap tugas yang kamu pilih untuk dilakukan; berikanlah kreativitas terbaikmu pada setiap gagasan yang kamu renungkan. Mungkin kamu tidak menjadi orang paling sukses di dunia, namun..kamu akan menjadi seorang yang sukses dalam duniamu. Maka jadikanlah dirimu – pribadi yang berhasil. (YR, JKT)

Anonim mengatakan...

@ Mama Lex,

Bacalah puisi dari YR, (Yapto Riwanto, temen gw kah dikau?).

Gw tadinya pengen ngobrol tapi biar puisi ini menjawab. OK choiiii...

Btw, BM banyak orang yang memberi harapan padamu untuk berbagi ilmu. Keep on posting boss
(Proxy73)

Anonim mengatakan...

@proxy73

Jadi, jadi, filsafat itu yg katanya engkau teramat mengerti adalah ajakan menyalakan lilin? Saya pikir apaan sampe dibilang saya dan komentator lain kelihatan enggak ngerti benget.

Tp respon anda mirip bbrp sahabat disini. Ketika ada yg bertanya, malah nyuruh baca buku. Rupanya buku/puisi/blah blah yg 'ngerti banget' bukan anda.

Same old....same old.

=mama lex=

Anonim mengatakan...

Wooii mama, lu jgn pi ba kanjar dg Bapa Proxy filsuf blog yg org pintar. Nanti makin kelihatan bodoknya. Org pintar dong mmg begitu. Malas ajar org. Dorang lebe suka suru org yg bertanya baca sendiri.

=Papa Lele=

Anonim mengatakan...

@Proxy73
Walau Aku bukan Yapto Riwanto, tapi disini kita adalah sahabat, senang berkenalan dengan saudara (male or female?) apapun JK saudara. (YR,Jkt)

Anonim mengatakan...

@ mama lex,

wakekekkakak...udah gw duga...ente is orang yang itu itu jg. Kagak laen deh sobat lama nih...huaahahahaaaa...masih hobi ganti-ganti nama yaaa...emang kalo udah kelakua. Sekali songong ya tetep songong...ha ha ha ha...

Soal filsafat...siape nyang bilang gw ahlinye..tanya aje ama bang foe...die ahlinye..ha ha...

Soal apa nyang gw bilangangin wah...blajar sendiri bos...emangnya gw ente bayar brape bwt ngajar ha ha ha...(Proxy73)

Anonim mengatakan...

@ YR,

belagu amat sich ente...pura-pura enggak kenal..pan gw yang nunjukin blog asik ke eloooo....

Yach slamet copy paste deh...biar tugas-tugas pada kelar...gicuuuu kan chooiiii....wekekakakakekek...oleee...oleee...belagu....(Proxy73)

Anonim mengatakan...

@ BM,

Posting yang bagus. Kalo enggak bsgus bukan BM namanya. Nanti bikin renungan minggu yaaaa...(Sherly, Oebufu)

Anonim mengatakan...

Sherly, lam kenal (Proxy73)

Anonim mengatakan...

Ya sama-sama bung Proxy73. GBU (Sherly)

Anonim mengatakan...

@ bm,

Wah, besok bakal nggak ada renungan. Tapi sebenarnya tidak apa-apa juga karena dalam posing in sudah bertaburan butir-butir renungan yang bisa dipetik. Paling kurang adalah perumpamaan tentang talenta. Sekarang, apa yang bisa dibuat oleh setiap kita dalam menghadapi masa-masa pancaroba bagi kehidupan kebersaman sebagai bangsa? Balkan Kaplale ketua pansus RUU APP mengancam/menantang untuk voting setelah PDIP dan PDS menarik diri. Ya mereka yang pro RUU APP bakalan menang mesksipun sama sekali tidak menggambarkan representasi masyarakat yang sesungguhnya. Sikap harus diambil (Peter, Jogja)

Anonim mengatakan...

Oh ya pak Mike,

SELAMAT KARENA TOTAL HITS BLOG SUDAH MENCAPAI 10.000-an. Terus posting dan teruslah menebar kebaikan, persahabatan dan kasih sayang. Tuhan memberkatimu (Peter)

Anonim mengatakan...

@ Mike,

Lama tidak berkunjung. Sibuk. Selamat ya, blog semakin berisikan tulisan yang bagus. Blog sebelah, makati24 juga bagus. Senang melihat usahamu ini.

Menurut beta, blog posting ini amat-sangat bagus. Kalau tidak yang terbagus. Sayang, agak terlalu berat. tetapi tidak apa-apa karena pembaca juga harus dididik agar bisa mencerna dengan agak tenang. Bagi mereka yang terlalu cepat merespons tulisan ini pasti agak kecewa karena maknanya terlalu dala. Bahkan menurut saya, terlalu berat. Banyak percabanagn filsafat maupun religi yang ingin dibicarakan.
Teruslah berkarya sahabatku. Tuhan Yesus berkati (Paul, Bandung)

Anonim mengatakan...

@ mike,

Eh selamat juga ya totla hits sucah di 10.000-an. Saran saya, coba dipikirkan desain web yang lebih profesional sehingga bisa memuat berita tentang kupang, bahan kuliah dan dan sudah barang tentu posting renungan-renungan yang bagus ini (Paul)

Anonim mengatakan...

@ Paul,

Memang anda betul, posting ini sebenarnya amat sayang dilewatkan karena sudah campur aduk filsafat eksistensialis, siloggisme, humanisme ..dan wahh sebrek + religi. Bahwa dia terlalu berat.... ah itu relatif bung. Posting yang amat berharga ini mungkin sengaja dibuat oleh bm "menyambut" total hits 10.000-annya.

BTW, gw masih "kagum" juga nich...bagaimana ide bm untuk melakukan campur aduk macam beginian tanpa merasa bersalah dan....aneh juga nih....hmmm... tetap amat lezat dan bergizi untuk dinikmati (Proxy73)

Anonim mengatakan...

@ Proxy73,

Ente aneh...dari dulu juga udah tau bm itu biang mabuk kok masih kaget? ha ha ha campur aduk tanpa merasa bersalah itu emang udah gayanya si boss blog ini. Iya khan. Ikut logikanya bm, campur aduk beginia akan membuat dia yang oleh karenanya merasa berbahagia. Mau apa kita? Nikmati aja. Hmmmmmmhhhh....lezaaattt...ha ha ha ha (Ghentenx)

Anonim mengatakan...

Neh lelet, selamat 10.000-annya yach boss....(Ghentenx)

Anonim mengatakan...

@ Ghentenx atawa centeng nich...wakakakekekakk.....iyeeeeee...ente bener.....BM is biang mabok....ya ngikuttttttt....(Proxy73)

Anonim mengatakan...

@ BM,

Tahukah anda, apa yang di berikan oleh si Miskin dari Nazaret sebagai ekspresi dari keinginannya memberikan yang terbaik yang dia punya?

Anonim mengatakan...

Ya, DIA MEMBERIKAN HIDUPNYA. Ada yang bisa meneladaninya? (Widyanto, Kota Gudeg)

Anonim mengatakan...

@proxy73

Ngatain org enggak ngerti banget posting @bm, enggak bs jawab pertanyaan saya, lalu ngatain org songong + nanya brani bayar brp.

Hmmmm.... kirain bulan puasa org pd baik enggak ngatain org.

=mama lex=

Anonim mengatakan...

Wooiii mama... Beta su bilang tak usa tasibu dg si Proxy... Dia itu kelihatannya pintar tp sayangnya, kake'ek (pelit) dg ilmu skali. Su bagitu, dia kl puasa begini suka mabok kliyengan krn gula darah turun dan tekanan darah turun.

=Papa Lele=

Anonim mengatakan...

@ mama lex,

wakekekakak....he he he he ...don't be so serious......calma...calma.....(Proxy73)

Anonim mengatakan...

@ Mamalex dan Proxy,

Ini percakapan lama antara bonggo serta alias-aliasnya yang amat banyak itu he he he. Hentikan saja, nggak berguna (Nana)

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Gw udah resign dari tempat dulu. Mau sekolah lagi deehh...tapi alamat e-mail ku tetep aja....thanx for yourlast suggestion. Puasa gw masih mantap boss....

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Lama saya enggak ke blog ini setelah diskusi yang nggak terkontrol emosi waktu yang lalu. Hari ini ke sini lagi, banyak perkembangan. Template blog sudah bagus lebih enak dipadang mata kebanding yang lalu. Meski sekarang banyak yang tertarik ke template news. Banyak kelebihannya meski kebanding yang ini, nilai keakrabannya agak berkurang.

Perkembanagn diskusi sudah sangat membaik terutama karena peran moderasi dari bigmike.

Posting ini menarik kaena memberi tahu kepada kita bahwa APAPUN YANG KITA KERJAKAN HARUSLAH SESUATU YANG MEMBERI MAKNA KAREAN APAPUN ITU SEHARUNSY IA MENJADI "YANG OLEH KARENANYA". Indah sekali. Tapi secara jujur harus diakui bahwa tema sepeti sebenarnya amat berat tapi untunglah bigmike mampu menyajikannya secara populer. Thanx (Yossie)

Anonim mengatakan...

@ YR,

Puisi yang anda kutipkan amat menarik dan senapas dengan posting BM. Ada kontak batin? ha ha ha.

Saya sebenarna mau mengenal anda tetapi "aturan di blog ini" membuat siapa anda tidak begitu penting. Yang penting adalah gagasan. Nah teruslah memberikan komentar dan salam kenal ya (Yossie)

Anonim mengatakan...

@bigmike

uuaaahh kok belum ada postingan baru ya?? posting baru lagi dong!!!
yang ini dah gue baca bolak-balik!
memang asyik, tapi gue ambil nyang simple aja deh, kagak usah diberat-beratin, jadi pak gubernur, berkerjalah sebaik-baiknya, jadi pak rt, tongkrongin tuh gang t4 anak mabok! biar wilayah aman tentram!,
kalau pake mikirin segala philosophinya, halaaaahh nanti nanti malah kagak ade nyang dikerjakan!

oh ya mike! kamu nulis postingan ini bukan karna diomeli bini gara2 lebih suka mengembangkan talenta MENULIS sampe tengah malam daripada kewajiban "menulis" ??? he.. he.. he.. becanda!! peace!!

@proxy73

hati2 bang! ade musang ganti bulu!! kerjanya nantang sana nantang sini, salah2 anda dikeroyok lho!

(budi)

Anonim mengatakan...

Wah, saya baru tahu bahwa kemaren ini pak Mike ke Bogor. Bahkan pertemuan FKKM nya di gedugn CIFOR. Kok nggak ngabari sih pak? Lupa ama temen lama ya? No HP saya masih yang dulu kok pak (Dhupacks)

Anonim mengatakan...

Katnya pak Budi Z, Mooy, Sumardi, Bayu, Pak Amin, Pak Petrus Tengko udah S2 ya pak? Saya masih penelitian nih pak (Dhupacks, Bgr)

Anonim mengatakan...

budi
..., jadi pak rt, tongkrongin tuh gang t4 anak mabok! biar wilayah aman tentram!, ...

Waahh rupanya sdr Budi ne seorang Ketua RT... Jgn2 sdr ini RT-nya bigmike di naikoten situ. Batul, ko?

=Papa Lele=

Anonim mengatakan...

@budi:

kalau pake mikirin segala philosophinya, halaaaahh nanti nanti malah kagak ade nyang dikerjakan!

Nah kalau ini saya setuju, enggak usah refot-refot mikirin filosofinya. Tp gue sih tertarik kalau ada yg mau ngait-ngaitin posting @bm ama paham humanisme blah blah. Silahkan bagi ilmunya disini ketimbang ngatain org. Dosa tauk.

Naaaah... ni die komen cerdas yg gue paling suka.

Saya sebenarna mau mengenal anda tetapi "aturan di blog ini" membuat siapa anda tidak begitu penting. Yang penting adalah gagasan. (Yossie)

Disini banyak yg enggak punya gagasan cerdas tp gemar (hanya bisa???) mempersoalkan identitas komentator. Siapa saya enggak penting. Mantaaappp kaaaleee. Makasi ye bang Yossie!

Chiiaaaooo...

=mama lex=

Anonim mengatakan...

@ BM,

Kalau bisa dalam posting mendatang dibahas juga tentang alasan mengapa pluralisme di Indonesia belakangan ini susah banget. Selalu ada yang ingin memonopoli kebijakan publik. Barangkali"oleh karenanya" nafsu kekuasaan mereka terpenuhi ya?(Ryan)

Anonim mengatakan...

@Ryan

Wah ini usulan topik diskusi yg menarik. Biar diskusi terarah, kita mulai dgn ini: Siapa yg ingin memonopoli kebijakan publik?

=mama lex=

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

Posting baru dong //Pritha//

Anonim mengatakan...

@Yossie
Salam kenal juga buat bung Yossie.
Kebetulan aja puisi yang dibuat senapas dengan tulisannya @BM. Tapi kalo dibilang ada kontak bathin?...ehm ada nggak ya?...he...he...jauh kaliiiii..(YR)

Anonim mengatakan...

Wooii mama... Lu kalo tanya spt begitu, bs dianggap 'menghina' ato maen2 saa.. Krn semua org ju su tau di Indonesia, yg mayoritas dorang merasa halal utk mendominasi. Termasuk, mendominasi legal structure agar dibuat sesuai hukum agamanya. Tdk peduli jk itu tdk sesuai dg hukum agama org kaum minoritas dan hukum adat.

Papa Lelex

Anonim mengatakan...

@ Bigmike,

ketika merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1429 H saya merenungkan kembali makna puasa dan lebaran. Dalam Islam, berpuasa adalah Ibadat yang dilakukan manusia yang ditujukan kepada Allah SWT. Lantas, apa gunanya bagi manusia. Ada teori tentang kegunaan bagi kesehatan dan lain sebagainya. Kita dapat menerima hal itu. Dan, bai saya pribadi, Lebaran kali ini saya punya pendapat lain yaitu saya berpuasa agar yang oleh karenanya saya disebut mau bersyukur kepada Allah SWT atas segala rakhmat yang diberikan (Sulis)